0815100041928.00 WIB - 16.00 WIB
Lokasi PraktekRSPI Puri Indah dan RS Jakarta

telapak kaki dan tangan bengkak, jari kaku, terasa gatal. gejala penyakit apa ya dok?

kemungkinannya banyak, sebaiknya diperiksakan secara klinis dan pemeriksaan laboratorium darah

320 Comments

  • Jaya
    Posted Desember 26, 2009 12:14 am

    Kalau malam saat mau tidur saya suka gelisah dan anehnya sendi2 siku tangan dan lutut saya terasa tidak enak tidak seperti biasanya seperti ngilu,kira2 saya knp ya dok??? Trims

  • YENNY HARJONO
    Posted Maret 29, 2010 9:05 am

    Slmt pagi Dokter, saya umur 41 thn dgn berat badan 75kg, 2 hari ini saya mengalami setelah bangun tidur jari manis dan kelingking saya kalau ditekuk sakit smp skrg.
    tolong tanya gejala sakit apa??
    saya belum pernah periksa apapun selama ini. saya suka makan tempe, jantung, sayur bayam, tauge, kacang panjang, singkong. tapi saya tdk pernah masak memakai vitsin, jarang utk mkn jungfood dan fastfood.
    saya sampaikan terima kasih atas bantuannya.

    • muki partono
      Posted Maret 29, 2010 11:05 am

      anda menderita gejala penekanan saraf ulnaris , sebaiknya diperiksa kita check,mungkin perlu pemeriksaan EMG

  • azis
    Posted April 11, 2010 8:37 am

    pagi dok,saya mo tanya tangan kanan sekitar telapak tangan saya terasa ngilu,ini sudah terjadi selama 5 hari kira-kira penyebabnya apa ya dok atau ada gejala penyakit apa ya dok?terima kasih.

    • muki partono
      Posted April 11, 2010 11:37 am

      biasanya kalau linu di telapak tangan mungkin anda menderita gejala awal CTS yaitu adanya penekanan saraf n medianus akibat tekanan yg tinggi pada daerah pergelangan tangan

  • nina
    Posted Juni 16, 2010 10:47 am

    Dokter, sya mau tanya pagi hari setelah bangun todur tiba2 kaki dan tangan saya bengkakn dan terasa kaku….ini gejala penyakit apa ya dokter??

    • muki partono
      Posted Juni 19, 2010 9:30 am

      banyak penyebabnya, misalkan rhematik, gangguan aliran vena dll, ganngguan kadar albumin sebaiknya diperiksa

  • ben
    Posted Juni 24, 2010 4:37 pm

    dok, hari ini kaki dan tangan saya kok tiba2 linu gitu ya
    seperti tulangnya yang linu
    tangan buat mencengkeram juga terasa sakit
    kenapa ya dok
    trima kasih

    • muki partono
      Posted Juni 25, 2010 10:53 am

      hal yg wajar kok bisa banyak penyebab kalau baru pertama, nggak apa2 atasi dgn minum obat nyeri dan rendam air hangat pada jari tangan

  • sheila
    Posted Juni 28, 2010 8:24 pm

    Dokter.. Tangan nenek saya bengkak, yg sebelah kiri, sdh 2 minggu.kedokter cmn dsruh makan obat penahan rasa sakit.sama balsam osol penahan rasa sakit jg.Asam uratnya cmn 3,8.dokter2 g ada yg tau knapa. Please pendapatnya.krna merah sekali. Kasian sekali.. TT saya mohon balasannya.mkasih banyak yah

    • muki partono
      Posted Juni 30, 2010 12:53 am

      nenek anda menderita peradangan pada sendi pergelangan tangan, sebaiknya berobat, biasanya keluhan berkurang dalam 3-5 hrkemudian

  • virda
    Posted Juli 5, 2010 11:16 am

    dok sya mu tnya,klw mlm it tangan n kaki sy ska keram
    n d bgian tangan sya ska pd gatal” bkn krn d gigit bntang.

    • muki partono
      Posted Juli 5, 2010 11:43 am

      mungkin ibu kurang suplement, kalau masalah gatal pada tangan coba cek apakah ada gigi yg bolong

  • andri
    Posted Juli 7, 2010 6:54 am

    dok saya mw tanya daerah dekat kuku tngan saya terasa seperti gatal dari dalam dan telapak kaki terutama di bagian tumit dan jari kaki saya juga terasa begitu kalau dibawa jalan…
    itu penyakit apa ya dok dan bagaimana cara pengobatannya??

    • muki partono
      Posted Juli 8, 2010 2:07 pm

      gejala gatal itu sensasi dari saraf, kalau mengenai ujung tangan dan kaki serta tumit bisa krn penekanan saaf di leher, bisa krn kolesterol tinggi, atau Kencing manis sebaiknya diperiksakan , pengobatan tergantung penyakitnya apa ?

  • Dwi
    Posted Juli 23, 2010 5:06 am

    Dok saya mau nanya di bagian telunjuk tangan kanan saya itu merah dan sakit awalnya sih cuma gatal tapi kemudian sakit dan bengkak itu kenapa ya dok….???

    • muki partono
      Posted Juli 24, 2010 11:26 pm

      sebaiknya kami periksa , kami curiga anda menderita gejala selulitis sekitar jari telunjuknya

  • Memi
    Posted Agustus 11, 2010 6:29 am

    -/+ 3 thn jari tengah tangan kiri saya terasa sakit jika ditekuk. Skrng malah bengkak kemerahan (2 hari) & sakit sampe ga bisa tidur.sy jg punya bayi 3,5 bln. Tolong solusinya dok

    • muki partono
      Posted Agustus 12, 2010 10:52 am

      mungkin anda mengalami trigger finger, sebaiknya dikonsultasikan spy bisa mengurus bayi dgn benar

  • debora
    Posted Agustus 17, 2010 10:21 pm

    dok , umur saya 18 tahun nh ..
    kenapa ya dok tangan saya terkadang terasa ngilu padahal kan saya masih muda.. kenapa ya dok? trima kasih ..

    • muki partono
      Posted Agustus 18, 2010 7:42 pm

      keluhan ngilu pada tangan banyak sekali penyebabnya sebaiknya kita jumpa utk diperiksa lbh detail secara klinis

  • wiwik
    Posted Agustus 19, 2010 5:08 pm

    dok, telapak kaki saya terkadang terasa gatal. kalau saya garuk kemudian timbul gelembung di dalam telapak kaki yang berisi cairan bening. adakah hubungan kondisi ini dengan penyakit tertentu dan apakah penyakit itu?terima kasih atas keterangannya dok.

    • muki partono
      Posted Agustus 21, 2010 10:28 pm

      gatal pada telapak kaki bisa salah satu diakibatkan oleh reaksi alergi akibat suatu sebab misalkan gigi yg berlubang, sebaiknya dicek, jgn di garuk akan menambah parah keluhannya

  • mila
    Posted Agustus 21, 2010 4:46 am

    Dok, sy mau tanya, tulang2 kaki sy yg sblh kiri sakit terasa ngilu terutama jari kaki telunjuk, tengah n jari manis, ngilunya terasa sampai seluruh kaki, n kalo dipaake jalan terasa sakit sampai ke tumit n telapak kaki, itu knp yah dok? Bila kaki sy ditekuk suka bunyi ‘tak’ di dengkul, n kadang terasa pegal n bila sy tekuk sampai berbunyi ‘tak’ maka pegalnya berkurang, itu knp yah dok, n sy sedang menyusui dok, terimakasih.

    • muki partono
      Posted Agustus 21, 2010 10:08 pm

      anda menderita HNP gealanya khas spt itu in bisa terjadi krn proses paska kehamilan dimana masih ada proses pembengkakan

  • harry
    Posted Agustus 25, 2010 8:22 am

    Dok, telapak & jari2 kaki kanan sy sdh 3 hari sket, kaku, tlapak spt mngeras & kebal & ksemutan. ke dokter di kasih obat myori, dolofenac, dumocalcin dan obat salep rhetoflam tetapi blom sembuh juga. Knapa ya dok? sbaiknya ke dokter tulang/syaraf/internis?

    trimakasih

    • muki partono
      Posted Agustus 26, 2010 9:52 am

      banyak yg bisa menyebabkan hal demikian sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  • meta
    Posted Agustus 28, 2010 10:49 pm

    salam dok..
    dok,sya brusia 20thn..telapak kaki saya brwarna merah skali jika stelah brjalan jauh,atau byk brjalan..apakah itu normal.?
    sblm nya,terimakasih dok..

  • echa
    Posted September 7, 2010 9:34 am

    dok, tangan dan kaki nenek saya bengkak udh seminggu ini.tp ga sakit..knp ya??sebelumnya juga pernah..periksa dan dikasih obat rematik dan neurobion..bagaimana ya dok??ada resepnya ga itu??

    • muki partono
      Posted September 7, 2010 11:04 am

      sebaiknya di cek darahnya kemungkinan ada sebab lain bukan rhematik, masalah obat tergantung hasil lab nya jd sebaiknya diperiksakan

  • nia
    Posted September 22, 2010 8:00 am

    dok, saya masih berusia 18 tahun, tetapi akhir2 ini jari-jari tangan ataupun telapak tangan saya terkadang suka gatal, dan bila digaruk akan seperti bengkak lalu menjadi kaku dan kakunya berlangsung lama, bisa seharian (tidak seluruh jari-jarinya, hanya salah satu atau beberapa saja) apakah itu alergi? atau indikasi penyakit tertentu? mohon jawabannya dok, terima kasih

    • muki partono
      Posted September 23, 2010 10:42 pm

      bisa saja krn proses alergi, apakah ada gigi yg berlubang, hal ini bisa juga penyebab.

  • oka
    Posted September 24, 2010 4:50 pm

    Selamat siang dok!. .
    Dok penyakit kk saya itu awlny cman gatal di kelinkng. . .tapi stelah 1hari brubah jadi merah smua jari kakiny. . .selang stengah hari tangannya ikut berubah merah. . .tlong dok. . Kasih tau penyakitny. . .apakah bahaya atau tidak. . .

    • muki partono
      Posted September 26, 2010 5:19 pm

      sepertinya andqa mengalami kelainan kulit sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli kulit

  • altha
    Posted September 28, 2010 4:00 pm

    dok, jempol kaki kiri saya sering bengkak dan berair.gatal dan sakit (seperti melepuh) kata dokter (umum) saya alergi makanan laut, tapi ga mengkonsumsi makanan laut pun jempol saya sering bengkak jg. kenapa ya dok??, dan hanya jempol kaki sebelah kiri.

    • muki partono
      Posted Oktober 1, 2010 7:35 am

      anda mungkin menderita infeksi sekitar kuku pada jempol kaki, sebaiknya kami periksakan utk memastikannya

  • Sessy
    Posted Oktober 6, 2010 8:07 pm

    dok, akhir2 ini tangan saya kok terasa ngilu, tidak enak untuk dipijat.. akhir2 ini beberapa ruas jari saya juga suka agak bengkak, agak terasa panas dan sakit, dan telapak tangan mudah ngilu dan menjadi merah. badan saya juga gatal2 dan bentol2 merah.. saya sakit apa ya dok?
    terima kasih dok..

    • muki partono
      Posted Oktober 10, 2010 12:29 am

      sebaiknya anda diperiksakan kami perlu tahu penampakan secara klinis agar lbh akurat analisanya, banyak kemungkinan yg dapat mengakibatkan keluhan anda

  • fariza
    Posted Oktober 8, 2010 8:41 am

    Dok, sya mw tanya…
    Apa penyebab bengkak pda jari tangan??
    Krana Saya seorang pemain futsal dan menjadi kiper dan sering bertabrakan dg pemain lawan yg smpai membuat jari-jari sya bengkak…
    Mohon penjelasannya

    • muki partono
      Posted Oktober 8, 2010 6:33 pm

      anda mengalami cedera pada sendi2 jari , kadang bisa disertai dgn retak tulang

  • wati
    Posted Oktober 22, 2010 11:12 am

    Dok, sy mo tanya…
    Kenapa ya telapak kaki kiri saya sakit…apalagi habis duduk lama dan baru bangun tidur….sakitnya sampai ngk bisa jalan, mohon penjelasannya dan cara mengatasinya…makasih dok

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2010 9:59 am

      itu gejala penekanan sarafpinggang sebaiknya diperiksakan MRI lumbal

  • Din2...
    Posted November 9, 2010 5:12 pm

    dok…,kulit saya awalnya seperti digigit nyamuk namun gatal sekali..
    karena hanya saya kira digigit nyamuk kemudian saya garuk..
    yang ada malah bertambah bengkak..,dan memerah
    sudah sekitar 3 hari gatalnya tidak hilang-hilang..
    sedangkan bengkaknya berubah seperti terpecah menjadi bentol-bentol kecil kayak digigit nyamuk..
    gatal ini tidak hanya ditangan dok..,
    tapi juga dikaki saya..
    tapi yang paling parah ditangan saya dok..
    membengkak besar sekali..
    bagaimana ya dok untuk mengatasinya..??
    terima kasih sebelumnya dok..

