0815100041928.00 WIB - 16.00 WIB
Lokasi PraktekRSPI Puri Indah dan RS Jakarta

Dear Dr.Mukti, pergelangan kaki keseleo karena lompat dr tangga, dan kaki tdk menapak. Krekk,,engkel kaki ke dalam,,hasil rongten,,tdk ada tulang yg retak/patah,,saya terapi urut, dan sdh 2 minggu nyerinya sdh hilang,,tp bengkak dipergelangan kaki belum kempes benar dan jalan msh dibantu tongkat. Obat apa yah dokter agar bengkak dipergelangan kaki (dr mata kaki luar s/d depan) bisa cepat kempes? thanks

sebaiknya di kompres es, memang bengkak pada pergelangan kaki lama bisa sampai 3 bulan krn memang daerah tsb aliran darahnya minim shg bila ada cedera dampaknya bengkak lama

139 Comments

  • Deni Halim
    Posted Maret 29, 2010 1:13 pm

    Thanks dr Mukti atas jawabannya,,artinya selama 3 bulan ini saya tdk boleh olah raga dulu yah,,karena selama ini saya olah raganya badminton.Jika sdh sembuh,,main badminton lagi gak apa2 kan?,oh ya,,terapi urut gak apa2 kan?

    • muki partono
      Posted Maret 30, 2010 9:13 am

      bila setelah istirahat dari olah raga anda lakukan olah raga lagi dan kembali keluhannya muncul artinya cedera lutut anda tdk menyembuh sempurna itu artinya anda perlu tindakan artroskopi utk memperbaiki

  • Deni Halim
    Posted Maret 30, 2010 9:58 am

    terima kasih atas nasehatnya dokter.
    Berikut ini hsl rongten:kedudukan tulang baik,bentuk struktur tulang baik,tdk tampak diskontinuitas tulang/lesi titik/blastik.Spur tajam di bag posterior calcaneus kiri.Persnedia talocruralis kiri baik.Celah sendi tdk menyempit.Jaringan lunak edematous. Kesan : Calcaneus spur kiri, tdk tampak fraktur – dislokasio.
    Sdh hampir 3 minggu bengkak di engkel kaki dan di atas jari msh blm kempes/normal,walaupun nyeri sdh hilang,,kira2 bahaya gak? dan selama ini kaki saya rendam di air hangat,,boleh gak? sekali lagi terima kasih atas saran dokter

    • muki partono
      Posted Maret 31, 2010 9:05 pm

      keluhan anda masih dalam batas wajar , silahkan dilanjutkan , tapi yg perlu diingat bahwa proses pembengkakan pada daerah mata kaki memang membutuhkan waktu yg lbh lama dari cedera pada tempat lain

  • astrie jogja
    Posted Mei 23, 2010 7:48 pm

    dear dkter.,
    stahun yang lalu saya, tjatuh dari spda mtor, bag mta kaki kanan saya skt, kmudian sya prikskan, tidak ad ap2 pa. kmdian 3 bln yg stlh kclkaan, sya mrasa ad yg nyeri pd kaki saya, saya prikskan lg, trnyta ad fraktur pda kaki saya, dr blg krna sdah lama dan bs jln, jd, hny butuh suplemen tulang sja.,.tp, tlg mta kaki sya skrg bngkak dok.,sbenarny ap pnybabnya? trmlsh sblmny.,.

    • muki partono
      Posted Mei 24, 2010 9:09 am

      sprain pada ankle memang membutuhkan penyembuhan yg agak lama, sebaiknya diperiksakan kembali mungkin anda perlu MRiI pada ankle utk memastikan kelainan yg terjadi, saya rasa masih ada hubungan dgn cedera 3bulan yg lalu

  • Prabu Karana
    Posted Mei 24, 2010 3:14 pm

    Dok.anckle saya terkilir waktu bermain basket,lalu mata kaki saya bengkak.Besok nya saya urut. Setelah di urut rasa sakit itu berkurang banyak. Tetapi mata kaki saya malah tambah bengkak hingga ke depan. Lalu apa yang harus lakukan agar bengkak pada kaki saya cepat kempes.

    • muki partono
      Posted Mei 26, 2010 4:07 pm

      jangan di urut, kompres es selama 5-7 hr, tambah dgn obat minum utk ngurangi bengkak

  • VEVAWANI
    Posted Juli 21, 2010 1:09 pm

    Dear dokter…
    anak saya ( 6 thn )sudah 8 hari ini pergelangan kaki nya bengkak,awal nya disekolah katanya kakinya terjepit di ayunan besi,2 hr kemudian kami bw ke tukang pijet..tetapi tukang pijet itu hanya memijat betis dan pahanya saja,dia bilang hanya melancarkan aliran darahnya,dan dia menyarankan agar kakinya dikompres tiap hari,jangan dipijet,tetapi sampai sekarang (8 hr)anak saya belum berani berdiri apalagi berjalankarena pergelan kakinya masih bengkak dan biru,dok..sampai kapan anak saya bs berjalan lg dan terapi apa yg bs membantunya memulihkan kakinya itu ? karena anak saya itu tergolong anak (ank lelaki)yg tidak tahan sakit,terimakasih

    • muki partono
      Posted Juli 21, 2010 3:08 pm

      sebaiknya anak ibu di foto rontgen tk memastikan ada patahn atau tdk krn anak2 khas sekali kalau blm mau jalan artinya nyeri sekali dan kemungkinan ada patah

  • vevawani
    Posted Juli 25, 2010 10:46 am

    Dear Dokter

    begitu saran dokter saya rontgen kakinya mmg ternyata retak dan bergeser pd pergelangan kakinya,akhirnya anak kami di tangani dokter ortopedi dan kt nya harus di opersai senin pagi jam 8 tgl 26 oleh Dr Erwin di Mitra keluarga,mendengar kt operasi saya sangat takut,kt dr operasinya untuk menggeser ( membetulkan posisi tergeser itu) tp mmg hrs dibius agar anak nya tdk merasa sakit.Saya mau tanya lg Dok, itu pembiusannya lokal atau total ? karena ank saya di harus kan puasa 7 jam sebelum operasi?

    terimakasih

  • vevawani
    Posted Juli 25, 2010 10:55 am

    Tolong jawab ya dok agar saya tenang,saya tinggal di surabaya, dan anak saya akan di operasai di Mitra Keluarga Surabaya oleh Dr Erwin Ramawan.TRIMS

  • yenyonyon
    Posted Juli 26, 2010 4:55 pm

    maaf dok klo benkak pda pergelangan kaki sudah seminggu lebih,tp awal na sudah diurut,sebaik nya obat yg diminum apa ya dok?
    sya jga blom bsa jlan nrmal tpi stelah dironcent tidak ada tulang yg patah ato retak,terimakasih

    • muki partono
      Posted Juli 29, 2010 10:27 am

      bengkak pada kaki walaupun tdk retak atau patah bisa saja terjadi dan pengalaman kami agak lama , anda minum obat utk menurunkan bengkak sebaiknya konsultasikan

  • Cori
    Posted Oktober 29, 2010 5:44 pm

    Dear dr Mukti…
    Sepuluh tahun yang lalu kaki kanan saya cedera waktu turun dari bis. Tiga bulan belakangan terasa sangat nyeri untuk berjalan, hasil rongten, diagnosanya Calcaneus Spur. Rehab Medik yang dilakukan belum ada kemajuan. Apa tindakan operasi memberi efek samping? Berapa lama masa pemulihan pasca operasi? Terima Kasih.

