Dok, umur saya 22 tahun dan sekitar 4 tahun yang lalu saya pernah jatuh dan mengenai tulang ekor saya. Sejak saat itu tulang ekor saya selalu terasa sakit jika duduk terlalu lama dan mengenai tulang ekor saya. Tetapi setelah 1/2 tahun kemudian saya urut, sakit tersebut tidak terasa lagi sampai sekarang.

Belakangan ini, sudah sekitar 2-3 bulan saya merasakan gejala dimana punggung, tangan dan kaki terasa pegal sekali setiap bangun tidur, terutama di bagian punggung. Sakit ini kadang kala bisa berlangsung sepanjang hari, tetapi sakitnya terus berkurang. Mula2 memang hal ini tidak terasa setiap hari, tetapi sekitar 3 minggu belakangan, sakitnya terasa setiap hari.

Saya sudah mencoba untuk menggunakan beberapa tempat tidur atau bantal yang berbeda, tetapi tidak berpengaruh. Saya juga pernah beberapa kali melakukan pijat, memang setelah pijat rasa sakitnya berkurang, tetapi beberapa hari kemudian kembali sakit. Kira2 apa penyebabnya yah dok? Apakah saya cuma salah posisi tidur? Apa yang dapat saya lakukan untuk mengurangi rasa pegal pada punggung ini?

jawab : coba tidur terlentang di lantai atau alas keras, dan konsumsi vit B , berenang