    • muki partono
      Posted November 10, 2010 2:17 pm

      awalnya reaksi alergi pada kulit akibat garukan jd infeksi kulit, sebaiknya berobat perlu minum antibiotika

  • rani
    Posted November 14, 2010 12:36 am

    dok,usia saya 24 thn,blm mnikah,namun sdh dr usia 10 thn lutut kaki saya suka brbunyi ”pletak” jika ditekuk,baik dr lutut kanan atau kiri, dan akhr2 ini lutut sblh kanan saya srg trasa ngilu yg brlebihan n trkdng saya mrasa tulang2 di dlmnya ada yg letaknya tdk tepat.kira2 apa yg hrs saya lkukan y dok?

    • muki partono
      Posted November 14, 2010 7:52 pm

      sebaiknya diperiksakan kami khawatir ada robekan pada bantalan krn anda sudah mulai ada keluhan nyeri, mungkin anda perlu tindakan artroskopi

  • nino
    Posted November 24, 2010 5:42 pm

    saya mau nanya dok telapak dan jari tangan saya muncul bentoll banyak dan berair…apa nama penyakit saya dok tlg obatnya ya dok maksaih

    • muki partono
      Posted November 27, 2010 8:45 am

      sebaiknya anda konsultasikan ke dokter kulit, mungkin akibat reaksi alergi , bisa akibat gigi berlubang , atau sebab lain

  • kiki
    Posted November 26, 2010 10:06 am

    dok saya mo ty knp ya badan saya ini bentol merah tp bkin linu di badan y….kira ap y pyakit y…

    • muki partono
      Posted November 27, 2010 8:24 am

      bentol dan merah bisa di akibatkan gigitan serangga yg anda tdk sadari, atau suatu tanda proses alergi , atau sebab lainnya , coba perhatikan apakah semakin tambah besar, banyak atau nyeri sebaiknya berobat

  • Tasya
    Posted Desember 29, 2010 8:35 am

    Dok, saya mau nanya nih. Beberapa bulan belakangan ini kalo habis bangun pagi semua jari tangan terutama tangan kanan saya sering kaku, kebas dan susah ditekuk. Begitu juga saat bawa kereta. Apa sebabnya ya Dok? Thanks sebelumnya.

    • muki partono
      Posted Desember 30, 2010 2:44 pm

      anda mengalami gejala CTS , sebaiknya di cek

      • umiyatun
        Posted Januari 16, 2011 2:34 pm

        dok, saya mau tanya neh; tangan saya terasa gatal setelah memegang es,kenapaya dok???

        • muki partono
          Posted Januari 17, 2011 11:47 am

          itu hal yg biasa reaksi dari efek dingin es terhadap tangan

  • vian
    Posted Januari 15, 2011 4:24 pm

    dok, saya b’usia 30th, mau tanya
    pergelangan tangan saya kalo
    digerakkan memutar trasa nyilu, pangkal
    jari terasa kaku bila d buat
    menggenggam otot trasa tertarik bgitu
    pula pada telapak kaki saya, ditambah pembengkakan tapi empuk d samping
    kedua mata kaki sebelah luar, klo bngun
    tidur trasa kaku smua dan klo dingin
    berasa nyilu. Saya kira itu asam urat,
    saat cek ke lab. Saya minta asam urat
    dan rematik tp kata petugasnya itu sama saja, dan akhirnya yang saya cek:
    Asam urat, gula darah, hemoglobin,
    lekosit, trombosit, hematokrit, eritosit,
    LED dan urine reduksi semua normal.
    Lalu gejala apa nih dok? Tolg anjuran
    dari dokter…terima kasih.

    • muki partono
      Posted Januari 17, 2011 12:16 pm

      sebaiknya dipeiksakan secara klinisnya belum tentu anda menderita penyakit yg anda khawatirkan

  • PUTRA
    Posted Januari 17, 2011 1:57 pm

    Dok saya mau tanya,saya punya keluhan yg sudah lama. pertama pegal2 disiku terus naik ke baru, dan beberapa bulan lalu kesemutan dr bahu sampe jari2 tangan kiri, hasil rontgen ( spasme spastik) setelah beberapa kali akupuntur dan fisiotherapy( saran dokter Sp Saraf) sudah agak baikan, cuman sekarang kadang2 terasa masih terasa di sekitar jari2 tangan, terutama padasaat tidur malam apalg klo cuaca dingin( sebelumnaya saya sering tidur pake sarung tangan),tapi sekarg sudah tidak pake lg krn sudah mendingan,saya tidak minum obat, saya juga ada rasa tidak enak ( kadang2 nyeri di punggung ) apa ada pengaruh spasme spastic dan kelainan tulang belakang dengan kesemutan di tangan yg saya alami? Note: sekarang kesemutannya sudah mendingan dan kadang2 saja, apakah boleh di pijat?

    • muki partono
      Posted Januari 18, 2011 10:31 am

      keluhan anda memang gejala penekanan saraf, bisa akibat penekanan dari leher atau pada pergelangan tangan, sebaiknya dipastikan dengan konsultasikan ke dokter, pengalaman kami pernah menangani kasus seperti anda ternyata penekanannya ada di tangan , setelah diobati keluhannya hilang terutama keluhan pegal2 pada leher

      • PUTRA
        Posted Februari 22, 2011 2:40 pm

        saya harus periksa kedokter mna dok?

  • PUTRA
    Posted Januari 19, 2011 2:05 pm

    klo boleh minta saran kedokter mna ya dok? apa yg hrs saya bilang sama dokternya?
    terima kasih dok

  • Meilani
    Posted Januari 25, 2011 10:02 am

    Dok,saya mau bertanya. dipergelangan tangan,pergelangan kaki dan pinggang saya muncul bintik bintik seperti gatal gatal yang kecil kecil dan kadang berisi air.dan jumlahnya banyak,cuma didaerah yg tiga tersebut.saat ini saya sedang mengikuti terapi batu giok.apakah itu disebabkan oleh terapi atau karena ada penyakit?terimakasih dok.

    • muki partono
      Posted Januari 25, 2011 10:24 am

      wah saya tidak paham , yg pasti kelainan anda itu sepertinya reaksi alergi terhadap sesuatu, sebaiknya dihindari saja

  • titin
    Posted Januari 27, 2011 8:28 am

    dok saya usia 50 tahun kaki saya kesemutan jimpe dan terasa panas, saya dah cek asam urat dll normal. kata dokter urat kecepit. Sekarang kaki dan muka saya agak bengkak. Saya harus periksa kemana dokter, dokter tulang atau saraf,kalo terapi, terapi apa ya dokter. Terimakasih banyak dokter

    • muki partono
      Posted Januari 27, 2011 10:24 pm

      sebaiknya di cek ke dokter tulang kelihatannya ada kaitan dengan bidang kami

  • jarno
    Posted Januari 28, 2011 9:00 pm

    dok mau tanya telapak kakiku biasa suka gatal sakit dan agak bengkak dan bantat.
    Dan bahkan itu bisa muncul d lengan2 tngan saya kira2 gejala apa itu dok? Makasih sblmnya.

    • muki partono
      Posted Februari 1, 2011 6:16 am

      sebaiknya diperiksakan itu bisa banyak sebab reaksi alergi bisa juga sebab lain

  • trias
    Posted Februari 7, 2011 8:55 am

    Dok jari telunjuk tngn kanan saya awal’a gatel biasa&saya qr d gigit nyamuk
    Saya garuk,lalu jadi merah&bengkak besar sampai timbul sprti guratan2
    Bengkak’a mulai menjalar k 1/3 punggung&telapak tangan saya,juga s’bagian jari tengah saya
    Saya alergi dingin tp baru skg sprti ini
    Dok apa yg s’baik’a saya lakukan?
    Makasih dokter

    • muki partono
      Posted Februari 7, 2011 9:12 am

      sebaiknya berobat anda perlu obat anti alergi dan mungkinperlu disuntik

  • gina rahman tardan
    Posted Februari 10, 2011 7:31 pm

    Selamat malam dok,
    Saya mau tanya, 2 hr ini di telapak tangan saya dan jempol kaki kiri gatel sekali dan timbul bintil-bintil kecil banyak sekali.tidak berwarna dan tidak berisi (walaupun ada beberapa yang sepertinya isinya cair). Karena apa ya dok? Apakah alergi, karena saya lg dalam pengobatan dan minum obat. Atau ada sebab lainnya? Terima kasih dok..

    • muki partono
      Posted Februari 12, 2011 3:30 pm

      ya anda bisa krn alergi atau ada gigi yg bolong yg tdk diketahui

  • anto
    Posted Februari 11, 2011 8:51 pm

    Dok, saya ada asam urat 8,7,..
    Truss saya uda ga makan kacang”, tapi kadang ada nyeri di punggung / pinggang,
    Truss kadang gatal” gtu di badan atau tangan, kenapa ya dok ?

    • muki partono
      Posted Februari 12, 2011 3:20 pm

      gejala asam urat tinggi tdk ada gatal biasanya, jd kami rasa masalah yg berbeda

  • debby
    Posted Februari 12, 2011 8:04 am

    dok ibu mertua saya merasa didalam telapak kakinya berisi air,dan tiap kali berjalan berasa nyeri. dok,apa tindakan yg harus dilakukan ?umurnya 57 thn. makasih dokter

    • muki partono
      Posted Februari 12, 2011 3:15 pm

      ibu mertua anda mengalami gejala spinal stenosis pada lumbal, sebaiknya diperiksakan MRI Lumbal ingin tahu pasti

  • fitria
    Posted Februari 15, 2011 4:13 pm

    dok..usia sy 20thn.
    sudah 2hari ini telapak tangan sy trlihat agak bengkak dan terasa ngilu/sakit saat d’pijit,tepat d’bwah tulang jari telunjuk,,demikian juga dgn telapak tangan kiri sy dok..
    selain itu bagian panggul dekat tulang ekor juga terasa nyeri sprti trtarik..
    kira2 sy sakit apa ya dok?
    mohon bantuannya,,trmksih dok..

    • muki partono
      Posted Februari 22, 2011 7:50 am

      kekakuan dan bengkak paa telapak tangan bisa akibat penyakit rematik atau bisa sebab lain, dan neri tulang ekor bisa banyak sebab , salah satunya posisi duduk g terlalu lama,sebaiknya diperiksakan

  • Melly
    Posted Februari 19, 2011 9:13 am

    dok, saya kan demam trus minum obat yg dikasi klinik pda mlm hari lalu paginya ditelapak tangan dan kaki saya menjadi merah dan terasa erat bilah dibuka. Apakah ini efek samping obat?

    • muki partono
      Posted Februari 19, 2011 9:28 am

      sebaiknya ibu berobat lg ke dokter yg memeriksa , bisa banyak sebab, mungkin salah satu obat yg diminum ibu alergi , hal ini bisa terjadi pada penderita siapa pun

  • fitria
    Posted Februari 19, 2011 8:13 pm

    dok..
    usia saya 20thn..pinggang saya terasa sakit,seperti tertarik,dan rasa’nya menjalar sampai k kaki..
    kira2 sy sakit apa ya dok..?
    dan pemeriksaan apa yg harus sy lakukan..?
    makasih dok…

    • muki partono
      Posted Februari 21, 2011 9:45 am

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang, kalau keluhan sdh lama sebaiknya periksa MRI Lumbal,

  • eva
    Posted Februari 19, 2011 10:57 pm

    Dok, bbrp bln ini badan saya sering ruam merah & tiap saya makan telur muka saya bentol2 kecil, padahal sebelumnya saya blm pernah alergi telur trus telapak kaki saya suka bengkak & jari terasa kaku waktu tidur, apa ini ada hubungan dgn pengentalan darah.

