OSTEOARTRITIS

OSTEOARTHRITIS Adalah salah satu jenis dari keluarga besar penyakit arthritis yang paling sering terjadi. Sering disebut juga degeneratif osteoarthritis atau hipertropic OA. OA merupakan radang sendi yang bersifat kronis dan progresif disertai kerusakan tulang rawan sendi berupa integrasi (pecah) dan perlunakan progresif permukaan sendi dengan pertumbuhan tulang rawan sendi ( osteofit) di tepi tulang.

Literatur menunjukkan 1 dari 6 populasi menderita penyakit OA ini. WHO melaporkan 40 persen penduduk dunia yang lansia akan menderita OA lutut, dari jumlah tersebut, 80 persen mengalami keterbatasan gerak sendi

Patofisiologi Kartilago hyaline (jaringan rawan sendi)

Adalah jaringan elastis yang 95 persen terdiri dari air dan matrik ekstra selular, 5 persen sel kondrosit. Fungsinya sebagai penyangga atau shock breaker, juga sebagai pelumas, sehingga tidak menimbulkan nyeri pada saat pergerakan sendi.

Apabila kerusakan jaringan rawan sendi lebih cepat dari kemampuannya untuk memperbaiki diri, maka terjadi penipisan dan kehilangan pelumas sehingga kedua tulang akan bersentuhan. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi lutut.

Setelah terjadi kerusakan tulang rawan, sendi dan tulang ikut berubah. Pada permukaan sendi yang sudah aus terjadilah pengapuran. Yaitu tumbuhnya tulang baru yang merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk menjadikan sendi kembali stabil, tapi hal ini justru membuat sendi kaku.

Sendi yang sering menjadi sasaran penyakit ini adalah sendi yang sering digunakan sebagai penopang tubuh seperti lutut, tulang belakang, panggul, dan juga pada sendi tangan/kaki. Jika tidak diobati sakit akan bertambah dan tidak bisa berjalan. Selain itu, tulang bisa mengalami perubahan bentuk atau deformity bersifat permanen. Bengkok pada kaki bisa ke dalam maupun keluar. Dampak kelainan ini muncul perlahan 10 tahun kemudian untuk itu perlu waspada.

JENIS-JENIS OA

1. Primer

Penyebab tak diketahui, akibat proses penuaan alami. Dialami setelah usia 45 tahun, tidak diketahui penyebab secara pasti, menyerang perlahan tapi pasti, dan dapat mengenai banyak sendi. Biasanya mengenai sendi lutut dan panggul, bisa juga sendi lain seperti punggung dan jari-jari.

2. Sekunder

Dialami sebelum usia 45 tahun, penyebab trauma (instability) yang menyebabkan luka pada sendi (misalnya patah tulang atau permukaan sendi tidak sejajar), akibat sendi yang longgar dan pembedahan pada sendi. Penyebab lain adalah faktor genetik dan penyakit metabolik.

GEJALA OA

Penyakit ini bisa tanpa gejala (asimptomatik) artinya walaupun menurut hasil X-ray hampir 70 persen manula lebih 70 tahun dideteksi menderita penyakit OA, tetapi hanya setengahnya mengeluh, sedangkan selebihnya normal. Berikut ini tanda tanda serangan OA :

  • Persendian terasa kaku dan nyeri apabila digerakkan .Pada mulanya hanya terjadi pagi hari, tetapi apabila dibiarkan akan bertambah buruk dan menimbulkan rasa sakit setiap melakukan gerakan tertentu , terutama pada waktu menopang berat badan, namun bisa membaik bila diistirahat kan . Pada beberapa penderita , nyeri sendi dapat timbul setelah istirahat lama,misalnya duduk di kursi atau di jok mobil dalam perjalanan jauh. Terkadang juga dirasakan setelah bangun tidur di pagi hari.
  • Adanya pembengkakan/peradangan pada persendian (Heberden’s dan Bouchard’s nodes)
    Persendian yang sakit berwarna kemerah-merahan.
  • Kelelahan yang menyertai rasa sakit pada persendian
  • Kesulitan menggunakan persendian
  • Bunyi pada setiap persendian(crepitus). Gejala ini tidak menimbulkan rasa nyeri, hanya rasa tidak nyaman pada setiap persendian (umumnya lutut)
  • Perubahan bentuk tulang.Ini akibat jaringan tulang rawan yang semakin rusak, tulang mulai berubah bentuk dan meradang , menimbulkan rasa sakit yang amat sangat.

FAKTOR RESIKO;

  • Usia diatas 50 tahun.
  • wanita
  • Kegemukan
  • Riwayat immobilisasi
  • Riwayat trauma atau radang di persendian sebelumnya.
  • Adanya stress pada sendi yang berkepanjangan,misalnya pada olahragawan.
  • Adanya kristal pada cairan sendi atau tulang .
  • Densitas tulang yang tinggi
  • Neurophaty perifer
  • faktor lainnya : ras, keturunan dan metabolik.

PENCEGAHAN OA

Dengan mengeleminir faktor predisposisi di atas. Sebagai tips, lakukan hal-hal berikut untuk menghindari sedini mungkin anda terserang OA atau membuat OA anda tidak kambuh yaitu dengan;

  • Menjaga berat badan
  • Olah raga yang tidak banyak menggunakan persendian
  • Aktifitas Olah raga sesuai kebutuhan
  • Menghindari perlukaan pada persendian.
  • Minum suplemen sendi
  • Mengkonsumsi makanan sehat
  • Memilih alas kaki yang tepat dan nyaman
  • Lakukan relaksasi dengan berbagai tehnik
  • Hindari gerakan yang meregangkan sendi jari tangan.
  • Jika ada deformitas pada lutut, misalnya kaki berbentuk O, jangan dibiarkan. hal tersebut akan menyebabkan tekanan yang tidak merata pada semua permukaan tulang.

DIAGNOSIS OA

Curigai pada manula dengan gejala OA dan lakukan pemeriksaan Xray foto pada sendi yang dikeluhkan, khusus untuk lutut pemeriksaan dilakukan posisi berdiri dan kedua lutut diperiksa untuk pembanding.

Pada foto xray penderita OA kita bisa jumpai adanya osteofit pada pinggir sendi, penyempitan rongga sendi,peningkatan densitas tulang subkhondral, kista pada tulang subkhondral, cairan sendi. Pada pemeriksaan laboratorium penderita OA normal, tapi diperlukan untuk membedakan dengan penyakit lain.

Pada kasus OA dengan cairan sendi berlebihan diperlukan pemeriksaan analisis cairan sendi untuk membedakan dengan OA yang terinfeksi, karena pada OA analisis cairan sendi jernih, kental, sel darah putih < 2000/mL

PENGOBATAN OSTEOARTHRITIS

  • Edukasi pasien
  • Obat nyeri
  • Excercise, menghilangkan kekakuan dan lingkup sendi lebih luas.
  • Suplemen sendi : Glukosamin dan Chondroitin , masing-masing memiliki fungsi yaitu : Chondroitin sulfat berguna untuk merangang pertumbuhan tulang rawan dan menghambat perusakan tulang rawan.Glukosamin adalah pembentukan proteoglycan, bekerja dengan merangsang pembentukan tulang rawan, serta menghambat perusakan tulang rawan.
  • Pemberian injeksi hyaluronic acid
  • Artroskopi debridement, suatu prosedur tindakan untuk diagnosis dan terapi pada kelainan sendi dengan menggunakan kamera, dengan alat ini dokter melakukan pembersihan dan pencucian sendi, selain itu dokter dapat melihat kelainan pada sendi yang lain dan langsung dapat memeperbaikinya.
  • Penggantian sendi (THR), prosedur ini dilakukan pada kasus stadium lanjut (3dan 4). Setelah operasi pasien dapat berjalan kembali dengan tanpa rasa nyeri.

647 Comments

  • July Wirawan
    Posted Juni 24, 2009 10:56 am

    Selamat pagi dokter,
    Saya senang sekali menemukan website ini karena saya memang sedang membutuhkan bantuan untuk ibu saya.
    Bln February 2009 lalu, ibu saya kebentur (ketabrak orang yg sedang manggul besi)di deket bahu kiri. Hasil rontgen: tidak ada tulang yg patah. Karena bengkak, disedot oleh dokter tulang, keluar cairan spt minyak goreng. Setelah beberapa bulan, bengkak lagi, kali ini dokter bilang udah terbentuk massa, jadi kemudian dioperasi dibuang sebagian jaringan ikat. Pasca operasi, sampai sekarang masih terasa ngilu dan nyeri dekat pergelangan bahu sampai ke punggung sebelah kiri. Sudah ke dr specialist syaraf juga dan minum obat bonic, meloxicam, voltaren, profiron, dll tapi tidak berhasil.
    Saya ingin sekali mendengar analisa dokter dari kasus ini, apa problem yang sebenarnya,dan apa yg harus saya lakukan?
    Terima kasih banyak dok.

    • Muki Partono
      Posted Juni 24, 2009 12:12 pm

      Maaf saya butuh informasi tambahan operasi yg dilakukan pada ibu anda apa. Banyak kemungkinan yang bisa kita analisa. Mohon kabar segera

  • hari nugroho
    Posted Juli 9, 2009 11:36 am

    Selamat siang Dokter!
    Saya mengalami nyeri lutut sudah hampir setahunan ini dok…lalu saya rontgen lutut,disitu nampak tulang lutut saya meruncing dan merobek meniscus,itu saya ketahui setelah saya cek melalui MRI.Tindakan apa yang harus dilakukan ya dok?apakah harus operasi?Dimana saya bisa melakukan operasi tersebut dan kira2 berapa biayanya?terimakasih dan saya sangat menunggu informasi dari dokter..

    • muki partono
      Posted Juli 13, 2009 11:15 am

      sebaiknya dilakukan artroskopi lutut, tindakan ini bisa dilakukan di RS Siaga raya , Rs jakarta , RS Puri indah, biaya tergantung kelas perawatan yg diambil , perkiraan biaya untuk kelas paling rendah (kelas 3) 18,5 jt -19 jt

  • galih trisnawan
    Posted Juli 9, 2009 7:31 pm

    selamat malam Dok…
    angsung saja,ibu saya berumur 46th.baru saja beliau mengeluh pada saya karna tiba-tiba seluruh persendian tulang ibu saya terasa sakit.antara lain pada bagian sendi kedua bahu kanan dan kiri,kedua lutut.pergelangan tangan.buat tiduran saja sakit.tadinya ibu saya kira terkena masuk angin biasa.soalnya badan terasa panas terus saat di kerokin warnanya merah bgt.menurut dokter sebenarnya apa yg sedang terjadi pada ibu saya,dan apa yg seharusnya ibu saya lakukan utk mengobati itu dan mencegah agar tdk terjadi lagi.

    terima kasih sebelumnya dan kalo bisa jawaban dapat di kirim ke alamat email saya.

    • muki partono
      Posted Juli 13, 2009 11:07 am

      ibu anda mungkin menderita gejala rheumatik pada sendi, tapi perlu pemeriksaan lebih detail, yg bisa dilakukan untuk mengatasi saat ini minum obat penghilang nyeri, istirahat, obat anti radang, dan kalau memang ini serangan akut biasanya keluhan akan berkurang setelah 3-5 hari. Hati2 bila disertai panas badan , pikirkan kemungkinan penyakit infeksi virus atau kuman lain , bisa juga disertai gejala nyeri2 seluruh sendi, perlu pemeriksaan tes darah

  • zenitha
    Posted Juli 14, 2009 7:32 pm

    Malam dok, langsung tanya : saya setelah 2 bln operasi hnp pertama kali merasakan adanya sakit pada kaki kiri tepatnya di telapak kaki/heel.Dan dilanjutkan operasi (dilain RS) hnp ke 2 disertai pemasangan 4 pen tetapi yang masih saya rasakan adalah pada telapak kaki kiri (jadi saya tidak bisa jinjit) dan berjalan agak jauh begitu juga untuk duduk yang lama merasa tidak nyaman. Tindakan apa yang harus saya tempuh, dan sebaiknya ke dokter spesialis apa?
    Terima kasih.

    • muki partono
      Posted Juli 14, 2009 11:28 pm

      zenitha, sebaiknya kita jumpa banyak informasi yg saya akan tanyakan mengenai, kondisi sebelum dilakukan operasi, level hnpnya, metode operasinya , dll sebaiknya anda kami periksa baru bisa diberikan saran pengobatan. karena ini kasus yg sdh ditangani 2 kali.perlu analisa yg akurat

  • Deby Sudianti
    Posted Juli 21, 2009 3:53 pm

    Sore Dokter Muki,

    Nama saya dengan Deby dan orang tua saya berumur 63th, saat ini beliau menderita OSTEOARTHRITIS. Saya sudah mencoba dengan pendapat dua dokter dan beliau2 menyarankan agar mama saya menjalani operasi, adapun yang mau saya tanyakan:

    dalam informasi yang saya dapat dari website Dr. Muki bahwa salah satu operasi yang bisa dilakukan untuk penderita OSTEARTHRITIS adalah dengan pergantian sendi (THR), dikarenakan orang tua saya sudah sampai dengan tahap serius dalam penyakitnya sampai lutut sebelah kanannya bengkok keluar apakah operasi ini dapat membantu dok??dan kira2 berapa biaya yang harus disiapkan dalam menjalankan operasi ini??

    terima kasih dok.

    • muki partono
      Posted Juli 22, 2009 8:47 am

      penggantian sendi lutut (Total knee replacement) memang dianjurkan untuk kondisi seperti ibu anda, mengenai harga memang masih cukup mahal, harga alatnya saja kurang lebih 30 jt, diluar biaya operasinya , sedangkan biaya operasi tergantung kelas yg anda pilih semakin tinggi kelasnya biaya operasi semakin mahal, tapi sebaiknya ibu anda kita periksa kembali, apakah benar sudah perlu dilakukan operasi penggantian sendi atau tidak , terima kasih

  • rani
    Posted Juli 23, 2009 11:34 am

    siang dok….
    saya ingin menanyakan perihal penyakit lutut suami saya.
    2 tahun yg lalu suami saya cedera pada lutut kanannya. dikatakan dokter ruptur sebagian. disarankan mengistirahatkan sendi dan memakai deker. tapi karena suami saya orangnya aktif, sendi tidak diistirahatkan. keluhan nyari sudah tidak ada. semuanya berjalan seperti normalnya.
    1 bulan yg lalu saat bermain bulutangkis, lutut kanannya cedera lagi. dikatakan dokter rupturnya sudah total+osteoartritis (tanpa di foto). tidak disarankan operasi krn hasilnya akan sama saja. hanya disarankan memakai deker+olahraga renang+obat2an. saat ini suami hanya mengeluh agak nyeri bila lutut ditekuk, berputar agak miring, dan ditekan ke bawah.
    pertanyaan saya, apa terapi terbaik bagi lutut suami saya? adakah pilihan terapi lain bila suami tidak mau mengkonsumsi obat2an (osteocom+mecox)? bisa sembuh kah lutut suami saya? apa efek samping penggunaan kedua obat tersebut? bila memilih menggunakan bahan alami (asupan makanan), apa yang perlu dimakan?

    maaf ya dok, banyak pertanyaan. terima kasih sebelumnya.

    • muki partono
      Posted Juli 24, 2009 8:27 pm

      suami ibu menderita robekan bantalan atau ligamen pada lutut, sebaiknya dilakukan prosedur artroskopi, utk memastikan kelainannya dan sekaligus diperbaiki, bila hanya obat yg diminum tdk menyembuhkan krn jenis obat yg diminum utk rawan sendi lutut bukan bantalan atau ligamennya, apalagi suami ibu aktif olah raga jd indikasinya tepat

  • Chacha
    Posted Agustus 1, 2009 2:51 pm

    Dok, saya perempuan berusia 30 th. Sudah lama kedua lutut saya berbunyi setiap saya berdiri dari posisi jongkok. Kira-kira sebulan belakangan ini keliahatan semakin parah, karena bunyi semakin “mengerikan”, selain itu lutut kanan dan pergelangan kaki kanan saya terasa ngilu kl digunakan untuk berjalan. Persendian lain juga ikut2an berbunyi, seperti bahu, pinggul, pergelangan tangan dan kaki. Bunyinya sih memang berbeda dengan bunyi kedua lutut saya, karena mereka bunyinya seperti kalau kita membunyikan jari-jari. Nah, yang saya mau tanyakan, apakah itu gejala osteoartritis ya Dok? Apakah bisa disembuhkan? Terima kasih.

    • muki partono
      Posted Agustus 1, 2009 10:27 pm

      keluhan anda belum tentu osteoartritis LUTUT, krn usia relatif muda 30 thn, sebaiknya kita periksa dulu bunyinya seperti apa, dan perlu pemeriksaan foto rontgen

  • tuti
    Posted Agustus 24, 2009 12:02 pm

    Siang Dok,

    Dok saya perempuan umur 40 tahun, sudah dua bulan ini lutut belakang sebelah kanan kaki saya ini rasanya ngilu dan kaku apabila ketekuk lama atau beraktifitas berlebihan seperti senam aerobic. Saya sudah periksa ke dokter tulang dan sudah melakuka x ray, hasilnya katanya saya kena OA dini, kemudian saya dikasih obat penghilang rasa nyeri memang enakan tapi hanya sesaat ya Dok, kemudian Dokter menganjurkan saya untuk disuntik suplasyin ke lutut saya, yang saya tanyakan ada efek sampingnya nggak Dok setelah nanti saya disuntik.saya sekarang juga konsumsi glukosamin dan kondoitrin, sampai sekarang lutut saya masih terasa kaku dan ngilu.
    Mohon sarannya Dok, apa yg harus saya lakukan dan olah raga apa yg boleh . Terimakasih atas sarannya Dok

    • muki partono
      Posted Agustus 24, 2009 2:59 pm

      kalau memang benar OA genu (LUTUT) ,seharusnya dgn mengkonsumsi Glukosamin dan khondroitin cukup, tapi dosisnya hrs tepat 3000 mg/hr, biasanya 1 bulan tanpa obat nyeri keluhan sdh hilang, tapi melihat usia 40 thn dgn aktifitas spt anda saya curiga ada sebab lain biasanya robekan bantalan lutut(meniskus) , yg dgn foto x ray tdk tampak , hrs dikonfirmasi dgn MRI, jd sebaiknya anda MRI dulu , tunggu hsl dr hasil baru kita tentukan pengobatan dan olah raga yg cocok dgn keluhan anda

  • tuti
    Posted Agustus 25, 2009 1:54 pm

    Makasih Dok, kalau MRI itu biayanya berapa ya? tapi kenapa Dokter tulang saya tidak menganjurkan saya MRI ya Dok.Kalau boleh saya tahu Dokter prakteknya dimana ya,maaf ya Dok pertanyaannya borongan.
    Terimakasih

    • muki partono
      Posted Agustus 28, 2009 7:36 am

      biaya MRI bervariasi antara 1,5 jt – 2 jt , saya praktek lihat di kolom kontak

  • Agus
    Posted Agustus 27, 2009 5:46 pm

    Yth. Pak Dokter

    Ibu saya umur 70 tahun ada keluhan dilutut tapi masih bisa berjalan, sudah di rontgen ternyata ada pengapuran, apa tindakan yang harus saya ambil, mohon informasi dokter siapa dan rumah sakit mana, Terima kasih sebelumnya.

    agus

    • muki partono
      Posted Agustus 28, 2009 7:29 am

      pengobatan pada pengapuran lutut bervariasi mulkai dr minum obat saja sampai operasi, jd perlu diperiksa lbh dulu , anda bisa temui saya lihat kontak

  • daniel
    Posted Agustus 30, 2009 3:30 pm

    Siang dok,

    Anak saya baru lahir 3 hari yg lalu,keluhan saya kaki kiri anak saya bengkok ke arah kanan dan sisi luar kakinya yg menghadap kebawah. waktu istri saya mengandung sktr usia 6 ato 7 bln smpt jatuh ckp keras,apakah itu penyebabnya? lalu apakah bisa diatasi? trims…

    • muki partono
      Posted Agustus 30, 2009 9:38 pm

      kelainan anak bpk penyebabnya ada dua posisi saat di dlm kandungan atau kelainan bawaan ini hrs dibedakan dengan cara diperiksa , kedua kelainan tsb bisa diatasi, makin cepat semakin baik hasilnya

  • yonaka
    Posted September 1, 2009 9:58 pm

    malam dok, ibu saya berumur 47thn, menderita sakit lutut sudah X-ray dan MRI hasilnya “terlihat lesi meniskus lateralis disertai dengan synovial bursiti suprapatelar dan join capsul terlihat pula bone cyst anterior eminence tibia dan synovial cyst di fossa posterior” apakah harus di lakukan operasi? apa ada efek sampingnya setelah operasi? adakah cara lain selain operasi karena biaya operasi cukup mahal.

    Terima kasih

    • muki partono
      Posted September 2, 2009 7:01 pm

      yonaka sebaiknya saya lihat MRInya dulu bagaimana ukuran nya , dan keluhan ibu anda dilutut bagian depan atau belakang sebab dr MRI ada 2 kelainan yg lokasi berbeda , jd mana yg dikeluhkan , jadi saya hrs periksa dulu, ibu anda kalaupun operasi mungkin perlu artroskopi(lihat di kolom presentasi tentang ARTROSKOPI LUTUT)biaya berkisar 15-18 jt utk kelas 3 (sebagai gambaran)

  • yonaka
    Posted September 2, 2009 8:16 pm

    malam dok,
    ibu saya memiliki keluhan di lutut bagian depan. dokter muki praktek rumah sakit negri mana saja? di tempat dokter muki praktek yang paling ringan biayanya di rumah sakit mana?

    Terima kasih

    • muki partono
      Posted September 4, 2009 12:56 am

      sebaiknya anda hubungi saya lewat telpon

  • ngurah
    Posted September 10, 2009 3:18 am

    pagi dok, pd tahun 1995 saya pernah mengalami jatuh dari lantai 3 dan hasil rontegen saya, ada 3 ruas bantalan tulang pinggang yang tergencet. saat ini rasanya pinggang saya sama dari tahun 95 lalu. agak tidak normal. tapi kalo di ajak olah raga fitness agak lebih baik. 3 tahun ini bila berada dalam satu posisi tubuh (pekerjaan saya banyak duduk) saya selalu mengalami kaku di sendi samping kedua lutut . dan bagian tulang belakang.
    pertanyaan saya:
    apakah tulang bantalan tulang pinggang yang tergencet dapat di perbaiki saat ini. bila iya kira2 berapa biayanya.

    untuk kasus kaku di sendi saya, apakah pengaruh tulang pinggang itu atao pengapuran dok.

    saya pernah rontegen lagi, 1 thn yng lalu. di dukun patah tulang. dia bilang saya ada pengapuran di seluruh tulang belakang. untuk kasus pengapuran tulang belakang apakah ada obatnya dok.

    terima kasih.

    • mukipartono
      Posted Oktober 30, 2009 3:20 pm

      pengapuran bisa terjadi disemua sendi termasuk tlg belakang, obat2 yg dianjurkan glukosamin dan chondroitin, pastikan dgn pemeriksaan MRI adakah penjepitan saraf atau tdk. krn pengobatannya berbeda

  • mako
    Posted September 15, 2009 11:31 pm

    Malam Dr

    Saya mau tanya,
    Kenapa ya saya sudah beberapa malam ini merasakan ngilu di lutut dan pergelangan kaki , tapi dengan posisi tidur telentang.

    Apa saya mengalami keropos tulang ?

    Thx

    • muki partono
      Posted September 21, 2009 10:38 pm

      kalau melihat keluhan di persendian anda , kemungkinan kelainan pada persendian , sebaiknya diperiksa dulu krn banyak kemungkinan yg dpt menyebabkan keluhan anda

  • banun sri
    Posted September 24, 2009 11:20 am

    malam dok,
    usia sy 58 thn,keluhan sy adalah kadang2 terasa ngilu pd per sendian kedua ibu jari tangan sy,yg kanan agak bengkak, apakah ini yg disbt rheumatoid arthritis? apakh sy bs sembuh spt sediakala, trimakasih.

    • muki partono
      Posted September 28, 2009 9:41 pm

      Banyak penyakit yg manisfestasinya pada ibu jari , salah satunya Rhematoid artritis, bisa juga Trigger thumb, atau , DeQuairvain Sindrom, sebaiknya kita periksa

  • roy
    Posted September 24, 2009 1:53 pm

    Salam Dok,

    Saya pria usia 35 mengalami nyeri lutut, saya sering menghadiri forum dan duduk bersila lebih dari 2 jam, juga dulu sering berolahraga keras naik gunung dan longmarch, sekarang nyeri itu datang dan pergi tapi tidak terasa kalau sedang berjalan, apakah saya mengalami OSTEOARTHRITIS LUTUT.

    Terima kasih

    • muki partono
      Posted September 28, 2009 9:40 pm

      roy , betul anda sdh ada gejala OA LUTUT tapi terlalu muda usia 35 thn, saya khawatir ada kelainan penyerta seperti robekan pada bantalan lutut (meniskus) yg berhubungan dgn hobi anda masa muda, sebaiknya kita periksa

  • alifya
    Posted September 24, 2009 8:16 pm

    Dok, saya perempuan usia 30 tahun. Kadang2 tulang panggul / sendi antara panggul dan kaki saya tiba2 ngilu sekali, sehingga sakit ketika digerakkan. Tp kaki tetap bisa digerakkan. Apalagi jika saya duduk di lantai tanpa alas, tulang panggul jd ngilu. Setelah istirahat beberapa saat rasa ngilu itu akan hilang. Apakah itu OA? Lutut saya juga sering berbunyi jika jongkok. Apakah berhubungan dgn kurangnya mengkonsumsi kalsium? Apakah ada suplemen khusus utk tulang yg cocok dikonsumsi?

    • muki partono
      Posted September 28, 2009 9:38 pm

      keluhan anda kemungkinan kelainan pada sendi, coba mengkonsumsi glukosamin dan kondroitin sulfat, bila tdk berkurang sebaiknya kita periksa secara klinis

  • budhi
    Posted September 30, 2009 8:02 am

    dok,lutut saya sebelah kanan jika berolahraga dan bergerak tiba2 kok ad suaranya seperti tulang patah”krek”,setelah itu diikuti dengan pembengkakakn…saya pijat,beberapa hari sembuh.Tp jika berolahraga dan bergerak tb2 timbul lg cederanya..apakah ad solusinya?terima kasih

    • muki partono
      Posted September 30, 2009 7:41 pm

      kemungkinan besar robekan bantalan (meniskus) cukup besar , sebaiknya diperiksakan MRI lutut untuk memastikan kelainan tsb, krn robekan bantalan tdk bisa dilihat dgn xray, bila sdh ada hasil nanti kita bicarakan pengobatannya

  • Arif Semarang
    Posted Oktober 1, 2009 12:43 pm

    Selamat siang Dokter,

    Mohon solusi Dokter.
    Istri saya 27 th, patah tulang paha kiri, tepatnya diatas lutut. Fraktur femur.
    Kemudian dioperasi dgn dipasang plat (pen) pd awal september 2008. Sekarang sudah bisa jalan dgn tanpa krek. Tp yg jadi masalah, lututnya masih belum bisa ditekuk, sehingga jalannya jadi pincang.
    Kata dokter waktu itu, sebenarnya pada saat operasi, lutut sudah “dibersihkan” dan bisa ditekuk. Tapi karena istri saya merasa takut, sejak pasca operasi, lututnya tidak pernah ditekuk.
    Pada akhir oktober 2008, dokter merujuk ke fisioterapi. Setelah beberapa kali diterapi selama 1 bulan akhirnya bisa ditekuk, tapi hanya sampai 30 derajat. Kata dokter terapi nya, jaringan2 di lutut sudah mengeras & pelumasnya sudah kering.
    Sampai sekarang lutut kiri istri saya masih belum bisa ditekuk. Bagaimana solusinya Dok? Mohon dengan sangat pencerahannya. Terima kasih. Salam, Arif.

    • muki partono
      Posted Oktober 3, 2009 12:33 am

      sebaiknya di foto kembali bila tulang sdh menyambung sempurna kita operasi angkat pen sekaligus membetulkan lututnya

  • dewiana 21 thn
    Posted Oktober 2, 2009 7:44 pm

    Dok…saya perempuan berusia 21 thn. saat ini saya sering merasakan beberapa keluhan, seperti:
    1. Nyeri atau ngilu pada lutut kanan (hal ini pertama kali saya rasakan awalnya saat saya sedang bekerja didepan komputer sambil duduk bersila kaki dilipat sehingga saat akan diregangkan malah berasa sakit seperti urat yg ketarik)itu sudah 3.5 bulan yang lewat hingga sekarang masih sering sakit berasa kaku kalau dibawa jalan terlalu lama.

    2. Lalu Pundak kanan saya juga sering kaku dan berasa panas kalau saya sedang melakukan aktivitas yang terlalu lama menggunkan tangan, tp yg berasa itu hanya sebelah kanan saja.

    3. sekarang malah pergelangan hingga jari-jari kanan tulangnya berasa seperti kaku tidak nyaman. nyeri sekali.

    4. Dan yg terakhir setiap saya bangun tidur, punggung dekat putaran tulang tangan juga sering sakit.

    itulah keluhan-keluhan yang sering saya alami. sebenarnya saya sedang terkena penyakit apa ya?? apa ini ada sebabnya karena sering menggunakan kipas angin…??
    Saya mohon pejelasan dari dokter..

    • muki partono
      Posted Oktober 3, 2009 12:35 am

      keluhan anda sebaiknya diperiksakann ke dokter, krn keluhannya cukup banyak mengenai penyakitnya kami belum bisa menduga sebelum diperiksa lbh teliti

  • inke, Jakarta
    Posted Oktober 7, 2009 6:31 pm

    Dokter,saya wanita usia 42 tahun. Sudah setahun lebih keluhan saya adalah kaku-kaku pada jari tangan pada waktu bangun tidur atau lama tidak digerakkan. Sehari-hari saya tidak mencuci/memeras baju. Sudah dirontgen, hasilnya baik. Hasil lab termasuk asam urat juga normal. Pernah terapi akupunktur 8 kali, tidak sembuh (agak enakan awalnya). Sudah ke dokter syaraf dan dokter tulang diberi obat-obat makan dan oles juga tidak memberi hasil membaik (kata dokter saya menderita arthritis). Sudah fisioterapi 7x belum membantu. Sementara ini saya biarkan saja.
    Jadi sebenarnya jari-jari tangan saya ini kenapa Dokt? apakah pengobatan ini memang harus terus menerus?
    Mohon jawaban dokter, terima kasih

    • muki partono
      Posted Oktober 7, 2009 11:18 pm

      saya menduga ibu menderita CTS (carpal Tunnel Sindrom) sebaiknya kita periksa lebih detail, kalau benar sebaiknya di operasi kecil krn sdh 1 tahun, hal ini terjadi akibat penekanan saraf medianus yg ada di pergelangan tangan, kalau sdh setahun biasanya sdh ada gangguan menggenggam

  • FITRI
    Posted Oktober 8, 2009 12:59 pm

    Dokter, saya wanita 36 tahun,,saya menderita RA,dan tulang rawan dilutut saya sudah aus ( setelah di rontge ) apakah saya harus operasi atau dapatkah hanya minum obat saja karena saya belum siap di operasi, kata dokter nanti kalau di operasi tidak bisa ditekuk kakinya,kira2 kalau operasi seperti saya ini biayanya berapa ya dok dan apakah saya selamanya harus di pasang pen ?
    terima kasih

    • muki partono
      Posted Oktober 9, 2009 7:40 pm

      ibu sebaiknya kami periksa dulu dan lihat ontgennya utk memastikan jenis operasi apa yg akan dilakukan pada ibu, sebab banyak macamnya

      • fitri
        Posted November 12, 2009 1:01 pm

        Dokter,,kira2 apa yg akan terjadi jika lutut saya tidak di operasi,krn betis dan paha saya sekarang terlihat mengecil sedang lutut bengkak…sya berjalan menggunakan tongkat untuk menopang.benarkah saya terkena rematik kering?

