0815100041928.00 WIB - 16.00 WIB
Lokasi PraktekRSPI Puri Indah dan RS Jakarta

159 Comments

  • anie
    Posted Desember 28, 2009 6:36 pm

    anak saya punya kelainan kaki yang biasa disebut kaki x dan umurnya sekarang sudah 10 tahun. bagaimana cara pengobatannya supaya bisa atau setidaknya agak lurus kembali,terimakasih sebelumnya dokter?

    • muki partono
      Posted Desember 28, 2009 10:30 pm

      bu anie sebaiknya anak ibu kami periksa dulu seberapa besar sudut kemiringannya baru kita bisa putuskan pengobatannya

  • surya
    Posted April 10, 2010 2:44 am

    dok say sudah berumur 18 th,waktu saya check up,trnyata kaki saya dnyatakan X dok?kira-kira bisakah sembuh dan bagaimana cara mengatasinya?

    • muki partono
      Posted April 11, 2010 11:46 am

      sebaiknya kita ukur berapa sudutnya dan nanti ada solusinya, krn masing2 orang bervariasi besar sudutnya

  • ryan
    Posted Juni 2, 2010 8:26 am

    gmna caranya meluruskan kaki sya yng berbentuk x,,jraknya 9cm

    • muki partono
      Posted Juni 3, 2010 10:28 am

      btk kaki x kalau mau diperbaiki sdh usia dewasa hanya bisa dgn tindakan operasi osteotomi

  • ayu
    Posted Juni 26, 2010 1:03 am

    dok,
    sy cwe usia 18th.
    Wkt sy ikt seleksi penerimaan polisi,kaki sy ternyta b’bentuk X derajatny klo tdk slah 6.
    Yg sy mau tanyakan apkh ad solusiny slain opers trus drjt kemiringan kaki X apa bs b’tambah?

    • muki partono
      Posted Juni 26, 2010 11:40 am

      sebaiknya kalau mau tdk x hrs kita lakukan operasi osteotomi sudutnya dirubah

  • Siwa
    Posted Juni 29, 2010 12:06 pm

    Berapa kira-kira biaya untuk operasi osteotomi, Dok?

    • muki partono
      Posted Juni 30, 2010 12:43 am

      wah informasinya kurang komplit krn osteotomi banyak jenisnya

  • amin
    Posted Juli 23, 2010 7:18 pm

    kalau 6 cm masih bisa tidak y??

    • muki partono
      Posted Juli 24, 2010 11:24 pm

      masih bisa kami ada pengalaman memanjangkan kaki yg berbeda 14 cm

  • arief
    Posted Agustus 11, 2010 11:02 pm

    Dok kaki saya jg berbentuk X (Genu valgum)
    Keluhan sekarang kalo berdiri & berjalan lama agak sakit sdikit. apa terapi satu2nya hanya operasi?

    apakah pemakaian glucosamine meringankan gejala?

    • muki partono
      Posted Agustus 12, 2010 10:31 am

      bila sudutnya masih kecil, mungkin bisa kita lakukan cara konservatif yaitu BB turun sampai batas ideal, Latihan sepeda statik atau naik sepeda biasa , boleh konsumsi glukosamin, sedangkan bila sudutnya terlalu besar sebaiknya memang operasi koreksi sudutnya agar beban sama anatar sisi medial dan lateral lutut

  • arief
    Posted Agustus 12, 2010 10:58 pm

    Terus Kira2 rentang sudut berapa harus di operasi ato cm hanya dengan medikamentosa. utk melihat sudutnya dengan foto polos ato gmn.

    mohon pencerahannya, kebetulan saya koas dirssa malang

    terimakasih banyak

  • dwi
    Posted Agustus 22, 2010 4:10 am

    setelah saya teskes diketahui kaki saya bebrbentuk x 7cm dok
    perlakuan apa yang tepat dilakukan untuk memperkecil sudut kaki saya dok??
    seandainya hanya operasi yg dapat dilakukan,operasi jenis apa yang dilakukan dok dan perkiraan range biaya bisa sekalian dikasih tw dok?
    thx

    • muki partono
      Posted Agustus 24, 2010 9:58 am

      kami kurang paham yg anda maksud 7 derajat atau 7 cm, sebaiknya kami periksa ulang, krn dalam istilah medis , yg diukur sudutnya .kalau sudutnya 7 derajat itu sih masih variasi normal btk lutut, cuma kalau anda ingin masuk dinas militer memang jd masalah

  • pauline
    Posted September 16, 2010 8:45 am

    dok, terapi/olah raga apa yang bisa memperbaiki kaki x, usia anak saya 5 tahun, apakah berenang bisa? thanks

    • muki partono
      Posted September 16, 2010 10:52 am

      mungkin anak anda perlu terapi dgn menggunakan sepatu sebaiknya konsultasikan

  • Daryan nst
    Posted September 27, 2010 11:40 pm

    Dok, per brp bln sekali hrs periksa kemiringan dengkul? Anak sy kakinya x, gak bs lama2 duduk sila, kl teslentang tapak kaki menghadap dlm, sdh pake sepatu terapi selama 8 bln, tp kayaknya dengkulnya tetep gitu2 aja, gmana tuh dok

