0815100041928.00 WIB - 16.00 WIB
Lokasi PraktekRSPI Puri Indah dan RS Jakarta

Otot kaki kaku setelah 25 hari di gypsum

Yth, Dr. Muki

25 hari lalu sy kecelakaan motor yg menyebabkan tulang kaki sy bergeser dari persendian dengkul. di hari itu juga sy lsg rongten dan hasilnya dinyatakan tulang tidak missplaced. tetapi kaki kiri saya tidak hari itu tidak bisa bertumpu (sakit sekali), akhir nya sy kunjungi ke pengobatan patah tulang dan kaki saya hanya di gips dan diberi minyak dan tidak boleh digerakan selama 25 hari. saat ini saya sudah bisa berjalan 90% normal, cuma masalahnya kaki tidak bisa di tekuk lebih dari 90 derajat. kemarin sy ke dktr otopedi di mayapada. mereka anjurkan untuk observasi selama 1 bulan, krn kemungkinan otot yg kaku atau ada bantalan antar tulang yg pecah…
Pertanyaanya :
Kalau otot yg kaku, bagaimana caranya agar bisa normal kembali?
Kalau bantalan yg pecah, bagaimana solusi nya agar bisa normal kembali?

Terima Kasi Dok.

jawab ; 1. otot kaku kita lakukan fisioterapi, utk mengetahui kelainan pecah lutut sebaiknya artroskopi.

51 Comments

  • fajar ramadhan
    Posted Desember 30, 2010 4:17 pm

    Yth, Dr. Muki

    3 bulan yang lalu tepatnya tanggal 13 Oktober saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulang tangan kiri saya patah (tulang besarnya/) dan tulang mata tangan mengalami pergeseran(menonjol) hal ini saya ketahui berdasarkan rontgen, saat itu saya memutuskan unutk di urut, namun setelah 2 bulan saat saya rontgen kembali ternyata posisi tulang yang patah tidak persisi dan mata tangan masih menonjol, lalu saya putuskan untuk operasi di RS dan dipasang pen untuk tulang yang besar namun untuk mata tangan masih menonjol, dokternya bilang sulit untuk dikembalikan karena telah terbentuk ligamen pada tempat tulang yang bergeser tersebut, dilakukan tindakan atau tidak hesilnya akan tidak berbeda jauh, saat ini lengan saya sulit untuk membalikan telapak tangan yang saya rasakan pergelangan tangan saya seperti terkunci.

    pertanyaannya :
    1. apakah tulang mata tangan saya dapat dikembalikan seperti semula ?

    2. apakah pergelangan tangan yang saya rasakan seperti terkunci dapat kembali seperti semula ?

    3. pergelangan yang seperti terkunci itu apakah karena ada jaringan ligamen yang menghalangi pergerakan tulang tangan saya.

    terima kasih

    • muki partono
      Posted Desember 31, 2010 9:44 am

      kami harus lihat kondisi terakhir dan kondisi klinis, mudah2an masih bisa di atasi, kami punya pengalaman menangani kasus ini, tapi mungkin yg penting telapak tangan anda bisa kembali seperti semula fungsinya atau mendekati semula, hanya tonjolannya kadang sulit kembali

  • susi
    Posted Maret 22, 2011 10:05 am

    Yth. Dr. Muki

    Anak saya yang berumur 3 tahun,baru saja dibuka gipsnya.Karena jatuh dan tulang besar kaki kannanya patah. Dia di gips selama 36 hari / 6 minggu dok. Sekarang sudah 1 minggu dibuka, tetapi masih belum bisa berjalan normal. bisa berjalan tetapi pakai pegangan. yang ingin saya tanyakan :

    1. Sampai berapa minggu / bulan anak saya bisa berjalan normal seperti semula?
    2. Apa yang bisa saya lakukan agar anak saya bisa cepat jalan seperti semula dok?

    Terima kasih

    • muki partono
      Posted Maret 22, 2011 11:05 am

      jalan setelah pasang gips perlu latihan kembali sebaiknya dilakukan fisioterapi, perkiraan jalan kembali sempurna tergantung masing2 orang dan tergantung jenis patahannya

  • mutahanif
    Posted Mei 31, 2011 3:49 pm

    salam hormat dok maaf saya mau nanya apakah pen/gipsung terbuat dari emas putih??