  • inke, Jakarta
    Posted Oktober 8, 2009 1:01 pm

    Siang Dokter, jika memang dugaan dokter seperti itu, apakah operasi itu harus menginap? dan kira-kira berapa biayanya dan di RS mana?
    Terima kasih.

    • muki partono
      Posted Oktober 9, 2009 7:38 pm

      mengenai biaya saya pikir masing2 rs relatif jd ibu tolong hubungi kami ( pada kolom kontak)

  • hepi
    Posted Oktober 8, 2009 7:40 pm

    malem dokter suami saya (31 thn)di lututnya ada benjolan dan kata dokter yang menanganinya setelah di biofsi katanya GCT, bahkan suami saya sempat di radiasi selama 33 kali, setelah nunggu 1 bln suami saya di operasi dengan di bersihkan (di kerok)dan pasang pen(010309) dan sekarang ada rencana mau di operasi lagi dengan memasang titanium di sendi karena kata dokter sendinya telah rusak,dari opersi di pasang pen sampai sekarang suami saya belum bisa berjalan, yang ingin saya tanyakan berapa harga titanium untuk sendi lutut beserta di pasang 2 implant dan semen. pemesanan itu sebulan lebih tapi sampai sekarang belum juga ada.

    • muki partono
      Posted Oktober 9, 2009 7:42 pm

      sebaiknya saya lihat foto rontgen suami ibu, spy dpt memastikan jenis alat yg akan dipergunakan, baru kita dpt estimasi harganya, masalah pesanan alat saya tdk paham berapa lama

  • toto
    Posted Oktober 13, 2009 10:07 pm

    Selamat malam pak dokter
    pada tanggal 12 Okt 2009 anak saya berumur 8 th terjatuh dan patah tulang tangannya antara pergelangan dan siku@. tetapi sudah diluruskan oleh tukang urut tradisional. Malammya saya rontgen. dan esok harinya tgl 13 Okt, saya bawa ke RS siaga. Dan bertemu dengan dokter. Dokter merekomendasikan agar di gip dan di reposisi tulangnya. rencana besok tgl 14 akan dilakukannya. sebagai orang tua saya sangat khawatir apakah tangan anak saya bisa kembali seperti semula? karena yang patah, tangan sebelah kanan sehingga tidak bisa untuk menulis. aduuh Dok, saya sangat khawatir untuk. diambil tindakan besok hari (14 Okt 2009) tolong beri saran agar saya tenang . terima kasih banyak dok.

    • muki partono
      Posted Oktober 14, 2009 6:34 pm

      nggak apa2 kok pak/bu, pada anak2 ada fase remodelling( dpt menyesuaikan kebentuk asli) yg penting aligmentnya baik hasilnya akan baik, krn tulang anak cepat menyambung dan kemudian hr akan bertambah panjang dan lebar

  • Mira
    Posted Oktober 14, 2009 6:10 am

    Pagi dokter, 9tahun yg lalu saya jatuh dan lutut saya cedera, setelah konsul ke dokter dan dirontgen, tidak ada kelainan apa2. tapi ternyata sakitnya kambuhan, di atas lutut sebelah kiri ada daging/otot yg bergeser ke kanan dan ke kiri, kadang otot tsb hilang dan menganggu aktivitas berjalan/berjongkok.

    Kira-kira bagaimana solusinya ya dok? Adakah solusi selain operasi? Trimakasih

    • muki partono
      Posted Oktober 14, 2009 6:29 pm

      sebaiknya kami periksa lebih lanjut apakah benjolan yang anda maksud, saya curiga itu tulang yg lepas dr permukaan sendi yg tdk tampak dgn foto rontgen, solusi selain operasi pasti ada selama memang kelainannya bisa dilakukan tanpa operasi

  • emi
    Posted Oktober 15, 2009 1:45 pm

    siang dok, sy seorang guru umur sy 37 thn, sy mengajar kelasnya kebetulan diatas semua jd dlm satu hari sy bs turun naik tangga 4 kali, akhir2 ini lutut kanan sy terasa sakit kalau naik tangga, tp kalau jalan biasa gak sakit, malahan kalau digerakkan keluar bunyi dari lututnya, terimakasih sebelumnya dok!

    • muki partono
      Posted Oktober 15, 2009 3:17 pm

      anda menderita gejala penipisan lapisan tulang rawan di bawah tulang tempurung, oleh sebab itu nyeri saat nauik tangga, saran minum obat nyeri, mulai asupan obat utk vitamin lutut, dan or sepeda diam atau biasa bila masih nyeri konsultasi biasanya ada robekan pada bantalan lutut

  • nia
    Posted Oktober 18, 2009 8:34 am

    Dok,saya mengalami rasa ngilu dan sakit di betis,paha,dan tangan..awalnya saya sakit radang panggul,apakah ada hubungan’y dengan rasa ngilu d’betis,paha,dan tangan itu dok?

  • ngurah
    Posted Oktober 20, 2009 5:08 am

    pagi dok, saya berumur 32 pd tahun 1995 saya pernah mengalami jatuh dari lantai 3 dan hasil rontegen saya, ada 3 ruas bantalan tulang pinggang yang tergencet. saat ini rasanya pinggang saya sama dari tahun 95 lalu. agak tidak normal. tapi kalo di ajak olah raga fitness agak lebih baik. 3 tahun ini bila berada dalam satu posisi tubuh (pekerjaan saya banyak duduk) saya selalu mengalami kaku di sendi samping kedua lutut . dan bagian tulang belakang.
    pertanyaan saya:
    apakah tulang bantalan tulang pinggang yang tergencet dapat di perbaiki saat ini. bila iya kira2 berapa biayanya.

    untuk kasus kaku di sendi saya, apakah pengaruh tulang pinggang itu atao pengapuran dok.

    saya pernah rontegen lagi, 1 thn yng lalu. di dukun patah tulang. dia bilang saya ada pengapuran di seluruh tulang belakang. untuk kasus pengapuran tulang belakang apakah ada obatnya dok.

    terima kasih.

  • ana
    Posted Oktober 22, 2009 11:09 am

    dok,saya mau tanya..kan saya suka merasa pegal2 di seluruh tubuh,terutama tangan dan kaki..apa pengaruhnya dari jarang olahraga dok??soalnya saya ga pernah olahraga..lalu olahraga apa yang cocok agar badan saya ga pegal2 lagi??terus dok saya pernah mengalami misalah pada lutut kanan saya..lutut nya bengkok ke samping,tapi ga lama kemudian nempel ke tengah lagi..itu kenapa ya dok??apa saya kekurangan kalsium??memang saya jarang minum susu..terus pernah dok saya kalau jalan suka bunyi lututnya,tapi sekarang udah jarang bunyi lagi..gejala yang saya alami apa ya dok??

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2009 9:10 am

      keluhan lutut anda ada 2 kemungkinan gejala awal osteoartritis(baca tulisan di web tentang ini) atau ada robekan pd bantalan lutut ygmembuat bunyi, sebaiknya diperiksakan utk memastikan hal ini

  • julia
    Posted Oktober 22, 2009 4:28 pm

    Dok saya julia 27 thn sy br memulai olah raga dgn lari2 kcl selama 20mnt nonstop tp mlmnya sy merasakan ngilu di sekitar dengkul sy sdh minum obat,urut dll tp ttp saja skt apalg dibawa jalan dan naik turun tangga kira2 sy knp ya dok dan mesti bgm lg???

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2009 9:02 am

      anda menderita gejala awal osteoartritis baca pada tulisan saya tentang ini

  • imawan
    Posted Oktober 25, 2009 2:05 pm

    Dokter yth, Saya pria 66 th, BB 58 kg. Lutut saya kalau buat jalan agak jauh sakit hrs diistirahatkan sebentar. 2 th yl pernah periksa ke rheumatolog dan difoto, katanya saya kena osteo arthritis sdh stadium 3. Lalu disuntuk dgn Adant Dispo tiap minggu sekali selama 6 minggu serta obat minum Glucosamin. Tapi sampai sekarang kok belum ada kemajuan.Apa hrs operasi atau bisa dgn jalan obat yang lain. Kalau operasi, masa post operasi nya itu utk belajar jalan berapa lama dok?. Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Oktober 25, 2009 4:22 pm

      sebaiknya dilakukan artroskopi dilihat secara pasti kelainan yg terjd di dalam bisa terjd banyak kemungkinan setelah itu baru diputuskan apakah operasi ganti sendi atau tidak , sebab pada op ganti sendi kekurangannya menekuk tdk bisa full walaupun beberapa alat menjanjikan bisa full tp kenyataannya tdk bisa full ,ini jd masalah buat yg beragama muslim yg ingin tetap sholat biasa (duduk tahyat akhir)

  • hepi
    Posted Oktober 25, 2009 2:24 pm

    siang dok..
    dok allhamdulillah suami saya telah beres di operasi TKR. yang ingin saya tanyakan membutuhkan waktu berapa lama suami saya bisa berjalan? operasinya hari jumat(161009)sekarang kakinya baru bisa diluruskan dan berjalan menggunakan jangka. tapi sekarang kakinya masih terasa pegal dan kaki di sekitar bekas operasi terasa panas. terimakasih dok.

    • muki partono
      Posted Oktober 25, 2009 4:35 pm

      hrsnya5 hr post op sdh jalan dgn walker, dan program fisioterapi target penguatan otot paha dan menekuknya hrs sdh mulai target bisa mencapai 110 derajat, rasa panas pd bks operasi hal biasa br < 3 minggu operasi

  • yesti
    Posted Oktober 29, 2009 10:03 am

    Siang Dok, sy wanita usia 34thn. 3 bln yg lalu sy kecelakaan sewaktu mengendarai motor.Lutut Sebelah kanan sy skt sekali.trus di Rontgen, dan hasilnya ngak apa2. dan dokter keluarga hanya memberikan obat penahan skt spt meloxicam. 2 minggu stlh itu sy balik lg ke dokter krn lutut msh skt, trus dia mendiagnosa mgkn ada retak muda katanya. penyembuhannya agak lama buk,kata dokter.Alhasil sampe skrg lutut sy ngak sembuh-sembuh juga. Lutut sy srg berbunyi kalau sdg sholat,suka nyeri dan terasa bengkak kalau byk berjalan, klu berjalan lurus suka nyeri sampe ke panggul. Jempol kaki sering terasa spt di cubit dan tangan sering kesemutan. apakah saya mengalami OA dok? trims.

    • muki partono
      Posted Oktober 29, 2009 3:53 pm

      and menderita robekan pada bantalan lutut, sebaiknya kita pastikan dgn pemeriksaan artroskopi dan bila dijumpai kelainan sekaligus diperbaiki (baca tulisan tentang artroskopi)

  • surya
    Posted November 5, 2009 3:41 pm

    Dokter , salam kenal , sy surya , usia 36 tahun dan di dengkul kiri dan kanan sakit ngilu , dan sudah berlangsung lebih dari 6 bulan, dan sekarang sudah sakit sekali terutama yang sebelah kanan,, kalau yang kiri sudah tidak sakit lagi saat ini ,, terutama naik tangga , dan jongkok .
    mungkin sy perlu konsultasi langsung dan resep , kalau boleh tahu dimana alamat untuk konsultasinya..
    terima kasih.

    surya

    • muki partono
      Posted November 6, 2009 12:54 am

      saya menduga surya menderita gejala awal penipisan rawan sendi pd lutut atau robekan pd bantalan lutut sebaiknya diperiksa dulu, saya paktek di RS Jkt, RS Puri Indah, RS Siaga Raya (lihat kolom kontak)

  • rafidah sukri
    Posted November 13, 2009 9:33 am

    pagi dokter..
    dokter sy bunda dr sarah amrina pasien dr muki juga di siaga raya yg bbrp bulan lalu operasi pergelangan tangan kanan krn jatuh dr motor..so far tdk ada keluhan..tp 3 hari ini sarah mengeluh sangat nyeri dan sangat ngili..memang akhir2 ini byk tugas disekolah jd tgn dipergunakan banyak menulis ..saran dokter apa ya?ada obat atau salep atau exercise yg hrs dilakukan? terimakasih dokter..

    • muki partono
      Posted November 13, 2009 10:18 am

      coba ibu beri obat penahan sakit, dan oleskan obat oles nyeri sebelumnya kompres es , saya rasa krn aktifitas yg tinggi

  • sisca
    Posted November 17, 2009 4:21 am

    pagi pak dokter,
    saya mau tanya, kira-kira 1 1/2 tahun yg lalu, sendi kedua (dari ujung kuku) pada jari manis kiri saya seperti bengkak tetapi tidak sakit. lalu setelah itu tidak lama kemudian lutut saya terasi sakit dan saya tidak bisa jongkok sama sekali sampai sekarang, juga sendi pada pergelangan tangan sperti bengkak dan sakit bila digerakkan lalu sendi pada pergelangan kaki. Sudah berobat ke dokter tulang hanya diberi obat penghilang sakit dan glukosomin. Saya sudah minum teratur glokasomin tapi sepertinya tidak ada pengaruh, terkadang jika saya mau menstruasi rasanya sangat menyiksa. Lutut saya ada benjolan bengkak, kiri dan kanan. Penyakit apa yang saya derita ya pak dokter? bagaimana pengobatannya. Terus terang saya sangat trauma sekali dengan jarum suntik.

    • muki partono
      Posted November 17, 2009 6:06 pm

      sisca sebaiknya kami periksa, kesan saya anda menderita gejala rhematoid artritis,perlu pemeriksaan lab drh dan pengobatan yg teratur

  • sisca
    Posted November 19, 2009 1:00 am

    Terima kasih ya Dok, atas diagnosanya. Saya pernah berobat pada seorang dr. SpOT, dirontgen, dan cek lab, hasilnya seperti diagnosa dokter Muki. Apakah benar penyakit ini tidak bisa sembuh sama sekali?Dari Dokter SpOT saya mendpt obat movicox dan celebrex yang rutin saya minum.
    Apakah berbahaya?bagaimana agar penyakit ini tidak kambuh terus?Saya juga ditawari oleh dokter SpOT ini untuk diinjeksi di lutut tapi harganya mahal sekali…injeksi apa yang dimaksud oleh dokter itu?
    Sekarang penyakit saya sedang kumat lagi….berapa sih dosis maksimum untuk movicox dan celebrex sehari? Apakah ada obat lain? Maaf ya dok, banyak pertanyaannya….

    • muki partono
      Posted November 19, 2009 11:20 am

      ibu sisca memang penyakit ini tdk bisa disembuhkan total,tapi yg bisa kita lakukan spy ibu sisca berkurang serangannya yg 1 bulan sekali misalkan jd 3 bulan atau 1 thn sekali, saya dpt informasi dr penderita spt ibu , bisa dicoba dgn mulai hindari makanan2 yg instan, jd ibu hrs “mutih”, hanya mkn nasi telur putihnya saja dan kecap, lalu bertahap kita lihat reaksinya mdh2an serangannya lbh lama muncul, mengenai obat injeksi sendi ibu blm perlu, semoga berhasil

  • sisca
    Posted November 19, 2009 6:39 pm

    Dokter terima kasih ya, saya sgt berterimaksih dengan kebaikan dokter yang bersedia memberikan konsultansi gratis. Dokter prakter hari dan jam berapa saja di RS Siaga, kalau boleh tau berapa sekali konsul ya dok?Saya sangat ingin berkonsultansi terhadap penyakit saya, mengenai obat, apakah saya tetap harus minum movicox dan celebrex tiap hari seperti sekarang?Saya punya glukoma dengan minus tinggi. Sekali lagi terima kasih ya dok, semoga Tuhan memberkati.

  • k dharma
    Posted November 29, 2009 7:55 am

    dok,sejak dua bulan lalu di pergelangan tangan saya kalau di gerakan kearah tertentu terasa ngilu ditulang, umur saya 42th saya pernah terjatuh dari tangga 3 bln yg lalu dan posisi jatuh pergelangan tangan menyangga kebawah,perkiran dok bagaimana? thk

    • muki partono
      Posted November 30, 2009 8:07 am

      saya curiga anda menderita cedera pada pergelangan, banyak kelainan yg mungkin terjadi pd pergelangan sebaiknya diperiksakan

  • gisela van Dongen
    Posted Desember 6, 2009 1:49 am

    Selamat malam,
    kira2 sudah 2 bulan ini betis saya selalu ngilu, terutama kalu berdiri, jika duduak ngilu hilang, tapi kalu malam tidur ngilu datang lagi, sekarang malah undah menjalar ke paha, setahun lalu saya pernah mengalami sakit pinggang yg sangat parah sehingga harus dirwat di RS, karena tidak bisa jalan sama sekali setiap merubah posisi dari duduk ke berdiri atau hanya sekdear memiringkan badan saja sakitnya bukan main..setelah di cek bahkan di “scan” tidak ada kelainan apapun, dokter syarat meyranakan saya harus banyka berenang, dan bulan lalu sempat penyakit saya kambuh di negara orang pula, saya ke klinik 24 jam di cambodia, langsung diberi suntikan infus glucosa, dokter mengatakan ada perlekatan otot@…sebetulnya penyakit apa yang saya derita?

    • muki partono
      Posted Desember 6, 2009 3:35 pm

      saya menduga anda menderita gejala penjepitan saraf pinggang, kalau betul scan normal coba kami periksa ulang, bisa saja hasil ekspertisinya berbeda, krn keluhan anda khas sekali, sebaiknya di periksakan ulang

      • Irwan
        Posted Desember 8, 2009 11:53 am

        Dok, usia saya 28 thn, 3 minggu lalu saat saya bermain futsal saya mengalami posisi jatuh yg tidak benar, sehingga saya mengalami nyeri, linu di paha dan kram/tegang di betis bagian kanan.
        Setelah check di spesialis syaraf, ada syaraf yg terjepit. Setelah itu x-ray, menurut dokter spesialis tulang, saya mengalami pengapuran(OA)di ruas nomor 4 dan 5 sehingga itu menyebabkan nyeri, linu dan kram.
        Saya sudah di beri beberapa obat, LAPIBAL -500, ULTRACET,PERMYO dan NEPATIC Gabapentin sampai VOLTADEX Gel. Hanya saja sampai brapa lama kondisi ini dok? keluhan saya sama seperti Gisela Van Dongen plus jika bersin rasa ngilu itu langsung nyamber ke paha kanan saya. Mohon pencerahannya Dok. Terima kasih.

        • muki partono
          Posted Desember 8, 2009 8:48 pm

          sebaiknya diperiksakan MRI utk memaastikan lokasi yg sebenarnya, sementara anda tidur di papan , atau alas keras, pakai korset, obat2an yg disebutkan diminum sampai habis

  • Irwan
    Posted Desember 9, 2009 12:42 pm

    Dok,apa yg terjadi jika obat sudah habis(karena hanya untuk seminggu) kemudian paha dan betis kanan saya masih mengalami keluhan tersebut? dokter spesialis orthopedi yg rawat saya minta untuk fisioterapi, tapi apakah hal ini memang perlu? atau langsung saja MRI Scan?
    Terima kasih Dok.

    • muki partono
      Posted Desember 18, 2009 12:14 am

      sebaiknya di coba fisioterapi dulu tapi nggak ada salahnya juga periksa MRI biar fisioterapinya lbh mengarah

  • aira
    Posted Desember 12, 2009 10:15 pm

    Dok,ciri2 yg dokter bilang di artikel osteoartritis ini hampir sama persis dgn yg saia alami. Kata dokter yg konsultasi, saya kena radang sendi. umur saya baru 20an. kok bisa ya dok? wkt kecil sya memang suka keseleo.apa itu pyebabnya?krn setau saia di keluarga ga ada sejarah radang sendi.
    Rasa sakitnya bkn dilutut tapi di sekitar pergelangan kaki.tdnya saia dikasih obat sjenis anti inflamasi(mexpharm,mexolican, prednison)dan sempet hilang rasa skitnya, tapi saat saya berhenti konsumsi obat, kambuh lg. sy tkut ketergantungan obat,dok. Dan anehnya rasa skit dan bengkaknya itu pndah2. klo sendi yg satu uda sembuh dan ga bengkak, malah pindah ke sendi yg lain. knp ya dok, apa karena emng radangnya pndah2 gitu?*bingung* Gmn ya cara hilangin rsa nyerinya? terutama saat bangun pagi.krn gngu aktvitas sya. apakah masi ada kmgkinan smbuh di usia 20an sperti sya?trimakasih byk,dokter. maap kalo jadi curhat gini. hehe..Tp sya emg kebantu bgt ama website ini.skali lagi terimaksih atensinya dok..

    • muki partono
      Posted Desember 13, 2009 3:10 pm

      anda menderita Rhematoid artritis, sebaiknya kita bertemu saya bisa kasih pengobatan dan tips cara mengatasinya

  • Ayen
    Posted Desember 15, 2009 12:24 am

    Malam dok.. Dok saya usia 31thn, sudah 4bulan ini dilutut kaki kanan saya timbul benjolan sebesar setengah bola tenis meja. Kadang mengecil sendiri. Kadang timbul lg. Saya biarkan saja. Terkadang timbul rasa sakit seperti rheumatik. Kalo benjolannya ditekan2 timbul rasa sakit. Sampai skrg saya masih bisa beraktifitas normal. Yg mau saya tanyakan. Benjolan dilutut saya penyakit apa ya dok. Apa berbahaya. Sampai saat ini saya belum pernah periksa kedokter.. Tolong infonya dok. Thanks..

    • muki partono
      Posted Desember 18, 2009 12:16 am

      sebaiknya diperiksakan utk memastikan apakah tumor atau hanya kelebihan cairan sendi saja dan kalau itu kelebihan cairan sendi hrs dicari penyebabnya

  • masluki
    Posted Desember 20, 2009 1:15 pm

    Dokter, saya laki-laki umur 43 th sejak bulan Mei 2009 pergelangan dan sendi kaki kalau dipergunakan jalan terasa ngilu. Setelah cek asam urat ternyata hanya 7,3. Oleh dokter diberi obat asam urat. Setelah 2 minggu cek asam urat menjadi 5,3. Karena masih sakit saya periksa ke dokter sp syaraf, didiagnosa terkena tendinitis di daerah lutut, kemudian diberi obat 2an. Selain itu fisioterapi di daerah punggung dengan traksi selama 7 kali. Ternyata setelah itu otot di perut, dada dan punggung terasa nyeri seperti kram.
    Setelah 2 bulan tidak membaik akhirnya di foto MRI dengan kesimpulan “MRI cervical dan lumbosacral menunjukkan adanya spondylosis cervicales, serta adanya paracervical muscle spam; pada kedua region tersebut. Juga tampak adanya degenerative disc disease dan terjadi protuded disc herniation disertai concentric annular tear pada discus L5-S1”
    Oleh dokter sp bedah syaraf saya harus dioperasi karena diduga terkena HNP.
    Hasil 2nd opinion di dr. bedah tulang dan dr. rematologi tidak perlu operasi. Terakhir saya 2nd opinion pada Prof sp bedah syaraf, hasilnya saya tidak perlu operasi HNP, karena saya terkena OA pada genu dan ankle. Kemudian saya dirujuk ke dr. sp rematologi.
    Saat ini saya di dr. rematologi sudah 2 x dari rencana 5 x di suntik Suplasyn pd kedua lutut, kemudian terapi SWD, Polar Care dan Ultrasound TX.
    Rasa ngilu di pergelangan kaki masih ada sehingga menggangu aktifitas kerja saya yang mengharuskan banyak jalan kaki.
    Menurut pengalaman dokter, apakah sakit saya bisa disembuhkan dengan cara yang saya sebutkan diatas. Terapi atau olahraga apa yang bisa dilakukan untuk menunjang cepatnya kesembuhan sakit saya tsb.
    Terima kasih atas bantuannya…..
    (maaf kalau terlalu panjang konsultasinya)

    • muki partono
      Posted Desember 20, 2009 10:45 pm

      say kok curiga keluhan anda dari HNP L5-S1 nya bisa kita buktikan dgn provokasi test dgn dilakukan injeksi pd radiks saraf L5-S1 , bila setelah disuntik keluhan anda hilang atau berkurang bisa dipastikan penyebabnya dr HNPnya, kalau OA saya tdk berfikir kesana krn pada usia 43 thn laki2 jarang saya jumpai OA yg sering cedera pd bantalan lutut

  • Dila
    Posted Desember 23, 2009 5:04 pm

    Dokter…saya punya anak berusia 2 thn 8 bulan,berat badannya 13 kg tinggi 83 cm. Pernah beberapa bulan yang lalu dengkul dan pahanya seperti kesakitan dan ngilu. tapi itu terjadi 3 x.
    Dan kurang lebih 3 bulan ini hal itu tidak pernah lagi menyerangnya,tapi kok tiba-tiba tadi siang dia merasakan sakit dan ngilunya lagi…kali ini dia sampai menangis dan keluar keringat krn menahan rasa sakit…itu berlangsung kurang lebih 3-5 menit. Serangan itu terjadi pada ke 2 dengkulnya dok. Dan selang dua jam dengkul kaki sebelah kirinya kesakitan lagi.
    Sebenarnya apa yang terjadi pada anak saya dok?
    Terima kasih banyak dok sebelumnya…

    • muki partono
      Posted Desember 23, 2009 11:48 pm

      sebaiknya diperiksakan saya menduga mungkin bentuk kaki yg ceper , dan anak ibu mulai aktif dan banyak gerak, sehingga dampaknya nyeri pada kedua lutut. biasanya hilang sendiri dan muncul kembali bila aktifitas berlebihan

  • hermin saptari
    Posted Desember 25, 2009 8:59 pm

    Dokter saya wanita usia 42 thn,saya mempunyai masalah sakit dan nyeri pada lutut,setelah saya periksakan ke dokter ahli tulang dinyatakan OA,sakit itu sudah terjadi sejak 5 thn,setelah berbagai macam suplemen diberikan msh terasa nyeri dan sakit hingga sekarang, terutama jika melakukan aktivitas yang berlebihan,apalagi jika lutut ditekuk sampai sekarang saya mengkonsumsi glucosamin,alternatif apakah yang harus saya lakukan,dokter menganjurkan saya bersepada,jalan kaki tiap pagi serta berenang?
    trimakasih dok

    • muki partono
      Posted Desember 25, 2009 9:43 pm

      hermin ada perlu artroskopi, mnrt saya kalau OA pada usia relatif muda 42 thn biasanya disertai kelainan lain spt robekan bantalan, luka pada lapisan rawan sendinya, saya punya pengalaman pasien yg diobati hampir 5 thn tdk kunjung sembuh, stlh artroskopi di ketahui ternyata ada robekan bantalan dan luka yg cukup dalam pada lapisan rawan sendi yg tdk cukup diobati dgn obat2an dan olah raga

  • Intan
    Posted Desember 27, 2009 9:23 am

    Dok sy baru sja operasi lutut,gara2 kecelakaan.mnurut foto tontgen tulang saya misah jdi hrus di psang sekrup.
    kira2 brapa lama agar dapat seperti semula.
    Obat yg diberi dokter cefixime,nutriflam,zadiar dan vitmin tulang.
    Apakah obt tersebut sudah termasuk obat bagus?
    Tapi kok msih bengkak aja pdhal sy dioprasi 2minggu yg lalu.mohon pencrahany dok.

  • Lukman 29 thn
    Posted Desember 30, 2009 4:44 pm

    Selamat Sore Dokter
    saya bersyukur menemukan website ini
    ibu saya 72 tahun mengalami bengkok kaki sekarang bentuk kaki mirip orang polio bentuk O, awalnya sekitar 17 tahun yang lalu sudah mulai merasakan pegal pegal tetapi karena saya jauh dari beliau dan kurang perawatan sekarang menjadi seperti ini, kira kira terapi apa dok untuk meringankan penyakit ibu saya, saat ini ibu saya berjalan menggunakan alat bantu
    terimakasih sebelumnya dok

    • muki partono
      Posted Desember 31, 2009 9:45 am

      ibu anda sdh menderita OA lutut grade 4, sebaiknya kita operasi ganti sendi lutut kalau mau baik, nanti kalau sdh operasi lututnya tdk bengkok dan jalannya jd tdk sakit

  • andria
    Posted Januari 6, 2010 3:36 pm

    Salam Kenal dokter
    Dok saya 25 tahun, sudah 1 bulan belakangan ini merasakan nyeri pada lutut kiri bagian dalam (pada tulangnya),seperti habis kena benturan gitu nyerinya jika ditekan, dan nyeri jika saya merubah posisi kaki, seperti selonjoran atau sehabis saya melipat kaki dalam posisi duduk,sebenarnya itu kenapa ya dok?

    • muki partono
      Posted Januari 7, 2010 7:37 am

      anda perlu diperiksa sebab, keluhan yg sdh 1 bln jgn dianggap biasa, sebab bila proses perbaikan 3 minggu sdh selesai ,bila masih ada nyeri sebaiknya kita periksakan mungkin anda perlu pemeriksaan penunjang lain, penyebab nyeri pada usia muda bisa saja cedera pada bantalan , penipisan rawan sendi pada tulang tempurung dll

      • andria
        Posted Januari 7, 2010 9:49 am

        Apa kemungkinan tindakan untuk keluhan saya ini ya dok, dan berapa kira2 biaya untuk pengobatannya, terima kasih sebelumnya untuk jawabannya, saya dalam minggu ini berencana untuk memeriksakannya.