    • muki partono
      Posted Oktober 1, 2010 7:46 am

      3-6 bulan, periksa secara klinis dan rontgen , sabar tujuan pakai sepatu spy tdk tambah bengkok

  • pauline
    Posted Oktober 1, 2010 2:05 pm

    dok, saya kan tinggal di denpasar, sudah saya konsultasikan kaki anak saya ( X ), tapi kata drnya masih dalam variasi normal, tapi kalau menurut pengamatan saya tidak demikian. Saya tertarik dengan terapi menggunakan sepatu. Bisa dr rekomendasikan dr tulang di denpasar unt konsultasi? thaks

  • Francisca
    Posted Oktober 22, 2010 1:52 pm

    Dok,wkt sy tes kowad,kaki saya trnyta X 10 cm..
    Bgm cra pnymbuhanx. .

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2010 9:56 am

      cara biasa tdk ada kalau mau dikoreksi lewat operasi, tapi itupun akan ada bekas luka operasinya, sebaiknya biarkan saja itu variasi bentuk lutut pada manusia selama sudutnya tdk lbh dari 7-9 derajat

  • Rio
    Posted Oktober 26, 2010 7:04 pm

    Dok, kalau kaki bentuk X bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan nggak??

    makasih Dok…

  • hendy
    Posted Oktober 30, 2010 1:57 pm

    Dok,usia saya skrg uda 23. Saya ad penca type kaki X. tp saya tdk tau kemiringan kaki saya. Kira2 dok ad praktek dimedan tidak ya? Blh kah saya minta alamat email ato no yg bs dihubngi

  • Giana Saputra
    Posted November 5, 2010 9:41 am

    Dokter saya mau tanya, Anak saya usia 2,5 th kok kakinya saya lihat agak X gitu. apakah bisa disembuhkan !

    • muki partono
      Posted November 5, 2010 10:03 am

      insya allah bisa, kadang belum tentu X kami harus periksa dengan orthopedic check list

  • Giana Saputra
    Posted November 5, 2010 9:43 am

    Kalo saya boleh tau, Dokter buka parakteknya dimana yaaa ?

    • muki partono
      Posted November 5, 2010 10:02 am

      kami bisa dijumpai di RS Siaga Raya. RS Jakarta, RS PURI INDAH lebih detail lihat kolom JADWAL PRAKTEK

  • Yeny
    Posted November 11, 2010 10:58 am

    Selamat siang dok…saya punya masalah nyeri di pinggul, lutut dan telapak kaki selama bebrpa bulan terakhir. Kalau saya menggunakan alas kaki yang empuk, tidak merasa sakit, tapi kalau keras, atau tidak pakai alas kaki sama sekali terasa sakit waktu menapak jalan. Selama ini saya melakukan rutin terapi chyropractic karna nyeri leher dan pinggul yang saya derita. Namun belum berkurang nyeri di kaki tsb. Maka mohon informasi apakah ada jalan keluar di tempt dokter.
    Terima kasih.

    • muki partono
      Posted November 12, 2010 8:28 am

      anda mengalami gejala penekanan saraf yg khas sekali, krn sdh lama sebaiknya diperiksakan MRI lumbal, janagn dibiarkan nanti semakin parah, setelah ada hasilnya baru kita berikan solusi pengobatannya

  • yuliandi brata permadi
    Posted Desember 18, 2010 4:54 pm

    saya remaja 18 tahun, waktu itu ikut seleksi akmil, gagal di kesehatan karna kaki saya x 4 cm, bagaimana solusinya? oprasi atay menggunakan terapi?

  • yuliandi brata permadi
    Posted Desember 29, 2010 10:10 pm

    apabila memang harus dilakukan oprasi, apa akan meninggalkan bekas yang tampak? bagaimana proses penyembuhannya? apa akan lama atau sebentar?
    lalu saya ingin tau kaki x itu disebabkan oleh apa? apa faktor genetik/keturunan atau ada hal2 lain nya???

  • kelik purwanto
    Posted Januari 11, 2011 1:50 pm

    dok kaki berbentuk x apakah bisa disembuhkan..kalau bisa gmn caranya untuk menyembuhkan..terimakasih..

  • novan
    Posted Januari 27, 2011 10:51 am

    dok, saya mau masuk akmil tapi kaki saya X 4cm, kalu operasi takut td bisa masuk karena ada bekas.., ada cara lain gag dok?

  • dewi
    Posted Januari 30, 2011 8:41 pm

    dok anak saya cewek umurnya 2 th telapak kakinya nggak ada lengkungan datar aja dok… bener nggak itu ada tanda2 kakinya x mohon penjelasannya dok thanks

    • muki partono
      Posted Februari 1, 2011 6:01 am

      kalau telapak kaki tak ada lengkungan itu namanya flat feet, (kakiceper), memang kompensasi dari kondisi ini bisa bentuk lutut agak X, sebaiknya gunakan bantalan pada telapak kaki , INSOLE RISE, arch support

  • arif
    Posted Februari 5, 2011 10:02 am

    dok,.. Saya mau tanya cara mengukur ke x an kaki itu gimana,. Kata orang kaki saya x tapi yang di ukur apanya ? Oh iya saya arif 19th. mksih dok.

