0815100041928.00 WIB - 16.00 WIB
Lokasi PraktekRSPI Puri Indah dan RS Jakarta

Dok, saya mau tanya, saya wanita berumur 22th, apakah tinggi badan saya masih bisa bertambah?apakah produk peninggi badan yang berupa sandal dengan prinsip akupuntur yang menstimulasi saraf pada kaki bisa menambah tinggi badan saya? apakah produk semacam itu bisa membahayakan tulang atau tidak?Terima kasih

kemungkinan kecil anda bia tinggi krn lempeng pertumbuhan sdh menutup, maalah metode penambahan tinggi dgn sandal silahkan mencoba, tapi rasanya sia-sia, kalau utk kesehatan mungkin baik

35 Comments

  • Ayub Rahman
    Posted Maret 26, 2010 1:07 pm

    dok sy (pria) memiliki keturunan kurang tinggi badan, tinggi saya hanya 153 cm, isteri saya tinggi 160 cm, dan saya punya anak lelaki umur 1,5 thn dan persis spt saya, saya mohon bantuan adakah, obat (asupan makanan) atau alat yang dapat memabantu menambah tinggi (pertumbuhan) badan anak saya.

    • muki partono
      Posted Maret 26, 2010 6:12 pm

      anak anda masih kecil tak perlu di berikan suplemen yang penting berikan asupan kalsium yg cukup sesuai usianya, tolong ajak aktifitas olah raga ,krn menurut penelitian aktifitas olah raga dpt memicu hormon pertumbuhan, tapi sebaiknya dilakukan rutin

  • Lani
    Posted September 17, 2010 9:23 am

    Saya 18thn.160cm.saya mau tinggi saya jd 170cm.apa msh bsa?tiap hr renang ama skipping , trus udah k dokter tulang.dksh obat osteocare . Apa msh bsa?saya mau jd pramugari.

    • muki partono
      Posted September 18, 2010 9:41 am

      sptnya agak susah , krn usia 18 thn biasanya pada wanita lempeng pertumbuhannya sdh menutup

  • rendy
    Posted Juni 22, 2011 3:23 am

    dok sya laki-laki 19 tahun tinggi saya 165cm.
    saya ingin menambah tinggi saya skitar 173cm.. apa bisa?
    kalau boleh dokter berikan saya masukan suatu gerakan2 rutin dan obat apa yg bs sya konsumsi.
    apakah skipping saja sudah cukup?

    saya memiliki wktu sdikit bahkan tidur ckup malam karna jadwal kuliah yg padat..
    jadi mungkin gerakan2 tertentu yg bsa sy lakukan pagi hari yg tidak terlalu membuang waktu dan energi. thx

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2011 10:24 am

      sebaiknya dilakukan pemerksaan foto rontgen dulu apakah bisa tambah tinggi lg apabila lempeng pertumbuhan menutup susah utk tambah tinggi,dan lakukan OR yg teratur agar hormon pertumbuhannya terpacu

      • rendy
        Posted Juni 22, 2011 2:21 pm

        apa fitnes juga merupakan salah satu OR teratur yg bisa nambah tinggi badan? saya rutin fitnes beban.
        apakah benar metode2 tambah tinggi badan yang menggunakan metode perenggangan tulang belakang di internet2 ckup efektif?
        untuk rontgen di daerah kelapa gading saya konsultasi dgn dokter siapa ya? thx

  • hendy
    Posted Agustus 27, 2011 10:29 am

    met pagi pak dokter…nama saya Hendy,saya mau nanya nih. tinggi badan saya 163 cm umur 16 thn. kalo dari perhitungan rumus tinggi badan laki-laki, tinggi badan laki-laki (TB ayah + TB ibu +13)/2 .saya hitung hasilnya 170 ke atas. apakah kalo pertumbuhan tinggi badan lambat saya tidak akan mendapatkan target 170 ke atas itu? padahal hasilnya nyata 170 ke atas.
    apakah pertumbuhan tinggi badan lambat,saya tidak akan bisa target 170 ke atas? jelaskan dong pak dokter…

