0815100041928.00 WIB - 16.00 WIB
Lokasi PraktekRSPI Puri Indah dan RS Jakarta

186 Comments

  • wirawan
    Posted November 3, 2009 2:36 pm

    dok, minta informasi dong, kenapa kalo setiap pagi bangun tidur tumit kanan saya sakit kalo mau berdiri atau jalan ??? tapi setelah beberapa saat dipaksa jalan / berdiri,sakitnya hilang. dan itu terjadi setiap hari…apakah karena kurang olah raga. sebagai info usia saya 45 tahun sekarang. terima kasih atas perhatian dan bantuannya.
    wasalam
    wirawan.

    • muki partono
      Posted November 4, 2009 6:20 am

      anda kemungkina menderita fasciitis plantaris jd ada kelainan pada bawah tumit krn pengapuran yg disertai proses peradangan dan kdg penekanan saraf yg berjala didekatnya tertekan, sebaiknya diperiksa

  • muki partono
    Posted November 16, 2009 3:40 pm

    anda menderita pengapuran pada tlg tumit yg diperberat dgn berat badan yg berlebihan, penyakit ini tdk menyebabkan kelumpuhan tp tdk nyaman bila berjalan, pengobatannya biasanya diberikan obat nyeri, atau disuntik, tdk ada hubungan dgn makanan

  • Suryani
    Posted Desember 19, 2009 10:36 am

    Dok saya mau nanya. kenapa setiap bangun pagi ke dua tumit saya terasa sakit. Dan saat bangun tidur tulang punggung juga terasa sakit. makasi..

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2009 11:22 am

      hal yg biasa, coba posisi tidurnya terlentang, selama hanya bangun tidur dan setelah aktifitas hilang itu hal yg wajar banyak orang mengeluh demikian , coba lakukan streching saat bangun tidur

  • ibnu
    Posted Desember 22, 2009 3:12 pm

    Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.
    Dok saya mau nanya, kenapa tumit kaki kiri saya suka sakit pada saat bangun tidur, bila setelah saya olah raga lari. Pada saat chek asam murat saya masih dibawah bata norma begitu jua dengan colestrol. Tekana darah juga bagus.

    • muki partono
      Posted Desember 22, 2009 10:59 pm

      kemungkinan ibu menderita pengapuran pada tulang tumit bisa di bawah (nyeri pada tepalak kaki) atau di belakang tumit ( nyeri pada tendon achilesnya, kdg disertai benjolan dan nyeri biladi tekan ), sebaiknya ibu diperiksa utk memastikannya

  • tika arsyanti
    Posted Januari 22, 2010 9:25 am

    dok, sudah 1 minggu ini dari binggul-tumit saya sakit. bagian tumit saat bangun tidur, habis duduk pasti sakit seperti aliran darah berjalan deras.paha dan betis juga pegal seperti habis maraton tnpa pemanasan. telapak tangan saya juga bgtu, dibagian telapak tangan y dkat urat nadi pegal sampai tangan dan bisep. saya tdk pernah terjatuh sebelumnya.umur sya 23 th.saya pun merasa demam.kalo tumit n kaki sedang sakit, sy gak bisa jalan karena nahan sakit. hampir seperti kesemutan, tapi ini sakit.thanx ya dok.

    • muki partono
      Posted Januari 22, 2010 10:56 pm

      saya menduga anda menderita fasciitis plantaris juga ada kemungkinan gejala penjepitan saraf pinggang, sebaiknya di check utk memastikannya

  • Damiana Niniek
    Posted Maret 16, 2010 12:53 pm

    Setiap bangun tidur kaki saya terasa sakit untuk jalan terutama yang sebelah kiri. Begitu juga ketika kaki dalam posisi menggantung, ketika berjalan pasti terasa nyeri.Kenapa ya, dok?

    • muki partono
      Posted Maret 17, 2010 1:07 am

      anda kemungkinan ada kelainan penekanan saraf pingang yg menjalar pada kedua kaki, sebaiknya diperiksakan

  • Hary Wijaya
    Posted April 5, 2010 9:23 pm

    dok saya akir2 ini kalau bangun pagi di betis saya ada kayak urat keluar , sakitnya ampun2 sampai saya nangis dok dan itu cuman waktu bangun tidur aja , apakah itu asam urat ya dok ???
    kalau asam urat obat alternatifnya selain obat dokter apa dok ??
    misal buah atau apa gitu.
    terimakasih.

    • muki partono
      Posted April 8, 2010 9:25 am

      pak Hary belum tentu menderita asam urat, masih mungkin kram otot , atau gejala lain, sebaiknya diperiksakan

  • Mayniar
    Posted Mei 3, 2010 2:59 pm

    Salam kenal dok,
    Saya sudah dua bulan ini merasakan nyeri pada tumit yang kadang hilang dan timbul lagi, apalagi kalo pake sandal japit… sudah dipijat tapi gak sembuh2…kenapa ya dok?
    Apakah penyakit faciitis plantaris bisa menyebabkan kelumpuhan..? Obatnya apa ya namanya?
    Terimakasih atas perhatian dokter.

    • muki partono
      Posted Mei 4, 2010 12:25 am

      anda menderita fasiitis plantaris, penyaki ini tdkmenybabkan lumpuh tapi tak bisa jalan krn nyeri hebat, pengobatannya td cukup minum obat, tapi perlu disuntik pada darah yg sakit

  • lely widorini
    Posted Mei 3, 2010 4:57 pm

    dok,setiap bangun pagi atau kebanyakan dudu,dan hbis olah raga tumit kaki kiri saya terasa sakit n nyeri terutama kalau bangun tidur sakit sekali,tidah bisa dibawa jalan. apakah itu gejala asam urat dok? sebagai info saya umur 27 tahun.trmkasih

    • muki partono
      Posted Mei 4, 2010 12:23 am

      blm tentu asam urat, kami curiga gejala saraf pinggang yg terjepit, sebaiknya diperiksakan

  • Mayniar
    Posted Mei 5, 2010 1:10 pm

    Dokter,
    saya masih belum jelas nih….kalau darah perlu disuntik di rumah sakit bagian apakah yang menanganinya…ortopedikah…? Kebetulan saya bertempat tinggal di Sidoarjo
    Terimakasih atas infonya

  • Asad
    Posted Mei 7, 2010 7:58 pm

    Assalamu3lykum Pak Dokter..
    Mudah2an Selalu dalam Keadaan Sehat walafiat..

    Dokter..
    Saya Anak Muda berumur 23 tahun…
    Dan Saya Alami adalah, Saya sudah 5 hari lebih tumit kaki saya, yaitu telapak sebelah kiri bawah yang menjadi tumpuan itu sakit bukan main setelah saya bangun tidur,itu sakit pas dibawa jalan berkurang sakitnya tapi duduk atau tidur sbntar bangun lagi sakit lagi, berat badan saya juga 100 kg.. Mohon Pencerahannya dokter..apa caranya supaya bisa hilang nih penyakit. mohon pencerahannya

    • muki partono
      Posted Mei 8, 2010 8:01 am

      anda menderita fasciitis plabtaris sebaiknya di periksa mungkin perlu disuntik, dan berat badan harus turun spy mengurangi keluhan

  • Zaki
    Posted Mei 19, 2010 8:22 am

    Dok, kaki saya untuk naik tangga tidak kuat, dan dari jongkok ke berdiri jg susah minta ampun, kenapa ya dok?

