PASANG PEN SEBAIKNYA DI BUKA ???

[fusion_builder_container hundred_percent=”no” equal_height_columns=”no” menu_anchor=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” background_color=”” background_image=”” background_position=”center center” background_repeat=”no-repeat” fade=”no” background_parallax=”none” parallax_speed=”0.3″ video_mp4=”” video_webm=”” video_ogv=”” video_url=”” video_aspect_ratio=”16:9″ video_loop=”yes” video_mute=”yes” overlay_color=”” video_preview_image=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” padding_top=”” padding_bottom=”” padding_left=”” padding_right=””][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ layout=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” border_position=”all” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding_top=”” padding_right=”” padding_bottom=”” padding_left=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” center_content=”no” last=”true” min_height=”” hover_type=”none” link=”” first=”true”][fusion_text columns=”” column_min_width=”” column_spacing=”” rule_style=”default” rule_size=”” rule_color=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]

Pada tulisan ini kami ingin melaporkan tentang kasus dimana pen yang terpasang terlalu lama dan tidak dilepas dapat menyebabkan masalah. Pemasangan pen pada kasus patah tulang umum dilakukan oleh dokter bedah tulang. Banyak orang yang belum tahu apa sih “PEN”.

Sebenarnya istilah “PEN” kami dapat dari obrolan 2 dimasyarakat yang dimaksud adalah implant yang dipasang pada tulang dengan maksud untuk mempertahankan kedudukan tulang dalam posisi yang benar (anatomis) sampai proses penulangan terjadi .

Tujuan pemasangan pen agar penderita lebih cepat melakukan aktifitas sehabis operasi dengan bantuan atau tanpa bantuan alat bantu. Banyak jenis pen yang dipakai di bidang Orthopedi, tergantung dari jenis tulang dan jenis patahan tulangnya, oleh sebab itu pada kasus yang berbeda sudah pasti jenis pen yang dipasang berbeda.

Di pasaran yang ada saat ini pen terbuat dari stainless steel atau titanium, sudah terbukti bahwa titanium lebih bagus dari stainless steel , karena reaksi penolakan tubuh hampir tidak ada dibanding stainless , lebih ringan dan lebih kuat, daya adhesi terhadap kuman lebih rendah dibanding stainless,sehingga memang Titanium lebih baik dari pada stainless, cuma saja harganya cukup mahal, dan stock di pasaran sedikit sehingga harus di pesan dulu, sehingga untuk kasus emergensi agak sulit kita lakukan.

Kalau untuk kasus patah jari tangan dan kaki memang di pasaran sudah banyak digunakan. Di bawah ini contoh jenis pen yang di pasang pada operasi tulang

Pada pen yang seperti contoh pada gambar umumnya terbuat dari stainless, dimana sifat reaksi penolakan tubuh lebih banding titanium dan daya adhesi kuman pada permukaan lebih tinggi,sehingga di anjurkan bila tulang sudah menyambung pen di lepas saja.

Keuntungan pelepasan pen adalah : membuat daya elastis tulang yang terpasang pen kembali seperti semula, tulang lbh kuat,mencegah terjadinya reaksi penolakan tubuh terhadap pen. Pada gambar ini kami laporkan contoh kasus rekasi penolakan setelah dipasang pen 17 tahun , dimana terjadi infeksi pada kulit di daerah sekitar pen yang dipasang.(pada kasus patah tulang kering)

Jadi kesimpulan sebaiknya pen dilepas setelah tulang menyambung (rata2 1 tahun), apalagi pada anak2 harus dilepas segera karena dapat mengganggu pertumbuhan tulang, khusus pada orang lanjut usia bila tidak ada keluhan tidak perlu, tapi lebih baik di lepas bila ada keluhan.

[/fusion_text][/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

541 Comments

  • setiawan
    Posted Januari 21, 2011 8:32 pm

    dok saya wawan umur 37 tahun patah tulang radius distal sehingga tangan berbentuk kaya garpu, gimana treatmennya, kalo lewat operasi apa bs pulih seperti semula. terima kasih.

    • muki partono
      Posted Januari 25, 2011 7:46 am

      sebaiknya dioperasi spy pulih kembali normal

  • hari
    Posted Februari 27, 2011 7:39 pm

    Dr. Muki,
    Saya pria dengan usia 35 tahun, pada 13 tahun yang lalu saya mengalami patah tulang pada kaki kanan, yaitu pada tulang kering dan paha, kemudian di operasi dan pasang pen pada kedua bagian tersebut.

    Pada tanggal 12 Feb 2011 ini saya melakukan operasi pengambian kedua pen di kaki kanan saya tersebut.

    Untuk pen pada tulang kering berhasil di angkat 100 %, akan tetapi pada paha ternyata ada skrew sebanyak 2 pcs yang patah dan tertinggal di dalam tulang, meskipun pen pada paha berhasil diangkat.

    Menurut dokter tsb, hal ini terjadi karena waktu pengambilan pen tersebut terlalu lama, yaitu 13 tahun.

    Pertanyaan saya adalah :
    – apakah berbahaya dan ada efek samping dari skrew yang masih tertinggal di dalam tulang paha saya dok ?
    – perlukah di ambil tidakan operasi lagi ?

    Terima kasih.

    • muki partono
      Posted Maret 1, 2011 10:08 am

      tidak berbahaya dan tak perlu diambil tdk ada gunanya dan tdk beresiko apa2 terhadap tubuh anda

  • meike
    Posted Maret 24, 2011 4:28 pm

    Dokter, suami saya enam tahun yg lalu patah tulang kaki kanan smp patah menjadi 4. Paha patah jadi 2 dan kaki patah menjadi 2. Saat itu lgs dibawa di RS dan dioperasi untuk pasang pen. Operasi smp 3x. Pen yg dipakai dari platinum. Bed rest + terapi selama 2 tahun, baru bisa berjalan normal lagi.
    Pertanyaan saya :
    1. Mengapa sering tjd luka2 berlubang dipaha yang dipen tsb? Lubang tsb mengeluarkan nanah. Apakah itu berbahaya ?
    2. Apakah pen tsb harus dilepas (sudah 6 tahun) ? Mengingat biaya yg cukup tinggi jika harus operasi untuk melepaskan pen tsb.
    3. Apa yg hrs saya lakukan untuk perawatan dirmh ?

    Terima kasih

    • yoga kurnia anggit setiawan
      Posted Januari 8, 2021 3:32 am

      dok syarat pengunaan bpjs untuk operasi pen apa saja ya

      • Muki Partono
        Posted Februari 4, 2021 12:07 pm

        pprinsip BPJS , anda yg penting rs yg mengangani adalah rumah sakit rujukan dimana anda tinggal, setahu saya semua bisa dikerjakan

  • agus hendra
    Posted Maret 28, 2011 1:30 am

    saya pria 32 tahun. waktu tahun 93 (18 th yll, dan saya masih sma kelas satu) saya mengalami kecelakaan patah tulang kaki kiri (betis). kemudian dilakukan operasi pemasangan pen atau platina pada tulang yang patah. karena tidak ada keluhan sakit pada tulang yang patah tersebut maka saya dan orangtua tidak pernah lagi memperhatikan penanganan pasca operasi, sampai saya baca artikel diatas.
    sampai saat sekarang ini keluhan yang berarti pada bekas operasi tidak saya rasakan. jadi menurut dokter apakah pen di kaki saya perlu di lepas atau tidak?
    tetimakasih sebelumnya.

    • muki partono
      Posted Maret 29, 2011 10:11 am

      sebaiknya dilepas saja, kami baru saja dpt kasus dimana plate yg tdk dilepas lalu ada cedera lagi akhirnya patah pada sisi yg tdk dipasang plate, padahal kalau kondisi plate sdh dilepas mungkin tdk terjadi patah. krn tulang punya daya elastis

  • lia susiati
    Posted April 10, 2011 11:00 pm

    dok,,saya operasi inv dextra ap 10juni 2008.terakhir rontgen d lab tgl 6 april 2011 hasilnya pen sdh bs d buka.yg saya tanyakan apakah stlh operasi nanti akan butuh wktu yg lm utk proses penyembuhan spt stlh operasi pemasangan pen??apa stlh pengambilan pen bs bergerak spt keadaan normal tanpa perlu memakai gendongan tangan.tx

    • muki partono
      Posted April 11, 2011 8:38 am

      proses pengambilan tdk seperti saat pasang pen jd lbh cepat , dan tak perlu gendongan hanya saja tetap ada pembatasan mengangkat beban dulu

  • LIA SUSIATI
    Posted April 11, 2011 10:55 pm

    kalo utk biaya pengambilan pen hbs sekitar berapa dok???apa jg perlu rawat inap???

  • Deny Key
    Posted April 22, 2011 7:25 am

    dok, tanggal 07 september 2009 pada usia 21 tahun saya menjalani operasi pemasangan pen di clavicula sebelah kiri, patah tertutup. Kawat yg saya pakai jenis K-Wire. Dari pertama patah sampai pemasangan pen saya tidak merasa sakit sama sekali hanya sampai sekarang pen tersebut belum diambil lagi, dan saya jadi sering merasa pegal di tangan kalau kedinginan dan kecapean. pertanyaan saya:

    1. Bulan Mei besok saya ingin melakukan op pengambilan pen, apa waktunya sudah tepat?

    3. Misalkan kenyataannya penyambungan tulang saya keduluan sama jaringn lemak sehingga masih ada sedikit rongga antar tulang, apakah rongga yang kosong itu harus diisi dengan jaringan tulang yg diambil dari tulang yang lain dok? bagaimana jika dibiarkan saja dok tanpa ada pengisian jaringan tulang, apa ada efek samping untuk kedepannya?

    tolong dijawab ya dok. Terimakasih

    • muki partono
      Posted April 27, 2011 10:34 am

      waktu pengangkatan cukup 1 tahun saja, kalau melihat keluhan anda tdk ada tak perlu khawatir gambaran spt rongga kadang kami jumpai hal spt ini yg penting sdh menyambung tulangnya

  • Deny Key
    Posted April 28, 2011 10:54 am

    terimakasih dokter atas replaynya. Saya jadi mantap untuk mengambil pen dalam waktu dekat ini.

  • kiddo
    Posted Mei 7, 2011 9:14 am

    selamat pagi pak dokter. pada oktober 2010 saya mengalami kecelakaan sehingga tulang kaki kiri saya dibawah tulang tempurung patah, dan dipasang pen. tapi beberapa bulan terkahir dari bekas jahitan sering bengkak seperti bisul kemudian pecah mengeluarkan nanah campur darah. dari bekas pecahnya itu muncul lubang. kemudian saya obati dengan memberikan betadine gak lama kering tapi kemudian terbuka lagi terus mengeluarkan cairan seperti nanah. kemudian saya cek ke dokter ortopedi saya dan saya diminta untuk cek laboratorium dengan cara test kultur. dari test itu diketahui bahwa saya positif kokkus dan tidak alergi implan. dan saya diberikan atibiotik, kemudian lobangnya itu mengering. tapi beberapa minggu ini lobangnya kebuka lagi dan mengeluarkan cairan kuning seperti nanah. dokter ini kenapa ya?? dokter ortopedi saya menyarankan utk segera mengangkat pen karena tulang saya 100% sudah nyambung. tapi dari segi finansial saya blom mampu. mohon saran dan pendapatnya pak dokter. terima kasih.

    • muki partono
      Posted Mei 10, 2011 11:08 pm

      sebaiknya diangkat saja pennya nanti keluhannya akan hilang

  • sastrokoplak
    Posted Mei 12, 2011 4:23 pm

    Salam dok…

    Kalau pen yang dipasang di ujung tulang radius pergelangan baru sekitar 3 bulan apakah sudah boleh dilepas? Yang saya heran, kondisi ke 5 jari tangan tidak bisa fungsi normal misal gerakan menggenggam. Bahkan bengkak juga masih ada. Pergerakan sendi di pergelangan juga amat sangat sedikit yg bisa dilakukan. Mohon bantuan dan saran.

    Terima kasih

  • saiful
    Posted Juni 8, 2011 8:19 pm

    maaf pak dokter.. saya november 2010 mengalami patah tulang di tangan knan.. dan kedua tulangnya putus..kmudian di psang pen.
    1 apakah kalau pen di ambil tidak brbahaya krna kdua tulang baru menyambung dan banyak lubang bekas sekrup pen dan tulang jadi mudah putus kembali…?
    2 jika pen di ambil butuh waktu brapa lama agar lubang bekas pen tertutup kmbali dan bisa mengangkat beban hingga 20 kg…?

    • muki partono
      Posted Juni 10, 2011 9:44 am

      pada prinsipnya bila tulang sdh menyambung pen sdh bisa dilepas, rata2 1 tahun setelah pemasangan pen, memang betul bila pen diangkat akan meninggalkan bekas screw pada tulang berupa lubang, jd konsekuensinya harus hati2 dulu sampai lubang2 itu menutup juga (terisi tulang), tunggu jangan angkat berat sampai 1 1/2 bulan, utk lbh pasti biasanya kontrol dgn foto rontgen

  • neno
    Posted Juni 16, 2011 12:31 pm

    Siang dok.. tahun 2008 lalu saya mengalami kecelakaan motor dan harus menjalani operasi pemasangan plate pada rahang dan pipi sebelah kiri dan kanan. yang ingin saya tanyakan, apakah plate tersebut harus di buka lagi mengingat sudah 3tahun waktunya dari pemasangan plate.
    makasih dok atas jawabannya.

    • muki partono
      Posted Juni 17, 2011 4:13 pm

      baca artikel tentang hal ini, tapi setahu kami plate yg dipasang pada rahang umumnya terbuat dari Titanium, jd bisa tdk dilepas pennya, tapi bila mengganggu sebaiknya dilepas saja

  • lasmini
    Posted Juni 22, 2011 11:50 pm

    dok,
    saya mengalami kecelakaan dan mengakibatkan ruas jari tangan saya patah dan menjalani operasi dgn cra pemasangan pen . Setelah 4 mgg pen dilepas . Tp jari tangan yg g patah kok g bsa di gerakkan . Yang jd pertanyaan adalah kenapa jari tangan yang g patah malah jd kaku dan bagaimana mengatasinya

    • muki partono
      Posted Juni 23, 2011 6:21 pm

      anda perlu fisioterapi, memang kalau jari mudah kaku dan kembali agak lama butuh waktu 4 bulan dgn syarat hrs lakukan fisioterapi

  • Hendrik
    Posted Juli 7, 2011 10:25 am

    dok saya di bln Desember thn 2010 mengalami kecelakaan,tlng kaki saya hancur atau remuk sekitar 3 centi ? kemudian saya pasang pen,trs skrng pen nya patah dan tlng blm menyambung.apakah perlu operasi lg dok soal nya saya gk ada merasakn sakit sama sekali.

    • muki partono
      Posted Juli 11, 2011 9:05 pm

      hrs operasi ulang spy tulang menyatu kembali, keluhan tdk nyeri akibat pertumbuhan jaringan parut pada garis patahan

  • Henry
    Posted Juli 8, 2011 10:54 am

    Saya habis operasi patah tulang,,,,,,di pasang pen 2 pada tulang kaki…..berapa lama pemulihannya

    • muki partono
      Posted Juli 11, 2011 8:44 pm

      pemulihan bertahap, 3 minggu- sampe 6 bulan,

      • Mutia
        Posted Januari 18, 2021 4:43 am

        Saya dipasang pen selama 1tahun pada bagian kaki kiri saya, setelah pen dilepas lutut saya jadi tidak bisa ditekuk lagi, apakah itu akan permanen selamanya ga bisa ditekuk lagii?

        • Muki Partono
          Posted Februari 4, 2021 12:04 pm

          kalau sdh 1 tahun biasanya sdh matur(matang), kemungkinan kembali agak sulit , biasanya paska lepas pen kondisi lbh baik dari terpasang pen ,

  • tony
    Posted Juli 13, 2011 8:11 am

    siang dok, sya tony, 2 1/2 bulan yg lalu saya kecelakaan kerja menyebabkan tulang punggung kaki saya patah dan harus dipen, sudah 4 minggu saya tidak pakai tongkat bantu. sampai 3 hari yg lalu baik2 saja,saya buat jalan2 biasa. dan seingat saya tidak terjadi benturan. tiba2 terasa nyeri dan bengkak, seperti di awal2 waktu habis operasi. digerakkan nyeri, sakit, jalan pun sakit. pertanyaan saya, apakah tulang saya patah lagi? dan apakah harus operasi ulang atau lebih banyak istirahat? saya takut dok kalau terjadi hal2 yg lebih parah lagi..
    timakasih dok jawabannya.

    • muki partono
      Posted Juli 13, 2011 10:43 am

      pastikan dengan foto rontgen apakah pennya bergeser/lepas atau ada sebab lain , nanti akan terlihat sementara kompres es dulu dan minum obat nyeri dan antibengkak

  • rizal
    Posted Juli 14, 2011 8:22 pm

    dok, saya mau tanya berapa besar biaya untuk operasi patah tulang?
    patah di bagian persendian sama pergelangan tangan dok. keduanya di tangan bagian kiri. patah tulang ini sudah berlangsung kurang lebih 7tahun dok. apa masih bisa di sembuhkan?
    terimakasih dok.

  • k.c.
    Posted Juli 21, 2011 9:03 pm

    Dr. Muki,
    Patah tulang saya di lengan sebelah kanan, operasi tgl.4 Mei 2010, terjadi jg denervation, sehingga tangan+jari2 kanan tidak bisa digerakkan sama sekali (dropping hand) selama beberapa bulan. Alhamdulillah beberapa bulan berikutnya syaraf kembali normal (tangan tidak keple) meski sampai sekarang di tangan terasa sekali “setruman kecil” di bagian tangan yg lain jika permukaan kulit dielus/diraba.
    Beberapa hari terakhir ini lengan kanan saya terasa nyeri, ngilu jika tangan diangkat ke atas, contoh: mengambil kunci di cantolan dinding.
    Dokter bedah saya mengatakan pen dilepas setaun pasca operasi. Dengan keluhan seperti itu, apakah masih aman jika saya operasi lepas pen tahun depan Dok? Dan apakah ada kemungkinan dropping hand lagi pasca operasi lepas pen? Itu yg saya khawatirkan, mengingat saya akan menghadapi ujian selama 3 bulan mulai september 2011. Juga apakah terjadi pengapuran pada pen jika terlalu lama di dalam? Saya dapat info dari teman yg sedang PPDS.
    Terima kasih masukannya Dok. Semoga Dr. Muki diberi kesehatan dan keberkahanNYA.

    Salam,
    K.C.

    • muki partono
      Posted Juli 25, 2011 2:25 pm

      riwayat Drop hand kaang bisa kita jumpai dan kembali normal, saran bila ingi diambil pen sebaiknya jgn terlalu buru2, sebaiknya lbh dari 1 tahun saja agar operasi pengangkatan jaringan dalam sdh pulih kembali spt semula sehingga proses pengangkatannya lbh mudah, dan kemungkinan terjadi lg bisa saja dan sebaiknya setelah ujian saja diangkat kembali

  • iin
    Posted Juli 31, 2011 2:01 pm

    siang dok…saya 1 bln y lalu mengalami kecelakaan,tulang tempurung lutut saya pecah,jd saya d operasi di pasang kawat dan skrew,kata dokternya ini operasi khusus, jd d pkai seumur hihup.
    yg saya tanyakan ada ya kawat/pen or skrew y elastis,maksudnya apa????
    brp lama penyembuhan saya krn sy sdh 1 bln stlh operasi,krn dokter bilang selama 2 bln hrs istirahat,stlh 2 bln br boleh d gerakan dan berjalan.
    apakah saya bisa berjalan sempurna????
    terimakasih

    • muki partono
      Posted Agustus 1, 2011 7:35 pm

      anda bisa jalan kembali, yg penting pada kasus anda sebenarnya menekuk lututnya, krn bisa terjadi kekakuan pada lutut kalau anda terlambat melatihnya

  • rizki eka
    Posted Agustus 4, 2011 4:27 pm

    dok, kakak saya tahun 2009 kecelakaan dan dipasang pen, di bahu.. tapi sampai sekarang belum dilepas, dan 2minggu terakhir, tangan dan kaki nya sering kaku dan dingin,apakah harus segera dilakukan tindakan operasi dok??

  • devi jaya
    Posted Agustus 4, 2011 9:14 pm

    dr. muki yth,
    pada 31 agustus 2006 yang silam saya mengalami kecelakaan sepeda motor yang mengakibatkan patahnya tulang selangka (clavicula) sebelah kiri dan pada tanggal 2 agustus 2006 dilakukan operasi pemasangan PEN di RS ..setelah operasi saya selalu konsultasi dengan dokter yang mengoperasi dan hasilnya kata dokter tersebut cukup bagus. setelah operasi saya cuma melakukan x-ray untuk melihat perkembangannya sekitar 3 bulan setelah operasi, dan menururt dokternya hasilnya BAGUS..sampai saat ini saya sudah tidak pernah lagi konsultasi dengan dokter yang mengoperasi tersebut. selama ini tidak ada keluhan dengan keberadaan pen tersebut..kalau menurut pengamatan saya sewaktu tangan digerakkan keatas dan kebawah, kok rasanya patahan claviculanya seperti bergerak juga, tetapi tidak ada rasa nyeri..bagaimana cara memastikan patahan tulang tersebut sudah menyambung?
    mohon informasinya dok.

    • muki partono
      Posted Agustus 8, 2011 7:25 am

      devi anda mungkin mengalami NON union (tdk menyambung), memang kadang spt itu tdk ada nyeri, tapi tetap goyang, sebaiknya dioperasi kembali kalau mau tulangnya menyambung

  • muki partono
    Posted Agustus 6, 2011 2:40 pm

    kadang kami jumpai spt itu masih ngilu, mudah2an setela 1 1/2 bln tdk nyeri, pen tak bisa dijual kembali krn resiko infeksi

  • muki partono
    Posted Agustus 18, 2011 3:10 pm

    drop hand bisa sementara dan bisa permanen bila dalam jangka waktu 6 bulan tdk makin baik, bisa jd permanen bila berkurang

  • ana purwa
    Posted Agustus 22, 2011 8:49 am

    Pagi dokter,
    Mau tanya,kira2 2 mggu yg lalu ibu saya pasang pen di jari kelinggking kaki krn patah,stlh 2 minggu paska operasi kok msh bengkak dan nyeri Ÿªª,seminggu yg lalu kontrol n kt ortopedinya tdk apa2,tetapi hari ini tiba2 pennya keluar dari jari dan kelihatan jelas dari luar kulit,kenapa bisa begitu Ÿªª dokter?apa penyebabnya,dan apakah hrs operasi ulang?terimakasih

    • muki partono
      Posted Agustus 22, 2011 6:50 pm

      luka operasinya kadang pada kasus orang tua spt itu, antisipasinya sebaiknya dilakukan penjahitan kembali agar pennya tdk terlihat krn akan memudahkan terjadinya infeksi

  • iis aisyah
    Posted Agustus 22, 2011 10:04 pm

    Dok, anak saya usianya 6 tahun (pasien Dr Muki). Sebelumnya pernah operasi pemasangan pen pada tanggal 23 Maret 2011 (operasi I di RS Hermina tapi bergeser, lalu operasi ke II di RS Siaga Raya). Yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah operasinya angkat pennya sudah bisa dilakukan awal september mengingat jarak operasinya belum genap 6 bln?
    2. Berhubung anak saya ada bakat keloid, bisa tidak operasinya sekalian untuk menghilangkan keloidnya dan bekas lukanya di pertipis? sehingga bekas lukanya bisa tersamar.
    Demikian yang ingin saya tanyakan. Atas informasinya saya ucapkan terimakasih.

    • muki partono
      Posted Agustus 24, 2011 10:44 am

      sebaiknya ibu konsultasikan ke kami lagi dulu nanti akan kita lakukan foto rontgen , apabila sdh menyambung tulangnya bisa kita lakukan pengangkatan pen, pada kasus anak pengangkatan pen bisa dilakukan sebelum 6 bln, keloid anti saat pengangkatan sekaligus kita angkat

      • Nina
        Posted September 13, 2018 11:57 pm

        dokter saya mau tanya.. anak saya umur 6 tahun habis op dilututnya,,sudah 5 bulan yg lalu.. kondisinya skrng sudah sangat membaik.. tapi masih blm bisa ditekuk lututnya dok.. gimana ya dok??

        • Muki Partono
          Posted September 14, 2018 1:45 am

          sebaiknya lakukan fisioterapi secara rutin dan lakukan berenang gaya katak dan bebas serta naik sepeda

  • willy
    Posted September 3, 2011 2:35 pm

    Dear dokter,

    Dua bulan lalu saya operasi kaki kiri, tepatnya diatas lutut dipasang pen. Kenapa sampai saat ini kok masih terlihat bengkak dan kaki kiri saya seperti telihat bengkok? Apakah ada pengaruh pemasangan pen dan apakah kaki yang terlihat bengkok bisa kembali seperti semula?
    Atas jawaban dari dokter, saya mengucapkan terima kasih.