    • muki partono
      Posted Februari 6, 2011 11:32 pm

      bisa dengan cara foto xray posisi berdiri dan diukur sudutnya, atau bisa juga secara klinis

  • aris
    Posted Maret 3, 2011 11:09 am

    Dok, saya punya penyakit yaitu berkaki x, padahal saya ingin mendaftar polisi! yang saya tanyakan apakah ada penyembuhannya? tanks Dok

  • aris
    Posted Maret 3, 2011 11:22 am

    biaya dan waktu sembuhnya dok berapa lama?

  • irma
    Posted Mei 16, 2011 2:13 am

    dok,saya mau tanya beberapa hal tentang kaki yg berbentuk X.
    1. apakah dgn operasi itu bs menyembuhkan kaki yg berbentuk X ke bentuk normal?
    2. apakah bs mengakibatkan kelumpuhan pada pasien,jika operasinya tdk mempunyai hasil yg baik?
    3. apakah tidak ada cara lain untk mendptkan hasil yg baik selain dgn melakukan operasi?
    4. terapinya ada brp byk jenis terapi untuk menyembuhkannya?
    5. apakah fungsi terapi itu hasilnya bisa maksimal agar kakinya bisa sembuh & pulih total spt org normal pada umumnya?

    • muki partono
      Posted Mei 19, 2011 7:31 pm

      kaki X pada anak2 , bisa diatasi dgn sepatu bila bentuk Xnya sdh ekstrim sebaiknya dioperasi, operasi pada kasus kaki X tdk buat lumpuh, selanjutnya diikuti denga fisioterapi

  • tsabitah
    Posted Mei 19, 2011 4:51 pm

    dok, sy mo tanya anak sy umur 3,4thun kelihtannya kaki kiri lebih panjang dari kaki kanan dan posisi X bisakah disembuhkan tanpa operasi, mohon pencerahannya trims….

    • muki partono
      Posted Mei 19, 2011 7:11 pm

      bisa dicoba dengan menggunakan sepatu

  • merr
    Posted Mei 19, 2011 8:55 pm

    dok , kalo umur 15 taun terus derajat nya masih dibawah 6 masih bisa gk ?selain di operasi maksudnya

    • muki partono
      Posted Mei 22, 2011 3:32 pm

      bisa aja dengan latihan atau pakai alat bantu

  • shasky
    Posted Juni 4, 2011 3:44 pm

    dok, bagaimana cara untuk mengetahui sudut kemiringan pada kaki ?

    • muki partono
      Posted Juni 5, 2011 1:25 pm

      maaf itu masalah medis anda perlu belajar lagi, sulit dijelaaskan lewat tulisan

  • Nixon
    Posted Juni 20, 2011 1:26 pm

    dok,saya umur 19 tahun kaki saya lutut X. masuk ke dalam geser 15 derajat. apa bisa di sembuhkan menggunakan ORTHOTICS sepatu? karena saya takut jika di operasi.

  • michael
    Posted Juni 25, 2011 11:07 pm

    Jadi dokter kalau kaki saya berbentuk O dan jarak nya sepanjang 6cm tetapi umur saya suadah 18 tahun apakah masih bisa di sembuhkan

  • Ferdi
    Posted Juni 27, 2011 4:10 pm

    dok ,sy ingin sekali mendaftar angkatan (TNI maupun POLRI) mengikuti jejak ayah saya …
    tapi ,kmrn pada saat test kesehatan sy di nyatakan gagal …
    besar kemungkinan karena kaki X , krn yg lain menurut sy sudah baik2 saja dan normal …
    bagaiman solusinya dok …
    berapa lama pengobatannya ?

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 5:31 pm

      memang agak sulit, krn penerimaan TNI dan POLRI punya standard yg dari dulu jd acuan, kaki X tuhan ciptakan pada anda, variasi bentuk kaki, jd sulit kalau mau dirubah belum tentu secara fungsi jauh lbh baik

  • muzakki
    Posted Juni 28, 2011 12:46 pm

    dok..saya mau tanya kaki saya bentuknya X 7 ,,trus saya juga mau daftar akpol..apakah cara yang terbaik mengatasi masalah ini ????

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 5:24 pm

      agak sukar , hrs operasi dan kalau operasi bekasnya pasti terdeteksi

  • iecannn
    Posted Juli 9, 2011 8:04 pm

    dok kaki saya leter o…
    batas leter o mcuk polisi brapa dok ???
    gmna cara ceknya dok ?
    bisa di obati ga tu dok ???

