Selektif nerve blok atau disingkat SNB adalah suatu tindakan penyuntikan pada root saraf spinal , bertujuan untuk menghilangkan nyeri akibat penekanan root saraf pinggang akibat HNP atau inflamasi atau, penyempitan lubang saraf pinggang atau penyempitan lubang keluar saraf pinggang akibat proses pengapuran yang terjadi pada sendi yang terdapat pada tulang belakang.

p_13710471171Selain itu pula untuk memastikan lefel pada kasus HNP atau spinal stenosis yang lebih dari satu lefel penekanan, agar operasi yang akan dilakukan keberhasilannya maksimal.Juga untuk kasus -kasus yang sudah harus operasi tetapi ada masalah pada toleransi operasi dengan tujuan agar pasien lebih nyaman , tidak merasa nyeri.

Untuk melakukan tindakan ini tak ada persiapan khusus hanya saja untuk pasien yang mengalami riwayat hipertensi dan penggunaan obat pengencer darah sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu pada dokter jantungnya.

prosedur ini dilakukan tanpa pembiusan umum, dikerjakan di kamar operasi atau tidak yang penting ada alat C ARM yang bertugas membantu mengarahkan jarum suntik pada lokasi saraf yang dituju pada tulang belakang . Obat yang disuntikaan adalah steroid dikombinaskan dengan Xylocain/markain?bufifacain dll, tergantung onset yang akan dicapai.

prosedur ini membutuhkan waktu 15 – 30 menit, dan pasien perlu evaluasi di RS selama minimal 8 jam untuk meminimalisir efek samping obat.

beberapa efek samping yang pernah dijumpai pada kasus penyuntiksan SNB adalah tekanan darah meningkat, kaki lemah untuk sementara waktu, rasa baal pada daerah persarafan di tungkai pada lefel saraf yang disuntik. Lama durasi efek penyuntikan ini bervariasi dari 1 bulan sampai kasus kami yang terlama 3 tahun. Untuk kasus2 nyeri hebat yang tidak berkurang dengan terapi obat , fisioterapi, akupuntur, mungkin akan sangat membantu.