    Warm Regards,
    Willy

    • muki partono
      Posted September 4, 2011 2:27 pm

      perlu dilakukan foto rontgen utk melihat bengkok atau tdk pemasangannya

  • dede andriana
    Posted September 4, 2011 6:29 pm

    doc saya mau tanya..setahun lalu saya mengalami kecelakaan dan pth tulang kering, kemudian di operasi, alhamdllh skrg udh bisa jln lg, tp 2 bln yg lalu di atas permukaan tlg kering saya muncul benjolan seprti bisul mengeluarkan darah gak kering2,klau luka opersi udah kering..lalu saya di kasih obt anti biotik ciproploxaxin tp sampai saat ini msh mngeluarkan darah dan luka’y gak kering2,,,bgai mn doc mhn penjelasannya?..terima kasih

    • muki partono
      Posted September 7, 2011 12:16 pm

      sebaiknya pennya segera dilepas saja

  • Deddy Setiawan
    Posted September 13, 2011 9:04 pm

    Malam Dok..sy mau tanya. Anak sy laki2 usia 6 Th 1 bln sebelumnya operasi pemasangan pen pada paha bagian kanan pd tgl 23 Maret 2011 (pasien Dr Muki). Yg ingin sy tanyakan :
    1. jk hasil rontgennya bagus, bisa tidak dilakukan operasi pengangkatan pen disaat anak tsb sedang menderita CACAR? Hal ini sy lakukan agar tidak terlalu banyak bolos sekolah.
    2. Jika memang bisa dilakukan operasi, butuh brp lama untuk pemulihan sampai anak saya nyaman dalam berjalan/berlari ?
    3. Apakah perawatan pasca operasi angkat pen=pelepasan pen? dimana sama2 hrs extra hati2 dijaga mengingat anak sy sangat aktif sekali

    Demikian yg ingin sy tanyakan.Atas informasinya sy ucapkan terimakasih

    • muki partono
      Posted September 16, 2011 7:20 pm

      kalau sdg menderita cacar sebaiknya tdk dilakukan operasi krn efek pembiusan membuat daya tahan tubuh anak bapak semakin lemah dan berakibat efek cacarnya bisa hebat sekali.pengangkatan pen hanya 1 hr rawat, dan tak perlu pakai tongkat lg

  • diant
    Posted September 19, 2011 3:00 pm

    Dok, pd tahun 2008 saya mengalami patah tulang jempol kaki kiri yg akhirnya dilakukan operasi pemasangan pen,sampai saat ini tidak ada keluhan serius, Hanya kadang terasa linu di tempat pemasangan pen waktu udara dingin. Jadi saya tidak berpikir untuk melepasnya, Tp membaca artikel diatas, sy jadi ragu2…bagaimana menurut dokter? mohon sarannya ya Dok..terimakasih sebelumnya

    • muki partono
      Posted September 20, 2011 9:38 am

      sebaiknya diangkat saja kalau memang ada keluhan

  • Mukhlish
    Posted September 25, 2011 9:56 am

    dok, pd bulan juli 2010 saya jatuh dan terjadi fulsion fractkture pada PCL (lutut kiri), operasi dipasang screw dan kawat. satu tahun kemudiansetelah dipastikan tulangnya nyambung tepatnya tanggal 19 september 2011 saya menjalani operasi ambil pen. ternyata setelah dibedah screw sudah tertutup jaringan tulang (kalis) dan kalo dipaksa diambil bisa terjadi fulsion lg. jd hanya kawatnya aja yang berhasil diangkat. pertanyaannya adakah efek dikemudian hari dr adanya screw yg tidak bs diambil…?

    • muki partono
      Posted September 25, 2011 6:37 pm

      nggak apa2 screw kalau sdh tertanam tdk perlu diangkat

  • fian
    Posted Oktober 2, 2011 7:17 am

    dok sya baru j lepa pen d tangan..1 mngu..untuk bisa sembuh dan beraktiftas lg di btuhkan brapa lma c..ktnya msh ad lubangscrewnya..dan cra biar tulng cpet kuat lg bgaimna..tanks..???

    • muki partono
      Posted Oktober 4, 2011 3:05 am

      bekas luang screw akan menutup kembali tunggu 1 bulan

  • harun arosyid
    Posted Oktober 2, 2011 8:01 pm

    dok, 1th yg llu sy mnglmi ptah tulang clavicula dex.. kira’ kalau dilkukan operasi pemasangan pen dg mnggunkn titanium prlhan bsa kembali normal ngak nee thank.s

    • muki partono
      Posted Oktober 4, 2011 3:00 am

      insya allah bisa kembali normal , memang salah satunya tujuan pemasanga utk mengembalikan fungsi dan kdudukan tulang spt sedia kala

  • Rima Ista Arifin
    Posted Oktober 5, 2011 3:28 pm

    dok sekitar 2tahun yang lalu saya mengalami kecelakan & mengalami patah tulang paha (patah keluar daging) setelah di kaki kanan saya di pasang PEN setelah boleh kembali berjalan ternyata kaki kanan saya tidak bisa lurus kembali dok (bengkok)..??
    yang mau saya tanyakan..Setelah pengangkatan PEN nanti apakah kaki saya bisa kembali normal dok..??
    dan kira” berapa lama saya harus istirahat setelah melakukan operasi..??
    Terima Kasih.

    • muki partono
      Posted Oktober 7, 2011 11:28 am

      Kaki yg bengkok bisa lurs setelah operasi, belum tentu, kami harus evaluasi kembali saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulangnya, dan kalau pengangkatan pen, dirawat di rs hanya 1 hr saja, tdk seperti waktu operasi pasang pen

  • untung
    Posted Oktober 7, 2011 4:20 pm

    dok. saya umur 35 tahun laki-laki. sekarang terkena patah tulang pada ruas c6 di bagian leher. dokter menyarakan operasi. biasanya operasi seperti ini habis berapa dok. saya tinggal di Surabaya. info tambahan saya retak tulang itu ada indikasi ka rena TB tulang. terima kasih jawabannya.

    • muki partono
      Posted Oktober 7, 2011 10:01 pm

      Masalah biaya tergantung RSNya sangat relatif bisa anda tanyakan langsung ke RS nya, krn biaya operasi tergantung apkah

  • harun
    Posted Oktober 12, 2011 4:26 pm

    sy harun 20th, 1th lalu mglami ptah tulang clvicula knan, dlm wkt dkat ni mrencnakan utk oprasi pmsngan pen, 3-6 bulan pasca oprasi apkh bleh mgnkat beban up 20kg, adkh efek pda froktur tulang, brgeserkah kddukany jk mggkat bban tsb, apkh ad kmungkinan pen patah atau un union dok?
    Thanks..

    • muki partono
      Posted Oktober 12, 2011 6:22 pm

      Mudah2an semua berjalan lancar, kalau 3 bulan mengangkat beban 20 kg kami rasa bisa

  • Erna
    Posted Oktober 15, 2011 8:30 pm

    dok…adik saya (27 tahun) kecelakaan shg patah tulang kering besar 2 bagian dan 1 bagian di tulang yg kecil terlihat dr hsl rontgen. krn kterbatasan biaya kami bawa ke dukun patah saja, tnyata sdh 2 bulan sampai detik ini tidak ada sedikitpun perubahan dr sambungan tulang setelah dilihat lagi dr hasil rontgen. tindakan yg sbaiknya dilakukan apa ya dok? masih bisakah tulang nya kembali normal? terima kasih pak dokter.

    • muki partono
      Posted Oktober 15, 2011 10:30 pm

      Pada kasus ini terjadi ketidaknyambungan tulang (NON UNION) , sebaiknya dilakukan operasi, dgntujuan spytulang menyambung kembali

  • Oys Marveck
    Posted Oktober 19, 2011 12:12 am

    Assalamualaikum wr. wb pak dr. Muki..
    Saya Oys, laki” 22 thn, pd tahun 2007 lalu saya mngalami patah tulang di tangan kiri swaktu saya bermain basket, bagian yg patah hanya 1 tulang, & langsung di oprasi & dpasang pen. Smpai saat ini tdk ada keluhan apa2..
    Yg saya tanyakan, berbahayakan kalau skarang saya ikut olahraga fitness atw olahraga angkat beban lain nya?
    Kalau bahaya, apakah jika saya lepas pen nya saya boleh ikut olahraga tsb? Mohon jalan kluarnya ya dok..

    • muki partono
      Posted Oktober 19, 2011 5:58 pm

      Sebaiknya lepas dulu nanti baru boleh lakukan olah raga di atas, krn tulang dgn adanya pen tdk elastis

  • AL
    Posted November 1, 2011 11:54 am

    ass… dokter, 3 bln yg lalu sy operasi pasang pen di sendi tulang paha kanan dan sekarang sy sdh bisa berjalan , tpi jalan sy mssih agak pincang . pertanyaan sy dokter : apakah sy bisa brjalan dgn normal kembali ? . terkadang ada rasa ngilu di tulang yg patah, apa gak pp dok ? dan satu lagi lutut sy tersa pegal ketika berjalan ?
    mohon di jawab pak dokter . terima kasih

    • muki partono
      Posted November 1, 2011 7:25 pm

      Pegal di lutut mungkin krn lama tdk jalan menjejak jd setelah jalan menjejak beban ke lutut lbh besar dr swbelumnya shg lbh nyeri nanti akan hilang, masalah apakah jalan bisa normal itu hrs belajar lg jalan yg benar cara yg mudah dengan melihat saat berjalan di depan cermin

  • AL
    Posted November 1, 2011 8:15 pm

    makasih dokter :) . truss bgmna dgn rasa ngilu yg terkadang pd tmpt tulang yg patah dokter ?

  • dheo
    Posted November 26, 2011 12:29 pm

    selamat siang dokter Muki

    pada tanggal 10 november 2011 saya melakukan operasi pasang pan di tulang lengan kanan atas . 10 hari kemudian saya buka perban. tapi sampai sekarang saya tidak bisa melekukan tangan saya hingga menyentuh bahu saya..
    apakah hal tersebut wajar?
    berapa lama proses pemulihannya?

    • muki partono
      Posted Desember 1, 2011 4:01 pm

      kani rasa masih wajar krn proses pembengkakan masih berlangsung sampai 1 1/2 bulan yg akan datang

  • Yesi Marinda 17th
    Posted November 30, 2011 3:48 pm

    pak dokter saya siswi kelas 3 SMA yang akan mengikuti UN.
    tetapi pada bulan september 2011 yg lalu saya mengalami kecelakaan, yang mengakibatkan tulang lengan kiri atas saya patah putus dalam.
    setelah kejadiaan itu, saya berobat kampung(dukun patah)dan tidak melakukan operasi.
    sekarang keadaan saya membaik(dapat melakukan aktivitas), tetapi saat rontgen ternyata tulang lengan kiri atas saya tidak menyambung sempurna dan tidak ada pergerakan tulang menjadi normal (tulang saya hanya menempel dan bengkok)kata dokter saya harus di operasi.

    yg ingin saya tanyakan
    1. apakah saya harus di operasi secepatnya?
    2.seandainya saya biarkan sampai selesai UN, apakah yang terjadi pada tulang saya, apabila saya dioperasi, apakah masih bisa normal?

    • muki partono
      Posted Desember 1, 2011 2:32 pm

      sebaiknya di operasi saja kan UN masih lama kalau menunggu sampai UN terlalu lama dan sulit melakukan koreksinya

  • Ikah
    Posted November 30, 2011 7:21 pm

    Ass dok..
    Sbtu kmrin ibu saya kcelakaan mtor.. Rahang bawah patah.. gusi patah, jd gigi jd tdk rata.. Td nya mau d operasi, tp gak jd cz d RS pnanganannya sngt lmbt. 2 hari d diamkan saja, hnya d suntik biotik. Ktanya nunggu ksdrn ibu normal . Saya n kluarga mmtuskan pergi k pngobatan pijat patah tulang…
    Saya mo nanya, kira2 operasi rahang sprti itu btuh biaya brapa?? Minimal lah dok..
    Trus tehnik operasi nya gmn??
    Mksih jwbnnya..

    • muki partono
      Posted Desember 1, 2011 2:28 pm

      patah rahang biasanya kami tdk menangani , sebaiknya konsultasikan ke dokter bedah mulut/bedah plastik atau dokter THT,

  • CL
    Posted Desember 1, 2011 12:45 pm

    Siang Dokter.. Sekitar beberapa minggu lalu saya kecelakaan dan patah tulang paha kanan menjadi 3 bagian, dan saya langsung operasi dengan memasangkan pen.
    Kira-kira berapa lama saya perlu di rontgen lagi tulang nya agar tau kalau tulang nya sudah nyambung? dan kira-kira kapan saya baru boleh belajar untuk menginjakkan kaki ke tanah tanpa menggunakan tongkat?
    Terima kasih dokter.

    • muki partono
      Posted Desember 1, 2011 2:25 pm

      rontgen diperlukan utk melihat posisi implant apakah berubah atau tdk dan sdh ada penulangan atau belum biasanya 1 1/2 bulan setelah operasi, kapan mulai menjejak bila sdh cukup penyambungan tulangnya biasanya 1 1/2 bulan bertahap dari sebagian menjejak sampai menjejak penuh

  • Yesi Marinda 17th
    Posted Desember 2, 2011 11:18 am

    ia, berapa lama masa pemulihan setelah operasi itu?
    karena saya mau mengikuti ujian semester 1 dok dan liburnya hanya 2 minggu.
    kira2 cukup gak dok? :(

  • dheo
    Posted Desember 5, 2011 8:45 am

    Pagi dokter Muki

    terima kasih untuk penjelasan sebelumnya..
    satu lagi yang saya mau tanyakan
    Apakah benang operasi itu harus dilepas? ketika saya perhatikan, ada seperti simpulan benang di ujung dan dibeberapa posisi bekas operasi hanya berupa titik, sekarang sudah mengering.

    best regards.

  • deo
    Posted Desember 5, 2011 8:46 am

    Pagi dokter Muki

    terima kasih untuk penjelasan sebelumnya..
    satu lagi yang saya mau tanyakan
    Apakah benang operasi itu harus dilepas? ketika saya perhatikan, ada seperti simpulan benang di ujung dan dibeberapa posisi bekas operasi hanya berupa titik, sekarang sudah mengering.

    best regards.

    • muki partono
      Posted Desember 5, 2011 8:43 pm

      Jenis benang operasi ada yg diserap dan tdk diserap, sebaiknya diperiksakan kembali

  • Deo
    Posted Desember 7, 2011 8:47 am

    pagi dok…

    apakah benang operasi harus dilepas?
    ketika saya perhatikan ada simpul benang di ujung luka operasi. dan ada dibeberapa posisi berupa titik-titik.tapi sekarang ada yang sudah hilang..

    terima kasih

    • muki partono
      Posted Desember 12, 2011 10:31 am

      Biarkan saja itu benang yg diserap tubuh hanya agak lama, biarkan lepas sendiri

  • yuyun
    Posted Desember 12, 2011 7:07 pm

    malam Dok,
    saya mau tanya,ibu saya pasca operasi pengangkatan pen di tulang paha kiri sama clavicula kiri sudah hampir 4 bulan..tapi akhir2 ini ibu saya sering mengeluh terasa berat pada kaki dan tangan.. saya kontrolkan lagi kata dokternya juga gak papa,tpi knapa ibu sya tetap mengeluh terasa berat dan kaku jadi skr klo jalan pakai tongkat,kira2 knapa ya, Dok?sblumnya trima ksih atas jawabannya

    • muki partono
      Posted Desember 12, 2011 7:50 pm

      Mungkin ada sebab lain sebaiknya diperiksakan, biasanya ada gejala penekanan saraf bisa terjadi di leher ata tempat lain

  • Hasan
    Posted Desember 16, 2011 12:38 pm

    Dok, kemarin saya baru saja mengangkat pen pada radius. Yang ingin saya tanyakan adalah berapa lama proses penyembuhan hingga kondisi tangan saya benar2 pulih? selain itu, apakah aman jika saya berlatih menggerakan jari2 saya pafahal bau kemarin saya operasi?

    Terima kasih sdebelumnya dok..

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 10:23 am

      Tunggu samapi 1 1/2 bulan kalau ingin aman ,

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 10:25 am

      Tnggu samapai 11/2 bulan

  • Bayu Kendhoo
    Posted Desember 16, 2011 2:27 pm

    dok saya baru operasi lepas pen di paha dan kawat di lutut, terus pada lutut saya masih ada jahitan sekitar 5cm, apakah harus melakukan terapi mulai saat ini dok

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 10:21 am

      Jahitan tdk mempengaruhi fisioterapi, jalankan saja

  • yuni ridha
    Posted Desember 17, 2011 4:56 pm

    dear dr muki
    4tahun yll sy mengalami kecelakaan,yg mnyebabkan open multiple fracture pada cruris S,dan jg disendinya,sdh dikoreksi,dan pen sdh dilepas. Yg ingin sy tanyakan,apakah boleh sy melakukan aerobic kembali,mengingat bekas patahan tulang sy terjadi di persendian lutut kiri,dan tibia kiri… Dan screw yg tertanam dan tidak bs dilepaskan sebanyak 1buah..
    Terimaksih dr

  • Mrs. Wati
    Posted Desember 17, 2011 8:31 pm

    Asslm Wr.Wb.
    Selamat malam dokter, saya ibu rumah tangga usia 33 tahun. pada th 2006 saya mengalami kecelakaan sepeda motor dan rahang kiri saya patah. kemudian dioperasi menggunakan pen.sekarang saya sering mengalami bengkak dibagian rahang yang di pen tersebut dan kepala saya pusing sebelah jika kecapean. mohon saran dokter ?
    terima kasih banyak dokter …

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 8:52 am

      Sebaiknya ibu kontrol kembali ke dokter yg mengoperasinya, mungkin ibu perlu di rontgen rahangnya apakah memang ada masalah atau tdk, bengkak bisa krn sebab lain ata masih berhubungan dgn operasi pen yg lalu

  • Agus p
    Posted Februari 11, 2012 7:02 pm

    Selamat malam doc …
    Saya mau Tanya doc, saya mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan tungkai kaki bawah saya path dua, sekitar 20 hari saya menapakan kaki, pelan pelan … Namun saya pernah berjalan Tampa menggunakan tongkat …. Tp take kuat … Apakah berpengaruh pada pen saya doc …. Mohon penjelasannya ? Karen saya selalu akktif elm melakukan gerakan

    • muki partono
      Posted Februari 13, 2012 5:56 pm

      sebaiknya jangan dulu lepas tongkat, krn tulang belum menyambung , tunggu sampai tulang menyambung dengan sempurna

    • muki partono
      Posted Februari 13, 2012 6:05 pm

      jangan buru2 lepas tongkat tunggu sampai tulang menyambung sempurna

  • cindy
    Posted Februari 13, 2012 8:11 pm

    ass.. ibu saya sudah 20 tahun lebih pada kakinya ada pen. dan ibu saya suka merasa keluhan. sebaiknya pen itu dilepas apa tidak dok, tapi kalo dilepas dampak negatif kedepannya apa dan kalau tidak dilepas dampak negatifnya juga apa ? wsslm

    • muki partono
      Posted Februari 15, 2012 9:35 am

      Baca artikel tentang hal ni pada web kami

  • ADHAR JUNAEDI,SKM
    Posted Februari 16, 2012 12:22 am

    YTH. DR. MUKI PARTONO.
    ASSALAMULAIKUM WR WB.
    PADA TGL 1 JANUARI 2011 SAYA MENGALAMI KECELAKAAN DITABRAK MOTOR SEHINGGA :
    1. TULANG KERING KAKI KIRI SAYA PATAH, SUDAH DIOPERASI.
    2. SAMPAI SAAT INI SAYA BELUM BERANI UNTUK LARI ATAU JOGING, MESKIPUN SAYA SUDAH MERASA KUAT DAN TIDAK ADA KELUHAN.
    3. KAPAN SEBAIKNYA SAYA DIAMBIL PENNYA.

    TRIMA KASIH ATAS BANTUAN ADVISNYA.

    WASSALAM

    ADHAR

    • muki partono
      Posted Februari 19, 2012 9:40 am

      Seharusnya sdh bisa dipakai lari, dan pencabutan pen 1 tahun sdh cukup

  • icha anggriani
    Posted Februari 17, 2012 9:45 pm

    Dokter, adik saya baru saja menggalami patah pada bahunya kemarin.. Dari gambar rontgennya tulang lengan dan bahu jadi berjarak.. Entah patah, selisih, atau lepas.. Saya binggung.. Karna dokter disini tidak dpt menanggani.. Dan menyerahkannya untuk dibawa ke ahlinya.. Umurnya 13th Sampai sekarang adik saya menanggis menahan sakitnya.. Awalnya bagian bahu sekarang bengkak hingga jari.. Dari kejadian sudah sekitar 32jam.. Saya dari kaltim.. Tarakan.. Besok akan dibawa ke surabaya.. Apa saran dokter untuk kasus adik saya ini dok? Terimakasih sebelumnya

    • muki partono
      Posted Februari 19, 2012 10:08 am

      Sebaiknya adik anda ditangani dengan benar krn usia masih muda, kalau mau ke jkt bisa kam bantu, kam blm bisa memberi komentar krn hrs melihat secara klnis dan foto rontgennya

  • agus jo
    Posted Februari 18, 2012 12:04 pm

    siang doc ! terimakasih atas nasehatnya tempo hari, doc lamanya penyembuhan tulang tungkai bawah kaki saya, berapa lama ya doc. selanjutnya apa saya perlu melakukan terapi, tetapi terapi apa yg harus saya lakukan. mohon penjelasannya doc… terimakasih

    • muki partono
      Posted Februari 19, 2012 10:02 am

      Penyembuhan tulang secara umum, 3 minggu baru melekat, 11/2 bln muncul kalus, sampai menyambung sempurna sampai 4 bln, jd berjalannya bertahap dari tdk menapak sampai 3 minggu paska operasi, mulai menatap sekitar 10 kg sampai 1 1/2 bln , dan naik bertahap sampai 4 bulan dan kala bagus bisa lepas tongkat

  • agus P
    Posted Februari 20, 2012 4:18 pm

    Terimakasih kembali pak dokter atas semua nasehat yang bapak berikan! Selanjutnya saya harus mengkonsomsi makanan apa saja untuk penyembuhan tulang kaki saya doc, agar cepat sembuh, dan saya selalu mengkonsomsi obat ossopan 800 + oscal 2×1 dalam sehari. Apakah ada obat atau vitamin lainnya untuk membantu proses penyembuhan tulang kaki saya doc… Sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih doc… Mohon penjelasannya kembali!

  • anneu
    Posted Februari 21, 2012 11:08 pm

    mlm dok,,skrg umur saya 24tahun,pada saat umur 16 tahun tulang skapula sebelah kanan patah karena kecelakaan dan dipasang pen,tp sampai sekarang belum dilepas,,gmn resikonya y dok kl dalam beberapa tahun blm dibuka? dan pd beberapa hari yg lalu krn saya jatuh dan tertimpa benda yang berat dan saya terpaksa harus menyingkirkan benda berat itu,,sehingga sampai sekarang dari pundak sampai tangan klo melakukan gerakan tertentu saat olah raga atau mengangkat beban seringan mengangkat gelas sering terasa nyeri,apa itu jg pengaruh dr pemasangan pen tersebut y dok?
    dok,kl boleh tahu perkiraan operasi pengangkatan pen sampai berapa,sya ingin cepat2 melepas pen yg terpasang dipundak sya,Trimakasih.

    • muki partono
      Posted Februari 23, 2012 8:30 am

      Kalau kami rasa tdk ada hbngan dgn pennya, masalah baru, biaya abut pen kisaran 8- 10 jt klas 3

  • siauw
    Posted Februari 22, 2012 1:35 am

    oprasi patah tulang /cabut pen sama dr.muki partono…mahal gak yaa? berkisar kira2 berapa yaa…,tolong donk kalo ada yg tao infonya sangat di hargai,ty.

    • muki partono
      Posted Februari 23, 2012 8:29 am

      Biaya operasi tergantung klas yg dimbil dan kebijakan rsnya, kalau mau murah ya rs pemerintah, kalau di rs kam kisaran 8-10 jt klas 3

  • novi
    Posted Februari 23, 2012 12:13 pm

    Dr.muki, saudara saya oprasi fraktur tangan kiri juli 2009, rencana pertengahan taun ini (2012) oprasi.
    Bahaya tidak dok kalau pen baru dilepas 3taun? Kemungkinan efek terburuknya pasca oprasi apa ada?
    Dan proses pemulihan pasca oprasi brp lama? Supaya bisa berkendaraan

    Trimakasih banyak dr.muki atas bantuannya :)

    • muki partono
      Posted Februari 23, 2012 3:29 pm

      Nggak bahaya 3 tahun sih nggak apa2 kami punya kasus yg sdh 17 tahun baru minta dilepas tdk apa2 tuh

      • teguh
        Posted Februari 27, 2012 7:19 pm

        Dr. Muki, saya umur 32 operasi patah tulang tangan akibat kecelakan dan dipasang PEN, kejadian dari tahun 2007, sampai sekarang sdh 4 tahun lukanya masih belum kering, kata dokternya ada infeksi dijahitan dan tulangnya belum terbentuk sempurna sehingga belum bisa diambil, dan perlu disembuhkan, obat sudah dikasih tapi tidak sembuh-sembuh, gmana Dokter muki solusinya? apa ada obat utk penyembuh itu, saya takut terjadi apa-apa pada tangan saya. terimakasih

        • muki partono
          Posted Maret 4, 2012 1:28 pm

          4 tahn bila tlg belum nyambung sempurna artinya ada masalah yg menghambat, pada kasus anda mungkin infeksi, sebaiknya dilakukan sesuatu, biasanya dipasang septopal, gentamicin bit, sekaligus dibersihkan kembali sekitar daerah patahannya lewat operasi

  • bagio
    Posted Februari 27, 2012 12:24 pm

    ijin bertanya dok…?