      • indah
        Posted Mei 12, 2010 4:27 pm

        dokter nama saya indah umur 23 tahun,saya punya keluhan sakit pada pergelangan kaki bagian belakang sampai ke tumit(pergelangan kaki depan tidak sakit.setiap saat selalu sakit,mulanya hanya nyeri biasa namun lama kelamaan tidak beraktivitas hanya menurunkan kaki saja(posisi duduk si kursi dengan kaki bergantung dan memijak lantai) sudah terasa denyutan di tumit,pernah sekali waktu diurut dan dilakukan penekanan pada daerah tersebut(awalnya saya pikir ada mata ikan didaerah tersebut tapi tidak ada benjolan) dan sakitnya luar biasa pada titik tertentu…yang ingin saya tanyakan kira2 kaki kanan saya kenapa ya dokter?kaki kiri saya tidak apa2.saya punya riwayat patah tulang didaerah metatarsal kaki kanan dan jahitan dbagian atas telapak kaki,,apakah ada pengaruhnya dokter??mohon dijawab dokter krn makin lama makin sakit deh tumit dan pergelangan kaki(saya udah jarang sekali pke sepatu berhak)…makasih dokter

        • muki partono
          Posted Mei 14, 2010 5:52 pm

          sebaiknya diperiksa banyak penyebab kelainan di pergelangan salah satunya penekanan saraf pinggang, atau ada hubungan dgn yg anda keluhkan

  • puekiang
    Posted Januari 9, 2010 11:39 pm

    dokter saya berumur 49 th sering merasakan kaku di kelingking jari dan terasa kaku dan nyeri pada kedua jari tangan saya. apakah itu gejalah dari oa?, dan terutama waktu bangun tidur, jari2 sangat sulit di tekuk dan terasa sakit dan kaku.minta nasihat dok, apa yang sebenarnya sakit saya ini dokter.terima kasih

    • muki partono
      Posted Januari 10, 2010 10:33 pm

      kemungkinan anda bukan menderita pengapuran tapi mungkin penekanan saraf pada daerah pergelangan , atau gejala penekanan saraf pada leher yg manifestasi kelukannya pada jari2 tangan utk memastikan sebaiknya kita periksa secara klinis

  • A.Tadjudin Noor
    Posted Januari 13, 2010 9:31 pm

    Selamat malam dok,
    Saya berumur 63 tahum, tetapi masih beraktifitas (bekerja)saya diabetisi tetapi selalu dikontrol, serta selalu olah raga. Tetapi sejak krg lbh 2 bulan lalu lutut dan sekitarnya seranya nyeri, pernah kedokter umum diberi obat, memang agak berkurang nyerinya tetapi begitu obat habis nyerinya muncul lagi. Selama ini saya coba makan obat bebas berupa rheumasyl tetapi tidak banyak menolong. Jadi saya harus berobat kemana? atau saran dokter obat apa yang baik/cocok?

    • muki partono
      Posted Januari 14, 2010 6:31 am

      bapak sebaiknya diperiksa dgn lebih teliti kemungkinan bapak menderita pengapuran pada lutut, mungkin perlu pengobatan yg tepat

  • nina
    Posted Januari 15, 2010 7:34 pm

    Dok saya punya keluhan adanya rasa nyeri pd tulang kaki & tangan saya. rasanya ngilu sekali. saya juga sering migrain, pada bag pantat saya sring sakit. kadang rasa sakit itu biasanya d mulai dr leher.

    pd thn 2007 pernah waktu sy bangun tidur sya tdk bisa menggerakkan badan saya dan itu berlangsung selama2 hari setelah itu saya coba obati k dokter syaraf dan ceragem. pd saat itu setiap saya berjalan kaki kanan saya tdk kuat melangkah sendiri dan harus dibantu (ditarik celananya agar terangkat kakinya)

    semuanya diawali dr tahun 2001 pd saat saya hamil saya merasa tulang2 saya sakit tp saya fikir itu cm bawaan hamil tp ternyata itu berkelanjutan.
    sy tertarik dg pengobatan chiropratic tp ternyata mahal sekali.
    pengobatan apa (yg tidak mahal krn hrs membiayai sdr) yg harus sy coba krn saya sudah tdk tahan dg rasa ngilu ini.
    Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

    • muki partono
      Posted Januari 15, 2010 11:30 pm

      penyakit anda hrs dicari dulu penyebabnya,baru bisa dputuskan pengobatannya, biasanya bila nyeri pada kaki dan leher dan pernah riwayat sussah berjalan saya menduga ada kelainan pada leher anda,

  • yanto
    Posted Januari 19, 2010 1:31 pm

    dok, saya berumur 20 tahun ahir-ahir ini persendian lutut dan lengan saya sering bunyi generutuk,walaupun tidak melakukan aktifitas berlebih.apakah itu OSTEOARTHRITIS??dan bagaimana solusinya.
    kemudian didaerah selangkangan dan ketiak saya terdapat benjolan sebesar biji kacang apakah itu dok??terimakasih.

    • muki partono
      Posted Januari 20, 2010 1:42 am

      itu bukan osteoartrtis sepertinya karena usia anda masih muda memang ada banyak orang yang mempunyai keluhan spt ini selama tidak nyeri tak apa2, benjolan pd ketiak dan selangkangan itu tanda ada proses peradangan pada daerah tungkai atau lengan, coba anda berobat untuk mengetahui secara pasti benjolan tsb

  • yeni
    Posted Januari 20, 2010 9:13 am

    Salam kenal, Dok. Saya mau konsulkan penyakit yang diderita ibu saya.
    Ibu saya sekarang berusia 72 tahun. Sejak lebih kurang 4 tahun yang lalu menderita sakit pada kaki seperti reumatik, kadang tidak berasa, kadang seperti kesemutan, terasa berat kalau dilangkahkan. Pada pergelangan kaki sampai telapak kaki kadang hangat kadang dingin, tidak tentu. Beberapa waktu yang lalu terjadi bengkak (oedema), namun setelah ditinggikan (pada saat berbaring dengan bantuan bantal), bengkaknya berkurang sedikit.
    Upaya pengobatan sudah dicoba dengan segala cara, medis dan non medis, hanya berkasiat sebentar terus sakit lagi. Pada saat awal terkena sakit, ibu dibawa berobat ke dokter tulang dan diberi obat. Kami tidak tau pasti, tapi setelah obat habis tiba-2 selera makan hilang, sehingga makan menjadi sulit sekali. Akibatnya badan ibu sekarang sangat kurus. (Juga sudah pernah dirawat di RS dan diinfus).
    Hingga saat ini kondisi ibu masih seperti itu, makan diupayakan sedemikian rupa, asal perut tidak kosong.Namun sakit dikaki tidak kunjung hilang. Berjalan tidak kuat, harus dibantu.
    Apa ya Dok, penyakit ibu saya?? Saya harus bawa ibu kemana untuk berobat?? Terima kasih Dok..

    • muki partono
      Posted Januari 20, 2010 10:17 pm

      ibu anda saya menduga ada kelainan penyempitan saraf pinggang yg menyebabkan keluhan nyeri pada kedua kaki dan kesemutan, hal ini buat nyeri hebat shg nafsu makan berkurang, jgn dibiarkan terus periksakan ke dokter untk pemeriksaan MRI lumbal setelah ada hasil konsultasikan pada kami

  • Arman Lampang
    Posted Januari 20, 2010 10:17 am

    Dok, saya punya keluhan di pinggang (low back pain). Pernah saya periksakan ke dokter tulang dan disertai pemeriksaan MRI dgn hasil berikut:
    First step screening sagittal T2WI whole spine menunjukkan kedudukan spine yg baikt, tdk tampak listhesis. Seluruh spinal cord tidak mencurigakan pathology. Intesitas signal body lumbar baik,tdk tampak adanya body marrow (fatty) replacement. Tdk tampak compression fracture.Osteophytes menonjol ringan di anterior dan posterior.Conus modulasris berakhir setinggi L1,normal. Perhatian khusus pada lumbar spine;
    Pada disc level L1/2, L2/3, L3/4;tdk tampak disc compression/degeneration/herniation.Neural foraminal kiri-kanan baik,tdk tampak penekanan nerve roots.
    Pada disc L4/5, L5/S1; disc compression ringan di posterior, permulaan disc degeneration, disc protrusion menonjol ke medial-paramedial kiri>kanan,iritasi exiting nerve roots L4,5 kiri. Mild canal stenosis. Tdk tampak penebalan flava ligament atau facet hipertrophy.
    Kesan: First step screening whole spine; kedudukan spne-spinal cord baik,tdk tampak SOL intraspinal canal. Mild spondylosis.
    Perhatian khusus Lumbar spine;
    Disc levels L1/2, L2/3, L3/4;tdk tampak disc herniation
    Disc levels L4/5, L5/S1; disc degeneration, disc protrusion, neural foraminal stenosis ringan kiri>kanan,positional iritasi exiting nerve roots L4,5 kiri.

    Sebelumnya tiga tahun yg lalu saya pernah mengalami jatuh dari sepeda motor dgn posisi satu kaki (kanan)menahan sehingga tdk terjatuh
    Saat ini hampir setiap bangun pagi, tulang pinggang saya terasa nyeri.

    Apakah ini HNP atau osteoarthritis?
    Terimakasih Dok…

    • muki partono
      Posted Januari 20, 2010 10:14 pm

      stlh saya lihat MRI anda memang anda menderita HNP , tapi keluhan anda hanya back pain tdk ada leg pain, kita obati dgn cara konsrvatif yaitu kita lakukan fisioterapi dgn traksi , us, tens,dll, serta program berenang,serta pakai korset. kita evaluasi kemudian efek pengobatan ini

  • afriani
    Posted Maret 5, 2010 6:18 pm

    dok, mau tny. paman saya sdh didiagnosis OA and Gastritis. Saat ini teratur berobat lanzoprasole, meloxicam, bonesco. Walau nyeri yg dirasakan mulai berkurang pd kakinya, tapi tetap saja beliau msh mengeluh. apakah dokter pny saran ut kombinasi terapi yg lebih baik??

    • muki partono
      Posted Maret 6, 2010 11:04 am

      wah saya rasa utk OA tdk cukup perlu obat tambahan bahkan suntikan pada sendinya sebaiknya berobat

  • Syahreza
    Posted Maret 8, 2010 12:30 pm

    Dear Dokter,
    Saya berusia 41thn, hobby olahraga tennis dan badminton. Sejak lebih kurang 2-3 thn belakangan ini ada keluhan di lutut kaki kiri saya, terutama setelah aktif olahraga. Rasa sakit yg saya rasakan terutama jika bergerak menggunakan sendi lutut spt gerakan shalat, berjalan naik-turun tangga, dst. Please advice utk upaya pengobatannya, agar saya dpt beraktifitas spt biasa tanpa ada keluhan lagi di kaki saya.
    Terimakasih.

    Syahreza

    • muki partono
      Posted Maret 8, 2010 12:42 pm

      anda mengalami cedera pada lutut kiri akibat olah raga , sebaiknya dipastikan dgn pemriksaan MRI lutut , spy tdk berlarut-larut dan anda bisa aktifitas olah raga kembali.

  • shandi
    Posted Maret 12, 2010 8:39 am

    Dok, saya berusia 32th, sudah 2 minggu ini lutut saya berbunyi setiap habis duduk di lantai (pd wkt sholat), apakah ini disebabkan aktifitas fitness saya? Setaun ini saya fitness 3-4x seminggu, setiap session-nya saya squat dg beban 20kg selama 4-5menit, dan crunches dg beban 10kg 4-5menit juga. Setelah baca2 akhirnya 2 minggu ini saya konsumsi suplemen Glukosamin. Apakah ini membantu? Please advise. Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Maret 12, 2010 11:50 am

      mnrt saya porsi latihan bebannya hrs dikurangi, krn anda sdh tdk muda lagi

      • shandi
        Posted Maret 19, 2010 7:46 am

        Dok, apakah saya masih boleh latihan angkat beban (dg tumpuan lutut), tetapi weight-nya dikurangi? atau samasekali harus dihindari?

        meanwhile, saya konsumsi antrodar kapsul, GCM Force, dan sesekali lutut saya olesi fitajoint roller.

        dan untuk fitnes, saya belum angkat beban dulu, tetapi speda statis pagi dan sore masing2 15mnt, saya pilih saddle-nya yg di bawah jd begitu ngayuh bisa terangkat lututnya.

        terimakasih atas jawabannya Dok.

  • yenti suwandy
    Posted Maret 20, 2010 11:11 pm

    DOK…saya berusia 28thn,punya keluhan dipinggang.5tahun yg lalu,saya pernah jatuh dari kursi dengan posisi terduduk dilantai. berbagai pengobatan saya coba termasuk tradisional sampe fisioterapi.tapi tidak sembuh total.bila kecapekan,atau kebykan jalan,maka terasa sakit yang sangat luar biasa d dipinggang dan kaki pd bagian betis ampe tumit kaki kayak kesemutan.(terutama kaki kanan). Dan tahun 2009 pertengahan bulan, saya berobat kepenang ,ada MRI ,hasilnya saya mengalami osteoarthistik dibagian tulang ekor dan syaraf pinggang terjepit,DOK….sekarang yang ingin tanyain pengobatan apa yang terbaik untuk saya? olah raga apa yang tepat untuk saya?berenang,yoga ato bersepeda.sekian dan terima kasih Dokter.

    • muki partono
      Posted Maret 22, 2010 10:15 am

      keluhan anda sdh berulang , sebaiknya ditangani serius, kalau anda berkenan sebaiknya kita lakukan operasi minimal invasif dgn cara MED, aman, 1 hr rawat , dan sayatan minim 1,5 cm, anda bisa eraktifitas kembali setelah operasi lebih cepat,

  • yenti suwandy
    Posted Maret 20, 2010 11:23 pm

    Dok….pertanyaan kedua saya,ibu saya berumur 45 tahun.punya keluhan dibagian lutut.lutut ibu saya sering terasa kebas,ngilu,dan berat.rasa sakitnya menjalar dr lutut ketumit.kadang-kadang seluruh kaki.hal ini sudah berlangsung lebih kurang 6 bulan.dan tidak sanggup utk jongkok.dr hasil pemeriksaan tumit kaki mengalami osteoarthistik,yang ingin saya tanyakan DOK..apa penyebab sakit pd lutut ibu saya? apa karena osteoarthitik yang ditumit kaki.pengobatan apa yang terbaik dan olah raga apa yang tepat untuk ibu saya?sekali lagi terima kasih Dokter.

    • muki partono
      Posted Maret 22, 2010 9:22 am

      ibu anda bukan menderita osteoartritis tapi gejala penekanan saraf biasanya spinal stenosis, olah raga yg tepat berenang, sebaiknya diperiksa MRI Lumbal jgn dibiarkan

  • yenti suwandy
    Posted Maret 31, 2010 9:11 pm

    DOK….operasi invasif dengan cara MED butuh berapa biayanya,resikonya,olah raga yang tepat buat saya.tentang ibu saya,MRI lumbal maksudnya di bagian tubuh yang mana…dimana alamat dokter praktek …..terima kasih atas jawabannya Dok

    • muki partono
      Posted Maret 31, 2010 9:22 pm

      MED adalah operasi minimal invasif , biaya berkisar 25-28 jt(perawatan klas 3), resiko hampir tdk ada berdasarkan pengalaman kami , MRI lumbal adalah yg diambil bagian pinggang bawah, mengenai praktek mohon lihat kolom PRAKTEK pada web

  • Dani
    Posted April 1, 2010 10:19 am

    dok,saya ingin tanya??apakah kebanyakan untuk operasi tulang ekor itu,bisa mengalami kegagalan?ibu saya menderita saraf tulang ekor terjepit,tp tidak berani operadi krn itu?bagaimana solusiny??thanks doc,,GBU

  • Em-Yu
    Posted April 1, 2010 3:16 pm

    Dok sy wanita umur 24 Tahun, setiap kali naik tangga lutut kiri saya selalu berbunyi & itu keras sekali, sy sampe malu kalo kedengeran orang. sebenarnya lutut tdk terasa sakit tapi kaki sering sekali capek apalagi hbs naek tangga, kalo msl lg duduk di bis dlm wkt yg lama lutut kaku & ngilu, kaki juga sering kram, sy jd kuatir ap mngkin sy menderita OA??tp kan sy masih muda Dok..Trims ats jwbnx

    • muki partono
      Posted April 3, 2010 12:28 am

      anda sepertinya menderita penipisan lapisan rawan sendi, dan ada kemungkinan pula gejala penekanan saraf pinggang , sebaiknya diperiksakan dgn benar

  • netiek
    Posted April 6, 2010 10:43 am

    Dok, sy punya anak umur 2 tahun dan memiliki berat badan berlebih, berat badannya 20.5 kg..hal itu menyebabkan kaki sebelah kirinya agak tidak lurus..saat ini dia sdh mengikuti rehab medik (sepatu khusus). apakah hal itu akan berlanjut sampai dia dewasa? trmksi.

    • muki partono
      Posted April 8, 2010 9:21 am

      sebaiknya Berat badan diturunkan, dan lanjutkan pemakaian sepatu spy lbh bagus, pemakaian sepatu tdk sampai dewasa perlu evaluasi dan kontrol teratur

  • prita
    Posted April 10, 2010 3:56 pm

    Dok,
    Saya wanita, 4o th. 6 bulan lalu saya fitnes 5-6 kali seminggu. Saat beban saya tambah, saya merasa nyeri di kaki dan tangan saya. Dan 1,5 bln lalu pergelangan tangan kiri saya keplintir karena menahan motor yang mau jatuh, hingga akhirnya saya berhenti fitness.Apakah fitness itu yang menyebabkan sendi tubuh saya (sendi lutut, pergelangan kaki, pinggang, leher dll) suka bunyi ? Terutama pergelangan kaki dan lutut. Apakah yang harus saya lakukan untuk mengobati pergelangan tangan saya yang belum sembuh juga? Olahraga – olahraga apakah yang paling bagus buat saya? Karena saya overweight?

    Kalau bangun tidur jari tangan saya suka kaku dan sulit digerakkan. 8 tahun lalu saya pernah diopname karena 3 ruas tulang leher saya mengecil, kemudain saya fisiotherapi selama 1 thn. Apakah nama kedua penyakit saya tersebut dan apakah ada hubungannya ? Bagaimana pengobatannya ?

    Saya sering sekali masuk angin, apabila tidak dikerok, leher dan kepala saya kaku, pusing dan saya suka tidak bisa memprediksi ruang ( naik motor, suka mau nyenggol orang, tiang ) dan punggung saya pegal sekali, seperti waktu leher saya sakit. Apa ada hubungannya? Kata Dokter karena daya tahan tubuh saya rendah, saya sudah teratur olahraga dan minum obat penambah imunitas tubuh, tapi kok tidak ada perubahan?

    Terimakasih…

    • muki partono
      Posted April 11, 2010 11:41 am

      kelihatannya maalah2 anda bersumber pada kelainan di leher dan diperberat dgn berat badan, shg apapun yg anda lakukan baik OR maupun pengobatan kurang bermanfaat, paling penting turunkan berat badan ke berat ideal, bagaimana caranya sebaiknya hindari karbohidrat, semoga berhasil

  • no name
    Posted April 12, 2010 1:45 pm

    dok..saya perempuan usia 30 th,TB 165cm, BB 67kg. bbrp bulan ini tumit saya terasa sakit sekali terutama setelah bangun pagi n istirahat lama. makin terasa sakit setelah berat badan saya bertambah n tidak pernah olah raga n bila terlalu capai. tapi tidak bengkak. kalau saya pakai sepatu alas lunak, rasa sakitnya berkurang. telapak kaki saya termasuk jenis yang ceper..apakah itu ada hubungannya dengan penyakit saya?? apa yang sebaiknya harus saya lakukan dan bagaimana mengatasinya ( selain dengan obat penghilang sakait??)..terimakasih

    • muki partono
      Posted April 13, 2010 5:04 pm

      periksakan kemungkinan anda menderita fasciitis plantaris dgn kondisi kaki ceper eluhan lbh menonjol, sebaiknya periksa kembali, mungkin anda perlu disuntik dan menggunakan ganjalan kaki yg sesuai dgn kebutuhan kaki anda

  • melvy suwandy
    Posted April 13, 2010 1:02 pm

    DOKTER….saya ingin tanya,olah raga apa yang bagus untuk penderita sakit pinggang,ostheoarthistik ato syaraf terjepit.terima kasih……

  • fida dida
    Posted April 13, 2010 5:10 pm

    Dokter,saya ingin tanya,ibu saya usia 60 tahun penderita OA dilutut kiri,beberapa kali lutut terasa berat dan sangat nyeri. setelah diperiksa ternyata kelebihan cairan sendi. Setiap minggu disedot,tapi sudah 4 kali dan tidak boleh dilakukan lagi ditakutkan tulang menjadi keropos. Ibu saya tidak gemuk tetapi tidak bisa berenang. Menurut dokter pengobatan selanjutnya seperti apa dan apa penyebab kelebihan cairan tersebut? Mohon penjelasannya. Trimakasih..

    • muki partono
      Posted April 16, 2010 7:29 pm

      pengambilan cairan sendi tdk ada batasannya kalau memang diperlukan diperbolaehkan asal dikerjakan dgn kaidah2 sterilitas yg baik, anjuran diberikan suntikan viskosuplemet sebanyak 5 kali dan kita lihat efek selanjutnya

    • muki partono
      Posted April 17, 2010 1:02 am

      ibu anda menderita OA lutut dgn kelebihan cairan, konsumsi glukosamin, berat badan turun, latihan sepeda statik, kalau upaya ini kurang berhasil kita lakukan prosedur artroskopi

  • NUNUK MARIANI
    Posted April 14, 2010 12:49 pm

    dok saya wanita berumur 60th punya keluhan dipantat sebelah kanan nyeri sampai pergelangan kaki kalau dibuat jalan terasa berat dan nyeri
    saya pernah foto rontgen

    kesan:asteoarthretiscoxal fissura caput femur kanan.sy pernah terapi 2 kali bagaimana cara pengobatannya terima kasih

    • muki partono
      Posted April 16, 2010 7:30 pm

      ibu menderita gejala penekanan saraf pinggang sebaiknya dilakukan pemeriksaan MRI Lumbal utk memastikannya

  • dana
    Posted Mei 21, 2010 10:23 am

    Dok, saya laki2 berusia 22 tahun. saya ada rasa nyeri pada pergelangan tangan saya sejak 2 bulan yang lalu. rasa nyeri itu sangat terasa saat saya memutar – mutar pergelangan tangan saya. yang saya ingin tanyakan apakah ini termasuk penyakit osteoartritis ? apakah saya juga masih boleh memaksakan tangan saya untuk bermain badminton ? karena pada saat ini saya masih terus bermain badminton, biarpun sakit naumun tetap saya paksakan.
    terima kasih.

  • amalia
    Posted Mei 21, 2010 7:17 pm

    Dok, saya mau nanya,sendi saya sering radang, sudah bertahun-tahun, sebentar sembuh nanti bisa kambuh tiba2… saat di rontgen sendi antara tulang panggul dan paha sedikit renggang.. apakah untuk sembuh harus dioperasi ? terimakasih sebelumnya..

    • muki partono
      Posted Mei 22, 2010 8:30 am

      tergantung tujuannya apa kalau memang ingin nyerinya hilang dan fungsi sendi panggulnya spt biasa hrs dioperasi ganti sendi, bila hanya ingin tdk nyeri bisa kita lakukan fusi pada sendi panggul, bila ternyata hasil foto masih baik, kita obati tujuan spy tdk makin rusak sendi panggulnya , sebaiknya kami periksa lbh dulu utk memastikan

      • Amalia
        Posted Juni 28, 2010 11:46 pm

        Kalau untuk ganti sendi atau fusi sendi, biasanya biaya yang diperlukan berapa?
        Selama ini saya kalau sakitnya kambuh saya selalu minum obat dari dokter yaitu dexametason,dan sekarang sakitnya semakin sering kambuh,,
        apakah bisa menyembuhkan total hanya dengan minum obat2an, sedangkan masalahnya adalah sendinya yang renggang?
        terimakasih banyak atas jawabannya dok…

  • Norcahaya Alias
    Posted Mei 24, 2010 10:49 am

    salam,
    doktor,
    baru hari ini saya dapt tahu saya mempunyai penyakit radang tulang. saya telah berjumpa doktor di klinik dan beliau telah membekalkan saya ubat untuk seminggu. saya sekarang berumur 29 tahun dan sedang berusaha untuk mengandung. doktor yang saya rujuk pada hari ini mengatakan terdapat kesan terhadap kehamilan. tadi belia periksa saya tidak mengandung walaupun saya ada memberitahu yang saya sudah lewat period selama 3 hari. beliau menyarankan saya berhenti makan ubat yang dibekalkan sekiranya dalam seminggu saya masih belum hamil.saya sekarng menjadi sangat takut dan mengumpulkan seberapa banyak makluamt berkaitan ubat dan penyakit saya ini. untuk pengetahuan doktor, saya pernah cedera di lutut kiri itu semasa berumur 14 tahun iaitu sewaktu menjalanai latihan teakwando.kata beliau penyakit ini menyerang orang muda yang pernah cedera. saya dibekalkan dengan celecoxib 200g(tahan sakit), condropil(cecair sendi)dan ketoprofen 30g topical. seakrng saya jadi gusar tentang hal ini. buat pengatahuan doktor, saya pernah kemalanangan MVA pada 2002dan juga pernah menjalani pembedahan tulang di tangan kanan (right humerus) dan ditanam dengan plet besi ada 9 skru. saya tidak boleh minum air kelapa kerana setiap kali minum saya akan bersa sakit di tangan. saya jug aada menjalani rawatan implant gigi taring kanan atas (kesan daripada kemalangan pada 2002) pada tahun lepas. jadi saya kira doktor sanagt faham masalah tulang yang saya hadapi. bulan 4 yang lalu saya ada menjalani medical check up (blood n urine) dan dapati tiada masalah kecuali kolestrol sy sedikit lebih dan menyarankan bersenam. saya mempunyai berat badan 45kg dan tinggi 154cm. doktor,
    tolong saya unutk menghadapi masalah ini. kerana kehidupan saya baru bermula. terima kasih.

    • muki partono
      Posted Mei 24, 2010 11:28 am

      ibu Nor, sebaiknya anda jgn minum obat yg tdk perlu kalau memang ingin hamil, hanya obat topikal saja yg dianjurkan , masalah radang sendi saya mendiagnosis ibu menderita cedera pada bantalan atau ligament di lutut berhubungan dgn kecelakaan thn 2002, utk pasti sebaiknya lakukan MRI pada lutut saya tak yakin ibu menderita radang sendi

  • Ahmad Bachranie
    Posted Mei 25, 2010 8:24 pm

    Sy umur 56 th, waktu muda sering
    cedera lutut maklum pemain bola
    tp setahun yg lalu kedua lutut tera
    sa nyeri sekali sy ke dokter & sy di
    Suntik disekitar lutut seminggu se
    Kali selama 6 minggu dan rasa nye
    rinya hilang tp sebulan yg lalu nye
    rinya kambuh lagi sy ke dokter Sp
    PD & konsultan Rematik kemudian
    disuntik dg ADANT DISPO sekali se
    kali seminggu sekarang minggu ke
    4 menurut dr sekali lagi. Nyerinya
    Berkurang, sy dinyatakan OA sta
    dium 3. Yg saya tanyakan apa sy
    Perlu operasi, berapa lama & bia
    ya operasinya. Terimakasih

    • muki partono
      Posted Mei 26, 2010 3:37 pm

      sebaiknya diperiksa lbh dulu , utk mengobati keluhan anda , belum tentu hrs dioperasi ganti sendi, kalau grade 3 memang sebaiknya operasi ganti sendi, mudah2an bisa dilakkan cara lain

  • indira
    Posted Juni 1, 2010 9:02 pm

    dok,sy umur 21 thn kurang lebih dlm sebulan ini jari jari tangan dan kaki sy sering nyeri dok. smpai skrg semua bagian tubuh sy jg terasa nyeri dan sakit.terima kasih

    • muki partono
      Posted Juni 3, 2010 10:31 am

      mungkin anda kurang suplement , dan exercise, coba dulu sementara minum obat nyeri

  • Heri Cahyadi
    Posted Juni 23, 2010 3:27 pm

    Dok, saya berumur 22 tahun mengalami pembengkakan pada lutut tanpa sebab yang jelas setelah konsultasi ke dokter perkiraan terkena OA, setelah itu diberi obat setelah 2 pekan bengkak pada lutut berangsur-angsur berkurang dan tidak sakit lagi jika berjalan tapi masih ada sedikit bengkak, Apakah perlu dioperasi antroscopy Dok?
    Terima Kasih…

    • muki partono
      Posted Juni 26, 2010 11:46 am

      sebaiknya di analisa dulu kembali, kalau tujuan artroskopinya utk diagnosis saya setuju saja, anda jd lbh jelas kelainannya yg menyebabkan bengkak pada lutut, tapi waktu 2 minggu masih blm cukup indikasi utk tindakan artroskopi, kecuali penyebabnya trauma krn jatuh atau akibat olah raga

  • Widya
    Posted Juni 26, 2010 4:54 am

    dokter, mohon penjelasannya, ibu saya usia 64 tahun sering sekali merasakan sakit yang luar biasa di bahu dan lengan kanannya, kesemutan, jika cuaca dingin ataupun saat beliau merasa telah beraktifitas terlalu banyak (capek), apa penyakit ibu saya dan mohon informasi harus ke dokter apa untuk penyembuhannya, terima kasih atas informasinya.

    • muki partono
      Posted Juni 26, 2010 11:39 am

      ibu anda menderita kelainan penekanan saraf di leher, sebaiknya berobat bisa minum obat, fisioterapi dan pakai collar neck

  • andree
    Posted Juni 28, 2010 10:26 pm

    Dok,ibu sy 57 th mengalami nyeri tumit, hasil pada foto calcaneus sinistra: kedudukan tulang baik, bentuk dan struktur tulang intak,spur pd Os calcaneus posterior & inferior, celah sendi tidak menyempit, jaringan lunak, kesan:osteoarthrosis. sebetulnya apa yg diderita oleh ibu saya dan apakah ada obatnya? trima kasih atas dokter…

    • muki partono
      Posted Juni 30, 2010 12:49 am

      nyeri pada tumiy bisa krn spur pada calcaneal dan bisa berasal dr penjepitan saraf di pinggang, pengobatan mulai minum obat,fisioterapi , suntik dan operasi

  • April Anderson
    Posted Juni 30, 2010 9:30 am

    Dear Pak Dokter,

    Apakah olahraga dibawah ini cocok untuk penderita osteoartritis?
    1. Bersepeda
    2. Yoga
    3. Taichi
    4. Pilates

    Apakah ada saran lain dari pak dokter ttg jenis olahraga yang cocok?

    Terima kasih atas jawaban dari pak dokter.
    Salam,
    April

  • budi wardoyo
    Posted Juli 2, 2010 5:00 am

    dogkter saya laki umr 33 sakit nyeri di seperti di otot paha sampai paha atas kadang kanan kadang bagian kiri kambuh sekitar 6- 8 bln sejak 2005 sampai 3 har kaki diangkat sakit setelh sembuh sama skai tdak sakit sama sekali kalau kedokter cuma di x ray kasih obat juga masih sakit .hasilnya tdak pth tulang saya di korea dog kerjaa obat apa yg harus saya beli???? kalau kedokter cuma di x rayy kasih obat gk sembuh jadi males ke rumah sakit tolongg dogg sakit apa dog harus beli obat apa??