    • muki partono
      Posted Juli 11, 2011 8:07 pm

      saya tdk tahu krn POLISI punya kariteria sendiri, mengecek bisa dgn dilihat saja dites dgn jari atau foto rontgen , obati dgn operasi, kalau anda mau masuk Polisi akan sia2 krn terlihat ada bekas luka operasi dan jd bahan pertanyaan pengujinya

  • ratih
    Posted Juli 23, 2011 8:36 am

    dokter saya mau tanya, anak saya 1,5 th kalo jalan jempol kaki kanannya aga masuk ke dalam.itu termasuk gejala bakal jadi kaki x gak seh?apa perlu ke dokter tulang?terimakasih

    • muki partono
      Posted Juli 25, 2011 2:19 pm

      sebaiknya diperikskan ke dokter tulang utk memastikan apakah itu suatu klainan atau hanya variasi bentuk kaki saja ( Common Nrmal Variation)

  • hasanlay
    Posted Juli 28, 2011 10:16 am

    saya memutuskan untuk melakukan amputasi terhadap kaki sya tetapi sya kwatir apakah nanti bisa kambuh lagi infeksinya stelah dilakukan amputasi?soalnya sy sudah menderita infeksi tulang slama 4 tahunan 4 kali operasi tetapi tidak ada perkembangan.terima kasih

    • muki partono
      Posted Agustus 1, 2011 8:25 pm

      memang menangani kasus osteomielitis agak sulit jd harus sabar sebaiknya pertimbangkan utk melakukan amputasi kaki

  • Van
    Posted Agustus 1, 2011 12:15 am

    Dok saya ingin mengukur derajat kemiringan kaki saya. Karena saya kaki X saya sungguh mengganggu. bisa rekomendasi Dokter di daerah BANDUNG? Trima kasih.

    • muki partono
      Posted Agustus 1, 2011 7:32 pm

      siapa saja anda bisa konsultasi ke dokter tulang

  • hari
    Posted Agustus 9, 2011 7:21 am

    dok, pinggul saya tidak simetris antara kiri dan kanan, lebih menonjol sekali yg kanan, apalagi waktu pakaian dbuka kelihatan sekali, ini menjadi kendala waktu masuk militer, jadi seolah2 kaki jadi panjang kanan, bgamaina mengatasinya ? Apakah ada terapi atau gerakan khusus untuk memperbaikinya? Kalau operasi berbahaya tidak dok ? Trimakasih

  • gunadi
    Posted Agustus 30, 2011 4:32 pm

    dok kaki saya berbentuk X dengan beda sekitar 10 cm dan saya berumur 16 tahun. apakah dapat disembuhkan tanpa operasi? sampai umur berapa bentuk kaki X tersebut dapat disembuhkan tanpa operasi?
    terima kasih

    • muki partono
      Posted September 3, 2011 2:35 pm

      agak sulit bila tdk dilakukan operasi, krn sdh menutup lmpng pertumbuhannya

  • Blue Green
    Posted Oktober 13, 2011 8:17 pm

    Dok, umur saya 15thn dan saya baru menyadari akan bentuk kaki saya yang meiliki ciri2 seperti bentuk kaki x,yaitu ada jarak antara pergelangan kaki kanan dan kiri, lutut menjorok kedalam. Tetapi, jika dilihat dari samping, kaki saya terlihat ramping, dan normal, juga panjang. Apakah ini juga termasuk kaki x atau masih dibilang bentuk kaki normal? Mohon bantuannya dok. Karena saya ingin segera konsultasi apabila bentuk kaki saya x sebelum terlambat :)

    • muki partono
      Posted Oktober 15, 2011 12:53 am

      Tuahn ciptakan bentuk kai dgn variasi, yg anda laporkan kami rasa variasi btk kaki pada manusia, jd masih wajar saja, secara medis sudut lutut keluar (valgus) kira 7 derajat , lbh dr itu biasanya kelainan

  • Dial
    Posted Oktober 17, 2011 11:36 am

    Dok saya mau tanya…hari saya baru saja medikal cekup…dan hasilnya tulang kaki saya…membentuk x 9…lalu pada jari saya membentuk mallet finger…lalu langkah apa yang harus saya lakukan untuk membuat..jari dan bentuk tulang kaki saya seperti normal lagi….mohon bantuannya…sekian terimakasih…

    • muki partono
      Posted Oktober 18, 2011 7:23 pm

      Sebaiknya dilakukan operasi utk koreksi mallet fingernya, dan utk memastikan sebaiknya kami periksa lbh dulu

  • ronald
    Posted Oktober 30, 2011 12:20 pm

    dok usia saya 30 thn, apakah masih bisa dilakukan operasi pada se usia saya? kalau bisa, berapa lama pemulihan pasca operasinya? terima kasih

    • muki partono
      Posted November 1, 2011 7:48 pm

      Operasi pada dasarnya bisa dikerjakan, alangkah lbh baik bila sebelum tindakan konsultasi dulu agar masalahnya jelas shg tindakannya lbh terarah

  • koemangs
    Posted November 7, 2011 7:23 am

    dok.. bgaimna cra megetahui bentuk kaki x??? trimakasih

    • muki partono
      Posted November 7, 2011 9:51 am

      Dengan di foto lutut saat posisi berdiri dan kita ukur sudut Q anglenya bila lbh dari normal artinya bentuk kaki x atzu o

      • koemangs
        Posted November 7, 2011 7:31 pm

        sudut Q angle normalnya berapa dok???