    • muki partono
      Posted Oktober 31, 2010 4:35 pm

      spur bila sdh diobati lbh 2 bln tdk berhasil, masih bisa kita coba dgn melakukan suntikan ,bila tdk berhasil juga operasi, efek samping tak ada

  • calvin
    Posted November 1, 2010 4:06 am

    dokter, 3 minggu lalu saya mengalami cedera ankle. karena tidak terlalu sakit saya biarkan bermain lagi.tapi waktu main lagi saat menendang bola engkel saya jadi sakit sekali. saya biarkan berapa hari.anehnya engkel saya kadang sakit kadang tidak. hingga akhirnya saya bawa ke tukang urut. sekarang dalam keadaan d perban dan suda minum obat. saya kira sakit hilang tapi ketika saya tekuk kaki ke belakang masi terasa sakit. kenapa bisa begitu dok? apakah engkel saya tidak parah? trima kasih dok

    • muki partono
      Posted November 1, 2010 9:13 am

      anda mengalami cedera ankle, banyak penyebabnya yg paling sering adanya pengapuran pada tulang ankle , sering kami jumpai pada pemain2 bola, sebaiknya ditangani dgn benar agar anda bisa tetap main bola secara optimal

  • calvin
    Posted November 2, 2010 5:39 am

    saya kurang mengerti dok. apa yang dimaksud pengapuran? apakah butuh waktu lama untuk sembuh total? karena minggu depan saya ada pertandingan. tukang urut bilang cedera saya bukan urat tetapi terkena tulang. sakitnya adalah di bagian atas engkel saja. saya rasa cedera saya berbeda dibanding cedera engkel biasanya. hal apa yang menyebabkan hal itu terkadi dok? apa mungkin karena saya paksakan bermain terus menerus? trima kasih banyak dok

  • Cindy
    Posted Desember 30, 2010 10:57 pm

    Dear Doctor,
    Dok saya seorang mahasiswi, seminggu lebih yang lalu saya mengalami kecelakaan di jalan dan lutut saya jatuh ketindihan motor. sakit sekali,setelahnya saya dirontgen dan kata dokter hasilnya tidak terjadi apa2 pada lutut saya. cuma bengkak dilutut, setelahnya saya mengkonsumsi obat dari dokter n pengobatan dengan salep trombopop di bengkak. dan pergi ke tukang urut 2 kali,, tapi smpai saat ini bengak masih belum kempes Dok, kaki belum bisa ditekuk lebih dari 90 derajat .rasanya sakit, yang ingin saya tanyakan . kenapa bengkak di lutut saya belum kempes2 ya Dok..apaah ini normal.. sebaiknya langkah apalagi yang harus saya tempuh, dan mungkin berapa lama lagi lutut saya akan kembali normal.
    terimakasih Dok. tolong mohon jawabannya.

    • muki partono
      Posted Desember 31, 2010 9:30 am

      hrsnya jgn diurut, kalaupun foto rontgen mengatakan tdk ada patah , blm tentu organ yg lain tdk apa2, krn di dalam sendi lutut masih banyak organ2 yg mungkin bisa cedera spt bantalan, tulang rawan , ligament yg dengan foto xray bila ada masalah tdk bisa terlihat, saran MRI lutut utk memastuikan kelainan di dalam sendi lutut anda baru kita bisa beri solusinya sementara jgn dilakukan urut lg, kompres es saja

  • Becky
    Posted Januari 7, 2011 6:40 pm

    Dok sy becky, waktu tgl 28 des yg lalu sy melahirkan,en memang mulai hamil usia 1 bln sy istirahat aja d tmpt tdr..trus stlh pulang d rmh sy jongkok wkt ambil koran eh kaki kanan sy uratnya kecetit di mata kaki kanan ada ruam warna merah ,stelah 3 hari diurut,eh malah tambah bengkak di tumit sy trus juga dibetis tambah sakit dan bengkak,apalagi dibuat jalan sakit skali. Tp kalo ditekuk2 sakitnya agak brkurang.. Biasanya brapa lama sembuh ya dok? Memang sy blm bw ke dokter..

    • muki partono
      Posted Januari 9, 2011 9:10 pm

      kalau cedera umumnya 1 1/2 bulan , khusus di daerah mata kaki lbh lama bisa sampai 3 bulan, sebaiknya utk memastikan kelainannya dikonsultasikan

  • Becky
    Posted Januari 7, 2011 8:33 pm

    Maaf dok yg bengkak di tumitnya ,mata kaki kanan bagian dalam .Suami sy nyaranin untuk minum vitamin dan obat nyeri kalo sakit.. Tolong djawab ya dok, trims

    • muki partono
      Posted Januari 9, 2011 9:08 pm

      boleh saja, tapi bila keluhan sdh lbh 1 1/2 bln bengkak dan nyeri tdk berkurang sebaiknya diperiksakan

  • arif
    Posted Januari 12, 2011 2:55 pm

    Dokter, anak saya baru saja jatuh kepleset. sudah 6 hari ini dia tidak mau berdiri apalagi jalan, umur anak saya 3 thn. Dia merasakan sakit di kaki sebelah kiri. tetapi dia masih bisa merangkak, menggerakkan kaki2nya kanan atau kiri, menekuk. bagaimana dok? saya belum melakukan x-ray

    • muki partono
      Posted Januari 13, 2011 10:31 pm

      sebaiknya demikian pastikan ada patah atau tidak kalau tdk akan sembuh dalam 1 minggu

  • Bangkit
    Posted Maret 17, 2011 3:12 pm

    siang Dok,

    Saya mengalami keseleo pergelangan kaki kiri ketika bermain futsal hari selasa kemaren tgl 14/03/2011 efeknya kaki saya bengkak dan meriang di malam kedua. sampai saat ini saya blm melakukan treatment urut seperti yg disarankan beberapa rekan, saya hanya mengoleskan cream pereda sakit yg banyak dijual di apotik dan kompres dgn air hangat. apakah memang perlu dan disarankan utk dilakukan pijat urut ? jika tidak, treatment apa yg harus saya lakukan ?

    • muki partono
      Posted Maret 18, 2011 9:21 pm

      apapun cedera yg dialami kompresnya harus es bukan air hangat, sampai 5-7 hr kedepan seelah itu baru kompres hangat, pngalaman kami pembengkakan pada ankle apapun sebabnya bengkaknya agak lama yg penting nyeri berangsur berkurang

      • rahmah
        Posted Februari 17, 2012 7:02 pm

        dok, kenapa harus dikompres pakai air dingin (es), kenapa bukan air hangat?

