Hi dr.Muki,

Saya Vita usia 38thn 10bulan, wanita bekerja di pabrik (kantornya) sebagai Accounting. Kantor 4 lantai, dimana saya duduk di lantai 3, meeting sering di lantai 4 dan bos di lantai 2, sehingga aktivitas naik turun tangga sering.

2 tahun yang lalu pada saat saya bekeraja di kantor ini, lutut kiri saya sering sakit dan saya sudah ke dr tulang & di terapi dan sudah reda nyerinya sehingga tidak balik ke dr tsb.

Bulan lalu lutut kiri dan kanan terasa sakit (lebih sakit dari 2 tahun lalu) dan nyeri, sehingga saya langsung ke terapi saja tetapi tidak membaik.

Minggu lalu saya ke dr tulang dan beliau menyarankan untuk di radiologi. Hasil Radiologi : Kesan : Suggestive osteoarthritis genu bilateral grade 1. Osteochondroma pada tibia dextra.

Dokter tsb menyarankan untuk dibuang tumor jinak nya kalau membesar dan untuk tulangnya karena berbentuk O, maka disarankan untuk operasi memperbaiki posisinya. Notes : kalau dilihat bentuk kaki saya tidak terlihat O.

Saat ini hanya diberi vitamin Flexor 1×1 tetapi nyeri tidak berkurang (sampai sakit kepala).

Apa yang sebaiknya saya lakukan ? Terima kasih sebelumnya untuk saran dokter.

Salam,
Vita

Jawab : osteochondroma selama tdk mengganggu membuat nyeri tak perlu dioperasi, kalau OA nya sebanya diobati dengan konsumsi glukosamin