    • muki partono
      Posted Juli 3, 2010 12:44 am

      obat nyeri yg ada saja mas di sana, coba minumm obat metilprednisolon 4 mg 2 x 1 perhari

  • Amalia
    Posted Juli 3, 2010 10:07 pm

    ma’af dok saya tanya sekali lagi…
    untuk operasi ganti sendi atau fusi biasanya berapa biaya yang diperlukan dok?
    saat nyeri di sendi panggul kambuh, biasanya saya minum obat resep dari dokter yaitu dexametason… yang mau saya tanyakan apakah bisa sembuh total hanya dengan minum obat sedangkan masalahnya adalah sendinya yang renggang…

  • heryanto
    Posted Juli 18, 2010 10:29 pm

    salam kenal dok, ini saya mau tanya mengenai sendi bahu belakang saya yang selalu berbunyi, yang sudah sy derita sekitar 6 tahun. mungkin dokter bisa menanggapinya, dulu sebelumnya (6thyg lalu)saya pernah dioperasi dihidung (sinusitis)setelah itu sy merasa badan terutama punggung belakang sampai leher meriang-meriang & setelah itu sampai sekarang sendi bahu kanan kalau digerakkan selalu berbunyi serta kayak kekurangan oksigen/sesak napas/terasa masuk angin. dan mungkin dulunya sekitar umur saya 7 th saya pernah jatuh dan hidung saya berdarah yg sebelah kanan dan terasa pernapasan saya tidak stabil agak besar sebelah (yg bag kanan). saya harap dokter dapat menyimpulkannya apakah masalah sendi saya ada hubunganya dengan masa lalu saya, dan apa solusinya. atas masukan dan perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • muki partono
      Posted Juli 20, 2010 10:01 am

      masalah sendi bahu anda tdk ada hubungannya dgn keluhan masa lalu, sebaiknya di cek kembali utk memastikan kelainan yg menyebabkan bunyi pada sendi bahu

  • BUDI
    Posted Agustus 16, 2010 9:51 am

    salam kenal dok, saya permpuan, dengan umur 32 th. 3 minggu yg lalu, pergelangan tangan saya sakit, kemudian sorenya telapak kaki kanan sakit. pagi harinya, kedua pergelangan tangan, lutut dan jari2 kaki terasa nyeri, seperti habis kseleo disertai demam shg hanya bisa jalan dengan tertatih-tatih. setelah 1 hr,demam saya sembuh dan sudah agak berkurang nyerinya.pada saat itu diagnosa dokter terkena chikungunya. kemudian setelah 2 minggu, gantian tangan kanan saya terasa nyeri spt njarem (dlm bhs jawa) seperti kena benturan dan jari2 tanagan dila digerakkan rasanya kaku2. saya periksa ke dokter lain, dan dinyatakan radang sendi. apa benar saya menderita radang sendi dok? Atas masukan dan perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • muki partono
      Posted Agustus 19, 2010 9:08 am

      memang gejala anda blm jelas betul, sebaiknya perlu pemeriksaan lbh lanjut, bisa saja radang sendi, bisa Rhematik, atau gejala dari suatu penyakit lain

  • B. Kamil
    Posted Agustus 20, 2010 6:53 am

    Post Title: Nyeri leher dan lutut

    Post Text:
    Saya laki-laki umur 49 thn. sekitar umur 12 thn saya pernah jatuh terduduk dari ketinggigan 1,7 m. (tdk ada keluhan) umur 17 thn berenang terjun dari papan (4-5M) dengan posisi kepala dan terjadi hyperextensi.mulai saat itu nyeri leher.dan lutut saya crepitasi sudah 4-5 thn (naik tangga) nyeri pada lutut kanan lk 2 thn.leher,punggung dan pinggang setiap hari bangun tidur selalu kaku dan nyeri.Rotasi leher crepitasi pos. Foto genu bilateral : Tampak spur pada patela terutama kanan. (Kesan : Oa genu bilateral trtm kanan)MRI cervical; Tampak spur formation ringan korpus v. cervicalis.Intensitas signal diskus intervertebralis V.C.2-3 s/d V.C. 7 -V.Th 1 menurun menunjukan degenerasi. Penonjolan diskus intervertebralis V.C 5-6 ke posterio sentral, mengindentasi dural sac tetapi tidak menyempitkan neural foramen V.C 5- 6 bilateral. Kesan : bulging disk V.C 5-6 ke posterior sentral , mengindentasi dural sac tetapi tidak menyempitkan neural foralmen V.V-6 bilateral. dan spondylortthrosis cervicalis dengan degenerasi diskus vertebralis V.C 2-3 s/d V.C Th. 1 . Tanya : Lutut : apa saya makan chondroitin sulfas dan glukosamin 2 x 1 sdh cukup atau harus suntik hyaluronic acid? Leher : harus operasi ? obat (dari neurolog) hanya muscle relaxan, analgetic, corticosteroid — no respon) kalao operasi berapa lama, biaya dan apa bisa lumpuh? t kasih dok.

    • muki partono
      Posted Agustus 21, 2010 10:24 pm

      sebaiknya kita jumpa utk melihat dan mencocokkan antara hasil MRi dgn keluhan anda , kami blm bisa putuskan tindakan utk leher apakah op atau tidak sedangkan utk lutut, coba minum glukosamin sesuai dosis 1500 mg -3000 mg, lihat efeknya sampai 1 bulan bila respon kurang, baru suntik, bila stlh suntik masih juga op artroskopi

  • bahrudin
    Posted Agustus 24, 2010 8:35 am

    Salam kenal,

    Dokter saya lagi bingung dengan sakit yang saya derita, sekarang sy sdh MRI dengan hasil sbb :
    Disci intervertebralis L1-2, L2-3,L3-4 baik, tidak menonjol
    Discus L4-5 menonjol difus dan fokal / protrusion ke posterior central dan paracentral kanan menyebabkan stenosis recessus lateralis kanan dengan penekanan radix L5 kanan, mengindentasi thecal sac tidak menekan cauda equina, menyebabkan stenosis ringan recessus lateralis kiri tanpa menekan redix lumbal, tidak menyebabkan stenosis canalis neuralis yang berarti.
    Discus L5-S1 menonjol fokal / protrusion ke posterior central, hanya mengindentasi jaringan fat ruang epidural, tidak menekan cauda equina atau radix lumbal
    Vertebra thoracal tidak tampak kelainan.
    KESIMPULAN
    Spondylosis lumbosacral dengan penonjolan difus dan protrusion discus L4-5 ke posterior central dan paracentral kanan dan protrusion L4-5 menyebabkan :
    -stenosis recessus lateralis level L44-5 kanan dengan penekanan radix L5 kanan.
    -stenosis ringan recessus lateralis L4-5 kiri tanpa penekanan radix lumbal kiri.
    Protrusion discus hanya mengindentasi jaringan fat ruang epidural, tidak menekan cauda equina atau radix lumbal.
    Disci intervertebralis lumbal lain baik.

    Mohon penjelasan dan apakah ada cara lain selain operasi untuk sakit saya.

    salam

    Bahrudin

    • muki partono
      Posted Agustus 24, 2010 9:44 am

      bila melihat hasil MRI keluhan anda pasti nyeri pada pinggang sisi kanan dan menjalar ke kaki kanan sampai betis dan kadang disertai kesemutan sampai punggung kaki. kalau gejala yg saya sebut ada dan sdh berlangsung lbh 2 bulan sebaiknya dilakukan operasi MED

  • Hermansa
    Posted September 1, 2010 6:55 am

    Slmt pg Dok.

    Saya kaki kaki berumur 43, sy terdiagnosa OA. Sudah berobat dgn suntikan dan minué obat tetapi akhirnya saya menghentikan karena badan sy terasa tidak nyaman dgn reaksi obat. Seiap pági semua jari tanganku nyeri. Ini sdh berlangsung 3 tahún . Dan sekarang ini terasa semakin berat.

    Mohon petunjuk…….

    Terima kasih
    Hermansa

    • muki partono
      Posted September 1, 2010 8:21 pm

      mnrt hemat kami anda menderita rhematoid artritis,sebaiknya berobat kembali, krn pengobatannya sedikit berbeda dgn OA biasa

  • Saefuddin Rizal
    Posted September 16, 2010 10:54 pm

    Dokter yang baik hati, ibu saya 77 tahun menderita nyeri lutut kiri kanan sudah 4 tahun. Kami pernah konsultasi ke spesialis yang menyatakan bahwa ibu saya menderita pengapuran sehingga serpihannya harus dibersihkan dengan menyemprotkan cairan khusus dengan melubangi (kecil) lututnya. Sebulan kemudian kami ajak beliau ibadah umroh dan ternyata rasa nyerinya hilang, beliau begitu kuat jalan kemanapun sehingga kami yang kedodoran mendampinginya. Bulan Juli lalu lutut kanan beliau sakit lagi sewaktu menaiki tangga rumah katanya berasa “kreeek”. Sebulan kemudian kami konsultasi lagi ke spesialis lain yang katanya kondisi beliau bukan hanya pengapuran tapi juga tulang rawannya menipis bahkan mungkin terluka sehingga perlu operasi untuk melapisi lututnya dengan sejenis logam. Beliau hampir pasrah tetapi keberatan karena dokternya bilang setelah operasi, pada waktu beliau shalat tidak bisa lagi duduk bersimpuh tapi harus duduk dikursi. Saat lebaran lalu ada kerabat yang menyatakan sakit lutut beliau sudah ada obatnya yaitu chondroitin sulfat dan hyaluronan yang katanya berfungsi mengisi kembali tulang rawan yang menipis, beliau mulai semangat lagi. Dokter, efektifkah saya datang untuk konsultasi tanpa kehadiran ibu (karena berada jauh di luar kota)dengan hanya membawa foto rontgennya?.

    • muki partono
      Posted September 18, 2010 9:45 am

      bisa saja kelihatannya ibu anda bila menekuknya masih baik, tdk ada kesulitan sebaiknya pakai obat dulu dan suntik asam Hyaluronat, memang umumnya setelah dilakukan op ganti lutut ada gangguan duduk bersimpuh , walaupun pada beberapa pasien bisa juga (terutama pasien yg kurus)

  • adam w
    Posted September 17, 2010 5:20 pm

    dok,ibu saya ada keluhan dipunggung sudah di Dx LBP dan di kaki kanan kiri OA.Serta hasil Ro ada tulang kecil tumbuh dikedua lutut kiri kanan.Saat ini ibu ikut fisioterapi 3xseminggu dan minum obat glucosamin,neurodex,renadinac.Olahraga juga sesuai perintah dr.Tapi punggung dan lutut tetap msh sakit,apa penyakit ibu saya bisa sembuh?saya tunggu jawabannya.

    • muki partono
      Posted September 18, 2010 9:39 am

      kemungkinan kondisi OA ibu anda sdh stadium lanjut dan diperparah dgn keluhan pinggangnya, tetap ada solusinya sebaiknya berobat

  • May
    Posted September 19, 2010 9:20 am

    7 buln yg lalu say terjatuh dr tangga, dg posisi terduduk, bagian tulang ekor saya kini sering merasa sakit jika duduk lama, jika d sentuh pun sangat sakit…
    apakah ini dapat berakibat pada kemampuan saya untuk menghasilkan keturunan?
    trimakasih sbelumnya???

    • muki partono
      Posted September 23, 2010 10:48 pm

      kasus ini tdk ada hubungan dgn fertilitas

  • Vei
    Posted September 26, 2010 7:16 pm

    Dok ku remaja 18th 7 bulan yg lalu ku jatuh dari motor tp ku cuma urut ke dukun patah tulang katanya si patah.truz ni sampai sekarang tu masih sakit tiap hari dok.ku juga dah berobat ke spesialis saraf.kata dokternya penyambungan tulang ku tu kurang sempurna.pa ku perlu operasi dok. .?sebelumnya makasih atas sarannya!

    • muki partono
      Posted September 27, 2010 9:08 am

      kamu masih muda pikirkan jangka panjang sebaiknya kita periksa kalau perlu memang hrs op

  • Linda Nirmala
    Posted Oktober 10, 2010 8:59 pm

    Saya mau konsultasi kesehatan ibu saya yang berumur 55 tahun. Semenjak 3 tahun terakhir ibu saya mempunyai keluhan pada kaki dan tangannya. Awalnya hanya ngilu2 di sendinya lalu kesemutan/kebas, dan sangat nyeri bila terkena udara dingin. Sekarang ibu saya sudah susah berjalan, tidak dapat bersimpuh lagi, dan selalu nyeri di kedua bahu, lutut, sendi2 kaki, tangan dan jari. Bahkan kaki ibu saya agak menghitam dan bengkak. Beliau pernah berobat ke klinik rematik dan hasil test lab semua normal (asam urat, kolesterol, gula darah, dll). Dokter mendiagnosa beliau Osteoimun tanpa menjelaskan lebih detail. Dokter tsb memberi obat. Selain itu dokter jg memberi injeksi di lengan yang katanya untuk menghilangkan nyeri di bahu.Tp stlh sebulan minum obat, ibu saya malah mengalami nyeri di lambung seperti sakit maag, dan jadi susah makan. Sedangkan injeksi yg katanya untuk menghilangkan sakit juga tidak ada hasilnya. Akhirnya beliau menghentikan pengobatan karena lama kelamaan malah semakin sakit. Skrg beliau hanya minum temu lawak untuk staminanya, tapi tidak bisa menghilangkan sakitnya. Yang mau saya tanyakan:
    1. Kira2 penyakit apa yang diderita ibu saya?
    2. Apa itu osteoimun?
    3. Pengobatan apa yang bisa menyembuhkan ibu saya? Apa hyaluronan bisa menyembuhkan?

    • muki partono
      Posted Oktober 11, 2010 6:17 am

      kelihatannya ibu anda menderita kelainan pada banyak sendi, biasanya adalah rheumatik, walaupun sdh periksa daraaaaaaah dlm batas normal, bisa saja demikian, sebaiknya diobati dan mungkin hindari makan makanan tertentu, spy serangannya agak berkurang, hyaluronic tdk membantu.

  • Ami AP.
    Posted Oktober 11, 2010 10:16 am

    Salam kenal Dokter.
    Saya seorang ibu usia 37 thn. Sudah 3 bulan ini saya merasakan kesemutan dan rasa tebal/kaku di tangan, lengan, sampai punggung belakang, leher dan bawah ketiak sebelah kiri. Pertama sakit itu timbul, saya merasa berdenyut di sisi kiri badan saya dan rasa nyeri di punggung sehingga tidak bisa berbaring sama sekali.
    Saya sudah berkonsultasi dengan dr. saraf dan telah diberi obat, tapi belum sembuh juga. Saya juga telah melakukan fisioterapi selama 5 kali, tapi rasa sakit masih ada walaupun berkurang. Rasa kesemutan & nyeri tersebut amat terasa bila saya banyak menggunakan tangan misalnya menyapu, mengangkat benda berat, bahkan membawa tas di bahu, mengetik di kantor atau menyetir mobil.
    Kemudian saya kembali lagi ke dr. saraf dan beliau menyarankan untuk rontgen dan didapatlah kesimpulan : Spondylouncocervicalis VC 3,4,5 yang menyebabkan penyempitan foramina neuralis VC 3-4 kanan dan VC 4-5 kiri.
    Apakah maksud kesimpulan tersebut ?
    Apakah penyebabnya ? Salah tidur ? Posisi tubuh saat bekerja ? Saya bekerja di meja dgn komputer. Atau ketegangan pada saat menyetir mobil jarak jauh ? Apakah saran Dokter Muki untuk mengobati penyakit saya ? Apakah penyakit seperti ini bisa sembuh tapi membutuhkan waktu lama dan bisa kambuh kembali ?
    Sesuai hasil rontgen tersebut, dr. saraf saya menganjurkan saya untuk kembali melakukan fisioterapi sebanyak 5 kali dengan penarikan di bagian leher.
    Maaf karena saya sudah memberi banyak pertanyaan. Saya sangat berterima kasih bila Dokter Muki bersedia menjawab.

    • muki partono
      Posted Oktober 12, 2010 12:11 pm

      ibu menderita penekanan saraf di leher sebaiknya dilakukan pemeriksaan MRI Leher utk memastikan kelainan, maksud dr hasil foto xray ada penyempitan lubang kelar saraf pada 2 lefel C3-4, dan C4-5

  • yaya rahmawati
    Posted Oktober 14, 2010 10:58 am

    Dok..suami sya 25 thn,pnh patah tulang d lutut kanan 3thn lalu,tapi sdh dilepas platinanya 1thn lalu,seteleh dilepas tidak ada keluhan apa2
    Tp sktr bln juni,lutut kanan terasa nyeri,bekas jahitan kemerahan,utk berjalan menapak terasa sakit,di pagi hari pun terasa kaku..ototnya pun terasa kram apabila salah posisi tidur
    Obat yg sdh dikonsumsi glukosamin dan voltadex utk pereda nyeri
    Apakah ini radang sendi?
    Apa yang harus kami lakukan?
    Apa bisa sembuh?
    Apabila kambuh,apa yang harus dilakukan?
    Mohon jawabannya..terima kasih

  • siti
    Posted Oktober 16, 2010 3:19 pm

    salam kenal dok,
    saya mu bertanya dok, Ibu saya usia 50th, pada dengkul sebelah kiri terlihat agak bengkang, seperti ada cairan, terkadang susah untuk bangun dari duduk dan kalau berjalan lambat terkadang suka seperti terkilir. kalau memeng harus ada cairan apa yang harus dilakukan apakah dengan pembedahan dan apa dampaknya untuk ibu saya mengingat ia takut tdk bisa jalan dok.

  • ryan
    Posted November 16, 2010 8:42 am

    umur saya bru 21 thn. tp sdh kena oa. mulai sakit sendi pinggul sejak keluar dr rmh sakit krn DBD. tidak ada riwayat jatuh atau krn olahraga berat. Mungkin krn 2 minggu dirawat di RS y dok. Soalnya bnyk obat2an yang di minum

    • muki partono
      Posted November 16, 2010 9:59 am

      mudah2an sih bukan OA, sebab usia masih relatif muda kalau disuse mungkin jd nyeri bila sdh mobilisasi mungkin lbh baik

  • john
    Posted November 20, 2010 10:52 am

    Dok,ibu mertua saya umur 60th menderita ao di lutut kanan sudah difoto hasilnya lulutnya kurang cairan sehingga terjadi gesekan.ama dokter tulang sudah disuntik cairan minyak di lututnya selang waktu 2 bln sekali sampai 3x suntik di lutut kanan tp yg sehat lutut kiri juga disuntik.lalu disuruh beli penyangga lutut(sdh dibeli dan pakai)disuruh minum obat yang ada glukosamin dan condriotin jg minum cartos eversen udah setahun kok masih tetap ya kalau jalan seperti ada otot dibelakang lutut ketarik .dan kemarin tiba2 bisa jatuh…ini kenapa ya dok..tolong solusi dan saran obat apa yang bisa menyembuhkan sampai tuntas.sekian terima kasih

    • muki partono
      Posted November 22, 2010 9:30 am

      kami curiga ibu anda punya masalah lain yaitu pada pengapuran pinggang yang menyebabkan penekanan saraf yang manifestasinya nyeri pada lutut kadang disertai rasa kesemutan pada betis, rasa panas pada pinggang, dan keluhan hilang bila berbaring, keluhan kadang muncul saat duduk, dan muncul setelah berjalan beberapa langkah, sebaiknya kami periksa

  • Yuni
    Posted November 25, 2010 10:41 am

    Dok,umur sy 30th. keluhan sy terasa skt di leher (sprt slh bantal) skt utk menengok. terus kaki terasa kaku utk berjalan, pergelangan kaki bagian belakang spt tertarik. utk bersimpuh/naik turun tangga skt di telapak kaki bagian atas. pergelangan tangan pun skt utk menahan beban, & skt serta kaku pd jari2 tangan kaki. apakah sy menderita OA/syaraf terjepit dok? apakah ada hubungannya dengan kebiasaan sejak kecil yg suka membunyikan leher dan jari2 tangan serta kaki? Trms

    • muki partono
      Posted November 27, 2010 8:41 am

      keluhan anda mengenai sendi2kaki dan tangan serta leher, sebaiknya konsumsi kalsium , vit B1, B6, B12, belum tentu anda menderita OA,

  • trivena
    Posted Desember 7, 2010 4:50 pm

    saya 64 th,baru tahu setahun ini kalau skoliosis 15 derajat ,gangguan dari pinggang sampai kaki suka linu,jalan sebentar sudah sakit.juga lutut kanan hasil mri : osteoarthritis genu kanan disertai chondromalacia patella, subluxation.degenerative.dokter yg satu sarankan operasi,dibersihkan luka,dokter yg lain bilang tidak perlu.mohon nasehat dokter,terimakasih

  • Ahmad
    Posted Desember 15, 2010 1:41 pm

    Dok , Umur saya 30 thn . Saya menderita rematik arthritis (auto immune)dari sekitar umur 25 thn.Akibat dari penyakit ini beberapa jari tangan saya sudah mengalami kerusakan (bengkok).Sudah beberapa bulan ini lutut kaki saya sakit (nyeri sekali apalgi untuk jalan).Apakah ini juga akibat dari penyakit saya itu (rematik arthritis) dan apakah bisa di sembuhkan..? terimakasih Dok….

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2010 6:19 pm

      pengalaman pasien kami yang sdh bosan berobat, biasanya mereka mencoba pantangan, sebaiknya juga dilakukan test alergi, bisa krn faktor alergen yg dpt memperberat keluhan.

  • muki partono
    Posted Desember 19, 2010 10:42 pm

    kalau sdh 1 bulan sih sudah normal lagi bisa bebas aktifitas, jgn ada pembatasan , justru saat yg baik utk mengetes hasil operasinya, bila baik tentu tidak ada keluhan seperti sebelum operasi bila masih ada sebaiknya konsultasikan kembali

  • muki partono
    Posted Desember 19, 2010 11:09 pm

    seharusnya sdh bisa aktifitas seperti biasa

  • muki partono
    Posted Desember 20, 2010 7:52 am

    seharusnya 1 bulan post op artroskopi anda sdh bisa aktifitas seperti biasa , utk olah raga bisa bertahap

  • muki partono
    Posted Desember 20, 2010 7:53 am

    seharusnya anda sdh bisa aktifitas seperti biasa, tdk ada pembatasan

  • muki partono
    Posted Desember 20, 2010 7:57 am

    kalau sdh 1 bulan tdk ada pembatasan gerak, anda bebas hanya saja utk melakukan tindakan olah raga tergantung kelainan yg di dapat

  • muki partono
    Posted Desember 20, 2010 8:01 am

    Seharusnya bila sdh 1 bulan aktifitas seperti biasa, tdk ada hubungan dengan makanan

  • muki partono
    Posted Desember 21, 2010 6:04 pm

    seharusnya 1 bulan sdh aktif seperti biasa , coba jgn dibatasi aktifitasnya

  • iin
    Posted Desember 25, 2010 3:56 pm

    slamat sore dok suami sy umur 36 th sdh 3 th ini dia mengeluh pinggangya sakit atau ngilu kalo bangun tidur terutama pagi hari, tp kalo dia berolahraga lari atau aktivitas lain asal tdk diam rasa sakit itu hilang, kalo dia diam pasti rasa sakit itu kambuh, km sdh ke dokter diberi obat penahan yeri dan fisioterapi, tp tdk ada hasilya. Pertanyaan saya sakit apa suami saya itu, perlu diketahui dulu dia hoby fitnes angkat beban dan sepakbola. Tolong dijawab dok kami perlu sekali jawaban dokter, agar kami hrs bgmn…? Trimakasih.

    • muki partono
      Posted Desember 26, 2010 1:39 pm

      suami anda menderita gejala penekanan saraf pinggang akibat bantalan, sebaiknya pastikan dengan MRI lumbal , bila hasilnya memang aa sebaiknya olah raga fitness dikurangi terutama angkat beban

  • maretna sulistya wardhani
    Posted Desember 27, 2010 5:32 pm

    dokter, saya mau tanya ibu saya menderita mengapuran di lutut. dan sudah berobat ke dokter manapu dan alternatif manapun tak kunjung reda. sehingga membuat sudah berjalan dan pinggul sangat sakit jika di gunakan untuk beraktivitas. yang saya tanyakan makan apa saja yang perlu di hindari buah apa saja yang bisa membantu agar bisa sembuh. obat apa yang harus di konsumsi.

    terima kasih

    • muki partono
      Posted Desember 28, 2010 8:46 am

      utk kasus ibu anda obat2an sdh tdk ada manfaatnya , ibu anda sebaiknya dilakukan tindakan operasi biasanya yg dilakukan adalah penggantian sendi lutut

      • surya
        Posted Maret 30, 2011 7:35 pm

        dok, berapa biaya untuk operasi penggantian sendi lutut? terima kasih

        • muki partono
          Posted Maret 31, 2011 10:37 am

          sekitar 50-55 jtan , klas 3 , dengan estimasi 4 hr perawatan , bila pilih klas lbh tinggi semua ikut naik harganya, pastinya tanyakan ke RS yg bersangkutan

  • Dian
    Posted Januari 7, 2011 9:54 am

    Selamat Pagi

    Pak dokter
    saya sedang mengambil riset utk thesis saya mengenai osteoarhritis.
    dan saya membaca di salah satu buku osteoarthritis terbitan luar negeri yg mengatakan ada 4 grade (derajat)/tingkatan OA dalam diagnosis lewat X-ray.
    nah, itu ciri2nya bagaimana ya pak dokter utk setiap tingkatannya?
    dan pak dokter apakah bisa membantu saya utk memberikan contoh masing2 gambar X-ray utk setiap tingkatan OA nya?

    Terima Kasih
    Salam

    • muki partono
      Posted Januari 9, 2011 9:16 pm

      coba anda searching tentang ALBECK CLASSIFICATION (GRADING RADIOLOGIS PADA OA)

  • muki partono
    Posted Januari 9, 2011 9:12 pm

    kami curiga, adanya HNP walaupun hasil MRI cervikal kesan normal, sebaiknya diperiksa kembali secara klinis, mungkin anda perlu injeksi blok saraf

  • Vida
    Posted Januari 14, 2011 12:43 pm

    Dokter, saya 40 tahun tinggi 155 berat 45 kg, saya didiagnosis osteorthritis lutut, kenapa ya? padahal saya tidak pernah ada trauma pada sendi lutut, hasil rontgen menyebutkan, aligment, trabeculasi baik, tidak tampak lesi osteolitik, osteoblastik, tampak lipping pada eminentia intercondyloidea, celah sendi menyempit. Maksudnya lipping pada eminentia itu apa ya dok? Saya sudah mengkonsumsi suplemen glucosamin dan chondroitin. Menurut artikel yg saya baca, penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Kira2 kenapa saya bisa kena penyakit ini pada usia 40, apakah menolong mengkonsumsi suplemen tsb. diartikel disebutkan dampak kelainan muncul 10 tahun kemudian, apa kaki saya akan mengalami kecacatan 10 tahun kemudian? Terima kasih bantuannya.

    • muki partono
      Posted Januari 15, 2011 9:57 am

      anda memang sdh menderita OA , sebaiknya BB turun 5 kg, naik sepeda , dan konsumsi glukosamin

  • ivan
    Posted Januari 26, 2011 1:20 pm

    dokter, saya 21 tahun, tinggi 168cm berat 65kg. saya sangat hobi sepakbola. saya didiagnosis menderita osteoartitris karena recovery yg kurang bagus ketika cidera.sakit itu terasa di bagian belakang lutut, foto X-Ray menunjukkan ada sedikit benjolan di bagian sendi belakang lutut. sudah 6 bulan saya menderita sakit ini, rasa ngilu itu semakin menjadi ketika saya sering bermain bola lagi, dan berkurang ketika istirahat.
    saya sudah 2 kali foto X-Ray dan hasil terakhir(hari ini)masih menunjukkan gambar yg sama. dokter tempat saya periksa berkata bahwa penyakit ini tidak dapat sembuh kecuali dioperasi, atau dikurangi resikonya melalui obat yg bnyk mengandung glukosamine.

    -benarkah hal itu dok?
    -adakah cara lain agar saya bisa sembuh total selain operasi?
    -sementara seorang dokter saraf menyarankan saya foto USG untuk mengetahui apakah ada kemungkinan saya cidera tendon, mengingat akhir2 ini rasa ngilu bertambah di bagian lutut.
    mohon bantuannya dok, jawaban dan saran dari anda akan sangat berharga bagi saya..terima kasih

    • muki partono
      Posted Januari 28, 2011 9:14 am

      anda mengalami cedera lutu kemungkinan robekan bantalan kalau mau normal hrs operasi artroskopi lutut hanya 1 hr rawat juga bisa langsung pulang, tdk ada cara lain selain operasi kalau ingin aktifitas biasa

  • Nuri
    Posted Januari 29, 2011 11:23 am

    Dokter, saya 51th, tinggi 150 cm, berat 47kg, sudah mulai menopause. Sekitar 4 bln terakhir saya sering menderita persendian kaku dan sakit, berganti-ganti : dulu lutut dan telapak kaki..sekarang lutut, jari tangan dan pergelangan tangan. Satu bulan terakhir tumit dan punggung telapak kaki saya sering bengkak dan sakit. Saya perhatikan di bagian tumit suka gatal dan meninggalkan bekas seperti sakit kulit..juga kelihatan spider merah2 halus. Bagian punggung telapak kaki saya memang ada varises dan ~2 minggu yll mendapatkan suntikan di 5 tempat. Varises/vena yang melingkar sembuh, tapi bengkaknya kok masih ada (tinggal disekitar suntikan) dan terasa seperti mati rasa dan sering kesemutan. Saya sdh gunakan compression socks dari dokter (bagian jari terbuka)tetapi bagian punggung kaki masih bengkak (pindah ke bagian tepi). O ya, hasil rontgen persendian saya di lutut, jari tangan dan kaki saya sekitar 3 bln yll menurut dokter baik. Yang saya ingin tanyakan :
    1. Apakah saya menderita OA? Adakah hubungan menopause dg OA. Bisakah OA sembuh tanpa ada treatment seperti injeksi atau bedah? Bagaimana hubungannya dengan varises?
    2. Apa yang sebaiknya saya lakukan, membatasi aktivitas atau lebih sering exercise? Mana lebih baik OR jalan kaki atau bersepeda?
    Terimakasih banyak, Dok..penjelasan Dokter sangat saya harapkan.