    • muki partono
      Posted Februari 21, 2011 9:17 am

      itu gejala alergi dengan telur walaupun sebelumnya tdk pernah, sebaiknya dilakukan test alergi utk memastikannya

  • nisa
    Posted Februari 22, 2011 11:43 am

    Dok, saya mau tanya. Adik saya perempuan umurnya 13 tahun sering mengeluh kaki kirinya suka tiba-tiba linu-linu, datangnya gak tentu. itu kenapa ya dok? kira-kira bahaya gak? terus terang, saya khawatir. kalo misal mau konsultasi ke dokter, dokter saraf atau dokter tulang? makasih dok

    • muki partono
      Posted Februari 22, 2011 8:06 pm

      sebaiknya di konsultasikan ke dokter tulang saja

  • Neni
    Posted Februari 24, 2011 10:15 am

    Siang Dok, mungkin penanya yang ssebelumnya ada yg gejalanya sama seperti yg mau saya tanyakan. Ibu saya sudah sebulan ini masih merasakan sakit di ibu jari kirinya kondisinya agak sedikit bengkak dan klo memegang sesuatu kemudian ibu jarinya kelipat langsung kaku seperti keram dan saat mau diluruskan /dilemaskan ada bunyi dan rasanya sakit. jadi kalau dipakai bekerja pun harus menahan sakitnya itu. mohon penjelasanya penyakit apa yg di derita dan obatnya apa kalau harus check ke dokter mana. terima kasih

    • muki partono
      Posted Februari 24, 2011 10:04 pm

      ibu anda menderitapenyakit yg namanya TRIGGER FINGER , kalau sdh terjepit spt itu sebaiknya dilakukan operasi kecil utk membebaskan uratnya yg terjepit

      • Neni
        Posted Februari 25, 2011 11:33 am

        Dokter apa yang berhubungan dengan penyakit trigger finger ini, dan apakah tidak ada cara lain selain dengan operasi. terima kasih

  • emii
    Posted Februari 26, 2011 6:02 am

    pagii ..
    sy umur 17 thn .
    sdh bbrpa bulan ini 3 jari sy gatal” dok . awal.y cmn jari mnis tangan kanan , tp lama kelamaan jari manis dan jari tengah tngan kiri jg ikut gatal . skrng jari tengah tangan kiri sy jadi sakit & bengkak , kadang klau trtumbuk kluar sdkit darah dari sela” kuku . oh iya , ke3 jari saya ini kuku.y jd rusak krn gatal . gigi saya mmng lg brlubang dok .
    mohon bantuan.y dok , solusi.y gmna ?

    makasih

    • muki partono
      Posted Maret 1, 2011 10:17 am

      giginya hrs tambal dulu dan berobatlah ke dokter kulit

  • Anom
    Posted Februari 27, 2011 7:14 pm

    doktor,sy nk tanye,telapak tgn sy gatal2,,dua2 belah telapak lak tu,,die mcm ade bintik2 kecik,,xde wrne,jernih je,sy tak tahu knp,,knp ye,,,??

    • muki partono
      Posted Maret 1, 2011 10:09 am

      itu reaksi alergi , bisa akibat gigi berlubang, coba berobat ke dokter gigi

  • wawa
    Posted Maret 2, 2011 11:54 pm

    jari tangan dan kaki saya tiba-tiba timbul merah dan bengkak dari dalam.knp ya?

    • muki partono
      Posted Maret 3, 2011 11:09 am

      sebaiknya diperiksakab banyak sebab yg bisa menyebabkan kelainan tsb

  • Gita
    Posted Maret 5, 2011 11:30 am

    Dok saya berumur 19. mau tanya,sudah seminggu ini saya kadang pusing,mual dan rada ngilu di bagian tangan sebelah kiri serta kalo malam bentol-bentol itu kenapa ya dok??

    • muki partono
      Posted Maret 8, 2011 5:25 pm

      sebaiknya diperiksakan, bisa krn alergi dan sebab lain

  • shidee
    Posted Maret 20, 2011 8:53 am

    kenapa tapak kaki bengkak apabila bgun tidor dan susah nk berjalan

    • muki partono
      Posted Maret 20, 2011 2:03 pm

      bisa karena faktor pengentalan darah, atau gangguan pembuluh darah balik, atau sumbatan pada pembuluh nadi sekitar lutut dan pangkal paha, atau sebab lain sebaiknya diperiksakan

  • Alex
    Posted Maret 24, 2011 4:20 am

    Dok, beberapa hari ini telapak kaki sy sering sakit.
    Sakit nya hampir seluruh telapak kaki.
    Bahkan jari2 kaki sy ada yg membengkak.
    Sendi2 sy pun terasa sakit dan ngilu sehingga ketika bangun pagi sy hampir tidak bisa jalan.
    Mulai dari ke dua telapak kaki, sendi2 kaki, sendi2 lutut, pergelangan tangan, sendi2 jari, sendi2 bahu dan pada punggung selalu sakit n di sertai bengkak pada jari2 tangan mau pun kaki.
    Saran dokter, apa yg harus sy lakukan?
    Terima kasih.

  • Haibara
    Posted April 29, 2011 2:52 pm

    asw,,dok saya mau nanya..kenapa ya kaki saya kalau setiap musim dingin dan malam hari terasa gatal dan panas, panas di kaki ini seperti terasa kebakar (panas sekali).terima kasih..

    • muki partono
      Posted April 30, 2011 8:34 am

      itu sensasi saraf, kadang pada beberapa orang mengalami hal spt ini, coba atasi dengan kompres hangat bila hal itu terjadi

  • Haibara
    Posted April 30, 2011 12:33 pm

    dok mohon penjelasannya tentang sensasi saraf itu apa?apakah berbahaya?ada hubungannnya dengan stroke ga?terima kasih…

  • julie
    Posted Mei 1, 2011 3:49 pm

    Dok,mw tny..
    sdh 4 hri ne telapak kaki+jari tgn kri sy sakit,ngilu,bgn tdr terasa kaku sakit bila digerakkan,lalu bru sehri ne muka sy jg tmpak bengkak..
    kra2 knp y dok??
    kl mw priksa ke dkter pa?
    thx

    • muki partono
      Posted Mei 2, 2011 6:57 pm

      sebaiknya berobat ke dokter tulang saja, kemungkinan keluhan anda ada kaitannya dengan posisi tidur yg kurang baik, dan bisa sebab lainnya

  • debby ramanda arief
    Posted Juni 18, 2011 5:31 pm

    tiba-tiba saja dijari ayah saya bengkak sendiri . jari telunjuk . Tidak ada terbentur apa-apa . waktu itu sempat terkena solar panas . Itu bagaimana cara mengatasinya :)

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2011 10:50 am

      kompres es selama 20 mnt dan diulang 4-6 jam

  • Dyah Ayu
    Posted Juni 18, 2011 8:45 pm

    Dok , mau tanya dijari manis sblh kanan ibu saya pas dikukunya membengkak, sdh hampir 2 mgg ini bengkak dan keluar darah terus, pas periksa di rs disrh rontgen dan lab darah, hasil rontgen : stt digiti IV manus dextra curiga ganas kalau hsl lab nya semua normal kecuali creatinin 1,50 dan natrium 135, kira2 ibu saya skt apa ya Dok, apakah ada tumor di jari tangannya karena kemaren ibu saya disuruh rontgen seluruh tubuh dan usg di bagian perut hasilnya baru besok senin, terima kasih atas jawabannya.

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2011 10:48 am

      mungkin ibu anda dicurigai adanya tumor ganas oleh sebab itu dilakukan bone survey , jd tulang lain di foto dilihat apakah ada alesi tempat lain

  • fenty
    Posted Juni 28, 2011 8:31 pm

    dok, kmrn jari telunjuk ayah saya terasa nyeri secara tiba-tiba..padahal tidak terkena benda tajam ataupun bahan kimia lainnya..dan skrg jari telunjukya membengkak..kira2 ayah saya terkena penyakit apa??apakah itu serius dan bagaimana penyembuhannya?

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 5:21 pm

      ayah anda bisa akibat peradangan sendi jari telunjuk , sebaiknya kompores dgn air dingin dankonsumsi obat nyeri dulu lihat perkembangannya stlh 3 hr

  • maya
    Posted Juli 1, 2011 11:43 am

    dok saya maya,mau nanya..jari tangan 2minggu kemarin terasa kaku saat bangun tidur,sekarang sudah mendingan tp masih pegel klo ditekuk bunyi tak…kaki kiri saya saat bangun tidur jg terasa linu tp klo buat aktifitas sudah biasa lagi..kmrn sudah sempet priksa diksh multivitain syaraf…kira2 knp y dok
    terimakasih…
    kalau boleh tau dokter praktek dimana?

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 5:08 pm

      anda mengalami morning stiffness , hal ini biasanya akibat penyakit reumatik, tapi kalau melihat baru 2minggu belum bisa kita katakan reumatik , mungkin krn kegemukan atau kolesterol yg tinggi, atau posisi tidur yg salah, coba anda konsumsi obat nyeri selain vitamin dan coba rendam jari2 dengan air hangat

  • Andhik
    Posted Juli 5, 2011 11:15 am

    Selamat siang Dok. Saya mau tanya, 2 minggu ini di telapak tangan dan bagian sisi kiri kanan jari-jari tangan saya terasa gatal. Bahkan dibagian punggung tangan juga terasa gatal seperti digigit nyamuk, namun tidak bentol. Mohon penjelasannya Dok Terima kasih

    • muki partono
      Posted Juli 7, 2011 7:04 am

      keluhan gatal adalah sensasi saraf bisa krn penekanan saraf di leher , pergelangan tangan atau ada gigi yg berlubang

  • Anto
    Posted Juli 8, 2011 8:15 pm

    Dok, anak sy 12 thn mengalami gatal di dalam telapak kaki kirinya, kenapa ya dok? apa ada hubungan dgn masalah di jantungnya? thanks ya dok

    • muki partono
      Posted Juli 11, 2011 8:40 pm

      kesemutan itu sensasi saraf tdk aa hubungan dengan jantung, jd sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  • ida
    Posted Juli 13, 2011 9:15 am

    dok telapak kaki anak saya gatal dan kaya ada bintik bintik putih tapi keras dan tidak berair kenapa ya?

    • muki partono
      Posted Juli 13, 2011 10:42 am

      anak ibu mungkin menderita kelainan jamur atau sebab lain , sebaiknya periksakan ke dokter anak

  • aishah
    Posted Agustus 11, 2011 3:59 am

    Dr, akibat punggung ngilu dan kaki kesemutan, sy tlh di MRI dan EMG, alhasil sy di diagnosa HNP dn perlu operasi. Tp sy memilih untuk terapi. Setelah bbrp x terapi, pegal ngilu di pagi hari udah hilang tp kaki masih kesemutan. Apa perlu sy lanjutin fisioterapi atau operasi? Trims

    • muki partono
      Posted Agustus 12, 2011 11:18 am

      ya lanjutkan dan perlu obat steroid dan vitamin saraf

  • Andhik
    Posted Agustus 12, 2011 11:20 am

    Selamat siang Dokter,

    Saya mau tanya, istri saya sedang hamil. Sejak hamil 6 – 8 bulan (sekarang), dia sering mengeluh jari-jari tangannya terasa nyeri dan kaku pada saat pagi hari saja. Demikian juga yang terjadi pada persendian di lengan kirinya (persendian antara lengan dengan bahu). Saya juga pernah mengalami hal serupa, awalnya saya pikir kolesterol, namun setelah diperikasa, ternyata normal. Saya sendiri sekarang sudah tidak pernah mengalaminya lagi, namun istri saya yang saat ini justru sering kesakitan karena masalah ini. Mohon informasi dari Dokter. Terima kasih Dok

  • Andhik
    Posted Agustus 12, 2011 11:22 am

    Dok,

    Saya mau perjelas lagi tentang sendi antara lengan dan bahu itu terasa ngilu saja. Apakah boleh dipijat? Terim akasih Dokter

  • YANTI jakarta
    Posted Agustus 23, 2011 1:03 pm

    Dok sy mau tanya,

    Beberapa hari lalu saya mengalami tabrakan motor.
    Saya tdk mengalami luka lecet sedikitpun, akan tetapi kaki saya memar biru-biru dan tangan saya bengkak. Sehingga saya tdk bisa menggerakkan tangan kanan saya sendiri. Saya sdh coba diurut. Dan ketika saya coba gerakan jemari saya terasa sakit sekali dan tangan saya tdk mampu menggenggam.

    Yang mau saya tanyakan, Kalau tangan yg bengkak biar cepat kempes dan jemari bisa digunakan lagi seperti semula. Tindakan apa yg hrs saya lakukan? Kira-kira obat apa yang harus saya minum? Saat ini saya hanya mengkonsumsi obat AMOXICILLIN dan MEFINAL saja.

