0815100041928.00 WIB - 16.00 WIB
Lokasi PraktekRSPI Puri Indah dan RS Jakarta

bentuk kaki o

bagaimana cara mengatasi bentuk kaki saya yang berbentuk o sedangkan saya sekarang berumur 16 tahun, apakah kaki saya bisa lurus dan tinggi dok ??

jawab : agak sulit kalau sdh 16 tahun, sebaiknya kami periksa dan ukur derajat  pembengkokannnya

97 Comments

  • hervi
    Posted Mei 18, 2011 7:39 pm

    halo dok…

    saya punya baby usia masuk 17 bulan.berat badannya kurang lebih 16 kg sekarang ini, bentuk kaki baby saya ini “O” bagaimana dok cara mengatasinya?
    apakah masih bisa normal dok seperti anak yang lainnya?

    Thanks dokter

    • muki partono
      Posted Mei 19, 2011 7:15 pm

      berat badannya jgn terlalu beat, akibatnya kaki bisa O, krn pada anak2 masih lentur, kita evaluasi saja kadang beklum tentu tambah O kalau sdh tambah besar

  • eka
    Posted Desember 18, 2011 11:32 pm

    dok, saya 21 tahun, dan mempunyai kelainan kaki O, yang ingin saya tanyakan apakah seiring bertambahnya umur nanti, kaki saya akan semakin melengkung (semakin o) ? apakah harus dilakukan operasi ? apabila dilakukan operasi, berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk bisa berjalan normal, terima kasih

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2011 8:24 am

      Semakin tua bisa bertambah O dan bisa dilakukan HTO , waktu yg dibutuhkan spt penderita patah tulang sekitar 4 bulan , sampai menungg penyambngan tulang sempurna

      • alwi
        Posted Desember 27, 2011 4:33 pm

        Dok,Apakah ada cara2 yang alami utk mengobati/untuk meluruskan kaki yang berbentuk O ,,??

        • muki partono
          Posted Januari 3, 2012 6:17 am

          Agak sukar, masalah mekanik hrs diselesaikan secara mekanik, kalau bengkok mau diluruskan adalah masalah mekanik

  • agus
    Posted Maret 4, 2012 8:51 pm

    dok, mau tanya nech !! usia sekarang 21 dok, dan kebetulan kaki saya agak sedikit o nech,.. apakah bisa dihilangkan dengan terapi ortopedi gk dok, trus gmn caranya…?? mohon balas

    • muki partono
      Posted Maret 5, 2012 9:19 am

      Kalau usia 21 tahn sdh susah tak bisa diperbaiki kecual lewat operasi

  • agung h
    Posted Maret 21, 2012 12:24 pm

    dok saya mau nanya, kalau operasi kaki o biayanya bisa sampe brapa ya dok ?

    • muki partono
      Posted Maret 27, 2012 8:08 am

      Sebaiknya kami periksa dulu utk memastikan tehnk apa yg akan dilakukan pada anda , krn konsekuensinya biaya akan berbeda

  • Ega Fugaza
    Posted Maret 31, 2012 7:32 pm

    dok,usia saya 17th dan tahun depan saya mau daftar menjadi taruna akademi militer,tapi halangan saya kaki saya berbentuk O…
    mungkin apa dok yg saya lakukan saat ini…

    • muki partono
      Posted April 10, 2012 11:02 am

      agak sulit sebaiknya kami ukur dulu derajat kemiringannya.baru bisa kita putuskan tindakan yg akan dilakukan

  • OTO OTO
    Posted Mei 3, 2012 2:40 pm

    dok, usia saya 15 th, saya jg ingin dftar kmiliteran, halangan saya cuma kaki berbentuk o, jika sya ingin mengukur kpd anda, d mn lokasi anda, no telp, dan kisaran harga dok,..
    tolong di jawab smua dok,.. mksih

    • muki partono
      Posted Mei 5, 2012 9:53 am

      sebaiknya kami periksa dulu dan ukur derajat pembengkokannya

  • OTO OTO
    Posted Mei 5, 2012 1:32 pm

    di mana saya bisa bertemu dgn anda dok

  • ian
    Posted Juni 18, 2012 9:24 pm

    dok usia saya 18 th saya lg tes akpol, kesehtan tahp pertama,saya punya mslah pda kaki saya, yaitu later o kira” bisa dilurus kan dalm waktu cpt tidak dok, jarak leter o saya 6 cm..
    tolong dijawab makasih dok.