    • muki partono
      Posted Februari 1, 2011 6:13 am

      olah raga yg cocok sepeda, menopause jelas berguvungan dgn OA yg pimer, gejala ibu bisa akibat sindrome menopause sebaiknya diperiksakan

  • Retno Dy
    Posted Februari 4, 2011 7:01 pm

    Selamat malam Dokter,
    saya 43th, sudah sekitar 6bl ini tumit kanan dan tulang ekor saya terasa sakit (nyeri). Sdh cek asam urat normal tp hb rendah (8), kata dokter yg mrisa sy krn kurang darah jd badan saya pegal-pegal tsb.
    Saya khawatir kl sy kena OA dok. Apakah gejala yg sy rasakan termasuk OA Dok?
    Dan apa obatnya.
    Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Februari 5, 2011 8:55 am

      anda bukan OA kelihatannya gejala penekanan saraf di pinggang, sebaiknya diperiksakan

  • Neneng
    Posted Februari 14, 2011 6:31 pm

    Dokter, saya wanita berusian 32 thn, April ’10 sy mengalami kecelakaan dan mengalami patah tulang paha, dioperasi dengan alat yg namanya interlocking nail, tp sdh hampir setahun ini knp sy blm bs berjalan normal msh pincang, setiap kali sy duduk/tidur lalu mulai berdiri/berjalan, sy merasakan sakit.sy ingin rontgen tp dokter tidak memperbolehkan karena sy sdg hamil anak ke dua. yg ingin sy tanyakan brp lama tahap penyembuhan & apakah nanti jalan sy bs kembali normal dok? Terimakasih

  • Gung Bagus
    Posted Februari 17, 2011 10:04 am

    dokter saya mengalmi nyeri di bagian tulang belakang, klo tulangnya di tekan terasa agak sedikit sakit, saya sering kompres pake air hangat,dan do oleson Voltaren emulgel, itu datang sakitnya tiba2 saja, saya sudah akupuntur dan fisio therapy, apakah perlu foto rontgen? saya hrs ke dokter mna neh dok periksanya?

  • muki partono
    Posted Februari 19, 2011 9:43 am

    banyak cara utk mengobati lutut, bisa dgn obat saja atau suntik dan lain2 jd sebaiknya kami periksa dulu

  • irda
    Posted Februari 19, 2011 2:56 pm

    siang dr.
    saya ida umur 35, baru berapa bulan terakhir ini saya merasa sakit pada lutut saya. jika terlalu lama duduk dan harus berdiri . lutut saya kalu di gerakan berbunyi kayak tulang tulang retak.
    apa yang harus saya lakukan ?
    mohon petunjuknya dr .
    makasih

    • muki partono
      Posted Februari 21, 2011 9:58 am

      mungkin anda mengalami gejala penipisan lapisan rawan sendi lutut, sebaiknya diperiksakan dan coba mengkonsumsi glukosamine

  • muki partono
    Posted Februari 21, 2011 10:04 am

    coba latihan sepda statis dan konsumsi glukosamin dulu

  • muki partono
    Posted Februari 21, 2011 10:54 am

    coba naik sepeda dulu dan konsumsi glukosamine

  • muki partono
    Posted Februari 21, 2011 10:56 am

    sebaiknya naik sepeda dan konsumsi glukosamin

  • SATRIA
    Posted Februari 21, 2011 11:13 am

    Seamat Pagi Dokter,
    Saya mengalami keluhan,dulu dari lengan kiri sampe jari2 kadang2 terasa nyeri. dan klo baru bangun telapak tangan/jari2 terasa sedikit kaku,tapi setelah beraktifitas akan hilang sendirinya, ddulu saya klo mau tidur nyerinya akan muncul, jd agak susah tidurnya. ya biasanya klo tidur saya pake sarung tangan, tapi sekarang sudah tidak, cuman nyerinya kadang2 muncul, sudah rontgen ( saran dr saraf )dr hasil rontgen di sebutkan spasme spastik pd leher sebelah kiri, saya di sarankan fisiotherapy dan akupunktur, apakah klo ada sepasme imbasnya kelengan sampe jari kesemutan? kemaren saya check ke dokter SP DALAM katanya pencetusnya dari alergi ( saya di suntik) saya jd bingung, apakah ada saran dokter? kenapa proses penyembuhannya lama sekali? ke dokter manakah tepatnya saya hrs periksa? kadang2 nyerinya juga sampe dada dekat ketiak, saya takut ada hubungannya dengan jantung, dan saya berencana check jantung sore nanti.
    tlg penjelasannya dokter
    terima kasih

    • muki partono
      Posted Februari 21, 2011 11:48 am

      anda mengalami gejala penekanan pada saraf di lengan , penekanan saraf bisa dari leher, siku dan pergelangan tangan , sebaiknya diperiksakan utk memastikannya

      • SATRIA
        Posted Februari 21, 2011 2:58 pm

        ke dokter mna saya hrs periksa ya dok?
        terima asih? dokter saraf ato? Tulang? ato Pengakit Dalam?

  • Tia 17thn
    Posted Februari 26, 2011 4:42 pm

    D0k. Sy wanita 17thn.

    PerSENDian Tulang sya ska bunyi geretuk2 jika d gerakan. .
    Trutama pd leher, pingGAng, pingGUL, pergelangan tangan n kaki, bahu, jari2, JUGA lutut…
    Bs bunyi pertama X Hnya bgian leher swktU smp, tapi makn ksni knpa jd sering bunyi persendian’a dan jika sy tiduran tulang rusuk sy trasa ngilu n suka trasa pegal2 d sluruh tUBUH…

    Sy terkena penyakt apa ya d0k. . ???
    N apa s0lusi na. . .

    • muki partono
      Posted Februari 27, 2011 9:02 am

      sebaiknya diperiksakan, kalau menurut kami hal yg anda keluhkan adalah wajar, mungkin kurang asupan kalsium

  • putri
    Posted Februari 27, 2011 2:15 pm

    siang dok,dok saya suda lama mendrta penyakit di lutut,hampir 4 tahn,suda berobat ksana kmri sampe altrnatif blm jga smbuh,,wkt saya ronsen tulang saya di nyatakan normal,tapi yang aneh di belakang lutut ada benjolan lumayan gede kaya biji asam,dan saya ga bisa nekuk pas,uda gitu lurus pas juga susah bgt,,paha saya suda mulai mengecil,menurut dokter pengobatan apakah yg hrus aku tempuh??agar penyakit saya sembuh,??karna saya juga lagi konsumsi supa epa dan vitamin b,tapi blm ada perubahan,,rasanya cape juga dok minumin obat obatan tiap hari dari 4 tahn yang lalu,padahl umur saya baru 21 thun

    • muki partono
      Posted Maret 1, 2011 10:13 am

      sebaiknya diperiksakan Putri, utk memastikan kelainannya , anda perlu tindakan artroskopi

  • muza
    Posted Maret 23, 2011 8:23 pm

    bgaimana kembalikn dengkul yg kopong secara mudah jkalau ada dg alami (dg mkanan or mnuman)??

    it untuk kkak aku dok,,dy jg mw msuk AKMIL,,
    tlong ea dok,,
    mkaasii sblumny,,

    • muki partono
      Posted Maret 24, 2011 8:52 pm

      makanan yg saya tahu dari kikil, kerang hijau dan ceker ayam

      • muza
        Posted Maret 26, 2011 8:09 pm

        makasii dok,,
        kkak blang uda ad hasilny,,
        tp klo boleh nmbah,,

        cara cpetny it gimana ea dok,,??
        dg suplemn ataw mngkin suntikan dok,,
        trus,,msing2 biayany brp?

        sa’derenge matur_nuwunn,,

  • Sens
    Posted April 4, 2011 10:32 am

    Dok,

    Sudah 2 bulan ini saya menderita sakit sendi lutut yang kaku, apalagi untuk naik/turun tangga. sementara aktifitas saya cukup tinggi dalam pekerjaan yang sering harus naik/turun tangga. Saya sudah ke dokter syaraf 3x di kasih obat yang sama Glucosamine, osteforte, sinvastatin 20mg. Telah menjalani fisioterapi selama 8x pertemuan, Hasilnya sendi lutut saya masih sakit, dan mengganggu aktivitas saya dalam bekerja dan pada waktu sholat dari duduk ke berdiri. Umur saya 49th sudah manopeus sejak usia 42. Tinggi 153, berat 75kg.
    Saya ingin berobat ke dokter Muki.
    Apa tindakan yang akan dilakukan ya dok.
    Terimakasih atas jawabannya.

    • muki partono
      Posted April 5, 2011 9:29 am

      kalau sdh seperti ini sebaiknya diberikan suntikan asam HYALURONAT , mungkin akan membantu

  • muki partono
    Posted April 5, 2011 10:27 pm

    ayah anda sdh perlu tindakan TKR , krn sdh bengkok artinya stadiumnya sdh lanjut

  • muki partono
    Posted April 5, 2011 10:29 pm

    ayah anda sdh perlu tindakan TKR

  • Hadi
    Posted April 6, 2011 4:15 pm

    Ibu saya, 78 thn ,sering mengeluh rasa sakit pada persendian di lutut disertai rasa kaku pada kaki, apalagi bila saat posisi duduk lalu berdiri, rasa sakit tidak hanya dirasakan di sekitar persendian lutut tapi juga sampai ke kepala, untuk melakukan jalan kaki dengan jarak agak jauh juga sakit, ibu saya punya riwayat diabet serta gangguan pada saluran pencernaan, sdh pernah ke dokter dan di beri obat2 spt osteo, glucosamine dsb, pada saat tdk mengkomsumsi obat dokter sakitnya muncul lagi, apa harus selalu mengkonsumsi obat selamanya?

    • muki partono
      Posted April 7, 2011 10:15 am

      konsumsi Glukosamin sebaiknya seumur hidup

  • Robby Leander
    Posted April 8, 2011 1:33 pm

    Dokter, saya laki2 usia 58 tahun penderita diabetes dan juga gangguan jantung koroner. Akhir-akhir ini persendian lengan atas dengan bahu dan tengkuk sebelah kanan saya terasa sakit bila di gerakkan, internis yang merawat diabetes dan jantung saya mengatakan bahwa saya terkena osteoartritis. Kemarin di salah satu apotik saya mendapat brosur tentang Glucosamine + Chondroitin produksi KF. Pertanyaan saya apakah aman untuk mengkonsumsi Glucosamine bagi saya sebagai penderita diabetes?. Mohon jawaban dari Dokter dan terima kasih.

    • muki partono
      Posted April 11, 2011 9:00 am

      bisa saja anda konsumsi , tapi pastikan dulu apakah memang betul kelainannya, kami curiga anda menderita FROZEN SHOULDER yg umumnya terjadi pada penderita Diabetes

  • pur Joni
    Posted April 13, 2011 6:29 pm

    saya umur 48 thn, 12 feb saya terkena demam tinggi smw badan tanpa terkecuali ngilu sakit dan ga bs jalan dan dirwt setelah 3 hari demam hilang dan kata dokter internis yg mrwt saya kena virus chikung dan hampir 2 bulan berobat rutin tadinya dikasih obat syarat tapi tdak ada perubahan, tapi smpe skrng ngilu itu tidak bs hilang terutama di pergelangan kaki dan otot kaki dan persendian bahu, tangan saya juga ngeri dan jari2 kadang terasa kaku dan ngilu, tgl 11 april saya konsul ke dkter syaraf katanya saya kena radang sendi,saya minum obat osteokom, celebrex 100, ossoral 200, setelah 3 hari ini knpa nyerinya juga tidak hilang hanya sebentar saja. intinya klo saya tidak beraktifitas terutama tidak berjalan maka kaki dan tangan tidak ngilu tapi klo dipake berjalan, kaki ngilu sekali dan bengkak di pergelangan kaki. saya bingung saya sakit apa dan harus berobat ke dokter spesialis apa???terimakasih.

    • muki partono
      Posted April 15, 2011 2:58 pm

      kalau memang akibat Chikungunya memang agak lama nyerinya bisa hilang sebaiknya , lanjutkan pengobatannya mungkin anda perlu waktu lbh lama lagi, coba lakukan berenang dengan air hangat mungkin banyak membantu, bisa anda konsultasi ke dokter ahli bedah tulang

  • anita
    Posted April 15, 2011 8:14 pm

    Dok,,,sy wanita umur 29 thn.dulu sy pernah priksa kepadatan tulang dan hasilnya terkena osteoporosis.Namun saya ragu,sementara itu saya punya keluhan tulang punggung terasa kaku dan sakit setiap bangun pagi,nyeri di lutut dan persendian jempol tangan.terkadang kaki terasa sakit untuk jalan.apakah keluhan sy ini termasuk ciri osteoporosis ataukah yang lain?dan apa yang harus saya lakukan?mohon penjelasannya dan trima kasih sebelumnya.

  • Lius Pongoh
    Posted April 20, 2011 4:13 pm

    Dokter, saya sudah kena OA grade 2, olahraga bulutangkis. Kemarin saya masih coba main, ternyata 3 hari main berturut-turut berakibat lutut menjadi sangat nyeri. Saya mau coba ESWT apakah akan berkurang nyerinya dok? maklum ini cidera bawaan dari saya masih aktif bermain. Mohon sarannya. Terima kasih. Salam

    • muki partono
      Posted April 27, 2011 10:40 am

      saran artroskopi saja krn anda mantan atlit dan takutnya ada cedera bantalan akibat Badminton yg belum teratasi dengan baik sampai sekarang

  • upid
    Posted Mei 2, 2011 1:12 pm

    kisaran biaya injeksi hyaluronic acid berapa ya dok,,??

    bantuannya dok,
    trimakasih.

    • muki partono
      Posted Mei 2, 2011 6:54 pm

      sekiatr 700 rb , utk obat2an dan tindakannya

  • Muslim Fakot
    Posted Mei 4, 2011 3:52 pm

    Dokter, berkenan dokter dapat membantu , begini Dok, saya mempunyai kakak perempuan usia 33 tahun dan belum menikah.Kakak saya sudah kurang lebih 1 tahun ini menderita rasa nyeri pada tangan, dari bahu-lengan-jari nyaris tidak bisa digerakan (agak lumpuh),timbul rasa sakit seperti terusuk jarum, dan ketika kena air makin terasa sakitnya. kalau berbicara lancar, kira-kira kakak saya mengidap penyakit apa?dan apa solusinya, sudah berobat namun belum ada hasilnya.

    Atas pencerahannya diucapkan terima kasih

    Muslim – Bogor

    • muki partono
      Posted Mei 11, 2011 9:26 am

      kaka anda kemungkinan menderita penekanan saraf pada leher sebaiknya diperiksakan ke dokter

  • upid
    Posted Mei 9, 2011 3:04 pm

    akan pulih total brapa lama stelah penyuntikan dok??

    trimakasih atas bantuannya,,
    wassalam.

  • mercy
    Posted Mei 11, 2011 10:32 am

    Slmt siang dok, sy 38 thn. Sudah dua bln ini sy sakit lutut. Awalnya nyeri saja tp sekrg mulai kaku, sulit digerakkan. Klo digerakkan pada arah tertentu sakit. Tulang lutut saya memang agak longgar. Dulu sering bergeser, tp sdh bbrp tahun ini tdk pernah lg. Sy sdh pernah rongten, mnrt doktr gejala awal OA. sdh hampr 2 bln minum obat(meloxicam) dan vit tulang, tp sptnya belum banyak perubahan. Apakah OA yang saya alami masih bisa disembuhkan dengan pengobatan tanpa operasi?

    • muki partono
      Posted Mei 19, 2011 8:07 pm

      sebaiknya dipriksakan utk memastikan kelainan pada lutut anda, bisa jadi bukan krn OA tapi cedera lutut walaupun anda tdk ada riwayat jatuh

  • age
    Posted Mei 18, 2011 9:05 am

    pagi dokter umur saya 37 th tinggi 156 BB 63Kg lutut kanan sampai ke paha bagian atas terasa linu dan nyeri sudah 3 tahun dan belakangan ini ketika bangun tidur kedua telapak kaki sakit ketika berjalan dan setelah duduk agak lama ,badan terasa nyeri bangun tidur terutama di persendian ……… hasil x ray lutut dan panggul kanan tidak tampak kelainan radiologis dan hasil pemeriksaan hematologi ,kimia ,serologi,imunologi (rheumatik dan protein spesifik Ana Test )urinalisa,mikrospik hasilnya normal dan diberi obat medixon diminum ketika sakitnya masih sering timbul dan mengganggu aktivitas ….penyakit apa ya dok ?pengobatannya seperti apa ya…makasaih dokter

    • muki partono
      Posted Mei 19, 2011 7:18 pm

      gejala HNP, coba berat badan turunkan dulu, dan berenang, danlakukan pemeriksaan MRI Lumbal utk memastikan kelainan tsb

      • age
        Posted Mei 20, 2011 4:02 pm

        terima kasih dokter untuk balasanya mo tanya lagi berapa kisaran biaya mri lumbal di jakarta?

  • Dhany
    Posted Mei 22, 2011 1:04 pm

    Slamat siank dok
    Nama saya dhany
    Tinggi 170cm
    Umur 25th
    BB 70kg
    Saya mau tanya dok,saya sudah 1 minggu mengalami nyeri pda tulang ekor saya ngilu baget dok,sampe saya kadang susah cari posisi tidur,n skrng lutut saya juga ngilu baget,
    Yg mau saya tanyakan ini pnyakit apa?
    Dan obat apa yang hrus saya konsumsi?
    Tnx dok

    • muki partono
      Posted Mei 22, 2011 3:23 pm

      keluhan ini sering dikeluhkan, mungkin terlalu lama duduk , naik mobil atau motor, jd minum obat nyeri dulu , tidur alas keras posisi terlentang

  • heny
    Posted Mei 23, 2011 1:05 am

    malam dok, saya wanita berusia 35tahun bb 50kg tinggi 146 cm. saya punya keluhan nyeri pada lutut saat duduk lama dalam posisi selonjor atau bangun tidur tapi pada saat sholat tidak saya rasa nyeri itu atau aktifitas lain yang tidak butuh waktu yang lama. keluhan ini saya rasa setelah saya melahirkan ( saya melahirkan cesar) anak saya sekarang 5 bulan. mohon petunjuknya dok tergolong penyakit apa dan bagaimana solusinya

    • muki partono
      Posted Mei 23, 2011 5:24 pm

      mungkin anda mengalami keluhan penekanan saraf oleh bantalan tulang pinggang yg sering diderita ibu2 setelah melahirkan , sebaiknya periksakan ke dokter

  • wahab
    Posted Mei 24, 2011 12:17 am

    ..malem dok, knpa tulang sendi lutut sering bunyi terus umur 23…mksih

    • muki partono
      Posted Mei 24, 2011 12:07 pm

      kadang kami jumpai yg spt ini selama tdk nyeri dan bengkak tak apa2

  • wahab
    Posted Mei 25, 2011 1:36 am

    mlem dok..
    apa solusinya dok biar bunyi di sendi lutut itu ilang..

  • dihadiha
    Posted Juni 4, 2011 2:27 pm

    salam doktor,
    pd tadi waktu sy bangun dr tido, jari ibu tangan kanan sy bengkak. dan terasa sengal sakit mahu digerakkan. semalam masa sedang tidur pun terasa sakit.

    kenapa ye doktor?

    TQ

    • muki partono
      Posted Juni 5, 2011 1:26 pm

      anda mungkin menderita Dequairvains sindrome sebaiknya dperiksakan ke dokter, sementara kompres es dan istirahatkan jempolnya

  • Syarifah
    Posted Juni 6, 2011 11:57 am

    Dokter, sudah hampir setahun lutut saya sering nyeri ( saat duduk dalam sholat )nyeri pas pergantian posisi aja kalau di biarin ilang sendiri, terus di beri obat pirpxicam 20mg 3xsehari, memang sakit nya berkurang, dan itu berulang terus dan saat ini saya minum obat glucosamine 1500mg, chondroitin 1200 mg, MSM 1200 mg, kenapa tambah nyeri dok saat pergantian posisi ya, kenapa ?

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2011 10:46 am

      kalau nyeri hilang timubul dan sdh konsumsi glukosamine , kami menduga ada luka pada lapisan rawannya terutama dibawah tempurung atau ada robekan pada bantalan lututnya, sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi utk memastikannya

  • Liza
    Posted Juni 10, 2011 5:26 am

    Dokter, sy berusia 25 thn dan skrg sdg hamil. Ada bbrp hal yg ingin sy tanyakan:
    1. Sy mengalami gejala SPD (Symphisis Pubic Dysfunction) tp para SPOG sy mengatakan itu biasa sj pdhl klo sy baca artikel komplikasinya ckp ngeri juga yaitu diastasis symphisis pubic secara permanen apabila tdk ditangani dgb baik. Mnrt dokter apa yg hrs sy lakukan?
    2. Skrg ini di usia kehamilan 33 mgg, setiap bangun tidur sendi2 jari tangan sy terasa kaku, begitupun ketika digerakkan tp klo beranjak ke siang tdk terasa, hny terasa apabila bangun dr tidur. Itu kenapa ya dok? Apakah sy kekurangan kalsium?
    Sekian dok, terima kasih banyak.

    • muki partono
      Posted Juni 10, 2011 9:36 am

      gejala SPD kadang bisa terjadi memang pada kehamilan, hati2 saja kami sarankan elektif operasisecsiosaesaria agar tidak terjadi simpisiolisis , keluhan sendi2 kaku hal yg wajar karena bobot anda bertambah yg berdampak pada pembengkakaka terjadi pada tendon2 jari anda shg anda mengeluhkan nyeri dan kaku di pagi hari, bukan krn kekurangan kalsium

  • Is
    Posted Juni 10, 2011 5:51 pm

    Dok sy wanita umur 25thn tinggi 150, BB 48kg, wkt msh SMP klu brjln lutut kanan sy bunyi kras skali tp tdk skit, tp skrg rsx sdh skt banget dok tp bunyix mlah brkurang, rs perih jg sring trjd. thn llu sy priksa ke dr spesialis tulang tp dia malah merujuk sy ke dr interna alsanx tdk ada indikasi utk ke dr tulang krn tdk ada kelainan di lutut sy, trus dr interna mnganjurkan utk fto rontgen dan diagnosax OA, sy tkut dok klu smpai lutut sy jd bengkok, sy tdk prnh konsumsi obt2an dok. Harap saranx sy hrus bgmn? Ats bntuanx sy ucpkan baxk trimakasih…

    • muki partono
      Posted Juni 17, 2011 4:53 pm

      berat badan sdh ideal, kalau nmyerinya bertambah dan bunyi berkurang, sebaiknya diperiksakan mungkin anda menderita cedera bukan OA, jaranag kami jumpai usia 25 thn sdh OA kecuali di dahului dengan traauma sebelumnya yg tdk ditanagani dengan benar mterjadi komplikasi OA sekunder

  • ratna
    Posted Juni 15, 2011 11:25 am

    papa saya usia 68 th, berat 73 kg, tinggi 162 cm
    papa saya sejak kurang lebih 5 th yang lalu meraasakan sakit di daerah lutut kanan… nyeri ada tp kadang2 aja. tapi lutut kanan tidak bisa ditekuk seperti halnya kaki kiri. selama ini hanya mengkonsumsi obat dari dokter namun tidak ada perubahan. lalu tanggal 13 juni 2011 yang lalu papa saya melakukan pemeriksaan di lab dan hasilnya adalah :
    hasil x-ray photo
    A. GENU DEX AP&LAT (FCR)
    – osteoarthiritis genu grade I
    – joint space wajar
    – perkapuran pembuluh darah posterior cruris

    bagaimana sebaiknya penangannya atas kasus ini ?

    dan apakah kalau kaki tersebut dilakukan suntikan uli ( semacam minyak ) apakah bisa memberikan perubahan ? dan kalau suntikan tersebut dilakukan 1 kali dalam seminggu selama 3 kali apakah penggunaan suntikan yang terus menerus mempunyai dampak / efek buruk di masa datang ? ataukan suntikan tersebut harus dilakukan bila kondisi pasien parah ?
    dan apakah boleh kalau yang melakukan suntikan uli tersebut seorang dokter umum / dokter penyakit dalam ? ataukan harus menggunakan dokter khusus tulang / ortopedi / saraf ? apa benar demikian ?
    sementara selama ini papa saya juga mengalami diabetes, sehingga mengkonsumsi obat diabetes, darah tinggi dan kolesterol, apakah penggunaan suntikan uli tersebut mempunyai efek samping ?

    terima kasih atas penjelasannya

    ratna
    08121674541

    • muki partono
      Posted Juni 17, 2011 4:22 pm

      ayahy anda menderita OA lutut grade 1 dgn masalah kekakuan sendi lutut, sebaiknya mengkonsumsi glukosamin dan tambahan dgn suntikan suplement, mengenai suntikan tidak ada efek samping yg penting pengerjaannya benar, sebaiknya dilakukan oleh dokter tulang

  • vivi
    Posted Juni 16, 2011 1:46 pm

    selamat siang dok,
    berapa biaya untuk suntik nyeri di lutut?
    Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Juni 17, 2011 4:11 pm

      biaya tergantung obat yg disuntikkan, bila pakai oabt viscosuplement biasanya sekitar 700 ribu , krn harga obatnya saja sekitar 500 – 600 rb, bila pakai metode injeksi serum lbh murah sekitar 200 rb- 300 rb saja

  • Euis
    Posted Juni 19, 2011 6:11 am

    Dokter ysh,
    Saya perempuan usia 50 tahun, berat badan 45 kg, tinggi 152 cm. Sudah sekitar 3 bulan sendi lengan atas saya, terutama yang sebelah kanan terbatas gerakannya, misal lengan menjadi tidak dapat digunakan untuk menarik ritselting di bagian belakang baju atau lengan menjadi tidak dapat diangkat terlalu tinggi atau dijulurkan terlalu jauh. Kadang sendi lengan atas itu terasa nyeri saat tidur atau bangun tidur. Saya tidak menderita diabetes maupun tekanan darah tinggi. Dokter spesialis penyakit dalam mengatakan penyakit saya “frozen shoulder” dan disarankan untuk menjalani fisioterapi. Menurut dokter Muki, apakah benar saya menderita frozen shoulder, dan bukan osteoartritis. Apakah beda frozen shoulder dan osteoartritis? Ke dokter spesialis apa sebaiknya saya berkonsultasi dan memeriksakan diri? Apakah glucosamine bisa dibeli bebas di apotik, bagaimana aturan pemakaiannya? Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2011 10:46 am

      OA yg lanjut bisa jadi frozen shoulder yaitu kekakuan pada bahu akibat terjadi perlengketan pada jaringan sekitar bahu, dampaknya terjadi nyeri dan pembatasan lingkup gerak bahu, OA pada bahu jarang terjadi, krn termasuk sendi yg bukan yg tdk terbebani, sebaiknya berobat ke dokter tulang, tak perlu konsumsi glukosamin, mungkin ibu perlu suntikan pada bahunya

  • muki partono
    Posted Juni 22, 2011 10:26 am

    kalau smesh nyeri dan sdh lama sebaiknya diperiksakan mungkin anda menderita cedera pada bahu, jarang terjadi oa pada bahu, kalau mau minum obat konsumsi glukosamin . bila dgn konsumsi obat tsb dlm jangka waktu 1-2 bulan tdk juga berkurang artinya ada cedera bukan OA

  • ernawati kusuma
    Posted Juni 28, 2011 11:11 am

    Dok, saya usia 49 tahun, tinggi 155 cm, berat 54 kg. Kira2 sudah 1 bulan ini, lutut saya bunyi krek-krek kalau ditekuk. Hasil rontgen sendi lutut masih normal. Sudah kira2 2 minggu, saya minum glukosamin 2 x 2 @ 500 mr + enervon C (1×1)+ omega 3 (1×1)+ kalsium 600 mg (1×1), tapi bunyi masih tetap. Apakah dengan suntikan Hyaluronic Acid bisa langsung diatasi jadi bunyi langsung hilang ? Berapa biaya dan perlu berapa kali suntik ? Terima kasih, mohon jawabannya.

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 5:25 pm

      bunyi selama tdk nyeri yak perlu khawatir, suntikan asam Hyaluronat belum tentu membuat bunyi jd hilang

  • Tiara
    Posted Juni 30, 2011 7:56 am

    Dokter saya mau tanya efek samping minum obat glucosamine yang berlebih dan berkepanjangan .
    Terimakasih .

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 5:14 pm

      tidak ada, yg sering mual saja kalau lambungnya tdk tahan , itupun bisa kita atasi dgn pemberian obat maag

  • muki partono
    Posted Juli 1, 2011 6:12 pm

    sebaiknya 1 persatu saja utk meminimalisir efek samping operasinya

  • Anna
    Posted Agustus 7, 2011 3:25 pm

    Dokter Muki, usia sy 25 th, berat terakhir timbang 40 kg, krn kmren smpat sakit mngkin skrg kurang dr 40 kg, tinggi 157.
    Sy mo tanya dok, baru 5 hr ne badan sy terasa sakit, terlebih 2 kaki bagian lutut, pergelangan kaki, & telapan kaki klo jalan menapak sakit bged, & paha kanan bagian tengah, serta siku lengan & pergelangan kedua tangan.
    Rasa sakit yg sangat membuat sy tidak bs berjalan, klo berjalan hrs pelan2 bged, apa lg meluruskan ato membengkokkan kaki, itu nyerinya minta ampun, & berbunyi. Sblmnya sy gak pernah punya penyakit sprti ini. Kmren kakak sy kasi obat Elkana, krn mgnkin sy kurang kalsium.
    Apakah sy mmng kurang kalsium ato Osteoartritis ?
    Klo saya berobat, ke dokter apa? Brp biayanya?
    Mohon jawabnnya dok, krn sy tdk ingin rasa nyeri ini mngganggu pekerjaan sy.
    Terima kasih Dokter Muki. :)

    • muki partono
      Posted Agustus 8, 2011 7:17 am

      ibu anna, mungkin anda menderita reumatoid artritis, sebaiknya berobat, dan sementara bed rest total dan konsumsi obat nyeri, anjuran lakukan test alergi utk mencari faktor alergi yg mungkin bisa mencetus serangan penyakitnya

  • Anna
    Posted Agustus 7, 2011 3:41 pm

    oh ya dokter, sbelum saya sakit skrng, kaki saya sering x kesemutan. Mhn infonya. Trm ksh dokter.

    • muki partono
      Posted Agustus 8, 2011 7:15 am

      kesemutan adalah tanda penekanan saraf sensorik, jd sebaiknya periksakan ke dokter tulang

  • Yulianriani
    Posted Agustus 8, 2011 10:36 am

    Saya punya mertua dg Osteoartritis (umurnya sekarang kurang lebih 65 tahun), sejak kurang lebih 30 tahun lalu (1980 an). Sejak 1997 menjadi lumpuh. YAng memprihatinkan saya fungsi tangan semakin berkurang. semakin Memendek (mengkeret) sehingga untuk memegang sendok dan memasukkan makanan ke mulut ia sudah mengeluh kenapa jadi susah. Dokter punya saran untuk pengurangan/ memperlambat kerusakan yang terjadi? Or perlukah saya kirim foto kondisi tangan dan kakinya. Awal tahun 2000-an memang disimpulkan hanya akan ada perbaikan bila di operasi. Atas saran pendapat Dokter sebelumnya diucapkan terima kasih

    • muki partono
      Posted Agustus 9, 2011 3:34 pm

      sebaiknya ibu anda diperiksa kembali utk memastikan kelainannya, krn kami perlu peiksa secara klinis

  • Dadang
    Posted Agustus 8, 2011 1:06 pm

    Dok, saya usia 32 tahun berat badan 74 kg tinggi 177 cm. Sekitar 1 bulan yang lalu saya berjalan kaki menuruni gunung dengan jarak 20 km dan sangat terjal. dan sekarang lutut saya terasa sakit ketika naik/turun tangga atau berpindah posisi dari duduk ke berdiri/berjalan. Apakah yang terjadi dengan lutut saya? Apakah saya menderita OA? Dan bagaimana cara penanganannya?
    Terima kasih atas jawaan dokter.