  • Darwin silaban
    Posted November 13, 2011 1:05 pm

    dok,anak saya umur 5.5 tahun namun kakinya ‘O’apakah seiring bertambahnya usianya kakinya masih bisa lurus,atau kalau harus di operasi berapa kira-kira biayanya dok?

    • muki partono
      Posted November 16, 2011 6:26 pm

      Insya allah bisa asal diberi sepatu khusus dan berat badan jgn tambah berat

  • ade
    Posted November 22, 2011 11:00 am

    dok,kaki saya leter O,, jika saya bercermin kelihatan sekali bengkoknya. sekarang usia saya 19 tahun apakah masih bisa diperbaiki dengan cara selain operasi? jika harus operasi, kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan? apakah ada efek samping setelah melakukan operasi?

    apakah dokter buka praktek juga untuk kota BATAM?

    • muki partono
      Posted November 24, 2011 2:25 pm

      kalau sdh 19 tahun kalau memang benar, perlu tindakan operasi, biaya tergantung metode yg digunakan saran sebaiknya konsultasikan dulu

  • ade
    Posted November 27, 2011 10:28 pm

    apakah dokter buka praktek untuk kota batam?

  • Yani
    Posted November 30, 2011 3:33 pm

    Dok, Anak saya laki2 umur 5,5 tahun. lututnya menonjol yg kanan ke arah kiri dan yg kiri ke arah kanan (menonjol ke bagian dalam) apakah itu yg di sebut kaki X? apakah bisa di perbaiki? dan apa efeknya jika tidak di perbaiki. selama ini dia sepertinya selalu kelelahan setiap kali hbs berlari (kebetulan aktifitasnya luar biasa) dan selalu bilang cape jika berdiri agak lama, serta tiap malam merasakan pegal di bagian betisnya. Mohon infonya.tks banyak dokter.

    • muki partono
      Posted Desember 1, 2011 2:52 pm

      anak ibu mungkin butuh sepatu khusus sebaiknya berobat , spy tdk tambah sudut pembengkokkannya

  • Jhony
    Posted Desember 1, 2011 7:47 pm

    Dok sya brumur 17 th kaki saya klo diliat dari dpan normal saja tpi klo dri samping kyaknya bentuk kaki saya q..berat saya 60 tingi saya 162 apa berat saya tidak ideal apakah akn tmbh parah kaki x saya dok… Trimakasih#

    • muki partono
      Posted Desember 4, 2011 1:35 pm

      Bentuk X atau O adalah variasi asal tdk melebihi derajat yg diperbolehkan kalau melihat dr berat badan andatdk terlalu besar cukup ideal, jd tak usah khawatir utk menjadi lbh bengkok,

  • prastyo
    Posted Desember 16, 2011 9:56 am

    dok sya kaki saya X nya 7 cm?apa yg harus saya lakukan apakah jalur operasi atau jalur terapi dok??kemarin saya gagal tni gara gara itu dok?

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 10:27 am

      Yang dimaksud 7 derajat barangkal, sebaiknya kami periksa ulang utk memastikannya masalah penanganannya tergantng dari kondisi masing2 artinya berapa derajat pembengkokannnya

  • laksa
    Posted Desember 21, 2011 4:30 pm

    dokter gmna cra mngobati kaki x ,sdut kaki saya x 6cm ,mksh

    • muki partono
      Posted Desember 22, 2011 1:16 pm

      Kalau kaki x , dan anda sdh dewasa , artinya tulangnya sdh tidak akan bertambah lg , kita lakukan operasi osteotomi pada daerah sekitar lutut, tujuannya mengoreksi sudutnya sehingga kakinya bisa lurus, sesuai yg diiinginkan, tapi kalau xnya akibat krn kelenturan dari ligamen dan ototnya biasanya tak ada gunanya tindakan op atau apapun krn memang kelainan bawaan yg sulit dikoreksi

  • vanny
    Posted Desember 23, 2011 12:08 pm

    Dok anak saya umur 5thn laki2 bentuk kaki nya O bisa kah di obati??

    • muki partono
      Posted Desember 24, 2011 12:34 am

      Insya allah bisa sebaiknya konsultasikan saja

  • lucy amelia
    Posted Januari 7, 2012 11:02 pm

    dok mau tanya kalo bentuk kaki x , terus qt mau terapi2 drumah . . antisipasi untuk merubah bentuk sedikit, sebaikx kita harus ngapain aja dok?

