Kalau mendengar kata “OPERASI” yang ada dalam benak pikiran kita adalah  rasa takut, entah takut karena di sayat, takut disuntik, takut setelah dibius tak bangun lagi dan lain-lain.

Disisi lain usia yg sudah lanjut yang terbesit dalam pikiran untuk apa operasi kan sudah tua, nanti resiko operasinya berbahaya , percuma toh kan kalau orang sudah tua tidak perlu jalan2 , cukup di rumah saja.

Padahal kenyataannya saat ini angka harapan hidup manusia umumnya  di dunia dan khususnya di negara kita sudah semakin meningkat, untuk negara kita AHH (Angka Harapan Hidup) mencapai usia rata2 68 thn, dan tidak sedikit usia mencapai lebih dari rata2, BPS melaporkan penelitian pada 7 propinsi di negara kita termasuk Jakarta, ada sekitar 17,9 % usia lanjut, cukup besar ini jadi masalah serius karena usia lanjut diharapkan berkualitas , tidak lagi hanya di kursi roda, atau di rumah saja.

Sebenarnya apa sih “operasi“, operasi adalah suatu prosedur  tindakan yang dilakukan di kamar operasi , baik dengan sayatan atau , sayatan kecil, atau tanpa sayatan, dilakukan dengan pembiusan umum atau bius sebagian (epidural,spinal,blok) pasien sadar selama berlangsung operasi.

Sebelum orang menjalani tindakan operasi , ada beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan seperti darah, foto rontgen rekam jantung yang bertujuan untuk screening ,bila dijumpai kelainan maka dilakukan perbaikan agar persiapan operasi lbh baik dan resiko akibat tindakan pembiusan kita bisa hindari.

Dengan kemajuan ilmu kedokteran dan perkembangan farmasi saat ini obat2an untuk pembiusan sangat aman meskipun pada orang tua. Khususnya kasus2 bidang orthopedi ( berkaitan dengan tulang, sendi, urat) banyak berkaitan dengan usia senja, prinsip penanganannya adalah aktifitas sehari bebas dari nyeri dan hidup berkualitas.

Masalah tindakan operasi jg tdk seheboh yang dibayangkan, saat ini orang beranggapan kalau di operasi ada yang dipotong lah, di amputasi lah, itu tdk benar, tindakan medis saat ini relatif aman, krn ada tindakan yang tdk perlu menyayat (Reposisi), hanya sayatan kecil (minimal invasif), atau dengan bantuan kamera (endoskopi).

Pada gambar ini tampak kasus2 pada usia lanjut yang telah kami lakukan operasi 2 pada bidang Orthopedi, seperti

operasi ganti panggul sebagian (Hemiartroplasty), atau ganti panggul seluruhnya. pada foto ini tampak manula usia 83 thn yg mengalami patah tulang panggul kanan dan kiri, dan telah dilakukan operasi penggantian sendi sebagian

sekaligus , dgn pembiusan spinal dan hanya butuh operasi 2,5 jam  .Jadi operasi pada usia senja  ?? SIAPA TAKUT!!!!!!!!!!!!!!