        • muki partono
          Posted Februari 19, 2012 10:10 am

          Air dingin membuat aliran darah disekitar daerah yg mengalami cedera berkurang shg mengurang bengkak, dan lbh nyeri memang, tap nanti. Jauh lbh nyaman dan lbh baik

  • faris
    Posted April 14, 2011 9:18 pm

    pak doktor waktu hari sabtu kemarin, saya mengalami kecelakaan, tabarakan enkel saya kena blm d ronsen sh tapi saya takutnya retak, kemarin sesudah saya d urut saya merasa baikan setelah beberpa hari sakitnya datang lgh seperti ada yang retak d mata kaki saya, sekarang keadaan enkel saya seperti panas di dlam bagaimana ya dok cara mengtasinya…… sblmnya trmakash ya dok

    • muki partono
      Posted April 15, 2011 2:52 pm

      jangan banyak jalan dulu dan kompres es saja dulu, kalau mau aman pastikan dengan foto rontgen apakah ada patah atau tidak krn penanganannya berbeda

  • rudi
    Posted Mei 11, 2011 11:00 am

    pak dokter,
    saya mengalami jatuh dari tangga 1,5 bulan yg lalu, tumit saya mengalami retak pada kaki kanan tapi alhamdulillah sudah baik karena saya sudah bisa memijakkan kaki saya dan bisa berjalan. tetapi berjalan saya belum normal karena pergelangan kaki saya masih bengkak dan bila berjalan masih terasa nyeri pada telapak kaki dan pergelangannya. tetapi bengkak tersebut terkadang kempes.
    apakah bengkak tersebut masih harus dikompres es? sedangkan saya takut kalo es tersebut bisa membuat tumit saya yang retak kambuh lagi. mohon sarannya pak dokter… trims

    • muki partono
      Posted Mei 19, 2011 8:01 pm

      pembengkakan pada daerah ankle butuh waktu lama, sebaiknya lanjutkan saja kompres esnya dan jangan ragu utk mobilisasi kalau bengkak terjadi nanti akan kempes esok harinya dan seterusnya akan jauh lbh baik

  • zanie
    Posted Mei 30, 2011 12:54 pm

    dok saya jatuh truz kaki saya mengalami engkel pada lutut saya, sudah saya urut tapi malah bengkak sampai sekarang bengkaknya lum kempes dan klo di gerakkan masih agak sakit rasanya syarafnya kenceng, apa harus di kompres es atau gimana? mohon bantuannya.

    • muki partono
      Posted Mei 30, 2011 2:54 pm

      lakukan foto rontgen utk memastikan apakah ada patah atau tidak sementara kompres esnya lanjut saja

  • Muhammad alkaff
    Posted Juni 7, 2011 8:05 pm

    Dok saya mau nanya , saya mengalami cedera engkel pada awal bulan mei yang lalu, jadi sekarang udah hampir 1 bulan.Saya udah urut 4 kali.
    Alhamdulillah rasa sakit nya agak berkurang,engkel nya juga udah kembali.Tapi saya maih merasakan sakit di daerah sebelah mata kaki,kata tukang urut itu masih ada pembengkakkan di urat nya yang didalam.
    Tolong kasih saran buat saya Dok,Thanks…..

    • muki partono
      Posted Juni 8, 2011 11:33 am

      cedera pada ankle memang kadang butuh waktu yg agak lama kadang bsia sampai 4-6 bulan jd hal yg wajar saja, sebaiknya di fotorontgen saja utk memastikan tdk ada kelainan pada tulangnya

  • Muhammad alkaff
    Posted Juni 10, 2011 12:02 am

    Sebaiknya rasa sakit di daerah engkel saya itu di apakan, apakah di kompres Es atau di rendam air hangat,,supaya lekas sembuh dok.
    apakah saya juga boleh jogging atau passing/tendang bola,buat menjaga stamina saya.

  • pik catur
    Posted Juni 23, 2011 6:30 pm

    dok,q mu tanya,kmaren saya maen bola dan engkelq trkilir,mata kakiy bngkak,lo dbwa brdiri trasa da yg mngganjal,sdah durut+dolesi trombop gel,trasa mngganjal n sakit bgt.itu gmn dok?tlg djlasin,thnks..

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 6:23 pm

      periksakan foto rontgen dulu pastikan tdk ada tulang yg patah, kalau tdk ada bisa jd krn pembengkakannya

  • euis nursanah
    Posted Juni 27, 2011 8:12 am

    dear doktor
    Dok sy jatuh dari motor, sikut sy yg kanan sendinya keseleo, sudah diurut 3 kl, skrg dah bisa digerakan nmun msh blm sampai pundah msh terasa nyeri, solusinya gmna atau obat apa yg bs memperlancar gerakan persendiaan…

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 5:32 pm

      pastikan dulu dgn foto rontgen apakah ada patah atau tdk, bila tdk baru boleh paksa menekuk, bila patah jangan dulu

  • Andi
    Posted Agustus 4, 2011 9:00 am

    Dok…anak saya lututnya kena sepeda..tapi tidak bengkak sudah di urut 2 kali belom sembuh,jalannya pincang,dan kakinya sebelah kiri tidak bisa diluruskan,sudah seminggu dok,gimana solusinya dok,mksa

    • muki partono
      Posted Agustus 4, 2011 11:33 am

      kompres es dulu saja, biasanya pada anak kalau masih nyeri dia tdk akan melakukan aktifitas yg membuat dirinya tdk nyaman , evaluas minggu depan

  • priska
    Posted Agustus 6, 2011 10:10 pm

    dok,saya mau tnya,3bln yg lalu saya jatuh dari motor dan engkel kaki kiri saya lepas,dan hasil rontgennya ,baik semua,ngga ada penyempitan,cuma tulang ujung engkel retak,kanan dan kiri,skrg saya sudah bisa jalan lagi,tp rasa perih di bagian engkel,dan jempol kaki saya masih susah di gerakan dan jalan jg masih sakit/masih nyeri,obatnya apa ya dok…supanya nyeri saya berkurng…
    tolng di jelaskan,thnks

    • muki partono
      Posted Agustus 8, 2011 7:18 am

      sebaiknya lakukan pemeriksaan rontgen, utk memastikan kondisi terakhir, apakah baik tdk ada perubahan posisi

  • surya
    Posted Agustus 8, 2011 8:15 pm

    Dok,istri saya dulu srempetan dengan motor,kakinya yang kena,telapak kaki atas,dijahit banyak dok,tapi dah sekitar 3mggu,bengkaknya,gak hilang2,klo buat aktvitas,bengkak,tapi klo bangun tidur pagi itu kempes,,gimana itu dok?

    • muki partono
      Posted Agustus 9, 2011 3:12 pm

      proses yg terjadi alamiah, jd lanjutkan saja terapinya nanti akan sembuh spt sediakala

  • Rizal Firmansyah
    Posted September 8, 2011 6:54 pm

    Dok saya mengalami terpeleset saat d’tangga, sesaat stlah kejadian, saya d’bw ke RS..hasil rontgent tdk ada tulang yg patah, sakit yg sy rasa sprti brdenyut”, bengkak pd kaki, dan tdk bs d’pkai brjalan, keesokan hari nya sy d’urut oleh tukang urut, hsilnya rasa brdenyut” pd kaki hilang bengkak nya hanya tinggal pada pergelangan kaki..setiap hari sy rendam air hangat dan d’balur dengan beras kencur… Sudah sminggu tp bengkak pd pergelangan kaki saya blm kempes dan sakit kalo posisi sy sdang brdiri pdahl sy pkai tongkat, sy blm bs brjalan dok, kira” knp ya dok? Dn penanganan yg hrs sy lakukn lbh lnjut bgaimana dok?

    • muki partono
      Posted September 10, 2011 8:34 am

      cedera pada ankle memang butuh waktu agak lama , sabar saja, kalau memang betul hasil fotonya tdk ada payah , kadang sampai 4 bulan

  • afandi
    Posted September 10, 2011 6:45 pm

    Dok, pd tgl 25/8/2011 ank saya jatuh dr tempat tdur, 2 hr kemudian lutut kananya bengkak dan jalanya agak pincang, sya bawa ketukang urut katanya keseleo, krna masih bengkak 3 hr kemudian sya bwa ke dr. jawabanya sama ( sdh sya kompres es ).tgl 3/9/11 saya urut lagi, tp sampai sekarang masih bengkak tapi jalanya sdh normal. apakah sya hrus urut lg atau mesti rotgen? umumnya berapa lama bengkak pda lutut anak?
    mohon jawabanya.

