Salam, Dokter.
Saya mau tanya dok. beberapa tahun yg lalu,tepatnya bulan Oktober tahun 2007, saya mengalami kecelakaan sehingga patah di tulang keringnya. (patah jagung)
Awalnya saya mau saja operasi di RS,tp karena masalah biaya akhirnya saya berobat ke alternatif. memang klo diperhitungkan ternyata biaya yg dikeluarkan tdk jauh berbeda dgn di RS.
Yang menjadi permasalahan saya sekarang, bentuk kaki saya menjadi tidak normal, jd tulang itu seakan tidak menyambung, dan benar saja ketika di rontgen tulang itu seperti tumpang tindih jd ada jendolan. memang bisa dipakai untuk berjalan, tp saya jd sedikit pincang.
Yang ingin saya tanyakan,apakah tulang yg sdh menempel seperti itu msh bisa disambungkan normal kembali? kira2 memakan waktu berapa lama ya dok utk pemulihannya?
usia saya 27 thn.
jawab ; anda mengalami namanya MALUNION , jd menyambunag dalam posisi yg tdk benar, jdnya lbh pendek kakinya dan menonjol pada sisi yg patah, kalau mau baik kita lakukan operasi, hanya saja operasi 2 tahap yg pertama dibebaskan dan ditarik tulang sampai batas panjang tulangnya sama , baru kami pasang pennya , ini pengakuan yg benar, memang kami sdh bahas hal ini pada Blok yg lama bahwa pada dasarnya berobat ke alternatif biaya sama saja, malah kita kehilangan banyak kesempatan waktu, dan hasil belum tentu menjamin fungsi kembali sempurna. dan itu baru disadari oleh penderita2 setelah sekian lama muncul harapan 2 yg tdk bisa dipenuhi oleh pengobatan alternatif, spt berjalan pincang krn panjang berbeda, menyambung tdk benar , atau malaha tidak menyambung.dan pegal2 pada daerah sekitar yg patah

terima kasih banyak atas bantuannya sebelumnya.