Hasil MRI:
Multiple bulging disc ringan pada level C3-4, C4-5,C5-6, dan terutama C6-7.Tampak indentasi ringan pada thecal sac setinggi diskus C5-6,C6-7, tetapi tidak tampak canal stenosis.
Diskus L5-S1 stenosis dan bulging disc ringan anulus fibrosus L5-S1.
Pertanyaan:
1. Multiple b.d. cervical ringan bahaya gak dok, dan kenapa bisa terjadi?
2. Diskus L5-S1 stenosis maksudnya apa, kalau maksudnya penyempitan antara ruas tulang L5 dan S1, kok bisa ya dok, sepengetahuan saya saja,kan bantalan disc di bagian lumbar rata2 lebih tebal dibanding bagian lain ya dok?Kenapa bisa terjadi? (saya ‘tidak’ pernah mengalami trauma jatuh/benturan)
3. Dalam kasus saya ini, menurut saya lagi, terutama diskus stenosis L5-S1 dan bulging ringan. Apakah saya bisa berolahraga fitnes dan badminton kembali gak dok? (karena sebelumnya saya pernah fitnes 2 tahunan, aktif/ intens, tidak ada masalah nyeri)
4. HNP itu sebenarnya apa sih dok, apakah fibrosus anulusnya robek, terus Nucleous Pulposus nya keluar? Saya agak heran teknik MED tanpa ditanam apapun di tulang, HNP dengan MED, apakah sembuh total dan bisa beraktivitas bebas dok?
Apa maksud d.b.n.?
Dokter Muki, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kesempatannya.Sementara demikian dulu pertanyaan saya.

MRI CERVICAL.jpg (34 KB)

jawab : anda tolong baca artikel pada web tentang nyeri pinggang, prinsip bantalan lumbal knp bisa jd HNP krn , adanya faktor resiko dan beban yg selalu terjadi pada lumbal walaupun posisi tidur .HNP adalah kerusakan pada bantalan yg mengakibatkan penekanan pada saraf pinggang yg anda sebutkan di atas itu stadium 3 dimana cincin (anulus ) robek dan inti (nukleus) melejit kebelakang, tehnik MED cocok utk HNP dan spinal stenosis krn kita tdk membuang seluruhnya bantalan 9disc) hanya inti yg menonjol dan yg menekan saraf , sedangkan bagian yg masih baik biarkan krm masih ada fungsinya, kelebihan MED bisa aktifitas kembali lbh cepat