  • Rany
    Posted Oktober 2, 2011 3:55 pm

    Dok, 5 hari yg lalu (27/09/2011) saya mengalami keseleo pd engkel kaki kanan karena tidak menapak secara sempurna saat menuruni anak tangga yg agak tinggi jaraknya ke lantai (+/- 70 cm). Efek keseleo yg dirasakan, kaki jadi bengkak, memar, panas, dan nyeri. Karna harus tetap bekerja saya paksakan esok harinya utk berjalan, sebab bila saya tdk melakukan aktivitas, kaki saya rasanya semakin susah digerakkan. Sampai skrg kaki saya sdh mulai bisa berjalan dgn lancar, walau msh bengkak dan nyeri di mata kaki bagian dalam. Saya jg blm melakukan pengobatan medis apapun dok. Kalo diurut saya lbh banyak ragunya, apalagi dokter sepertinya tdk menganjurkan. Saya hanya menggunakan obat topikal utk meredakan bengkak dan minum suplemen kalsium utj tulang. Saya ingin tanya, apakah keseleo saya ini termasuk parah atau tidak ya dok? Dan berapa lama cedera kaki saya bisa sembuh? Terima ksh dok

    • muki partono
      Posted Oktober 4, 2011 3:02 am

      cedera sampai 3 minggu, sebaiknya pastikan apakah ada kelainan patah tulang atau tidak

  • egar
    Posted Oktober 19, 2011 12:45 am

    Dok tlg djwb.saya wktu maen futsal,saya melakukan lompatan.nah,disaat kaki saya menapak stlh melakukan lompatan,tiba2 paha bagian bawah atau lutut bagian bawah kakik saya ketarik…saya kira cmn kseleo biasa.stlh saya cba maen futsal lg,msh te2p ketarik(cekot2 gt lah).akhrx g brani cba lgi.gmn cara mengatasix?aq ngerasa koq aneh ya sm kakikq..thanks

    • muki partono
      Posted Oktober 19, 2011 5:57 pm

      Anda mengalami gejala cedera bantalan lutut sebaiknya diperiksa ke dokter tulang

  • egar
    Posted Oktober 19, 2011 4:17 am

    Nb: maaf ya dok :D saya uda pnh cba pijet 2x.trus aq olesin balsem..tp ngerasa msh g ada perbedaan,mskpun aq g brani nyoba maen futsal lg.ciri2x pkok kakikq ini..klo dbwt jogging sprint2 kcl g masalah,NAH klo uda aq ngototin kyk giring bola..sprint dll klo aq lepasin.g lama ktarik.anehx gt..gmn itu dok.maaf pjg lbr.tp jawaban anda saya harapkan utk tips dan saran.maksih

    • muki partono
      Posted Oktober 19, 2011 5:56 pm

      Saran sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang utk di evaluasi kembali kelainan anda

  • Nanang
    Posted November 7, 2011 3:18 am

    Dok,Saya jatuh dari tangga 10hari yg lalu,sudah di rontgen tumit dan mata kaki tidak ada yg retak.dalam 5 hari kaki sudah tidak sakit untuk digerakkan dan bengkak tinggal sedikit, tetapi saya jalan masih pakai tongkat penyangga karena kl untuk jalan msh sangat sakit dan belum bisa.kata teman disuruh paksa untuk berjalan tanpa tongkat,apakah kl saya paksa tidak berbahaya dok?trus kira2 berapa lama saya bisa berjalan?

    • muki partono
      Posted November 7, 2011 9:53 am

      Proses pembengkakan pd kaki memang agak lama kempesnya jd sabar, kalau memang di foto tdk ada yg patah/retak lanjtkan sajs jalan kalau memang nyeri perlu bantuan tongkat, jd jgn ikuti nasehat teman krn cedera masing2 orang blm tentu sams, jd sesuaikan dgn kemampuan berjalannya secara bertahap

  • martin
    Posted November 9, 2011 9:59 pm

    dok, hmpr 1 1/2 bln yg lalu, krn salah ‘mendarat’ wkt melompat dr ketinggian 1 mtran, tumit kaki kanan sy terjadi fraktur (hasil rontgen). 3 minggu yg lalu sy rontgen lg, & hasilnya fraktur sdh hmpr tdk terlihat lg. tapi, smp saat ini pembengkakan pd bagian tsb trmsk pd jari2 kaki msh ada; bengkaknya berwarna coklat kemerahan. pertanyaan sy: 1. apkh pembengkakan ini wajar, dok? 2. butuh brp lama bengkak ini turun ya, dok? 3. apkh ketika sdh tdk bengkak lg, berarti sy sdh bs belajar berjalan, dok? trm ksh utk perhatian dokter!

    • muki partono
      Posted November 9, 2011 11:27 pm

      Bengkak pd daerah ankle butuh waktu lbh lama bisa sampai 4 bln

  • asep
    Posted November 14, 2011 10:14 pm

    dok saya keclkan awal april lalu,udah d rotgen, ga patah cuma memar tulang (sompel),bgian lutut saya keseleo parah 1 bulan ga bsa jalan ,truz d terapi urut agak lumayan tp sampai sekarng novembr kaki saya bengkak gak ilang2 n saya hnya bisa jalan gak bisa lari,bgian paha kelihatan beda ma yg kanan ,agak kecil ,saya ketakutan dok !tlng penjelasan nya ,terima kasih dok!

  • Pak Di
    Posted November 20, 2011 6:56 am

    dr Muki Yang Terhormat,saya jatuh,pertama bengkak dibawah mata kaki kiri sebelah dalam (langsung nggak bisa jalan)setelah diurut kelihatan bengkak mulai jari hingga engkle. Sekarang (+/- 1 bln)uda bisa jalan tapi agak sakit,bengkak dibawah mata kaki(dalam) ngak pernah kempes dan kadang kadang nyeri.gmn menurut analisa dokter,trims semoga Allah selalu melimpahkan rahmadnya tuk dokter sekeluarga.

    • muki partono
      Posted November 20, 2011 3:48 pm

      Pastikan tidak ada patah dgn melakukan foto rontgen , kalau hasilnya tdk ada patah ya lanjutkan saja, biasanya proses pembengkwkan pada mata kaki lama butu 4 bulan, kalau hasilnya patahsebaiknya berobat ke dokter tulang

  • erick
    Posted November 24, 2011 1:46 pm

    salam dok, sy co,34 th.udh 40 hr jatuh dr tangga bambu tinggi 3m.udh d rontsen hslnya baik,d ksh obat selama 2mggu tp smp skrg kaki kiri saya blm ada perobahan, mash terasa ngilu dan nyeri d telapak kaki dan d bwh mata kaki , msh bengkak dan memar d punggung telapak kaki dan ujung tumit.selama ini sy cm kompres pke air panas. sebelumnya saya jg udh asam urat pd kaki kanan.mohon saran dokter apa yg hrs sy lakukan.

