Selamat siang Dok, Suami saya kaki kanannya bengkak setelah belajar berjalan dengan satu tongkat. Suami saya pada tgl 2 Juli 2010 mengalami Fraktur metatarsal II dan III pada kaki kanan sehingga dilakukan pemasangan 2 pen, tetapi kakinya tidak di gibs karena ada luka terbuka. Tgl 14 Agustus 2010 dokter yang merawat melakukan operasi pencabutan 2 pen tersebut. Pada pemeriksaan terakhir tgl 6 sept 2010 dokter menyatakan suami saya sudah harus belajar jalan dengan satu tongkat.
Tetapi kenapa setelah habis belajar jalan lebih dari 15 menit kaki kanannya bengkak ya dok ? Dan hari senin tgl 13 Sept 2010 saya ajak berenang, suami saya berenang sekitar 10 menit itupun sangat pelan dan hati-hati sekali tetapi malamnya kakinya bengkak, terutama sekitar mata kaki. Hal ini karena apa ya Dok ? Terima kasih sebelumnya.

kakiku.jpg (47 KB)

jawab ; menurut hemat saya ini kondisi yg wajar, mungkin dulu saat terpasang pen anda tdk jalan, shg begitu saat dicabut baru berjalan jd sudah  1 1/2 bulan tdk jalan dan saat ini sdh hampir 2 bulan, jdnya memang kadang bengka kalau sdh aktifitas  (jala,berenang) , kalau sdh bengkak artinya anda perlu istirahat dan kaki ditinggikan lbh tinggi dari jantung, dgn posisi tidur kaki diganjal dgn bantal