Judul di atas saat ini lagi ngetren karena memang sekarang lagi booming sepeda motor seperti tahun 70an, Cuma ada bedanya kalau dulu mobil belum banyak, jalanan masih lengang jadinya motor yang jadi korban ketabrak mobil , sekarang orang gampang punya motor karena tanpa uang muka bisa punya motor cicilan, alasan lain supaya lebih cepat sampai tujuan, sehingga saat ini yang terjadi motor menabrak mobil, atau motor serta orang yang berjalan dan menyeberang jalan .

 

Kenapa topik ini penting karena dampaknya baik dari sisi medis dan sosialnya cukup besar. Seperti sisi medis mulai dari kecacatan baik cacat fisik maupun fungsional, dan sisi sosial mulai mengganggu produktifitas kerja sampai akhirnya di PHK. Apa sih PATAH TULANG, yaitu terputusnya kontinuitas jaringan tulang , tulang rawan (permukaan sendi). Patah tulang yang tanpa luka disebut PATAH TULANG TERTUTUP, sedangkan patah tulang yang disertai luka akibat tusukan patahan tulang atau luka akibat trauma yang langsung mengenai tulang sehingga tulang terpapar disebut PATAH TULANG TERBUKA.

Patah tulang tertutup dan terbuka sama-sama berbahaya buat kita, bila patah tulang terbuka resiko infeksi tulang cukup tinggi, dari mulai yang ringan yaitu infeksi tulang yang membutuhkan perawatan cukup lama dan biaya yang banyak, sampai kecacatan harus di amputasi serta kematian akibat infeksi yang sudah menyebabkan pengaruh sistemik (SEPSIS).Banyak orang menganggap patah tulang TERTUTUP tidak berbahaya dibanding patah tulang terbuka.

Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar,karena justru patah tulang tertutup pada daerah dimana tulang terbungkus oleh lapisan jaringan lunak yang sedikit (otot,fascia) sangat berbahaya mungkin terjadi pembengkakan hebat akibat perdarahan dari patahannya dan menyebabkan penekanan pembuluh darah dan saraf yang bila dibiarkan akan menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah yang berakibat harus di amputasi.

Hal ini kelihatannya sepele tapi bila terjadi dan kita tidak menyadarinya akan berakibat kecacatan kehilangan anggota badan(amputasi).

Patah tulang terbuka sebaiknya ditangani secara medis dengan benar agar hasilnya baik dan terhindar dari kecacatan dan kematian, krn patah tulang terbuka potensi terjadinya infeksi cukup besar, apalagi bila ditangani bukan secara medis. Secara medis patah tulang terbuka dibagi menjadi 3, grade1,grade 2,dan grade3. Pembagian ini di kemukakan oleh Prof.

Ramon Gustillo berdasarkan besar luka, mekanisme trauma, derajat kontaminasi dan bentuk patahannya. Semakin besar gradingnya berarti kemungkinan infeksinya besar juga.

Prinsip pengobatan patah tulang tidak semata-mata asal tulang menyambung, tapi menyambung dalam posisi yang sama dengan sebelum terjadi patah, atau sama dengan sisi anggota badan yang sehat.Bukan menyambung dengan terjadi pemendekan atau angulasi, dan rotasi.umumnya orang awam berpendapat bila patah tulang ditangani oleh tenaga medis pasti dioperasi atau amputasi.

Ini TIDAK BENAR, krn tdk selalu patah tulang itu di operasi , dan tdk selalu operasi itu akan di amputasi, dan tdk selalu operasi itu pasang pen. Operasi butuh pembiusan, tdk selalu kalau dibius itu harus general anestesi, bisa regional, atau hanya blok saja (penderita sadar penuh).

Apa sih OPERASI itu adalah suatu tindakan medis yang dilakukan di kamar operasi , dengan membuat luka atau tidak serta memerlukan bius umum,regional atau blok saja. Malah saat ini lagi trend MINIMAL INVASIF yaitu tindakan operasi dengan menggunakan kamera dgn membuat sayatan kecil saja 4- 5 mm utk memasukkan lensa fiber optik. Jadi saat operasi pasien bisa ngobrol sama dokternya dan kadang dokter menjelaskan tindakan operasi yang sedang dikerjakan.

Pengobatan patah ulang selain operasi adalah dgn cara konservatif yaitu suatu cara pengobatan patah tualng secara medis yang tidak membuat sayatan untuk memasang implant pada tulang yang patah.yaitu dengan menggunakan gips , bidai,taksi kulit, traksi tulang, kadang tulang yan posisinya belum baik kita perbaiki dengan melakukan manipulasi dan reposisi ke posisi mendekati normal.

Proses penyambungan tulang tidak bisa dipercepat ,karena sudah secara alamiah tulang mulai menambung setelah 3 minggu dan semakin kuat sampai puncaknya 6 bulan, kekuatan tulangnya juga bertambah secara bertahap, jadi kalau belum cukup waktu tulang menyambung bila terlalu cepat mobilisasi menjejakkan kaki maka posisi tulang yang patah akan berubah dan jadi tidak menyambung kemudian hari karena kontak daerah patahan menjauh.

Selain itu kita butuh makan makanan yang membantu proses penulangan supaya lebih kuat, seperti susu, ikan teri, bayam, tempe, tahu, susu kedelai, yogurt, dll, suplemen kalsium dan vit D3.

Bila patah tulang ditangani dengan tidak benar akan terjadi hal-hal seperti, tulang tidak menyambung, tulang menyambung tapi dengan panjang sebelah, bengkok, pada anak-anak ada gangguan pertumbuhan tulang,infeksi tulang yang tidak kunjung sembuh,kelumpuhan,kecacatan akibat harus di amputasi, kecacatan fungsional karena fungsi anggota gerak yang tidak normal.

Jadi sebaiknya patah tulang ditangani secara baik dan benar untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan seperti di atas.