    3 minggu yang lalu saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulang bahu saya patah namun setelah di operasi (dipasng pen) dokter menganjurkan agar saya tetap memakai kain penopang mengingat tulang bahu saya hancur (menurut dokter) yang saya tanyakan dok berapa lama saya harus menyangga tangan saya dan berapa lama saya bisa beraktivitas normal kembali..

    terimakasih dok atas infonya

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 1:14 pm

      Biasanya penyangga tangan dipakai sampai 3 minggu saja, aktifitas dibatasi dulu utk gerakan mengangkat tangandi atas bahu, jd hanya boleh sampai setinggi bahu saja, setelah 11/2 bulan baru dicoba bertahap utk gerakan mengangkat tanhan di atas bahu

  • dimas
    Posted Februari 27, 2012 5:41 pm

    dok,saya mau tanya saya mengalamai kecalakaan dan patah thorax 5. Saya operasi dan di pasang pen, dokter mengatakan kalau saya mengalami saraf trauma. sudah 5 bulan saya tidak bisa berjalan dan dari pusar sampai ke kaki tidak terasa apa-apa, untuk kencing dan BAB juga masih belum terasa, tetapi sekarang kaki saya sudah bisa bergerak reflek, apakah saya dapat berjalan lagi.

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 1:30 pm

      Proses penhembuhan saraf butuh waktu lama, bila anda domisili di jakarta kami anjurkan utk terapi hiperbarik utk membantu prbaikan sarafnya

      • muhammad
        Posted Oktober 29, 2012 3:30 pm

        kira kira berapa lama penyembuhan nya dok setelah di lakukan nya hiperbarik

        • muki partono
          Posted November 5, 2012 8:53 am

          Terapi hiperbarik tergantung respon dari pasiennya jd coba 1 paket dul dan kita lihat hasilnya

  • aji saputra
    Posted Maret 3, 2012 9:31 am

    dr muki….
    saya dulu patah tulah 2001.
    trus d pasang pen..
    saya ingin melepas pen tp saya takut setelah lepas pen kaki saya tidak bisa berjalan normal sebelum d lepas pen…??
    klo saran dokter gimana….

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 9:38 am

      Hampir tak mungkin krn pen dilepas krn tulang sdh menyambung utk itu pastikan dulu apakah tlang sdh menyambung, jd kalau lepas pen nggak masalah, pasti anda bisa jalan spt biasa

  • Halim Fredy
    Posted Maret 4, 2012 11:32 am

    Siang dr muki saya halim mau nanya nih paling lama pelepasan pen berapa tahun ya??
    soalnya saya sedang menyusun skripsi kuliah saya
    terus saya mau nanya lagi kadang kaki saya kok mengalami nyut2an gitu ya terasa agak perih2 dikit pada kaki yang dipasang pen??
    itu kenapa ya dok? apakah berbahaya atau tidak ya??

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 5:57 pm

      Tdk ada batasan waktu, kapan saja tapi ebaiknya 1 tahun saja paska operasi, kalau ada keluhan sebaiknya di lepas saja pennya

  • Delvin
    Posted Maret 4, 2012 11:39 am

    dr muki saya mau nanya nih kaki saya yang sudah dipasang pen kok masih sering nyut2an ya saat terkena benda maupun disentuh terasa perih gitu padahal saya pasang pen sudah cukup lama hampir 2 tahun.. itu kenapa ya dok apakah berbahaya atau tidak??
    terus apakah ada pantangan makan dan minum untuk penderita patah kaki??
    o iya dok saya dengar dari dr di rumah sakit saya paling lama pencabutan pen sekitar 2 tahun apakah setelah lebih dari 2 tahun tidak apa2 melakukan pencabutan pen??
    terima kasih dokter

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 1:07 pm

      Itu biasanhakrn benda asing , pen kan konduktor yg baik kadang keluhan spt ini ada terutama pada pemasangan pen di tulang kering, krn tulang kering pen tdk terbumgkus oleh otot langsung berhubunhan dengan kulit jd mudah teraba, waktuyg ideal pelepasan pen1 tahun , terlama tak ada batasan kami pernah mengangkat pen yg sdh 17 tahun tertanam

  • rifqi
    Posted Maret 9, 2012 3:01 pm

    sore dok, saya pasang pen di tulang kering kaki kanan 7 tahun yang lalu, nha baru-baru ini, saya mengalami gatal kulit hebat didaerah jahitan pada saat pasang pen tersebut. Apakah ini ada hubunganya dengan gambar yg ada di web anda ini dok?
    terimakasih sebelumnya dok.

    • muki partono
      Posted Maret 11, 2012 2:53 pm

      Ya betul awalnya demikian saran pen segera dicabut

  • cencen
    Posted Maret 9, 2012 4:48 pm

    Dok,….
    Suami saya pen nya sudah dikeluarin,..apakah itu bisa dijual lagi alias dipakekan kepada pasien lain tanpa efek yg merugikan ??????? jika ia, aku bisa menjualnya kemana ya.

    Trimakasih

    • muki partono
      Posted Maret 11, 2012 2:51 pm

      Maaf bu kam tdk pernah dan tak akan pernah mau spt itu krn tindakan tsb bisa menularkan penyakit lewat pen, jd kami selalu hrs yg baru

  • yanti
    Posted Maret 10, 2012 3:37 pm

    Dok, saya mau tanya, saya sudah pasang pen di lengan kanan saya. setelah benang jahitan dilepas, ternyata infeksi ( mengeluarkan nanah dan darah ). sudah satu bulan saya perawatan ke rs. tapi masih keluar sedikit nanah dan darahnya. dan sekarang disuruh stop dulu minum obat antibiotiknya. apakah saya harus tes cultur dan sensitif ke laboratorium umtuk mengetahui kumannya, atau solusinya gimana dok?

    • muki partono
      Posted Maret 11, 2012 2:46 pm

      Hrsnya sdh semenjak pertama kelua nanah, sebaiknyandilakukan restkultur dan resistensi kuman

  • Bagus
    Posted Maret 11, 2012 3:25 pm

    Dok, saya mengalami retak tulang kering kanan dan jga ada pergeseran tulang lutut, pada tga 23 januari 2012 saya mealkukan operasi pemasangan pen di Rs di daerah tangerang, sampai saat ini hampir 2bulan, saya baru bsa melipat kaki skitar 70 derajat dan masih bengkak pula, tapi yg membuat saya kawatir, saya bsa meraba tulang kaki sya dan jika berdira kaki terlihat bengkok krna tulang kering dan tulang paha agak bergeser sejak awal. Jadi dokter yg melakukan opersi tidak mereposisi tulng kaki saya dok.. Apa yg mesti saya lakukan dok, dan berbahaya tidak jika posisi tulang yg bergeser saya biarkan dulu? Thx dok

    • muki partono
      Posted Maret 11, 2012 4:12 pm

      Sebaiknya dicek kondisi terakhir, apakah benar demikian bisa dilakukan dgn foto rontgen dan bandingkan dengan foto rontgen kakia yg normal, masalahnmenekuk sih anda sdh baik perlu latiHan yg lbh giat lg sampai menekuknya normal target 4 bln

  • Bagus
    Posted Maret 11, 2012 4:41 pm

    Dari hasil rontgen awal, dan pasca pemasangan pen memang terlihat tulang kaki kering geser kekanan, sementara tulang paha agak kekiri artinya memang tulang tidak sejajar, saya pernah tanya kedokter yg mengoperasi, beliau bilang mungkin karna posisi saat mengambil photo rontgen agak miring. Awalnya saat saya tertabrak motor memang terlihat tualng kering kanan menonjol kekanan dok. Apakah berbahaya bila saya biarkan dulu posisi tulang tsb, dan apabila dioperasi reposisi lagi apa akan memakan waktu penyembuhan yg lebih lama lagi dok, dr. muki msh praktek di Rs. Siaga raya?

  • Dea
    Posted Maret 11, 2012 9:48 pm

    dok dua bulan yg lalu saya mengalami kecelakaan dan itu mengakibatkan kaki kiri saya patah, tepatnya tibia patah satu, fibula patah dua. Lalu saya melakukan operasi pemasangan pen, dan setelah tiga minggu setelah operasi pergelangan/engkle kaki kiri saya menjadi agak kaku, susah ditekuk ke atas. Yang ingin saya tanyakan, apakah gejala seperti itu normal?
    terima kasih atas jawabannya.

    • muki partono
      Posted Maret 16, 2012 9:15 am

      Itu normal sajaj, sebaiknya kala sdh istirahat kaki diganjal bantal posisikan lbh tinggi dr jantung, shg tdk bengkak, kadang kondisi ini terjad bisa sampai 4 bln paska operasi

    • Dea
      Posted April 3, 2012 3:27 pm

      lalu berapa lama saya bisa berjalan normal kembali?
      dan apakah sesudah pelepasan pen saya bisa berolahraga seperti biasa? (olahraga yg sering saya lakukan sepak bola/futsal)

  • Delvin
    Posted Maret 12, 2012 3:29 pm

    siang dr muki saya mau nanya biasa untuk pelepasan pen yang paling murah berapa juta ya dok dan kalau ada di daerah mana ya dok?
    o iya saya mau tanya lagi dok waktu saya melakukan pemasangan pen kan terjadi infeksi di tmpt yang saya pasang pen apakah setelah melepas pen akan terjadi infeksi juga??

  • teguh
    Posted Maret 14, 2012 10:30 am

    pak saya mengalami hnp 3 ruas sendi di cervical dan ada tulang sendi yg osteofit, apakah dengan fisioterapi , tens, us dan taksi dapat memperbaiki. Mohon pencerahan pak. Saat ini otot leher terasa kaku (spasme). terimakasih

    • muki partono
      Posted Maret 14, 2012 12:34 pm

      Bisa dicoba dgn fisioterapi, haya saja sifatnya hanya mengurangi keluhan saja

  • yessica
    Posted Maret 14, 2012 12:51 pm

    buat orang yang patah tulang berapa lama ya kira – kira tulang bisa nyambung total?

    • muki partono
      Posted Maret 15, 2012 4:05 pm

      Tergantung individu masing2 krn banyak faktor yg berpengaruh, rata2 1 tahun sdh sempurna

  • teguh
    Posted Maret 15, 2012 2:15 am

    malam dok,
    saya pernah patah kaki di bagian paha dan sdah 5 tahun pasang pen tp blum saya cabut,…..slama ini tidak ada keluhan.
    kbtulan sya anggota TNI jdi sejak 1 taun dri pemasangan pen saya sdah bs mlaksakan semua kgian (lari,renang,pkoknya smua kegiatan sya bisa ikuti) dan tidak prnah ada keluhan d paha sya.
    apakah brpengruh pda msalah pncabutan pen nnti soalnya sdah 5 taun pen saya terpasang di paha,…dan brpa lama kira2 waktu pnyembuhan setelah operasi plepasan pen.
    trms dok atas jwaban dan waktunya,…

    • muki partono
      Posted Maret 15, 2012 3:58 pm

      Pwncabutan pen di paha butuh waktu perawatan rs 1 hr dan perawatan selanjutnya rawat jalan, sebaiknya dicabut saja pennya krn anda kan masih aktif, takutnya kalau jatuh pada tulang yg sama akan lbh mudah patah

  • Halim
    Posted Maret 15, 2012 9:50 am

    Dok saya mau nanya nih untuk pelepasan pen dengan dr muki kena biaya brp duit ya dok??
    soalnya pen di kaki saya sudah terpasang 2 tahun dan mau saya lepas
    dan apakah setelah melakukan operasi pelepasan pen saya bisa langsung pulang ke rumah atau mesti dirawat dulu di RS ya dok??

    • muki partono
      Posted Maret 15, 2012 3:56 pm

      Pelepasan pen kisaran 9-10 jtan bisa langsng pulang atau rawat 1 hr tergang anda

  • fredy
    Posted Maret 15, 2012 6:14 pm

    malam dok,
    mau nanya apakah pelepasan pen harus dilakukan di RS dan dokter yang sama pada saat pemasangan pen??
    dan apakah setelah melepas pen akan terjadi infeksi pada bekas operasi?? soalnya pada saat melakukan operasi pemasangan pen di kaki bekas jahitan saya terjadi infeksi kira2 penyebabnya kenapa ya dok??
    terima kasih atas waktu dan jawabannya

    • muki partono
      Posted Maret 16, 2012 8:52 am

      Sebaiknha memang demikian tapi kadang krn alasan asuransi dan lokasi , sebenarnya oleh dokter tulang yg lainpun bisa, tapi sebaiknya konsultasikan.insya allah tdk infeksi, krn pen yg sdh dicabut biasanya kemngkinan infeksi kecil krn mmnya yg menyebabkan infeksi krn adanya reaks penthd tubuh

  • Yason
    Posted Maret 19, 2012 7:31 pm

    Sebulan lau saya kecelakaan lalu mengalami patah tulang hasta dan pengumpil. lalu dibawa ke dukun patah. Alhasil tulang tidak duduk dan sudah ada tulang baru tumbuh.
    Apakah masih bisa dilakukan operasi pemasangan pen dok ?

    • muki partono
      Posted Maret 20, 2012 12:09 am

      kalau masih 1 bln sih masih bisa sekali

  • tia
    Posted Maret 20, 2012 10:29 am

    Dok, ibu saya 43 tahun, tgl 10 maret 2012 lalu kecelakaan sepeda motor, patah tulang kering kaki sebelah kanan, patah dg posisi patahan serong. Telah dioperasi tgl 11 maret 2012. Kira2 berapa lama masa pemulihannya? Makanan dan latihan apa yg dapat membantu pemulihan? Sebaiknya pen dilepas selang waktu berapa lama sejak operasi? Terima kasih Dok atas waktu dan responnya.

    • muki partono
      Posted Maret 27, 2012 7:58 am

      Pemulihan patah tulang kering berkisar 3-4 bln, bertahap mobilisasi mulai jalan dgn menapakkan sebagian sampa menapak penuh dan lepas tongkat, makanan y penting banyak mengandung kalsium, baca artikel tentang osteoporosis pada web kami ada pembahasan tetang hak ini, pen dilepas rata 2 1 taun dgn syarat tlang sd menyambung sempurna

  • erwien
    Posted Maret 20, 2012 10:39 am

    selamat siang dok.
    pada 8 maret yang lalu saya operasi pasang pen pada clavicula kanan saya yang patah pada sebuah kecelaakaan motor tgl 5 maret. sampai saat ini otot disekitar luka operasi masih terasa kebas( sperti kesemutan) menurut dokter sewaktu saya kontrol pada 15 maret kemarin, itu gejala biasa yang nanti akan hilang sendiri, tapi sampai saat saya menulis pertanyaan inimasih belum berkurang rasa kebas tsb. secara normal berapa lama rasa kebas tsb hilang? selama waktu2 ini apa saja yang dilarang saya kerjakan?

    • muki partono
      Posted Maret 27, 2012 7:59 am

      Rasa kebas itu sensasi saraf tepi biasana lama bisa sampai 4 bln , yg penting tdk nyeri, lanjutkan saja

  • sri rejeki
    Posted Maret 22, 2012 9:20 pm

    malam dr.Muki…..usia saya 43 th, hasil MRI saya positip saraf kejepit pada c4-5,c5-6, apakah tindakan yang terbaik adalah operasi?berbahayakah jika diurut, dan apabila dioperasi nantinya dipasang pen pada leher?adakah resiko buruk setelah dioperasi, jujur saya takut sekali mendengar kata2 operasi dan cerita2 orang katanya bisa berakibat kelumpuhan. mohon penjelasanya…trimakasih….

  • Yason
    Posted Maret 25, 2012 6:33 am

    Dok, saya(16 Tahun) sudah melakukan operasi pemasangan pen karens fraktur ulna radius dan dibius sekitar 2 jam.
    makanan apa kah yang paling cocok untuk mempercepat pertumbuhan tulang dok?
    Dan kata Dokter yang menangangi saya dalam waktu 7 bulan sudah bisa buka PEN,apakah itu tidak terlalu cepat dok ?

  • catur wicaks
    Posted Maret 25, 2012 11:18 am

    selamat siang Dok,Kami mau menanyakan saya sudah enam tahun dipasang pen bentuk rantai di persendian pangkal kaki kiri.dan selama ini memang tidak ada gangguan.yang kami tanyakan apa perlu untuk dilepas dan apa kah timbul gangguan bila pen bentuk rantai titanium seumur hidup dipakai?Terima kasih

    • muki partono
      Posted Maret 27, 2012 7:33 am

      Tdk masalah , sebaiknya sih diambil, lbh baik tapi kalau memang tdk masalah tdk apa2 baca artikel kam tenang masalah ini d web

  • aldeemuzammil
    Posted Maret 27, 2012 4:09 pm

    dok
    saya mau nanya berpa lama waktu perawatan setelah operasi pelepasan pen di tulang paha

    terima kasih.

  • arief
    Posted Maret 28, 2012 3:18 pm

    Berapa biaya operasi tulang punngung yang bengkok

    • muki partono
      Posted Maret 31, 2012 12:46 pm

      Biaya operasi tergantung lefel alat yg akan dipasang , dampaknya biaya akan berbeda sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang dulu

  • Ririn
    Posted Maret 28, 2012 10:08 pm

    dok saya sudah 4 tahun pasang pen, ada beberapa point saya ingin tanyakan:

    apakah wajar untuk merasa ngilu, saat dingin ataumemang indikasi awal pen harus di lepas

    ketika pen di pasang apakah aman untuk berenang
    di laut mengingat kadar mineralnya tinggi

    saya memiliki keloid pada bekas jahitan yg di
    pasang pen, apakah dianjurkan melepas pen
    tersebut, di takutkan luka nya akan melebar

    Apakah pen yang di pasang terlalu lama masih dapat di cabut

    • muki partono
      Posted Maret 31, 2012 4:11 am

      Pen sebaiknya dicabut, baca artikel tentang ini pada web, luka keloid sekaligus diangkat saja saat operasi pengangkatan

  • pratikno
    Posted April 1, 2012 11:02 pm

    Dokter, tgl 28 feb 2012 jam 9.30 pagi saya mengalami kecelakaan jatuh dari motor sehingga patah tulang selangka, di hari itu juga jam 4.30 saya dioperasi dengan pemasangan pen di bahu kiri, yang saya tanyakan, kira2 butuh waktu berapa lama saya bisa kembali berkatifitas naik motor kembali?

  • sri rejeki
    Posted April 2, 2012 8:43 pm

    malam dr.Muki…..usia saya 43 th, hasil MRI saya positip saraf kejepit pada c4-5,c5-6, apakah tindakan yang terbaik adalah operasi?berbahayakah jika diurut, dan apabila dioperasi nantinya dipasang pen pada leher?adakah resiko buruk setelah dioperasi, jujur saya takut sekali mendengar kata2 operasi dan cerita2 orang katanya bisa berakibat kelumpuhan. mohon penjelasanya…trimakasih….

  • rita
    Posted April 5, 2012 8:28 pm

    dok,, pasca operasi itu kalau mengkonsumsi kalsium apakah berpengaruh pada pen yang sudah terpasang ??

    • muki partono
      Posted April 10, 2012 10:55 am

      kalsium gunakanya utk membantu proses mineralisasi tulang , tdk berpengaruh langsung terhadap pen yg terpasang

  • herman
    Posted April 9, 2012 6:44 pm

    malam dr.Murki….saya mau tanya apakah kalau cabut pen di lengan atas harus di bius total?karena saya dengar kalau sering dibius total bisa ada efek ke badan seperti jadi pelupa…betul tidak ya?

    • muki partono
      Posted April 10, 2012 10:18 am

      sebaiknya dibius umum, kami rasa tak benar pernyataan itu, krn saat ini obat bius relatif side efeknya minimal sekali

  • Boby
    Posted April 11, 2012 7:31 pm

    Dok, saya mengalami fracture clavicula sebelah kiri..yg ingin saya tanyakan berapa lama yah biasanya proses penyambungan tulang? Kemudian saya ingin tanya anjuran dokter, apakah pen saya nantinya harus dilepas? sebagai info umur saya 26 tahun.
    Oh ya dok, saya ingin tanya juga kenapa luka hasil operasi masih terasa nyeri setelah 1,5 bulan lewat,,

    thanks dok

    • muki partono
      Posted April 15, 2012 10:05 pm

      Keluhan anda masih wajar, dan proses penulangan dimulai 3 mingg setelah operasi dan sempurna 6 bln jd sabar, jgn terlalu aktifitas yg berat

  • fira amandika
    Posted April 19, 2012 1:14 pm

    dok. tggl 27 februari kakak saya mengalami kecelakaan,
    trus kata dokter mangkok tulang paha saya keluar dan disuruh rujuk ke rumah sakit buat operasi. tapi karena orantua saya belum memiliki biaya akhirnya kakak saya di rawat di rumah dan di obati oleh dukun. tapi setelah do ronggen ternyata tulang kaki saya telah tersambung tapi ada masalh baru yaitu di bagian atas tulang lutut kakak saya ada yang retak.
    jadi yang saya mau tanya kalau itu perlu di operasi atau gak dan kalau di operasi kira-kira biayanya berapa dok ?

    • muki partono
      Posted April 27, 2012 11:04 am

      Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter tulang, utk memastikan kelainan, kalau retak rasanya mungkin belm operas, justru yg kami khawatirkan mangkoknya , kami kok tak yakin kalaunmasalah mangkoknya sdh selesai

  • Dina
    Posted April 22, 2012 9:26 pm

    Asslmualaikum.
    Dok,suami sy,26thn,mngalami kclakaan 2thn yg lalu(19 juni 2010) shg tulang kering & betis pada kaki kiri nya patah,kmudian d pen,selain itu pd kaki yg patah tsb juga ada luka yg blm sembuh/blm kering smpai skrg,pd luka keluar cairan kuning kcoklatan bening,skitar luka brwarna gelap yg dlm nya darah yg kental brwarna merah gelap. apakah luka yg blm smbuh smpai skrg itu akibat penolakan tubuh trhdap pen dok?
    Dan Apa yg hrus dilakukan? Mhon jwbn nya dok.
    Trima kasih
    wslmualaikum.

    • muki partono
      Posted April 24, 2012 10:56 am

      sebaiknya pennya segera dilepas spy keluhan hilang

  • Trisno
    Posted April 24, 2012 4:45 pm

    Dear Dr. Muki

    Awal november lalu saya mengalami kecelakaan yang menyebabkan tulang lengan atas saya somplak pas pada bagian yg disiku (ujung tulang terbelah) sehingga di operasi dan di pasang pen (7 pen panjang dan pendek kalo ngga salah). Sekarang sudah 4 bln lebih dan masih ada rasa sakit2 pada bagian tersebut. Siku saya belum bisa lurus sempurna (95%) dan belum bisa nekuk sempurna (85%). Proses nekuk sudah saya latih tapi kurang maksimal. Apa ini proses biasa? atau perlu fisioterapi khusus? atau ada proses penyambungan yang tidak bagus? Tindakan apa yang harus saya lakukan untuk bisa nekuk sempurna dan menghilangkan rasa sakit?

    Terima kasih atas pencerahannya

    best regards

    • muki partono
      Posted April 26, 2012 10:52 am

      sebaiknya kami periksa kembali , biasanya 4 bulan memang bisa terjadi seperti ini, coba terus latihan fisioterapinya lbh intensif

  • Tirsa
    Posted April 25, 2012 10:16 am

    siang, dok…
    saya mengalami kecelakaan motor pada 24 September 2011 yg lalu. Akibatnya saya mengalami dislokasi pada bahu kiri, dan juga patah tulang lengan.
    Malam harinya (masih tgl 24 Sept) langsung dioperasi dan dipasang pen dgn jumlah screw sebanyak 6 buah. Dan 2 pasca operasi saya sdh beraktifitas normal (bekerja&naik motor lagi) sampai sekarang.
    Sekarang lengan saya masih sering terasa nyeri. Apakah itu wajar, dok?
    Olahraga apa saja yg dapat saya lakukan dgn keadaan pernah mengalami patah tulang?
    Terima aksih atas jawabannya.

    • muki partono
      Posted April 26, 2012 10:53 am

      kekakuan biasa terjadi , sebaiknya lakukan fisioterapi lbh teratur dan terarah agar hasilnya lbh optimal

  • dian
    Posted April 25, 2012 7:45 pm

    Dok, umur saya 18 tahun. Saya pasang pen titanium sudah 7 tahun lebih dan jarang sekali ngilu. Setahun terakhir karena kuliah yang cukup sibuk, sudah 3 kali ngilu. Saya ingin melepas pennya akhir semester ini, yang ingin saya tanyakan, apakah pulihnya lama? Sejujurnya saya trauma dengan sakit seperti waktu baru belajar jalan pasca operasi dulu. Apakah lepas pen ini juga seperti itu dok? Mohon pencerahannya

  • Wied
    Posted April 27, 2012 10:12 am

    Dokter, mohon infonya. 3th lalu saya operasi pasang implan tulang belakang akibat kecelakaan. saya pakai implan jenis titanium. Sejauh ini tidak ada keluhan, hanya terasa lebih cepat lelah jika punggung dlm posisi tegak tanpa sandaran.
    Menurut dokter apakah implan ini sebaiknya dilepas? mengingat posisi implan ada di tulang belakang yg beresiko terkena syaraf tulang belakan. Terima kasih.