    • muki partono
      Posted Mei 20, 2010 10:11 am

      sebaiknya diperiksa ,banyak penyebab yg bisa menyebabkan demikian

      • Syanne
        Posted Maret 16, 2014 2:08 am

        Pagi dok… Saya mau ty dnk, betis ma2 saya suka ngebet untuk buat jalan n gak bs berdiri lama? Tolong ksh sulosinya dnk dok. N kr2 obtnya apa ya? Thx

        • Muki Partono
          Posted Maret 17, 2014 1:03 am

          biasanya akibat pakai sepatu hak tinggi yg berlebihan, berat badan berlebihan, atau akibat saraf terjepit di pinggang yg amnifestasinya sampai ke betis

  • arif
    Posted Mei 30, 2010 8:16 pm

    Saya laki2 30th. saya punya keluhan telapak kaki bagian belakang (tumit) terasa sakit dan ngilu kalo bangun tidur pagi hari, setelah duduk lama, dan setelah olah raga. Saya sudah pijat urut berkali2. setelah diurut terasa lebih enakan tapi kemudian sakit lagi… Penyakit apakh ini? kalo harus ke dokter apakah saya harus ke dokter spesialis tulang atau dokter apa? thanks..

    • muki partono
      Posted Mei 31, 2010 10:38 am

      sebaiknya anda berobat ke dokter orthopedic krn melibatkan sistem muskuloskeletal banyak kemungkinan yg bisa menyebabkan kelainan pada tumit anda, spt fasciiti plantaris atau spur pada retro calcaneal, spur pada retro talus, dll

      • agil
        Posted Maret 2, 2011 8:51 pm

        Dok ibu saya punya keluhan tumit sakit waktu bangun tidur ,setelah berobat nyerinya hilang tapi dada sebelah kiri saya sakit.. enapa itu Dok?
        BAhaya tidak?
        jadi saya hetikan minum obat nya kaki saya sakit lagi ..mohn solusi nya.

        • muki partono
          Posted Maret 3, 2011 11:12 am

          mungkin nyeri dadanya efek obat nyeri yg diberikan, sebaiknya obat dilanjutkan dan berikan tambahan obat maag

  • aini
    Posted Juni 25, 2010 1:47 pm

    dok..apakah facsiitis plantaris itu dpt dsembuhkan?saya merasakan tumit yg sakit setiap bangun pagi. bagaimana awal mula bisa trjadi pengapuran itu serta pencegahannya dok..terima kasih

    • muki partono
      Posted Juni 26, 2010 11:42 am

      fasciitis plantaris bila gejalanya di bwh 6 bulan bisa dilakukan minum obat , fisioterapi, pakai bantalan pada tumit, atau suntik, bila semua upaya tak ada hasil, sebaiknya di operasi agar keluhannya hilang

  • emi
    Posted Juni 29, 2010 2:36 pm

    dok, sepertinya sakit yg saya derita fasciitis plantaris, seperti uraian dokter diatas. Saya di kasih obat penghilang rasa sakit sama dokter, sakitnya hilang cuma 2 hari, trus kambuh lagi. Bahaya ngak kalau saya makan terus itu obat penghilang rasa sakitnya ?

    • muki partono
      Posted Juni 30, 2010 12:40 am

      sebaiknya dicoba suntikan spy lvh cpt hasilnya

  • Junaidi
    Posted Juli 6, 2010 10:33 pm

    Dok sudah 2 tahun tumit kaki saya nyeri banget, penyakit apa ya dok?.. bisa dsembuhkan gimana? perlu diketahui aktifitas kerja saya banyak jalan, di anjurkan dokter pake sepatu yg solnya lunak, sudah kucoba gak ada reaksi, minta petunjuk dok!..terima kasi…

    • muki partono
      Posted Juli 7, 2010 1:37 am

      sebaiknya diperiksa dgn teliti, pengalaman kami banyak penyebab tumit nyeri, bisa dari penekanan saraf pinggang sampai kelainan spur pada calcaneal

  • Lya
    Posted Juli 14, 2010 3:40 pm

    Salam Kenal Dok…
    saya berumur 36 tahun,3 minggu ini saya mengalami Nyeri tumit sebelah kanan itu biasanya pada wkt bangun tidur dan duduk terlalu lama.jadi saya gunakan cara sblm bangun tidur kaki saya gerak 2x kan dulu jadi tidak terlalu Nyeri setelah itu baru bangun selang 10 menit hilang pelan 2x, Penyakit apakah yg saya derita ini ya Dok?(sy chek Asam urat,cholesterol bagus juga)apakah bisa sembuh Dok ? . Terima kasih atas petunjuknya

    • muki partono
      Posted Juli 16, 2010 1:36 pm

      anda mengalami gejala fasciitis plantaris, sebaiknya di check

  • bella
    Posted Juli 26, 2010 8:38 pm

    dok, saya ingin bertanya?? penyakit apakah yang gejalanya kalau dibawa berjalan sekitar 100m, kaki sampai kepinggang terasa sakit sampai tidak bisa berjalan. dan bagaimana cara pengobatannya.
    terima kasih…

    • muki partono
      Posted Juli 29, 2010 10:25 am

      itu khas gejala spinal stenosis pada orang tua dan HNP pada orang muda, penanganannya mulai minum obat, fisioterapi suntik saraf dan operasi

  • herry
    Posted Juli 30, 2010 11:51 pm

    mohon petunjuk dokter,kaki saya (tungkak)terasa sakit sekali setelah olah raga ,kalau untuk jongkok dan jalan .terima kasih

    • muki partono
      Posted Juli 31, 2010 1:24 pm

      anda mengalami cedera olah raga sebaknya istirahat kompres es, bandaging, elevasi tngkai , jgn akitfitas olah raga dulu sampai bengkak hilang

  • handiyani
    Posted Agustus 1, 2010 9:28 pm

    dari dokter ortopedi mengatakan dari hasil ronsen tumit kaki dan di jari kaki kelingking kanan kiri ada penonjolan tulang saya sudah suntik 3x selama 1 tahun bertahan 3bln setelah itu, terasa sakit sampai seluruh badan
    benarkah karna faktor usia (saya 42thn BB 60kg dan karna obesitas.) apa benar jalan satu-satunya harus di operasi untuk menyembuhkan penonjolan tulang ini atau ada cara lain?

    mohon di jawab
    terima kasih.

    • muki partono
      Posted Agustus 2, 2010 4:09 pm

      bila pengobatan telah diberikan secara optimal selama 6 bln dan hasil kurang memuaskan sebaiknya anjuran operasi,

      • handiyani
        Posted Agustus 4, 2010 2:02 pm

        trima kasih bnyk atas jwbannya..
        bila saya melakukan operasi,penonjolan tulang di kaki saya tersebut, akan hilang dan bagaimana keadaaan saya setelah operasi ? bisa berjalan atau tdk ?efek sampingnya apa?

  • handiyani
    Posted Agustus 4, 2010 2:07 pm

    dok, sebetulnya penyebab penonjolan tulang itu kenapa ya?mohon di jawab…

  • ratna
    Posted Agustus 23, 2010 11:24 am

    dok, tumit sebelah kanan saya kalo saya bangun tidur dan habis duduk sakit, tapi kalo untuk jalan udah gak sakit lagi..gejala apa ya dok?