    Mohon dibantu dok.. ‘Terima kasih’

    • muki partono
      Posted Agustus 24, 2011 10:36 am

      sebaiknya urut tdk boleh dikerjakan selama 2 x 24 jam setelah mengalami kecelakaan , krn akan membuat lbh bengkak dan lbh nyeri dan bisa terjadi infeksi pada daerah yg bengkak, sebauiknya dikompres es saja, istirahatkan kaki sementara dan bila perlu dilakukan balutan, kadang2 tdk diperlukan juga balutan . obat yg dianjaurkan diminum obat nyeri dan anti bengkak

  • andhik
    Posted Agustus 24, 2011 2:13 pm

    Andhik 12 August 2011 at 11:20 am #
    Selamat siang Dokter,

    Saya mau tanya, istri saya sedang hamil. Sejak hamil 6 – 8 bulan (sekarang), dia sering mengeluh jari-jari tangannya terasa nyeri dan kaku pada saat pagi hari saja. Demikian juga yang terjadi pada persendian di lengan kirinya (persendian antara lengan dengan bahu). Saya juga pernah mengalami hal serupa, awalnya saya pikir kolesterol, namun setelah diperikasa, ternyata normal. Saya sendiri sekarang sudah tidak pernah mengalaminya lagi, namun istri saya yang saat ini justru sering kesakitan karena masalah ini. Mohon informasi dari Dokter. Terima kasih Dok

    • muki partono
      Posted Agustus 25, 2011 4:04 pm

      kami menduga istri anda menderita kelainan akibat proses kehamilan , dan kadang setelah proses kehamilan selesai keluhan masih ada kalau demikian mungkin perlu tindakan suntik atau fisioterapi atau lainnya

  • Indah
    Posted Agustus 29, 2011 4:13 am

    dok,mama saya klo udh kcapekan pst tngan sma kakinya bengkak2. Itu kira2 ada hbungannya dg jntung ga ya?. Obtnya jg apa ya dok?. Trmaksih

    • muki partono
      Posted September 4, 2011 2:35 pm

      itu bukan jantung tapi mama anda kekurangan protein atau ada gangguan pada pembuluh darah di daerah kaki dan tangan sebaiknya berobat, kami punya pengalaman menangani masalah ini

  • munawar
    Posted September 8, 2011 6:59 pm

    assalamualaikum dok, mau tanya
    uda sebulan lebih penyakit telapak tangan dak kaki (atau kadang2 d bagian telapak tangan dan kaki) terasa gatal dan sakit banget,,, kadang2 kaku, kalau saya garuk dikit langsung bengkang
    ( * sebelumnya (2 minggu y lalu) pernah terkena penyakit GONORE) apa ada hubungannya??? atau ini penyakit lain dok?

    • muki partono
      Posted September 10, 2011 8:33 am

      sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit bisa ada kaitannya , bisa juga tidak

  • dyah m
    Posted September 17, 2011 12:39 pm

    Dokter saya mau tanya, kenapa setiap bangun tidur, tangan & jari2 serta kaki dan jari2nya sering bengkang, dan kemeng kalo dilipat, serta kalau buat jaln seperti ada yang mengganjal.

    Dan seringnya tangan serta kaki saya berkeringat, bila hal ini terjadi maka kaki & tangan saya akan mengalami pembengkakan.

    gejala apa ya dok ?? terima kasih

    • muki partono
      Posted September 20, 2011 9:45 am

      pembengkakan pada tangan dan kaki saat bangun tidur bisa krn posisi tidur dimnan jari tangan tertindih, atau anda mengalami gangguan pada pembuluh darah dimanan terjadi kekentalan darah, atau sebab lain misalnya kurangnya kadar protein darah , coba konsumsi putih telur yg direbus sehari 3 butir , kuningnya jgn dimakan

  • Ditzyuana
    Posted September 26, 2011 8:02 pm

    Kaki sy tu da bntik airnya sprti nanah,tp klo dh kring ko kulitnya mengeras dn gtalnya g hilang2,mnta sran yach?

    • muki partono
      Posted September 27, 2011 10:35 pm

      Sebaiknya consultasikan ke dokter kulit

  • faiz muhd
    Posted Oktober 3, 2011 6:23 pm

    knape kaki dan jari2 sy mebengkak..kaki sy bengkak ble hendak berjalan terase bise hendak berjaln…sehigge tidakmampu berjalan

    • muki partono
      Posted Oktober 4, 2011 2:58 am

      coba chck kadar albumin, bisa akiat krn kekurangan albumin darah

  • dyah banyuning ratri
    Posted Oktober 12, 2011 7:12 pm

    dok ibu saya mengalami pembengkakan pada jari-jari tangannya.kira-kira itu penyakit apa ya dok? padahal jari-jari ibu saya tidak pernah terbentur sebelumnya…..
    dan hanya itu saja keluhan yang ibu saya beritahu kepada saya…
    sebelumnya terimakasih….

    • muki partono
      Posted Oktober 13, 2011 4:40 am

      bengkak paa tangan bisa akibat kekurangan protein albumin atau krn ada penekana saraf (CTS) yg keluhannya ada kekakuan pada saat bangun tidur disertai rasa nyeri dan baal pada jari2 terutama jari telunjukj dan tengah

  • avan
    Posted Oktober 14, 2011 5:16 pm

    Dok,Ayah saya sedang sakit paru,saat ini mengkonsumsi obat Rimstar,vit B1-B6,Bisolvon tablet,dan obat sakit perut.Kondisinya saat ini lemah tiada tenaga,yang mengherankan jari tangan dan kaki bengkak-bengkak,kira-kira kenapa ya dok??apakah karena obat-obatan sehingga berakibat pada Ginjalnya,apa yang harus kami lakukan dok?sebelum & sesudanya terima kasih atas jawabannya dok.

    • muki partono
      Posted Oktober 15, 2011 12:47 am

      Sebaiknyabdiperiksakan kembali ke dokter paru, belum tentu bengkak padatangan dan kaki akibat kelainan ginjal , bisa juga sebab lain

      • avan
        Posted Oktober 15, 2011 6:32 pm

        Terima kasih atas waktu dan jawaban serta sarannya,salam.

  • ririn triyani
    Posted Oktober 15, 2011 1:09 pm

    dokter, saya umur 29 tahun, bermula 5 bln lalu tiba2 kaki saya nyeri sakit buat jalan, lama2 merambat ke tangan kanan dan kiri, jari2 kaku kalo digerakkan sakit, lama2 berkurang sendiri tp tetap apalagi setelah bangun tidur, sakit sekali, sekarang telapak kaki saya sebelah kiri bagian tumit sakit sekali utk jalan jd saya jalannya pincang krn yg saya buat tumpuan telapak kaki depan. kira2 gejala apa dan harus tes apa ya dokter?

    • muki partono
      Posted Oktober 15, 2011 10:37 pm

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang sebaiknya dilakukan mri lumbal,, kalau mau dilakukan pemeriksaan MRI LUMBAL

  • khairul hakim
    Posted Oktober 18, 2011 1:05 am

    dok, seharian ni badan saya gatal-gatal, trus mukanya bentol-bentol, telapak kaki dan tangan rasanya kesemutan, ada yang aneh juga dok, pas pagi harinya,bibir saya bengkak, tuh kenapa ya?

  • monika
    Posted Oktober 18, 2011 1:55 pm

    2 hari lalu jari manis tangan kanan saya tiba-tiba bengkak (saya merasa tidak terjadi apa2 sebelumnya pada jari tsb,tiba2 saja bengkak) dan sakit nyut-nyutan, cenut-cenut serta memar dan panas. akhirnya saya kompres pakai air dingin. sekarang sakit cenut-cenutnya sudah hilang, tapi jarinya tetap bengkak, memar, panas. saya juga sempat menusuk di perbatasan kuku-kulit, lalu keluar cairan putih susu. tp bengkak tetap blm kempes. kira-kira kenapa bisa bengkak ya Dok?Bagaimana supaya bengkaknya kempes?

  • yik
    Posted Oktober 21, 2011 2:56 am

    Dok.. Mw tanya. Belakangan jari saya gatal, tidak ada bentol tapi tiba2 bengkak, hingga cincin yg tdnya muat d jari jd gk muat. Trs jg d bibir, gatal tiba2 aja, bengkak jg keq org abis d tonjokin bibirnya. Hilangny gk sampe 1×24 jam.
    Tp belakangan jadi makin sering. Mohon jawabannya dok

    Di kulit siku bagian dalam saia terkena dermatitis. Gk bahaya kata dokterny, d ksh salep apa gt. Ilang, tp kadang timbul lg.
    Apa ada yg salah dgn pola makan ato gmana ya dok?

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2011 7:44 am

      Anda menderita kelainan alergi yg manifestasinya di kulit, sebaiknya makan hrs dijaga jgn sembarangan

  • made
    Posted Oktober 22, 2011 11:08 am

    maaf dok saya mau tanya knp ya jari tengah kaki saya sakit dan bengkak padahal ga kenapa knapa itu awalnya pas bangun tdur krasa sakit tp lama kelamaan jadi bengkak ini sbelah kanan udah sembuh malah sekarang sakitnya pindah ke jari tengah kaki sberah kiri..penyebabnya apa ya dok mohon di jelasin.. trims..

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2011 7:31 am

      Kmungkinan gejal reumatik sebaiknya diperiksakan ke dokter

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2011 7:36 am

      Gejala reumatik sebaiknya diperiksakan

  • bayu
    Posted Oktober 24, 2011 5:18 pm

    dok,sya mw tanya
    kali sya ada bengkak2 kecik dan agk gatel tp skit dok..telapak kaki saya jg bengkak kecil gt..

    • muki partono
      Posted Oktober 25, 2011 6:29 pm

      Jangan digaruk mungkin itu reaksi alergi tapi setelah digaruk jd meradang, sebaiknya berobat ke dokter

  • Paijo
    Posted November 9, 2011 1:26 pm

    Dok Yth.
    Jari tengah tangan kanan dan kiri saya terasa sakit kelihatan lebih besar/bengkak dari yang lainnya jika megenggam sulit dan sakit seperti kram untuk membuka harus dibantu tangan yang lain ,apa yang harus saya lakukan ? jenis obat apa yang bisa menyembuhkan ? maaf terimakasih

    • muki partono
      Posted November 9, 2011 11:30 pm

      Anda menderita gejala CTS atau bisa sebab lain misalkan tigger finger sebaiknya diperiksakan ke dokter

  • wilda
    Posted November 15, 2011 2:53 pm

    Yth.bapak Dokter

    Sudah 1 bulan ini tulang di seluruh badan saya ngilu dan sakit, 2 minggu belakangan semakin nyeri kalau beraktifitas, sehingga saya tidak bersemangat u berktifitas, sejak seminggu yg lalu kaki dan tangan saya bengkak hingga hari ini msih bengkak, kira2 apa penyakit saya dok.sebaiknya saya berobat kemana. karena saya takut salah. Trims

    • muki partono
      Posted November 16, 2011 4:20 pm

      Bengkak pada kaki dan tangan bisa akibat reumatik, atau bisa sebab lain misalkan pengapuran sendi , seaiknya diperiksakan ke dokter tulang, bengkak pada tangan dan kak bisa akibat kada proten darah anda rendah sebaiknya dicek lab

  • Dewi
    Posted November 26, 2011 8:30 am

    Dok, tanya sudah 2 minggu jari tangan dan kaki kebas agak bengkak, sdh periksa darah asam urat 5,06 , diberikan resep dokter obat ringan tapi sekarang msh kebas kalo Pagi Dan agak kesemutan kadang kadang. Apakah saya asam urat atau peredaran darah kurang lancar ya? Thanks dok

    • muki partono
      Posted Desember 1, 2011 4:06 pm

      bisa akibat kegemukan , atau kekentalan darah, kolesterol, sebaiknya diperiksakan , kami rasa buka asam urat yg tinggi

  • Avi
    Posted Desember 6, 2011 6:38 am

    Telapak kaki dibelakang jempol bengkak dan ngilu kalau gigerakkan , kenapa ya Dok ? , Ke mana sebaiknya saya berobat ? Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Desember 12, 2011 10:34 am

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang mungkin anda mengalami gejala GOUT ARTRITIS ( kadar asam urat menigkat dr normal)

  • anin
    Posted Desember 8, 2011 8:13 pm

    dok,jari telunjuk saya tiba-tiba saja menjadi keriput dan menghitam,tp tidak ada rasa nyeri hanya saja saya merasa telunjuk saya seperti menebal,padahal saya tidak memegang apa2 sebelumnya
    apa yang terjadi ya dok?
    trims

    • muki partono
      Posted Desember 12, 2011 9:10 am

      Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter, mungkin anda menderita kelainan pembuluh darah pada jari2 anda , jangan anggap remeh

  • muchlisa
    Posted Desember 12, 2011 5:49 pm

    dok, belakangan ini lengan kanan sampai jari tangan saya terasa ngilu dan terkadang terasa menusuk biasanya ini terjadi pada kondisi cuaca dingin. tapi sekarang malah nampak kalau lengan bawah saya bengkak dan terasa gatal. apa yang terjadi dok?