    • muki partono
      Posted Januari 10, 2012 12:09 am

      Bentuk kaki x pada anak2 masih bisa kita lakukan terapi dgn sepatu khusus, bila dewasa hanya bisa dikoreksi dgn operasi

  • Rahmat Ramadhan
    Posted Februari 6, 2012 10:41 pm

    dok, saya umur 19 tahun mau ke 20.. saya gagal dalam masuk POLRI. karena hal 1 ini doank, kaki berbentuk X 9cm. padahal timbangan saya normal dok 66kg dgn tinggi 170,5cm

    mohon dok sharingnya….?????
    (di jawab ya dok, terima kasih)

  • Ghandy Himawan
    Posted Februari 26, 2012 12:02 am

    Dokter, kaki saya X, saya berumus 17th apakah masih dapat di sembuhkan ?
    Terimakasih

    • muki partono
      Posted Februari 27, 2012 8:37 am

      Kaki x hrs diukur dulu derajat x nya kalau memang berlebihan kita operas koreksi

  • Rosid Hidayat
    Posted Februari 29, 2012 8:00 am

    maaf,ttambahan dokter,, kalo msal ni dengan terapi perpanjamgam penguluran tulang tu dg alat bisa tdk dok? trmksh

  • mujiburrohman
    Posted Maret 5, 2012 10:29 am

    dok…dimana saya bsa melakukan operasi meluruskan bentuk kaki x saya 6cm…
    saya ingin mendaftar kepolisian…mhon infonya..trims

  • dwi
    Posted April 21, 2012 10:59 am

    salam kenal dok. anak saya berusia 14 bln. bentuk kakinya o. bagaimana cara pengobatannya. saya bisa konsultasi ke dokter di mana.trima kasih

    • muki partono
      Posted April 24, 2012 11:03 am

      sebaiknya kami periksa dulu apakah benar O, krn bisa saja masih variasi normal bentuk kaki pada anak

  • rendy alexander
    Posted Juni 14, 2012 9:28 pm

    dok….kaki saya x 7cm usia 17 thn,,,,ad tidak cara mengatasi nya selain hrs operasi???makasih jawaban nya dok..

  • Tyas Tri
    Posted Juni 24, 2012 9:40 am

    dok kalo kaki masih x 3cm bisa ada jalan lain selain operasi, saya berumur 18 th

    • muki partono
      Posted Juni 26, 2012 6:00 pm

      sebenarnya usia anda sdh matang jd kemungkinan untuk norma agak sukar

  • bella
    Posted Agustus 13, 2012 9:01 am

    Maaf, mau nanya. Sepatu yang dimaksud, sepatu apa ya? Sekian. Trims

    • muki partono
      Posted Agustus 17, 2012 3:38 pm

      Sepatunya khusus harus dibuat jd sebaiknya kontrol berobat dulu utk membuat sepatu tersebut

  • Dian Puspa
    Posted September 2, 2012 5:57 pm

    Anak saya laki-laki usia 3,5 tahun, saat saya amati bentuk kakinya X, kemana saya bisa melakukan terapi untuk anak saya dok, spy kakinya tdk X lagi? terima kasih

    • muki partono
      Posted September 11, 2012 5:49 pm

      Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang mungkin anak anda perlu sepatu khusus

  • mus
    Posted September 7, 2012 5:32 pm

    dok, saya sekarang berumur 24 tahun, laki-laki,, kaki saya berbentuk x,, saya pun menjadi minder…. selain operasi, apakah ada alternatif lain,, misalkan berupa senam,, atau apa saja,, terimakasih

    • muki partono
      Posted September 10, 2012 12:54 pm

      Kalau sdh dewasa agak sukar, tindakan operai alternatif. Terbaik

      • mus
        Posted September 10, 2012 4:35 pm

        kalau untuk operasi nya apakah punya efek samping??? dan berapa biaya yang kemungkinan dibutuhkan???

  • wieke
    Posted Oktober 31, 2012 10:11 am

    Dok, sy skrng berusia 27 th. Wktu sy usia 25an kaki sy terkilir smpi engsel lututnya geser, seblmnya sy sering terkilir d bagian lulut ad 6xan d tmpt yg sma(lutut). N smpi skrng sy masih sering merasa nyeri n klo d perhatikan kaki sy membentuk x dok. Sy tdk thu brp cm cz blm prnh sy periksakan. Ap ad kemingkinan dok kaki sy normal kembali? Tx

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 8:39 am

      Hrs dipastikan kelainan anda yg sebenarnha , apakah anda mengalami cedera atau pergeseran krn pengobatannya berbeda

  • Lia
    Posted November 16, 2012 6:50 am

    Dok,anak saya umurnya 23 bulan dan belum mau jalan sendiri,setelah saya perhatikan kakinya bentuk x,apa itu penyebabnya? saya bingung mau kolsultasi kemana? apa langsung k dokter tulang?

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 10:41 am

      Kaki x bukan penyebab anak ibu belum bisa jalan sebaiknya kami periksa mungkin ada penyebab lainnya

  • nicko
    Posted Desember 3, 2012 5:05 pm

    dok kalau misalkan kaki X karna obesitas dan umur sudah terglong dewasa , apakah penyembuhanya juga lewat jalur oprasi ?? Mohon infony :) makasih ….