    • muki partono
      Posted Agustus 23, 2010 4:21 pm

      gejala fasciitis plantaris sebaiknya berobat

  • vi
    Posted Agustus 23, 2010 9:42 pm

    Ass..
    dok umur sy 27 tahun sy sering merasa sakit di kedua tumit sy..rasanya ngilu klo berjaln, tp klo pakai alas kaki rasa nyeri itu agak berkurang,kadang ada seperti luka kena pnas di bagian telapak kaki sy belum sempat cek darah tp apakah ada kemungkinan itu asam urat ato kolesterol dok? atau itu cuma pengpuran tulang dok?sebaiknya sy konsultasi ke dokter apa ya?

    • muki partono
      Posted Agustus 24, 2010 9:51 am

      mungkin anda menderita fasciitis plantaris, sebaiknya konsultasikan kami dan , nanti spy nyerinya cepat hilang kita bisa lakukan penyuntikan pada daerah yg nyeri, dan diberi obat2an, yg perlu diingat pengobatan ini butuh waktu 6-8 minggu

  • widya
    Posted Agustus 27, 2010 12:20 pm

    siang dok,
    saya umur 40 th, akhir2 ini seringkali tempurung lutut dan telapak kaki suka kesemutan dan ngilu kalau jln, dan kadang agak kebas, apa yang menyebabkan hal tersebut krn terkadang kalau mau berdiri suka gemetar. kolesterol saya agak tinggi apakah hal tsbt yg menyebabkan nyeri. trims byk dok.

    • muki partono
      Posted Agustus 27, 2010 3:11 pm

      menurut kami krn sebab lain, sebaiknya dicheck, biasanya pada usia muda krn HNP lumbal

  • Yuni
    Posted September 11, 2010 8:06 am

    alow dok,saya wanita usia 25thn,hbs jatuh dari tangga,dan sudah dibawa ke Tukang urut dan dan dibawa ke RS,setelah di Rontgen kata dokter Ada retak tulang dibagian tumit,..mau tanya,apakah bs sembuh dengan hanya minum Obat kalsium dan perban elastis.dan kira2 berapa lama sembuhnya.?saya tidak ingin di Gips/operasi…trims atas jawabanx…

    • muki partono
      Posted September 11, 2010 4:16 pm

      bisa sembuh asal ada kontak pada grs patahannya butuh waktu 1 1/2 bln utk menyambung

  • ifa
    Posted September 24, 2010 2:48 pm

    Dok,

    Sepertinya kalau dari pertanyaan yang ada sepertinya penyakit fascitis plantaris untuk pastiin periksa ke dokter umum atau sp. tulang ya
    terima kasih ya

  • Dani Takac
    Posted Oktober 7, 2010 11:15 am

    Dok,
    Saya mau kosultasi,
    Knapa ya? kaki saya yang sebelah kiri akhir2 ini sering sakit mulai dari pangkal paha sampai telapak kaki,dan itu terjadi apabila saya sedang beraktivitas (berjalan), kemudian apabila sedang duduk atau berbaring dalam kondisi diluruskan terasa sakit, dan setelah dibengkokkan baru sakitnya reda, kejadian ini sudah berjalan hampir 1 minggu.
    Apa yang seharusnya saya lakukan dok? dan kemana saya harus pergi ?

    Terimakasih Dok

    • muki partono
      Posted Oktober 10, 2010 12:27 am

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang , sebaiknya kita periksa dan lakukan pemeriksaan MRI utk memastikannya

    • Dani Takac
      Posted Oktober 11, 2010 10:55 am

      Maaf dok..kelanjutan dari pertanyaan saya,,itu penyebabnya apa ya dok? n pemeriksaan MRI itu kemana harus saya periksakan..karena saya berdomisili di Kota Medan..Trimakasih dok

  • wiwi winarti
    Posted Oktober 10, 2010 12:38 pm

    Dok, saya mau tanya …, ibu saya sering mengeluh sakit (ngebet sekali ) didaerah tumitnya & sudah beberapakali coba perobat , pertama dinyatakan asam urat lalu dinyatakan itu mungkin pengapuran dikaki jd yg mau sy tanyakan :klu ingin berobat, kira2 saya harus kedokter bagian apa tepatnya utk mendapat hasil yg lebih akurat.terima kasih

    • muki partono
      Posted Oktober 11, 2010 6:28 am

      sebaiknya ke dokter tulang, kalau domisili di jkt bisa hubungi kami

  • heru susantyo
    Posted Oktober 11, 2010 5:17 pm

    Dok seperti yang banyak dipertanyakan saya juga menderita sakit pada tumit sebelah kanan dari hasil rontgen fasciitis plabtaris (spoor…)kemudian saya disuntik tapi 3 bln kemudian terasa sakit lagi sampai saat ini. Obatnya apa ya dok agar tdk dioperasi, karena saya merasakannya sdh cukup lama.
    Terimakasih Dok atas jawabannya

    • muki partono
      Posted Oktober 12, 2010 12:09 pm

      sebaiknya bila sdh mengganggu dilakukan perasi pengikisan ,bila tdk mau kita lakukan penyuntikan ulang

  • Wetri Handayani
    Posted Oktober 28, 2010 2:58 pm

    Dok, kaki saya terasa sangat sakit setelah bangun tidur dan duduk. Dulu saya pernah periksakan dan tes darah yang menduga sakit asam urat, namun hasil tes negatif. jadi sakit apa dan bagaimana cara pengobatannya Dok?

    • muki partono
      Posted Oktober 29, 2010 9:26 am

      kami curigai ibu menderita penekanan saraf pinggang , dan keluhan lbh terasa krn posisi tidur yg kurang baik utk keluhan tsb, jd, coba posisi tidur nya terlentang dan alas keras (latex), bila perlu ganjal bantal di bawah lutut

  • ifadina
    Posted Oktober 30, 2010 5:56 am

    dok…sudah 4 bulan ini tumit kanan dan kiri saya nyeri setelah bangun tidur dan duduk lama. Saya perhatikan, di atas kedua mata kaki saya membenjol dan kalau diraba agak nyeri… saya berusia 40 thn, tinggi dan berat badan 155/69 kg. Terimakasih

    • muki partono
      Posted Oktober 31, 2010 4:31 pm

      bisa akibat GOUT artritis, atau sebab lain seperti fasciitis plantaris sebaiknya diperiksakan

  • dinni
    Posted November 12, 2010 11:37 pm

    dok,sy wanita usia 31th tb 158cm bb 60kg,sebulan setelah melahirkan,tumit saya sering sakit kalu dipakai berjalan terlebih sehabis bangun tidur,setelah dudk lama atau kondisi kaki menggantung. keluhannya sdh 8bl ini,sy sdh periksa ke dokter umum,diberi obat minum dan di akupuntur,sakitnya berkurang tp ga lama kambuh lg. Sy jg sdh tes asam urat,hslnya masih normal. Ini sakit apa ya dok ???
    Keluhan lainnya,saya jg mudah cape kalu hrs berjalan jauh/lama,rasanya betis pegal sekali. Waktu msh hamil,dengkul sy jg sering sakit,ga kuat utk jongkok. Sy jg sering sakit pinggang,rasanya kayak mau patah,dan terasa sakit sampai ke punggung.
    Pokonya sy banyak keluhan ditulang dan sendi mulai dr tumit,betis,tangan,pinggang,punggung,leher dan jari2,rasanya pegel,ngilu,nyeri. Apakah ini saling berhubungan? Dan sakit apakah saya? Baiknya saya konsul ke dokter spesialis apa?
    Terima kasih.