    • muki partono
      Posted September 4, 2011 2:38 pm

      rumus yg anda pake belum berlalu umum , sebaiknya utk menilai tinggi kita hrs tahu lempeng pertumbuhan anda dan kadar hormon pertumbuhannya, tahunya dgn melakukan foto xray dan pemeriksaan darah , baru bisa jd patokan.mudah2an anda masih bisa tinggi 170 cm

    • ali muzaki
      Posted November 19, 2013 8:46 am

      umur saya 17thn apakah saya masih bisa tinggih lagi untuk menambah 10 cm

      • Muki Partono
        Posted Desember 1, 2013 2:30 am

        kalau laki2 masih bisa insya allah lakukan olahraga yg teratur dan isirahat tidur cukup

  • hendy
    Posted Agustus 27, 2011 10:30 am

    met pagi pak dokter…nama saya Hendy,saya mau nanya nih. tinggi badan saya 163 cm umur 16 thn. kalo dari perhitungan rumus tinggi badan laki-laki, tinggi badan laki-laki (TB ayah + TB ibu +13)/2 .saya hitung hasilnya 170 ke atas. apakah kalo pertumbuhan tinggi badan lambat saya tidak akan mendapatkan target 170 ke atas itu? padahal hasilnya nyata 170 ke atas.
    apakah pertumbuhan tinggi badan lambat,saya tidak akan bisa target 170 ke atas? jelaskan dong pak dokter…saya tunggu

  • komarudin
    Posted Oktober 13, 2011 8:01 pm

    dok q umur sudah 20 taun tp sejak usia ku 13 q g nambah tinggi knapa ya dok ayah ibuku pendek tp adik2 ku tinggi,tinggi ku 155 cm g pernah nambah sejak usia 13taun.q minta saran biar bisa tinggi dan q pengen tau penyebab knapa q g bisa tinggi terimakasih

    • muki partono
      Posted Oktober 15, 2011 12:54 am

      Agak sukar kalau memang ada riwayat orang tua yg pendek dan sdh usia 20 thn, probabilitynya kecil, tapinbisa dicoba dgn olah raga yg teraur 3x seminggu dan konsumsi kalsiummdan vit d3 jd, coba saja

  • Roni
    Posted Desember 16, 2011 6:42 pm

    dok umurku 14 tahun, sebentar lagi 15 tahun, tapi tinggi ku cuman 159, tinggi ayah 163 ibu 155 kira-kira masih bisa tamba tinggi berapa cm lagi yah??

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 10:18 am

      Bisa asalkan olah raganya yg rutin 3-4 kal / minggu, konsumsi susu dan vitamin D 3 serta mineral dan cukup protein

  • syara
    Posted Januari 5, 2013 6:44 am

    saya syara, usia saya 18 tahun.. tapi, saya merasa kurang PD karna tinggi badan saya kurang. kira-kira bisa gak ya, tinggi badan saya naik 3-5cm lagi ???
    saya malu ><.

    • muki partono
      Posted Januari 5, 2013 8:52 am

      bisa dicoba pakai alat penarik tinggi badan bisa sampai 6-7 cm hanya saja sifatnya tidak tetap

  • aras dewanto
    Posted Januari 16, 2013 12:27 am

    dok, saya aras berusia 24 tahun tinggi 164cm berat 58kg. saya mau nambah tinggi badan pake alat penarik tulang. apakah bisa brtambah tinggi saya dok? dan apakah kalau sudah nambah tinggi malah balik lagi ke tinggi awal (tidak permanen)?
    trima kasih dok

    • muki partono
      Posted Januari 16, 2013 1:54 pm

      kalau sdh dewasa sdh tdk mungkin tinggi bertambah tapi kalau dengan alat yg ditarik tulang belakang bisa bertanbah hanya sifatnya sementara kalau anda tdk tarik lagi akan kembali ke posisi semula

  • hudri
    Posted Maret 20, 2013 7:15 pm

    dok, umur saya 25 tahun, apakah dengan mengkonsumsi obat peninggi badan masih bisa berpengaruh pada kenaikan tinggi badan saya di usia 25 tahun? terimakasih sebelumnya.