  • listiani
    Posted Agustus 10, 2011 7:46 am

    dokter,stlh mri trny sy spondylosis ringan pd c3-c7 apakah yg bs sy lakukan u menyembuhkan,..suplemen/olahraga/makanan alami? olahraga apa yg tidak baik u dilakukan,..umur sya 35th (wanita) 2 anak,..bb 59kg,tb 1565 kg,..terimakasih

    • muki partono
      Posted Agustus 12, 2011 11:41 am

      kita bisa melakukan , terapi non operasi dgn cara, posisi duduk yg baik , posisi menyetir yg baik, posisi tidur yg baik, lakukan exercise utk leher, konsultasikan pada fisoteapis , lalu masukkan dalam agenda seharian anda olah raga berenang minimal 1x/minggu, olah raga yg tdk baik adalah angkat beban,

  • Anna
    Posted Agustus 17, 2011 9:24 am

    dr. Muki, kmren sy sdh prnh konsultasi sama bapak. umur sy 25 tahun berat 39 kg tnggi 157.
    gejalanya sprt rematik, smua sendi nyeri, smpai tdk bs jalan.
    Sy sdh berobat & tes Lab, hasil lab, LED sy 50 mm/jam, RF negatif, ASTO negatif, CRP jg negatif.
    sy dikasi obat sm dokter tempat sy berobat Voltadex 50 & Lapibal 250. Sblmnya ada obat Kalmeco 250.
    selama berobat ne, nyeri berkurang, tp knp kaki (punggung kaki) bengkak ya. Kadang yg kanan aja, ato kiri aja. Kata dokter, nama penyakit sy pro pro apa gitu, kurang jelas jg dok. hehe..
    dr Muki bisa jelaskan sy sakit apa ?
    terima kasih dokter.

  • Andini
    Posted Agustus 26, 2011 10:37 am

    Dokter Muki, Ayah saya (66 thn) didiagnosa osteoarthritis stadium 2 dan pengobatannya akan diinjeksi.

    Dapat resep utk beli obat injeksi durolane. apakah ini sama dengan injeksi hyaluronic acid?

    Terimakasih.

    • muki partono
      Posted September 7, 2011 12:19 pm

      beda lbh mahal dan berat molekulnya lbh besar, tapi isinya sama dan tujuannya sama

  • husna
    Posted September 21, 2011 10:20 am

    Dr.muki, umur sy 54 thn dg bb 85kg, sdh 2bln sy kalo dduk susah berdiri tampa bantuan, sejak 3mingg lutut sy kemeretak n sakit kalo bjln, sy tdk makan analgesik ttp makan glukosamin, n phisiotherapi, sekrang sskitx sdh b(-). Ut selanjutx apa yg hrs ksmi lakukn?

  • imam
    Posted September 23, 2011 11:16 am

    dokter, usia saya 41 tahun olahraga bulutangkis setahun ini lutut kanan saya terasa nyeri sementara lutut kiri normal, di tekuk terasa sakit, kaki kanan tdk bisa diluruskan seperti kaki kiri, mulai berbentuk O, sementara ini saya konsumsi glukasomin n kondritin, apakah bisa disembuhkan dokter ? apakah bisa normal kembali?

    • muki partono
      Posted September 25, 2011 6:44 pm

      kalau mau sembuh anda perlu tindakan artroskopi krn mengalami robekan bantalan yg sdh menyebabkan kaki anda tdk bisa diluruskan (locking).

  • imam suhadi
    Posted September 25, 2011 6:00 pm

    Dokter Muki, saya atlit bulutangkis sampai saat ini masih lumayan aktif, usia 41 Thn, berat 72 kg (2 bln lalu 78 kg /program penurunan brt badan) , tinggi 174 cm, keluhan 1 thn terakhir ini kaki lutut kaki kanan saya nyeri (samping tempurung)oleh dokter di diagnosa osteoarthritis dan diberi obat anti nyeri dan osteoforte( glukasomin & kondroiti) setelah tdk sakit +/- 5 bln lalu saya buat latihan lg namun kaki kanan saya bila tdk bisa di luruskan sebagamana kaki kiri dan agak bengkok O, seminggu yg lalu kambuh lagi saat latihan tapi yang nyeri bagian depan bawah tempurung.
    pertanyaan :
    1 Mengapa rasa nyeri lutut bisa berpindah dari samping ke depan
    2 Apakah penyakit ini bisa disembuhkan dan bisa kembali normal ( bisa untuk badminton lagi )
    3 apa yang hrs saya lakukan agar bisa cepat sembuh

    Sebelumnya,terimaksih atas jawaban doker Muki

    • muki partono
      Posted September 25, 2011 6:31 pm

      anda mengalami cedera bantalan sebaiknya diperiksakan krn anda ingin bisa main kembali, cedera anda tdk menyembuh mungkin perlu tindakan artroskopi

  • Rudy
    Posted Oktober 13, 2011 5:31 pm

    Dear Dokter Muki,

    Dok, Ibu saya berusia 60 tahun dan saat ini lutut kanannya didiagnosa menderita osteoarthritis stadium 2.
    Ibu saya sudah melakukan suntikan hyaluronic 6 kali. dan saat ini masih sering merasa tidak enak / sakit di kakinya untuk dibuat jalan.
    Ibu saya melakukan suntikan itu di dokter Neurolog.
    Untuk 2nd opninion, saya mengajak ibu saya ke dokter tulang, dan dianjurkan untuk fisiotherapy dimana ini bertolak belakang dgn opini dr neurolog yg mengatakan fisioterapi tidak terlalu impact apa2. Neurolog tersebut juga menganjurkan ibu saya untuk memakai sejenis deker.
    pertanyaan saya:
    1. Untuk penyakit osteoarthritis, yang benar kita bawa ke dokter mana ya?
    2. Apakah tidak ada efek samping jika mendapat suntikan hyaluronic sering2?
    3. Apakah fisioterapi berguna disini?
    4. Apakah dokter ada rekomendasi suplemen yang bagus untuk Ibu saya?
    5. Untuk domisili Surabaya, apakah dokter ada rekomendasi dokter yang biasa menangani osteoarthristis?

    thanks,
    Rudy

  • nando
    Posted Oktober 17, 2011 1:12 pm

    dok,saya mo tanya tentang OSTEOARTHRITIS.
    sendi lutut saya sakit waktu ditekuk dan berbunyi. seperti ada yang ngganjel setelah diluruskan bunyi.jadi saya merasa terganggu.buat lari sakit karena harus nekuk kaki.apakah saya sakit OSTEOARTHRITIS?
    saya laki-laki umur 24th tinggi 170cm berat 60kg.
    trims.nando

    • muki partono
      Posted Oktober 18, 2011 7:15 pm

      Kemungkinan , bunyi dan mengganjal, krn cedera pada bantalan lutut , bukan OA, perlu tindakan artroskopi

  • Maria
    Posted Oktober 22, 2011 12:48 pm

    Dok, saya perempuan usia 19 tahun, tinggi 164 cm, BB 60 kg. beberapa hari yang lalu, lutut sebelah kiri saya berbunyi ”kretek kretek” dan rasanya seperti ada urat atau otot yang bergerak di lutut saya. namun itu hanya berbunyi jika saya dlm posisi terlentang. dan terkadang malah tidak berbunyi lagi. Apa ini juga merupakan gejala OA? karena lutut saya tidak terasa nyeri sama sekali. Terima kasih

  • ary
    Posted Oktober 27, 2011 3:05 pm

    Dok, saya laki-laki umur 24. tinggi 172 cm BB 69. Saya adalah pemain futsal. Kenapa saya kalo habis duduk lama atau jongkok lama pasti lutut terasa sakit n sakit kalau diluruskan. tempurung kiri juga ga sekenceng yg kanan. dan terasa sakit kalo tempurung digerakkan. sakitnya di balik tempurung dan belakang lutut. kira” saya kenapa ya dok? apa ada obat yang bisa meneyembuhkan hal tersebut yang dijual bebas di apotik. sekarang saya memakai fitajoint. Terimakasih

    • muki partono
      Posted Oktober 28, 2011 9:48 pm

      Anda mengalami cedera akibat fotsal sebaikya berobat dan mungkin perlu artroskopi, kalau sdh pakai obat joint masih nyeri artinya cedera lutut

  • Aromsan
    Posted November 2, 2011 7:05 pm

    Dr,
    Saya Aromsan umur 57 th saya di Malaysia (di UKM). sejak sebulan ini lutut saya sakit dan membuat saya susah berjalan. Kemudian saya ke dokter di UKM selama sebulan diterafi gak juga sembuh. Kemudian saya diberi rujukan ke dokter ortopedi di Main UKM Hospital, kata dokter sana saya menderita orteatritis. Dulu di tahun 2003 saya pernah menderita sakit lutut ini, oleh dokter bule dimana saya kerja disarankan mengkonsumsi glucosamin selama dua bulan. Trnayat sembuh. Sekarang kambu lagi. Kebetulan adik saya dokter dia menyarankan untuk minta obat sejenis glucosamin yaitu: osteo, atau, osteoforte, osteokom. Tetapi di Malaysia obat itu gak dikenal. Saa mau tanya ke 3 jenis obta itu kandungan kimianya apa ya krn bisa jadi di malasyai lain nama obatnya tapi kandungan kimianya sama. Sementara ini saya dikasi cosamin buatan malaysia. Terima kasih

    • muki partono
      Posted November 7, 2011 2:41 pm

      Semua obat yg anda sebut isinya glukosamin, jd sama saja dgn obat yg cosamin yg penng dosisnya tepat

  • mandha
    Posted November 10, 2011 9:44 am

    Pagi..dok ibu saya umurnya 43tahun sudah menderita sakit sendi selama 1thn..sudah dibawa kesana kemari tapi blum juga sembuh,,kemaren terakhir setelah di rontgen dokter memutuskan untuk angkat tangan dan menyuruh operasi pergantian sendi….yang ingin saya tanyakan,,,apa efek samping dari operasi tersebut???karna ada tetangga saya setelah dioperasi kakinya sekarang jadi lumpuh…ibu saya bingung,,di satu sisi dokter menyarankan operasi,,,terimakasih

    • muki partono
      Posted November 13, 2011 10:24 am

      Sebaikya kami periksa kembali, apakah memang ibu anda butuh operasi penggantian sendi, krn usianya masih telatif muda, design alat TKR biasanya utk orang tua.mudah2 afa jalan keluar

  • Yulianti Arafah
    Posted November 10, 2011 1:38 pm

    Selamat Siang Dokter, Nama Saya Yulianti, Umur 27 Tahun, BB 144 kg, Sudah 5 Bulan ini saya mengalami nyeri tumit yang lumayan membuat aktifitas saya sangat terganggu. Dan Sebulan yang lalu Tiba-tiba Kaki Kiri saya bengkak, seperti Ibu yang sedang Hamil, dan akhirnya saya melakukan pemeriksaan ke Dokter Saraf Di RS , di Dokter Saraf saya di rujuk ke Bagian Radiologi untuk melakukan Rontgen. Hasil Dari Rontgen saya adalah Spur Formation Ringan pada Oc Calcaneus Kiri. Dan saya ingin sekali berkonsultasi dengan Dokter Muki, tku

    Salam
    Yulianti

    • muki partono
      Posted November 13, 2011 10:19 am

      Anda kemunkinan menderita fasciitis plantaris, sebaiknya berlat badan hrs turun, agar beban penekanan pada tmit berkurang, anda mungkin perlu suntikan sy lbh nyaman .dan selanjutnya kita obati pengobatannya perlu 6-8 minggu

  • anihaq
    Posted November 13, 2011 11:25 am

    Dear Dr. Muki, saya berusia 50th saya menderita osteoartritis. Tahun lalu lutut kiri saya sdh di arhtroscopy krn tulang rawannya sudah tidak ada akibat cedera main volly 10 th yg. saat ini kadang masih suka terasa nyeri. tetapi akhir2 ini yg terasa nyeri justru lutut kanan (sejak bln mei 2011). saya sudah rontgen lulut kanan & menurut dr juga mengalami osteoartritis & ada osteofit. sebulan yl sdh disuntik oli rasa nyerinya hilang ttp krn aktivitas saya akhir bulan lalu tinggi (saya punya EO) setelah event lutut kanan saya nyeri lagi. minggu lalu saya sdh disuntik oleh dr orthopedi dan diberi obat (artrodar, osteokom, movix dosis 2xsehari + myonep dosis 1xsehari) tetapi kenapa lutut kanan saya masih nyeri hingga sulit berjalan tegak dan sholat karena nyeri sekali. saya rutin minum glocosamin condroitin (1500mg) & omega 3,6,9 sejak akhir tahun lalu. apa yg mesti saya lakukan? apakah saya harus melakukan operasi? terimakasih atas perhatiannya dokter.

    • muki partono
      Posted November 16, 2011 6:27 pm

      Kalau sdh minum obat glukosamin tetap nyeri artinya , ada cedera pada bantalan, sebaiknya lakukan artroskopi

  • regency danis
    Posted November 13, 2011 1:14 pm

    saya seorang siswa kelas 3 SMA…kaki saya yang sebelah kanan ini lebih panjang dsripada yang kiri..tetapi lutut dan selangkangan yang kanan saya rasanya nyeri..apalagi saat naik motor..untuk turun kaki saya yg kanan tak kuat kayak kram..butuh beberapa menit untuk bisa jalan..itupun saya kalau jalan pincang..kalau buat naik tangga tak kuat..sudah prnah ke dokter tp kata dokter kelainan kakiku ini dari lahir..padahal baru aku rasakan 1 bulan ini terasa sakit..dan jalanku pincang..kalau duduk apalagi sudah kelamaan duduk..buat berdiri itu susah..nyeri di lutut dan selangkangan kanan..saya ini sakit apa dokk

    • muki partono
      Posted November 16, 2011 6:29 pm

      Anda mengalami gejala penekanan saraf ponggang(hnp) sebaiknya berobat, kami rasa keluhan saat ini tdk ada katan dgn kaki yg panjang sebelah, kalau kaitan secara tak langsung bisa saja dan berlangsung dalam waktu yg lama

  • Yulianti Arafah
    Posted November 14, 2011 10:30 am

    Terima Kasih banyak Dokter atas dutikan Dokter kemarin, dan saya sudah memakai high heels 5 cm, semoga tumit saya cepat sembuh ….

  • john
    Posted November 15, 2011 2:05 pm

    dok,saya john umur 41th kalau putar bahu waktu lengan lurus lalu putar atas ke belakang kok di bahu ada bunyi kletek-kletek tapi tidak sakit apa perlu suplemen ? dulu kakiku pernah di test pakai alat punyanya anlene katanya masa tulang menurun kepadatannya disuruh minum vitamin d apa bener??tolong solusinya suplemen atau vitamin apa yang tepat supaya kesehatan tulang dan sendi2 saya normal sampai tua.terima kasih

  • diyan
    Posted November 16, 2011 10:47 am

    Dok, anak saya umur 8 tahun laki2, pernah jatuh (waktu umur 18 bulan) hingga patah disiku tangan sebelah kanan, karena saya dulu baru saja melahirkan, jadi penanganannya terlambat, sekarang jadinya bengkok dan seperti ada tulang yang menonjol.Sempat ke rs siaga ke salah satu dokter disruh tunggu hingga dewasa untuk operasi koreksi. Sekarang ini dia sering mengeluh sakit,nyeri dan pegal sekali, apa yang sebaiknya saya lakukan, dok? Terimaksih

    • muki partono
      Posted November 16, 2011 4:15 pm

      Pegal dan nyerinya mungkin akibat penekanan saraf ulnaris di siku, itu bisa kita kurangi dengan operasi anteriorisasi, sambil menunggu usia dewasa utk koreksi tlangnya

  • Ade
    Posted November 19, 2011 3:44 pm

    Dear Dr. Muki,

    saya ade umur 34 thn, bb : 68 kg, tinggi 165 cm. sudah hmpr 8 bulan saya merasakan lutut kiri bunyi & sakit kalau diluruskan setelah ditekuk lama. sebelumnya kalau jongkok / dilipat lama kesemutan. sy sudah pernah konsultasi mengenai kesemutan ke dr, katanya gak apa2x.

    sakit lutut makin terasa akhir2x ini terutama ketika bawa motor lama & macet / olahraga. diagnosa saya apa ya dok & saya harus berobat ke dr. mana ? terima kasih.

    • muki partono
      Posted November 20, 2011 3:53 pm

      Kami menduga anda menderita kelainan pada lutut dan jugaadagejala penekanan saraf pinggang, krn kesemutannya itu, saran berobat ke dokter tulang

  • Lily Thamzil
    Posted November 19, 2011 10:55 pm

    Dok, saya sedang hamil anak ke tiga dengan riwayat secsio pada kedua anak saya. Usia saya 41 tahun saat ini dan usia kehamilan saya 31 minggu per 19/11/11. Sejak usia kehamilan 24 minggu, saya mengalami nyeri sendi pergelangan dan konsul ke dokter kandungan, saraf, serta tulang. Ketiganya tidak membuahkan hasil setelah saya sempat diberi minum beberapa jenis obat serta salep voltaren dan medifleks. Pada saat yang sama TMJ juga masalah dan menurut dokter juga terjadi peradangan. Hingga hari ini belum ada perubahan dan rasa sakitnya tidak berkurang. Bagaimana solusinya dok? terima kasih…

    • muki partono
      Posted November 20, 2011 3:50 pm

      Anda mengalam dequairvains sindrome, biasa terjadi pada ibu2 hamil, sebaiknya djisuntik saja spy lbh nyaman

  • Cili
    Posted November 22, 2011 8:51 pm

    Dok, saya berumur 38 th, berat 47 kg tinggi 155cm.

    sudah 3 minggu ini lutut saya kaku sekali, terutama dari berdiri ke jongkok dan sebaliknya, naik turun tangga.

    setelah ke dokter tulang dan di rontgen, katanya harus disuntik sebanyak 6x krn OA. sementara di beri obat Hi-Bone, Ketesse,dan Oxypen

    butuh 2nd opinion dok, apakah saya bener2 perlu disuntik? tidak bisakah dengan minum obat saja? karena sekarang lutut saya belum tahap nyeri…masih kaku.

    terima kasih byk sebelumnya. sampai sekarang lutut saya masih kaku.

    • muki partono
      Posted November 24, 2011 2:22 pm

      melihat usia dan keluhan anda menurut kami belum perlu , coba dengan obat minum dulu

  • fera
    Posted November 25, 2011 7:01 pm

    dok apa benar OA bisa disembuhkan dg mengkonsumsi omega 3 setiap hari? apa efek sampingnya.?
    ibu saya berusia 51 tahun berat badan 78 kg…mengalami OA.

    • muki partono
      Posted Desember 1, 2011 4:07 pm

      OA bisa dikurangi dengan pemberian glukosamin tdk cukup hanya omega 3

  • bahri
    Posted Desember 2, 2011 10:59 am

    Yth Pak Dokter,

    Saya telah operasi pemasangan pen di PINGGUL KANAN tanggal 14 November 2011. Kini sudah boleh pakai tongkat, saya telah bisa duduk, membalikkan badan dan menekuk kaki kanan yang sakit.

    Saya juga telah bisa berdiri dua kaki, namun kalau mau jalan TANPA TONGKAT, kaki kanan saya terasa nyeri/sakit kalau dipijakkan penuh.

    Apa saya boleh berjalan mulai kini ?
    Bagaiman dengan rasa sakit ketika memijakkan PENUH kaki kanan ?

    trims.
    Bahri

    • muki partono
      Posted Desember 4, 2011 1:32 pm

      Anda belum boleh jalan tanpa tongkat sebaiknya konsultasikan dn dokter yg menoperasi, biasanya aak lama bisa 4-5 bln setelah operaisi,

  • ahau
    Posted Desember 9, 2011 5:38 am

    Dokter, sy mo nanya, orangtua sy mengalami kekakuan pada jari2 kakinya. Itu kenapa ya? Bpk sy udah lama terbaring di tempat tidur dan tidak bisa bangun. Kira2 udah 2 bln lebih. Umumnya penyakitnya disebabkan oleh apa ya? terimakasih dok. sy tunggu jawaban dari dr.

    • muki partono
      Posted Desember 12, 2011 8:55 am

      Kekakuan akibat tdk bergerak , dan sebaiknya dicari penyebabnya, kemungkinan bisa krn patah akibat pengeroposan, bisa krn penekanan saraf pinggang(sponal stenosis) dan lain2

  • eby
    Posted Desember 11, 2011 1:26 am

    Dokter nama saya eby umur 23 th, saya mengalami (dengkul kopong) atau
    osteoathritis pada lutut kanan dan kiri dimana berbentuk O dan sering kali bunyi pd bagian kanan, saya ingin tanya apa yg harus saya lakukan dan apabila operasi lutut tsb brp kira2 biaya operasi nya, terima kasih banyak.

    • muki partono
      Posted Desember 12, 2011 8:30 am

      Belumtentu dilakukan tindakan operasi, sebaiknya kami periksa dulu, krn osteoartitis pada usia muda sangat jarang, kalau ada keluhan mungkin cedera lutut

  • catur sigit nugroho
    Posted Desember 16, 2011 6:35 am

    Dok, saya mau tanya, udah2.5 th ini saya lumpuh, awalnya spondilitis TB,tapi dulu udah parah jadi penyembuhannya agak lama, bahkan sampai skarang saraf saya juga belum normal. yang saya tanyakan, kaki saya kaku kalau lutut ditekuk normal,tapi bagian pinggul/paha ats sulit ditekuk karena ada benjolan keras di ujung paha kanan atas bagian depan, saya sebenarnya ingin mengirim fotonya tapi saya tak tahu caranya, umur saya 30 tahun. di baian kaki setelah pergelangan juga agak kras dan tidak elastis spt waktu sehat dan kalau di gerak2an lumayan sakit. kalau saya ke RS saya harus ke RS Ortopedi atau saraf ya dok?.
    atas penjelasannya saya ucapkan banyak terimaksaih

    • muki partono
      Posted Desember 16, 2011 8:31 am

      Sebaiknya ke orthopedi saja krn kami biasa menangani kasus spt ini

      • catur sigit nugroho
        Posted Desember 16, 2011 2:22 pm

        makasih banyak ya Dok

  • nengah
    Posted Desember 16, 2011 2:19 pm

    selamat sore dok, saya mau bertanya itu keponakan saya kakinya sering sakit dua – duanya dengan tiba tiba, kalau datang sakitnya dia sampai nangis nahannya tpi tidak ada bengkak atau memar di kakinya, umurnya 4 th, itu biasanya gejala apa dok?

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 10:22 am

      Biasanya sih krn bentuk kaki yg ceper, coba diperiksakan mungkin perlu sepatu khusus

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 10:24 am

      Mungkin bentuk kaki ceper perl sepatu khusus

  • sri rejeki
    Posted Desember 22, 2011 6:23 pm

    dok sy usia 42 th, setiap kali sy melakukan aktifitas selalu bahu kanan bagian bawah sakit dan selalu semutan sampai keleher dan akhir2 ini setiap kali bangun tidur malam maupun siang jari tangan tersa sakit dan kaku, mulut sebelah kanan juga terasa kaku, apalgi kalau dipakai makan terasakaku sekali…….sayasakit apa dok….dan apa yg harus saya lakukan………

  • Daniel
    Posted Desember 31, 2011 8:37 am

    Dok saya umur 27 th dengan berat badan 88 kg dan tinggi 170cm, udah beberapa bulan ini saya sering mengalami nyeri sendi di lutut sebelah kiri pada saat saya berdiri setelah duduk lama, apakah saya terkena OA atau tidak, trus untuk pengobatannya bagaimana dok?

    • muki partono
      Posted Januari 2, 2012 9:34 pm

      Kalau usia 27 tahun kami tdk berpikir osteoartritis, mungkin sakit lain, umumnya cedera pada lutut yg paling sering, sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • evi
    Posted Desember 31, 2011 3:27 pm

    Yth dokter Muki, selamat siang dok, usia saya +50 tahun, beberapa bulan ini saya merasa sakit di persendian lutut dan minggu terakhir ini saya merasa lebih sakit lagi sampai sulit duduk jongkok, saya belum pernah kontrol, dok sebaiknya saya kontrol ke dokter mana? dan suplemen apa yang sebaiknya harus saya minum?
    mohon informasi, terima kasih

    • muki partono
      Posted Januari 2, 2012 9:29 pm

      Sebaiknya ibu konsultasikan ke dokter tulang , kalau domisili di jakarta , bisa menghubungi kami (lihat JADWAL PRAKTek), ibu menderita gejala awal pengapauran sendi lutut, suplement yg dibutuhkan glukosamian

  • nia
    Posted Desember 31, 2011 9:30 pm

    dok,usia sy 26 thn, tinggi 158 brat 60, sjak saya SD sendi lutut saya mngeluarkan bunyi krek,kenapa ya?tidak terasa nyeri sih..cuma kadang klo cuaca dingin agak terasa kemeng..itu apa jg bs dinamakan osteortritis? trima ksh

    • muki partono
      Posted Januari 2, 2012 9:27 pm

      Kami menduga anda menderita kelainan DISCOID MENISKUS yaitu kelainan bantAlan bawaan sejak lahir, sebaiknya diperiksakan ke dokter dan anda mungkin perlu periksa MRI lutut

  • Heru
    Posted Januari 3, 2012 11:48 am

    Dok, mama saya umurnya 64 berat badan 60+ an terus tinggi badan 150+, pinggir lutut mama saya sakit sekali kalau di kencangkan terus di tekuk sakit sekali sudah minum glukosamin saja tapi tidak minum condroitinnya itu kenapa ya dok?

    • muki partono
      Posted Januari 3, 2012 8:08 pm

      Ibu anda menderita pengapiran. Kalau mengganggu bisa di suntik utk mengurangi keluhannya

      • Heru
        Posted Januari 8, 2012 1:36 pm

        bisa gak di minumi obat condroitrin dan glukosamin

      • Heru
        Posted Januari 8, 2012 1:37 pm

        bisa gak di minumi obat condroitrin dan glukosamin dulu pernah seperti ini tapi kaki satunya. ini paling parah yang pernah di alami ibu saya

        • muki partono
          Posted Januari 10, 2012 12:04 am

          Boleh saja dicoba konsumsi glukosamin, bila selama 1 bln tak ada perubahan sebainya konsuktasikan ke dokter tulang

          • Heru
            Posted Januari 10, 2012 10:01 am

            kalau obat condroitin juga boleh dok

            soalnya baru beli obat fitbon plus yang kandungannya glukosamin 500mg dan 400mg

  • Theresia
    Posted Januari 4, 2012 3:36 pm

    Dok,ibu saya sering mengalami nyeri di kaki dan pinggang,kemarin setelah rongsent hasilnya osteofit pada L2-L5..Pengobatan apa yang harus dilakukan karena tidak diberi obat oleh dokter yg memeriksa, hanya disuruh terapi saja.
    saya mohon penjelasan dokter,tindakan medis apa yg harus dilakukan,hal atau pantangan apa yg harus dihindari..terima kasih dan mohon penjelasannya..

    • muki partono
      Posted Januari 7, 2012 1:46 am

      Pengapuran pinggang , bisa diberikan obat glukosamin selain latihan dan tambahan obat nyeri agar lbh nyaman

    • muki partono
      Posted Januari 10, 2012 12:30 am

      Ibu anda mengalami pengapuran pinggang yg menyebabkan saraf terjepit, sebaiknya konsumsi obat nyeri selain terapi, dan tidur alas keras, posisi erlentang dan lakukan latihan otot pinggang

  • Evi
    Posted Januari 4, 2012 5:13 pm

    dok, saya mau tanya. usia saya 28 th, tapi saya sering mengalami nyeri pada tulang, hampir di semua bagian tubuh, baik kak, tangan, punggung. Rasanya seperti disetrum dan ngilu, apakah ini berarti ada semacam sakit tulang tertentu atau apa ya?

    Terima kasih dokter..