    • muki partono
      Posted Juni 5, 2011 1:52 pm

      bukan, pen terbuat ada yg dari titanium ada dari stainless steel, ada dari cobalt crom dll, sedngkan gips itu bahannya dari kapu

  • Derian
    Posted Juli 16, 2011 9:46 pm

    Yth. Dokter mukti.
    Sy pernah cedera di lutut, mungkin terbentur atau terpuntir sy tdk tahu pasti. Yg pasti saat itu lutut kiri sy layu.
    Sy hanya berobat ke pengobatan alternatif.
    Masalahnya hingga sekarang tulang lutut bagian dalam sy suka bergeser hingga kaki saya tak bisa lurus.
    Apakah ini karena ligamen sy meregang?
    Selain operasi, karena biaya yg dirasa tinggi, adakah cara lain agar lutut sy dapat berfungsi normal?

    • muki partono
      Posted Juli 26, 2011 7:36 pm

      kelihatannya anda mengalami cedera ligament , memang sebaiknya dioperasi cara lain tdk ada anda tetap akan goyang lututnya

  • Febrina yolanda
    Posted Agustus 20, 2011 8:05 am

    Saya mengalami patah tulang paha , pasca operasi saya tidak menapakan kaki saya yg patah selama 9 bulan .
    Sekarang saya setiap hari melatih kaki saya dengan berjalan setiap pagi hari meski menggunakan tongkat .
    Tetapi jika saya melepas tongkat jalan saya lemas tidak seperti waktu normal .
    Apakah saya bisa berjalan normal kembali ?
    Apa cara yg bisa saya lakukan agar saya berjalan normal kembali ?

    • muki partono
      Posted Agustus 22, 2011 6:54 pm

      anda ada masalah apa ya kok lama sekali baru boleh menjejakkan kaki, sebaiknya kami evaluasi ulang utk kondisi ini, spy ada jalan keluar bisa saja otot paha anda sdh atropi krn tdk terlatih shg jd lemas atau bisa sebab lain , sebaiknya dikonsultasikan

  • bama
    Posted September 1, 2011 6:14 am

    Dok,2 bulan yg lalu saya mengalami kecelakaan dan oatah tulang dibagian betis dan paha pada kaki kiri.pada saat itu lgsg dioperasi pemasangan pen.2 minggu yg lalu dok dilakukan pemasangan gips selama 14 hari(krna pen sedikit meregang),tetapi dok setelah gips dilepas
    A.kaki terasa kaku terutama di bagian lutut
    B.kaki sulit diluruskan dan ditekuk(terasa sakit).gimana dok solusinya
    C.apa kaki saya sudah bisa dijejakkan dok(jarak waktu dari pasang pen sampai sekarang 2 bln)
    Terima kasih dok

  • sasey
    Posted Juni 5, 2012 9:08 pm

    Dok, anak sy usia 2 th krn jatuh tdk dpt berdiri dan berjalan stlh di periksa ke dokter sp ortopedi , lutut/ dengkul nya ad yg retak jd hrs di gips. Stlh 3 minggu gips dilepas, anak sy awal nya tdk mau berdiri msh takut2 tp besok nya sdh mau berdiri pelan2, alhamdulialah 3 hr uda bs berjalan namun msh tertatih2. Dok kira2 kpn anak sy bs berjalan normal kembali yaaa ? Dan dlm sehari bole brp lama anak sy berjalan (tertatih2) ? Sy takut dok. Mohon saran nya dok

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 10:31 am

      tak perlu khawatir, perlu waktu saja utk pemulihan

  • wahyudi
    Posted Juni 29, 2012 2:31 pm

    yth.Dr.Muki
    bulan lalu saya kecelakaan terjadi retak pada lateral condyle setelah 1 setenga bulan digibs pergelangan kaki saya sakit (kaku) dibuat jalan dan lutut saya sakit waktu ditekuk cuman bisa 100 derajat posisi duduk dikursi ,sakitnya pd medial condyle padahal yang patah lateral condyle,apakah itu halbiasa terjadi setelah digibs dok,apakah ada kelainan pada lutut saya dan mohon saran dari dokter
    terima kasih dok

    • muki partono
      Posted Juni 30, 2012 9:38 am

      bisa saja karena kekakuan otot, saran fisioterapi yang teratur

  • alvi
    Posted Juli 7, 2012 5:50 pm

    dok ,saya mau nanya
    ayah saya , 40 th
    ayah saya patah tulang kering dan tulang betisnya
    ,kemudian dia berobat di Rs dipasang pen luar ,
    kemudian keluarga kami kehabisan biaya sehingga ayah saya dibawa ke alternatif patah tulang.
    sekarang dia pen nya dilepas tapi gak malah sembuh malah parah , terdapat luka di area patahan tulan yang selama 6 bulan luka tsb gak bisah sembuh, padahal obat antibiotik luka dan vitamin tulang nya terus diberikan .