    • muki partono
      Posted April 27, 2012 10:55 am

      Swbaiknya konsultasokan ke dokter yg mwngoperasi anda, ada implant yg sengaja tdk dicabut kembal ada yg hrs dicabut, kalau meman boleh dicabut sebaiknya dilepas saja pennya

  • wahyu
    Posted Mei 6, 2012 5:43 pm

    Malam dok,

    hari selasa lalu saya operasi tulang, karena patah
    clavicula
    dan dipasang pen

    selasa besok mau konsul pertama
    biar cepet sembuh paska operasi dan penyembuhan tulang seperti semula, ada suplemen atau makanan/minuman yg mesti saya makan atau hindari?

    tks

    • muki partono
      Posted Mei 8, 2012 6:27 pm

      Makan makanan yg mengandung banyak kalsium , spt susu, kedelai, yogart,ikan teri, bayam , keju dll, hindari fast food,soft drink dan kopi yg berlebihan

  • janan
    Posted Mei 6, 2012 10:04 pm

    assalamu’alaikum dok, tgl 22 november 2011 sya menjalani oprsi pemasangan pen pada tlng paha, dan di tambah dengn tlang buatan pada bagian tengah karena tulangnya hancur sekitar 5cm, 2 bln pasca operasi di rongten dan anda tanda2 penyambungn tapi pda bkas jahitan mash mngeluarkan cairan dok, 2 bln berikutnya di foto lg tp pd tlng buatan td ada infeksi dok seperti terkikis gitu tulngnya dan cairanya jg blm berhenti, yang sya tanyakan, apakah tulng buatan yang terinfeksi bsa sembh tanpa oprasi lg dok?

    • muki partono
      Posted Mei 7, 2012 10:30 am

      Bisa ya bisa tdk tergantung kondisi anda , sebaiknya kami periksa kembali utk memastikan kondisi anda

  • Dea
    Posted Mei 8, 2012 5:43 pm

    dok apakah setelah tiga bulanan lebih setelah operasi saya bisa berjalan kembali? mengingat sudah tidak ada rasa sakit lagi. (saya patah tulang tibia dan fibula)

  • alfian
    Posted Juni 16, 2012 1:42 pm

    ass…
    Dokter 11bulan yg lalu saya memasang pen pada tulang sendi paha kanan atas dan apakah sy bisa membuka pennya pada bulan ini ? Dan kira2 brp lama saya bisa jalan seperti normal kembali ? Terima kasih

    • muki partono
      Posted Juni 18, 2012 7:24 pm

      11 bulan kami rasa belum cukup , utk memastikannya sebaiknya dilakukan foto rontgen dulu , kalau memang sdh menyambung tulangnya , bisa dilakukan operasi pengangkatan pen

  • yaqien
    Posted Juni 18, 2012 7:27 am

    sya dah psang pen lbih 2thun dok,tpi di paha dan lengan blum dilepas,hnya di tlang kering sja yg dilepas 2bulan lalu,apa pen sya yg trtinggal tu hrus cpat2 d’lpas dok?
    dan apa kaki sya bsa pulih dok?
    terima kasih

    • muki partono
      Posted Juni 18, 2012 7:02 pm

      sebaiknya dilakukan operasi pengangkatan pen , krn lbh baik buat anda agar tulang punya daya elastis kembali

  • bagus
    Posted Juni 22, 2012 10:37 pm

    dr. Muki, sudah hampir 5 bulan pasca operasi pemasangan pen di tulang kering saya akibat kecelakaan, tetapi tulang lutut saya msh disposisi jdi tulang kering kaki kanan saya agak miring dan klo msh dgn bantuan 2 tongkat, lalu screw di pen dekat lutut agak kendor jdi menonjol tpi tdk sakit, apakah saya msh bsa berjalan seperti sedia kala dngn tulang yg agak disposisi dok? thx

  • Adi
    Posted Juni 29, 2012 4:14 pm

    Dok sy mw tnya ,, saya mngalami patah tulang paha dan sdah dpasang pen,, kira” brpa bulan saya bsa brjalan kmbali dok?? Mksh

    • muki partono
      Posted Juni 30, 2012 9:37 am

      berjalan spt biasa perkiraan 4- 6 bulan

  • okta
    Posted Juli 10, 2012 5:34 pm

    Dok, saya mau tanya. Saya menggunakan pen pada siku saya sudah selama 8 tahun tapi saya bingung untuk melepasnya dikarenakan mangkuk tulang pada siku saya hancur dan dibuang pada saat operasi. saya harus bagaimana dok?
    terima kasih

    • muki partono
      Posted Juli 12, 2012 11:51 am

      sebaiknya konsultasi lbh dulu utk memastikan apakah memang sdh bisa dilepas atau tdk bisa krn dilepas

  • Ariandi
    Posted Juli 12, 2012 11:52 am

    dok.saya mengalami kecelakaan 11 bulan yg lalu.kedua kaki saya patah.kulit kaki sebelah kiri saya di bawah lutut habis karena terseret.saya telah melakukan operasi pemasangan pen pada kedua kaki saya.kaki kiri di bawah lutut 1 pen.demikian jg kaki kanan dekat sekali dengan lutut ada 8 pen yg di pasang.untuk menutupi tulang kaki saya itu,di ambil lah kulit dari kedua paha saya.skrg kondisi saya.kaki sebelah kiri tapak nya belum menyecah ke tanah/jinjit.kaki kanan saya belm bsa di tekuk kan normal.msh sekitar 90 derajat.dan kedua kaki sya msh bengkak sampai skrg.jga kesemutan.pertanyaan saya dok.apakah kaki kiri saya itu tapak nya bsa normal.kaki kanan saya apakah kedepan nanti nya bisa di tekuk kan secara normal lg?apakah tidak kaku?apakah membuka pen nanti tidak pengaruh ke tempelan kulit kaki saya itu?apakah bengkak kaki saya itu bermasalah?

    • muki partono
      Posted Juli 13, 2012 10:41 am

      Kasus anda cukup rumit saran sebaiknya kam periksa utk bisa memberikan opini dan saran krn tanpa melihat kondisi yg sebenarnya agak sukar utk memberi penilaian

  • wisdawati
    Posted Juli 12, 2012 2:25 pm

    Dear dr muki..
    Pada bulan april yg lalu ayah saya d operasi d leher bagian belakang (hasil MRI, syaraf kejepit pd C3,C4)..beliau d operasi d mlaysia, karena keterbatasan alat d kota kami ,dan rekomendasi teman kakak.setelah operasi memang keluhan sakit pd anggota tubuhnya sdh tdk ada, tetapi akhir” ini beliau sering merasa kebas setiap bangun tidur.Pada akhir juni yg lalu beliau cek up ke sana keluhan itu blm ada..utk itu kakak saya membawa k salah satu dokter bedah syaraf d kota kami (tp d tolak oleh dr tersebut, dgn alasan bukan pasien dia)..terus terang ayah saya sangat kecewa, sementara utk balik k malaysia beliau agak keberatan, karena kami tdk punya kerabat d sana, sehingga utk bermalam kami harus mengeluarkan biaya lagi..kebetulan saya berdomisili d pondok aren tangerang,jd seandainya ayah saya harus kontrol d jkt masih ada tempat menginap..terus terang kami tdk ada bayangan tentang operasi yg d alami bapak saya (ternyata bs d lakukan d indonesi)..soalnya dr langganan ayah mengatakan satu”nya yg bisa hanya d s****m ka*****i, dan dgn bayangan harga mahal..beliau akan memberi rekomendasi jk kami mau ke sana, tp akhirnya kami memutuskan utk k malay..terimakasih dokter ..

    • muki partono
      Posted Juli 13, 2012 10:32 am

      Di Indonesia kami rasa sdh sanggup mengerjakan operasi leher dengan tehnik microskop, dzn hasilnya juga memuaskan , kalau mau kontrol boleh saja silahkan datang ke jakarta , tolong dibawa semua data2 yg diperlukan

  • erick
    Posted Juli 14, 2012 9:30 am

    dear dokter muki,
    saya erick dari Pangkalpinang, Bangka Belitung.
    Dok, 15 Mei 2012 lalu saya menjalani operasi pemasangan pen di tangan kanan saya. tulang antara siku dengan telapak tangan dua-duanya patah akibat kecelakaan.
    selama ini saya tetap kerja ke kantor tapi belum berani bawa motor sendiri, jadi menghandalkan teman-teman kantor untuk menghantar/menjemput saya ke kantor.
    yang mau saya tanyakan dok, kapan sebaiknya saya sudah bisa bawa motor sendiri? mohon nasehatnya ya dok, trims dokter muki

    • muki partono
      Posted Juli 15, 2012 5:55 pm

      Tunggu sampai tlangnya sdh menyambung kuat, biasanya sih 2-3 bulan ,

  • nandha abdurrahman
    Posted Juli 15, 2012 7:17 pm

    dok, saya sudah selesai angkat pen dengan 8 skrup. saya ingin bertanya kapan saya bisa berlari seperti biasa? saya takut tulang saya patah lagi karena baru 3 minggu setelah oprasi angkat plat..

    • muki partono
      Posted Agustus 20, 2012 1:34 pm

      tunggu 1 1/2 bulan setelah operasi pengangkatan jd 3 minggu lagi

    • Fajar kristian
      Posted Oktober 25, 2012 11:22 am

      Untuk biaya angkat pen,habis brp?sy pny teman sdh 2thn ini pennya yg terpsng dilengannya blm diambil krn keterbatasan dana n minimnya informasi ttng kisaran biaya pengangkatan pen.tlng jawab y!

  • zami
    Posted Juli 18, 2012 11:35 am

    dok saya mau tanya. pen ditulang saya telah di cabut setahun yang lalu dan tulang ny telah nyambung. boleh gag dok klo saya mengangkat beban dan latihan push up. karena gag ada keluahan dari cabut pen itu. makasaih sebelum ny dok

    • muki partono
      Posted Juli 27, 2012 12:53 am

      Boleh pada dasarnya tulang yg sdh menyambung kualitasnya sama spt kondisi tulang sebelum patah

  • AHMAD
    Posted Juli 19, 2012 5:51 am

    Assalamualaikum Dokter Muki,.

    Apakah HARUS Dokter yang sama pada saat operasi pengangkatan pen..

    trims…

    • muki partono
      Posted Juli 20, 2012 11:20 pm

      sebaiknya ya , kalau mnenggunakan alat pen yg tak lazim, bila menggunakan pen yg umum dipakai sih sebenarnya sih bisa saja, siapapun dokter tulangnya bisa melakukan a

  • Bambang
    Posted Juli 19, 2012 10:50 am

    Assalamualaikum wr wb.

    Dokter Muki yang baik,

    Anak saya 9 th, mengalami patah tulang 1 April 12 yg lalu, patah tulang nya berada di atas siku tangan sebelah kiri, kami bawa ke pengobatan alternatif, dan stelah kami rontgen, terlihat bahwa tulang tidak nyambung.

    Kondisi sekarang tulang sebelah atas sudah tumbuh sehingga mengganjal sikunya sedemikian hingga tidak bisa ditekuk seperti sebelumnya.

    Pertanyaan saya, dengan kondisi tersebut apakah dengan operasi permasalahan tangan anak saya ini dapat disembuhkan Dok.

    Atas advise diucapkan beribu terima kasih.

    Wass,
    Bambang

    • muki partono
      Posted Juli 20, 2012 11:18 pm

      sebaiknya kami periksa dulu anak bapak apakah memang sesuai dengan yg bapak laporkan , krn pengobatan akan berbeda tergantung kondisi tulang terakhir serta fungsi sendi sikunya

      • Bambang
        Posted Juli 25, 2012 3:28 pm

        Terima Kasih pak Dokter atas respond nya, krena kebetulan domisili kami di Medan, sementara apa bisa saya kirimkan foto rontgen terakhirnya ya Dok.

        Kalaupun bisa, bagaimana caranya saya kirim file ke Dokter.

        Terima kasih,
        Wass,
        Bambang S

  • yenny
    Posted Juli 25, 2012 10:05 am

    dok saya operasi tulang kaki Fr.Basal Metatarsal V DX. ini di telapak kaki kanan samping… pasang pen.. operasinya 9 April 2012 , kok sampai saat ini bengkaknya kok masih ada yach. Pagi kempes malam bengkak gt terus.. dan apakah saya sudah bisa lepas tongkat? terimakasih

    • muki partono
      Posted Juli 27, 2012 12:36 am

      Sdh bisa kala masalah bengkak hak yg wajar bisa sampe 6 bulan

  • echo
    Posted Juli 25, 2012 12:47 pm

    halo dokter… saya baru sja mlakukan operasi pemasangan pen di paha kanan. saya ingin tanya, apakah saya bisa brjalan dgn normal kembali? apa ada cara atau makanan yg bisa mempercpt penyembuhan tulang saya? makasih…

    • muki partono
      Posted Juli 27, 2012 12:33 am

      Tujuan operasi pasang pen adalah spy mobilisas cepat berjalan dan tulang menyambung dgnbenar, makanan baca artikel kami tentang hal ini

      • echo
        Posted Juli 27, 2012 11:01 am

        mksh dok…
        tapi kalo mnurut dokter, butuh brpa lama hingga tulang yg patah bisa tumbuh.?
        slain di paha kanan, lutut kanan saya juga retak dan harus d pasangi smacam kawat. saya ingin tanya, apakah stlah sembuh kawat itupun harus di angkat?

        trma kasih atas perhtiannya dok…

  • ghumam
    Posted Juli 26, 2012 1:24 pm

    permisi pak dokter, saya laki-laki umur 17 thn. pd tgl 14 feb 2012 tulang kaki (betis) kiri saya patah + pecah dan kemudian di operasi memakai pen , tp kenapa saat di operasi memakai pen kaki saya yg tadinya patah & pecahnya rapat ko sekarang malah di renggangin yah . memang kenapa sih harus di renggangin ? saya takut sekali kalau terjadi sesuatu yg tidak tidak . Dan sampai sekarang pun tulung kaki saya masih belum rapat . Apa yg sebaiknya saya lakukan pak ?

    mohon bantuan & sarannya ya pak . Terima Kasi8h .

    • muki partono
      Posted Juli 27, 2012 12:13 am

      Saran sebaiknya kai periksa utk evaluasi kembali, kami tdk bisa memberi komentar tentang hal ini krn kami hrs melihat kondisi anda dan foto rontgen terakhir agar tdk salah memberi saran dan komentar

  • anisa
    Posted Juli 27, 2012 1:16 pm

    dr. 2 tahun yg lalu saya melakukan operasi pen pada bagian tulang selangka saya , dulu saya pernah merasakan keluhan berupa benjolan dan merasakan pegal2 pada tbuh saya , namun saat ini saya sudah tidaak mengalami keluhan itu kembali , jd menurut dr. sebaik nya saya melepAS pen itu atau tidak?
    mohon alasan nya .

    • muki partono
      Posted Agustus 7, 2012 10:28 pm

      kalau tulang sdh menyambung baru bisa dilepas pennya, sebaiknya pen dilepas , krn kalau tdk dilepas taku reaksi penolakan pen pada tubuh dan membuat tulang daya elastisnya hilang pada tulang yg terpasang pen

  • Rahmat
    Posted Juli 28, 2012 4:07 pm

    dok, sy pria 22 tahun…
    Tahun 2011 bulan juli sy kecelakaan dan patang tulang betis..dan kumemudian operasi pasang pen sampai sekarang sy belum bisa jalan dengan norman( masih tersa sakit) dan terjadi infeksi bekas jahitan di bawah mata kaki dan kulitx mulai menghitam..
    trimakasih, mohon saranx dok

    • muki partono
      Posted Juli 30, 2012 12:07 pm

      Sebaiknya kamimperiksa uyk evaluasi ulanh, apa penuebab keterlambatannyaa

  • wiga purnomo
    Posted Juli 29, 2012 8:06 pm

    dok , saya patah tulang di tangan kanan sudah 2 tahun lalu .. dan bulan depan akan menjalani operasi copot pen .. yang saya tanyakan , pemulihan setelah copot pen utk menjadi seperti normal kembali kira” butuh waktu berapa lama???
    Terimakasih …..

    • muki partono
      Posted Juli 30, 2012 12:01 pm

      Kalau pen sdh dicopot pemulihan lbh cepat, hanya saja batasi gerakan sampai 11/2 bln sampa lubang bekas screw terisi kembali oleh tulang

      • wiga purnomo
        Posted Juli 30, 2012 3:08 pm

        oke. terimakasih dok.. yang mau saya tanyakan lagi , bagaimana cara mengatasi ketakutan menjelang operasi copot pen nanti ??…
        terima kasih banyak dokter..

  • Anggit pratama
    Posted Agustus 5, 2012 11:10 am

    Dok..seminggu yang lalu saya lepas pen…yang saya mau tanyakan kira2x berapalama untuk lepas tongat?sekian dan terimakasih

    • muki partono
      Posted Agustus 7, 2012 10:03 pm

      sebenarnya tergantung individu masing2, waktu 1 minggu cukup

  • Dion Redano
    Posted Agustus 6, 2012 3:45 am

    Assalamualaikum dokter muki. Usia saya 21 thn. Kaki kanan dan kiri tulang kering saya Patah dan sudah terpasang pen sejak 7 bulan yg lalu. saya sudah berjalan tanpa tongkat sejak 1 bulan yg lalu. Kondisi kaki kiri saya saat ini masih sulit untuk digerakan karna saraf kaki kiri saya mengalami saraf trauma. Yg saya ingin tanyakan, saat ini tepat dibagian tulang kering saya yg patah (kaki kanan) mengalami Pembengkakan (bengkak). Sudah 1 Minggu bengkak ini terjadi dan tidak hilang. Saat berjalan, dibagian bengkak tersebut terasa sakit, bengkaknya pun jika disentuh terasa sakit. Apakah itu wajar dok? apakah kaki kiri saya yg sangat sulit digerakan masih bisa kembali normal (telapak kaki)? Berapakah waktu terlama untuk penyembuhan saraf? Terimakasih sebelumnya ya dok. Wassalamualaikum..

    • muki partono
      Posted Agustus 7, 2012 10:00 pm

      saran jangan lepas tongkat dulu dan pastikan tulangnya dan pennya tdk bergeser dengan foto rontgen

  • Herni
    Posted Agustus 6, 2012 7:29 pm

    Dokter, tgl 1 juli saya kecelakaan, open fracture…kelingking kaki kiri saya patah dan ada bagian yg hilang, plus salah satu pembuluh darah putus. Saya menjalani operasi sedang dan dipasangi k-wire, dan tgl 25 juli k-wire dilepas. Skrg saya sudah bisa berjalan walau masih pincang, dan kaki kiri masih agak bengkak. Apakah bagian tulang yg hilang bisa tumbuh lagi (usia saya 31thn), kalo memang bisa kira2 butuh waktu brp lama? jarinya sekarang tidak bisa digerakan, apakah akan seperti itu selamanya? Terima kasih dokter.

    • muki partono
      Posted Agustus 7, 2012 9:41 pm

      krn anda sdh dewasa tulang yg hilang bisa tumbuh lg asal tdk terlalu besar atau tdk berpengarug terhadap stabilitas tulang tersebut , bila kehilangan tulangnya cukup banyak harus dicangkok tulang

  • yudi
    Posted Agustus 12, 2012 3:09 pm

    dok saya mau nanya ni..saya sudah 8 blan pasca op dan sampai skrng tulang ku belum sepenuh nya nyambung dan pen nya bengkok..dalam kasus pen yang bengkok proses penyambungan tulang nya berapa bulan lagi dok..

    • muki partono
      Posted Agustus 17, 2012 3:46 pm

      Bila pen bengkok da sdh 8 bulan hati2 kemungkinan menyambungnya lambat atau tidak menyambung , saran evaluasi kembali ke dokter yg mengoperasi

  • mutakin
    Posted Agustus 17, 2012 4:39 am

    dok tangan saya dipasang pen di singapore tanggal 13 agustus tanggal 16 baru bengkak sehabis antiseptic habis. kira berapa hari apa perban harus dibuka lagi ada gatel segala ? terimakasih

    • muki partono
      Posted Agustus 17, 2012 3:23 pm

      Proses pembengkakan har ke 3-5 paska operasi wajar saja, sebaiknya kontrol ke dokter tulan utk ganti verban sptnya sdh harus diganti,

  • Irfaisal Hakim Nasution
    Posted Agustus 17, 2012 1:19 pm

    Saya ingin bertanya dok.
    Saya tnggal 5 mei 2012 kecelakaan dok dan tulang clavicula saya jadinya disposisi dok, patah geser doang dok nah akhirnya saya pasang pen di tulang clavicula sebalah kanan saya dok pada tanggal 9 mei 2012.
    Yg ingin saya tanyakan itu apakah sekarang saya sudah bisa untuk mengangkat beban” berat dok ? Bagaimana untuk push up dok ?
    Dan dalam waktu dekat ini juga saya akan bekerja di atas kapal dok sbgai Cadet. Sekiranya saya sudah bisa belum dok untuk melakukan kerja berat dok ? Seperti mengangkat beban” berat itu dok. Terimakasih .

    • muki partono
      Posted Agustus 17, 2012 3:18 pm

      Beban bera belum bisa sebaiknya konsulgasikan ke dokter yg mengoperasi

  • latifah
    Posted Agustus 17, 2012 1:46 pm

    dok, saya mau tanya, berapa biaya pengangkatan pen untuk tulang pengumpil dan selangka?
    terima kasih dok :)

    • muki partono
      Posted Agustus 17, 2012 3:17 pm

      Biaya operasi kisaran 10-11 jtan klas 3

  • agin priyanto
    Posted Agustus 18, 2012 4:31 am

    dok..saya bertanya lagi tspi beda topik..hehehehe..pemasangan pen bhn titanium pada tulang belakang, dengan umur patient 16thn, mnurut dokter bedahnya pen tidak usah d lepas..apakah akan terjadi reaksi penolakan, dan gangguan tumbuh kembang tulang, serta terbatasnya jangkauan gerak?? seperti yg dokter tulis d atas>>??? mohon pencerahannya dok.. :)

    • muki partono
      Posted Agustus 19, 2012 3:51 pm

      kalau pada tulang belakang tdk banyak berpengaruh pada perkembangan tulang krn biasanya umur 16 tahun tulang belakangnya sdh matang

  • Arie
    Posted Agustus 19, 2012 8:13 am

    dok saya mau nanya tulang dan pen saya bengkok apakah mungkin saya bisa berjalan seperti biasa lagi?

    • muki partono
      Posted Agustus 19, 2012 3:35 pm

      kalau pennya bengkok sebaiknya diperbaiki saja ,

  • yunita
    Posted Agustus 19, 2012 11:49 am

    dok..oprasi ambil pen brapa hari harus rawat inap??lalu berapa hari bisa berjalan normal lagi seperti sblum oprasi?
    pen saya di tulang kering dok..

    • muki partono
      Posted Agustus 19, 2012 3:33 pm

      pengangkatan pen di tulang kering cukup 1 hari rawat saja dan jalan bisa spt biasa atau dibantu tongkat

  • j-d
    Posted Agustus 26, 2012 9:26 am

    dok,obat untuk gatal pada luka bekas jahitan setelah angkat pen apa ya?
    apa itu infeksi? tapi pen nya sudah d ambil dok..
    itu di sebabkan kr ap ya dok?

    mohon jawabannya,trimakasih

  • maya
    Posted Agustus 26, 2012 7:06 pm

    dok,saya sudah 1 1/5 th pen ditulang kering.. apakah sudah bisa diangkat pennya,
    setelah itu apa saya harus pakai tongkat , dan berapa lama saya bisa lari lari ?

    • muki partono
      Posted September 19, 2012 10:17 am

      11/2 tahun sdh bisa dilepas tapi kita pastikan dulu dgn foto rontgen , setelah itu kurangi aktifitas sampai 1 bulan paska operasi, setelah itu bebas

  • ricka
    Posted Agustus 27, 2012 10:44 am

    Dok, suami sy kecelakaan 18 th lalu.. dan dipasang pen. sd sekarang pen masih terpasang di siku tangan. Tidak ada keluhan apapun sd skrg. Apakah boleh jika tidak diangkat? Apa resikonya kalau tdk diangkat pennya?

    Kalau diangkat setelah 18 th apakah lebih beresiko?

    Mohon pencerahannya
    Terima kasih sebelumya

    • muki partono
      Posted Agustus 28, 2012 7:35 pm

      Sebaiknya diangkat saja, tdk ada resiko yg berart jika diangkat

  • darmawan
    Posted Agustus 27, 2012 11:05 pm

    dok sy mau tanya.saya pasang Pen clavicula kiri 4tahun yg lalu..selama ini terasa nyeri pada saat angkat beban berat..apa penyebapnya ya dok..bahayakah jk tdk diangkat…brp kisaran biaya angkat Pen dok..mksh atas perhatianya

    • muki partono
      Posted Agustus 28, 2012 7:24 pm

      Mrnt Kami sebaiknya pen diangkat mungkin nyerinya akibat dari pennya atau sebab lain, sebaiknya dicek ulang

  • Mutiara Maharani
    Posted Agustus 30, 2012 8:23 pm

    Dokter saya mau menanyakan mengapa yaa..saya sudah operasi pasang pen kaki karena retak tulang fibula, sekarang sudah 1 bulan tapi anehnya kaki saya kalau bt jalan pasti bengkak tapi kalau kaki saya di lurusin bt istirahat di kasur kaki saya normal kembali dan tidak bengkak, kadang juga kalau bt jalan yang jauh kaki terkadang masih kram. Ini bgmn ya dok??????????

