Dokter Muki yth,
saya sudah 3 kali kambuh sakit punggung akibat bersin, mengangkat beban dg membungkuk. rasa sakit berkurang setelah diurut tetapi jika lama duduk kemudian berdiri dari pinggul hingga telapak kaki ada yg narik. atau jika berdiri merasakan hal sama. hasil MRI saya:
Lordosis lumbal berkurang dan selain itu tidak terlihat formasi spur disemua korpus. Signal bone marrow seluruh korpus vertebrae masih baik dan tidak ada listesis maupun kompresi vertebre.
Pada L4/5 dan ?5/S1 terlihat penipisan dan penurunan diskusnya terutama disebabkan oleh dehidrasi nukleusnya dan juga disorganisasi signal serat annulus. Pada aspek posteriornya terlihat extrusi nukleus subligamen yg menyebabkan penonjolan ringan ligamen posterior yg mengiritasi dural. tdk ada perubahan signal flow CSF.
Tdk ada stenosis spinal dan selain itu neural foraminal cukup lapang. tdk ada hipertrofik faset maupun penebalan ligamen flava. Pedikel, lamina dan proseus masih baik demikian pula kompartemen posterior lainnya.
Kesimpulan: Terlihat herniasi disk subligamen L4/5 dan L5/S1 yg mengiritasi dural. Tidak ada intraforaminal nerve root entrapmen.
bisakah disembuhkan tanpa operasi?

jawab : perhatikan hasil ekspertisinya bahwa bantalan anda sdh extrusi, hanya tunggu waktu suatu saat akan pecah dan menekan hebat, sebaiknya di operasi jangan tunggu sampai sequesterasi, kapan kasus HNP yg tdk dioperasi bila masih disc bulging atau disc prutusi belum extrusi.