Saya mengalami kecelakaan lalu lintas pada tanggal 8 juni 2011, berdasarkan hasil roentgen pada hari itu juga (8 juni 2011)

Clavicula Sin AP
Hasil =
1.Cominuted fracture dengan displacement dan pemendekan os clavicula kiri.
2.Acromio-clavikular joint agak melebar.
3.Glenohumeralis kiri masih baik.
Kesan =
1.Fracture os clavicula kiri dengan separasi ringan acromio clavicular joint kiri.
Manus Dex
Shoulder Sin
Hasil =
1.Oblique fracture metacarpal digiti 3 dan 4 dengan posisi masih cukup stabil.

Esok harinya (9 juni 2011) saya konsultasikan dengan dokter spesialis ortopedi, ternyata saya harus menjalani operasi untuk tulang selangka. Karena keterbatasan biaya saya putuskan untuk berobat secara tradisional melalui orang yang ahli menangani patah tulang. Setelah 4 kali pengobatan secara dipijat selama 1 bulan, tulang selangka saya berdasarkan hasil pengamatannya telah menyambung kembali.
Setelah 40 hari saya berinisiatif untuk melakukan roentgen kembali (19 Juli 2011) guna melihat perkembangan tulang saya yang patah, ternyata hasilnya

Shoulder Sin
Hasil =
1.Klavikula kiri tampak fraktur, posisi fragmen distal dislokasi ke kaudal.
2.Sendi akromioklavikularis dan glenohumeralis kiri normal.
Kesan =
1.Fraktur klavikula kiri.

Berdasarkan kondisi saya per tanggal 19 Juli 2011.
Adakah ada alternatif lain (baik itu tindakan medis maupun nonmedis) tanpa operasi untuk melakukan penyambungan tulang klavikula saya yang patah?(Jika ada, mohon dokter rekomendasikan)..
Jika alternative satu-satunya operasi berapa lama proses penyembuhannya hingga tulang yang patah tersebut tersambung kembaliā€¦.
(Saya sertakan hasil rontgen terakhir)

DSC00565.JPG (41 KB)

jawab : tdk ada biarkan saja kalau memang mau menyambung akan menyambung butuh waktu lbh lama, hanya saja menyambungnya tumpang tindih