    • muki partono
      Posted September 18, 2012 5:50 pm

      Keluhan yg wajar biasanya baru hilang setelah 4 bulan sabar saja

  • Fahrul
    Posted September 4, 2012 7:44 pm

    dok saya mau tanya istri saya operasi pasang pen dipaha bulan april 2012 dan sampai sekarank masih berdarah dan bernana masih bocor terus kata dokter yg mengoperasinya tidak apa-apa,tapi diperiksa kedokter otopedi lainya malah disuruh periksa paru-paru (foto) dan hasinya diparu-parunya agak kasar
    pertanyaan saya dok..
    kenapa luka operasinya masih ada lobang dan keluar darah dan nana terus menerus sedang operasinyanya suadah berjalan 6 bulan dan apa hubungan pasanga pen dengan paru-paru
    sebelumnya terimah kasih dok

    • muki partono
      Posted September 7, 2012 5:20 pm

      Anda kemungkinan mengalam infeksi tapi hrs dibuktikan, masalah foto rontgen paru dengan infeks dicar kemungknan sumber yg menyebabkannnya

  • ghumam
    Posted September 5, 2012 11:08 pm

    1. Pak saya bisa tidak mengunggah photo (ronsen) saya disini ?

    2. Pak kalau tulang saya yang patah saat dipasang pennya tidak sling dirapatkan (menempel) nanti akan nyambung sendiri atau bagaimana ? mohon penjelasannya ya Pak terima kasih.

  • wiwaha
    Posted September 6, 2012 7:21 am

    Pak kalau orang yg sedang sakit patah tulang menghirup asap rokok (dari orang lain) itu apa efeknya pada saya ?

    apa yg seharusnya saya lakukan ?
    mohon penjelesanya ya Pak terima kasih .

    • muki partono
      Posted September 7, 2012 5:03 pm

      Perokok pasif lbh berbahaya dari merokok aktif, sebaiknya anda menghindar dar orang2 yg merokok, pengaruh kqe tulang secara tdk langsung

  • arman
    Posted September 8, 2012 2:07 pm

    dok saya operasi psg pen diatas siku kiri bulan april 2011 sekarang tangan sy baru bisa terlipat membtk sdt 90 derajat. pertanyaan saya apakah tangan saya bisa terlipat seperti sebelum pasang pen dan apakah ada dampakny dikemudian hari bila pen tidak dilepas.

    • muki partono
      Posted September 10, 2012 9:01 am

      Menekuk maksimal harus diusahakan maksimal dengan latihan dan fisoterapi, kemungkinan masih ada ,malah pen dilepas atau tdk bac arikel kami tentang hal ini

  • hassan
    Posted September 22, 2012 10:11 am

    dok,, dua bulan yg lalu ibu saya pasang pen dikaki… tp kok sekarang pen nya jadi nongol/terlihat… ada riwayat diabetes.. gmn ni dok? baikny…

    • muki partono
      Posted September 22, 2012 11:07 am

      nggak apa2 dirawat saja lukanya dengan baik, yg penting jgn tambah infeksi, jgn terlalu banyak menjejakan kaki dulu sampai tulangnya cukup kuat kira2 3 bulan

  • erich
    Posted September 23, 2012 11:03 pm

    Dear Dr.Muki,

    Saya mau tanya. Istri saya jatuh dr mtr pd tgl 16 september 2012, dan mengalami patah pada pergelangan tangan kanannya. Saat ini telah menjalani pemasangan pen pada 21 september 2012. Apakah pergelangan tangan ini dapat berfungsi normal kembali,mengingat pada pergelangan ini dapat naik turun dan memutar telapak tangan, dan usia istri saya hari ini 32 thn.
    Mohon informasinya mengenai apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan setelah pasca pemasangan pen ini.dan berapa lama waktu yang diperlukan dalam masa pemulihan ini.

    Terima kasih sebelumnya,
    Regards,
    Erich

    • muki partono
      Posted September 29, 2012 1:06 pm

      sebaiknya kami periksa foto rontgen kondisi terakhir, krn sangat berpengaruh terhadap jenis fisioterapinya. masa pemulihan rata2 1 bulan – 3 bulan, memang problem yg paling lambat adalah paska operasi, utk rehabilitasinya

  • ita puspita
    Posted Oktober 3, 2012 10:06 am

    Ass..
    dok,,nma saya ita..sya mau ty..des 2009 lalu ibu saya mengalami ptah tlg dbahu,lengan dan kaki sblh kiri, usia beliau skrg menginjak 59th,smpk skrg almd tdk ad keluhan,,yg sy ty kn dok,,kalau jarak oprasi pengmbiln pen nya trlalu lama,berbhya g dok.mengingt kami msh mengumplkn dana utk oprsi lg.mksh
    Wss..

    • muki partono
      Posted Oktober 6, 2012 8:52 am

      kalau anda tak ada keluhan tdk perlu pen di angkat

  • kaisul
    Posted Oktober 10, 2012 3:53 pm

    ass wr wb
    dok saya seorang pria usia 26th, saya mengalami patah tulang paha dan telah dioperasi pd 11 minggu yg lalu. 7 minggu pasca operasi saya rontgen dan hasilnya tulang paha saya agak melengkung ke atas dan baut2 nya melebihi tulang agak panjang yg ingin saya tanyakan apakah saya dapat berjalan normal kembali dgn tulang yg agak melengkung tsb dan apakah baut yg melebihi tulang dpt menusuk-nusuk daging sehingga dpt menyebabkan infeksi didalam?
    sbgai catatan lutut saya sampai skrng blm dpt ditekuk sepenuhnya dan juga ada 2 benjolan kecil dijalur luka pasca operasi.
    mohon saran dan opininya dok, terima kasih.

    • muki partono
      Posted Desember 17, 2012 6:53 am

      Masalah baut yg melebihi tulang tdk masalah krn ujung baut tumpul , masalah yg bengkok, saran jgn terlalu dijejakkan dulu

  • Nina
    Posted Oktober 11, 2012 11:05 am

    Dok, suami saya pergelangan tangannya dipasang Pen waktu dia umur 14 taun, skarang sudah umur 32 taun, dan belum dilepas. akhir2 ini sering ngilu dan tangannya jadi lemah. melihat profesinya sebagai tattoo artist, maka pergelangan tangannya harus bekerja ekstra, apa ini bisa jadi penyebab? lalu bagaimana cara menghilangkan rasa ngilunya? dan apa perlu di lepas pennya? karena dia takut kalau dilepas malah akan berakibat lebih buruk lagi… terimakasih sebelumnya

  • Indri Kusumastuty
    Posted Oktober 12, 2012 6:11 pm

    Dear Dr. Muki,

    Mhn penjelasan atas jenis pen yang dpt digunakan. Seperti yang dijelaskan pada web ini, terdapat 2 jenis pen, yaitu Stainless Steel dan Titanium. Apakah jenis Stainless Steel lbh mudah patah/rusak setelah pemasangan pen dibanding Titanium? Hal apa saja yang dapat menyebabkan pen patah/rusak setelah pemasangan pen, baik Stainless Steel maupun Titanium?

    Terima kasih dokter

    • muki partono
      Posted Desember 16, 2012 9:16 am

      Baik stainless steel maupun titanium bisa saja patah bila melebihi kemampuan daya tahannya, tapi yg membedakan adalah bahan stainless steel daya adhesinya terhadap kuman lbh tinggi sehingga tdk bisa ditanam lama2 dalam tubuh, sedangkan titanium sedikit, q

  • westy
    Posted Oktober 17, 2012 6:40 pm

    Dok saya mau tanya..8bln yg lalu anak saya operasi pemanjangan tulang.sehingga di pasang pen di paha kirinya.sampe skr pennya blm dibuka.kpn sebaiknya pen itu di buka? dan knp n anak saya jlnnya jd menjinjit ya dok? brp biaya buka pen? terima ksh atas jwbnnya dok..

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 11:03 am

      Pen dicabut sampai tulanhnya menyambung sempurna biasanya paling cepat 1 tahun, bisa lebih saran sebaiknya dievaluasi dengan foto xray ulang

  • Eunike
    Posted Oktober 18, 2012 10:54 am

    Dear Dr. Muki,
    Ayah saya 72 th. April lalu operasi penyambungan kaki kanan. Apakah perlu dilakukan pengangkatan pen ? mengingat beaya pengangkatan pen besar juga.

    • Eunike
      Posted Oktober 18, 2012 2:58 pm

      Dan,,, selain itu tangan kanan ayah saya tdk bisa dibuat genggam. Jadi seharusnya kalau jalan sudah bisa pakai walker, karena tangan kanan tdk berfungsi baik, maka tidak bisa menggunakan walker.

  • owhe_adhitya
    Posted Oktober 24, 2012 12:11 pm

    dok sya pasang pen thn 2007 sampai saat ni sya blm angkat pennya…klo ga diangkat ap ada dampak dan efeknya ga dok?klo diangkat ap msh bisa?

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 9:47 am

      Pertanyaan anda jawabannya ada pada tulisan saya di web tentang hal ini , baca ya

  • cugiarto tjoe
    Posted Oktober 25, 2012 9:32 am

    Dear Dr.Mukti

    Dok saya punya 2 keluhan sehabis operasi
    1.Dok,knapa sehabis operasi patah tulang fibula jari-jari
    Kaki koq pada nyeri?
    2.Dok,knapa kaki kita jadi hitam dan di penuhi dengan lebam
    Knapa ya dok?
    Tolong di jawab ya dok terima kasih

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 9:22 am

      Biasanya habis operasi jd lbh bengkak hal ini yg membuat nyeri dan warna kwhitaman pada kulit dan lebam saran kmpres es

  • eko
    Posted November 4, 2012 7:17 am

    dok’ ada gag sh waktu maksimal bwat lpas pen ?

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 8:30 am

      Ideal setelah tulang menyambng rata2 1 tahun, batas maksimal tdk ada hanya saja semakin lama kemungkinan sukar dilepas lbh besar

  • Rina
    Posted November 6, 2012 3:52 pm

    Dok, mo tanya.. saya pernah kecelakaan motor dan mengalami patah tulang pada tahun 2006, patah tersebut di dua tempat, tulang betis dan engsel kaki (di mata kaki), yang di engsel itu dipasang Pen sedangkan di betis tidak (saat itu Dokter yang menangani bilang cukup dipasang gips karena masih muda dan tulangnya masih bagus).

    Sampai saat ini Pen tersebut belum dilepas. Meskipun Saya tidak mengalami keluhan apapun (misalnya ngilu, sakit, dll), apakah Pen tersebut harus tetap di buka? Yang saya khawatirkan karena Saya gemuk dan jika pen dilepas akan ada rongga di tulang maka tulang saya tidak kuat menopang berat badan saya sehingga tulang tersebut akan patah kembali.
    mohon saran dari dokter. Terima kasih.

    • muki partono
      Posted November 7, 2012 10:04 am

      baca artikel kami tentang hal ini ya pada web

  • susi
    Posted November 7, 2012 11:41 am

    saya mau tanya dok, pen yang sudah terpasang di pergelangan tangan selama 4 tahun dan harus dilepas sampai sekarang masih belum dilepas. tapi akhir2 ini sering bengkak dan terasa sakit. bagimana u tuk mengurangi rasa sakitnya karena untuk saat ini belum memungkinkan untuk dilepas, terimakasih

  • Eunike
    Posted November 7, 2012 12:15 pm

    Dokter Muki, ayah sy 72 tahun, sudah hampir 7 bulan lalu operasi pemasangan pen di bawah betis. Namun mau dibuat jalan kaki pakai walker masih sakit. Jadi belum berani jalan sampai sekarang,karena sakit. Apakah sudah boleh yah dok, jalan dg telapak kaki nempel di lantai dg walker meski terasa sakit?

  • samy
    Posted November 9, 2012 3:16 pm

    aslm dok,
    sebulan lalu saya operasi pasang pen di tulang kering dan fibula, yang saya tanyakan knapa tlapak kaki bag atas trasa bal,kesemutan,dan jempol kaki tak bisa dgerakan naik, tpi kalo kebwah bisa dok,
    trus otot paha juga mengecil dok, apakah krna saraf yg mati dok?, apakah ada obat untk saraf yg mati dok?
    mhon pencerahany dok,
    terimakash

    • muki partono
      Posted November 14, 2012 12:48 pm

      keluhan anda sepertinya gejala penekanan saraf pinggang , saran sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter tulang, konsumsi vitamin saraf saja sementara

  • Joe
    Posted November 10, 2012 4:54 pm

    Salam Kenal dr. Muki

    Dalam waktu dekat saya akan menjalani operasi terhadap tulang kaki kiri yang patah. Apakah memang betul jika kita akan menjalani suatu operasi kaki maka kita akan dibius melalui suntikan di tulang ekor?? apakah tidak ada efeknya?? terimakasih

    • muki partono
      Posted November 14, 2012 12:42 pm

      tehnik pembiusan ada beberapa cara kalau yg mau dikerjakan pada anda adalah tehnik spinal anestesi, bisa juga dgn pembiusan umum , efek samping tehnik spinal , biasanya setelah operasi bisa sakit kepala tapi tdk selalu, dan kadang terasa nyeri pinggang

  • wardi
    Posted November 12, 2012 2:01 pm

    dok, tulang lengan saya sebelah kiri dari separuh lengan sampai sendi bahu disambung tulang buatan, karena terkena tumor tulang. pemasangannya april 2004. Apakah efek pemasangan tulang buatan tersebut jika dalam waktu lama ?

    • muki partono
      Posted November 14, 2012 11:50 am

      tidak ada , krn sdh teruji , biasanya reaksi penolakan tapi kan sdh lama artinya tdk ada penolakan dari tubuh anda

  • Eunike
    Posted November 14, 2012 3:16 pm

    Dokter Muki, ayah sy 72 tahun, sudah hampir 7 bulan lalu operasi pemasangan pen di bawah betis. Namun mau dibuat jalan kaki pakai walker masih sakit. Jadi belum berani jalan sampai sekarang,karena sakit. Apakah sudah boleh yah dok, jalan dg telapak kaki nempel di lantai dg walker meski terasa sakit?
    Mohon direlpy…

  • shanty
    Posted November 16, 2012 9:29 pm

    Dokter muki,sy sdh 2thn pasang pen di paha,pinggul,rusuk dan lengan.sering kali ada keluhan sesak napas dan ngilu di tulang rusuk.apakah harus buka pen dan brp lama masa penyembuhannya.terima kasih dokter mohon direplay

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 10:31 am

      Kalau memang ada keluhan sebaiknya pen dilepaas

  • Wisnu
    Posted November 17, 2012 2:14 pm

    Selamat siang dok…. Saya pernah mengalami fraktur… Tepatnya fraktur femur… Setelah selang satu taun, saya mengalami kecelakaan dan fraktur lagi, frakturnya lebih banyak yaitu fraktur femur 2 lokasi, f cruris, f acetabullum, yang saya mau tanyakan suplemen apasaja yang dianjurkan untuk penderita fraktur…??? Saya dapet resep dari dokter hanya meloxicam dan cal 95…

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 10:20 am

      Konsumsi makanan yg banayk mengandung kalsium dan berjemur matahari pagi dibawah jam 10 selama 20 mnt

  • maya
    Posted November 18, 2012 7:15 am

    dok,mau tanya.
    umurku 17 tahun,sudah 2 tahun kakiku di pen,sebaiknya dilepas atau tidak.
    dan apa pen itu menghambat pertumbuhan tulang.
    saya sendiri seorang pelajar,bagaimana kalau setelah lepas nanti banyak kegiatan . saya takut kaki saya nantipatah lagi.
    dan kaki saya kalau di buat lari masih sakit sekali dk,apalagi kalau dingin itu sangat linu.
    apakah tulang saya sudah nyambung bener ya dok ?

  • ufy
    Posted November 18, 2012 11:16 am

    Dok saya sudah 4th oprasi kaki pda tulang kering dan tulang pergelangan kaki,tpi platina blm diambil lagi,sekarang tiba2 ada rasa nyeri pada bekas oprasi d’tulang kering,dan ada sedikit memar merah,jika tersentuh juga sakit,kenapa ya dok?apa berbahaya?apa ada reaksi penolakan pda tulang kering?mohon penjelasan’y ya dok,terimakasih

  • jusuf
    Posted November 27, 2012 4:31 pm

    dokter,

    saya ada rencana
    untuk pencabutan pen di tulang belikat bahu kanan

    kira2 berapa lama proses operasi dan berapa pasien harus istirahat setelah operasi.

    tolong infonya, rencana mau bulan desember 2012 di RS. Puri.

    Terima kasih

  • tommi
    Posted Desember 4, 2012 8:11 pm

    dokter.saya mau tanya,dulu saya mengalami kecelakaan,dan pasang pen tepat di pergelangan kaki kanan saya,dan sudah hampir setahun 5 bulan belum dicabut karna kurang biaya,berapa lama dok batas waktu pencabutan pennya.tlo di respon ya dokter.thanks

    • muki partono
      Posted Desember 4, 2012 8:18 pm

      Tdk ada batasan sepanjang tdk ada keluhan

  • ELIA
    Posted Desember 10, 2012 12:54 pm

    dokter Muki,

    Setelah membaca artikel yg dokter tulis ini agak mengerikan juga apabila terjadi infeksi kulit akibat pen tidak diangkat. Yang saya ingin tanyakan keluhannya itu seperti apa dok? apakah gatal2? atau nyeri? suami saya dipasang pen tahun 2001 di tempurung lutut dan 2004 di tangan sampai sekarang blm ada keluhan.Terimakasih atas jawabannya

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 8:25 am

      keluhannya gatal sampai luka yg tak sembuh disekitar bekas luka sayatan operasinya

  • andika
    Posted Desember 14, 2012 5:26 am

    assalamualaikum wr.wb pak
    saya ptah pda prgelangan kaki krna main bola dan dpsangi 2buah pen,,sdah 1thn lbih
    skrg sya sdh bisa berlari dan lompat2 lgi,sya sngat sng bsa spt skrg,,sya mw tanya
    klu kki msih pkai pen apa boleh dbwa lgi main bola atw stelah lepas pen nanti apa sya bisa main bola lagi pak
    terima kasih.

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 8:11 am

      saran pennya di cabut dulu , spy kalau jatuh tdk mudah patah

      • andika
        Posted Desember 16, 2012 1:54 am

        klu pen nya sudah di cabut masih bisa ga pak saya main bola,,mohon sarannya pak
        terima kasih

        • muki partono
          Posted Desember 16, 2012 8:17 am

          Pasti bisa dong

          • andika
            Posted Desember 16, 2012 7:20 pm

            alhamdulillah sya sngat snang mndngarnya pak,,tp apkah ada efek yg lainya,,seandainya trkena bnturan,apkah tulang sya sdh kuat lg,sya tkut ptah lg,tp sya sngat hoby skali main bola pak
            mohon pnjelasanya…terima kasih

  • Nunus
    Posted Desember 14, 2012 4:31 pm

    Dear Dokter…..
    Suami saya beberapa saat yang lalu menjalani operasi pemasangan pen di tulang belikatnya yang patah…
    Setelah operasi, keluhan demam, nyeri tulang, dan “mriang” (Jawa) sering didasakan….
    Kenapa ya, Dok ?
    Bagaimana cara mengelolanya ?

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 8:03 am

      coba di cek kembali darahnya jgn2 kurang darah bisa menyebabkan hal spt ini , periksakan HB di Lab atau sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter yg mengoperasi

  • Leni siswati
    Posted Desember 16, 2012 6:07 am

    dokter, sebenarnya apa efek petir tehadap pen? apakah benar menyebabkan linu? terus kalau ada, apa solusi nya?

    • muki partono
      Posted Desember 16, 2012 8:15 am

      Rumor yg tdk benar bahwa pengaruh petir bisa buat linu yg bisa adalah efek dingin bisa menyebabkan linu , jangankan yg habis operasi pasang pen , orang normal saja kalau kena dingin atau di udara yg dingin akan terasa linu hal yg wajar kpmitu terjadi krn efek dingin menyebabkan aliran darah berkurang akibatnya jd linu

  • yuni
    Posted Desember 16, 2012 5:11 pm

    saya sdh 10 th pasang pen,apa ga masalah yuh dok,takutnya ad penyakit lain tumbuh

    • muki partono
      Posted Desember 17, 2012 7:04 am

      Baca artikel tentang hak ini pada web kami

  • Abdi Ariifn
    Posted Desember 17, 2012 12:58 pm

    selamat siang dok,…pemasangan scrub pen dalam, sebagai alat pelengket pd tulang patah itu apa perlu melubangi tulang???ato dipasangkan ke sesama pennya antara sisi???trims sbelumnya dok,…karena tulang saya masih dipen kira-kira 3 bulanan ini.

    • muki partono
      Posted Desember 17, 2012 9:15 pm

      pasang pen dengan melubangi tulang screw terpasang untuk menempelkan pen pada tulang

  • robi ahmad
    Posted Desember 19, 2012 8:04 am

    dok mau tanya,..berapa bulan tulang rahang bisa nyambung sempurna setelah dioperasi dan dipasang pen di 2 tempat,umur saya 33 th,..

    • muki partono
      Posted Desember 22, 2012 10:24 am

      penyambungan tulang dimulai 3 minggu dan sempurna 3- 6 bln tergantung jenis tulangnya kalau rahang biasanya lbh cepat

  • inge
    Posted Desember 23, 2012 7:30 pm

    saya baru sja melakukan oprasi pemasangan pen di ruas jari manis tangan kanan saya. pen tersebut tertanam dan sebagian keluar diantara jari manis dan jari tengah saya. pertanyaan sya, apakah bagian pen yang keluar itu harus terus ditutup perban atau sejenisnya atau ada cara perawatan lain? kemudian nanti apakah pen tersebut bisa terlepas dengan sendrinya? trimakasih

    • muki partono
      Posted Desember 26, 2012 10:42 am

      sebaiknya ditutup utk mencegah terjadi infeksi , pennya nantui akan dilakukan penagngkatan kembali kalau anda beruntung bisa copot sendiri , tapi waktunya jgn kurang dari 1 bulan krn tulang belum menyambung

  • attedy
    Posted Desember 26, 2012 4:21 pm

    salam dok,
    saya pasang pen d salah satu tulang rusuk yg patah, udah sekitar 3 thn belum di buka, 1 thn setelah pemasangan rambut saya rontok sampai sekarang. apakah ada pengerauh dri pemasangan pen tsb?, atau dr anastesi wktu operasi?, sya sbaiknya bgmna dok.
    terimaksh

    • muki partono
      Posted Desember 27, 2012 9:36 am

      setahu kami tdk ada hubungan antara rambut rontok dengan pengaruh obat anestesi

  • Muhtadi
    Posted Desember 30, 2012 7:43 am

    dok, saya seorang siswa berumur 17thn.
    sebulan yang lalu, jari saya patah sampai tulang antara sendinya keluar. setelah saya menunggu lukanya sembuh, ternyata jari saya jadi bengkok dan tulangnya seperti membengkak.
    apakah jalan pemasangan pen masih memungkinkan agar jari saya bisa kembali normal dok .. ?
    terimakasih ..

    • muki partono
      Posted Desember 31, 2012 9:52 am

      Pen hanyalah alat bantu, jd tdk selalu kalau dipasanh pen pasti menyelesaikan masalah kadang patah tulang tertentu tdk bisa dipasang pen

  • Bambang Prakoso
    Posted Januari 4, 2013 10:54 pm

    Dok, saya baru saja operasi pemasangan implant dan pen utk tulang engkel lengan kiri atas dan pasang pen utk tulang lengan atas. Ada 3 screw. gerakan lengan kiri jadi terbatas, selama ini belajar grakan pendulum. Apakah ada trknik fisioterapy khusus utk menormalkan gerakannya ? apakah perlu rontgen tiap bulan utk kontrol pen dan sambungan tulangnya ? Salam hormat dan terima kasih.

    • muki partono
      Posted Januari 5, 2013 8:54 am

      latihan fisioterapi yg baik hrs dengan bantuan terapisnya langsung jgn mengandalkan alat, dan teratur sabar saja

  • abdul
    Posted Januari 10, 2013 1:38 pm

    siang dokter.
    jika patah tulang. lalu selama 2 bulan lebih tulangnya belum tersambung. ada kemungkinan tulang itu akan mati tidak dok?
    jika d sambung kembali bisa tidak normal kembali?
    terima kasih dokter

    • muki partono
      Posted Januari 17, 2013 4:03 pm

      tulang selama dalam tubuh dan mendapat makanan tak akan mati, jd kalau disambung akan menyambung kembali

  • raviq
    Posted Januari 11, 2013 7:39 am

    assalamualaikum. wrwb.
    dokter saya pernah patah tulang di pergelangan tangan dan di pasang pen di dua ruas tulang tersebut. setelah satu tahun per tersebut diangkat. yang mau saya tanya apakah kekuatan tulang tersebut sama seperti sebelum patah. karena setelah pemasangan dan pengangakatn pen itu saya tidak pernah merasa nyeri dan sakit bahkan saya bisa push up. saya baru parcaya bahwa rasa nyeri dan linu karena pemasangan pen hanya mitos saja.

