Singkat saja, saya wanita berumur 23 tahun, saya menderita skoliosis, saya tidak tau kapan dan apa penyebab nya, yang jelas saya menyadari nya ketika saya masih di SMP,dan pernah saya rongent ke lab ternyata saya menderita Skoliosis S. Setelah itu saya biarkan sampai sekarang. Saya kadang merasakan sakit atau nyeri di punggung dekat bahu atas sebelah kanan. Dan semakin sekarang semakin sering saya merasakan sakit nya, Setiap hari terasa. Dan ketika ingin mengambil nafas panjang terasa sesak dan nyeri sekali, membuat saya sulit untuk bernapas. Sakit ini sangat menganggu aktifitas saya, dan membuat saya takut kalau2 skoliosis saya ini mulai menekan paru2 atau jantung 🙁
Apa yang harus saya lakukan dok? Haruskah di operasi? Lalu bagaimana dengan Ortopedi atau Chiropractic, bisa kah menyembuhkan skoliosis nya, atau paling tidak menghilangkan sakit punggung ini?
Saya sangat menunggu jawaban dari dokter, langkah apa yang harus saya ambil :'(
Terimakasih sebelumnya.
pada kasus anda kelihatannya sdh membutuhkan operasi, chirropractic pada kasus anda tdk akan menyembuhkan secara tuntas, sia-sia saja.