    • muki partono
      Posted November 14, 2010 8:02 pm

      anda kelihatannya mengalami kelainan pada tulang belakang (penjepitan saraf), diperberat dgn proses kehamilan dan kalau anda melahirkan secara normal tambah berat lagi sebaiknya bila sdh 8 bulan anda perlu pemeriksaan MRI Lumbal atau kita perika dulu untuk memastikannya

  • rahmawati.s
    Posted Desember 6, 2010 5:54 pm

    saya ibu rumah tangga mempunyai anak tiga, usia 43 thn keluhan saya kalau bangun tidur tumit sebelah kiri terasa sakit kalau diinjakan mohon selusinya dokter.

    • muki partono
      Posted Desember 14, 2010 11:30 am

      ibu menderita fasciitis plantaris sebaiknya berobat agar lbh nyaman

  • sofiah
    Posted Desember 15, 2010 11:45 pm

    Saya ibu rumah tangga, punya anak 4, usia 46 tahun, keluhan saya kalau bangun tidur tumit kiri saya terasa sakit saat diinjakkan, ini sudah saya rasakan lebih kurang 3 bulan ini, saya sudah 10 kali terapi dengan pemanasan di rumah sakit. Hasilnya belum begitu nyata. Bagaimana solusinya dok, terima kasih

    • muki partono
      Posted Desember 16, 2010 10:17 am

      kita lakukan injeksi pada tempat yg nyeri.

  • heny
    Posted Desember 21, 2010 9:18 am

    Dok,sy wanita usia 44th,setelah melahirkan secara normal, seluruh badan terasa ngilu,sakit, pegel seperti urat2 mau putus, dengkul klo buat jalan sdkt agak sakit,kalo lagi duduk solat kaki terasa ngilu, setiap bangun tidur tumit dan kaki agak susah utk berjalan tp lama2 tidak begitu sakit dan masih bisa utk beraktifitas,trus terasa sakit klo dudk bersila ato ditekuk, keluhan ini sy rasakan setelah melahirkan sampai sekarang sdh 4 bulan.Ini sakit apa ya dok ???
    dan apa yang harus saya lakukan?
    Terima kasih.

    • muki partono
      Posted Desember 21, 2010 5:53 pm

      kemungkinan anda menderita HNP lUmbal diperberat dengan kondisi melahirkan dan berat badan yg bertambah akibat kehamilan, coba turunkan berat badan ke berat sebelum hamil dan pakai korset lumbal dulu, bila masih nyeri sebaiknya dikonsultasikan

  • unteana siswoyo
    Posted Januari 7, 2011 10:39 am

    Umur saya 47 th, dok, tumit saya bagian bawah sebelah kiri kalo setiap bangun tidur selalu sakit. Bila dipakai jalan sebentar baru hilang rasa sakitnya. Sudah berlangsung sekitar 2bln. Tetapi sekarang setiap dipakai berjalan tanpa alas kaki tumit bag. bawah sakit. Begitu juga setiap dipakai jalan pergelangan kedua kaki saya selalu berbunyi seperti cetok-cetok. Mohon solusinya dok, kira2 penyakit apa yg saya derita ini. Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Januari 9, 2011 9:14 pm

      anda menderita fasciitis plantaris , dan mungkin cedera pada ligament sendi ankle

  • Solaiman Wahyudi
    Posted Januari 9, 2011 2:26 pm

    selamat siang dok dan salam kenal. dok saya pria 28 tahun. dok saya mau nanya, tumit kaki sebelah kanan saya terasa sakit apa lagi saat bangun tidur. sudah lama sakitnya. dan sampai sekarang masih terasa sakit. pada saat ini kaki kiri saya terasa sakit juga. hampir sama dengan kaki kanan saya. sakitnya kaya keinjek batu. itu akibat apa yah dok. dan bagaimana cara penyembuhannya?
    Terima Kasih dok.

    • muki partono
      Posted Januari 9, 2011 8:58 pm

      anda menderita fasciitis plantaris, sebaiknya dilakukan injeksi pada tumit yg nyeri biar cepat nyerinya hilang

  • vera
    Posted Januari 11, 2011 10:25 pm

    Yth,
    Dok, sudah 5 bulan ini telapak kaki kanan (di lekukan ujung kiri) sakit/ngilu kalo bangun dari duduk terlalu lama atau setelah olahraga/fitnes. FYI, saya umur 43 thn BB = 68 kg, TB= 155 cm punya kolesterol tinggi (LDL = 294 mg/dL) dan sudah dicek darah yg lainnya tidak ada asam urat dan kondisi tulang (osteoporosis) baik.
    apakah saya kena rematik ? atau kena cedera otot kaki krn olahraga terlalu berat ? apakah bisa dilakukan pengobatan pijat/refleksi ?
    Terima kasih

    • muki partono
      Posted Januari 13, 2011 10:33 pm

      sebaiknya diperiksakan belum tentu dugaan yg anda sebutkan benar, kami curiga ada kelainan penekanan saraf pinggang atau pengapuran pada tulang tumit

  • tuti
    Posted Januari 16, 2011 10:30 pm

    dokter kaki ditumit sebelah kiri saya klo diinjakan sakit.itu sakit apa ya dok?dan sy hrs kedokter apa?terimakasih

    • muki partono
      Posted Januari 17, 2011 10:26 am

      mungkin ibu menderita fasciitis plantaris atau perkapuran pada tulang tumit, sebaiknya ke dokter tulang

  • intan
    Posted Januari 26, 2011 8:49 pm

    Selamat Malam Dokter apa kabar ?

    Dok yang saya mau tanyakan hampir sama spt tmn” lainnya, namun disini sdh sktr 6bln, kaki saya sakit nya minta ampun, dan klo saya tekan di tumit bawah spt ada benjolan, itu apa ya dok ? saya sdh di urut stp mgg, dan menghindari gorengan , namun tetap sakit,
    boleh minta saran ke Dokter mana ya dok, trimakasih

    Intan

    • muki partono
      Posted Januari 27, 2011 10:26 pm

      sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang, anda menderita fasciitis plantaris atau ada benjolan

  • ade irma
    Posted Februari 13, 2011 11:12 am

    Dok umur saya 19 tahun,,,,sakit yang saya derita saat ini diatas tumit saya terasa sakit jika saat bangun tidur dan itu terasa berulang kali,,,sakit apa ya dok?dan saya harus kedokter apa untuk memriksanya?

    • muki partono
      Posted Februari 13, 2011 4:53 pm

      sebaiknya berobat ke dokter tulang saja, kemungkinan anda menderita fasciitis plantaris

  • neng
    Posted Februari 13, 2011 10:24 pm

    sy sakit tumit kiri tp sampai ke kepala sblh kiri. apa gjala faciitis plantaris jg? kl dipakai jln agak lm sk skt.thx

    • muki partono
      Posted Februari 14, 2011 2:42 pm

      kalau dipakai jalan tak nyeri dan disertai nyeri kepala, kami rasa bukan fasciitis plantaris, sebaiknya diperiksakan serius

  • joni
    Posted Februari 15, 2011 9:15 pm

    maaf dokter, umur saya 28 tahun, tumit kaki saya tidak sakit, tetapi yang sakit bagian diatas tumit,ditengah-tengah mata kaki kiri dan kanan,persisnya bagian belakang kaki,jadinya disekitar mata kaki saya ikut bengkak sampai mata kaki seperti kelihatan tidak menonjol, waktu bangun tidur tidak sakit dan tidak bengkak, setelah siang dan beraktifitas baru terasa sakit, dan kemudian bengkak, sakitnya bergantian,kalo hari ini kaki kiri, terkadang kesokan harinya yang sakit kaki sebelah kanan, apa penyebapnya dokter, asam urat, atau rematik? mohon jawaban dari dokter terima kasih