    • muki partono
      Posted Desember 12, 2011 7:54 pm

      Gejala benkak dan gatal bisa krn alergi atau sebab lain misalkan ejala penekanan saraf di daerah lengan atas dan sik yg manifestasinya ke lengan bawah bengkak dan gatal., sebaiknya diperiksakan ke dokter

  • Styawan
    Posted Desember 13, 2011 1:55 am

    Dok saya mau tanya, saya tidur siang, tiba2 trasa gatal gatal d lengan dan tubuh saya, timbul bentol2 dan tidak lama menjalar dan tangan saya menjadi bengkak, itu kenapa ya dok.

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2011 9:47 pm

      Itu reaksi alergi, coba cari tahu, kemungkinan krn serangga atau alergi sebab lain

  • willy
    Posted Desember 17, 2011 7:59 am

    dok saya 25 thn setelah demam makan obat penurun panas,radang,antibiotik,mag n vitamin,demam turun berangsur sembuh tb2 di di kedua jari2 tangan klo di tekan agak sakit kemudian bintik merah seperti darah kotor samar muncul bila di tekan khususnya bagian jari agak sakit sama halnya dengan kedua kaki di bagian pinggir tumit n jari2nya bila di tekan sakit knapa ya? dok thx

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 9:59 am

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter mungkin ada gejala lain bukan sekedar nyeri2 otot saja, bisa jd krn infeksi virus atau sebab lain

  • anggi
    Posted Desember 22, 2011 12:39 pm

    DOK, sy 32 th, mau tanya:
    jari2 tangan saya sdh seminggu ini trasa nyeri,di pakai megang barang rasanya sakit, jempol,telunjuk dan jari manis(nyeri tdk keseluruhan,hanya bagian atas jari saja (tempat sidik jari) & tidak di semua jari sekaligus,dulu saya kira alergi detergent krn terasa stlh mencuci, tp stlh tdk nyuci lagi kok msh terasa nyeri,..bahkan kalo cuaca dingin, nyerinya terasa banget. kira2 sakit apa namanya ya dok? mohon pencerahannya,..terimakasih sebelumnya.

    • muki partono
      Posted Desember 22, 2011 12:55 pm

      Ibu menderita CTS , penekanan saraf Medianus pada pergelangan tangan akibat pekerjaan yg terlalu memakai tangan sperti memasak ,mencuci dll, sebaiknya beroba bisa disuntik kala sdh hebat bisa dilakukan operai kecil

  • sri rejeki
    Posted Desember 22, 2011 5:33 pm

    dok sy berusia 42 th, setiap kali mengerjakan sesuatu seperti memegang leptop spontan bahu kanan bawah sakit, terus menjalar keleher langsung semutan,mulut kanan juga kaku….ini sudah berlangsung lama….sy sudah sceningtp tak apa2, dr sarankan sy untuk MRI, sy sakit apa ya dok…..

    • muki partono
      Posted Desember 22, 2011 6:19 pm

      Kemungkinan ada penekanan saraf di leher sebaiknya lakukan MRI Leher

  • dian
    Posted Desember 26, 2011 3:46 pm

    Dok…………..anak saya berusia 2th
    pagi2 kaki anak saya tiba2 bengkak,terus badannya bentol2 merah.
    semalam waktu tiduk dia merasakan sakit
    kira2 knpa ya dok…apakah dia alergi????karena kemarin hbs makan permen tanpa merek
    thanx ya dok

    • muki partono
      Posted Desember 26, 2011 11:25 pm

      Ya betul kemungkinan alergi sebaiknya konsultasikan ke dokter anak

  • sri rejeki
    Posted Desember 27, 2011 10:16 pm

    saya berusia 42 tahun,tempo hari sy konsultasi dengan dokter namun ada yang belum saya sampaikan, selain sakit dibahu ketika mengerjakan sesuatu,mulut kanan kaku sampai kemata,bahu leher selalu semutan saya sudah berobat bertahun-tahun dan terapi tp tak ada hasilnya,minum obatpun sakit saya tidak hilang hanya terasa ngantuk saja dan hampir satu bulan inijari-jari tangan sering kaku dan sakit sekarang mulai juga di jari kaki, sy juga pengidap sinus sitis..saya sebenarnya sakit apa dok, dan saya sebaiknya berobat kemana….

  • putra
    Posted Desember 29, 2011 2:30 am

    dok,saya berumur 24 tahun,di dekat siku tangan saya tumbuh bentolan yg mirip herpes,mula nya hanya gatal trus saya garuk lama kelamaan jadi bentolan yg berisi cairan,bentolan ini tidak terasa nyeri atau pun gatal.dan badan saya tidak menunjukan gejala herpes dok,apakah saya alergi dok???

    • muki partono
      Posted Desember 29, 2011 12:57 pm

      Sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit saja, kam curiga anda menderita herpes

  • calvin chin
    Posted Desember 29, 2011 2:55 pm

    Dok,saya ingin bertanya
    ibu saya belakangan ini jarinya mengeras/kaku susah mengepal
    katanya sakitnya itu selain di jari juga di sendi

    bisakah dokter menjelaskan penyakit apa itu ?
    dan cara nya supaya bisa sembuh ?

  • putra
    Posted Desember 30, 2011 1:44 am

    cuma 3 bentolan di lengan saya dok,bentolan itu tidak sakit atau pun gatal,tapi skrg udah mengecil karna saya minum antibiotik 500mg dok.

  • calvin chin
    Posted Desember 30, 2011 1:00 pm

    Dok,saya ingin bertanya
    ibu saya belakangan ini jarinya mengeras/kaku susah mengepal
    katanya sakitnya itu selain di jari juga di sendi

    bisakah dokter menjelaskan penyakit apa itu ?
    dan cara nya supaya bisa sembuh ?

    (maaf nanya terus saya cuma ingin mengetahui nya )

    • muki partono
      Posted Januari 3, 2012 5:52 am

      Ibu anda mengalami gejala pengapuran pada sendi2 jari tangan, bisa juga geala awal reumatik hand, bisa juga gejala penekanan saraf di pergelangan tangan (CTS), dll sebaiknya diperiksakan ke dokter ulang

  • calvin chin
    Posted Januari 5, 2012 7:49 am

    Dok bagaimana cara mengatasi pengapuran?
    apakah ibu saya harus banyak mengomsumsi zat kapur ?

  • danny
    Posted Januari 5, 2012 9:56 am

    yth dokter. saya merasa pegal2 di persednian jari tangan dan kaki saya.

    saya tidak merasa demmam maupun mual dan muntah

    apa penyakit saya dok>
    aapa yang harus saya lakukan pencegahan sebelum penyakit saya ini berlanjut ?

    saya danny berumur 28 tahun

    Mohon informasi ya dok.

    Regards
    Danny

    • muki partono
      Posted Januari 7, 2012 1:37 am

      Nyeri sendi bisa akiabat , aradang sendia dan bisa krn reumatik, bisa juga sebab lain, sebaiknya diperiksakan ke dokter

  • calvin chin
    Posted Januari 7, 2012 9:07 am

    Dok bagaimana cara mengatasi pengapuran?
    apakah ibu saya harus banyak makanan yang mengandung zat kapur ?

  • lidya
    Posted Januari 9, 2012 8:54 am

    dok… keponakan saya udah 8 hari sakit bengkak pada kaki sampai muka.. apa yang harus dilakukan? saya harus periksa kediokter apa?

    • muki partono
      Posted Januari 9, 2012 11:58 pm

      Hati2 takutnya keponakan anda menderita kelainan ginjal, bila bengka seluruh tubuh bisa akibat reaksi alergi yg hebat atau nefrotik sindrom krn kelainan ginjal sebaiknya konsultasikan ke dokter anak lbh dulu

  • sumiasih
    Posted Januari 10, 2012 8:35 am

    dok jari tengah dan jari manis tangan kiri selalu kebas bila bangun tidur, bila tidur saya mengiring kanan. sakit sangat sampai menusuk. knp dok?

    • muki partono
      Posted Januari 10, 2012 3:29 pm

      Anda menderita CTS pada pergelangan tangan, sebaiknya diperiksakan dan mungkin perlu tindakan suntik pada pergelanhan tangan utk mengrangi keluhannya

      • Wisnu
        Posted Desember 19, 2014 10:32 pm

        Pak dok ,, sya mau tanya ,, sudh hampir 3 blan lbh nih saya bentol bentol ,, timbulnya di tangan , kaki ,, kdang di badan ,, awalnya kecil2 , tp lama2 semakin besar ,, kayak pulau ,, sya sudh 4 kali ke dokter di suntik dan di beri obat ,, tp hanya bertahan 1 midnggu saja ,, skrng kumatnya tdk tentu ,, kdng pagi ,, kdng mlm ,, kdang ke bibir sya bengkak ,, tp tdk sering ,, kalok tdk kumat di kaki atau tangan ,, kdng di telapak , telapak kaki , atau di jari2 nya terasa gtal dan tebal ,, mohon jwbnnya dok ,, kra2 sya hrus ke dokter apa ? Untuk berkonsultasi atas keluhan sya ,,,

        • Muki Partono
          Posted Desember 26, 2014 4:16 am

          Anda mengalami reaksi alergi yg hebat saran coba puasa mutih

  • koko wiguna
    Posted Januari 10, 2012 10:36 pm

    Dok, saya mau nanyak kenapa ya jari kaki saya yang tengah sering terasa gatal dan setelah gatalnya habis kulit jari tengah tersebut mengelupas??
    Tolong ya Dok dijawab…

    • muki partono
      Posted Januari 11, 2012 11:08 am

      Sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit, mungkin anda mengalam kelainan kulit

  • A. Ramdhan
    Posted Januari 19, 2012 7:49 am

    dok, istri saya apabila bangun dari tidur pagi hari, suka merasa nyeri di sendi-sendi, jari tangan bengkak, dan kaki pun bengkak….itu kira2 penyakit apa ya dok? mohon di jawab dok..terima kasih

    • muki partono
      Posted Januari 19, 2012 8:05 pm

      Mungkin istri anda menderita gejala reumatik, coba konsultasikan ke dokter

  • fauzal azmi
    Posted Januari 24, 2012 3:33 pm

    dok sya mau nanya,,setiap bangun tidur telapak tangan sama telapak kaki sering panas da kalau sering berkeringat,,itu ada penyakit apa dok,,mhon informasinya

  • dania
    Posted Februari 2, 2012 2:53 pm

    dok…saya mau tanya telapak tangan dan kaki saya kalau kena air sama kedinginan telapak tangan dan kaki saya gatal-gatal dan pegal,,,itu gejala penyakit apa ya dok,,,mohon informasinya ya dok,,,,,

    • muki partono
      Posted Februari 3, 2012 5:40 am

      Gejala kekakuan pd jari2 kadang banyak dikeluhkan hal yg masih wajar saja, salah satunya bisa akibat reumatik hand

  • Beatrice
    Posted Februari 3, 2012 8:50 am

    pagi dok, saya mau tanya, jari2 tangan saya ada bercak2 merah, bengkak dan gatal dsertai sakit dtempat bercak2 merah tersebut, sebenarnya apakah itu asam urat ato bukan dok? tolong jawabannya…

    • muki partono
      Posted Februari 8, 2012 10:33 pm

      Kemungkinan bukan menderita uric acid artritis, tapi kelainan lain, spt kelainan kulit, adanya faktor alergi, dll

  • lestari
    Posted Maret 2, 2012 2:23 pm

    Anak saya berumur 5 th, pertamanya perutnya sakit kemudian kaki ma tanganya bengkak yg sebelh kiri kemudian gantian sebelah kanan dan muncul bintik merah dan merah2 sprt pembuluh darah yag kecil pecah2. kemudian saya cek lab, darah dan USG semuanya normal. sebenarnya sakit apa dok?