    • muki partono
      Posted November 24, 2011 2:07 pm

      kompresnya jgn air hangat tapi kompres dingin pake es, dan sabar saja bengkak di daerah ankle memang butuh waktu yg lama kira2 4 bulan

  • Muhammad Alkaff
    Posted Desember 11, 2011 3:20 pm

    Dok , Saya mau nanya cedera engkel yang dulu saya alami sudah sampai 7bulan. Walaupun saya sekarang sudah aktif lagi bermain futsal dari bulan juli lalu. Tapi setiap selesai main , kadang-kadang saya masih merasakan sakit di engekel ?
    Apa yang terjadi dok ? Tolong info dan saran nya.

    • muki partono
      Posted Desember 12, 2011 8:20 am

      Sebaiknya dilakukan MRI ankle, kalau memang sdh di foto rontgen tdk terlihat ada kelainan, mnrt hemat kami anda mengalami cedera yg belum sembuh

  • Muhammad Alkaff
    Posted Desember 13, 2011 8:22 pm

    Apakah bagus juga dok, kalau cedera engkel ini minum Glokusamin ??
    Atau obat apa biar mempercepar persembuhan cedera saya ini?

  • Samuel Jong
    Posted Desember 17, 2011 5:38 pm

    Dok, apa bedanya kompres dengan es dan air panas?

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 8:56 am

      Kompres es utk. Cedera baru (aku), 2 x 24 jam pertama jgn diurut dan kompres es bila perlu lanjutkan sampai 10 hr utk mencegah pembengkakan lbh besar, kompres hangat sebaliknya utk kasus yg kronik, tujuannya spt otot lbh lentur, krn membuat aliran darah lbh baik

  • Denny
    Posted Januari 5, 2012 2:27 pm

    Dear Dr.Mukti.
    sekitar satu bulan lalu saya mengalami keselo Pergelangan kaki sebelah kanan, yg saya dapat saat bermain badminton. pada saat keseleo saya sedikit merasakan ada Otot / Urat yang tertarik pada bagian punggung saya. pada awal nya tidak terasa apa2. lama kelamaan bagian punggung saya terasa sakit saat memutar badan. tetapi setelah di Urut / di pukul sedikit atau angkat beban berat tidak terasa sakit. hanya saat memutar badan ke kiri dan kanan. Mohon Pencerahan nya Dok apakah ada hubungan dengan keseleo kaki atau ada penyakit lain dalam tubuh saya. saya takutnya ginjal dok

  • meisia
    Posted Januari 8, 2012 8:47 pm

    dear dok.mukti.
    dok, seminggu lalu kaki sepupu saya menabrak tiang sewaktu dia lari”..dia mengeluh salah satu jarinya sakit..jadi saya membunyikan jarinya dan mengurut”nya..
    sewaktu di ronsen, ternyata tulangnya retak.
    apakah gara” saya urut begitu dok?
    lalu kakinya dibalut dan sekarang dia alergi serta sekitar jari yang sakit berwarna merah kehitaman..apakah itu parah dok?
    dan apakah gara” saya urut?

    • muki partono
      Posted Januari 10, 2012 12:03 am

      Bila terjaadi trauma akut apakah patah atau retzk atau memar, sebaiknya tdk boleh diurut 2 x 24 jam pertama, krn akan tambah bengkak, warna merah kehitaman mudah2 an hanya memar saja, tapi utk memastikan sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • dona
    Posted Januari 9, 2012 4:49 pm

    assalamu’alaykum.dok,saya 14 hari yang lalu kaki saya keseleo waktu menginjak tangga akhirnya saya terjatuh . saya sempat diurut 3 hari dan kemudian saya berobat kedokter orthopedi. hasil rontgsen ada 2 titik yang retak ( satu didtulang dekat jari kelingking pada kaki sebelah kiri dan satu lagi di dekat tulang ibu jari pada kaki kanan). dokter menyarankan saya untuk istirahat total 3 minggu dan dikasih obat , truskaki saya tidakdibungkus dibiarkan saja. alhamdulillah sakit nya hanya sedikit. dok ada yang mau saya tanyakan:
    1. apa salah jika selama 3 minggu saya klo berjalan hanya pada titik yang tidak retak saja?

    2. kenapa klo saya banyak berjalan kaki saya makin membengkak, tapi klo banyak istirahat kempis lagi ? baiknya bagaimana dok?

    3. trus setelah 3minggu apakah saya sudah harus belajar menginjakkan titik yang retak itu?

    4. trus setelah 3 minggu apa boleh saya beraktifitas lagi ( profesi saya pengajar dok ) ?

    • muki partono
      Posted Januari 9, 2012 11:53 pm

      Proses penulangan sdh mulai 3 minggu alasan knp , jgn jalan dulu, kalau jalan tambah bengkak ya wajar saja,setelah itu boleh aktifitas dibantu dgn tongkat atau tdk tergantung kondisi anda, bisa mengajar kembali

  • wadhis swiriyanti
    Posted Januari 21, 2012 9:23 pm

    dokter…
    swami sy dah 2 mgg ini jatuh dr KA, trus stlh di-rontgsen katanya retak trus dislokasi (lepas dr tuang kering). dah di-operas1, stlh plg kok masih bengkak ya?
    kira2 berapa lama bs aktifitas kembali, dan bs naik sepeda mtr n mobil??
    sy kwatir sekali, kasian swami..
    makasih.

    • muki partono
      Posted Januari 24, 2012 10:49 am

      bengkak habis op pada daerah tulang kering hal yg biasa kadang bisa sampai 4 bulan, tdk usah khawatir, lanjutkan saja pengobatannya, bisa berjalan kembali semula kira2 4-5 bulan sabar saja

  • asya
    Posted Januari 23, 2012 12:47 am

    ass dok, saya 23 th, akhir tahun kemaren saya jatoh saat turun tangga, dan pergelangan kaki saya terlikir dan bengkak, setelah ronsen tulangnya aman2 saja, namun sekarang masih bengkak, kaku dan belum bisa ditekuk kebawah (spt menginjak pedal gas).apa yang harus saya lakukan dok?
    dan jika saya nantinya perlu berjalan jauh, apakah membantu jika saya menggunakan ankle brace dok?
    terimakasih sblmnya

    • muki partono
      Posted Januari 24, 2012 11:09 am

      cedera pada ankle butuh waktu 3 bulan utk pemulihan, sabar saja, kalau mau pake ankle brace sebaiknya tunggu sampai bengkak hilang

  • anggie
    Posted Februari 1, 2012 3:39 pm

    dok,kemaren saya turun dari motor, trus jari kaki terasa agak terkeles gitu, karna waktu itu saya pakai sepatu yang mempuyai “hak”. setelah itu tidak sakit lagi. setelah beberapa minggu jari telunjuk kaki saya agak sakit, tetapi tetap bisa di gerakkan. bagaiamana membedakan jari kaki patah dan keseleo dok??

    • muki partono
      Posted Februari 2, 2012 1:11 pm

      Sebaiknya dilakukan foto rontgen

  • anggie
    Posted Februari 3, 2012 4:55 pm

    menyambung pertanyyan kemaren dok,apa ada efekny kalo di biarin? apa kalo jari kaki patah masih bisa di gerakkan?sekarang bengkaknya usah berkurang. kalo patah, apakah harus di operasi dok?

  • brandon
    Posted Februari 22, 2012 9:13 pm

    pak dokter….kenapa ya saya engkel sudah hampir 3 bulan tapi bengkak nya kok ga hilang total ya??