    • muki partono
      Posted Desember 4, 2012 11:21 am

      saran turunkan dulu berat badan nanti di evaluasi kembali

  • i made gede sumayasa
    Posted Februari 9, 2013 1:16 am

    dok,….anak saya perempuan umur 12 tahun mulai 1 th yang lalu lututnya sakit/nyeri2 lalu dengan cepatnya berubah menjadi x sehingga agak sulit jalan dan sekarang diselangkangnya sulit untuk membukanya(sakit) mohon infinya dok, terimakasih

    • muki partono
      Posted Februari 13, 2013 12:37 pm

      sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang , utk memastikan kelainan kami curiga adanya gangguan pada saraf tungkai anak bapak yg menyebabkan ketidakmampuan berjalan , bisa juga ada kelainan pada sendi panggul akibat peradangan

  • putri aulia wulandari
    Posted Februari 23, 2013 1:44 pm

    dok,, saya umurnya 12 tahun,, kaki saya berbentuk ”X” … Bagaimana caranya dok agar bisa kaki saya lurus kembali..??

    Terimakasih..

    • muki partono
      Posted Februari 24, 2013 5:18 pm

      sebaiknya diperiksakan apakah Xnya masih dalam sudut yg normal atau tdk , akalu masih normal artinya variasi bentul lutut manusia, kalau tdk baru kita pikirkan utk koreksinya,tapi kalau tdk ada masalah fungsi sebaiknya tdk perlu dikoreksi

  • arfan
    Posted Maret 10, 2013 1:15 am

    Dok biaya operasi koreksi kaki X brp?
    & btuh brp lama untuk sembuh total?
    Tetapi gada efek samping kan?
    Saya suka olahraga takutnya setelah operasi malah gak boleh olahrga.

    • muki partono
      Posted Maret 13, 2013 1:42 am

      Sebaiknya anda kami periksa lbh dulu utk memastikan brp sudut utk koreksinya

  • permadi
    Posted Maret 16, 2013 11:26 am

    dok,saya mau nanya kaki sya O 6cm,tu smua karena pergeseran sendi kaki,apkah saya bisa mnjadi normal kmbli dok??umur saya 15 tahun

    • muki partono
      Posted Maret 24, 2013 9:42 am

      Sebaiknya diperiksa dulu utk memastikannya kalau mau dikoreksi tunggu sampai usia dmn lempeng pertumbuhan menutup

  • lukman
    Posted April 13, 2013 8:16 pm

    dok, bgaimana caranya mngtahui sudut kmiringan pada kaki bntk X ??

    • muki partono
      Posted April 15, 2013 9:00 pm

      wah anda hrs jadi dokter orthopedi dulu kalau ingin tahu sebaiknya datang ke poliklinik kami

  • Corina
    Posted Mei 30, 2013 3:32 pm

    Dok, numpang tanya . Saya cewek 19 tahun dg kedua ortu yg berkaki X . Shingga saya pun berkaki X . Apa itu karna faktor turunan ? Dan apa bisa diiobati dok ? Terima kasih

    • muki partono
      Posted Mei 30, 2013 8:13 pm

      kaki X bisa diturunkan , kita perlu tahu apakah x dalam batas variasi normal lutut atau suatu kelainan yg kita perbaiki kalau X yg kelainan bukan variasi bentuk lutut

  • ellis
    Posted Juli 10, 2013 8:50 am

    Dokter, putri saya umur 17 thn (Oktober). Hasil pemeriksaan bln ini kakinya X +12, pdhl anak sy kepingin daftar AD. Pertanyaan saya, klo kaki anak saya di-operasi utk mengkoreksi bentuk X-nya, apakah berpengaruh terhadap aktivitas olah raga (anak saya hobby lari dan jogging). Terima kasih sebelumnya.

    • muki partono
      Posted Juli 12, 2013 4:52 pm

      saran sebaiknya kami periksa dulu, yg dimaksud + 12 itu apa 12 cm, 1-2 jari atau apa kami kurang paham, secara tehnik sih bisa saja tapi resikonya banyak

  • nida
    Posted Juli 11, 2013 3:15 pm

    Anak saya 2,5tahun kakinya x. Dengan pakai sepatu khusus apa pasti bisa normal??? Kira2 brp lama?? Sepatu khusus ini kita pesan ama dokter apa dokter buka resep?? Tq

    • muki partono
      Posted Juli 12, 2013 4:50 pm

      biasanya dengan sepatu insya allah bisa dikurangi , kalau pasti sih nggak , pembuatan sepatu oleh ahli orthotic dan prostetic, bukan dokter hanya saja kami memberikan resep

  • Tessar Fachrie
    Posted Juli 17, 2013 10:24 pm

    Dok saya mau tanya’ , saya berumur 17 tahun saya dulunya kelebihan berat badan , tinggi saya 176 Cm berat 85 KG , tapi sekarang sudah ideal berat badan saya jadi 65 Kg , saya melihat kaki saya membentuk X , untuk melihat X nya itu berlebihan atau tidak gimaa dok ? Mohon pencerahan nya , terimakasih .. :)