    • muki partono
      Posted Januari 7, 2012 1:43 am

      Bila nyeri hampir seluruh tulang sebaiknya dicek kadar kalsium drh , jgn2 kurang kalsium, atau sebab lain misalkan kaurang viatamin B utk saraf, dan lain, sebaiknya konsultasikan ke dokter

      • Evi
        Posted Januari 12, 2012 2:57 pm

        Baik dokter, terima kasih untuk waktu Anda menjawab komen saya. Salam :)

  • muki partono
    Posted Januari 7, 2012 1:22 am

    Suntikan bisa membantu mengurangi nyeri, tapi yg penting pastikan dulu nyeri lututnya krn apa, kalau krn robekan bantalan lutut atau pecahan tulang pada lutut atau krn sebab lain suntikan tdk bermanfaat

  • dahlan
    Posted Januari 8, 2012 10:38 pm

    dok saya dahlan saya umur 24 thn.saya pernah kecelaka an 5 thn lalu.dan saya tidak bisa berjalan selama 2thn.skrng sdh bisa ber jln tapi tdk normal.tulng tempurung saya hancur sehabis kecelakan dan kaki saya tidak bisa untuk menekuk.sekarang2 ini saya merasakan sakit kembali.untuk berjalan sakit sekali bahkan seluruh tulang saya terasa sakit.saya hanya minum obat glucosamin dan minum susu anline.dok obat apa yg tepat untuk mengobati rasa sakit untuk tulang saya ini.apakah tulang lutut saya msh bisa untuk di operasi.saya mohon jawab ban nya dokter.terimakasih

    • muki partono
      Posted Januari 10, 2012 12:01 am

      Untuk memastikan apakah kasus anda bisa diperbaiki atau tdk sebaiknyakami periksa keadaan saat ini,nyerinya bisa banyak sebab kami khawatir anda tulangnya tdk menyambung sempurna dan mengakibatkan pengapuran sekunder,

  • Febri
    Posted Januari 10, 2012 10:21 am

    Dok, Ibu saya berusia 54 thn, berat 90 Kg & tinggi 155 Cm menderita OA. Ibu saya sering merasa nyeri & kaku pada lututnya sehingga sangat mengganggu mobilitas & aktivitasnya sehari-hari. Menurut hasil rongent bantalan (nama klinisnya saya tidak tahu) antara tulang lututnya sudah tidak ada & disarankan untuk operasi penggantian bantalan tersebut, selain itu Ibu saya juga disarankan untuk menurunkan berat badannya.
    Yang ingin saya tanyakan apakah operasi merupakan pilihan yang terbaik untuk memulihkan kondisi ibu saya atau adakah alternatif pengobatan lainnya seperti penyuntikan cairan pada lutut?
    Kemudian apakah dengan menurunkan berat badan ibu saya dapat pulih tanpa melakukan operasi maupun penyuntikan cairan pada lututnya?
    Mohon penjelasannya Dok. Trims

    • muki partono
      Posted Januari 10, 2012 3:28 pm

      Operasi mohon dipertimbangkan krn ibu anda obesitS, kalau mau turunkan dulu berat badannya, krn operSi dgn obesitas, kita dapatlan masala bU, spt luka yg agak lama kering, hrga yG lbh mahal ,dll

  • tiffany
    Posted Januari 11, 2012 6:38 pm

    Dok, saya berusia 22 tahun..Lutut kanan saya selalu berbunyi “kretek kretek” dan sering timbul nyeri kalau terlalu lelah dan udara dingin.Kalau nyerinya muncul saya sampai memukul2 lutut saya atau dengan menindih dengan tubuh saya. Dan rasa nyeri itu lbh sering timbul di malam hari.Apakah ini masih normal atau ada gejala penyakit dok?Terimakasih

    • muki partono
      Posted Januari 13, 2012 9:22 am

      Keluhan anda tdk normal, sebaiknya periksakan ke dokter tulanb, anda menhalami cedera lutut, atau bisa akibat penekanan dari pinggang yg menjalar ke lutut

  • bunda lily
    Posted Januari 12, 2012 2:35 pm

    Pak Dokter, maaf saya mau bertanya lagi, apakah benar penyakit OA tdk dapat disembuhkan ? dengan umur saya yg sekarang 51thn?

    tinggi badan 160cm, berat badan 58kg, apakah saya hrs menurunkan lagi berat badan saya?

    karena sudah hampir 2 bulan, sudah disuntik di dengkul(seminggu sekali) dan fisioterapi( sekarang seminggu 2 kali), blm juga ada perubahan, dengkul kiri saya masih bengkak,dan sekarang saya hrs memakai tongkat utk berjalan, krn lututnya sakit sekali kalau dibawa beraktivitas…..

    saya selalu tdk pernah lupa mngkonsumsi glucosamin, chondroitin, omega 3 dan vitamin C ,masing2 1000gr setiap hari.

    obat2an yg saya minum, hanya pain killer saja yakni celebrex 200mg 1x sehari utk malam hari, dan obat oles fita joint roller gel.

    apakah benar penderita OA seusia saya ini tak bisa disembuhkan Dok? jadi selamanya tergantung pada tongkat dan dgn obat2an pain killer tsb?

    terimakasih banyak utk jawabannya Dok.
    salam

  • Febri
    Posted Januari 13, 2012 5:13 pm

    Dokter, mohon info apakah ada rumah sakit di balikpapan yang menyediakan perawatan untuk penderita OA dengan suntik hyaluronic acid? Kisaran biayanya berapa ya Dok?
    Trims.

  • Febri
    Posted Januari 13, 2012 5:16 pm

    Dokter, mohon info adakah RS di Balikpapan yang menyediakan perrawatan untuk penderita OA dengan penyuntikan Hyaluronic Acid?
    Berapa kisaran biayanya ya Dok?
    Trims.

  • Halijah
    Posted Januari 13, 2012 9:04 pm

    Dok, ibu saya (65 thn) nyeri sendi sampai2 sulit berjalan. Jika berjalan, kaki kanannya bengkok ke dalam. Bagaimana mengobatinya?

    • muki partono
      Posted Januari 14, 2012 11:14 pm

      Ibu anda mengalami gejala pengapuaran yg seh lanjut sampai lututnya bengkok, kalau mau baik dilakukan tindakan operasi pemasangan implant pada sendi lutut (ganti sendi)

  • muki partono
    Posted Januari 14, 2012 11:23 pm

    Usia muda nyeri saat jongkok ke berdiri biasanya terjad Chondromalacia

  • muki partono
    Posted Januari 14, 2012 11:23 pm

    Usia muda nyeri saat jongkok ke berdiri biasanya terjad Chondromalacia, bisa zembuh dgn konsmsi vitamin lutut dan olah raga sepeda

  • filix
    Posted Januari 15, 2012 11:10 am

    dok . umur saya 18 tahun saya menderita OA
    saya tidak nyaan dengan ini . tetepi saya bisa mermain basket dengan baik . tp lutut saya mudah sakit
    untuk itu saran dokter mungkin bisa membantu saya
    trimakasih

    • muki partono
      Posted Januari 16, 2012 8:41 am

      Anda bukan menderita OA tapi kemngkinan cedera bantalan sering terjadi pada usia muda akibat cedera olah raga, sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi utk memastikan kelainan dan utk memperbaiki sekaligus

  • idham
    Posted Januari 16, 2012 5:37 pm

    selamat malam dokter muki partono
    isteri saya baru saja foto rontgent (15-01-2012) dan konsult dgn dr.tulang hasil nya OA grade 1 krn terlihat tulang tempurung ada yg lancip/tajam.
    pertanyaan sy setelah membaca tanya jawab diatas apakah dgn operasi ARTROSKOPI bisa sembuh total ?
    umurnya 46 tahun berat badan 68 tahun tinggi 156cm olah raga tennis( KELUHAN : sakit/nyeri di lutut kanan saat berdiri setelah jongkok dan saat baring kaki kanan lurus terasa kencang dibelakang lutut )

  • idham
    Posted Januari 16, 2012 5:44 pm

    selamat malam dokter muki partono
    isteri saya baru saja foto rontgent (15-01-2012) dan konsult dgn dr.tulang hasil nya OA grade 1 krn terlihat tulang tempurung ada yg lancip/tajam. PERTANYAAN: setelah membaca tanya jawab diatas apakah dgn operasi ARTROSKOPI bisa sembuh total ?
    umurnya 46 tahun berat badan 68 tahun tinggi 156cm olah raga tennis( KELUHAN : sakit/nyeri di lutut kanan saat berdiri setelah jongkok dan saat baring kaki kanan lurus terasa kencang dibelakang lutut )

  • idham
    Posted Januari 16, 2012 5:45 pm

    selamat malam dokter muki partono
    isteri saya baru saja foto rontgent (15-01-2012) dan konsult dgn dr.tulang hasil nya OA grade 1 krn terlihat tulang tempurung ada yg lancip/tajam.
    pertanyaan sy setelah membaca tanya jawab diatas apakah dgn operasi ARTROSKOPI bisa sembuh total ?
    umurnya 46 tahun berat badan 68 tahun tinggi 156cm olah raga tennis( KELUHAN : sakit/nyeri di lutut kanan saat berdiri setelah jongkok dan saat baring kaki kanan lurus terasa kencang dibelakang lutut

  • hendi
    Posted Januari 17, 2012 9:50 pm

    malm pa dokter,bgini dok ibu sy umur 58 sdh di rontgent saraf tulang blakangy kejepit akibty jlny miring dan nyeri.perlu operasi gak n klo blh tahu brp biayay.mhn blsny dok. trima ksh.

    • muki partono
      Posted Januari 18, 2012 10:53 am

      Kalau yg anda maksud saraf terjepit dgn tenik kami bila memang bisa dikerjakan pada kasus ibu anda kisaran biaya sekitar 27 jtan klas 3 .

  • ny Rusmani
    Posted Januari 18, 2012 11:20 am

    dok, usia 47 , untuk OA yg grade I apakah bisa disembuhkan atau diperbaiki dengan operasi tindakan artroskopi ?
    saran dari dokter sangat sy nantikan trima kasih

    • muki partono
      Posted Januari 18, 2012 11:23 am

      Grade 1 bisa diobqt dan bisa juga artroskopi bila berdasarkan hasil pemeriksaan dicurigai disera
      Ta robekan bantalan

  • Ratna Kuswa
    Posted Januari 18, 2012 12:41 pm

    Selamat siang dokter Muki Partono.
    saya sdh memiliki foto rontgen lutut, hasilnya didiagnosa Osteoartritis grade 2. Saran dokter diberikan injeksi 6 x dalam waktu seminggu sekali. Pertanyaannya, apa jenis obat injeksi yang biasa diberikan itu dan apa bisa jadi nanti saya tergantung pada asupan obat dari injeksi? untuk grade 2 apa msh dapat kembali pulih normal dokter?
    terima kasih dokter Muki atas responnya.
    salam.

  • ny Rusmani
    Posted Januari 18, 2012 7:48 pm

    tanya dok
    untuk menentukan ada robekan bantalan didepan atau di belakang lutut apakah harus MRI LUTUT ? kira2 berapa biaya MRI LUTUT nya dok ?

  • bunda
    Posted Januari 22, 2012 6:46 pm

    Dok, usia saya 35. Akhir2 ini setiap bangun tidur persendian trasa ngilu.pertanyaan:
    1). Apa ini osteoartritis,ataukah asam urat
    2). Konsumsi apa yg baik u/ saya (makanan/ suplemen)
    3). Pantangan apa yg tdk boleh saya makan dan juga pekerjaan.

  • endah
    Posted Januari 27, 2012 1:41 pm

    dok,saya perempuan dg usia 25th, saya belum menikah,
    saya mengalami ngilu ditulang pinngang sampai ke akaki kiri, klo dari posisi jongkok mau berdiri langsung terasa sakitny..
    dari dokter yg sudah saya kunjungi dan melihat hasil rontgen saya dokter mengatakan saya terkena penuaan tulang, menurut dokter apa penyebabnya di usia saya yg masih muda bisa terkena penyakit seperti itu???mohon jawabannya dok..
    terimakasih sebelumny…

    • muki partono
      Posted Januari 31, 2012 5:02 pm

      Mnrt kami anda menderita gejala penekanan saraf pinggang, sebaiknya peroksakan ke dokter tulamg

  • Luthfi
    Posted Februari 6, 2012 11:46 am

    Dok, ibu saya sudah berusia 57 tahun dan kabarnya di’vonis’ oleh dokter lain mengalami osteoartritis stadium 4. Kabarnya harus dioperasi. Kira-kira berapa biayanya, baik untuk kelas 3, kelas 2 ataupun kelas 1…

    Dan benarkah harus dirawat di kelas 1, untuk operasi tersebut?

    Kemudian, dokter praktiknya dimana? Trims

    • muki partono
      Posted Februari 8, 2012 10:13 pm

      Pak lutfi klas tdk berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dan obat yg dipakai, jd sama saja kalau memanh dana terbatas pilih klas 3 saja, kisaran 55 jtan pake 4 hari perawatan

  • annisa
    Posted Februari 8, 2012 9:05 pm

    selamat malam dok,
    ayah saya 52th, 2 bulan yg lalu jatuh dari motor dan sendi lutut nya geser tapi sekarang sudah berada pada posisinya tapi masih sakit dan bengkak dan sampai sekarang belum bisa jalan, setelah kemarin di rontgen lagi ternyata kata dokter bedah tulang rawannya pecah, apakah bisa sembuh dan bisa jalan lagi dok? apakah harus melakukan operasi?

    • muki partono
      Posted Februari 8, 2012 9:51 pm

      Ayah anda butuh tindakan operasi artroskopi lutut utk memperbaiki rawan sendinya

  • vita
    Posted Februari 8, 2012 11:32 pm

    halo dok sy ingin bertanya beberapa hal tentang Osteoarthritis
    1. mengapa penderita OA merasaka sering kaku pada pagi hari? mengapa bukan di waktu lain?
    2. Apa penderita OA pada lutut juga dapat merasakan nyeri di jari? apa hubungan keduanya?
    Terima kasih :)

    • muki partono
      Posted Februari 9, 2012 7:34 am

      Osteoatritis adalah suatu kelainan yg terjadi pada sendi, jari2 kita adalah terdiri dari sendi2 yg kecil, jd bisa kena juga, kenapa pagi hari, krn kita tidur 7 jam dalam posisi tdk aktif, sehingga saat bangun pagi mau aktifitlas terasa kakunya lbh hebat.

  • muki partono
    Posted Februari 13, 2012 6:02 pm

    yang anda usulkan itu adalah juga metode operasi, operasi ganti sendi seperti pasang gigi crome, jd tulangnya tdk dipotong banyak hanay permukaan lutut diratakan sesuai cetakan sendi palsunya, jd aman kok dan relatif, tdk heboh operasinya

  • muki partono
    Posted Februari 13, 2012 6:05 pm

    ganti bantalan yg ganti sendi palsu, sama saja

  • Gunawan
    Posted Februari 13, 2012 9:14 pm

    Selamat malam dok,

    Mama saya (70thn), kira-kira 3 bulan lalu dirontgent dan dari pemeriksaan dokter hasilnya OA parah di lutut kaki kanan. Kata dokter, mama sudah cukup berumur tidak perlu dioperasi, krn percuma. Dan akhirnya mama diberikan suntikan (Adant Dispo) secara berturut-turut 5 minggu, tapi hasilnya tidak ada baikan. Setelah mendapat masukan dari teman, katanya ini perlu tindakan operasi.
    Mohon saran dokter kira-kira harus bagaimana? Jika perlu operasi, berapa biayanya?

    Terima kasih atas saran dokter,

    Gunawan

    • muki partono
      Posted Februari 15, 2012 9:31 am

      Pak gunawana usia 70 tahun sih tdk terlalu tua, sebaikya operasi saja agar ibunya bisa berjalan kembali, kisaran biasa sekitar 55 jtan perawatan klas 3 dgn perkiraan 4 hr rawat, kalau pilih klas lbh tinggi biaya akan lbh mahal

  • muki partono
    Posted Februari 19, 2012 11:23 am

    Operasi penggantian lutut spt pegsas yg anda maksud jd tulangnya tdk dipotng semua tapi hanya permukaan sendi lutut diratakan sesuai cetakan mplant yg mau dipasang

  • Indah
    Posted Februari 21, 2012 1:29 pm

    Selamat Siang Dok,
    Ibu Saya (75th) tulang belakang bengkok ke kanan, sehingga bungkuk dan merasa nyeri/sakit pada tulang belakang, pinggang dan kaki kiri kesemutan, bisa ditangani dengan Operasi dok?… berapa lama proses penyembuhannya?… jika harus dioperasi berapa biayanya? karena ibu saya ingin sekali sembuh dan hilang rasa nyerinya.

    Terima kasih sebelumnya ya dok.

    Indah

    • muki partono
      Posted Februari 23, 2012 8:37 am

      Kalau ingin hilang nyerinya pastikan dulu lefel penekanan dgn pemeriksaan MRI atau secara klinis saja, bisa kami bantu dgn suntik saraf tak perl operasi

  • silvia
    Posted Februari 22, 2012 4:16 pm

    dok kalo yg kartilago lutut bermasalah penyembuhannya lama apa cepet???klo lama knp dan klo jawabannya cepet knp alasannya???

    • muki partono
      Posted Februari 23, 2012 8:27 am

      Penyembuhan tulang rawan butuh wakt lama spt patah tlang, kalau ditanya knp lama memang prosesnya demikian

  • muki partono
    Posted Februari 23, 2012 8:23 am

    Coba jusnya dikurangi atau stop saja, mungkin anda alergi yg manifestasinya pada kekakuan sendi

  • muki partono
    Posted Februari 23, 2012 3:30 pm

    Jus tomatnya di stop dulu

  • Rita
    Posted Februari 23, 2012 9:23 pm

    dok, saya mau tanya,,,
    pada penderita osteoarthtitis itu di minta untuk mengkonsumsi suplemen sendi, apakah dengan suplemen sendi saja dapat sembuh, bagaimana penatalaksanaan yg benar?
    ada juga yang mengatakan bahwa osteoartitis adalah rematik, apakah benar?

  • muki partono
    Posted Februari 25, 2012 12:23 am

    Tdk betul yang betul mungkin anda alergi terhadap wortel, sebab ada pengalaman pasien kami yg alergi krn wortel

  • Ny. Rusmani
    Posted Februari 27, 2012 9:46 pm

    malam dok,
    sy 47 th telah operasi artroscopy 18 feb 2012 di rs siaga raya jkt, ada bbrp pertanyaan yg mau di sampaikan dan masih memerlukan jawaban dari dokter :
    1. apa kesimpulan (penegakan diagnosa) dokter atas keluhan lutut saya setelah tindakan artroscopi tsb ?
    2. brp lama sy istirahat main tenis ? 1,5 bulan atau 6 bulan ?
    3. exercise atau latihan lutut apa yg harus dilakukan ( treadmil?, sepeda/statis?, jalan kaki? )agar tidak kaku karena istirahat terlalu lama ( krn sebelumnya sangat aktif tenis ) sehingga otot dan sendi tidak kaku ?
    4. apakah minum susu berkalsium tinggi (anlene) dpt membantu mempercepat penyembuhan ?

    Atas bantuan dokter Muki Partono SP.OT dan Team RS Siaga Raya Jakarta sy sampaikan terima kasih banyak.

    salam Ny.Rusmani, Samarinda

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 1:27 pm

      Bu Rusmani, diagnosis anda setelah diartroskopi adalah adanya robekan bantalan sebagian pada sisi depan , dan gambaran pengapuran grade 1-2, main tenis kembali setelah 1 1/2 bulan paska operasi dengan syarat otot paha ibu yg sisi operasi dgn yg normal hts sama diameter otot pahanya,latihan yg hrs dilakukan adalah utk penguatan otot2 paha, yaitu dengan sepeda statis, jalan kaki saja, susu berkalsium perlu dan tambahan ibu perlu glukosamin utk perbaikan rawan sendi lututnya yg mengalami luka.

  • nurma
    Posted Maret 2, 2012 4:11 pm

    saya mau tanya, ko akhir2 ini saya suka merasakan nyeri2 di lutut sebelah kanan pas di tengah2 nya. usia saya 26 tahun aktivitas kerja max 13jam saya berdiri belum lagi berat badan saya bertambah sekitar 5kg krna plg kerja cape lgsg makan dan tidur,apa yg harus di konsumsi agar lutut saya tidak nyeri lagi??apa ada hubungannya dgn penambahan berat badan??

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 9:42 am

      Keluhan anda berkaitan dengan pekerjaan dan penambahan berat badan, turunkan bera badan kembali ke posisi awal dan coba konsms kalsium danvitamin D3

  • Ika Nurhikmah
    Posted Maret 8, 2012 9:40 pm

    Saya wanita berusia 40 th. September 2010 hasil rontgen cervicalis saya adalah Spondylosis Cervicalis di C 3-7. Dan pada 10 Februari 2012 saya rontgen cervicalis ulang dengan hasil proses osteofit luas pada cervial, pada beberapa tempat menyatu. Kesan Spondiloarthrosis Cervicalis. Sekarang saya berobat ke dokter orthopedi dan diberi obat-obatan Barzepin, Celebrex,Mecobalamin 500 mg, Cilostazol 50 mg, Eperisone HCL, Neurobion 5000. Saya juga diberi obat yg menurut dokter segolongan morphin (saya lupa namanya) dengan dosis 3 x 1/4 tablet. Dia tidak menyarankan untuk operasi. Keluhan yang saya rasa nyeri di kepala, telinga, leher bahu sampai lengan, punggung, pinggang, pinggul, paha sampai betis. Terkadang tungkai terasa lemah. Kesemutan yang kadang terasa di seluruh tubuh, sampai kepala, di telapak tangan dan kaki terasa tebal. Oktober 2010 pun saya didiagnosa Tetraspastisit dengan dugaan lesi di C 5-7 (hasil EMG). Saat itu menurut dokter syaraf yang memeriksa saya terjadi adanya peningkatan refleks dan sensitifitas. Badan saya terasa sakit bila mendengar suara dan merasakan gerakan sekecil apapun. Indera perasa pun mengalami perubahan, seperti yang sebetulnya tidak asin bagi saya terasa asin. Bicara saya jadi cepat kadang tak terkedali (sulit berhenti). Kulit tangan, kaki, punggung merasakan sensasi perih seperti tersayat kadang seperti tertusuk ribuan jarum halus dan panas seperti terbakar. Oktober 2010 saya sudah MRI otak dan leher tapi hasilnya tidak ditemukan apa-apa. 5 Maret lalu saya di MRI Whole Spine namun hasilnya pun tidak ditemukan kelainan. Apakah ada hubungan antara Spondyloarthrosis Cervicalis dengan gejala-gejala kerusakan syaraf yang saya rasakan? Apakah bisa sembuh tanpa operasi? Termasuk stadium berapakah pengapuran saya? Kemungkinan terburuk apakah yang bisa terjadi? Apakah benar operasi di cervical itu terlalu tinggi resikonya? Terima kasih atas jawaban dan informasinya, Dok….

    • muki partono
      Posted Maret 9, 2012 8:55 am

      Sebaiknya kami periksa anda kam curiga anda menderita BAMBO SPINE kelainan terjadinya penyatuan dan kekakuan pada tulang belakan dari lehwr sampai tulang ekor,

      • Ika Nurhikmah
        Posted Maret 9, 2012 5:09 pm

        Terima kasih atas jawabannya dok…memang saya berniat mencari second opinion. Sebelum saya konsultasi langsung dg dokter, ??? beberapa hal yg ingin saya tanyakan. Jika benar saya menderita Bamboo Spine atau Ankylosing Spondylitis, bagaimana terapy pengobatannya? Menurut dokter apakah bisa disembuhkan? (Menurut yg saya baca di internet penyakit ini tidak bisa disembuhkan). Pemeriksaan apa lagi yg harus saya jalankan untuk memastikan kebenaran diagnosanya? Kemungkinan terburuk apakah yg bisa terjadi? Terima kasih…

  • jhon
    Posted Maret 15, 2012 5:32 pm

    Selamat malam dok, sebulan setengah yg lalu tulang pangkal paha saya patah akibat jatuh dari ketinggian, saya berobat tradisional ke ahli patah tulang, namun saat ini lutut saya hanya bisa ditekuk 90 derajat mungkin karena pada saat sakit selama 25 hari kaki saya tidak pernah ditekuk. Bagaimana solusinya dok? Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Maret 16, 2012 8:55 am

      Tak bisa menekuk akibat kekakuan jd, hrs lakukan fisioterapi, kalau kuran berhasil sebaiknya dimanipulasi dgn pembiusan ,lalu pakai alai CPM

  • Ny. Rusmani
    Posted Maret 19, 2012 9:12 pm

    terima kasih pak dokter muki partono atas jawaban yang sangat jelas dan memuaskan, semoga sukses selalu dan pelayanan dokter dan rs siaga raya tetap dipertahankan serta ditingkatkan salam dari rusmani dan kel. di samarinda kalimantan timur

  • arman
    Posted Maret 23, 2012 3:11 am

    Nenek saya diponis osteoartritis oleh dokter, beliau sering merasa nyeri pada pinggul sebelah kiri ketika hendak bangun tidur. kira2 ada gak obatnya selain operasi dok…. ditunggu jawabannya… thanks

    • muki partono
      Posted Maret 27, 2012 7:40 am

      Obat nyeri dan glukosamin yg hrs dikonsumsi rutin, bila dgn obat ini selama 1 bulan keluhan nenek anda sdh tak berkurang, artinya kondis osteoartritisnya sdh cukup parah sebaiknya konsultasikan ke dokter

  • suharto sarwan
    Posted April 10, 2012 1:03 pm

    Slmt diang dr muki partono, saya usia 59 tahun lebih bbrp bulan sejak tahun 2004 rutin menjalani haemodialisis 2 kali/minggu.Pada setengah tahun terakhir menderita nyeri sendi lutut kiri dan kanan juga sendi di telapak kaki kiri kanan. Saya sudah mencoba minum suplemen firbon plus sehari 2 kaplet tetapi tidak terlalu menolong. Mohon advis harus saya periksanakan kemana dokter.
    Terima kasih

    • muki partono
      Posted April 15, 2012 10:13 pm

      Anda harus konsultasi ke dokter tulang, kami punya pengalaman menangani kasus spt ini

  • putri
    Posted April 11, 2012 5:31 pm

    dkter..syaa mau tanya..papa saya sering merasakan sakit pada pangkal paha (dekat pantat) jika berdiri sbentar saja sudah sakit..kalau berjalan agak lama juga daerah pangkal paha tersebut sakit..namun, jika untuk berlari (olahraga tenis) tidak terasa sakit. sekarang ini sudah mengkonsumsi glukosamin. dan suka minum jus wortel.. bagaimana dok untuk pengobatannya?

    • muki partono
      Posted April 15, 2012 10:07 pm

      Nyeri pangkal paha bisa akibat kelainan di sendi panggul atau sebab lain misalnya penekanan saraf pinggang sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  • ali
    Posted April 13, 2012 2:51 pm

    Dok numpang tanya donk

    Kalau lutut dekat tempurung kaki, itu kl digerakan akan terdengar bunyi ‘krek-krek di tempurungnya itu berhubungan dengan osteoartritis ngak ya? sepertinya engselnya kering atau gimana?

    ini udah 1 mingguan sich, kukira ngak masalah cuma masih bunyi aja waktu digerakan engsel lututnya.

    Terima kasih

    • muki partono
      Posted April 14, 2012 9:40 am

      bunyi selama tdk nyeri tak perlu khawatir, tapi bila disertai nyeri dan bengkak harus konsultasikan ke dokter tulang

  • john
    Posted April 14, 2012 3:43 pm

    dok,saya john umur 41th kalau ada seperti angin jalan lalu berhenti di belikat kiri lalu tangan kiri diangkat ada nyeri di bahu kenapa ya?kadang juga kayak linu-linu ditulang belikat kanan kiri..solusi gimana ?dulu dikasi skelan agak lumayan.
    terima kasih

  • john
    Posted April 14, 2012 3:53 pm

    dok,saya john umur 41th kalau ada seperti angin di punggung jalan lalu berhenti di belikat kiri lalu tangan kiri diangkat ada nyeri di bahu kenapa ya?kadang juga kayak linu-linu ditulang belikat kanan kiri..solusi gimana ?dulu dikasi skelan agak lumayan.lalu untuk menjaga tulang sendi diusia saya apakah harus minum suplemen?
    terima kasih

  • nova
    Posted April 25, 2012 12:18 pm

    dok, ibu saya 56 tahun, divonis OA dikarenakan usia dan Overweight. Lalu kami ke dokter ahli tulang, dan disarankan utk melakukan prosedur Artroskopi debridement. apa benar biayanya sampai 72juta? setelah itu apa ada resiko lainnya?

  • Dewi
    Posted April 25, 2012 3:45 pm

    sore dok…aku mau tanya suamiku sudah hampir 5 bulan lebih merasakan sakit di pinggul…terutama jika bangun tidur…ngerasa ngilu..ia sudah berobat hampir 2 minggu sekali…tapi belum sembuh juga..apa yg harus kita lakukan lagi dok untuk penyembuhannya…apakah penyakit ini berbahaya…apa yg akan terjadi jika sakitnya tdk jua sembuh…mohon bantuan informasinya.
    thnks

    • muki partono
      Posted April 26, 2012 10:56 am

      kalau keluhan sdh 5 bulan sebaiknya dicari tahu penyebabnya jgn dibiarkan , mungkin perlu pemeriksaan lbh lanjut spt MRI , dll

  • Ade
    Posted April 28, 2012 8:13 pm

    dok, saya seorang mahasiswa yang berumur 20 tahun ingin bertanya kepada dokter.. saya mengalami cedera 1 tahun yg lalu pada saat bermain sepakbola. Lutut saya terpelintir (sepertinya) dan ada bunyi gesekan pada bagian lutut ketika kejadiian itu terjadi.. dan pada akhirnya cedera itu masih saya rasakan sampai sekarang. usaha yg saya lakukan hanyalah seputar pengobatan alternatif, seperti urut dan pemakaian obat herbal luar.. akan tetapi hal ini hanya ampuh untuk mengurangi rasa nyeri yang teramat sakit pada cedera saya saja.. sampai sekarang, apabila saya melakukan gerakan pada lutut, saya masih terasa sakit dan terkadang mengeluarkan bunyi seperti mempletakkan jari tangan yang sedang pegal.. mohon pencerahannya dokter, kira” saya mengalami penyakit sendi apa? dan apa solusi pengobatan sehingga lutut saya normal kembali?? saya mohon kejelasan jawabannya dokter.. thanks a lot.. :’)

    • muki partono
      Posted Mei 3, 2012 11:22 am

      anda mengalami cedera bantalan lutut , kalau ingin tuntas hrs dilakukan artroskopi , knp harus krn keluhannya sdh lama dan khas sekali gejalanya

  • aisa ibrahim
    Posted Mei 7, 2012 11:20 am

    selamat siang dok, sy mau konsul ttg penyakit OA lutut. ibu sy umurnya 66 tahun dan terkena OA lutut beliau sdh di rontgen dan pada tulang lutut sudah ada muncul tulang baru sehingga untuk berjalan sakit sekali…..
    yang ingin saya tanyakan apakah dengan operasi sakit nyeri pada lutut bisa diatasi dan berapa biaya operasinya dan di RS mana saja bisa dilakukan operasi dimaksud dan sebagai info ibu saya saat ini berdomisili di Provinsi Gorontalo terima kasih sebelumnya dok

    • muki partono
      Posted Mei 8, 2012 6:25 pm

      Pada Oa bisa kita lakukan operasi artroskopi atau ganti sendi lutut, mungkin yg anda maksud operasi artroskopi yaitu tindakan utk membersihkan lutut sehingga keluhan nyeri hilang , kami di jakarta bisa melakukan tindakan tersebut biaya kisaran 17-19 jtan utk klas 3

  • yaya
    Posted Mei 10, 2012 4:25 pm

    dok, sy mau tny.. kalau OA itu boleh olahraga apa saja ya, dok?
    apakah aman jika naik gunung?
    thx.

    • muki partono
      Posted Mei 11, 2012 8:25 am

      Olah raga yg dianjurkan berenang gaya bebas dan naik sepeda

      • yaya
        Posted Mei 11, 2012 7:55 pm

        jadi beresiko kah apabila naik gunung??

  • kak ina kl
    Posted Mei 18, 2012 6:11 pm

    terima kasih Dr Muki Partono kerana info mengenai osteoartritis ini sangat membantu saya yang terkena penyakit ini.

    salam dari Kuala Lumpur Malaysia

  • pika
    Posted Mei 21, 2012 1:42 am

    dok, saya wanita 20 tahun. awalnya saya jarang mengalami sakit di bagian punggung. namun 1 bulan terakhir sakitnya semakin parah. bukan hanya bagian punggung saja, lutut, jari tangan, bahu dan tulang rusuk juga terasa sakit hampir setiap saat. bagaimana mengatasinya dok?

    • muki partono
      Posted Mei 23, 2012 10:58 am

      kalau nyerinya sdh hampir seluruh bagian tubuh sebaiknya konsulasikan ke dokter utk memastikan kelainan dan pengobatannya

  • Tyas
    Posted Mei 23, 2012 9:48 am

    Selamat pagi Dok,
    saya berumur 24th TB150 BB45, sejak 2 tahun ini lutut saya berbunyi krek-krek, tapi tidak terasa nyeri. Nyeri terasa ketika BB 46 keatas.
    Sebelumnya kedua lutut yg berbunyi tp sekarang hanya lutut kiri. Dulu sering jatuh dg lutut kiri seringkali menjadi penahan benturan.
    Menurut dokter saya menderita apa? terus obat/pantangannya?
    terima kasih

    • muki partono
      Posted Mei 23, 2012 11:11 am

      kami menduga anda mengalami gejala cedera bantalan lutut, terutama kiri sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • ani
    Posted Mei 24, 2012 11:03 am

    maaf mau tanya berapa biaya untuk arthroscopy? tindakan itu apa ada d rshs bandung?