    • muki partono
      Posted Februari 21, 2011 11:36 am

      utk memastikan sebaiknya cek asam uratnya, bila hasil negatif bisa akibat radang sendi, salah satu penyebab adalah faktor alergi, sebaiknya diperiksakan

  • nia
    Posted Februari 16, 2011 12:22 pm

    Dok, kalo injeksi di bag tumit kaki krn sakit fasciitis ad efek ga dok? Dulu sy prnh disuntik ama doktr muki di pergelangn tangan krn tendon kejepit itu sempet seharian sakit ga bs digerakan, tp skitar 2 sampe 3 hr sembuh total..nah, apa suntik d bagian kaki ini akan begitu jg dok? Tx

    • muki partono
      Posted Februari 21, 2011 11:12 am

      sebenarnya efek suntik pada pergelangan tdk tambah nyeri, bila itu terjadi spt pada kasus anda, artinya penekanan yg terjadi pada pergelangan tangan anda sdh cukup hebat sehingga obat yg saya suntikan menyebabkan penekanan sementara itu yg menyembabkan nyeri, tapi setelah obatnya diserap oleh tubuh baru ibu rasakan lbh nyaman, beda dengan kasus pada tumit bukan rongga yg akan saya suntikan tapi fascia plantaris , bukan rongga jd, biasanya lbh nyaman

  • lia
    Posted Februari 21, 2011 5:25 pm

    dok. blkangan kedua tumit sy skt trtm seblh kiri. kl pk sendal empuk agak bkurang. sktnya timbul kdg bkurang.knp ya?

    • muki partono
      Posted Februari 22, 2011 7:47 am

      bisa akibat fasciitis plantaris atau sebab lain, sbaiknya diperiksakan

  • Ny ria
    Posted Februari 25, 2011 8:40 pm

    Dok, tumit saya selalu sakit bila bangun tidur, dan setelah duduk, dan kaki terasa berat dan kebas.

    • muki partono
      Posted Maret 1, 2011 10:36 am

      ibu mengalami gejala penekanan saraf pada kaki sebaiknya diperiksakan dengan baik

  • Ati sukmayanti
    Posted Maret 3, 2011 6:26 pm

    Dokter…, Sudah 1 tahun dari pinggang betis dan tumit sakit ngenyut, terutama di tumit. apalagi kalo malam hari atau bangun pagi amat sakit sekali.Hasil lab asam urat, kolesterol dan gula darah noramal. Saya harus berobat ke dokter apa?

  • Ade saputra
    Posted Maret 5, 2011 3:28 pm

    Dok knapa y kaki saya di bagian dari paha ke bawah sering lemes terasa panas dan pegal,saya juga sering merasa ngantuk,dan terkadang tubuh saya sering gatal” ,.

    • muki partono
      Posted Maret 8, 2011 5:23 pm

      coba lakukan Olah raga yg teratur spy tdk cepat ngantuk, kalau gatal bisa akibat alergi

  • Anwar
    Posted Maret 9, 2011 9:34 am

    dok, Pinggang saya beberapa kali tiba2 sakit. Kalau sudah sakit untuk jalan, jongkok dan sholat jadi sakit. Sakitnya kadang 1-3 hari lalu hilang.

    Sekarang pangkal kaki kanan sudah seminggu ini sakit. cek darah semuanya normal. Kata dokter syaraf kemungkinan rematik. Mohon masukan dok. thx

  • Siulii
    Posted Maret 15, 2011 12:54 pm

    Setelah dinyatakan kena anemia 15 hari yang lalu, beberapa keluhan mulai muncul. Ada rasa sakit ketika tidur pada kedua kaki, mulai dari pangkal paha sampai tumit, terasa ngilu dan kram.
    Apakah ini juga disebabkan oleh anemia tersebut.
    Keluhan lain yang sudah saya rasakan, tangan kiri sakit, sesak napas (tidur harus dalam keadaan duduk, baru terasa nyaman), lemas-lesu, dll.
    Mohon masukkannya Dok, Trima kasih

    • muki partono
      Posted Maret 17, 2011 11:26 am

      bisa , sebaiknya obati dulu anemianya dan cari penyebabnya krn apa

  • Yanti
    Posted Maret 15, 2011 11:18 pm

    Dokter, saya sakit tumit,betis, hingga ke belikat kanan. sakit apakah saya dokter? saya tingal di Palembang, jadi sebaiknya berobat ke dokter spa, dokter syaraf atau dokter ortopedi?

    • muki partono
      Posted Maret 17, 2011 11:21 am

      itu gejala penekanan saraf sebaiknya dikonsulkan ke dokter orthopedi

  • Indayati
    Posted April 18, 2011 4:54 pm

    dok, tumit kaki kanan saya sdh beberapa bln ini terasa nyeri bila habis bangun dr duduk dan tidur, sdh berobat ke dr syaraf dan dironsten kaki tidak ada pengapuran dan dikasih obat2 dan suplemen . and sekarang saya hrs gimana ya dok

  • holmes heater
    Posted April 30, 2011 6:32 am

    This is my first time i visit here. I found so many entertaining stuff in your blog, especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work.

  • siska
    Posted Mei 31, 2011 4:56 pm

    dok,sy usia 24kenapa ya tumit saya kalo bangun tidur,habis duduk terus langsung jalan terasa sakit tapi klo dah jalan terus sakit itu hilang. Apalagi kalo saya habis berdiri lama kadang suka masih terasa sakit. apa itu gejalanya penyakit asam urat atau reumatik dok. Makasih ya dok..

    • muki partono
      Posted Juni 5, 2011 1:51 pm

      anda menderita fasciitis plantaris sebaiknya berobat kalau mengganggu

  • mahmul rivai
    Posted Juni 13, 2011 5:48 pm

    dok, penderita penyakit “fasciitis Plantaris” harus berobat ke Dokter spesialis apa Dok ?

    • muki partono
      Posted Juni 17, 2011 4:41 pm

      sebaiknya ke dokter tulang/orthopedi

  • rosti
    Posted Juni 14, 2011 8:25 am

    dear dr.
    dokter, saya mau konsultasi…kenapa ya klw setiap pagi saya bangun tidur, kedua tumit kaki saya terasa nyerih dan terasa sakit sekali klw berdiri.
    itu kira-kira sakit apa ya dok..??? mohon penjelasannya..trima kasih.

    • muki partono
      Posted Juni 17, 2011 4:37 pm

      mungkin anda menderita gejala fasciitis plantaris , tapi masih awal biasanya lakukan stretching saja dengan melakukan gerakan seolah-olah menginjak rem tahan 5- 10 hitungan dan sebaliknya baru anda turun dari tempat tidur

  • vivien yuniar
    Posted Desember 14, 2011 8:39 am

    dok..kenapa ya tumit kaki saya setelah bangun tidur kok terasa cekot cekot.apa yang harus saya lakukan dok?umur saya 36.terimakasih

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2011 9:40 pm

      Nyeri tumit bisa krn fasciitis plantaris atau gejala penkanan saraf pinggang, sebaiknya diperiksakan

  • yani
    Posted Desember 28, 2011 10:26 pm

    dok saya orang palembang umur 50 tahun knp ya tumit saya klau brjalan sakitttt bngt…?
    tolong d ksih tau ap penyebab ny dan ap obat ny dok..?

