Salam Kenal Dok,

Usia sy 38 th, laki-laki. Setahun terakhir ini, kaki kiri saya seperti “tidak kuat”, terutama daerah lutut. Sy pernah jatuh ketika berjalan, tanpa “sebab”, terjadi “tiba2” saat sy berjalan.
Ketika kemarin memeriksakan diri ke dokter, di anjurkan untuk rontgen. Hasil rontgen: Struktur & bentuk tulang baik, tak tampak fraktur maupun dislokasi, tampak osteofit minimal pada permukaan artic genu femoral, sela sendi menyempit di medial, jaringan lunak baik.
Terus terang, kondisi ini cukup ‘mengganggu’ aktifitas sehari-hari, karena sy berjalan tidak bisa cepat, jadi sangat “berhati-hati”.
Apakah ini yg disebut ‘Osteoartritis’? Apa yang harus sy lakukan? Jika hendak memeriksakan diri pada dokter Muki, apakah jadual dan tempat praktek dokter sesuai dengan yang ada di web nya?
Mohon info, dok… Terima Kasih
Salam, Reza

jawab : anda bukan mengalami OA tapi kami curiga robekan pada bantalan lutut itu biasa terjadi pada seusia anda, walaupun tidak di dahului oleh jatuh, karena utk bantalan berlaku hukum pemakaian dan beban. Suatu saat bila beban dan pemakaian berlebihan pasti akan robek, mengenai jadwal praktek ya sesuai dgn yg di web