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2012 2:23 pm

      sangat sukar ian, pada kasus kaki O kita hrs perksa dulu utk memastikan apakah kelainan Onya akibat kelainan pada tulang atau sebab lain , krn kalau sebabnya krn memang kelainan pada tulang tdk bisa disembuhkan dalam waktu singkat

  • halim
    Posted Juni 19, 2012 9:17 pm

    Hi Dok,
    saya mau tanya, bayi saya yang berumur 2 minggu, dan saya lihat kakinya bentuk O? dan bagaimanakah caranya mencegah supaya tidak bentuk o.

    terima kasih dok

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2012 2:05 pm

      pada dasarnya bayi lahir btknya O jd evaluasi saja sampai usia bisa berjalan , sementara lakukan bedong saja

  • leo khadafie
    Posted Juni 24, 2012 3:08 pm

    Dok,kaki saya sedikit o karna antar lutut gx bisa ketemu. jd gmn cara memperbaikinya dok?

    • muki partono
      Posted Juni 26, 2012 5:57 pm

      operasi rekonstruksi dengan membuat sudut pada lutut normal kembali

  • Dany
    Posted Juni 30, 2012 4:01 pm

    Dok, saya memiliki bentuk kaki o di bagian persinggungan sendi (lutut), sedangkan batang kaki saya tidak bengkok atau o. Menurut jawaban dokter kpd pertanyaan dari penanya di atas, maka harus dilakukan operasi rekonstruksi pada lutut. Yang saya mau tanyakan, adakah kemungkinan kegagalan dlm operasi? Berapakah biaya operasi utk meluruskan kaki yg berbentuk o di lutut (kisarannya aja dok supaya saya bisa mempersiapkan biayanya jauh2 hari)? Saya sudah berusia 20 th.

    • muki partono
      Posted Juli 6, 2012 4:51 am

      Untuk memast,ikan seseorang memiliki kelainan kaki O atau tidak sebaiknya diperiksakan secara kliis dan foto rontgen posisi berdiri, kalau memang hasilnya kaki O kita bisa lakukan koreksi dengan melakukan osteotomi pada tulang yang menyebabkan kaki O, bisa di tulang paha dan tulang keringnya

  • Dany
    Posted Juli 9, 2012 12:27 pm

    Dok, saya mau tanya, mengapa saat kecil, belum terlihat tanda2 kaki o (tidak nampak jelas sehingga orang tua ataupun saya sendiri tidak menyadari bahwa saya memiliki kelainan kaki o)? Kaki o tsb baru disadari saat saya berusia 17 tahun dan seakan2 tahun ke tahun bentuk tungkai kaki o saya semakin parah. Bagaimana caranya untuk meminimalisasi dampak kaki o yg bertambah parah selain ke meja operasi?

    Trims,

  • Habibie H J
    Posted Juli 20, 2012 7:40 am

    Dok , saya berumur 15 tahun , kaki saya letter o , jarak antara lutut keduanya 6 cm , apakah bisa disembuhkan ? lewat terapi apa operasi?

    • muki partono
      Posted Juli 20, 2012 11:01 pm

      kalau mau dikembalikan semula lewat operasi kita bisa lakukan osteotomi pada tulang tibia

  • Arsyad
    Posted Agustus 9, 2012 5:11 am

    Dok misal’a klo mau ngecek dmn lokasi’a dok

    • muki partono
      Posted Agustus 17, 2012 3:46 pm

      Lihat jadwal praktek pada web kami

  • Deky
    Posted Agustus 22, 2012 7:05 pm

    Salam sehat dok, umur saya 17 tahun kaki saya terlihat seperti o namun tikdak begitu o, saya rapatkan kaki tidak bisa bersentuhan, apakah ada terapinya ?
    terimakasih

    • muki partono
      Posted Oktober 10, 2012 12:36 pm

      agak sukar , itu variasi ciptakan tuhan yg diberikan pada anda

      • Deky
        Posted November 27, 2012 6:59 pm

        terimaksih dok, kalau kita ingin mengetahui derajat kemiringannya, apakah konsultasi langsung ke dokter spesialis OT ? dan kalau konsul itu dok bayar ya ? kalau bayar, berapa biasanya ?