    • muki partono
      Posted Januari 17, 2013 3:54 pm

      anda betul sekali mitos itu tak benar, dan kekuatan tulang bila pen sdh diangkat kembali seperti semula

  • levie
    Posted Januari 12, 2013 12:10 pm

    dok sy mau tanya,skitar tahun 2008 suami saya mengalami kecelakaan,dan bisa di bilang sangat parah.kmudian di dlm rahang suami saya di pasang pen.yg mau sy tanyakan,sebaiknya sampai jarak brapa tahun pen tsb harus di buka? dan bgaimana jika tidak di buka? sampai saat ini tidak ada keluhan apa2.mhon d jawab

    • muki partono
      Posted Januari 17, 2013 3:42 pm

      baca artikel kami tentang hal ini prinsip sebaiknya dibuka jgn tungu lama krn secara tehnik akan sulit membukanya, tapi kalau tdk ada keluhan tak peru dilepas

  • Dwi habita arbani
    Posted Januari 14, 2013 3:46 am

    Salam kenal dokter,ini saya dwi mau bertanya.
    Kemarin tangal 10 januari saya baru operasi pemasangan pen di jari telunjuk sebelah kiri 2 buah,karna patah 1 ruas jari saya.
    Saya ingin bertanya :
    -kenapa pada pemasangan pen nya hingga ruas ke 3 pada jari telunjuk saya ya dok?
    Dan kira-kira berapa lama peroses pemulihan tulang tangan saya,agar bisa secepatnya di copot pen nya.?
    -Makanan dan suplay apa yang dapat mempercepat peroses penyatuan tulang?
    -Hal-hal apa sajakah yang harus saya perhatikan selama pen tersebut masih terpasang?agar saya dapat membatasi aktifitas-aktifitas yang sekiranya tak perlu saya lakukan.
    -Apakah setelah pen di lepas dan tulang telah menyatu jari kita dapat berfungsi seperti sedia kala lagi seperti sebelum patah?
    Terimakasih banyak dokter..
    Mohon kirimi jawabanya pada e-mail saya ya dokter.

    Karna saya untuk hal-hal seperti ini kurang mengetahui dan memahaminya.

    • muki partono
      Posted Januari 16, 2013 12:34 pm

      saran sebaiknya anda lampirkan foto hasil operasi baru kami bisa beri pendapat , pada patah ruas jari sama saja dengan patah tempat lain hanya saja mudah terjadi kekakuan sendi dan jari saran sebaiknya laihan fisioterapi utk mencegah hal tersebut, makan makanan yg banyak mengandung kalsium spt susu, keju, sayur bayam, yogert, dll

  • Gunawan
    Posted Januari 15, 2013 7:56 am

    pak dokter saya mau tanya apa fraktur mandibula sama seperti fraktur lain ditubuh??saya mengalami fraktur mandibula dan ada 2 buah pen kiri dan kanan rahang dan sudah jalan 2 tahun apa saya harus segera angkat pennya? karena pennya kata dokter bedah plastik dan dokter tulang bilang pake titanium, dan sekarang ini rahang kanan nyeri sampai seperti migran rasanya tapi kadang hilang nyerinya… apakah penyebabnya? terimakasih pak dokter hormat saya

    • muki partono
      Posted Januari 16, 2013 12:38 pm

      kalau menurut kami pada mandibula sama saja kalau tdk ada keluhan tdk perlu operasi krn bahan terbuat dari TITANIUM yg rekasi penolakan minimal malah hampir tdk ada

  • kaisul
    Posted Januari 15, 2013 4:12 pm

    dok, setahun yg lalu saya kecelakaan mengalami patah tulang femur dan sudah di operasi pasang pen dan hasilnya cukup bagus, tetapi saya belum bisa jalan normal sampai sekarang dikarenakan lutut saya berubah posisi agak keatas dibandingkan dengan lutut yg satunya lagi dikarenakan jarang digerakkan. lalu kata dokter saya mengalami putus urat bawah lutut dan disarankan utk operasi penyambungan otot pada lutut dan dipasangi kawat utk menjaga posisi lutut pada tempatnya.
    pertanyaan saya apakah menurut dokter lutut saya bisa disembuhkan tanpa operasi dan seandainya harus operasi berapakah kira-kira biayanya menurut dokter?
    terima kasih.

  • Suryani
    Posted Januari 16, 2013 11:33 am

    Dok, 6 bulan lalu saya operasi tulang lutut pasang pen, dan karena pen kepanjangan sehingga menusuk dan melukai jahitan jika ditekuk dan luka sampai sekarang sehingga mengganggu sekali . Luka selalu di perban , kira- kira kapan pen bisa diambil ya dok..Terima kasih

    • muki partono
      Posted Januari 16, 2013 1:52 pm

      rata 1 tahun , tapi kalau sdh tulang menyambung egera di lepas saja pennya

  • kaisul
    Posted Januari 16, 2013 1:26 pm

    dok, saya punya masalah pada lutut lalu saya foto rontgen dan hasil pemeriksaan radiologinya sbb:
    -kedudukan tulang baik
    -struktur tulang femur dan tibia febula kiri porotik
    -tampak bekas fraktur lama 1/3 medial os femur kiri dgn terpasang fixasi
    -tak tampak lesi patologis
    -tampak spur formation pd eminentiaintercondyloideaos tibia kiridan tepi inferior os patella kiri
    -aspek medial sela sendi femorotibia kiri agak menyempit
    -jaringan lunak baik

    kesan: tanda2 osteoarthrosis genu sinistra dgn osteoporosis( e.c. non use osteoporosis krn fraktur lama 1/3 medial os femur kiri)

    kata dokter ikat depan sendi lutut saya / ACL saya sobek dan harus di operasi

    saya mohon penjelasan dokter atas hasil dipemeriksaan radiologi di atas dan apakah lutut saya bisa disembuhkan tanpa operasi serta jika dioperasi ditempat dokter Muki brp biayanya?
    terima kasih

  • Tya
    Posted Februari 7, 2013 9:10 am

    Met pg dok..
    Dok gmana rasanya kalo pen yg dpasang dikaki itu patah?
    Apakah getaran krn naik spd mtr bs membuat pen patah?
    Kaki saya,betis kanan,ke2 tulang patah,ini sudah 1,5 tahun tepasang pen..dan sekarang terasa kaku dibetis kanan bagian depan..mohon informasinya..trimakasih

    • muki partono
      Posted Februari 14, 2013 9:10 pm

      bisa saja pen patah, sebaiknya pastikan dengan foto rontgen , belum tentu kekakuan akibat pen patah

  • dewii
    Posted Februari 8, 2013 8:50 pm

    dok, baru saja 1 hari yang lalu saya dan sahabat sya mengalami kecelakaan..
    tulang paha sebelah kiri teman sya patah, dan tadi pagi baru di operasi pasang pen..
    kira” bagaimana cara yang baik bagi sya untuk merawat nya ?
    terima kasih..

    • muki partono
      Posted Februari 13, 2013 1:01 pm

      biasanya dirawat di rumah sakit perlu 4-5 hari, dan pasien 24 jam setelah operasi bisa duduk , dan bisa berdiri dibantu, nanti jalan dengan menggunakan 2 tongkat

  • anisa
    Posted Februari 12, 2013 5:53 pm

    dok saya mau tanya,operasi memanjangkan tulang (me nambah tinggi ) itu aman ? bagaimana prosesnya dan lama penyembuhan

    • muki partono
      Posted Februari 13, 2013 12:09 pm

      proses operasi tambah tinggi agak repot krn harus menggunakan besi yg tanpak diluar , dan diputar utk menambah panjang tulangnya setiap hari 1 mm, jadi kalau mau menambah 5 cm brarti 50 hari pakai alat tersebut dan perlu pengawasan yg teratur

  • herman
    Posted Februari 12, 2013 6:06 pm

    dok saya umur 19 thn,saya ingin menambah tinggi,apakah masih bisa?

    • muki partono
      Posted Februari 13, 2013 12:08 pm

      hrs diperiksa apakah lempeng pertumbuhannyan belum menutup, bisa dipacu dengan olah raga yg rutin 3 kali seminggu dan konsumsi kalsium dan multivitamin

  • herman
    Posted Februari 14, 2013 3:39 pm

    dok saya sempat baca di bagian presentasi doktor tentang memanjangkan tulang kering?
    apakah itu aman dok? brp lama waktu recoverinya dan biayanya itu kira kira brp dok?

    • muki partono
      Posted Februari 14, 2013 8:41 pm

      aman kami ada pengalaman memanjangkan 14 cm, hanya saja hrs dirawat dan pengawasan ketat, biaya kisaran 30 jtan klas 3

  • herman
    Posted Februari 15, 2013 12:42 pm

    itu sudah termasuk biaya inap di RS dok atau bisa rawat jalan atau bagaimana?

  • inne
    Posted Februari 19, 2013 9:31 am

    selamat siang dok,
    saya ingin berkonsultasi, nama saya inne, tahun ini umur saya 19 thn. saya penderita skoliosis. pada tahun 2010, saya memutuskan untuk memasang pen di tulang belakang saya, dokter mengatakan pen tersebut permanen dan tidak akan di lepas. lalu awal tahun ini, saya terjatuh, ketika terjatuh, punggung saya duluan yang menyentuh lantai. dan saya merasakan nyeri di tulang belakang saya bagian atas. saya memutuskan untuk memeriksanya ke dokter. lalu dokter menyuruh untuk rontgen. dari hasil rontgen, dokter mengatakan pen saya yang paling atas bergeser. dokter mengatakan harus dilakukan pengangkatan pen, tapi dilihat tiga bulan lg. ketika saya bertanya kepada dokter apakah jika pen tulang belakang saya di angkat, akan merubah tulang saya seperti sebelum di operasi lg? lalu dokternya menjawab “kalau pemasanagan pen sudah setahun, seharusnya tidak berubah lg” tp jawaban dokter itu tidak terlalu meyakinkan saya. saya masih khawatir jika pen di buka, maka tulang belakang saya akan bengkok lg seperti dulu. saya pun mencari second opinion. dokter kedua dari rumah sakit yang berbeda mengatakan, beliau memberikan dua 2 option. option pertama, dia akan mengencangkan bagian pen yang bergeser. option yang ke dua, mengangkat bagian pen yg bergeser saja, jd tidak seluruh pen yg di angkat. beliau mengatakan, dia tidak berani untuk mengangkat seluruh pen di tulang belakang saya, karna takut berubah sepertisebelum di operasi. saya pun makin bingung. saya harus menjalani yg mana. sebetulnya, saya akan lebih nyaman jika di operasi di dokter pertama saya, karna beliau tau riwayat penyakit saya bagaimana, dari awal saya di nyatakan menderita skoliosis, beliau yg menangani saya. dan beliau juga yg mengoperasi saya. dan hasil operasinya pun memuaskan saya. tp ketika beliau menyuruh saya mengangkat seluruh pen di tulang belakang saya, saya ragu, karna takut tulang belakang saya menjadi bengkok seperti dulu. bagaimana menurut dokter? mana yg harus saya pilih? saya menunggu balasan dari dokter, terimakasih dokter, wassalam.

    • muki partono
      Posted Februari 24, 2013 5:51 pm

      keputusan ada pada anda , kami tdk bisa memberi pendapat , kalau kami mementingkan fungsi, jd lihat saja 3 bulan kalau nyerinya sdh berkurang dan tak mengganggu yg tdk perlu diperbaiki krn scrup satu kendor atau lepas tdk mempengaruhi secara keseluruhan kemungkinan tulang anda sdh menyatu tapi di sisi lain pen tetap ada pada tubuh anda lbh menjamin tulang belakang anda tdk kembali spt semula ibarat pohon yg mau rubuh diganjal oleh sesuatu agar tdk rubuh

  • badzlan hasbi
    Posted Februari 19, 2013 3:42 pm

    assalam, dok… :)

    begini dok, sya berumur 16 thun wktu tgl 5 jan saya kecelakaan. nah tuh saya gk sdar selama 7 hari setlh kecelakaan :(. pass dah sadar ternyta kaki kanan bagian lutut/dengkul deket paha terjadi patah tulang tapi dia serpihan-serpihan dok.
    akhirnya sya dah selesai operasi tuh sya di PEN gtu deh dok.(di bagian dengkul hingga bwh lutut itu hsil ronsegnya sih??)
    sekarang dah 4 mingguan stelah operasi.
    tadinya minggu ke 3 kaki sya hnya bisa lurus saja bengkok sedikittt bangeet bisanya dok.
    akhirnya bapak sya panggil tkng urut, setelah di urut alhamdulillah kaki sya bisa bengkok 90derajat dok.
    tpii.. kalo mau lurus 180 derajat kakinya susah bangett :( .

    sebenernya ya dok menurut medis tuh anak 16 thun yg patah tulng dan di PEN dapat seperti semulanya lagi tuh kapn ya dok setelah pemasangan PEN dan dapat berjalan NORMAL lgnya kpn jg Dok…???
    kenapa begitu ya dok??

    • muki partono
      Posted Februari 24, 2013 5:43 pm

      pertanyaan ini sdh sering di jawab, cari tahu lbh dalam , saran lakukan fisioterapi dengan teratur dan benar , agar hasilnya maksimal perlu waktu 4 bulan tuk bisa menekuk lbh baik

  • supriyati
    Posted Februari 21, 2013 8:44 am

    dok.aku mengalami kecelakaan dan dipasang pen di bahu kiri dan pergelangn tangn.dah 2 bulan dipasng pen.smp saat ini baru bisa mengepel jari dan menekuk siku.apa kah normal dok.alna lom tangan ku lom bisa ngangkt keatas.kira2 berapa lama bisa normal

  • wulan
    Posted Februari 21, 2013 5:14 pm

    Slm knal dok, teman saya kaki nya d pen udah 10th gak d lepas, buat jalan jauh gak kuat dok, cpt pegel. Mnurut dktr bgmn? Apa hrs d lepas? Apa kalau sudah d lepas jalanya bisa normal lg? Krn skrg jalanya pincang dok. Trmksh

    • muki partono
      Posted Februari 24, 2013 5:31 pm

      harus dipastikan jalan jauh yg tdk kuat krn apa? bisa akibat pen yg belum dilepas bisa juga sebab lain , misalkan tulangnya belum menyambung juga, saran konsultasikan ke dokter tulang

  • suryani
    Posted Februari 23, 2013 7:19 pm

    dok saya punya teman sudah pasang pen/platina selama 3 tahun, yang mau saya tanyakan apakah platina yang terpasang itu bisa berkarat ditempat yang dipasang paltina.

    • muki partono
      Posted Februari 24, 2013 5:16 pm

      bisa saja , sebaiknya memang kalau tulangnya sudah menyambung pen dilepas krn sdh tdk berguna buat tubuh anda

  • kun
    Posted Maret 9, 2013 5:56 pm

    dok, umur saya 31th. sekitar 2 tahun lalu saya jatuh dr ketinggian, karena terjadi fraktur di lumbalis 4-5 sy d pen. Kaki kanan saya foot drop.
    Apakah pen ini perlu di ambil dok.? Kalau di ambil kira2 butuh berapa lama penyembuhanya dok.?
    Terimakasih.

  • rika nofiyanti
    Posted Maret 13, 2013 2:02 pm

    Ass dokter
    Sya pasca operasi pemasangan pen d tulang belakang tahun2009, kta dokternya, pen tsb tdak d buka lgi,
    Apakah itu benar dan adakah akibat nya bg tubuh sya??

    • muki partono
      Posted Maret 24, 2013 10:31 am

      Kalau tdk ada keluhan tdk perlu dilepas

  • jarinsar
    Posted Maret 14, 2013 5:55 pm

    nama saya jarinsar pria berusia 28 tahun. saya mau nanya dok, kira2 brp lama perawatan agar bisa berjalan normal setelah operasi buka pen di bagian paha sebelah kanan, timakasih.:)

  • Asri
    Posted Maret 16, 2013 5:39 pm

    maaf dokter, saya mau tanya ayah saya umur 50 th, kecelakaan terjadi fraktur pada bagian paha sebelah kanan sudah 3 tahun ini terpasang pen
    tapi akhir-akhir ini ayah saya sering merasakan lini pada bagian paha sebelah kanannya,
    menurut saran dokter bagaimana? terimakasih ya dokter

    • muki partono
      Posted Maret 17, 2013 2:29 pm

      Pastikan apakah kondisi tlg sdh menyatu kl sdh pen dilepas saja

  • Andri
    Posted Maret 17, 2013 8:27 pm

    Dok, saya sekitar setahun lalu fraktur tibia, akhir bulan ini akan dilakukan tindakan operasi pencabutan pen. Dari pengalaman dokter, berapa lama kira2 saya dapat berjalan normal pasca operasi pencabutan?
    terima kasih.

  • jarinsar
    Posted Maret 18, 2013 11:41 pm

    nama saya jarinsar pria berusia 28 tahun. saya mau nanya dok, kira2 brp lama perawatan agar bisa berjalan normal setelah operasi buka pen di bagian paha sebelah kanan, dan berapa besar perbedaan biaya antar kelas 1& 2 bserta efek hasil dri pengobatan antar kelas tersebut..? timakasih.:)

    • muki partono
      Posted Maret 21, 2013 8:31 pm

      sebenarnya operasi lepas pen tdk ada masalah dengan menjejak krnkan tulangnya sdh menyambung, hanya saja masih ada nyeri pada luka operasi, perbedaan perlakukan tdk ada walaupun klas berbeda hanya saja yg membedakan fasilitas ruang perawatan.

  • Fredy
    Posted Maret 19, 2013 1:45 am

    malam dokter muki saya fredy mau nanya saya sudah mengalami patah tulang kaki sebelah kanan 3 tahun yang lalu dan saya sampai sekarang masih menggunakan pen yang tertanam di kaki kanan saya
    yang ingin saya tanyakan apakah pen di kaki kanan saya harus dilepas atau tidak??apabila tidak dilepas apa ada efek sampingnya dok dan apabila harus dilepas biayanya berapa ya dok?? dan paling lama berapa tahun pen dapat dilepas??apakah jika terlalu lama melepas pen berbahaya kah??
    terima kasih

  • wulan
    Posted Maret 20, 2013 10:59 pm

    Yth, Dr Muki.
    dok, saya perempuan 17thn, tinggi saya 170, BB 65. 3minggu yang lalu saya mengalami geser tulang lutut. Penyebabnya kurang jelas, krna sy hanya sedang berdiri dan ingin berbalik badan, kemudian trjadilah sprti ini. Sudah di urut dan di bawa ke dokter untuk melakukan rontgen, alhamdulilah posisi tulang dengkul sudah normal kembali. setelah di urut, saya tidak istirahat total seperti saran pengurutnya selama 4hari. Dikarenakan saya siswi kelas 3SMA yg sedang sibuk ujian. Sehingga begitu terjadi seperti ini, esok harinya saya kembali bersekolah seperti biasa mskipun kaki msh sangat sakit. setiap hari saya slalu melatih menekuk kaki. 2,5 minggu setelah kejadian ini sy kembali di urut dengan keluhan jika sy berdiri, sy bs menekuk kaki hingga 90 derajat. Tetapi setiap saya menekuk kaki sambil duduk atau tiduran, lutut sy kembali menggeser dan agak sedikit nyeri. tetapi jika kaki saya luruskan kembali, lututnya kembali normal seperti semula. Tukang urut yg mengurut kaki sy bilang kalo tulang sy belum menyatu seperti semula di karenakan stlh kejadian ini saya tdk melakukan istirahat dan langsung bljr menekuk kaki sehingga tulang jd blm menyatu. Pengurutnya jg bilang, seharusnya setelah kejadian ini, kaki sy tidak boleh di tekuk, dan hnya boleh di luruskan kurang lebih 4hari tetapi sy tidak melakukan itu krna sy setiap hari sekolah. Yg ingin sy tanyakan, apa sy msh bisa kembali normal? Dan apakah lutut sy msh bisa menyatu kembali? Krna sy tdk mengikuti saran tukang urut untuk beristirahat, sehingga tulang tak kunjung menyatu. Lalu apakah ada solusi lain dok? Krna sy ingin tulang sy menyatu.
    Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Maret 21, 2013 7:05 pm

      anda mengalami cedera pada lutut, kemungkinan robekan ligamen atau bantalan , saran sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi lutut utk memastikan dan sekaligus mengobatinya

  • fauzi
    Posted Maret 22, 2013 3:46 am

    dok ini kaki jempol saya yg kanan pernah patah tulang dan robek ,stlh operasi kok tidak bisa normal seperti semula, dan jadinya yg samping agak keroak sedikit , jika di operasi nolmal kembali bisa atau tidak , jika operasi lagi sekitar berapa juta dok ??

    • muki partono
      Posted Maret 23, 2013 1:15 pm

      kasus anda perlu dilihat secara klinis, kami tdk bisa menduga dan memberi estimasi biaya operasi, saran diperiksa kembali

  • Doddy
    Posted Maret 22, 2013 1:13 pm

    Assalamu’alaikum, Dok sy mau tanya, setelah pasang pen pd paha kiri(karena ada 2 patahan)dan plat yg pake screw pada paha kanan pd Agustus 2006, kaki yg kiri dari lutut kebawah terasa ada yg mati rasa(tdk seluruhnya) dan urat pada jari2 kaki terasa kaku. Itu sy rasakan sejak dari awal setelah operasi, apakah ini diakibatkan dari adanya pen? apakah ada obat untuk urat2 yg kaku? Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum.

    • muki partono
      Posted Maret 23, 2013 12:01 pm

      kami tdk tahu persis , saran sebaiknya tanyakan pada dokter yg melakukan operasi pada anda, gejala anda sptnya seprti ada penekanan saraf di pinggang yg secara kebetulan keluhannya mirip pada kaki yg sama

  • putut
    Posted April 9, 2013 6:37 am

    Dok. Saya waktu berumur 14th saya pernah mengalami patah tulang paha,sampai umur 21th pen belum saya buka awalnya tidak ada keluhan tapi sekarang sering merasakan nyeri/linu….. Mohon tanggapanya!!!!! Trima kasih

    • muki partono
      Posted April 9, 2013 9:40 am

      Kalau ada keluhan sebaiknya dilepas saja

  • Eko
    Posted April 9, 2013 4:07 pm

    Dok saya eko 31th. Tanggal 8 april 2013 saya kontrol ke dokter tulang setelah dilakukan oprasi pada tanggal 5 maret. Dokter bilang klo besi bagus cuman khawatir tak bisa di tekuk. Jadi harus latihan. Saya sudah berhasil menekuk lutut saya 45 derajat dok. Selebihnya tak bisa karena nyeri… Saya sudah tanya cara bagaimana untuk latihan lutut. Dokter tersebut tak bisa memberi contoh. Jadi saya harus bagaimana ya dok?

  • murih
    Posted Mei 3, 2013 3:13 pm

    Dok, saya murih th 2010 bl juni saya operasi ligament acl, kaki kiri. Saya rencana mau cabut pen di lutut bagian luar tempat otot hamstring diambil.
    Berapa biayanya Dok. Terima kasih

    JAWAB : SEBAIKNYA KAMI PERIKSA DULU APAKAH MEMANG HRS DIAMBIL ATAU DIBIARKAN SAJA, TERGANTUNG TIPE ALAT YG DIPASANG

  • Ben
    Posted Mei 4, 2013 9:56 am

    dok saya Ben 21thn mau nany..
    tangan kiri saya setelah dipasang pen awalny susah gerak alias kaku,namun setelah kira2 3 mgg ketemu dokterny,dia bilang da boleh main komputer…
    memang bolehkah? saya sih main az…

    nah skrg serasa agak aneh,tangan jd ringan serasa pen ny longgar… emang bisa pen ny longgar atau patah??

    makasih dok.

    JAWAB : KALAU DIRASAKAN ADA YG BERUBAH SARAN SEBAIKNYA KONSULTASIKAN KE DOKTER LAGI UTK DICEK FOTO RONTGEN MEMASTIKAN APAKAH KONDISI PEN STABIL, BISA SAJA HAL INI TERJADI

  • dwi
    Posted Mei 8, 2013 5:59 pm

    Dok ayah sya oprasi hnp dan di psang plat n screw di tlang vertebra l3-l5, kira2 perlu brpa lama penyembuhan smpai bisa berjalan dngn baik lg dok? Trima ksih

    • muki partono
      Posted Mei 12, 2013 1:18 pm

      Tergantung kondisi masing2 jd berbeda biasanya sih kalau pakai pen lbh lama krn kan luka operasi lbh besar kalau metode med biasanya pemulihan lbh cepat

  • ahmad sofian
    Posted Mei 26, 2013 8:25 pm

    Saya baru 2 minggu menjalani operasi tulang selangka. Berapa lama waktu yg saya butuhkan untuk beraktifitas normal. Seperti menyetir mobil jarak jauh

    • muki partono
      Posted Mei 30, 2013 10:48 am

      jangan dulu sampai 1 1/2 bulan baru boleh menyetir

  • gamal ombing lotur
    Posted Mei 27, 2013 9:38 pm

    5 tahun pen kaka bermasalah gak doter????

    trimakasih sebelumnya

    • muki partono
      Posted Mei 30, 2013 10:15 am

      sebaiknya dilepas saja utk mencegah terjadinya rekasialergi terhadap pen, agar elastisitas tulang kembali spt semula

  • robin
    Posted Juni 8, 2013 1:54 pm

    Yth.Dr.muki.

    Dok,sy mau tax apa benar operasi tulang belakang
    bisa menyebabkan kelumpuhan dok?

    • muki partono
      Posted Juni 10, 2013 11:30 am

      Kalau ditanya bisa memang bisa tapi pilih metode yg minimalis mungkin bisa mengurangi angka kejadian operasi tulang belakang macamnya banyak sekali dan metodenya dari satujenis tindakan juga bervariasi masing2 punya kelebihan dan kekurangan

  • Yuni Ismawati
    Posted Juni 18, 2013 2:32 pm

    Yth, Dr Muki

    Tangan kiri saya dipasang pen karena patah, kira
    kira sudah empat tahun dan sampai sekarang belum dibuka karena memang tidak ada keluhan

    Yang saya tanyakan berapa lama biasanya pen dibuka dan bila tidak di buka kenapa ya..