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 9:49 am

      Sebaiknya periksakan ke dokter anak, saat ini kan musin DBD ,walaupun tdk ada panas krn virusnya sdh banyak mutasi jd gejala klinisnya sdh tak khas

  • MAHFUD
    Posted Maret 10, 2012 7:31 pm

    JARI TANGAN SAKIT NGILU DAN BENGKAK: AWAL NYA JARI TELUNJUK KANAN SAYA TERASA SAKIT DAN SEKARANG RUAS TENGAH NYA SEDIKIT BENGKAK DAN TDK BISA DIKEPAL SEMPURNA KRN SAKIT SAAT INI SEMUA JARI TANGAN KIRI SUDAH MULAI NYERI SAKIT DAN BILA DIKEPAL JUGA TERASA SAKIT. MOHON JAWABAN DAN SOLUSI NYA DOKTER….TERIMAKASIH.

    • muki partono
      Posted Maret 11, 2012 2:45 pm

      Kelainan nyeri dan pembengkakan pada jari bisa akibat rematik hand, atau kelainan CTS sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang,biasanya utk memastikan kitalakukan penyuntikan pada daerah pergelangan tangan

      • rasma
        Posted April 4, 2012 10:45 am

        dok, kelainan CTS itu apa ya., karena di jari jempol kiri saya ada bengkak, sperti tulangnya menonjol bulat gitu..
        trimss dokk..

        • muki partono
          Posted April 4, 2012 10:26 pm

          Kalau keluhNnya ada benjolan kemungkinan ada trigger finger yaitu penjepitan urat ibu jari, atau tumir pada ibu jari , sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  • nitha
    Posted April 6, 2012 9:48 pm

    dok ibu saya setiap hari itu jari manis tangan kiri nya bengkak dan sakit serta perutnya membesar gejala apa itu dok??? serta bagaimana cara mengatasinya. terimakasih

    • muki partono
      Posted April 10, 2012 10:48 am

      jari manis membengkak bisa akibat artritis, atau Asam urat atau sebab lain sedangkan bengkak pada perut bisa krn ascites atau hanya kembung , dan lainnya sebaiknya ibu anda diperiksakan ke dokter

  • dudy
    Posted April 15, 2012 3:34 pm

    doc …
    istri saya telapak kaki sering bengkak dan sakit tanpa sebab. kalo dipijit sakit katanya. Info saja, ia tidak sering olahraga dan rutin menjaga pola makan berlemak. Mohon arahan.
    Suwun pak dudy di kendal jateng

    • muki partono
      Posted April 15, 2012 9:59 pm

      Mungkin kadar protein rendah sebaiknyA cek dulu laboratorium albumin dan globulinnnya

  • ella
    Posted April 15, 2012 3:53 pm

    ella hampir tiap malam tangan / jari kiri ella gatal n bengkak. kata dokter sih alergi.tapi kenapa setiap terjadi, ella minum obat alergi.tidak sembuh y?apa yg terjadi dengan ella sebenarnya.trimakasi y dok

    • muki partono
      Posted April 15, 2012 9:59 pm

      Coba cek ke dokter gigi mungkin ada gigi yg berlubang

  • elisabeth
    Posted April 17, 2012 7:26 am

    sorry dok saya mau tanya:
    Ibu saya kelahiran th 1932 ,Beliau selalu terbangun tengah malam karena merasakan gatal luar biasa terutama ditelapak kaki ,tangan dan telinga.

    Mohon penjelasannya dok ,gejala penyakit apa itu.

    best regards

    elisabeth

    • muki partono
      Posted April 18, 2012 11:54 am

      Kesemutan telapak kaki dan tangan bisa akibat kelainan saraf, kalau di telinga bisa krn kelanan pada telinga tengah, sebaiknya diperoksakan ke dokter

    • muki partono
      Posted April 27, 2012 11:23 am

      Sebaiknya konsultasikan ke dokter kemngkinan menderita gejala alergi

  • lili
    Posted April 23, 2012 11:37 am

    siang dok >>
    mau tanya kalau jempol tangan kanan bengkak disertai nyeri dan gatal..bahkan nyerinya bisa sampai ke lengan..itu bagaimana cara mengatasinya ya..thanks

    • muki partono
      Posted April 24, 2012 10:27 am

      SEBAIKNYA BEROBAT KE DOKTER utk memastikan kelainan , mungkin akibat reaksi alergi bia krn gigitan serangga

  • Andrew
    Posted April 23, 2012 11:39 am

    dok, tangan saya bengkak dan merah-merah semua dan terasa gatal namun munculnya mendadak. awal hanya gatal dan saya kasih minyak tawon besoknya tiba-tiba jari saya bengkak 2x ukuran jari normal dan kulit menebal. kenapa ya dok. trims

    • muki partono
      Posted April 24, 2012 10:26 am

      itu reaksi alergi coba dicari tahu penyebab alerginyA

  • ernita
    Posted Mei 23, 2012 11:15 am

    anak saya berumur 10 th habis mandi dikolam renang dan sdh dibilas bersih esok harinya seluruh badan gatal gatal semua dan kulit menebal disertai panas terasa sakit,sdh dibawa kedokter umum katanya alergi tapi setelah minum obat esok paginya jari tangan dan kaki bengkak 2 kali dr ukuran semula.apa yg harus saya lakukan dok,terimakasih

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 11:43 am

      sebaiknya kembali ke dokternya biar dilihat apakah pembengkakannya masih berhubungan dengan reaksi aklerginya atau sebab lain jgn diurut dulu

  • me222
    Posted Mei 25, 2012 5:02 pm

    Dok..saya mau tanya bbrp hari ini saya merasa jari tengah dan manis kiri saya sering terasa panas kadang disertai rasa aliran hangat dr dalam.
    Kira2 kenapa yah Dok.. lalu bila mau diperiksakan baiknya kemana?
    THX

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 11:32 am

      kelihatannnya anda mengalami gejala CTS atau penekanan saraf di leher sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang, kalau di jakarta bisa hubungi kami (Lihat jadwal praktek)

  • sri
    Posted Mei 31, 2012 9:27 am

    dok mau nanya kaki saya keluar brentol2 merah tapi sakit, dan telapak kaki saya sakit banget buat jalan. pergelangan tangan kanan+telunjuk kanan jg sakit, kira2 kenapa ya dok. ni terjadi pas saya haid sebelunya mah gak sakit.

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 11:16 am

      mungkin masih berkaitan dengan haidnya , atau gejala haid mencetus keluhan ini kemungkinan anda ada gejala penekana saraf di pinggang

  • atik
    Posted Juni 6, 2012 10:55 am

    dok, udh satu minggu lalu jari tangan yg tengah kaku pada kedua tangan saya, trs sya mkn ayam kampung bakar 2 jam kemudian tangan kanan sya jd kaku dan pegel pda jari2nya. itu sakit apa ya dokter? sya udh minum obat asam urat kok tetep sma aja

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 10:28 am

      anda mengalami gejala radang sendi akibat alergi makanan , kemungkinan dari ayam bakar , biasanya kulit ayam, saran hindari makanan tersebut

  • dewi
    Posted Juni 11, 2012 9:04 pm

    dok, nama saya dewi
    saya pny keluhan telapak tangan kiri pas di bwh ibu jari bengkak tanpa sebab, tpi klu di pijat nampak bengkak merah

    • muki partono
      Posted Juni 18, 2012 8:02 pm

      anda mengalami trigger thumb, jgn diurut , sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang mungkin anda perlu disuntik, atau operasi kecil utk membebaskan pulleynya

  • indah
    Posted Juni 21, 2012 3:11 am

    dok kaki saya gatel-gatel trus ada seprti bentol dan mengeluarkan cairan disertai bengkak dikaki , itu kenapa ya ?

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2012 1:58 pm

      anda mengalami gejala alergi , cari tahu penyebabnya umumnya krn makanan tertentu atau alergi kontak

  • ajeng
    Posted Juni 21, 2012 6:55 am

    dok,,
    mamah saya 2 hri kmrin merasa kakinya bengkak,dan kebas dibgian lutut kiri,kmudian 3 hari kmudian ltut knannya juga merasa sprti itu.mhon bntuany dok.gejala apa ya?

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2012 1:58 pm

      biasanya gejala pengapuran pada lutut ataugejala pengapuran pinggang yg menekan saraf pinggang yg mengakibatkan nyeri lutut

    • christin
      Posted Juli 20, 2012 10:19 am

      dok, telapak kaki dan tangan saya terasa tebal dan gatal.
      Ini kenapa ya? Apa bisa sembuh, dan berapa hari?
      Terimakasih.

      • muki partono
        Posted Juli 20, 2012 11:00 pm

        coba cek lke dokter gigi bisa akibat gigi berlubang

  • indah
    Posted Juni 23, 2012 2:06 pm

    untuk cara pengobatannya itu bagaimaa dok ?

  • indah
    Posted Juni 23, 2012 3:03 pm

    kira – kira untuk penyembuhan nya berapa hari ya dok, lalu untuk agar cepat sembuh ada pantangan nya gak dok? seperti makanan atau apa gitu dok

  • khatty
    Posted Juni 24, 2012 9:48 pm

    Dok,dr kecil hingga saat ini (32th)tangan dan kaki sy selalu berkeringat banyak bahkan klu dibiarkan bisa sampai menetes-netes dan anehnya lagi dlm suatu kondisi,ujung ruas jarijari tangan sayapun menjadi bengkak dan bila disentuh/pegang terasa kebas/kaku,gejala apakah ini dokter?

    • muki partono
      Posted Juni 26, 2012 5:56 pm

      sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk diperiksa lebih detail sebenarnya kelainan anda apa dan bagaimana menanganinya, mungkinada kaitan dengan reaksi alergi

  • sekar
    Posted Juli 3, 2012 12:47 am

    dok, bebrapa hari ini telapak kaki saya bengkak sedikit.terasa tebal gt. memamng tidak sampai mengganggu berjalan. dan saya kadang merasa gatal ditelapak tang, tapi beberapa hari akan hilang sendiri. kira2 saya sakit apa ya?saya akhir2 ini agak banyak ngemil karena saya ingin asi saya lancar, coz asi saya sangat sedikit bahkan sering tidak keluar, padahal bayi saya baru umur 2 bulan. umur saya 29 tahun, tinggi 158 berat 50 kg, apa itu normal? terimakasih sebelumnya.

    • muki partono
      Posted Juli 5, 2012 11:19 pm

      Keluhan anda masih dalam batas normal yg tdk normal produka asi yg kuran , coba makan sayur katup , kata orang2 tua dulu spy asinya banyak

  • heru prasetyo
    Posted Juli 25, 2012 2:17 pm

    dok, istri saya telapak tangan kanannya sering kaku kdg disertai rasa panas, bila bangun tidur dan terutama bawah ibu jari sakit sekali apalagi buat angkat benda mis termos, panci bahkan bolpoint utk menulis, gejala apa ini dok? nuwun

    • muki partono
      Posted Juli 27, 2012 12:31 am

      Istri anda mengalami gejala penekanan saraf pada telapak tangan atau penjepitan urat pada jari jempol saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • megantara
    Posted Juli 29, 2012 12:32 pm

    salam kenal dok, saya ingin menanyakan ketika tadi saya bangun tidur tiba2 jari telunjuk kaki kanan saya membengkak dan sakit bila ditekan. saya telah membaca2 artikel2 lain dari web. apakah ini gejala awal asam urat ato rematik? terima kasih dok sebelumnya. gbu

    • muki partono
      Posted Juli 30, 2012 12:03 pm

      Bisa saja sebaiknya dilakukan pemeriksaan test lab utk asam urat, atau tes utk reumatik, bisa juga krn posisi tidu yg menindih tangan anda shg terjadi pembengkakakan

  • ard
    Posted Agustus 10, 2012 6:05 am

    sallam doc, doc kenapa setiap terna dingin telapak kaki dan tangan saya panas, gatal dan membengkak. ini penyeb nya apa dan apa yang harus saya lakukan untuk menghilang kan itu semua.

    thaks doc, sallam..

    • muki partono
      Posted Agustus 11, 2012 11:10 am

      Anda mengalami gejala alergi terhadap dingin

  • teecha
    Posted Agustus 27, 2012 11:12 am

    dok, pada kedua tungkai kaki saya apabila di tekan akan meninggalkan legokan sepertihalnya kaki bengkak pada ibu hamil(tetapi hanya bagian tungkai kaki, bagian mata kaki sampai jari kaki tidak apa2)dan saya tidak merasakan nyeri sama sekali.
    saya wanita berumur 22thn dan obesitas.
    apa yang terjadi pada kaki saya dok ??

    • muki partono
      Posted Agustus 28, 2012 7:30 pm

      Kemungkinan anda mengalami gangguan aliran darah balik ke jantung, atau kekurangan asupan protein

  • yun
    Posted Agustus 29, 2012 1:05 pm

    mau nanya.. ditangan saya adanya bengkak seperti muscle sakit selepas execise,tapi ngak sakit..cuma sengal aja rasanya.. bengkaknya berkala aja..dalam sbulan sekali lah, apakah maksud petandanya..badan pu kalanya ada sakit dan kebas kebas.. tumit sakit..