    pertanyaan saya
    1 apa penyebap luka tsb g sembuh 2
    2 1 bulan lalu dia dibawah ke dokter umum dan diperiksa lukanya , ternyata dalam daging ayah saya terdapat kasa ? kasa apa itu dok
    3 bagai mana menyembuhkan kaki patah tersebut
    4 cara gipsum sendiri materialnya apa dan prosedurnya bagaimana

    sekian terimah kasih

  • ferdi
    Posted Juli 13, 2012 2:15 pm

    YTh, Dr Mukti.

    Saya mengalami kecelakaan dan patah tulang paha. saya berobat ke trdisional sisim pijat. namun setelah 8 bulan kaki saya belum bisa tekuk.Karena seperti urat otot kaku di daerah dengkul. Apakah ada kemungkinan kaki saya akan kembali normal dan bisa di tekuk.?? terima kasih.

    • muki partono
      Posted Juli 14, 2012 9:40 am

      patah tulang paha dengan pengobatan tradisional kami tak pernah mendapatkan hasil yg sempurna, kalau terjadi penyambungan tulang biasanya posisinya tak benar dan lbh pendek kakinya, akhirnya harus dioperasi kembali, saat ini kami sedang merawat 1 penderita yg sdh diobati dengan tradisional pada patah tulang paha bawah yg lbh pendek dan tidak menyambung ,kekakuan paa lutut itu salah satu akibat nya saran perbaiki ke dokter tulang

  • Aga
    Posted Juli 26, 2012 12:01 pm

    Yth Dr Mukti

    Anak saya (4th) jatuh dari sepeda.Dari hasil rontgen tulang pengumpilnya retak (green stick) incomplete dan agak membengkok. Saya bawa ke tukang urut, dan tangannya dibebat, setelah 3 minggu jari2nya sudah bisa digerakkan dan sudah bisa mengangkat barang2 yang ringan. Saya melihat tangan bekas bebat itu lurus dan tidak bengkok lagi (agak normal) tapi sampai sekarang anak saya belum bisa menggerakkan pergelangan tangannya jadi posisi tangan tetap tertelungkup (ke dada)..
    pertanyaan saya:
    1. apakah pergelangan tangan tersebut bisa digerakkan lagi, apakah harus di fisioterapi di rumah sakit atau bisa dilakukan dirumah dan bagaimana caranya.
    terimakasih

    • singgih
      Posted Oktober 12, 2012 11:51 pm

      Yth Dr Mukti
      Anak saya (11th) patah dekat pergelangan tangan kiri kemudian digips sampai sendi siku. yang jadi masalah saya lupa mengontrolkan untuk dibuka gipsnya sampai 10 minggu. sekarang sendi siku terlihat kaku dan belum bisa lurus masih agak bengkok 15-25 derajat.
      pertanyaan saya:
      1. apa akibat terlalu lama buka gips sampai 10 mggu dan apa pengaruhnya?
      2. apakah masih dapat nantinya sendi siku anak saya bisa kembali normal lurus lagi dan berapa lama?
      3. Bagaimana supaya bisa digerakkan lagi apakah di fisioterapi di rumah sakit atau dirumah bisa mengembalikan kekakuan sendi sikunya dok?
      Saya kawatir dan merasa bersalah karena kelalaian saya, apakah bisa kembali normal supaya nantinya tidak menjadi minder
      terimakasih

      • muki partono
        Posted Desember 16, 2012 9:10 am

        Saran sebaiknya kalau sdh 10 minggu dilakukan manipulasi saja dengan pembiusan agar hasilnya maksimal

  • uthiz
    Posted Maret 22, 2013 9:15 am

    Yth Dr.Muki
    Dok, sy ibu rt 27th bru2 mngalami kclkaan dan trjdi dislokasi pd siku sy.ktax bgian radius mnurut hsil rontgen. Sy mngalami kclkaan pd tgl19/03/13. Hingga saat inni tulng sy blum dre

    posisi. Ap itu tdk brbhaya dok? Soalx nyerinya nd kunjung reda. Mksh

    • muki partono
      Posted Maret 23, 2013 1:13 pm

      sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang , kalau dislokasi posisinya hrs dibetulkan baru nyerinya hilang