    • muki partono
      Posted Desember 29, 2011 12:58 pm

      Anda menderita fasciitis plantaris, sebaiknya berobat dan perlu suntikan pada tumit yg nyerinya

  • yani
    Posted Desember 29, 2011 9:07 pm

    sebaik ny berobat ke dokter tulang atau dokter ap ya dok?

  • Wibisana
    Posted Desember 29, 2011 11:43 pm

    Malam Dok, saya ingin menanyakan mengenai penyakit saya yaitu rasa nyeri yg cukup berat di bagian tungkai bagian dalam (di bawah lutut). Ini terjadi di tungkai kanan dan kiri. Apalagi setelah BAB jongkok atau duduk terlalu lama maka ketika bangun akan terasa nyeri sekali. Apa ya penyakit saya ini ? sebaiknya saya periksakan kemana? Saya sdh coba utk pijat tp hasilnya belum ada. Terima kasih utk jawabannya

    • muki partono
      Posted Januari 3, 2012 5:58 am

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang sdh khas sekali, seaiknya diperiksakan ke dokter tulang dan perlu pemeriksaan MRI Lumbal

      • Wibisana
        Posted Januari 4, 2012 10:12 pm

        malam dok. terima kasih untuk responnya. Apakah sy sebaiknya mengunjungi dokter tulang atau dokter syaraf ya ? pemeriksaan MRI itu utk apa ya ?

      • Wibisana
        Posted Januari 4, 2012 11:00 pm

        maaf dok, ada satu lagi, di bagian pinggangnya tidak sakit sama sekali. apakah memang itu sakit di pinggang yang menjalar ke bagian tungkai atau cedera lokal di tungkai

  • Ribka
    Posted Januari 14, 2012 1:07 pm

    saya mengalami sakit pada tumit yg diutarakan teman2 diatas., dan saya harus disuntik ke 2 tumit saya, uups sakitnya apun deh…, tapi beberapa hari kemudian sakit2nya hilang sampai sekarang ….
    jadi benar kata dokter, harus disuntik ….

    • muki partono
      Posted Januari 14, 2012 11:08 pm

      Ya memang demikian saat disuntik bisa nyeri, kadang tidak nyeri

  • Luciawati
    Posted Januari 20, 2012 9:32 pm

    dokter,kalau yeri tumis fascitis plantaris di biarkan sj tanpa diobati apa yang akan terjadi?

    • muki partono
      Posted Januari 24, 2012 10:35 am

      jika dibiarkan anda tdk nyaman krn nyeri terus, dan biasanya fascitis plantaris terjadi pada daerah yg mengalam penekanan di tumit, jd akan kesulitan berjalan

  • jhon
    Posted Januari 25, 2012 8:29 am

    dokter kenapa ya kalo setiap kena hujan panas saya jadi sakit kepala…?
    terima kasih sebelum nya.

    • muki partono
      Posted Januari 31, 2012 6:18 pm

      Hal yg biasa terjadi apalagi bila hujannya rintik bukan yg lebat

  • Ruth
    Posted Januari 28, 2012 12:16 pm

    Siang Dok !! Saya Wanita umur 45 th, setiap bangun dr tidur tumit sebelah kanan suka sakit trs bila langsung jln terasa nyeri, kemudian jari2 tangan kalau di remas agak sakit, memang 1 thn lalu kmrin saya pernah terjatuh & keseleo tangan kanan sampai bengkak cuman sdh d pijit & d reflexi + di Sinar Infra Red tapi kok masih sakit ya dok? kira2 ini sakit apakah … Thx 4 ur attn. GBU

    • muki partono
      Posted Januari 30, 2012 9:13 am

      Ibu sdh mengalami gejala pengapyran pada tumit dan proses degeneratif yg manifestasnya kekakuan pada jari tangan, coba kurangi berat badan kalau blm ideal, hindari faktor alergi dr makanan kalau memang punya masalah alergi, dan posisi tidur terlentang, dan janhan lupa olah raga yg teratur

  • ariani
    Posted Januari 29, 2012 6:47 pm

    dok,saya mengalami sama semua seperti yang lain alami yaitu nyeri sekali tumit saya pada waktu bangun tidur,duduk atau jongkok.tapi nyeri itu saya rasakan juga pada saat tumit tidak diinjakan ke lantai.misalnya kalo saya duduk kaki saya gerak-gerakan dan nyeri itu juga saya rasakan terutama ditumit sebelah kanan
    .sakit apa itu ya dok? saya harus ke dokter apa dok? ada referensi doter ga untuk dokter atau spesialis khusus untuk kaki? saya tinggal didaerah pasar minggu jaksel,usia 31tahun..terimakasih untuk jawabannya dok

    • muki partono
      Posted Januari 30, 2012 9:04 am

      Anda menderita fasciitis plantaris sebaiknya kami periksa , kami praktek di RS Siaga raya dekat dgn tempat tinggal anda

    • Ruth
      Posted Februari 3, 2012 3:46 pm

      Thx, Dok atas jawabanya, pengapuran ??? berat TB : 162 , BB : 49, emang sih saya ada alergi dgn debu & asap … tidurpun saya tdk pakai bantal kepala & posisi byk-an telentang …. olah raga apa yg hrs saya lakukan ….krn kt. dokter saya ada asthma makanya gampang alergi …. thx dok & GBU

  • Edo
    Posted Maret 8, 2012 6:53 am

    Dok…
    saya berumr 35 th, klo bangun pagi telapak kaki terasa sakit, tdk bisa langsung menginjakkan kaki dilantai…mohon petunjuknya dok…!

    • muki partono
      Posted Maret 8, 2012 10:52 am

      Anda kemungkinan menderita FASCIITIS PLANTARIS , sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • widjah
    Posted April 12, 2012 1:54 pm

    saya berumur 57 th. dok saya setiap bangun tidur tumit kaki saya yang sebelah kana selalu sakit bahkan di siang hari juga kadang sering trasa sakit telapak dibawah tumit kaki yg sebelah kanan.
    boleh saya tau dok. kalau suntik tumit kaki apakah mahal? trimakasih…

    • muki partono
      Posted April 14, 2012 9:45 am

      tergantung RS nya , berkisar 200 – 400 ribu

  • revi
    Posted April 29, 2012 10:07 pm

    Assalamualaikum wwbr.

    Dokter mau tanya, tumit saya yang sebelah kanan sakit kalo bangun tidur,dan saya naik kendaraan umum Bus Way kekantor berdiri, kalo di angkat kakinya sakitnya minta ampun, ini sudah berlangsung kira2 1(satu) bulan ini,tolong dikasih tau apa obatnya terima kasih
    Wassalam
    Revi Noerman

    • muki partono
      Posted Mei 3, 2012 10:20 am

      mium obat nyeri yg bisa dibeli di warung saja

  • online email marketing software reviews
    Posted Mei 29, 2012 4:59 am

    I think this is one of the most vital info for me. And i’m glad reading your article. But should remark on few general things, The site style is ideal, the articles is really excellent : D. Good job, cheers

  • tetin
    Posted Juni 5, 2012 7:06 pm

    tumit kiri saya nyeri setiap baru berdiri dan tambah sakit bila dibawa berjalan Setelah dirontgen hasilnya ada pertumbuhan calcifikasi meninggi pada poterior os calcaneus sinistra

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 10:32 am

      anda mengalami pengapuran pada tumit , kadang memang bikin nyeri, anjuran turun berat badan, pakai sepatu hak tinggi dan minum obat nyeri

      • sinaga
        Posted September 4, 2012 9:26 am

        halo dok…saya berumur 35th..kalo bgn tidur pagi kedua tumit saya suka sakit…tp kalo dibawa jln skitar 10mnt mulai hilang rasa nyeri nya.apakah perlu disuntik ditumitnya?dan apakah ada resiko akibat suntikan tsb?seingat saya bagian tumit itu kan ada syaraf reproduksi…alias kesuburan utk kelamin.trima kasih..