    • muki partono
      Posted September 19, 2012 10:11 am

      masih dalam batasnormal, coba excercisenya dikurangi porsi latihannya

  • santoso
    Posted September 5, 2012 6:35 pm

    Malam dok,saya mau tanya,kenapa kalo malam hari terkadang telapak tangan kiri nenek saya terasa panas dan tangan nya membengkak,tapi telapak tangan yg kanan tidak.
    Sewaktu terasa panas,telapak tangan nenek saya seakan tidak bisa di pegang,karena kalo di pegang terasa perih dan panas.
    Apa yg harus saya lakukan disaat telapak tangan nenek saya seperti itu??
    Trima kasih dok..

    • muki partono
      Posted September 7, 2012 5:13 pm

      Rendsm zir hangat dan air dingin bergantian

  • Asmunih
    Posted September 23, 2012 7:38 am

    Salam kenal Dok.. Mau tanya, istri saya sedang hamil 3 bulan saat ini (15 minggu). Tidak seperti hamil-hamil sebelumnya (kini hamil ke 4, usia istri 35 tahun), kini tangan dan kakinya mengalami bengkak2 dan disertai gatal. Pada kaki bengkak diawali pada lutut, ditangan dimulai dipergelangan tangan. Pada telapak kaki dirasakan seperti ada benjolan2, sehingga jalan terasa sakit, dan menekuk lutut terasa sakit. Saat ini kami juga ada bayi berusia 9 bulan (istri hamil lagi saat usia bayi kami usia 6 bulan). Penyakit apa yang sebenarnya terjadi pada istri saya dan bagaimana mengatasinya? Terima kasih Dok, atas jawabannya

    • muki partono
      Posted September 29, 2012 1:09 pm

      keluhan tsb kemungkinan berkaitan dengan proses kehamilan saran konsultasikan ke dokter kandungannya

  • ichsan
    Posted Oktober 9, 2012 4:17 pm

    Dok, saat bermain futsal jari telunjuk tangan kanan saya kena tendang. Akibatnya jari telunjuk saya bengkak dan bengkok, tapi setelah di urut, jari telunjuk saya sudah lurus kembali, namun jari telunjuk saya belum bisa mengepal dan pada ruas di jari telunjuk di bagian tengahnya terdapat benjolan yang keras seperti tulang. Apakan jari telunjuk saya belum bisa mengepal karena adanya pembengkakan ato bagaimana dok? Sebelumnya, trimakasih atas jawabannya

    • muki partono
      Posted Oktober 10, 2012 11:29 am

      kemungkinan jari anda patah dan saat ini sdh menyambung , terjadi kekakuan krn masih proses perbaikan yg hrs dipastikan apakah posisi tulang yg menyambung sdh benar, lakukan pemeriksaan rontgen kaki

  • lily
    Posted Oktober 12, 2012 6:17 pm

    salam kenal dok… mau nanya dok,telapak kaki saya tiba” bengkak,terutama di bagian mata kaki,tanpa rasa sakit ato nyeri. ini mulai terjadi kira” 3 bulan yg lalu,dan mulai bengkak nya selalu sore hari,dan sembuh sendiri keesokan hari nya. sampai skrng telah kambuh 4 sampai 5 kali. kira” kenapa ya dok? dan kalau ingin memeriksakan diri,dokter bagian apa?
    terimakasih dok…

    • muki partono
      Posted Desember 16, 2012 9:12 am

      Banyak kemungkinan yg menyebabkan bengkak, sebaiknyankami periksa dulu

  • irfan
    Posted Oktober 16, 2012 6:24 pm

    salam kenal Dok,saya mau tanya,paman saya menderita penyakit gatal-gatal pada telapak tangan dan telapak kaki yang tidak kunjung sembuh selama ini sudah 3 tahun lebih,terkadang penyakit paman saya sembuh,tetapi beberapa minggu kemudian penyakitnya kabuh lagi,terkadang juga disertai dengan kapalan dan pecah-pecah pada telapak tangan.
    penyakit apa yang sebenarnya diderita oleh paman saya dok?
    terimakasih atas jawabannya.

    • muki partono
      Posted November 7, 2012 10:44 am

      itu biasanya rekasi alergi kemungkinan bisa dari gigi yg berlubang atau alergi lain , sebaiknya diperiksakan test alerginya dan konsultasikan ke dokter kulit

  • romie
    Posted November 8, 2012 3:07 am

    dok. Umur saya 40th, sudah 2 tahun jari dan tangan kanan saya suka kesemutan,bengkak dan nyeri saat dikepalkan nyerinya terasa kepergelangan sprt ditusuk2,bila tangan digerakan terasa sakit jg kepunggung,itu trjadi tiap stelah bekerja berat,kira2 penyakit apa dok? Trmakasih

    • muki partono
      Posted November 14, 2012 11:54 am

      anda mengalami gejala CTS , penekanan saraf di pergelangan tangan

  • idham saaputra
    Posted November 20, 2012 3:36 pm

    dok,saya ada masalah,pada telapak tangan,ruas,hingga jari terjadi pembengkakan di sertai bercak berwarna merah,,begitu juga pada punggung tangan saya hingga jari,terasa sangat gatal,,jari susah di tekuk & terasa sakit..Hal ini terjadi juga pada kaki saya serta beberapa bagian tubuh laen spt lengan,bibir,paha dan betis..hal ini sudah berlangsung lebih kurang 4 hari..!!
    yg ingin saya tanyakan,,apa penyebab hal ini dok,,apakah karena alergi??karna sprtinya saya tidak menderita alergi apapun..!
    terimakasih sebelumnya dok…!!

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 9:33 am

      Ya bisa krn alergi salah satu penyebabnya saran konsultasikan ke dokte kulit

  • caroline
    Posted November 26, 2012 12:08 pm

    salam kenal dok,
    jari tangan kiri saya yg ibu jari dan tengah mengalami pembengkakan dan terasa gatal bila terkena air, dan pada jari kaki (hanya beberapa jari) terasa seperti ada luka dan gatal saat terkena air, tetapi saat saya coba siram alkohol tidak bereaksi.
    Dalam keadaan kering hanya bengkak saja. ini sudah berlangsung beberapa hari.

    Saya mau tahu kemungkinan apa penyebabnya ya?
    Terima Kasih. Gbu

    • muki partono
      Posted Desember 4, 2012 8:25 pm

      Sebaiknya anda dikonsultasikan ke dokter banyak kemungkinan yg dpt menyebabkan kondisi diatas, biasanya memang kalau bengkak terkena air akan terasa gatal, , bengkak satu sisi bisa akiba gangguan aliran darah ata sebab lain

  • rita
    Posted November 26, 2012 7:20 pm

    dok bpk saya diabet….kenapa yah telapak tangan kirinya bengkak dan sakit adakah cara pengobatan nya..?pakai obat apa dok…dan harus ke dokter mana tks dok God bless you.

    • muki partono
      Posted Desember 4, 2012 8:21 pm

      Sebaiknya kam periksa kalau anda domisili di jakarta, kemungkinan pembengkakan satu sisi bisa diakibatkan gangguan aliran balik atau ada sebab lain spt CTS atau bisa juga akibat Rheumatoid hand

  • jazilah
    Posted November 28, 2012 7:28 am

    Dok, sudah berulang kali kaki dan tangan saya bengkak. awalnya seperti di gigit semut dan gatal, lalu saya kasih minyak kayu putih. tapi bengkaknya tambah membesar. kalo udah mengempis, bengkak dan gatalnya pidah di bagian yang lain…
    itu knp dok??

    • muki partono
      Posted Desember 4, 2012 12:04 pm

      sebaiknya anda konsultasikan ke dokter kulit

  • norkholiq
    Posted Desember 9, 2012 1:52 pm

    dok kaki sy sekarang habis di oprasi udh 1bulan dan jari kelingkingnya masih di PEN. yg sy tanyakan tlapak kaki sy bengkak dan bagaimana cara mempercepat bengkak ny kembali normal.. ???

    terimakasih….

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 8:32 am

      kompres es dan setiap istirahat kaki diganjal bantal , konsumsi putih telur ayam kampung 3 butir sehari selama 21 hari

  • aldy
    Posted Desember 29, 2012 8:59 am

    Dok bengkak tapi gak ngilu tapi kalo jalan sakit dok itu kira2 penyakit apa ya dok?mohon informasinya dok terima kasih

    • muki partono
      Posted Desember 31, 2012 10:07 am

      Kemungkinan kekurangan protein darah saan konsumsi putih telur baik yg mentah atau yg matang, sehari 3 butir dan selama 21 hr

  • syahni
    Posted Januari 8, 2013 9:37 pm

    Dok, kok jari tengah tangan kanan saya bengkak ya? Terasa nyeri dan nyut2an dan juga kaku (susah di tekuk), tapi cuma jari tengah tangan kanan aja yang seperti itu yang lain nya tidak kenapa2 dok. Kenapa ya dok? Saya harus beli obat atau konsultasi kedokter mana ya?

    • muki partono
      Posted Januari 17, 2013 4:18 pm

      bisa akibat RA hand pada jari 3 , atau artritis padajari 3, bisa akibat trigger finger jari 3, sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • Vella Phang
    Posted Januari 9, 2013 12:00 am

    Dokter, mama saya tangan kaki dan perut bengkak.. Itu kenapa ya? Mohon di reply.. Terima kasih O:)

    • muki partono
      Posted Januari 17, 2013 4:13 pm

      ibu anda kemungkinan menderita kelainan ginjal dimana terjadi pembengkakan menyeluruh kadang kelopak mata juga bengkak saran berobat ke dokter ahli ginjal

  • miss
    Posted Januari 15, 2013 1:41 pm

    Dok slm sejktra…sy mw nnya dok saya sakit pd jari terasa gatal dan bengkak seperti ada drh mati di dlm sgt gatal,adakh ni sakit berbhy dok? Untuk jwbnny trim ksh byk

    • muki partono
      Posted Januari 16, 2013 12:41 pm

      sensasi gatal dan bengkak itu bisa akibat reaksi imunitas pada anda yg manifestasi pada tangan , bisa sebab lain misalkan adanya penekanan saraf pada pergelangan tangan atau pada leher

  • Rama
    Posted Maret 6, 2013 11:33 pm

    Malam Dokter,sudah hampir satu tahun ini, jari2 tangan dan telapak kaki saya tersa kaku, terutama baru bangun tudur (jari-jari tangan sangant kaku, ngilu dan sangat perih bagian dalamnya, klo di kepal, lama baru bisa lurus).Biasanya sy minta di pijit pelan2,krn klo agak keras pijitnya, terasa perih tulang jari2nya.
    Belakangan ini rasa perih, pengal yang luar biasa sudah mulai merembet ke bagian atas (lengan). Sekarang ini sy lg mengkonsumsi obat Asam Urat (krn sy pikir ini gejala Asam Urat) tapi sepertinya tidk ada perubahan. Kira2 penyakit sy ini apa ya Dok.. ? trimakasih.

    • muki partono
      Posted Maret 13, 2013 1:56 am

      Anda mengalami gejala reumatik krn keluhannya ssh lbh 6 bln saran konsultasikan ke doktet

  • Stefany
    Posted Maret 15, 2013 8:56 pm

    dok, mau tanya nih kenapa jari saya yang di pinggiran kuku membengkak dengan tidak ada alasan. sudah sembuh satu, datang lagi di jari yang lain dan yang sudah sembuh, kukunya terkelupas dari dalam. pagi” habis bangun tidur ketika saya meletakan kaki ke lantai telapak kaki saya merasa sakit. apakah ini berbahaya ? atau saya kurang vitamin ? jika kurang, apa yg hrs saya konsumsi ?

    • muki partono
      Posted Maret 24, 2013 10:03 am

      Saran sebaiknya periksakan ke dokter anda menderita PARONIKIA

  • zulfan
    Posted Maret 16, 2013 7:23 am

    Selamat pagi DOk..
    Akhir2 ini kaki dan tangan sebelah kiri sering kesemuyan.. apa penyebabnya ya dok..