  • andri
    Posted Mei 28, 2013 10:54 pm

    Pak dokter pergelangan kaki saya sekarang sudah 5 tahun sakit terdapat benjolan dah kehilangan kekuatan/ tenaga, dulu sepertinya akibat keseleo lama kelamaan bengkak dan sekarang pergelangan kaki kiri saya seperti bengkok, sepertinya sendinya goyah? Apakah harus dioperasi?? Kalo iya kira kira biayanya berapa ya pak dokter? Terima kasih sebelumnya—–

  • Rinrin
    Posted September 8, 2013 7:48 pm

    Malem dokter,,
    saya mengalami kecelakaan motor skitar 2 bln lalu,pergelangan kaki sy terluka akibat terkikis jalan/ terseret di aspal,lukanya cukup besarskitar 9-10cm dipunggung kaki,,skrg lukanya sdh kering,,ttpi msh suka muncul kulit kulit putih yg mengeras dan ada sedikit daging yg mengeras,,,otot pergelangannya menjadikaku untuk bergerak,,,
    – apakah itu keloid dan bs dihilangkan?
    – bgmn terapi/latihan yg hrs sy lakukan dirumh agar ototnya tdk kaku
    – hampir 2bln sy berjalan tdk normal,,skrg ini kedua tumit sy menjadi sakit jika saya berjalan,,,kadang terasa seperti perih,,ngilu,dan sakit,,,apakah sakit ditumit sy akibat dr berjalan yg tdk normal sth 2 bln ?atau ada penyakit lain asam urat atau apa gt dok?soalnya sakitnyamuncul stlh 2 bln sy kecelakaan tsb,,terimakasih dok

    • muki partono
      Posted September 10, 2013 11:55 pm

      ya kemngkinan anda mengalami penyembuhan dengan pembentukan jaringan parut hal ini yg menyebabkan kaku dan saran sebaiknya lakukan fisioterapi

  • aini dewanti
    Posted September 9, 2013 6:20 pm

    Yth dr. Muki
    Saya wanita usia 23 tahun. Tanggal 11 Agustus 2013, saya mengalami kecelakaan dan mengalami dislokasi, dan bagian radial headnya d ujungnya pecah sedikit, saya googling tipe nya “fraktur radial head type 1”
    Di UGD dilakukan reposisi kmdian d pasang gips panjang dari setengah lengan atas sampai k pergelangan tangan.
    Setelah 3 minggu+ 2 hari (tanggal 3 September 2013),saya kontrol ke dr.Orthopedi, dan gips nya sudah boleh dilepas. Dari hasil rontgen,dokter mengatakan kondisi tulang saya sudah membaik.
    Yang menjai masalah, ternyata tangan saya belum bisa di tekuk di bagian siku.
    Kemudian dilakukan fisioterapi setiap hari dari tanggal 4 September 2013 sampai dengan hari ini (tanggal 9 September 2013), tangan saya bisa digerakkan 90 derajat.
    Apakah untuk bisa menekuk sempurna, memerlukan waktu lama dok?

    • muki partono
      Posted September 10, 2013 11:48 pm

      ya benar sabar saja kira2 4 bln paling cepat

  • Fitri
    Posted November 23, 2013 3:08 pm

    Selmt malam dok
    Kaki saya Metatarsal dok, akibat kecelakaan. Dan sekarang sudah d operasi dan digips. Yang saya ingin tanyakan adalah kalau kaki digips itu apa2 aja yg gakk boleh dilakuin ? Soalnya sy ingin beraktivitas kembali seperti biasa nya.

    Terimakasih dok.

    • Muki Partono
      Posted November 29, 2013 2:40 pm

      bila anda pakai gips artinya anda bebas melakukan apa saja krn posisi tulang sdh difiksasi oleh gips jd kemungkinan posisi berubah kecil

  • tri setyo
    Posted Desember 28, 2013 9:24 pm

    dok,sy mngalami kcelakaan 8 oktober 2013 dn lngsung dibwa ke RS kmudian di rontgen. Stelah dirontgen trnyata tulang bwah lutut sdikit retak.
    Kmudian digip, gipnya bru dibuka 16 desember kmarin.
    Sampai skarang sya brjalannya msih pake tongkat.
    Kira2 btuh wktu brapa lama buat bsa jalan normal lgi? Apa mungkin 13 januari 2014 sy sdh bsa jalan lgi?
    Mksh

    • Muki Partono
      Posted Desember 29, 2013 1:56 pm

      saya rasa belum bisa jalan spt biasa anda tetap pakai bantuan tongkat, krn tualng bawah lutut itu relatif rapuh kalau anda terburu2 menapakkan kaki dan terjadi beban akan mengakibatkan tulangnya kompressi (blesek) yg mengakibatkan lutut bisa bengkok jd sabar ya