        • muki partono
          Posted September 11, 2012 5:49 pm

          Sebaiknya anda kami periksa utk memastikan kelainan di tumitnya biasanya memang fasciitis plantaris , tdk selalu hrs disuntik kalau anda menginginkan hasil pengobatan lbh cepat memang suntikan adalah salah satu cara yg dpt ditempuh, dan mnrt kami tdk benar pada tumit sda saraf utk reproduksi

  • nurul
    Posted Juni 11, 2012 5:02 pm

    Dok sy mau nanya, udah 3 hri tumit kiri saya skit apalgi klo jalan. Biasa terasa ngilu sm lutut dan pinggul. Itu kenapa yah? pdhal sy tdk jatuh ato terbentur apapun. Makasih.

    • muki partono
      Posted Juni 18, 2012 8:03 pm

      kami curigai anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang saran sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  • tetin
    Posted Juni 14, 2012 2:53 pm

    terima kasih sarannya dok, tapi masih adakah kemungkinan untuk sembuh? Apakah umum terjadi untuk usia saya yang masih 36 tahun.terima kasih atas bantuannya

  • sari
    Posted Juni 21, 2012 12:45 pm

    dok, klo sakit antara betis bawah sama tumit atas setiap bangun tidur knpa yah?

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2012 1:56 pm

      nyeri pada betis bisa akibat saraf terjepit atau kram otot saja , coba posisi tidur dan alas tidur diperbaiki, alas tidur hrs keras dan posisi terlentang

  • viomega
    Posted Juli 2, 2012 9:37 pm

    Dok, tumit saya menekan benda dengan keras, tumit kiri saya jadi sakit sekali Dan kalo buat jalan bener bener sakit, keesokan harinya rasa sakitnya menjalar sampe betis, betis kiri saya terasa kaku. Sudah 5 hari rasa sakitnya blm sembuh. Sebaiknya bagaimana?

    • muki partono
      Posted Juli 5, 2012 11:23 pm

      Proses pembenhkakan bisa sampai 7-10 hari jd sabar dan lakukan kmpres es pada tmit yg nyeri dan bengkakselama 20 mnt dan diulang 6-8 jam kemudian

  • aida
    Posted Agustus 3, 2012 10:08 am

    dok, saya mau tanya, ibu saya tumit nya sakit unuk berjalan sampai kalau lagi kambuh jalan aja susuh dok, itu sakit apa ya dok ? terus kepala sering pusing susah untuk bangun ?

    • muki partono
      Posted Agustus 7, 2012 10:18 pm

      kemungkinan gejala penekanan saraf pinggang akibat pengapuran pada pinggang

  • rose
    Posted Oktober 18, 2012 9:44 am

    doc..
    Saya dari malaysia umur 52 thn sering sakit tumit kaki kiri bila bangun pagi..bisa saya tahu apa masalah nya ini..terima kasih..

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 10:52 am

      Anda mengalami fasciitis plantaris atau spur pada heel , biasa terjadi, treatmentnya pakai high heel , ice compres pada tumit, minum obat pain killer,

      • rose
        Posted November 5, 2012 12:04 pm

        terima kasih doc maklumbalas yang membantu.

  • santa yuliana
    Posted Oktober 19, 2012 1:37 pm

    dok udah beberapa bulan ini tumit kanan sy sakit/nyeri jika berjalan dan saat bangun tidur, tp klu pki sepatu hak tinggi kaki sy ngak nyeri dok . sakit sy sebaiknya sy periksa ke dokter sp.tulang ya dok. trus dokter makanan apa yg hrs sy hindari atau atau sy mengkonsumbi mknan apa spy mempercepat proses kesembuhannya dokter.ths

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 10:24 am

      Anda mengalami gejala fasciitis plantaris, sebaiknya lanjutkan pakai sepatu hak tingginya dan berobat ke dokter tulang, mungkin perlu suntikan pada daerahygbpaling nyeri di tumit agar lbh nyaman

  • Ida
    Posted Oktober 24, 2012 6:43 pm

    dok, saya mau nanya, usia saya 46 tahun. setiap kali bangun tidur kaki kiri saya sakit. tapi kalau dipijat atau ditekan-tekan dan dibawa jalan sudah sembuh dan enak. ini jenis penyakit apa ya dok? saya sudah periksa dokter saya dikasih obat anti nyeri (FLAMENAC dan LANADEXON) minum satu kali dua kali sudah enak. terima kasih.

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 9:26 am

      Keluhan anda mungkin hanya kekakuan otot saja krn pengaruh posisi saat tidur, krn dengan konsumsi obat nyeri saaj anda sdh nyaman

  • andi lukman yunus
    Posted November 7, 2012 1:15 pm

    Dok, sakit pada tumit dan telapak kaki bukan hanya merupakan tanda plantar fascitis bisa jadi gejala penekanan saraf pada pinggang ya?

  • Linda Chandra
    Posted November 15, 2012 11:29 am

    kaki tumit kanan belakang sakit sdh 8 bln,sdh suntik 2 x,yg ke 2 x rasanya tdk mampang,suntik pertama tahan 4 bln,sy hrs obati gimana dok,sdh bosan sakitnya,umur 54 thn berat 55 kg,Thank:s Dok

    • Ayu susilowaty
      Posted Desember 1, 2012 6:40 am

      dok. saya usia saya masih 20 thn, kemrin saya ikut jalan sehat dan telapak kaki saya sakit lalu saya urut telapakaki saya,nah tapi kenapa malah tambah sakit sekarang yaa? ! setiap bangun tidur telapak kaki kanan saya sakit,, solusinya gimana ya dokter

      • muki partono
        Posted Desember 4, 2012 11:27 am

        raendam dengan air hangat dan air dingin secara bergantian selama 5 mnt , pagi dan sore evaluasi kembali bila masih ada , sebaiknya berobat ke dokter tulang

  • rini
    Posted November 16, 2012 1:13 pm

    dok tumit kiri sy skt skali jk bangun tidur,,, sy rongsen ke dokter tulang trnyata ad smcam tulang tajam yg tumbuh ditumit sy,,kt dokter itu pengapuran,,sy dianjurkan suntik,,tp sy tdk brani krna tkt terjadi pengeroposan tulang (sy bc diinternet),, yg mau sy tanyakan apakah bnar jk disuntik resikonya bs trjadi pengeroposan pd tulang,, trims

    • muki partono
      Posted Desember 16, 2012 8:53 am

      Memang benar injeksi steroid bisa menyebabkan pengeroposan tapi ada tambahan informasinya yaitu bila dilakukan penyuntikan lbh dari 3 kali selama 1 tahun , itu yg benar, jd jangan sepotong membaca informasi

  • desy
    Posted November 18, 2012 8:44 pm

    ass….dok
    dok saya mau tanya, ibu saya usia 46 tahun, beliau merasa sakit pada belakang betis – telapak kaki,,,,pada waktu bangun tidur dan di buat jalan. itu kenapa ya dok?? sudah di coba di rendam air hangat + garam masih tetap sakit,,,,sudah diolesin balsem juga masih sakit,,,,,tetapi kalau di rendam air dingin atau di kompres air dingin malah tambah sakit,,,kira2 solusinya bagaimana ya dok ? boleh di pijit tdk ya dok?
    terimakasih

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 9:42 am

      Ibu anda menalami pengapuran pinggang yg menekan saraf yg yg disebut Spinal stenosis lumbal saran berobat ke dokter tulang utk dipastikan dan perlu pemeriksaan MRI Lumbal

  • Lilis
    Posted Maret 16, 2013 10:07 am

    Dok,sy lilis usia 30tahun.
    Dok,tiap bangun tidur kaki tumit kaki sy sakit sekali.ini lbh parah dr sblmnya.krna skrg sakit kalo dipakai jalan.apa krna overweight jg ya??berat sy 88 kg,tinggi 165cm.
    Sy harus ke dokter apa dan rmh sakit apa ya dok.sy tinggal di pejaten.truz kalo di suntik,apa sakitnya tidak kambuh lg dok??
    Mhn info dan bantuannya.tks
    Salam,lilis.

