umur 30 thn, Laki laki, tanggal 6 august 2012 Kecelakaan menghindari sepeda terpelanting ke sebelah kanan, kaki kanan menghantam tanah tulang tybia remuk (tulang saya kategorinya besar) tepat di bawah dengkul, sudah dilakukan operasi pemasangan plat dan pen (6 buah) untuk menyatukan tulang tp tulang yang kecil patah dibiarkan saja. obat nya, tulang sudah menyatu dengan pen kondisi nyeri masih dialami terkadang sampai kepala. Obat yang diminum standar antibiotik, vitamin tulang, vitamin, anti nyeri analgesic, salep thrombosop. KOndisi sekarang saya telapak kaki bengkak dan berwarna lebih gelap (apabila berdiri) dan lebam di kaki kanan bagian paha dan lain lain. Kaki untuk satu bulan ini belum boleh menapak pada lantai (kecuali sudah duduk)

jawab : sebaiknya lanjutkan pengobatannya, kadang memang masih nyeri , minum obat nyeri saja kalau tdk tahan , kalau bisa ditahan sebaiknya jgn makan obat nyeri berlebihan .

Saya mau tanya doc :
1. sekarang saya sedang berlajar untuk menekukkan kaki dan jadwal saya 1 hari 3 kali (@30-45 mnt) untuk duduk dan melatih untuk mnekukan kaki sambil diangkat atas bawah, apakah itu sudah cukup dok, setelah itu saya bisa baring sambil bekerja?
2. Kira-kira untuk menekukan hingga bsa 90 derajat berapa laa ya dok saya bariu 45 udah tidak kuat untuk meluruskannya lagi, kira2 sampai kapan rasa nyeri ini bisa hilang?
3. ada referensi video atau latihan yang bisa saya lakukan dok supaya saya lebih cepat sembuh?
4. Untuk proses hingga bisa berjalan normal kira-kira tahapannya seperti apa doc? seperti bulan pertama harus bisa menekuk, bulan kedua harus bisa merangkak, dokter Muki bisa jelaskan?
5. Insyaallah untuk pelepasan pen, kira2 biaya operasinya berapa ya doc?

maaf pertanyaan saya banyak, terima kasih