    • muki partono
      Posted Februari 23, 2012 8:22 am

      Pembengkakan daeah ankle memang butuh waktu agak lama, pastikan dulu tdk ada yg patah, kalau memang tdk ada yg patah, sabar saja proses bengkaknya perl wakt 4 bln

  • faridah
    Posted Februari 23, 2012 6:07 pm

    Dr. sy mo tnya, sya jth dr sepeda mtr, pergelangan kaki kanan saya g bs jln skt. gt jatuh sy lgsg dkusuk. kt tukang kusuk cm terkilir kecil, jg uda saya ronsen kt Dr g ada yg pth cm trkilirny msk x kdlm. skrg sy trapi kusuk emg brkrg tp msh bngkak, jln saya blm smprna. uda 1 lbh Dr, sbnrny knp Dr kaki sya dan apa solusiny. sy tgu jwbanny terima kasih

    • muki partono
      Posted Februari 25, 2012 12:21 am

      Kalau memanag di foto tdk ada yg patah, sabar saja memar cedera pada daerah ankle butuh waktu 4 bulanutk penyembuhannya

  • sarif abdul
    Posted Maret 1, 2012 9:54 am

    dok, z mau nanya, empat bulan kemarin z terjatuh di lapangan dan menyebabkan lutut z sakit, dengan cara apa z bisa tempuh untuk menghilangkan nyeri pada lutut z !!!

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 9:55 am

      Kalau sdh 4 ln tdm sembuh juga artinya aa robekan bantalan, sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi utk memastikan kelainan dan sekaligus memperbaikinya

  • Ongky
    Posted Maret 10, 2012 2:19 am

    Halo Dok… 2 minggu lalu saya jatuh dr sepeda krn hobi saya downhill. Waktu itu saya terpeleset dgn posisi kaki kiri menahan jatuh, tp sepertinya telapak kaki tertekuk ke dalam.. hslnya; telapak kaki saya memar, bagian atas bengkak & buat menapak sakit. Waktu itu tdk langsung saya kompres dgn es, malah saya urut minta bantuan teman yg ahli urut. Sepertinya tindakan ini salah ya Dok? Selama ini kaki saya paksakan utk beraktivitas seperti biasa krn saya sdh bekerja. Sdh saya kompres dgn es tiap hari, & sendi2 jari serta pergelangan kaki saya coba sedikit2 digerakkan. Sekarang memar di telapak kaki sdh sembuh, & berjalan juga sdh lumayan meski kadang kalo salah posisi msh terasa nyeri di telapak kaki, & kadang kaki keseluruhan jadi pegal, cuma bengkaknya kok tdk berkurang ya Dok? Apa nama obat apa yg bisa mengurangi bengkaknya? Apa kompres es masih perlu dilakukan? Terima kasih jawaban Dokter.

    • muki partono
      Posted Maret 11, 2012 2:49 pm

      Lanjutkan saja terapinya sdh benar, pembengkakakn pada kaki perlu waktu 4 bln jd harap sabar

  • Brandon xuns
    Posted Maret 13, 2012 10:08 am

    Dok.selama proses penghilangan bengkak d kaki yg cidera engkel
    Apakah masih boleh olah raga jogging,lompat tali,basket,or fitnes??atau
    Harus istirahat sampe benar” sembuh total?
    Mau d urut or biarin Aja ya?
    Terima kasih dok gbu

    • muki partono
      Posted Maret 16, 2012 9:03 am

      Sebaiknyan jangan dulu, cukup sampai 11/2 bln paska trauma, jgn diurut, biarkan kempes secara alamiah butuh kadang sampai 4 bln

  • brandon
    Posted Maret 13, 2012 8:56 pm

    dok,saya sudah cidera hampir 4 bulan.tp di pergelangan masih bengkak dikit,dan skr masa pemulihan bengkak masi boleh fitnes,jogging,basket or lompat tali ga??atau mau tggu sampai ga bengkak bru blh beraktivitas kembali??
    dan masa pemulihan mau di urut atau biarin aja??
    thx q dok gbu =)

  • Ferdy
    Posted Juli 19, 2012 11:54 am

    Dok, Nenek saya jatuh sudah lama(lebih tepatnya tergelincir) ada hampir 1 tahun, tetapi kakinya bengkak kempis gitu (kebanyakan bengkaknya). Itu kenapa yah? malah sekarang menjalar bengkaknya (pertama hanya kaki kanan yang bengkak) ke kaki kiri. Yang harus di lakukan apa ya dok?

    • muki partono
      Posted Juli 20, 2012 11:05 pm

      biasa pada orang usia lanjut sering bengkak pada kedua kaki, akibat kadar protein albumin rendah, hal ini yang meanyebabkan tekanan onkotik darah menurun akibatnya cairan dalam pembuluh darah mudah merembeske luar jdnya bengkak,

  • Eunike
    Posted Juli 25, 2012 12:46 pm

    Dok,,, kompres es bisa digunakan utk bengkak pada empat jari tangan yg bengkak (2-3 bulan), pada usia 70 th akibat dari jatuh ?

    • muki partono
      Posted Juli 27, 2012 12:35 am

      Bisa saja tapi mingkn kurang efektif, hrs cari tahu bengkak akibat cedera 2 tahunyg lalu, kami curiga bahwa pembengkakannya akibat perubahan tulang bukan krn jaringan lunak

  • novi
    Posted Maret 11, 2013 9:21 pm

    Dok mertua saya tulang belakangnya syaraf terjepit sdah pake korset sdh pengobatan terapi lengkap tapi kok ga ada perubahan sekarang malah kaki nya bengkak dan sakit bisa sampai ke kepala malahan ..solusinya apa dok ato saya perlu bawa ke tempat prakter dokter muki ?atau harus MRI dulu?

    • muki partono
      Posted Maret 12, 2013 8:41 pm

      Kami periksa dulu saja utk memastikannya

  • Christian
    Posted Mei 6, 2013 10:55 pm

    dok.. saya sudah 2 bln keseleo d engkel karena latian badminton,kt ny tlg ny ad yg geser. setelah d benerin,kok ga kunjung smbuh ya dok? gimana cara nya supaya cpt sembuh ny?
    thanks a lot and GBU

    • muki partono
      Posted Mei 12, 2013 1:37 pm

      Yg mebetulkan siapa dokter atau dukun kalau dukun pastikana dulu dgn foto rontgen apakah memang sdh benar posisinya kadang pengalaman kami kenyataannya tdk sesuai dgn omongan

  • andri
    Posted Mei 30, 2013 1:28 pm

    Pak dokter, saya pria 26 tahu menderita engkel kiri sudah 5 tahun ini, dulu pernah diurut dan di rongsen dokter memeberi arahan tulang tidak apa2, kemudian saya di suruh terapi, tapi tidk saya lakukan, cma 2 kali terapi, dan sampe sekarang engkel say belom sembuh dan malah kelihatan bengkok ke kiri( keluar) apa yang harus saya lakukan pak dokter?? Terima kasih——-tumit say juga mulai sakit nyeri —

  • andri
    Posted Mei 30, 2013 2:29 pm

    Pak dokter, saya pria 26 tahu menderita engkel kiri sudah 5 tahun ini, dulu pernah diurut dan di rongsen dokter memeberi arahan tulang tidak apa2, kemudian saya di suruh terapi, tapi tidk saya lakukan, cma 2 kali terapi, dan sampe sekarang engkel say belom sembuh dan malah kelihatan bengkok ke kiri( keluar) apa yang harus saya lakukan pak dokter?? Terima kasih——-tumit say juga mulai sakit nyeri —

  • reno
    Posted Agustus 15, 2013 6:18 am

    Dok..saya pasien pasca stroke,tangan dan kaki saya blm sepenuhnya kembali normal.bila saya angkat tangan kiri saya pergelangan pundak tangan kiri saya slalu sakit..mohon pencerahan nya dokter!terima kasih dok..sebelum nya!!