    • muki partono
      Posted Juli 19, 2013 2:37 pm

      fotorontgen kaki dan kita ukur sudutnya

  • etti
    Posted Agustus 15, 2013 1:55 am

    mlm dok
    anak saya 1thn 6bln kaki sdh terlihat x….
    smp skrg blm mau jalan

    kira2 umur 1thn 6bln
    bisa di terapi sendiri (saran teman2 saya hrs sering di jujur n perbnyk makanan berkalsium), atau mulai gen sepatu khusus?

    terima kasih

    • muki partono
      Posted Agustus 26, 2013 5:37 pm

      sebaiknya kami periksa secara klinis lbh dulu apakah masih variasi bentuk kaki atau kelainan

  • yany
    Posted Agustus 27, 2013 8:27 am

    Dok, saya pernah jatuh dan kaki mjd berubah bentuk x (ketahuan kelas 1 smp)saya msh dapat beraktifitas, hingga saya mengalami radang sendi di usia 25,saat ini usia saya 36 thn sdh menikah (kondisi bisa jalan tetapi badan tdk bisa berdiri tegak – agak bungkuk, kaki bengkok x dilutut dan lutut jg maju kedepan.Anak saya usia 2 thn lututnya mirip saya saat blm cedera (lutut kalau posisi ditekuk ujungnya rata tdk membulat pada tempurung lututnya, apakah anak saya jg akan x (keturunan) bgmn cara terapi dirumah, trims sebelumnya

    • muki partono
      Posted Agustus 29, 2013 12:01 am

      kelainan bentuk lutut bisa diturunkan secara genetik, cara utk mengatasinya coba dibedong saat tidur atau pemakaianan splint dan dibantu dengan sepatu khsusus

  • arjun
    Posted September 10, 2013 7:48 am

    Maaf dok,mau tanya.saya umur 22 tahun kaki saya o apakah ini bisa bisa disembuhkan normal lagi?

    • muki partono
      Posted September 10, 2013 11:46 pm

      kalau mau tidak O sebaiknya dioperasi utk koreksi

  • Anindita N
    Posted Desember 7, 2013 3:37 pm

    Dok, saya mau tanya. Bedanya kaki x sama variasi bentuk lutut itu apa ya dok? Kaki saya terlihat X, tapi saya tidak merasa ada gejala2 yg biasa dirasakan orang berkaki X. Berat badan saya normal. Saya berumur 17 tahun. Apakah mungkin kaki saya akan semakin bertambah derajat X nya?Terus katanya kalau derajatnya masih kecil, bisa diobati dengan latihan. Maksudnya latihan itu seperti apa ya dok? Terima kasih sebelumnya.

    • Muki Partono
      Posted Desember 8, 2013 8:20 am

      kelainan kaki X dan variasi spt kaki X itu membedakannya ialah kalau kelainan kaki X bila hanya satu sisi, ada riwayat jatuh pada lutut, dan bila diukur sudutnya lbh dari 9 derajat, derajat X bisa bertambah besar , semakin tambah usia, pencegahan dengan latihan penguatan otot paha terutama sisi dalam (medial) berat badan hrs ideal, duduk dilantai posisi bersila

  • decal
    Posted Januari 21, 2014 1:23 pm

    Dok kl bentuk kaki x bs ngaruh ke saraf atau mental ga?tlg dijawab ya dokk

  • decal
    Posted Januari 28, 2014 1:26 pm

    Dok apa efeknya kl kaki x dibiarkan sampai lama begitu saja?

  • binti solaikah
    Posted Maret 13, 2014 5:52 am

    anak saya usia 4 tahun ( februari 2014 ) bentuk kaki X berat badannya cuma 16 kg.mohon sarannya terapi apa yang harus kami lakukan agar kakinya bisa lurus

    • Muki Partono
      Posted Maret 14, 2014 9:51 am

      sebaiknya kami periksa lbh dulu utk memastikan dan mungkin anak ibu perlu sepatu khusus

  • Yulialif
    Posted Agustus 17, 2015 3:28 am

    Ass.dok mau nanya anak sy usia 1tahun 10 bulan…sy perhatikn kaki anak kami agak lain….entah bntuk x atau o…kebiasaan anak kami tidur sambil tengkurap kaya katak apakah berpengaruh dgn kakinya kelak…n apa solusinya dok…

    • Muki Partono
      Posted Agustus 17, 2015 9:21 am

      insya allah bentuk kaki anak usia 1 tahun 10 bulan memang kadang bisa X dan O saran sebaiknya diperiksakan ke dodkter tulang

  • Firas prastiwi
    Posted Juni 11, 2019 10:15 am

    Dok kan saya daftar polisi terus kata nya dari polisi kaki nya leter x6cm tapi sebelum tes polisi saya priksa kata nya kaki saya normal apa harus kontrol terlebih dahulu donk

Leave a Comment