    • muki partono
      Posted Maret 24, 2013 9:55 am

      Kesemutan pd satu sisi hati2 gjl awal stroke saran konsultasiksn ke dokter saraf

  • ratna sari dewi
    Posted Maret 22, 2013 11:36 am

    siang dok, saya sai 19 thn,akhr2 ini sy rasa bnyk merasakn penyakit yg aneh dok.
    1. udah 2 minggu ini dada saya terasa ngilu dn sesak,ngiluny it tiba2,pertamany di sblh kiri,tp sekarang d sblh kanan,dan ngiluny it smpai ketulang rusuk,dr kecil tlng rusuk sblh kiri sy sprt tersumbul,dn tulng pnggug sy bengkok dok..
    2.telapak tangan saya terasa gatal dan terasa tebal dok,dan d lipatan betis sm paha it tba2 ad bengkak dan gatal tmpa sebab gt dok,
    Ini penyakit apa y dok??
    Saya jd cemas,tlng pnjelasan dn saranny..

    • muki partono
      Posted Maret 23, 2013 1:13 pm

      kalau anda gemuk turunkan berat badannya, kemungkinan besar anda alergi makanan tertentu atau bisa sebab lain sebaiknya kami periksa dulu utk memastikannya

  • ratna sari dewi
    Posted Maret 23, 2013 10:45 pm

    badan saya ngk gemuk dok……
    kalau gatal2 yang di sebabkan oleh gigi berlubang itu gmn ya dok? soalnya gigi saya berlobang,apa ada kaitannya dengan gatal2 tanpa sebab itu dok?

    trus masalah nyeri/sesak di dada itu gmn dok?
    saya dri padang dok….

  • Linda
    Posted April 10, 2013 12:23 pm

    3 hari yg lalu bad an saya berasa meriang, Saya minum panadol. Setelah 3 hari sembuh Dari meriang Dan Seluruh Badan saya keluar bintik-bintik merah, kata org sih campak jerman, disertai jari-jari tangan kiri yg nyeri luar biasa, besoknya gantian jari-jari tangan yg nyeri sampai memcuci piring pun Kgak sanggup. Mau digengam sana susah, terjadi pembengkakan, Dan apabila kena air kulit jari tangan spt licin gitu. Sekarang bintik merah dah ilang tapi nyeri dijari tangan masih berlanjut, sama pergelangan kaki juga nyeri. apa saya menderita asam urat? Ato reumatik. Di Tunggu penjelasan Dan sarannya ya dok. Terimakasih

    • muki partono
      Posted April 11, 2013 7:00 pm

      kemungkinan anda mengalami gejala infeksi virus atau lainnya saran konsultasikan ke dokter dan tingkatkan daya tahan tubuh konsumsi vitamin

  • sapta
    Posted April 14, 2013 11:20 pm

    Dok. Malam hr tiba2 ujung jari kelingking, jari manis dan jari tengah kanan saya bengkak bulat dan merah. Tidak sakit tapi terasa kulit kencang ,tebal terasa seperti bekas kejepit sesuatu.kira2 ada apa ya…..ini sudah 2 kali sayaalami . Biasanya pagi sudah normal kembali. Kira2 apa yg terjadi pd saya dok? Terimakasih waktunya.

    • muki partono
      Posted April 15, 2013 8:41 pm

      gejala anda bisa akibat adanya CTS atau sebab lain spt reumatic hand, saran sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang

  • Sis
    Posted Mei 13, 2013 8:01 am

    Halo dok, saya sudah beberapa hari ini tangan kiri saya mengalami rasa parastesia, sakit, dan terasa panas terutama pada malam hari saat tidur. Dan pagi hari sampai siang bila menangkat brg yg agak berat tangan saya terasa parastesia. Terutama pada saat menyetir.

  • havy
    Posted Agustus 11, 2013 8:52 am

    Dok, telapak tangan dan kaki serta seluru tubuh saya kok gatal” ya dok trus bibir sama leher kok kayak membengkak gitu, kira” ada apa ya.. itu saya alami sudah 3 kali setiap bangun tidur dok. bagaimana cara mengatasinya ya dok?

    • muki partono
      Posted September 11, 2013 8:39 pm

      anda mengalami gejal alergi . sebaiknya dikonsultasikan pada dokter ahli alergi

  • desna
    Posted Agustus 18, 2013 11:24 pm

    Dok, telapak tangan saya kadang bengkak seperti terasa kebal seperti aliran darah tidak lancar karena merah telapak tanganya. Tetapi bengkaknya itu tiba2 kadang kanan gantian kiri, kadang juga gak sama sekali dok. Dan hari ini terjadi gatal di kulit mulai terasa nyeri. Bagaimana dok? Balas yaa dok.

    • muki partono
      Posted Agustus 26, 2013 5:17 pm

      kemungkinan bisa krn reumatic, alergi dll saran sebaiknya periksakan ke dokter

  • tsara
    Posted Agustus 22, 2013 8:45 am

    Dok, selepas lebaran kemarin badan saya terasa lelah sekali, saya hanya berfikir mungkin hanya kelelahan yang terakumulasi sejak awal bulan puasa, dan beberapa sakit yang saya derita kemudian saya anggap biasa pasca lebaran seperti gatal dan ruam di seluruh tubuh (mungkin karena alergi), batuk, dan kaku di persediaan terutama di tengkuk leher dan lengan atas yang sulit untuk digerakkan serta persedian dijari -jari tangan kaku dan kebas, dan membesar (cincin kawin sudah tidak muat) mungkin karena saya jarang berolahraga di hari raya.. Semuanya sudah membaik ketika saya paksakan untuk tiap pagi berolahraga minimal 15 menit untuk jalan pagi…
    tapi akhir-akhir ini saya merasakan jari-jari tangan mulai mulai menebal dan perih, dan bengkak sementara kulit pun mengelupas dalam dan perih. sementara kaku di persediaan jari belum hilang masih tersa kaku dan sering kali kebas,.. apakah hal ini berkaitan dengan linu dipersendiaan di tengkuk leher sebelumnya (hasil tes cholesterol saya hanya 144).
    mohon penjelasannya dan saya harap ini hanya alergi pasca hari raya saja,.. Terimakasih

    • muki partono
      Posted Agustus 26, 2013 5:16 pm

      sebaiknya kami periksa lbh dulu kelainan anda , krn sangat sulit mendiagnosisnya, bisa banyak sebab yg mengakibatkan kondisi spt ini, salah satunya memang faktor alergi

  • Hkim
    Posted Agustus 26, 2013 4:22 pm

    dok,ibi jari tangan kiri dan kanan terasa kaku. apa penyebabnya?

    • muki partono
      Posted Agustus 26, 2013 4:43 pm

      bisa overuse, bisa reumatic bisa krn trigger thumb banyak deh, sebaiknya diperiksakan utk memastikannnya

  • zhan romjani
    Posted Agustus 27, 2013 9:54 am

    dok ibu saya trkena penyakit apa? tangan, kaki, dan bibir gatal gatal dan membengkak dan sering kedinginan

    • muki partono
      Posted Agustus 28, 2013 7:40 am

      mungkin menderita alergi , sebaiknya kolsultasikan ke dokter ahli alergi

  • maya
    Posted Agustus 29, 2013 10:11 am

    Dok, mau tanya beberapa setelah lebaran, saya mengalami kelelahan seperti masuk angin, setelah agak mereka ada bercak merah di sepanjang tangan bagian dalam dan paha bagian dalam seperti campak tapi tidak gatal. setelah bercak hilang, keesokannya badang saya sakit sekali seperti habis bekerja berat, padahal tidak melakukan pekerjaan berat, berlanjut esok harinya kaki tangan bengkak di sertai nyeri dan ngilu di persendian kaki dan tangan , seluruh tulang paha dan bagian belakang badan. saya sudah kedokter, tapi saya memang belum cek lab,sebagaimana saran dokter, setelah diberi obat untuk nyeri dan ngilu tulang, agak mending sehari, tapi keesokannya kaki dan tangan saya masih bengkak dan nyeri. jika dilihat dari gejalanya sakit apa dok, dan gejala seperti ini baru pertama kali saya alami…

    • muki partono
      Posted September 11, 2013 10:13 am

      Sebaiknya konsultasikan ke dokter penyakit dalam, ini buck an bidang kami

  • ageng ridho
    Posted November 18, 2013 5:57 pm

    Assalamualaikum wr wb.
    Pak dokter,saya mau nanya.
    Ditelapak kaki kiri saya tepatnya ditumit,kulitnya agak mengeras kaya kapalan gitu terus kalo keteken sakit dok,itu kira2 kenapa ya?

    • Muki Partono
      Posted Desember 1, 2013 2:41 am

      itu bahasa aamnya mata ikan , sebaiknya konsultasikan ke dokter bedah

  • windy
    Posted Desember 13, 2013 10:36 am

    dok, mW Tanya nih, sejak pagi ini lengan dan lutut says gatal2 ketika di garuk muncul bentolan sprt digigit nyamuk namun ada yg bentolannya besar Dan ada yg kecil juga saat pagi hanya tang an kiri saya saja yg gatal sampai jam 9 pagi makin parah gatal nya sampai ke tang an kan an Dan kedua kaki kemudian ketika di garuk gatalnya Malah bertambah ini Kira kira penyakit kulit atau mungkin alergi ya dok?

    • Muki Partono
      Posted Desember 17, 2013 4:36 am

      anda alergi jangan digaruk akalu digaruk seluruh badan anda akan bentol dan kemerahan jd disuap saja

  • eka ovie
    Posted Februari 21, 2014 4:58 am

    Dok, sdh 2 minggu ini kaki kanan sy sering kesemutan-rasanya tidak nyaman sperti pegal yg sangat (kadang baal) sprt wkt sy appendix (appendix diangkat thn 2011), tangan kanan sy begitu jg sama sprt kaki kanan, pinggang sebelah kanan sering dpt serangan yg tiba-tiba terasa sakit sekali, tubuh sering bengkak terutama pada tangan dan kaki, banyak muncul bintik-bintik merah ruam pd kedua kaki-rasanya sakit-bengkak, tubuh sering terasa gatal tiba-tiba (tempatnya ga tentu), saat ini lidah & bibir sy terasa gatal-baal-bengkak-pucat…
    Sakit apakah Dok dgn apa yg sy rasakan tsb..? Mohon info & bantuannya Dok..

    Terima kasih
    Eka

  • putri lestari
    Posted Mei 19, 2016 10:42 am

    selamat malam dok. dok ibu saya sekarang lagi sakit, tetapi saya tidak tahu sakit apa. tangan kanan beliau bengkak dan merah dok. kira” penyakit apa itu dok?

    • Muki Partono
      Posted Mei 19, 2016 5:38 pm

      Kalo mersh dsn bengkak itu tanda adanya peradangan sebaiknya diperiksaksn ke dokter

  • Dewi Wulan
    Posted Oktober 5, 2016 3:17 pm

    Selamat malam dok, saya mau tanya
    di bawah mata kaki kiri persis tiba” berangsur” sakit sampai klw buat jalan dan napak itu sakit, awalnya bengkak di bagian mata kaki saja kemudian bengkak ke bagian telapan kaki bagian atas, bengkaknya juga yg apabila di tekan, meninggalkan bekas pencetan terlebih dahulu baru kembali seperti semua, klw banyak jalan bengkak dan karna sudah seminggu lebih, saya periksa ke dokter di kasih obat sendi dan radang dan kemudian sudah tdk sakit tp malah mulai gatal gatal sekali di sekitar yg bengkak itu
    kira kira kenapa ya dok dan saya harus periksa kemana? terima kasih

    jawab : sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang kemungkinan anda menderita radang sendi , bisa juga akibat kekurangan protein yg mengakibatkan bengkak yg anda kemukakakn di atas

  • Dedi simanjuntak
    Posted Juni 17, 2019 8:29 pm

    SeLamaT Pagi Dok,Saya mau nanya dok,umur saya 28 tahun berat 90 kg,setelah bangun Pagi Tangan saya mengalami pembengkakan di seluruh tangan adanya rasa gatal,sekarang pembengkakan nya sudah sampai ke pergelangan tangan,saya sulit menggenggam kuat sekarang,kondisi tubuh biasa saja tidak ada yg aneh,hanya saja pembengkakan nya terus membesar diatasi telapak tangan,atau kulit atas tangan dekat pergelangan tangan,apa penyebabnya dan langkah apa yg saya harus lakukan dok??

    • Muki Partono
      Posted Juni 18, 2019 10:39 am

      bisa akibat gigitan serangga , saran kompres es ,

  • Itjeratnawati
    Posted Agustus 5, 2019 2:17 am

    Selamat pagi Dok , saya umur 65thn saya merasa bibit saya tebal dan mata suka ber air rasa agak berat klo dibuka. Dan kaki saya klo banyak berdiri suka bengkak. Mohon penjelasan dan harus memaksi obat apa? Terima kasih Doc GBU

Leave a Comment