    • muki partono
      Posted Maret 21, 2013 7:08 pm

      usia 25 tahun sdh matang jd tdk bisa tambah tinggi lg krn lempeng pertumbuhan yg membuat tulang jd tinggi dan lebar sdh menutup

  • topik
    Posted Mei 28, 2013 10:13 pm

    kalo ortopedi rutin di umur menginjak 20 thn apakah masih bisa tinggi dok ? kalo kita foto rontgen dan ternyata lempeng kita belum habis massanya apa yang semestinya saya lakukan ?

  • nitadamanik
    Posted Juni 22, 2013 2:05 pm

    dok,aku 16 th trus tinggi aku cman 155,gmana caranya supaya bisa tinggi …aku mw masuk sekolah yang persyaratan tingginya 160 an
    tolong dibantu

    • muki partono
      Posted Juni 24, 2013 7:42 pm

      pastikan apakah lempeng pertumbuhan sdh menutup atau belum , dengan pemeriksaan foto rontgen dulu kalau lempeng sdh menutup sdh tdk bisa tambah , kalau belum masih bisa tambah

  • roni
    Posted Agustus 12, 2013 8:25 am

    Dok obat ªþa? ???ª?? bisa cepat untuk pertumbuhan tulang, saya ??????a?????ªüü tinggi 175

    • muki partono
      Posted September 11, 2013 11:14 am

      Yg meticulous perlu bhuna Tulang adalah Olay raga setiap hari

  • san
    Posted Oktober 8, 2013 12:24 am

    saya, san umur 21 tggi 162. saya sudh usaha lbh kurg 1 thun dgn metode pemanjangan ruas, tp gk berhasil,, di suruh di metode ampe 3 bln rutin, tp saya gak rutin karna sibuk kuliah..apa yg mesti saya lakukan paling efektif agar brtmbh tggi skitar 5cm saja ? dan apakah obat perangsang hormon seperti grow up bagus dan tdk berefek smping ? mhon pencerahannya pak dktr,

    • muki partono
      Posted Oktober 14, 2013 11:33 am

      pada usia 21 tahun efek obat hormon tdk ada gunanya dan pemanjangan dgn metode ditarik kadang bermanfaat kadang tidak dan juga sifatnya sementara saran kalau mau tambah dilakukan operasi bone transport hanya saja jd lbh rumit

  • san
    Posted Oktober 8, 2013 12:26 am

    oh ya dok, apakah ada obat yg bagus dri kedokteran mengenai tumbuh tinggi bagi usia 21 tahun ?? kalu ada apa namanya dok, brapa hrganya ? trims,,

  • hasan
    Posted Januari 8, 2014 10:31 am

    Dok sy hasan 20 tahun. Tggi badan sy 165cm sy pengen bs lebih tinggi 5cm dr skrg dok. Pakai cara apa ya? Oprasipun tdk papa dok trims

    • Muki Partono
      Posted Januari 9, 2014 2:58 am

      sangat sukar membuat tinggi pada usia yg sdh dewasa 20 tahu pada laki2 biasanya lempeng pertumbuhan yg membuat tulang tinggi sdh menutup, operasi hanya dilakukan pada kasus rekonstruksi bukan kasus yg normal

  • bagus
    Posted Februari 14, 2014 8:35 am

    Dok maf sya hanya mncba bertnya…mslah tinggi bdan memang sangat mngganggu pkran sya…jujur sya krang pd dok..umur sya mei besok 24th..tpi sya pingin tinggi bdan msih bsa brtmbah kra2 bsa ga dok…pingin metode di tarik tapi sifatnya tidak per manen kan dok.nambah 2/3 cm jg g papa asal permnen…gmn dok?

    • Muki Partono
      Posted Februari 18, 2014 3:17 am

      sulit utk menambah tinggi bila sdh usia 24 tahun krn lempeng pertumbuhan menutup, krn penambahan tinggi permanen hanya bisa oleh penambahan tulang bukan jaringan penunjang tulang

Leave a Comment