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 11:42 am

      kisaran 17-21 jtan klas 3 , kami rasa ada ,

  • Fonny Husada
    Posted Mei 29, 2012 11:25 am

    SElamat siang Dok..mau tanya mengenai mama saya (69 tahun)..sudah kira2 6 bulan lebih menderita sakit di tumit bwh kaki belakang kiri..ada bengkak ..sudah berobat ke dktr tulang dan dirontgen, ktnya ada tulang tumbuh..dan sudah dikasih bbrp macam obat, dan terapi ESWT, n fisioterapi..
    Tapi setelah melakukan terapi ESWT sesuai anjuran dktr , tidak ada perubahan..Hanya saja pada saat menjalani terapi, kaki jarang terasa nyut..nyut..tapi tetap tidak hilang sakitnya..akhirnya mama saya jadi bosen untuk terapi..

    Sekarang kalo dipakai jalan terlalu lama atau berdiri lama, rasa nyerinya seperti pd saat awal sebelum melakukan terapi..
    Sebagai info dibetis kaki baik kiri atau kanan itu memang banyak varises..
    Untuk permasalahan seperti ini, baiknya gimana ya dok? apa perlu untuk dioperasi? kalo mmg hrs dioperasi apakah tidak bahaya krn ada banyak varises..dan brp biayanya?

    Terimakasih
    Fonny

    • muki partono
      Posted Mei 31, 2012 7:11 pm

      kami menduga ibu anda menderita sakit lain biasanya adanya pengapuran pada pinggang yg menekan saraf yg manifestasinya nyeri pada tumit , saran konsultasikan ke dokter kembali

  • Reno
    Posted Mei 29, 2012 4:23 pm

    dok saya laki-laki 14 thn. kok sendi siku kiri saya setiap hari bunyi kretek,tulang bahu kanan&kiri saya bunyi setiap posisi tangan saya istirahat ditempat,tulang ekor saya ada tonjolan disebelah kanan..itu knp ya dok?? saya suka olahraga fitness(sesuai kemampuan saya),skateboard..mohon jawabannya terima kasih!

    • muki partono
      Posted Mei 31, 2012 7:09 pm

      saran sebaiknya seusia anda jangan ikut fitness dulu krn ototnya blm sempurna , sebaiknya ganti olah raga yg lain

  • razy
    Posted Mei 31, 2012 9:16 am

    dok saya terkena penyakit kaki leter x
    semenjak saya mngetahui klok saya ini terkena penyakit leter x,impian dan cita2 saya
    menjadi sperti anggota tni,polri,ipdn
    hancur smua dok,karna penykit kaki bntuk o dan x
    tidak di trima menjdi anggota polri dan tni
    bgaimna dok???
    apakah penyakit bntuk x ini bisa di smbuhkan?

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 11:13 am

      bentuk kaki X adalah variasi bentuk kaki manusia, jd tak usah risau anda mungkin lbh hebat jadi yg lain

  • ria
    Posted Juni 2, 2012 5:46 am

    dok, dari kecil lutut saya suka bunyi kalo mau jongkok dan sekarang usia saya sudah 21 bunyinya smakin besar.. kadang malu klo tiba2 jongkok terus bunyinya gede.. kira2 itu kenapa ya dok? Bisa berkurang atau hilang dengan minum susu kalsium yg menjaga persendian tulang?
    mau tanya juga, klo sering sakit punggung + sakit pinggang cara mengatasinya gimana dok? soalnya setiap ke kampus saya bawa tas punggung yg lumayan berat….

    btw, salut dok mau layani konsultasi lewat blog.. sukses selalu :)

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 10:49 am

      saran sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang , bunyi selama tdk menimbulkan nyeri tak perlu khawatir

  • Yunika
    Posted Juni 6, 2012 9:53 am

    Salam dokter, dok ibu saya umur 55 thn, beliau tiap pagi bahunya susah digerakkan / agak kaku, dan juga pada saat malam hari jika sudah tidur, bahu dan tangan jadi kaku, susah digerakkan. tetapi jika sudah agak siang kondisinya membaik, tangan dan bahunya bisa digerakkan secara normal. kondisi kakunya hanya saat pagi hari ataupun ketika bangun pada malam hari. Itu kenapa ya dok?apakah mama saya menderita rematik radang bahu atau perkapuran pada sendi bahunya?dan untuk pengobatan sebaiknya pengobatan apa.

    Terima kasih sebelumnya,
    Yunika

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 10:30 am

      kemungkinan ibu anda mengalami ekkauan bahu biasa terjadi pada usia lanjut saran . posisi tidur terlentang, konsumsi glukosamin dan latihan pendulum bahu,

  • Fransisca
    Posted Juni 16, 2012 1:12 pm

    Hello Dokter..
    Saya sudah berumur 51thn..keluhan saya adalah sakit2 badan tangan pegal dan kaku saat bangun pagi.. tapi setelah beberapa menit sudah normal lagi..
    hal ini terjadi setelah saya mulai bekerja dengan menggunakan tangan yang lebih banyak serta lebih banyak berdiri.. kira2 7 jam berdiri dan bekerja..
    pekerjaan ini baru 1 tahun ini, sebelumnya saya bekerja di kantoran aja..
    aduh dok.. cepat skali terasa banyak perubahan apalagi saat bangun pagi, dan sesudah nyetir agak lama..
    adakah obat untuk ini. atau apakah massage bisa ?
    Salam
    Fransisca

    • muki partono
      Posted Juni 18, 2012 7:25 pm

      keluhan anda akibat pekerjaan saran tidur di alas keras , atau lantai saja atau pakai papan, dan programkan berenang 1/minggu utk mengkompensasi darim aktifitas tulang berat yg cukup berat

      • fransisca
        Posted Juli 26, 2012 8:12 am

        terima kasih atas reply dokter,, yang sakit skali adalah telapak kaki kiri bagian belakangj dekat tumit..
        saya s udah pakai macam2 alas atau bantalan di spatu kerja saya..
        saya mau berusaha mengurangi berat tubuh saya.. skrang saya 70 kg tinggi 160.
        punggung tangan saya juga sakit pegal kalau bangun pagi..
        saat ini saya minum supplemen krill oil, glucosamine..
        saya mau mulai renang lagi..
        salam
        sisca

  • kusmiati
    Posted Juni 23, 2012 9:49 pm

    Dokter Mukti partono

    Saya ibu yang sudah berumur 50 tahun agak gemuk. suami saya sudah meninggal dan anak saya sudah berumah tangga terpisah dari saya. Untuk menopang hidup saya tetap usaha warung nasi. Namun saya nggak bisa jalan lancar karena saya merasakan nyeri yang sangat di persendian kaki. untuk jalan saya ngesot seperti orang menari yang terseot seot. saya pernah berobat kedokter dan didiagnosa osteotritis. namun belum juga sembuh. Walau saya terbatas dana saya akan melanjutkan berobat, namun saya tidak mengerti harus bagaimana yang terbaik. mohon bantuan dokter pengobatan yang terbaik untuk lutut saya dengan biaya yang minim namun bisa sembuh. Atas kebaikan dokter saya sampaikan terima kasih.

    sala
    kusmiati

    • muki partono
      Posted Juni 29, 2012 7:18 am

      Bu mengobatinya yang pasti ibu hrs turn bera badan sampa mendekati ideal, nanti baru ibu akan rasakan keluhan berkurang atau hikang sama sekali, itu cara yang paling murah, dan olah raga bersepeda lbh baik

  • Levii
    Posted Juli 2, 2012 9:46 pm

    dok ibu saya usia 47 tahun
    sering pegal di daerah lutut
    seringkali ia mengeluh pegal” saat berdiri setelah duduk lama

    riwayat fraktur 9thn lalu namun sudah sembuh total

    • muki partono
      Posted Juli 5, 2012 11:19 pm

      Ib anda menhalam gejala awal OA lutut , sebaiknya beroba kw doter tulang

  • Dedi wahyudi
    Posted Juli 11, 2012 9:44 am

    Doktr, lutut sy blum bsa di tekuk selama 2,5 blan pasca operasi pemsangan pen pda tulang paha dan tulang kering. Sy jga blum pernh mencoba buat jalan slama 2,5 blan ini karena takut trjdi hal yg tidak di inginkan. Terima kasih

    • muki partono
      Posted Juli 12, 2012 11:39 am

      memang belum boleh menjejakkan kaki , tapi sdh boleh menekuk, lbh giat lagi latihan menekuknya , saran sih sebaiknya konsultasi ke fisioterapis

  • abay
    Posted Juli 21, 2012 3:19 pm

    istri terkena OA,dan sewaktu kecil pernah cidera(patah),kemudian disarankan untuk operasi,yg ingin saya tanyakan untuk operasi butuh biaya berapa?dan dimana tempatnya,kalau di jakarta?terima kasih

    • muki partono
      Posted Juli 27, 2012 12:45 am

      Yg anda maksud operasi yg mana , penggantian sendi atau pencucian sendi lewat artroskopi, krn akan berbeda sekali baik estimasi biaya maupun cara menanganinya

  • INDRA DHARMAWAN
    Posted Juli 26, 2012 11:27 am

    Yth Dr. Muki Partono spOT

    usia saya 42th dok, sudah beberapa tahun belakangan ini sering terasa sakit sekali atau nyeri di lutut kaki sebelah kiri ketika bergerak pada saat tidur. dan kedua lutut berbunyi pada saat diluruskan setelah berjongkok atau duduk. belakangan ini lutut saya agak bengkak dan sakit pada saat ditekuk, seperti pada saat sholat. olah raga tennis apakah masih boleh dilakukan?. terima kasih.

    • muki partono
      Posted Juli 27, 2012 12:15 am

      Saran ganti dengan bersepeea atau berenang saja atau jalan santai

  • Afrizal
    Posted Juli 28, 2012 8:59 am

    Dok lutut saya suka bunyi kretek-kretek kalo sedang melakukan kegiatan seperti jongkok ke berdiri, itu kenapa ya? terus harus gimana? usia saya 22 tahun

    • muki partono
      Posted Juli 30, 2012 12:09 pm

      Hal yg wajar kadang banyak oang yg mengeluh seperti ini, yg penting tdk nyeri

  • Sandita
    Posted Juli 29, 2012 8:08 pm

    dokter, saya merasa ada yg aneh pada tulang kaki dan lutut saya. saya takut ini bisa berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan saya. tolong sarannya dok :)

    • muki partono
      Posted Juli 30, 2012 12:00 pm

      Kalau bicara tinggi badan kita hrs tahu apakah lempeng pertumbuhan yulang sdh menutup atau masih tbuka, carana dengan foto rontgen

  • Isnan
    Posted Agustus 9, 2012 12:34 am

    Saya pria berumur 41 tahun berat 57 kg tinggi 170 cm pernah terluka dibagian lutut sekitar tahun 1999. Sekitar 6 tahun lalu saya mulai merasakan rasa berat ketika berjalan tapi saya tidak terlalu perhatikan. Lama kelamaan saya mulai merasakan agak tidak kuat kalau berjalan jauh dan jalan saya mulai agak pincang. Masalah ini menjadi parah ketika suatu hari saya membawa tas yang berat dengan jarak yang cukup jauh. Saat itu saya sampai jalan terseok-seok (jalan sangat pincang). Hal ini berakibat fatal karena sejak saat itu saya tidak bisa lagi berjalan terlalu jauh (30 meter) karena kaki saya akan langsung kehilangan kekuatan (akan kembali kalau beristirahat sejenak), jalan pincang, susah naik tangga, kalau berjalan tersenggol sedikit mudah jatuh, dan kalau mau berdiri lutut berat sekali diangkat. Lutut juga sering berbunyi kalau berjalan. Rasa nyeri tidak terlalu terasa. Apakah ini termasuk OA ? Saya baru mengkonsumsi Osteokom dengan dosis 2×1. Apakah tindakan saya ini tepat ? Terimakasih atas jawabannya.

    • muki partono
      Posted Agustus 17, 2012 3:49 pm

      Kasus anda bisa 2 penyebab , pertama kelanan cedera lutut, dan kemungkinan kedua penekanan saraf ponggang saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • mery
    Posted Agustus 13, 2012 11:27 am

    Dear Dokter Muki…
    Sudah sebulan ini ibu saya mengalami sakit dibawah pinggul (bokong) sampai paha…
    Nyeri ini mengakibatkan ibu saya susah berjalan jauh atau berdiri lama…
    Bila duduk maka nyeri ini berkurang
    Mohon advise nya penyakit yg ibu saya derita

    • muki partono
      Posted Agustus 17, 2012 3:37 pm

      Ibu anda mengalami saraf pinggang terjepit yang kita sebut SPINAL STENOSIS, sebaiknya berobat ke dokter tulang, dan perlu obat nyeri, fisioterapi dan mungkin perlu MRI lmbal

      • nancy
        Posted Agustus 23, 2012 6:34 pm

        Yth.Dr Muki Partono
        ibu saya sudah beberapa minggu ini mengalami sakit di bawah pinggul(bokong)sampai ke kaki bawah. nyeri ini terjadi hanya pada saat ibu saya mau bangun dari tempat tidur
        tolong sarannya dok.Tx

        • muki partono
          Posted Oktober 10, 2012 12:28 pm

          gejala pengapuran tulang belakang yg menekan saraf pinggang , sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • alira
    Posted Agustus 24, 2012 8:38 pm

    Ass.
    Selamat malam dok, ayah saya, 55 thn (BB ideal), sudah 2 minggu mengeluh sakit nyeri (tanpa bengkak) lutut sebelah kanan. Apalagi ketika naik turun tangga dan bangun tidur terasa kaku, kami kira itu asam uratdan ke dokter penyakit dalam, tapi ternyata katanya pengapuran, lalu di beri obat oral glukosamin dll.
    Namun samapi obatnya habis, sakit lututnya belum sembuh benar, akhirnya kami memutuskan ke dok tulang, setelah diperiksa dokter menyarankan langsung disuntik (tanpa rontgen lbh dahulu), katanya lututnya seperti kurang pelumas. Yang ingin ditanyakan adalah:
    1. Apakah benar tindakan dokter tsb tanpa rontgen terlebih dahulu langsung memuuskan untuk disuntik? setahu saya suntikan malah bisa merusak tulang
    2. Latihan olahraga apa yg bisa membantu meringankan nyeri yang bisa dilakukan dirumah
    3. Apa efek negatif dari suntikan tsb? apakah bisa benar2 menghilangkan pengapuran? Bagaimana saran dokter, mengingat kami belum mengambil keputusan tuk disuntik.
    Terimakasih atas jawabannya.

    • muki partono
      Posted Oktober 1, 2012 12:04 pm

      Suntikan lutut jenis hyaluronic acid tdk menyebabkan keropos tulang, tanpa hrs foto rontgen tdk apa2 kalau memang masalahnya pengapuran, kecuali kalau kita berpikir diagnosis lain baru kita lakukan foto , olah raga yg baik adalah sepeda statis atau sepeda biasa, efek samping biasanya nyeri pada tempat suntikan, tujuan suntikannya bukan menghilangkan pengapuran tapi utk melumasi permukaan sendi yg sdh sedikit cairan sendinya

  • jimmy
    Posted Agustus 26, 2012 9:22 am

    Salam kenal

    Dokter.sy ingin menanyakan mengenai istri sy,katanya kena OA,( sendinya sakit spt di tusuk jarum ),kira 2x langkah apa yg hrs kami lakukan,agar lebih baik,istri sy berumur 49.
    terima kasih Dokter .

    • muki partono
      Posted Agustus 28, 2012 7:33 pm

      Konsumsi glukosamin dan lakukan fisioterapi,

  • Lusiana
    Posted Agustus 26, 2012 3:22 pm

    Dok mw ty ada keluarga saya ada yg kaki nya sakit,kalo lg kambuh bisa ga ???? jalan…??ª? di MRI kt nya tumbuh tulang muda di bagian tungkir…dianjurkan operasi tp tidak menjamin sembuh kalo gagal ???? lumpuh,tetapi ?ä?? tdk dioperasi jg lama2 ???? jd lumpuh…pasien ??ª? berumur 76 thn..minta saran nya dok…terima kasih!

    • muki partono
      Posted Oktober 1, 2012 11:59 am

      Operasi tdk bikin lumpuh kok pilih metode yg aman saran MED

  • arik
    Posted Agustus 29, 2012 12:09 pm

    Dokter….. saya ingin menanyakan mengenai penyakit sendi bapak saya, beliau berumur 67 tahun, tiap kali dipakai untuk sholat sakit banget…sendinya ndak bisa dilipat….solusinya pake kursi, saya lihat kaki sebelah kirinya sudah mulai bengkok dok….kira-kira langkah apa yang harus saya lakukan dok…? mengenai penyakit bapak saya…. sebelumnya saya mengucapkan trima kasih banyak dok atas info dan sarannya…..

    • muki partono
      Posted September 19, 2012 10:13 am

      ayah anda menderita pengapuran lutut yg sdh lanjut krn lututnya sdh mengalami pembengkokan , yg ideal dialkukan operasi penggantian lutut, utk lbh jelas sebaiknya konsultaskan ke dokter tulang

  • jiya
    Posted Agustus 30, 2012 7:04 am

    saya mau tanya doc,sakit cervical spine itu apakah bahayany????dan apakh bisa di sembuhkan kalu bisa bagaimana cara penyembuhany???karena usia saya 26th dn .ibu rmah tagga dengan 1 ank.saya selalu merasa leher bagian kanan saya sakit dn kaku di gerakan,sering migrain,dan tlang blkang tbuh saya bagian kanan merasakan sakit yang sangat dan tdk bisa hilang sakitny meskipun saya sudah periksa dan mndptkn obat dari dr???saya juga selalu susah tidurrr???saya jadi sering stres krna memikirkan sbnrny apa yg trjadi pada tbuh saya ini???

    • muki partono
      Posted September 18, 2012 5:58 pm

      Saran turunkan berat badan saja kembalimke posisi sebelum hamil , insya allah akan hilang keluhannya

  • DeZUL
    Posted Agustus 30, 2012 8:05 pm

    Salam Kenal Dok..

    Beberapa minggu ini, jari tangan saya sering kaku saat bangun pagi, dan sakit, sakitnya masih terasa hingga siang, tp kakunya sdh tidak..

    trus kalau push up, menulis, tangan dan jari gampang capek.

    leher sering pegal2 , klu digerakkan berbunyi baru terasa enakkan.

    telapak kaki juga sering pegal, apalagi kalu jalan lama.

    mohon informasinya dok, sudah bawa ke dokter juga tp informasinya masih krang memuaskan.

    • muki partono
      Posted September 11, 2012 6:00 pm

      Kami menduga anda mengalami pengapuran di leher yg menyebabkan penyempitan saraf d leher dampaknya adanya kekakuan dan kelemahan pada tangan dan kaki sebaiknya berobat ke dokter tulang mungkin anda perlu MRI Leher

  • UNTUNG
    Posted September 1, 2012 1:28 pm

    DOK, KEDUA LUTUT SAYA SAKIT KALO NAIK TANGGA, DAN KALO DIBENGKOKAN BUNYI SUARA KRETEK, PENGOBATAN APA YG PERLU SAYA LAKUKAN..? TERIMA KASIH

    • muki partono
      Posted September 10, 2012 12:59 pm

      Sebaiknya konsumsi glukosamin 1500 mg perhari selama 1 bulan , nant kita lihat respon pengobatannya

  • nita
    Posted September 6, 2012 11:12 am

    Dok…saya berumur 32thn…lutut kiri saya selalu terasa nyeri..pernah saya periksakan ke dokter fisioterapi…katanya ada gejala OA…tp dokternya jg heran seumur saya kok sdh kena gejala OA.
    Ternyata hal tersebut ada faktor keturunan dr ibu saya…karena ibu saya sendiri pernah dioperasi lututny utk penanaman bibit apa gt di lutut.
    Yang mau saya tanyakan solusi apa utk mengobati nyeri di lutut saya dok…karena saya takut kalo nantinya bakalan dioperasi seperti ibu saya.
    Perlu diketahui saya setiap hari sudah mengkonsumsi obat oste…tp lutut saya masih terasa nyeri dan berat buat jalan dok..
    Apa yang harus saya lakukan utk meredakan nyeri dan linu di lutut saya dok?
    Klo disuntik…tuh disuntik apa ya dok? Ada efek sampingnya ga?

    Makasih byk dok utk jawabannya..

    • muki partono
      Posted September 7, 2012 5:09 pm

      Kalau usia muda mengeluh lutut dan sdh konsumsi glukosamn masih nyer ada 2 kemungkinan kelainan asalnya dari pinggang yg menjalar ke lutut atau ada cedera robekan bantalan di lutut, sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  • Rina
    Posted September 9, 2012 7:33 pm

    Dokter Saya berumur 21 tahun, sudah 3 bulan belakangan ini saya mengalami keluhan saat ingin meluruskan llutut kiri saya setelah ditekuk lutut saya selalu sakit. Saya sudah pernah ke dokter spesialis ortopedi, tapi kata dokter tsb saya hanya kurang olahraga, tapi kalo kurang olahraga seharusnya logika nya dua lutut saya sakit, sedangkan ini hanya lutut kiri saya saja. Menurut saya riwayat trauma lutut saya tidak pernah. Menurut dokter mengapa saya mengalami sakit ini? Dan apa yg harus saya lakukan? Terimakasih dok

    • muki partono
      Posted September 10, 2012 8:56 am

      Anda kemungkinan ada kelainan pada lutut walaupun tdk ada riwayat ceders, krn cedera pada lutut bisa akibat overuse atau overloading

  • Anggraini
    Posted September 11, 2012 2:57 pm

    Dokter,
    Saya pernah jadi pasien pak dokter saat menderita HNP.
    Selama hampir 2 bulan terakhir ini, terjadi pembengkakan pada sendi ke-2 pada jari telunjuk kanan.
    Sudah beberapa kali ke dokter Sp PD dan dokter Sp OT, menurut dokter yang saya derita ini adalah radang sendi karena reumatik.
    Saya diberikan obat-obatan antara lain Recolfar, Feldene salep, thrombopop, Famocied, Ketesse, Myonal dll. Sampai saat ini saya masih menggunakan obat tersebut.

    Saat ini sendi di jari telinjuk masih bengkak,tidak mau lurus, susah digerakkan dan sakit apabila disentuh.

    Hasil x-ray menunjukkan foto tulang manus normal.

    Saran dari dokter Sp OT, agar segera dilakukan operasi bedah.

    Sedangkan saran dari dokter Sp PD, agar diobati dulu sampai hilang rasa sakit dan bengkaknya.

    Terus terang, saya agak bingung dan ingin pendapat dari dr. Muki apa yang harus saya lakukan. Terimakasih.

    • muki partono
      Posted September 11, 2012 5:33 pm

      Kami tdk bisa memberi pendapat krn harus melihat dan memeriksa anda secara klinis, apakah sebenarnya penyebab kelainan pada jari telunjuk apakah masih ada kaitan reumatiknyanatau sebab lain spt trigger finger

  • yudia
    Posted September 13, 2012 10:48 am

    hello dokter,
    Saya ibu rumah tangga usia 35th, baru melahirkan secara caesar 3bulan 2minggu yang lalu (tinggi bdn saya 163cm; bb sebelum hamil 52kg, bb saat hamil 64kg, bb saat ini 59kg).
    Setelah melahirkan lutut saya sakit, dan kaku hingga saat ini, terutama bila ingin berdiri dari posisi duduk di kursi maupun di lantai. Terkadang dibagian panggul juga ikutan nyeri..

    Pertanyaan saya, apakah sakit ini dapat disembuhkan mengingat usia saya yg 35thn?

    Baru satu minggu ini saya minum suplemen @500mg sehari 2x yg mngandung glucosamine dan chondroitin.. Dan roller gel mngandung glucosamine..

    Terima kasih-yudia

    • muki partono
      Posted September 15, 2012 7:55 am

      Biasa spt ini keluhan pada ibu hamildan baru melahirkan , sebaiknya coba minum air putih yg cukup dan konsumsi kopi 1 cangkit sehari, dan kita lihat perkembangan selanjutnya

  • diella
    Posted September 17, 2012 1:48 pm

    Dear Dokter Muki,
    Saya baru saja melahirkan putra ke 2 bulan Juli kemaren,usia saya saat î?î 30 tahun. Sebelum kelahiran putra ke 2, saya sering merasa nyeri punggung bawah,mungkin bagian tulang ekor namun saya pikir itu hanya karena beban kehamilan. Namun sekarang malah nambah ?? bagian lutut ??? pergelangan kaki. Seringnya muncul setelah duduk (?? lantai maupun ?? kursi) ??? juga setelah tidur,sehingga kadang harus berjalan membungkuk untuk menahan rasa sakit tersebut. Apakah î?î ???? disebut OA? Kalo iya,apa ???? harus saya lakukan untuk mengobatinya?

    Oya kebetulan mama saya juga mengalami masalah ???? mirip,usia nya 53 tahun. Apakah sakit sendi dapat diturunkan secara genetis? Karena bila iya berarti saya harus mencegahnya terjadi pada buah hati saya juga.

    Atas saran ??? solusi ???? dokter berikan saya ucapkan terimakasih.
    -diella-

    • muki partono
      Posted September 18, 2012 5:12 pm

      Kelihan anda dan mama anda hampir mirip , kemungkinan besar anda berdua mengalam penekanan saraf pinggang hanya saja penyebabnya berbeda, kalau anda akibat bantalan yg lemah krn proses kehamilan dan mama anda akibat pengapuran pada pinggang yg menekan saraf

  • tesa
    Posted September 22, 2012 5:18 am

    Pagi Dok.
    Umur saya 24, tinggi badan 150 cm, dan berat 52 kg.
    Pekerjaan saya sering duduk seharian
    Sudah 2 hari ini, selangkangan paha sebelah kiri saya sakit, dan hari ini yang amat sakit sehabis bangun pagi, sulit dan sanagat sakit digerakkan,
    Jika saya menggerakkan kaki kanan atau bergeser dari tempat duduk saya saja, selangkangan paha kiri saya juga ikut sakit, kadang disertai nyeri di bagian bawah perut. Apa penyebabnya dok, dan bagaimana cara mengatasinya, terimakasih sebelumnya ya dok, tolong info ke email saya juga ya dok.

    • muki partono
      Posted September 22, 2012 11:10 am

      kemungkinan anda mengalami radang sendi atau sebab lain biasanya penekanan saraf pinggang , sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  • Indrawati Surachmad
    Posted Oktober 1, 2012 7:34 am

    Alhamdullilah ,ada media untuk berkonsultasi secara on line.
    Dokter ,saya wanita berusia 62 tahun ,besat badan 175 kg ,tinggi 153 cm ,dulu lutut saya sakit tetapi sekarang sudah baik.yang saya keluhkan sekarang ini adalah pergelangan kaki terasa sakit.Kegiatan saya setiap pagi olah raga sepeda ditempat dan yoga selama 1 jam . olah raga sepeda yang saya lakukan memang banyak menggerakkan pergelangan kaki , saya mengkonsumsi glucosamin 1500 setiap hari sudah berjalan satu tahun .Pertanyaan saya ,1. apakah olah raga saya , bisa saya gantikan dengan olah raga jalan kaki 2. apakah saya masih boleh mengkonsumsi glucosamin terus ? 3. Olah raga apakah yang paling baik buat penderita seperti saya ini.
    Trima kasih dokter .

    salam Indra

    • muki partono
      Posted Oktober 1, 2012 11:17 am

      Saran sepeda diganti jalan kaki saja dan berenang, glukosamin di lanjutkan saja

  • emilia mulimi
    Posted Oktober 9, 2012 8:58 am

    Dokter sy mau nanya sy usia 33th berat badan 59 tinggi 144 lutut sy sakit dua2nya wajar tdk sih dok sy punya penyakit spt itu sy dulu sering lari2 tiap pagi trus disaranin suntik lutut sm dokter kekuatan suntikan itu sampe berapa bulan dok atau buat seterusnya kekuatan suntikan trsebut

    • muki partono
      Posted Oktober 10, 2012 11:32 am

      coba lakukan penurunan berat badan , krn bebannya berlebihan pada lutut, olah raganya diganti dengan bersepeda saja, suntikan kami rasa belum perlu anda masih muda

  • lastri
    Posted Oktober 9, 2012 5:57 pm

    dok, mama saya 57 thn… suka nyeri pada lutut sebelah kiri… sebelumnya sempat jatuh luka pada mata kaki… hari ini di rongsten hasilnya pengkapuran… yang ingin saya tanyakan… apakah pengobatan yg harus dilakukan? sebelumnya sempat minum glukosamin 1000mg? apakah boleh untuk jalan2? terima kasih

    • muki partono
      Posted Oktober 10, 2012 11:28 am

      kalau didahului jatuh pasti menyebabkan luka pada lutut, sebaiknya konsultasikan krn dengan konsumsi glukosamin saja tdk cukup

  • alex
    Posted Oktober 16, 2012 9:49 pm

    dok, usia saya 37, Sejak sma hingga 2006 aktif olahraga sepak bola, seingat saya waktu SMA dulu lutut kanan pernah berbenturan sewaktu maen bola. Skr saya aktif bulutangkis.saya merasa lutut kanan terasa nyeri,linu dan kaku. apakah saya trkena OA? pengobatan apa yg harus dilakukan?

    • muki partono
      Posted November 7, 2012 10:42 am

      kami curiga anda mengalami cedera pada bantalan lutut yg tdk sembuh saran artroskopi lutut

  • Setyo
    Posted Oktober 17, 2012 9:49 pm

    Dok katanya saya terkena OA pada lutut karena lutut saya terasa kaku dan radang maka sama dokter diambil cairan pada lutut berwarna kekuningan.. Apakah hal itu tidak berbahaya ? Penyebab keluarnya cairan itu dari mana ya? Dokter saya bilang jika tidak diambil tulang rawannya menjadi rusak.. Apa benar dok?

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 11:02 am

      Cairan lutut berasal dari synovium, biasanya memang ada kalau produksinya berlebihan biasanya ada penyebab, biasanya peradangan Oa, bisa juga krn benda asing, atau cedera ligament atau cedera bantalan atau cedera pada tulang rawan, jd itu tdk berbahaya, justru yg perlu adalah cari tahu penyebabnya krn apa dadn pengobatannya disesuaikan denhan penyebabnya.cadiran berlebihan membuat nyeri dan kekakuan , bisa dibantu dengan kompres es dan latihan penguatan otot paha

  • mira irel yuujin
    Posted Oktober 19, 2012 5:27 am

    Dok,saya mau tanya tehnik relaksasi apa yang sering dilakukan pada pasien pasca bedah??