    Terima kasih

    • muki partono
      Posted Juni 20, 2013 9:23 am

      baca artikel tentang hal ini pada web kami , saran sebaiknya dilepas saja

  • Indah wiyana
    Posted Juni 22, 2013 3:42 am

    . Yth . Dr.muki
    luka bekas operasi patah tulang di kaki saya . Tak kunjung sembuh selama 6 bln .
    Apkah itu bemesalah dok ?

    • muki partono
      Posted Juni 25, 2013 9:59 am

      sebaiknya kami periksa lbh dulu apakah ada faktor yg lain menyebabkan luka tak kering, banyak faktor yg bisa menyebabkan luka tak kering , misal infeksi, alergi pen, gangguan aliran darah di daerah bekas operasi dll, riwayat DM

  • Ricky
    Posted Juni 24, 2013 5:58 pm

    Dok saya mau tanya, saya pasang pen di tulang humerus bila mau dicabut lagi apakah ada resiko merusak syaraf radial?
    Pada saat pemasangan pen saya beruntung tidak terjadi “radial nerve palsy” pada tangan saya, yang saya takutkan adalah pada saat pencabutan apakah mungkin mencederai syaraf radial?

    • muki partono
      Posted Juni 24, 2013 6:54 pm

      insya allah bila sebelumnya tidak apa2 saat pencabutan tidalk apa2 , saran kalau tulangs dh menyambung sebaiknya dilepas saja pennya

  • tri nopa
    Posted Juli 5, 2013 11:22 pm

    Dok, saya perempuan 30 th. Tiga bulan lalu saya operasi pasang pen di paha kanan. Yang ingin saya tanyakan kenapa nyeri sekali pada betis, lutut sampai ke paha apabila di coba dilakukan gerakan seperti menendang dan di pijakkann mohon jawabanya dok

    • muki partono
      Posted Juli 6, 2013 9:17 am

      mungkin akibat kekakuan otot, anda dalam fase pemulihan lanjutkan saja latihan fisioterapinya utk melatih otot paha, betis dan lutut

  • Reza
    Posted Juli 11, 2013 3:20 pm

    Reza (25th), dok, saya pasang pen sehabis kecelakaan 10th lalu, dan sampai skrng belum di lepas, yang ingin saya tanyakan.. bila dilepas apakah ada perbedaan saat masih terpasang.. apa ada efek negatif bila tidak dilepas pen ini ? Trims

    • muki partono
      Posted Juli 12, 2013 4:48 pm

      baca artikel kami tentang hal ini pada WEB

  • Hadi
    Posted Juli 11, 2013 10:47 pm

    Dok ibu saya pasang pen dekat sebelum pergelangan kaki kanan bawah karena patah. sekarang sudah pasang pen 40 hari. ibu saya umur 80 thn. apakah pen nya harus di angkat, setelah 1 thn. Terima kasih.

    • muki partono
      Posted Juli 12, 2013 4:46 pm

      tergantung kondisi an situasi saja, bila tulang sdh menyambung dan matrial bahannya pennya bukan titanium sebaiknya diangkat, kalau pennya terbuat dari titanium boleh tdk diangkat

  • mamiazka
    Posted Juli 13, 2013 10:36 am

    dokter saya mau tanya tgl 1 juli kemarin suami saya kecelakaan, patah tulang kering kaki kiri bawah, karena ada luka terbuka akhirnya di pen tapi pen luar. kira2 kpn bisa ber kegiatan normal lagi dan kpn bisa buka pen nya? trims

    • muki partono
      Posted Juli 22, 2013 5:44 pm

      sebenarnya dgn pen luar bisa melakukan aktifitas spt biasa, hanya saja dengan bantuan tongkat, dan biasanya sifatnya sementara, tanyakn kembali pada dokternya kapan pen luar dibuka dan diganti dengan pen dalam

  • dwi rachmawan
    Posted Juli 16, 2013 5:57 pm

    dok,
    saya pria 32 th. Pada 8 mei 2013 lalu saya mengalami kecelakaan dan menyebabkan fraktur femur. Hasil rontgen sama dengan yang dialami ny wika. Posisinya pun sama dok sebelah kiri.. Malamnya saya operasi pemasangan pen dan alhamdulillah dok hasil operasi sampai saat ini bagus. Luka operasi pun sudah agak memudar. Namun yang kini saya rasakan seperti kaki saya pendek sebelah saat berdiri maupun berjalan.. Kalo saya perhatikan lutut seperti bergeser ke kiri tidak sama dengan yang kanan.. Apakah itu normal dok dalam masa pemulihan.. ?? Terima kasih

    • muki partono
      Posted Juli 19, 2013 3:09 pm

      perbedaan panjang sampai 3 cm masih ditolerir

  • andi sugandi
    Posted Juli 24, 2013 3:42 am

    Dok ..ibu saya usia 67th mengalami patah tulang paha,.rencana kmi ingin operasi kira2 berapa biayanya? trmkasih

    • muki partono
      Posted Juli 30, 2013 11:15 am

      biaya operasi tergantung klas perawatan yg diambil dan tergantung jenis pen yg akan dipakai jd saran sebaiknya konsultasikan dulu minimal bawa foto rontgennnya

  • Dwi rachmawan
    Posted Agustus 4, 2013 9:27 pm

    Terima kasih dokter menjawab pertanyaan saya sebelumnya, saat ini saya latihan lepas tongkat atas perintah dari dokter. Namun saya masih kesulitan untuk berjalan normal, apakah ini pengaruh dari pen nya dok? Dan apakah saya dapat berjalan normal kembali?

  • monika pandango
    Posted September 3, 2013 8:36 pm

    dok. umur sy skrg 27 thn. 5 thun yg lalu sy kcelakaan dan mengalami patah tulang pda paha bagian kanan. dan saya operasi pasang pen. yang ingin sy tnyakn. sejauh ini sy blm mngalami keluhan apapun. tpi sy ingin melepas pen nya. kira2 biaya operasi cabut pen nya brp ya??. mksih. mhon di jawab dok!

    • muki partono
      Posted September 11, 2013 12:21 am

      kisaran 18 jtan perawatan klas 3

  • Tri Siska
    Posted September 6, 2013 10:38 am

    Dok, adik saya mengalami kecelakaan motor yang memyebabkan dia patah tulang,
    Dokter rumah sakit menyarankan dia Operasi pen,
    yang saya mau tanyakan bahaya gak jika kakinya di pen diusianya yang baru menginjak 14th,
    pengaruh gak sama pertumbuhannya?
    soalnya saya takut seperti anak temen saya yang jadi cacat setelah kakinya di pen,
    berapa kisaran harga operasi pen Stainless dan Titanium?

    Makasih Dokter,
    sukses selalu..

    • muki partono
      Posted September 7, 2013 10:27 am

      pen tdk berpengaruh pada usia hanya saja secepatnya dilepas kembali bila tulangnya sdh menyatu

  • erliza
    Posted September 7, 2013 7:20 pm

    dok gimana kl pndrita skoliosis yg harus tanam pen, apakah hrs slalu diganti scra berkala??

  • alexander silaban
    Posted September 23, 2013 11:26 am

    siang dokter,saya mau bertanya,,apakah perlu ke fisioterapi setelah operasi pembukaan pen di tangan????terima kasih ya dokter

  • agung
    Posted Oktober 11, 2013 1:40 pm

    Dok, saya mau tanyakan: Ayah saya kaki kanannya patah dan harus di pen (umur ayah sy 71 thn)dan selama penyembuhan diolesi oleh minyak urut patah tulang….meurut dokter apakah dengan pemaiakian minyak tersebut akan mempengaruhi posisi pen atau malah baik untuk penyembuhan.
    Terima kasih atas responnya

    • muki partono
      Posted Oktober 12, 2013 10:31 am

      saya tdk tahu yg patah tulang sebelah manan tapi biasanya patah pada usia lanjut pada pangkal paha , kalau benar ini sebaiknya dilakukan operasi bukan pasang pen tapi ganti panggul palsu atau PROTESE yg dipasang dan tak perlu diambil lagi

  • muiz
    Posted November 20, 2013 2:39 am

    Selamat siang Dokter Mukti , Anak saya telah operasi skoliosis dan dipasang implan dari titanium. apakah benar jika implan yang berbahan titanium itu jika tidak dilepas tidak apa-apa karena beda dengan yang berbahan platitum, mohon pencerahan dok .
    terimakasih untuk waktunya , semoga menjadi amal baik dokter … aamiin

    • Muki Partono
      Posted Desember 1, 2013 2:22 am

      ya benarsekali krn bahan titanium menurut penelitian lbh kuat, tapi lbh enteng, dan juga reaksi penolakan tubuh minimal dibandingkan stainless, selain itu efek adhesinya terhadap kuman lbh rendah

  • gung ditra
    Posted November 26, 2013 2:17 am

    Dok, saya ingin bertanya umur saya 18 tahun sewaktu umur saya 16 tahun saya mengalami kecelakaan dan mengalami kecelakaan dan patah tulang kaki kiri bagian bawah lutut dan memasang pen, setelah 6 bulan pen tersebut telah di lepas, kaki saya sebelum tabrakan sudah berbentuk o dan setelah tabrakan kaki kiri saya mengalami bengkok sedikit, pertanyaan saya adalah, bisakah kaki kiri saya berbentuk normal dan bagaimana cara nya dok ?
    Mohon jawaban nya, terimakasi

    • Muki Partono
      Posted November 27, 2013 1:20 am

      Bisa saja tapi hrs dinilai dan ditentukan derajat pembengkokannya saran konsult
      asikan lbh dulu

  • taufiq
    Posted November 27, 2013 11:49 am

    dok..dulu umur 10 tahun tanganku sampai skarang belum di lepas jadinya tangan saya kecil..apa ga papa kalau di ambil

    • Muki Partono
      Posted November 29, 2013 2:05 pm

      KALAU TDK ADA KELuhan tak perlu diambil

  • emma
    Posted November 30, 2013 3:46 pm

    mlm dok…sy pernah patah tulang tangan kanan bagian atas kira2 8thn yg lalu,smp skrng blm d lepas. apakah bermasalah? baik nya gmn dok? terima kasih.

    • Muki Partono
      Posted Desember 1, 2013 12:56 am

      baca artikel saya tentang hal ini pada web

  • arif
    Posted Januari 6, 2014 2:32 am

    maaf dok saya mau tanya,ayah saya kecelakaan sudah 2 tahun..terus terjadi pen patah dok dan keeadaan tulang belum nyambung banget.rencana mau dibedah ulan dan di ganti dengan pen yang baru.kira kira biayanya berapa dok.trmkasih aas jawabanya dan saya tunggu

  • guntur
    Posted Januari 6, 2014 6:20 am

    Dok, pada september 2009 saya operasi pemasanga pen di kaki kanan dekat lutut, setelah 2th pen di lepas. nah selama pemasangan pen sampai dilepas dan sampai sekaran lutut saya tidak bisa ditekuk. gmn ya dok solusinya biar lutut saya bisa ditekuk normal lg ?
    terimakasih

    • Muki Partono
      Posted Januari 7, 2014 3:24 am

      kalau sdh 2 tahun agak sukar , hrs dioperasi dengan memanjangkan otot paha, hanya akibatnya mengurangi kemampuan otot paha utk meluruskan kaki

  • kristin
    Posted Januari 9, 2014 5:36 am

    dokter saya mau tanya kemarin kakak sy kecelakaan lalu pasien dirontgen setelah hasil rontgen dokter mengatakan bahwa tulang jari kaki kirinya retak dan harus dioperasi sehingga dipasang pen.
    pertanyaan saya adalah:
    1. kira-kira berapa lama waktu untuk bisa melakukan pelepasan pen tsb?
    2. kira-kira biaya untuk pelepasan di jari kaki kiri yg retak apakah akan mengganggu atau tidak dan efek sampingnya apa?

    sebelumnya terima kasih Dokter Muki.

    • Muki Partono
      Posted Januari 10, 2014 9:45 am

      lama pencabutan tergantung jenis pennya kalau pennya terlihat dari luar biasanya hanay 1 1/2 bulan -2 bulan, tapi kalau pennya di dalam kulit, biaanya paling cepat bulan

  • wulan fitriyah
    Posted Januari 19, 2014 12:35 pm

    asalaamualaikumm ..
    dok??
    saya mou tanya saya kecelakan tgl 8agustus2013,saya mengalami patah tulang di bagian pahadi sebelah kiri,terakhir kali rongen 4desember2013,menurut dokter yang menangani saya tulang saya masih aga belum pulih,tapi saya memutuskan untk tidak rongen lagi karna kesulitan biaya,tapi sekarang tulang saya suka merasa sakit,dan di bekas jaitan suka terasa gatal,,trus menurut dokter saya harus bagaimana

    • Muki Partono
      Posted Januari 23, 2014 4:46 am

      kalau tdk sebulan seklai foto rontgennya 2 bulan atau 3 bulan saja, tapi sebaiknya hrs foto utk melihat proses penulangannya sampai dimana

  • ihda
    Posted Januari 20, 2014 3:00 am

    Maaf dok ..saya mw tnya…ibu saya hbis operasi dan dipasang pen di sekitar tulang belikat…dan beberapa bulan pasca operasi daerah tulang belikat itu benjol dan keras. .benjolan itu berbhya gak dok?
    Maksih dok

    • Muki Partono
      Posted Januari 20, 2014 1:43 pm

      sebaiknya diperiksakan dan pastikan dengan pemeriksaan foto rontgen

  • cynthia
    Posted Februari 12, 2014 5:52 am

    Dokter,saya mw tnya, ibu saya baru selesai operasi pasang pen di pergelangan tangan kiri,sampai skrg sudah 5 hari,tp tangannya nya masih bengkak,kebas,kaku dan terasa panas. Kalau disentuh seperti kena setrum.Knp begitu ya dok?? Kapan bisa pulih dan bagaimana cara spy gk bengkak dan bisa digerakkan sprti normal lagi, tolong di balas ya dok. Terima kasih

    • Muki Partono
      Posted Februari 18, 2014 3:58 am

      operasi membuat pembengkakan krn bekuan darah jd sabar saja pakai gendongan dan jari2 hrs lbh tinggi posisinya dari siku, sabar perlu waktu utk pemulihannnya

  • sanno
    Posted Februari 14, 2014 2:22 am

    Dok,

    Saya di operasi di siku tangan kiri pada saat saya kelas 5 SD, saat ini saya berusia 38 tahun.
    Sampai sekarang tangan saya tidak bisa diluruskan.., mohon informasi apakah masih bisa diperbaiki kondisinya lewat operasi. terima kasih dok

  • Rico
    Posted Maret 5, 2014 12:33 pm

    Maaf dokter saya maw tanya…saya sudah 5 hari lepas pen ditulang kering apakah boleh langsung jalan tanpa menggunakan kruk?,saya lepas pen setelah 5 tahun terpasang,saya takut patah lagi karen bekas screw sepertinya belum menutup

    • Muki Partono
      Posted Maret 6, 2014 3:34 am

      saran jangan lepas tongakt dulu biarkan lubang screw menutup kira2 3 minggu baru aman

  • Eko Barliata
    Posted Maret 9, 2014 5:52 am

    Dok kalau apakah sudah boleh melakukan pencabutan implant yg baru berumur 9 bulan?
    Sya yg dipasang pen pd selangka kanan..
    butuh brp lama pemulihan nih stelah pencabutan pen? Dan kira” brapa biaya operasi pencabutan pen pd selangka kanan?
    Tks dok..smoga ada pencerahnnya

    • Muki Partono
      Posted Maret 18, 2014 3:26 am

      jgn dulu dilepas tunggu 1 tahun saja, biaya kisaran 13 jtan

  • gunang
    Posted Maret 14, 2014 8:12 am

    dok mau tanya
    saya gunang usia 24 tahun 4 minggu yang lalu saya selesai operasi pemasangan pen,tapi sekarang kaki saya udah bisa berjalan sedikit-sedikit.
    pertanyaan saya adalah apakah saya sudah bisa lepas tongkat dan apakah tidak mengganggu pen di dalam kaki?

    • Muki Partono
      Posted Maret 14, 2014 9:43 am

      tdk boleh lepas tongkat, sebaiknya tanyakanpada dokter yg mengoperasi anda kapan bisa lepas tongkat umumnya sih 4 bulan

  • Herry
    Posted Maret 14, 2014 8:44 am

    Dokter, saya mau tanya:

    pada tahun 2011 saya kecelakaan kaki kiri patah pada tulang paha, tempurung saya juga hamcur, langsung dibawa ke RS, dan dioperasi, pasang pen dan wire,
    setelah 1 tahun pen dan tulangnya patah lagi, lalu dioperasi lagi utk ambil pen yang patah dan pasang pen yang didalam tulang, pertanyaan saya apakah bisa saya jalan tidak pincang lagi?
    saat ini saya berusia 43 tahun, tinggi 185 dan berat 110Kg.

    • Muki Partono
      Posted Maret 14, 2014 9:42 am

      insya allah bisa perlu latihan fisioterapi yg teratur

  • lely ghofur
    Posted Maret 19, 2014 10:11 am

    Asslmlkm dokter..3 mggu yg lalu sy baru saja operasi tulang paha atas, hampir mendekati bonggolnya, pas di bagian yg ada benjolannya,,entah apa istilahnya..kt dokternya sih itu adalah daerah bertemunya tlg rawan dan tlg kering, dan aliran drahnya sangat sedikit..tulang tersebut pecah berkeping2..akibat terlempar dr motor dan mendarat pake paha..dan berat badan saya 85, tggi 151..trus, krn pecah, tlg sy diisi pake bone graft..ud gt implantnya jg titanium, krn kt dokternya keadaan tlg sy sangat parah..sehingga perlu implant yg bagus..dan jg rawan komplikasi seperti
    tlg tdk menyambung..tapi pecahan tulang saya dibiarkan begitu sj sama ssi dokter,,kt beliau kalo dicabut dr perototan dikhwtrkn infeksi dan
    mengakibatkan tlg nya mati..pertnyaan sy, apa memang bgt dok? Dan kalo nanti muncul tlg baru, apa yg terjadi pd tlg yg berserakan tersebut? Tidak ber efek kah? Trus bgmn pula dgn si bone graft ny?

    • Muki Partono
      Posted Maret 20, 2014 2:01 am

      ya memang demikian, bone graft dimaksudkan utk merangsang pertumbuhan tulang lbh baik , tulang yg berserakan mudah2an menyambung kembali

  • rizki
    Posted April 29, 2014 2:40 pm

    Asslmlkm dok..bulan februari 2013 lalu saya mengalami patah tulang di bagian kaki tepatnya di tulang kering krna kecelakaan,,
    lalu di operasi pasang pen sampai skrg(sudh 1 thun lebih)lalu saya kontrol ke rumah sakit dan kata dokternya pen sebaiknya di buka karna sudh menunjjukan gejala penolakan pen sperti bengkak mengeluarkan nanah dll…
    yg saya tanykan
    -berapa lama penyembuhan stelah pengangkat pen(kata dokter cma 10 hari apakah benar dok?)
    -apakah pasca operasi pengangkatan pen tulang saya kuat seperti semula mengingat berat badan saya yang overweight(130 kg)?
    -dan kenapa antara tulang kaki dan tulang paha(lutut)smpai sekrang terasa goyang2
    apa solusinya dok,,mohon pencerahannya

    • Muki Partono
      Posted Mei 1, 2014 3:23 am

      kami hrs lihat foto terakhir nya , maaf blm bisa memberikan saran, kalau memang tulangnya sdh menyambung pen bisa dilepas,

  • nadya
    Posted Mei 1, 2014 3:27 am

    Assalamualaikum dok.saya mohon solusinya untuk suami saya. Trism
    .

  • nadya
    Posted Mei 1, 2014 3:33 am

    Pagi dok.
    Saya mohon pencerahan nya untuk suami saya.6thn yg lalu.mengalami kecelakaan. Hingga patah tulang dri bagian kaki sampai pinggul. Dan pakai pen sebanyak 18 pen. Dripaha sampai ke pinggul.bagian pantat di taro tempurung berbentuk mangkuk.
    Yg jadi pertanyaan.apakah diharuskan dilepas.karna nyaris setiap hari terasa ngilu dan sakit.dan setiap habis berhubungan suami istri bekas pen nya sakit.

    Jika memang harus di lepas.sekiranya berapa biaya pelepasan pen skarang ini ya dok.
    Trimakasih banyak.

    Wassalam

  • Abdul Nasser
    Posted Mei 8, 2014 7:25 am

    dok, saya pak naser umur 40 thn, mau nanya apakah msh bisa operasi pada bahu dan pergelengan tangan kiri saya, akibat kecelakan sepeda mtr 12 thn yg lalu..?i

    • Muki Partono
      Posted Mei 9, 2014 5:32 pm

      harus dilihat dulu kondisi klinis terakhir dan foto rontgen terakhir

  • megie
    Posted Mei 13, 2014 1:51 am

    Salam kenal Dok…
    Saya mau tanya nih..apakah pen yg sdh 6th tidak dilepas bisa masuk kedalam tulang?
    Mohon di jawab ya Dok..God bless…

    • Muki Partono
      Posted Mei 13, 2014 2:49 am

      jawabannya bisa nya dan bisa tdk tergantung jenis pen, lokasi pen dan kualitas tulang, sulit memeastikan krn kadang sukar ditentukan dengan xray apakah sdh tertanam atau belum dan yg aling sulit memastikan apakah screwnya tertanam atau belum

  • Andy
    Posted Juli 22, 2014 6:37 am

    Dok,Abang saya jatuh, fraktur kedua pergelangan tangan dan kaki, serta siku kanan. dan tulang belakang tgl 4 jun 2014. keesokan harinya langsung dioperasi. Beberapa hari setelah operasi terinfeksi acinetobacter baumanni dan diberi Tazocin. infeksi teratasi. Tgl 20 jun sewaktu mau ganti perban dipergelangan tangan kirinya muncul benjolan dilubang drainase . Rupanya infeksi, tgl 7 juli dilakukan debriment, tapi masih bernanah. 11 jun dikeluarkan pennya, diganti pen eksternal dan hasil kulturnya MRSA, diberi vancomycin 1g per 12jam. Saat ini infeksinya mulai sembuh, sdh kering dan tidak bernanah. Tapi di tempat pen eksternal dekat daerah infeksi malah mengeluarkan cairan kuning dari lubang pen tertanam, apakah ini nanah/ infeksi baru/ penolakan terhadap pen atau memang?. bagaimana mengatasinya. Oya dok, apakah betul vancomycin mesti dipakai sampai 4minggu?. Mengingat harganya yg mahal.Saran dokternya sih dipakai 2 minggu , dilanjutkan dengan antibiotik oral yg sensitif mrsa. Mohon bantuannya dokter, thx

    • Muki Partono
      Posted Juli 24, 2014 12:09 am

      Yg anda kemukakam itu pen track infection hal yg biasa terjadi ,masalah antibiotika memang demikian malah ada yh dikonsumsi sampai 1 tahun

      • Andy
        Posted Juli 24, 2014 9:05 am

        dok, sejak tgl 11 juni waktu dipasang pen eksternal sampai sekarang , Vancep (vancomycin) tetap diberikan 1g per 12jam. Kenapa masih bisa terjadi infeksi baru ya? apakah kumannya ini resisten vancomycin ( perlu kultur lagi?).

        Mengenai antibiotik vancomycin saya baca baca harus dipakai 8 weeks utk osteomilitis. Jika kami menjalani rencana dokter ortopedi kami dengan pemakaian vancomycin 2 week, dilanjutkan dengan obat oral trimethorprim (obat ini sensitif MIC <=10). Apakah sama atau beresiko ?

        Terima kasih ya dokter atas petunjuknya.

  • antox
    Posted Juli 23, 2014 12:55 am

    dok , 2 tahun yang lalu saya pasang pen di paha kanan saya karena tulangnya patah, dan sekarang sudah bisa buat jalan biasa bahkan lari2, , yang mau saya tanyakan saya mau ambil pen apakah nanti harus memakai jagrak dulu setelah pengambilan pen dan jika harus menggunakan jagrak berapa lamakah waktu yang di
    butuhkan supaya bisa berjalan seperti biasa dok?

    • Muki Partono
      Posted Juli 24, 2014 12:00 am

      Proses pengangkatan pen tdk spt pasang krn tulang sdh menyambung

  • arief b
    Posted Juli 23, 2014 12:59 pm

    malam dok,
    tahun 2011 saya mengalami kecelakaan, terjadi patah tulang di paha kanan, remuk di tulang kering kaki kiri & patah di bahu sebelah kiri, semuanya di operasi menggunakan pen,,
    yang ingin saya tanyakan
    1.kapan saya bisa melepaskan pen2 yang ada pada tulang saya?
    2.sebelumnya, pen yang dipaha, pernah di operasi kembali dlam jangka waktu 1 tahun setelah operasi pertama, akibat screw pen nya patah & tertinggal di tulang dan posisi pen berubah, apakah harus ikut juga di lepas patahan screwnya? n apakah ada efeknya bila tidak ikut di lepas?
    3. sendi lutut kanan saya sering nyeri bila jalan terlalu jauh?
    mohon diberikan jawaban & arahan nya dok,,,
    sebelumnya saya mengeucapkan terima kasih..