  • tri setyo
    Posted Desember 29, 2013 10:36 pm

    jadi kira2 btuh wktu brapa lama buat bsa jalan normal lgi dok?
    Klau skarang udh mulai dilatih buat ditapak gmana dok? bhaya gk?
    Mksh

  • Rianne
    Posted Maret 16, 2014 12:57 pm

    yth dokter muki

    saya mengalami retak atau patah pada jari manis di kaki saya, dan saya di anjurkan untuk di gips, jika di gips, apakah saya bisa melakukan aktifitas seperti biasa? dan berapa lama kah gips tersebut bisa dilepas dan sembuh 100%?

    terimakasih,mohon konsultasinya

    • Muki Partono
      Posted Maret 17, 2014 12:59 am

      saran sebaiknya kalau posisinya baik boleh di gips kalau posisinya tdk baik sebaiknya operasi utk menghindari keluhan nyeri berjalan atau lari setelah tulang menyambung tidak sempurna posisinya yg kita sebut MALUNION, krn jari tempat menumpu

  • Neni Haryaningsih
    Posted September 11, 2015 3:45 am

    Dokter Mukti

    saya punya anak sekarang umur 18 bulan namanya Arkan. Dari umur 8 bulan sampe 12 bulan pernah dirawat 3 kali dirumah sakit yang berbeda. saat umur 11 bulan dia sudah bisa berdiri sendiri kakinya juga normal, setelah dirawat yg ke 3 kali habis keluar dari rumah sakit jadi tidak mau dititah dan kakinya jadi kaku. lututnya masuk kedalam kalo dititah juga kaku banget dan jinjit. saya sudah sempat diterapi sebanyak 7 kali namun ngga ada perubahan sama sekali. saya pingin tahu dokter kalau kaki anak saya kaya gitu ada kelainan atau gimana ya dok. atau itu karena efek dari panas karena pernah step atau karena trauma karena pernah diinfus dikaki?
    mohon penjelasannya dokter,,,
    Terima kasih

    • Muki Partono
      Posted September 15, 2015 3:30 am

      sebaiknya anak ibu dikonsulkan kembali ke dokter anak bagian saraf mungkin ibu benar ada pengaruh akibat deman atau kejang nya

  • siti yulinar
    Posted Juli 31, 2018 12:03 am

    Anak saya sekarang 1bulan dok, kaki kanan nya pengkor atau bengkok sejak lahir.. kira kira berapa persen bisa sembuh nya, dan kalo di gips berapa lama gips nya di pasang? Dan jika pake spatu ortophedi brapa lama dok? Makasih sebelum nya

    • Muki Partono
      Posted Juli 31, 2018 4:19 am

      keberhasilan pengobatan pada kasus anak ibu tergantung berat ringannya kelainan

  • Munandar Aji
    Posted Agustus 4, 2018 6:56 pm

    Dokter

    Saya berumur 24 tahun, 5 minggu yang lalu ligamen MCL saya robek karena cidera main sepakbola.. Kemudian saya di gips selama 3 minggu.. Setelah gips dilepas, ligamen saya sudah lumayan sembuh.. Cuman kaki saya sangat sulit ditekuk setelah di gips, kemudian saya selama 2 minggu terakhir melakukan fisioterapis dengan rutin dan Alhamdulillah sudah bisa ditekuk hampir sempurna, tetapi lutut masih kerasa sakit banget kalo buat gerakan sholat..walaupun lutut dan kaki saya sudah mampu untuk berjalan, tapi lutut saya ketika berjalan terasa kaku dan kayak ada yg mengganjal di lutut, serta masih ada pembengkakan di lutut..
    Kemudian ketika exercise, pada gerakan kaki saya luruskan, dibawah lutut berbunyi krek (tapi tidak sakit atau nyeri)

    1. Apakah yg saya lakukan ini sudah benar ?
    2. Apakah pembengkakan dilutut saya ini disebabkan pemulihan MCL belum sempurna ?
    3. Apakah dengan kaki kaku saat berjalan ini, saya boleh beraktifitas seperti biasa, atau istirahat dulu ?
    4. Bunyi krek pada bagian bawah lutut itu apa ya dok ?
    5. Lutut saya untuk gerakan sholat masih terasa sangat sakit, tapi kalau dipaksa ya bisa.. Apakah gapapa saya paksa untuk latihan otot dan sendi ? Atau mending jangan dipaksa ?

