0815100041928.00 WIB - 16.00 WIB
Lokasi PraktekRSPI Puri Indah dan RS Jakarta

Patah tulang kaki perlu di pasang pen atau tidak

Dok, istri saya jatuh terpeleset dari tangga 3 hari lalu, kaki kiri nya di sinyalir patah (foto rontgen tampak depan terlampir). Saya sudah konsul 2 dokter, ada yang menyarankan di pasang pen ada yang mengusulkan tidak diperban/gips saja – asalkan tidak dipakai berdiri atau jalan.
Pertanyaan saya menurut Dokter bagaimana?
Terima kasih.

Perbesaran tampak depan.jpg (14 KB)

jawab ; keputusan operasi atau tdk pada kasus ini menurut kami tergantung pasien maunya bagaimana , bila mau cepat mobilisasi yg sebaiknya dilakukan pemasangan pen, kalau tdk yg di gips tapi gerakan berjalan agak tehambat  dulu sementara waktu

6 Comments

  • aswardi
    Posted Maret 18, 2012 9:07 am

    Selamat pagi Dok,
    2 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan dan patah pada tulang kaki kiri dekat lutut. Oleh dokter saya dipasang pen(tapi hanya berupa skrup 2 buah).
    Pertanyaan saya:
    Mengapa setelah 2 bulan kaki saya belum bisa dilipat? bagaimana caranya agar saya bisa duduk bersila lagi?
    demikian dok, terima kasih atas tanggapannya.

    • muki partono
      Posted Maret 18, 2012 3:42 pm

      Latih terus utk menekuknya anda punya wktu sampai 8 bln , krn setelah waktu tsb akan permanen

  • Anie
    Posted Maret 9, 2013 11:14 am

    Selamat pagi dok,
    Ayah saya mengalami kecelakaan 4 bln yang lalu, tulang kakinya patah dan kaki beliau dipasangi pen. Setelah 3 bulan berlalu beliau mengeluh tak ada kemajuan lalu kami bawa beliau ke dokter yang menangani beliau pertama kali. Setelah diperiksa dokter tsb memutuskan u/ meng”gips”kaki ayah saya dgn pen yg blm dibuka. Saat ini ayah saya mengeluh sering sakit pd bagian yang dipen. Adakah kemungkinan pen tsb menembus daging? Mohon bantuannya dok?? Usia ayah saya 68 thn.

    • muki partono
      Posted Maret 13, 2013 1:50 am

      Mungkin tulang ayah anda sdh keropos shg ada masalah pada upayabprpllupaya penyambungan tulang

  • farid
    Posted September 8, 2015 11:36 am

    mlm dok. 2 minggu yang lalu ayah saya mengalami kecelakaan. saran dokter ayah saya harus di operssi dan di pen. tapi ayah saya tidak mau di pen. Bagaimana dok solusinya kalau tidak di pen. mohon bantunya dan solusinya dok.

    • Muki Partono
      Posted September 15, 2015 4:13 am

      kalau tdk dipen yg cara konservatif dengan pasang gips tapi tdk semua patah bia dilakukan pemasangan gips memang ada pataha yg hrs dioperasi saran sebaiknya konsultasikan kembali dengan membawa foto rontgen

Leave a Comment