    • muki partono
      Posted Maret 24, 2013 9:45 am

      Kemungkinan anda menderita pengapuran od tumit rs siaga raya yg dekat dgn tempat tinggal ibu suntik msh bisa kambuh rapi tergantung kondisi masing2 orang

  • Lita
    Posted April 14, 2013 12:39 am

    Ass Dok
    Dok uda bbrapa bulan sya mengalami skt tumit kanan stiap bgun tdr dan jika sdg tdk braktivits,dan skrg pinggang jg ikt skt.sakt apa ya dok?penanganany bgmna?kl brobat kmana Dok?umr sya 36th tinggl d cibubur.maksh

    • muki partono
      Posted April 15, 2013 8:59 pm

      nyeri tumit disertai nyeri pula pada pinggang biasanya akibat penekanan saraf pinggang saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • Iin
    Posted Mei 3, 2013 10:39 am

    ass dok… mau tanya sudah hampir 2 minggu ini dari belakang lulut serasa kaku,telapak kaki saya klo buat jalan terasa sakit dan kemudian sekarang tangan serasa sakit dan jari2 serasa sakit dan kadang seperti kesemutan klo buat mengangkat barang tidak kuat,kenapa ya dok?apakah saya harus periksa ke dokter spesialis?

    JAWAB ; KALAU NYERI SDH 2 MINGGU DAN TAK KUNJUNG MEMBAIK SARAN SEBAIKNYA DIPERIKSAKAN KE DOKTER TULANG, KELUHAN ANDA SIFATNYA UMUM , JD HRS DIPRIKSA SECARA KLINIS

  • dewi
    Posted Mei 10, 2013 10:08 am

    Dok, saya Dewi 38 tahun. Saya mengalami sakit tumit kiri. Saya pernah berobat ke dokter dan hanya di therapi, sampai sekarang sakitnya belum hilang.Saya harus berobat kemana ya dok.

    Terima kasih

    • muki partono
      Posted Mei 12, 2013 12:50 pm

      Mungkin anda perlu disuntik spy sembuh sebaiknya kami periksa kalau domisili di jakarta

  • budi
    Posted Mei 28, 2013 11:47 am

    maaf dok pinggang, betis dan tumit saya sakit terkdang jika baru bangun dari duduk maupun tidur terasa sakit. tumit saya seperti kesemutan tapi ketika sudah bangun dan berjalan rasa sakitnya berkurang. kira kira kenapa ya dok.terima kasih sebelumnya.

    • muki partono
      Posted Mei 30, 2013 10:13 am

      gejala penekanan saraf akibat bantalan (HNP) coba berat badan turunkan sampai batas ideal, tidur terlentang dgn alas keras

  • Darwati
    Posted Agustus 16, 2013 11:31 am

    Dok, saya sudah operasi tgl 11/04/13 pengapuran ditumit kanan tumbuh tulang. Setelah 1 minggu operasi bawah mata kaki bengkak, sudah di suntik 1x, terapi 12x (3 macam), tp sampai sekarang masih bengkak dan sakit sampai telapak kaki bila di buat jalan/berdiri lama.Kata dokter sebelum opersai kelamaan jalan jinjit, jd syaraf picmannya ketarik. Apa yang harus saya lakukan sekarang untuk penyembuhan ini? Terimakasih atas bantuannya.

    • muki partono
      Posted Agustus 26, 2013 5:28 pm

      luka bekas operasi tsb agak lama memang jd sabar saja, biasanya 4 bulan selesai tapi bila blm mungkin perlu waktu lagi bisa sampai 8 bln

  • harwati
    Posted Agustus 27, 2013 2:35 pm

    Dok…tumit kanan saya (49 th) sakit untuk menapak setiap bangun tidur pagi..tapi lama@ hilang stelah jalan..dan hasil lab laju endap darah saya termasuk tinggi(44)pinggang mudah pegel penyakit apa ya dok? dan hrus berobat ke bagian apa?

    • muki partono
      Posted Agustus 28, 2013 7:37 am

      ada 2 kemungkiknan nyeri tumit disertai nyeri pinggang biasanya akibat penekanan saraf pinggang atau nyeri tumit saja tanpa disertai nyeri pinggang biasanya fasciitis plantaris adanya peradangan pada ujung tumit tempat melekatnya fascia plantaris, sebaiknya berobat ke dokter tulang mungkin perlu disuntik kalau domisili di jakarta bisa hubungi kami

      • idar darmilah
        Posted Juni 11, 2014 8:11 am

        Kalau telapak kaki tumit sebelah kiri sakit diperiksanya ke dokter spesialis apa, dok?
        Terima kasih

        • Muki Partono
          Posted Juni 12, 2014 2:19 am

          dokter tulang

          • ninik
            Posted Desember 21, 2014 4:05 pm

            Mohon info ya dokter.
            Saya memiliki keluhan di kedua tumit yang sakit saat bangun dari tidur atau duduk.
            Beberapa saat yang lalu pernah konsultasi ke dokter, dan diberi obat, tetapi kaki (mulai betis kebawah) bengkak.

            Pertanyaan kedua,
            Amankah suntik(yang dokter jelaskan diatas) atau meminum obat penghilang rasa sakit (yang biasa diberikan dokter pada masalah saya ini) mengingat saya pernah operasi pengangkatan 1 payudara 5 tahun lalu.

            Terima kasih sebelumnya dokter Muki Partono

          • Muki Partono
            Posted Desember 26, 2014 4:28 am

            Sebaiknya anda kami periksa lbh dulu utk memaStiakn diagnosisnya

  • Muhsin alhabsyi
    Posted Januari 11, 2015 10:01 am

    dok.. 3 bln yg lalu saya pernah jatuh dan sdikit bermasalah pada tulang ekor.. stelah itu tungkak/kaki kanan bagian belakang selalu terasa nyeri hebat khususnya bangun tidur n sehabis olahraga. saat ini rasa nyeri di tulang ekor sdh tidak ada tapi kaki tetap nyeri hebat. dan juga untuk berlari 1 putaran saja terasa gak mampu jalan lagi.
    sekedar informasi,saya jg sering begadang n terkadang langsung mandi sebelum tidur malam.
    bagaimana menurut dokter? kalau memang harus periksa ke dokter speaialis apa?

    Muhsin Habsyi,24 tahun

    • Muki Partono
      Posted Januari 12, 2015 12:48 pm

      sebaiknya periksakan ke dokter tulang mungkin ada masalah pada tlang belakang anda

Leave a Comment