Dokter, saya mau tanya. Teman saya mengalami kecelakaan motor 9 oktober 2009 yang lalu, dia mengalami patah tulang paha kiri. umurnya 18 tahun. waktu itu di operasi dan dipasangkan pin. kakinya berangsur membaik, 3 bulan setelah itu dia mampu berjalan tanpa tongkat. namun kemudian pada akhir januari 2010 tulang paha kirinya yang patah itu kembali retak dan pin yang dipasang waktu itu patah. waktu itu pahanya dibalut perban elastis dan diberi obat oleh perawat desa. dia pun lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. sampai saat ini dia masih berjalan dengan tongkatnya dan dia bilang pahanya masih terasa goyang.
yang ingin saya tanyakan apakah yang seharusnya teman saya lakukan. haruskah operasi kembali untuk mengambil pin yang patah itu? Dan apakah memang proses penyembuhannya memakan waktu satu tahun atau lebih?
Dan apakah berat badan juga mempengaruhi, setelah tulangnya kembali retak dia menjadi sangat gemuk?

jawab : sebaiknya di operasi ulang, sdh pasti bila masih goyang tulang paha tdk menyambung, gemuk jelas mempengaruhi terhadap kekuatan pen, semakin berat kemungkinan pen patah semakin besar, dan gemuknya teman anda diperberat dgn tdk jalan(tdk ada aktifitas).