    Terima kasih

    • Muki Partono
      Posted Oktober 19, 2018 3:59 am

      cedra MCL 5 bulan rasanya blm cukup utk pemulihan , jd masih butuh waktu lagi lanjutkan saja

  • Linda
    Posted Agustus 20, 2018 2:39 am

    Anak saya umur 4 th 2 bln jatuh Dan tulang kering kakinya retak dok..Dan sekarang sudah digips..yg saya mau tanyakan apakah anak saya Akan berjalan seperti biasanya setelah gipsnya dibuka? Kira2 until tulang Kali yg retak digips hingga brp lm ya dok .. terimakasih

    • Muki Partono
      Posted Agustus 20, 2018 3:17 am

      ya , pakai gips rata2 2 bulan tapi tergantung masing2 anak

  • Fajrin m
    Posted November 4, 2018 10:56 am

    Dok 10 bulan lalu saya kecelakaan . Kaki saya patah dan sering juga saya mengunjungi dr. Saya juga sdh bisa berjalan tetapi mengapa jalan syaa masih belum normal atau masih pincang dok. Padahal uda 10 bulan.. Mohon dok bimbingamnya

    • Muki Partono
      Posted Desember 5, 2018 4:42 am

      kalau masih pincanga rtinya bisa masih ada nyeri , mungkin saja salah satunya bisa krn tulang blm menyambung sempurna

  • Diah
    Posted April 30, 2019 2:59 am

    Dok, 6 minggu yang lalu saya kecelakaan yang membuat tulang kering kaki kiri saya mengalami sedikit keretakan. Setelah itu kaki saya di gips selama 4 minggu. setelah gips di lepas langsung dilakukan rontgen, keretakannya sekarang sudah sembuh tapi kaki saya belum bisa diluruskan tidak dapat di tekuk dengan sempurna dan berjalan pun masih pincang. Saat saya konsultasikan ke dokter orthopedi, dokter menyarankan untuk melatih kaki saya agar tidak kaku dengan memaksa kaki diluruskan. Karena sangat sakit, saya tidak bisa melakukannya sendiri dan orang-orang di sekitar saya juga tidak tega melakukannya. Yang mau saya tanyakan
    1. Apakah ada cara lain untuk melatih kaki saya ?
    2. Perlu waktu berapa lama agar kaki saya dapat normal kembali

    • Muki Partono
      Posted Juni 18, 2019 10:48 am

      lakukan fisioterapi , nanti akan lbh baik, latihan tersebut tdk bisa dilakukan sendiri hrs dipantau orang lain

  • Ririn
    Posted Mei 2, 2019 3:49 am

    Dok, tgl 5 april kmrn sy jatuh dr motor posisi tengkurap. Dan seketika itu sy buat jalan kaki kanan sy rasanya kaku dan bengkak. Setelah sy rontgen trnyata hasilnya fraktur 1/3 proksimal tibia plateau os tibial dextra (posisi tulang jg msh normal tdk ada yg geser). Kemudian kaki sy di gips (tdk perlu dioperasi kata dokter tulangnya) selama 3 minggu. Setelah gips dibuka, kaki sy (daerah lutut) msh agak bengkak, dan daerah pergelangan kaki jg bengkak. Yg sy tanyakan :
    1. Normal nggak dok bengkaknya itu? Dan sampai kapan sembuhnya?
    2. Setelah lepas gips apa boleh sy langsung latihan jalan sedikit2?
    Mohon penjelasannya dan trmksh.

    • Muki Partono
      Posted Juli 5, 2019 3:19 am

      bengkak masih wajar nanti berangsur akan berkurangs eiring dengan latihan menekuk , program selanjutkan menekuk lutut jgn dijejakkan dulu

  • Erlin
    Posted Juli 28, 2019 12:47 pm

    Dokter, anak saya hari rabu mgg lalu lututnya di tendang temannya wkt main basket sampai lututnya geser, stl itu lututnya ditekan sama anak saya ke posisi semula, ini sdh di mri hasilnya ruptur medial retinaculum dengan mild subluksasi patella ke lateral joint effusion, apakah bisa sembuh dengan digips dan terapi tanpa operasi ya dok? Digips hari kamis paling cepat dgips brp hari? Boleh terapi setelah digips brp hari dok? Makasih dokter

    • Muki Partono
      Posted April 15, 2021 9:36 pm

      kalaubaru sekali kejadian insya allah bisa

Leave a Comment