    • muki partono
      Posted Agustus 26, 2013 5:36 pm

      perbaikan saraf biasanya akan terasa lbh nyeri sabar saja

  • Harianto
    Posted September 7, 2013 7:39 am

    Dear Pak Dokter
    Salam kenal ya… Beberapa waktu yang lalu saya jatuh dari sepeda motor, tangan kanan saya tertimpa badan saya, otot tangan saya ini terasa sakit betul sampai2 susah digerakkan, akhirnya saya segera ke Rumah sakit unit UGD cari dokter umum,lalu dokter minta saya di rontgen tangan kanan saya ini yg cedera, dari hasil rontgen dokter bilang tidak ada fraktur pada tulang, lalu saya ke dokter orthopedi utk memastikan lagi, dokter orthopedi juga berpendapat sama, tulang tidak ada masalah, tp terjadi kontusio pada otot tangan, tapi saya uda makan obat dari dokter uda hampir 2 minggu namun tangan saya masi sakit, otot tangan terasa sakit dan kaku. Pertanyaan :
    1) Apakah boleh diurut ya dok…?
    2) Apakah Fisioterapi bisa membantu?
    3) Sampai berapa lama bisa pulih dok?

    Terimakasih sebelumnya dok…

    Salam
    Harianto

    • muki partono
      Posted September 7, 2013 10:08 am

      cedera sembuhnya minimal 3 minggu jagnan di urut, fisioterapi boleh saja

  • andri
    Posted November 18, 2013 4:08 am

    Selamt pagi pak dokter, sebelumya terimaksh, saya pria 26 th. Menderita engkel kiri sudah sekitar 5 tahun karena cidera olahraga , pertanyaanya kenapa engkel saya ga sembuh2 pak dokter??? Diatas engkel masih bengkak sampai sekarang mhn saranya dari Pak dr. Muki, makasih———dan say kalo berjalan sepertinya sendi saya tidah stabil,

  • fadhli
    Posted Maret 5, 2014 10:24 am

    dok…
    saya mengalami cidera pada engkel…
    yg ingin saya tanyakan apakah dalam keadaan cidera tersebut saya boleh bermain futsal dok???

    • Muki Partono
      Posted Maret 6, 2014 3:37 am

      kalau sdg cedera pastikan cederanya apa dulu, lalu kalau ringan tunggu sampai 3 minggu , boleh lah raga kembali dengan bantuan tapping ,dan tetap kompres es sehabis main futsal

  • Muhammad
    Posted Maret 13, 2014 11:38 am

    Dok , bengkak pada pergelangan kaki saya sudah 5 tahun karena keseleo main bola , rasa sakitnya sudah hilang tpi bengkaknya masih timbul dok , jadi apa harus artroskopi ke dokter ? berapa bulan teknik ini bisa sembuh total dok ?

    • Muki Partono
      Posted Maret 14, 2014 9:46 am

      tdk semua keluhan hrs dilakukan operasi, saran sebaiknya dipastikan kelainan yg anda alami apa? bengkak hanya suatu gejala bukan penyakit jd hrs dicari tahu penyebabnya dulu baru kita pikirkan tindakan selanjutnya

  • lenny
    Posted April 19, 2014 4:00 pm

    Malam dokter Muki, sy ibu rmh tangga usia 57 th.
    Seminggu yl sy jatuh dr sepeda lutut kiri kanan memar dan sakit bila sy berlutut. Di bawah lutut
    kanan kena benturan keras dan benjol dok. Sampai hr ini msh benjol dan selalu terasa sakit, perih yg terus menerus pd suatu saat dan ada saat2 benjolanya tdk sakit.
    Sy sdh 2 hr ini pakai trombopop dok.
    Kira2 hrs diobati apa ya dok? Apakah blh diurut, kira2 brp lama ya dok proses penyembuhannya.
    Tks sebelumnya dokter Muki Partono.

    • Muki Partono
      Posted April 21, 2014 9:58 am

      jangan diurut kompres es pada daerah yg memar, 2 kali sehari selamam 20 mnt

  • Rianne
    Posted Mei 12, 2014 2:51 am

    Ass. dr.muki

    Saya baru saja mengalami sprain ankle,alhasil kaki saya nyeri,walaupun belum 24 jam,tapi saya tidak bisa jalan. saya ingin melakukan tindakan RICE tapi tidak ada yang membantu,jika saya ke Fisioterapi apakah pergelangan kaki saya bisa normal dan saya bisa jalan kembali? Mohon di jwb trimakasih

  • hasan
    Posted Juni 15, 2014 9:26 am

    Permisi sebelumnya dok..kemarin saya terkilir saat bermain futsal.lalu diarea mata kaki sedikit bengkak dan sangat nyeri saat berjalan…besok saya urut tapi tidak ada reaksi apa apa ..terus apa yg saya harus lakukan dok untuk mengobati rasa yg sangat nyeri
    Terimakasih

    • Muki Partono
      Posted Juni 15, 2014 3:58 pm

      kompres es pad daerah yg nyeria dan istirahatkan dulu

  • Arif
    Posted Juni 17, 2014 7:32 am

    Dokter Muki, sekitar 3 minggu lalu saya terjatuh dan rusuk kiri depan saya membentur tepi tembok, saat itu terasa sakit yg amat sangat, terasa mual dan berkunang2 dan sempat di rawat inap, tp setelah diobservasi (rontgen dan CT Scan dg kontras) dinyatakan hanya memar pada rusuk melayang no. 11 dan tdk ada gangguan organ dalam , dokter menyarankan istirahat selama 2 minggu dan kondisi saya sdh berangsur membaik. Di hari pertama mulai kerja tidak ada masalah baik selama perjalanan maupun saat di kantor tp pada malam hari saat hendak berbaring tidur saya merasakan nyeri yg amat sangat dan seperti ada yg bergerak naik di daerah yg terbentur, ini terjadi di malam2 berikutnya. Saya lalu mengubah gerakan atau posisi ketika akan berbaring, yaitu dg berbaring miring ke sisi kanan terlebih dulu lalu perlahan2 memutar badan ke arah kiri spy bisa telentang dan rasa nyeri itu hanya sedikit terasa. Sampai saat ini setiap kali saya mencoba berbaring telentang langsung dr posisi duduk, rasa nyeri yg sangat menusuk itu masih ada. Mohon saran dokter.
    Terimakasih

    • Muki Partono
      Posted Juni 20, 2014 7:01 pm

      posisi tidurnya hrs terlentang, dulu sampai tulang rusuknya menyambung sempurna biasanya 3 bulan

  • Arif
    Posted Juni 18, 2014 9:49 am

    Dokter Muki, sekitar 3 minggu lalu saya (39 th) terjatuh dan rusuk kiri depan saya membentur tepi tembok, saat itu terasa sakit yg amat sangat, terasa mual dan berkunang2 dan sempat di rawat inap, tp setelah diobservasi (rontgen dan CT Scan dg kontras) dinyatakan hanya memar pada rusuk melayang no. 11 dan tdk ada gangguan organ dalam , dokter menyarankan istirahat selama 2 minggu, memberikan obat anti nyeri & inflamasi (Cataflam) dan kondisi saya sdh berangsur membaik. Di hari pertama mulai kerja tidak ada masalah baik selama perjalanan maupun saat di kantor tp pada malam hari saat hendak berbaring tidur saya merasakan nyeri yg amat sangat dan seperti ada yg bergerak naik di daerah yg terbentur, ini terjadi di malam2 berikutnya. Saya lalu mengubah gerakan atau posisi ketika akan berbaring, yaitu dg berbaring miring ke sisi kanan atau kiri terlebih dulu lalu perlahan2 memutar badan ke arah depan spy bisa telentang dan rasa nyeri itu hanya sedikit terasa. Sampai saat ini setiap kali saya mencoba berbaring telentang langsung dr posisi duduk, rasa nyeri yg sangat menusuk itu masih ada. Mohon saran dokter.
    Terimakasih.