    • Muki Partono
      Posted Juli 23, 2014 11:45 pm

      Pen bisa dilepas bila tlg sdh menyambung biasanya 1 thn masalah screw yg tertinggal tak perlu khawatir krm dia tertanam di tulang tdk menyebabkan reaksi tubuh

  • arief b
    Posted Juli 24, 2014 4:55 am

    siang dok,,

    semua pen yang ada pada tulang saya, apa harus sekaligus di lepas dalam waktu yang sama atau ada tahap demi tahap, mengingat pemasangan pen pada waktu maret 2011 & Juni 2012, ,
    dan lama waktu masa pemulihan bila telah pelepasan pen untuk beraktifitas kembali,,

    mohon jawaban & pengarahannya dok,,
    terima kasih,,

  • dicky
    Posted Oktober 19, 2014 11:56 am

    dok saya ingin bertanya soalnya saya juga udah dipasang pen kira kira pen yg tergeser di dalam paha kanan itu rasanya bagaimana soalnya saya takut pen sya tergeser akibat kaki kanan saya saya tumpuhkan tidak sengaja dan pas tertumpuh itu rasanya hanya betis yg sakit tapi itu membiat tergeser atau tidak ya dok ?

  • nadya
    Posted Desember 20, 2014 5:32 am

    Dok saya baru oprasi patah tulang kanan humerus. Setelah oprasi sy mengalami drop hand. Padahal bulan maret akan ada UN.
    fisioterapi dan akupuntur juga sy jalani. Kira2 butuh brp lama agar bsa sembuh dr drop hand??

    • Muki Partono
      Posted Desember 22, 2014 9:53 am

      Pakai alat bantu dulu spy bisa menulis krn perbaikan saraf lama

  • ahmad
    Posted Desember 20, 2014 4:31 pm

    Dok cabut pen apa sakit?

    • Muki Partono
      Posted Desember 21, 2014 4:28 am

      Tdk nyeri kslau pennya blm lama terpasang rata2 1 tahun kalau sdh lama dan tertanam kadang lbh nyeri

  • tari
    Posted Januari 28, 2015 7:23 am

    dok saya tari .
    saya pernah mengalami patah tulang kaki dan tangan 3bulan yg lalu , saya ingin bertanya butuh berapa lama saya bisa jalan seperti biasa ? karna sampai saat ini saya blom boleh jalan.
    terimakasih dokter

    • Muki Partono
      Posted Januari 29, 2015 4:03 am

      Masing2 kasus berbeda jd sebaiknya tanyakan ke dokter yg menangani anda krn dia tahu persisi kondisinya dan alasan kenapa blm boleh jalan spt biasa

  • muhammad fajri
    Posted Juli 29, 2015 1:41 pm

    malam dok..

    tahun 2009 lalu saat usia 15 tahun, saya mengalami patah tulang di bagian paha kanan..

    dan pernah tahun 2011 lalu saat saya ingin melepas Pen tersebut, dokter mengatakan kalau pen tersebut sudah semacam melekat di tulang paha sehingga sangat sulit proses pengangkatannya. hasil rontgen yang didapatkan saat itu, pen yang dipasangi seperti dibalut oleh lapisan lain yang disimpulkan dokter sebagai tulang. jika pun ingin diangkat, maka tulang yang membalut harus di buang dengan cara mirip di gerus atau semacamnya..
    dokter berkata kalau saya telat untuk cek..

    namun sampai saat ini saya tetap bisa beraktifitas normal tanpa merasakan keluhan berarti..

    pertanyaan saya dok, apakah benar kalau pen saya sulit dicabut ?
    jika benar, apakah saya harus khawatif pada efek jangka panjang ??

    • Muki Partono
      Posted Juli 30, 2015 5:50 am

      Yg memang kalau sfh tertanam agak sukar melepasnya kesannya operasinya jd lbh sukar dr saat pemasangsnnya tapi sebaiknya dievaluasi kembali

  • Jakie
    Posted Juli 29, 2015 9:16 pm

    Dok, dulu saya operasi pasang pen di paha kiri tahun 2001 sampai sekarang belum dilepas. Sampai sekarang juga tidak ada efeknya. Pen nya yg panjang dimasukin ke dalam tulang.
    Sekarang biaya operasi cabut pen berapa ya?
    Dan sembuh total pasca operasi berapa lama?
    Terima kasih

    • Muki Partono
      Posted Juli 30, 2015 5:43 am

      Sebaiknya diambil saja masalah biasa sebaiknya hubungi pihak rsnya

  • siti
    Posted Juli 30, 2015 4:36 am

    ass… dok
    dok suami sy pecah tulang tempurung nya di pasang pen baru 2 bln. kta dokter pen nya permanen.. bagaimana itu dok??? apakah di biarin aja atau harus di buka???

    • Muki Partono
      Posted Juli 30, 2015 5:40 am

      Sebaiknya dilepas baca artikel saya tentang hal ini

  • yuwono
    Posted Oktober 29, 2015 9:23 am

    Ass wr wb.
    Dok, kurang lebih 6 bulan yang lalu kami mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulan kering kaki kanan patah. Dokter ortopedi memasang external fiksasi dan internal pen (screw dan plat tanpa screw). stelah 3 bulan external fiksasi dilepas, tinggal intenla pen. kondisi kaki kami sampai skr masih ada bengkak di sekitar mata kaki. Kalau bagun tidur pagi hari kondisinya kempes tapi stelah melakukan aktifitas bengkak lagi.
    Obat atau perlakuan apa untuk mengurangi bengkak di kaki? Kira-kira berapa lama lagi internal pen bisa dilepas?
    Terima kasih

    • Muki Partono
      Posted Oktober 29, 2015 12:53 pm

      hal yang wajar coba bantu dengan konsumsi putih telur tiap hari minimal 1 butir telur ayam kampung

  • Monica
    Posted Januari 17, 2016 1:00 pm

    Selamat malam dok,
    Desember lalu saya mengalami kecelakaan motor dan tulang pergerlangan tangan kiri saya patah. Dan 2 minggu setelah patah baru dioperasi psang pen sekrup 4 buah dan satu kawat yg mengarah ke jempol saya. Tetapi setelah 1/2 bulan setelah operasi baru terasa ada sakit di bagian kawat tersebut dan ada tonjolan sedikit, dan jempol tangan kiri saya tetap seperti rasa kesemutan. Bgaimana seharusnya ya dok? Mengenai bagian kawat yg terasa sakitnya? Apa harus dilakukan operasi lg dok?
    Terima kasih

    • Muki Partono
      Posted Januari 18, 2016 6:46 am

      Ya nggak apa2 tunggu 1 bulan lg saja mungkin yg nonjol sdh bisa di angkat

  • Dewi Harista
    Posted Januari 18, 2016 3:41 am

    Dok, ibu saya sudah pasang pen bulan juli 2015 kemarin, saat ini pen kelihatan nampak sekali ke luar. apakah bahaya dok pen kelihatan?apa efeknya dok??terimakasih

    • Muki Partono
      Posted Januari 18, 2016 6:35 am

      Sebaiknya diperiksakan dulu selama tdk mengganggu stabilitas tulangnya tdk apa2 yg penting di jaga lukanya tetap bersih

  • mariana
    Posted Januari 20, 2016 6:26 am

    Assalamualaikum dokter. Anak saya 5,5 thn jatuh dan patah tulang siku tangan kirinya. Sdh di operasi dan di pasang pen tgl 27 nov 2015 kemaren. Pd tgl 29 des 2015 kemaren mau di buka pennya karena kulit yg diujung pennya terbuka dan membuat pennya kelihatan. Dan luka itu mengeluarkan cairan keruh. Tp operasi buka pennya batal karena anak batuk. Anak punya riwayat tb kelenjar dok. Dokter anak dan dokter anastesinya saat itu menyarankan utk menunda operasi mengingat kondisi anak. Di khawatirkan pasca operasi nanti takut spasme begitu kata dokter anastesinya dok. Saat ini lukanya sdh kering dok. Jd sampai saat ini pen di tangan anak saya blom di buka dok. Alhamdulillah batuknya jg sdh tdk lg. Tp dokter anaknya bilang kita tunggu 2 minggu ini biar paru-paru si anak benar-benar fit saat operasi nanti. Sampai saat ini anak saya blom mau meluruskan tangannya dok. Sakit katanya ada pennya. Saat selesai operasi kemaren setiap konsul selalu saya tanya apakah perlu di fisioterapi tp dokter ortopedi nya bilang tdk perlu dok. Menurut dokter apakah tdk apa2 jk kami menunggu 2 minggu lg utk operasi buka pennya dok? Terimakasih utk balasannya dok?.

  • Gabriel krisna
    Posted Oktober 8, 2016 6:18 am

    Dok, kemarin pada tanggal 2 oktober 2016 saya melakukan operasi penasangan pen pada tulang paha, dan saya bigung dengan cara jalanya dengan tongkat, apakah kaki yang dipasang pen harus ditapakan tetapi tidak terbebani, atau di angkat/ tidak ditapakan ?

    jawab ; sebaiknya jalan dengan tehnik NWB ( nonweight bearing) artinya tdk ditapakkan kakinya ke lantai dengan menggunakn 2 tongkat crutches (sampai ketek) kalau blm bisa coba datangi klinik fisioterapi minta diajarkan cara berjalannya

  • Eksi Husaini
    Posted Oktober 8, 2016 2:04 pm

    Dok saya mau tanya, suami saya kecelakaan pada tahun 2010 mengalami patah tulang pada tulang pahanya. Tapi dia tidak pernah operasi untuk pasang pen, jadi dia ke alternatif biar tulangnya nyambung dengan sendirinya, dan skrg ingin pasang pen dibagian yg patah tsb karena kan kakinya jadi tinggi sebelah. Apakah bisa dilakukan pasang pen agar tingginya bisa rata lagi?

    jawab : suami anda mengalami non union kalau memang benar artinya menyambung dengan terjadi pemendkan tulang atau malah nlm menyambung sebaiknya diperiksakan lbh dulu ke dokter tulang utk mmastikannya dan memastikan apakh masih mungkin diperbaiki dengan operasi

  • rina
    Posted Januari 13, 2017 6:24 am

    Dokter Muki Partono,

    3 tahun lalu saya operasi tanam pen karena fraktur tibia & fibula dok, berencana melakukan pengangkatan kedua pen tersebut, karena sudah kadang terasa gatal dan linu juga tidak bebas untuk beraktifitas secara normal. Pertanyaan saya : ketika 1 minggu pertama pasca operasi pengangkatan pen apakah posisi kaki menggantung atau sudah boleh menapak 5-10 kg? terimakasih sebelumnya dok

    • Muki Partono
      Posted Januari 13, 2017 10:11 am

      kalau operasi angkat pen kondisi tulangkan sdh menyatu jd tak perlu ragu utk menjejak

  • Chandra
    Posted April 20, 2017 5:48 am

    Dokter saya chandra umur 31 thn.pada usia 18thn saya kecelakaan motor patah tulang di paha kanan menjadi 2 bagian yg patah lalu pasang pen. Sampai sekarang belum saya lepas sudah hampir 14thn.keluhannya kalau jalan terlalu lama linu2 dan gampang kemeng kaki kanan saya. Pertanyaan saya jika tidak dilepas amankah karena mau lepas pen biayanya mahal dan juga masih terikat pekerjaan.. Makasih

  • mila
    Posted April 22, 2017 12:07 pm

    hallo, dok
    saya mila sekitar 4 tahun lalu pasang pen kawat pada rahang bawah sebelah kanan karna retak , yang di ikatkan pada sela2 gigi , itu bagaimana ya dok kalau tidak di lepas?, tapi sampai sekarang balum ada keluhan.
    terima kasih

    • Muki Partono
      Posted April 26, 2017 12:55 am

      sebaiknya dicopot saja sdh terlalu lama , takutnya mengganggu makan anda

  • Andika
    Posted April 24, 2017 9:50 am

    Hai dok ,saya Andika umur 12 tahunn.saya mengalami patah tulang kaki kanan di pergelangan dan luka yang parah akibat kecelakaan, sudah 4 bulan saya Balum boleh jalan ataupun menggunakan alat bantu,jadi kapan ya dok pennya dicopot dan bisa melakukan aktivitas sehari hari

    • Muki Partono
      Posted April 26, 2017 12:47 am

      baca artikel tentang patah tulang pada web saya, yg anda tanyakan ada disitu dan pertanyaan ini sering sekali ditanyakan

  • Meilany
    Posted Juni 23, 2017 9:57 am

    Selamat sore dok. Mau tanya dok. Sudah 1 tahun lebih pen kawat(seperti jeruji sepeda) di tulang clavicula kiri saya blm di ambil. Brp waktu max didlm tulang dok? Bahaya nya apa saja kalau tidak diambil? Trims dok.

    • Muki Partono
      Posted Juli 6, 2017 7:15 am

      sebaiknya di ambil takutnya migrasi ke tempat lain dan jd berbahaya , waktu ideal 1 tahun , kalau kelamaan terkubur oleh tulang , jd secara tehnis lbh sulit pengerjaan operasi pengangkatannya

  • ade marda
    Posted Juni 30, 2017 11:12 am

    Dok, sekitar 3 minggu lalu saya mengalami kecelakaan, dan pergelangan kaki saya patah. Maka dari itu saya menjalani operasi pemasangan sekrup, sudah lewat satu minggu saya tidak merasakan sakit sama sekali, hanya ada rasa mengganjal di bagian pergelangan ketika saya mencoba sedikit menggerakkan pergelangan kaki saya. Dokter saya bilang kalo baru boleh belajar menapakkan kaki 1,5 bulan dok. Dan baru bisa lepas tongkat sekitar 4 bulan. Apa pemulihan kaki saya bisa lebih cepat dari itu dok? Dan apa ada resiko seperti jalan pincang setelah normal nanti dok?

    • Muki Partono
      Posted Juli 6, 2017 7:03 am

      masalah mobilisasi paska operasi sebenarnya yg lbh tahu dokter yg mengoperasi anda , sebaiknya ikuti petunjuknya saja , krn dokter yg operasi yg tahu kekuatan pemasangan pen atau screwnya sehingga mobilisasi cepat atau lambat disesuaikan , jd masing2 orang dengan kasus yg sama blm tentu sama penanganan mobilisasinya

  • Bismo Yanuar
    Posted Oktober 17, 2017 9:14 am

    Halo dok,

    13 januari 2017 tulang lengan kiri sy patah (humerus) fraktur spiral dan sekarang sdh 9bulan tangan sy di pen. Yg ingin sy tanyakan
    1. Umumnya apakah di bulan ke 9 tulang saya sdh tersambung kembali?
    2. Apakah sy boleh angkat beban (gym) dengan berat minimal (30-40kg) ?

    Terima kasih dok, salam…

    jawab ; waktu 9 bulan paska operasi biuasanya sdh menyambung , hanya saja sebaiknya dilakukan pemeriksaan foto rontgen kondisi terakhir utk memastikannya , utk angat berat sebaiknya menunggu hasil rontgen kalau memang sdh menyambung baik bisa dicoba dengan beban yg ringan dulu secara bertahan

  • Lala
    Posted Oktober 23, 2018 5:22 pm

    Slmt malam dok.. mw tanya apakah ada pen buat tulang kering kaki yg bisa langsung di pake jalan minimal 2 mg bedrest

  • Pandu
    Posted November 20, 2018 12:04 am

    Pagi dok.
    Sy mau tnya.18 nov2018 .sy mengalmi kclkaan shingga ibu jari sy mnglmi pth tlng dan hmpir putus,tulang pun hancur.
    Stlh di bwa ke rs.tgan sy di pens.
    Yg mau st tnyakan..?
    Brpa lma kah pens pada tekukan ibu jari hrus di lepas dok.
    Trs klo ngk di lepas apakah bahya
    .trima ksih dok.mnta konsultasi nya.

    • Muki Partono
      Posted Desember 5, 2018 4:35 am

      pen sebaiknya dilepas , tapi tergantung jenis pen yg dipasang kalau Titanium tak perlu dilepas, kapan dilepas bila tulang sdh menyambung sempurna , kira2 1 tahun

  • Pimalati
    Posted Desember 4, 2018 2:03 am

    Pagi dok,
    Sy mengalami fracture olecranon tgn kanan 2 bulan lalu. Dan 2 okt 2018, dilakukan pemasangan pen dan kwire. 1 minggu stlh operasi sy lsg lanjut fisio 24x dgn mobilisasi. Hasilnya tgn susah lurus dan nekuk hy sampe 90. Minggu ke 7 sy kembali konsul ke dokter ortopedi sy dan dokter mengatakan bhw pen hrs dicabut krn itu yg mengganjal shg sy susah menekuk tgnnya.
    Pertanyaan sy:
    1. Apakah aman melakukan pencabutan pen di bawah 3 bulan? (Xray hasilnya bagus)
    2. Apakah mslhnya hy krn pen sangkut atau ada kemungkinan otot atau jaringan saraf?

    Saat ini sy fisio dgn teknik kinesiology dan gerakan tgn memang lbh enak. Cm di posisi 90 tetap mengganjal.
    Mohon masukannya dok, terima kasih banyak sebelumnya.

    • Muki Partono
      Posted Desember 5, 2018 4:03 am

      sabar saja pak, kematangan otot setelah 8 bulan jd lanjutkan saja fisioterapinya , kami lbh menyukai aktif excercise artinya pasien sendiri yg melakukan tanpa bantuan orang lain .

  • Ican
    Posted Desember 13, 2018 12:57 am

    Salam dok. Sy candra 25 th. 1 buln yg lalu saya kecelkaan dan fraktur jari manis dan klingking kanan dekat sendi. D dekat tulang metakarpl. Tidk d operasi krna dekat dengn sendi . Sekrng d gips. Sudah 5 mnggu. Apkah bisa mnymbung dok dg d gips . N berp lm wktuny?

  • Michel
    Posted April 24, 2019 3:23 am

    Pagi dok, saya mengalami kecelakaan pada tahun 2010. Hal ini menyebabkan kedua tulang tangan kanan saya patah. Kemudian dibedah olek dokter bedah umum dan dipasang platina. 3 Minggu setelah pemasangan platina, tulang saya bengkok sebagai akibat dari seorang penumpang di minibus yang hendak jatuh dan bertumpu pada tangan saya yang patah dan tulang tersebut menjadi bengkok. Karena dokter tersebut menyarankan saya untuk operasi di Makassar, sehingga saya menggunakan pengobatan tradisional dengan melepaskan pen dimaksud. Tetapi pada salah satu tulang yang patah (bekas pen yang bengkok) selalu keluar cairan. Akhirnya di tahun 2014 saya mengalami operasi untuk pemasangan pen pada kedua tulang yang telah dicabut pada tahun 2010. Sampai saat ini pen tersebut sudah hampir lima tahun terpasang dan tidak ada keluhan apa-apa. Pertanyaannya, apakah pen tersebut tidak perlu dicabut lagi dokter? Terima kasih atas jawabannya.

    • Muki Partono
      Posted Juli 5, 2019 3:28 am

      sebaiknya dilepas , kalau materialnya memang hrs dilepas, kalau bahan pennya titanium tak perlu dilepas

  • Arifahra
    Posted Juni 23, 2019 7:24 am

    Dok, saya umur 27tahun, tulang betis dan kering kanan saya patah karna kecelakaan dan sudah 1 tahun ini dipasang pen. Pertanyaan saya, kalau setelah lepas pen apakah saya harus berjalan memakai bantuan kruk lagi atau saya bisa lgsg berjalan normal ya Dok?

    • Muki Partono
      Posted Juli 5, 2019 3:11 am

      biasa pakai lagi sementara sampai 3 minggu

  • Andi Budiman
    Posted Juli 29, 2019 6:30 am

    Dok, saya umur 28 tahun pemulihan tulang setelah lepas pen berapa lama ya?

  • Fitri
    Posted Agustus 31, 2019 9:23 am

    Dok setelah lepas pen di tibia proximal, setelah 8th yg lalu pasang pen, apakah langsung boleh beraktifitas seperti biasa. Hasil rotgen sebelum operasi lepas pen : posisi tibia baik, masih terlihat garis fraktur tipis.
    Apakah perlu pakai kruk lagi ? Kapan bisa berjalan seperti biasa ? Apa boleh ditekuk dok lututnya ? Terima kasih dok

  • Salmun Kiuk
    Posted September 8, 2019 1:41 pm

    Mohon petunjuk Dokter?.
    Saya berjenis kelamin laki-laki, usia 32 Tahun,
    Saya mengalami patah tulang kaki (tulang keri g) sbelah kiri saya dan sy sdh jlni operasi dan sementara masih pasang pen luar.
    Kondisi tulang sy patah dan remuk hingga pecahannya yg lain hilang di TKP.
    Besok sy ingin ajukan diri untuk dioperasi lagi agar mengganti dgn pen dalam serta ikuti saran dokter di RS ini bhw tulng sy hrs di cangkok, tulangyg kecil akan diambil untuk dipakai sambungkan ke tulang yg besar sehingga bs disambungkan kmbali.
    Sy mau bertanya Dok,,, dgn cangkok tulg sy ini apakh tdk ada efek yg lain Dok?
    Terima kasih

  • Chenchen
    Posted Oktober 7, 2019 6:19 pm

    Pagi Dok, saya sebulan lalu tepatnya 1 september mengalami patah tulang tertutup metatarsal 5. Tindakan waktu itu hanya di gips, sebulan kemudian gipsnya dibuka dan saya belajar jalan. Namun kaki suka bengkak ketika habis beraktifitas dan memar bekas patah masih ada namun sudah jauh berkurang memang semenjak patah di awal, apakah ini wajar dok?
    Dan kira2 jika saya ingin aktifitas seperti biasa apakah aman dok? Terimakasih.

    • Muki Partono
      Posted Oktober 8, 2019 6:12 am

      tulang mulai menyambung setelah 3 minggu , jadi masih wajar bengkak bisa sampai 4 bulan

  • Muki Partono
    Posted Januari 23, 2020 5:58 am

    pendapat saya anda konsentrasi ke kelainan tulang rawannya dulu , mungkin saraf suntik PRF , tunggu hasil baru kaelihatan setelah 8 bulan

  • Dam
    Posted Februari 4, 2020 3:01 pm

    Assalamu’alaykum pak, saya Dam skrg usia 21 tahun. 6 tahun lalu saya mengalami benturan keras pada sisi kiri tulang rusuk saya, tapi saya tidak priksa ke dokter krna memang waktu itu saya tidak tahu kalau smpai kena ke tulang dan msih bisa buat aktivitas sperti biasa mskpun masih trasa sakit, saya lupa brapa bulan itu sudah enakan, tapi saya lihat tulang rusuk saya sblah kiri yg kena benturan beda dengan yg kanan, sdkit cekung tpi saya tidak merasakan sakit jdi saya menganggap biasa saja. Stu pekan kmrin saya mulai mrasakan tidak nyaman dok pada dada kiri saya yg kebentur, rasanya mengganjal ktika dibuat tdur, dan kdang mncul sdkit rasa nyeri.
    Mnurut pak dokter dengan kondisi seperti ini apakah harus dioperasi? Mengingat biaya operasi mahal, saya tidak mau menyusahkan orang tua saya dok, saya cemas jika sya mau priksa ?.

    • Muki Partono
      Posted Maret 2, 2020 9:03 am

      kemungkinan tulang rusuk anda sdh menyambung dan posisi berubah dibandingkan keadaan sebelum benturan , tidak perlu dilakukan tindakan apa2 , hanya kosmetik saja berbeda tapi secara fungsi baik

  • Dam
    Posted Februari 4, 2020 3:02 pm

    Assalamu’alaykum pak, saya Dam skrg usia 21 tahun. 6 tahun lalu saya mengalami benturan keras pada sisi kiri tulang rusuk saya, tapi saya tidak priksa ke dokter krna memang waktu itu saya tidak tahu kalau smpai kena ke tulang dan msih bisa buat aktivitas sperti biasa mskpun masih trasa sakit, saya lupa brapa bulan itu sudah enakan, tapi saya lihat tulang rusuk saya sblah kiri yg kena benturan beda dengan yg kanan, sdkit cekung tpi saya tidak merasakan sakit jdi saya menganggap biasa saja. Stu pekan kmrin saya mulai mrasakan tidak nyaman dok pada dada kiri saya yg kebentur, rasanya mengganjal ktika dibuat tdur, dan kdang mncul sdkit rasa nyeri.
    Mnurut pak dokter dengan kondisi seperti ini apakah harus dioperasi? Mengingat biaya operasi mahal, saya tidak mau menyusahkan orang tua saya dok, saya cemas dok ?
    Terima kasih.

    • Muki Partono
      Posted Februari 7, 2020 1:06 pm

      kemungkinan anda menderita patah iga kirid an sudah menyambung , hanya saja menyambugnya mungkin posisinya tdk sempurna mengakibatkan bentuk tulang rusuk anda saat ini berbeda dab kadang menimbulkan rasa nyeri . saran pakai plester utk mengurangi nyeri

  • Melky
    Posted Mei 28, 2020 2:13 pm

    Dok, ps tanggal 31 desember 2019 saya operasi pasang pen di femur, setelah 4 bulan saya baru menyadari kalo kaki yg dioperasi pendek 1,2 cm, sebaiknya dioperasi pemanjangan kaki atau dibiarkan aja?

    • Muki Partono
      Posted Juli 12, 2020 2:01 pm

      pemendekan 1,2 cm tidak perlu diperbaiki cukup dengan diberikan sol lbh tebal pada sepatu atau sendalnya