Anak bukan miniatur orang dewasa, itu yang kami dapat saat sekolah kedokteran, karena banyak perbedaan yang pada anak ada dan pada orang dewasa tidak ada , begitupula sebaliknya. Berbicara masalah penyambungan tulang, pada anak dan dewasa jelas berbeda, sehingga penanganannyapun berbeda.

Pada tulang anakĀ  ada lempeng pertumbuhan yang kita sebut (lempeng epifisis) yang memungkinkan tulang bertambah lebar dan panjang sesuai masing2 tulang,penutupan lempeng epifise berbeda-beda tergantung jenis tulang dan lokasi tulang. Hal lain yang penting adalah lapisan pembungkus tulang(Periosteum) pada anak sangat tebal, sehingga menyebabkan penyambungan tulang bisa terjadi walaupun posisinya tumpang tindih, membentuk sudut, selain itu anak mempunyai fase dimana bisa berubah mendekati bentuk aslinya, kadang kemampuan ini yang membuat anak bila patah cepat menyambung dan tidak berubah bentuknya , kecuali bila lempeng epifise ikut terlibat, maka sdh dipastikan menyambungnya akan bengkok/berubah banding sisi yang sehat.

Pada gambar ini tampak patah pada lengan bawah yang posisinya tidak bagus tapi masih baik aligmentnya , kami lakukan pemasangan gips saja , dan secara bertahan tampak terjadi penyambungan tulang yang akhirnya bentuk tulang kembali normal.

Gambar mulai dari atas kiri ke kanan, dan bawah mulai kiri ke kanan