    • Muki Partono
      Posted Juni 19, 2014 4:18 am

      sementara posisi tidur duduk saja dan pasang plester pada daerah yg memar

  • Anastasia
    Posted Desember 19, 2014 3:33 pm

    Dear Dr. Muki,
    Saya ibu dari 2 orang anak, 1 orang msih bayi sering saya susui dgn posisi tiduran. Kira2 3hr yg lalu, saya mulai merasa pegal2 pada lengan kanan saya. Makin hr makin parah. Kemarin justru tdk bisa digerakkan. Saya tekan2 sendi (saya tdk tau itu sendi atau apa dok, tp maksud saya persambungan antara tulang dan bahu) ke arah depan, trus ada bunyi kletek. Setelahnya tangan kanan saya jd makin sakit dan tdk bisa diangkat.
    Saya bawa ke tukang urut dok. Lumayaan sih udah bs digerakkan sedikit. Hari ini sakitnya udah menjalar ke leher samping dok.
    Kira2 kenapa ya dok? Kho tiba2 tangan dan pundak saya sakit dan tdk bs digerakkan? Saya tdk jatuh atau terantuk. Apa mungkin krn salah posisi menyusui?
    Mohon nasehat dokter ya.

  • Ahmad hakim
    Posted Oktober 28, 2015 3:05 am

    Dok selamat siang, Saya mau konsul dok , 3 minggu lalu anak saya jatuh dan saya sudah bawa ke tukang urut, tetapi tidak sembuh jari tengah kiri ruas ke dua ternyata patah ( tidak pada i posisi persendian) masih bengkak dan tidak bias mengepalkan tangan kiri jari tengahnya . kemudian hasil ronsen kemarin sudah tumbuh tulang baru, dokter menyarankan agar di operasi di Rs , anak saya masih 5 tahun dan saya takut. Apakah ada solusi lain? dan Apakah tangan anak saya masih bisah Normal kembali? tolong pencerahannya dok . makasih sebelumnya.

    • Muki Partono
      Posted Oktober 28, 2015 6:25 am

      sebaiknya dikonsultasikan utk evaluasi apakah memang perlu tindakan atau hanya konservatif saja

    • Muki Partono
      Posted Oktober 29, 2015 1:03 pm

      sebaiknya dikonsultasikan kembali utk minta opini , kalau memang hrs dioperasi tdk perlu khawatir insya allah aman

  • Rylaniwidia
    Posted Desember 28, 2015 7:48 am

    Slmt siang dok,mf dok sy mau konsul.2 minggu yg lalu anak saya jatuh keseleo(usia 3thn),trs mlmny lgsg diurut,slg bbrp hari mlh bengkak trs diurut lg smpe 3x,dibagian betisy sdh tdk bengkak,tp dipergelangan kaki msi bengkak& kl disuruh jln katay msi sakit,smpai skg anak saya blm bs jln.Apakah bengkak dipergelangan kaki bs kempes dok?berbahayakah?kpn anak saya bs mulai berjalan lg?thks dok.

    • Muki Partono
      Posted Desember 29, 2015 7:01 am

      pastika anak ibu tdk mengalami patah tulang dengan melakukan foto rontgen, kalo memang tdk ada patah setelah dirongten saran biarkan secara alamina tak perlu diurut2 nanti akan jalan dgn sendirinya perkiraan 3 minggu

  • nury
    Posted Januari 12, 2017 3:21 am

    Dok sy jth dr mtr sdh 2 bln yg lalu, kaki tepatnya dkt mata kaki dan telapak kaki ketindihan mtr dan menurut hsl rongten tdk ada tlg yg pth maupun retak, hanya saja katanya engkle.
    Saat ini msh nyeri dan kdg kecapekan bengkak.
    Saya tiap hr msh minum obat dan pake salep trombobgel.
    Gmn cr mengatasinya dok, .agar cpt smbh dan tdk bengkak.

    • Muki Partono
      Posted Januari 14, 2017 7:52 am

      sabar bengkak pad ankle lama paling cepat 4 bulan , bantu dengan kompres es selama 20 mnt 2 kali sehari

  • Elia novanti
    Posted April 25, 2017 2:59 pm

    Dokter satu bulan lalu saya jatuh dari motor dan jempol kaki saya bengkak dan memar,saya sudah sering melakukan kompres bahkan mencoba untuk di urut tapi tidak ada perubahan. Kebetulan di kampus olahraga saya basket hampir tiap hari berlatih sekarang sakitnya malah bertambah ke punggung kaki dan kadang lutut saya ngilu apakah sakit yang saya alami semuanya berkaitan dengan jempol kaki saya yang tidak sembuh tersebut? Mohon penjelasannya terimakasih

    • Muki Partono
      Posted April 26, 2017 12:31 am

      sebaiknya istirahat dulu selama 3 minggu biar memberikan waktu tubuh utk pemulihan sehingga nantinya bisa aktif kembali seperti biasa

  • Ulvia
    Posted Juni 5, 2017 12:28 am

    Dokter, saya mengalami engkel kaki yg tidak bisa ditekuk keatas, wrna membiru,bengkak, dan saat berjalan tidak bisa saya angkat keatas, sudah 4 bln blum normal. sudah rontgen, tpi tidak ada yg patah, saya cuma urut elus utk melancarkan aliran darah, serta memutar engkel agar tdak kaku, menurut dokter, saya knp?

    jawab ; sebaiknya dipastikan dengan pemeriksaan MRI ankle , apakah ada kelainan pada sendi ankle nya

  • heri
    Posted Januari 18, 2018 1:57 pm

    dok saya cidera engkle 6 bulan lalu, saya obati dengan R I C E , sekarang saya sudah bisa jalan, olahraga dan kerja, namun sering ngilu, sepertinya geser, apakah jika geser harus di operasi dok?

  • rini
    Posted Agustus 28, 2018 2:39 am

    haii dokk… ayah saya keseleo saat main badminton, di mata kaki dalam (kaki sebelah kanan) memar kira2 sudah 10hari, ayah saya suka mengeluh sakit yang sangat sakit dok, apakah itu normal dok ? saya khawatir, apakah ada gejala penyakit tertentu ? dan ayah saya belum ke rs buat x ray/ ct scan dan semacamnya. tolong di jawab ya dok, terimakasiih

    • Muki Partono
      Posted Oktober 19, 2018 3:30 am

      cedera ankle sering terjadi pada aktifitas olah raga bulutangkis , saran pastikan foto rongten lbh dulu apakah ada retak tulang , jika tidak ada artinya pembengkakakn akibat cedera pada ligamentnya , biasanya cedera ligament butuh waktu yg agak lama utk penyembuhannya

Leave a Comment