  • novi nurhayati
    Posted September 26, 2012 8:05 am

    dok, anak saya umurnya 1,5 tahun. kaki kirinya semakin hari semakin terlihat kalo bengkok.sebelumnya sy sudah pernah berkonsultasi dengan dokter orthopedi di tempat kami, tp belum ada perubahan. sebaiknya saya harus bagaimana dok?

    • muki partono
      Posted September 26, 2012 12:49 pm

      sebaiknya bapak konsultasikan kembali utk memastikan kelainan yg diderita anak bapak, krn bengkok pada kasus anak bisa banyak sebab, pada kasus anak bapak ini kasus yg mana kami hrs periksa lbh dulu

  • steven
    Posted Oktober 30, 2012 2:12 pm

    Dok, saya berumur 15thn, saya mempunyai kaki berbentuk O, saya sangat tdk Pede, bagaimana cara membuat kaki saya kembali normal lg? Selain dengan oprasi, kalo yg olahraga mencium lutut itu apa benar” bisa meluruskan kaki dok?
    Mohon jwbannya dok, trims

    • muki partono
      Posted November 5, 2012 8:45 am

      Kelainan bentuk O sangat sulit diperbaiki tanpa operasi krn memanh kelainan terjad pada tulangnya, tdk ada cara yg efektif utk memperbaikinya

  • evi
    Posted November 15, 2012 11:38 am

    Dok saya lisa usia 29,saya memiliki kaki o. Selain operasi cara apalagi yg bisa di jlnkan? Dan klu smp operasi,ada efek nya tdk utk kedepannya? Terima kasih

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2012 10:37 am

      Kalau sdh seusia anda tdk ada cara lain selain op

  • steven
    Posted November 28, 2012 4:27 pm

    Kalo saya ini dari keturunan dok

  • Uchi
    Posted Desember 1, 2012 6:08 pm

    Haidok.. sy mau tanya dok..
    kaki anak saya berbentuk O dok
    sekarang berumur 10 bulan, apakah masih bisa kembali normal seperti bayi lainnya dengan cara dibedong dokter.. ??
    Mohon jawaban atau tips agar kaki anak saya bisa lurus dok.. trima kasih

    • muki partono
      Posted Desember 4, 2012 11:25 am

      bu tak perlu khawatir dulu kalau masih 10 bulan sih blm pasti akan O kemudian hari, saran jgn kasih baby walker

  • azhar
    Posted Desember 16, 2012 10:25 am

    umur saya 20 thn, apakah bisa untuk menyembuhkan kaki O ke kaki yg normal? apakah tidak ada efek samping kedepannya dok?

    • muki partono
      Posted Desember 17, 2012 7:06 am

      Kaki O pada usia 20 tahun kalau ingin diperbaiki tdk ada cara lain hrs dilakukan operasi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter tulangnya

  • Hendra
    Posted Desember 20, 2012 3:42 pm

    halo dok,

    saya mau nanya, mama saya umurnya uda 60an dan kakinya berbentuk O, pada saat jalan kadang kaki suka sakit di bagian lutut dan betis. kira2 kondisi spt ini masih bisa di sembuhkan ga ya? oh ya mama saya badannya lumayan gemuk.

    thanks

    • muki partono
      Posted Desember 22, 2012 12:50 pm

      keluhan yg wajar terjadi pada pasien OBESITAS saran sebaiknya turunkan berat badan , dan konsumsi glukosamin

  • Aen
    Posted Desember 21, 2012 5:35 pm

    Dok usia saya 18 thn, dan kaki saya berbntuk O. Jarak ltr O nya sekitar 5cm. jika saya rapatkan, lutut saya brsentuhan tp batang kaki saya tidak. Apakah bisa d sembuhkan melalui terapi?

    • muki partono
      Posted Desember 22, 2012 10:19 am

      kalau sdh usia 28 tahun agak sulit, hrs dengan tindakan operasi

  • tika
    Posted Desember 23, 2012 10:28 am

    dok, saya mengalami kaki o, saya amati pergelangan kaki saya, bengkok dok, kemudian tulang kering saya juga bengkok, kemudian lututnya juga yang lebih parah kaki kanan, dari pada kaki kiri..
    saya juga penah mengikuti metode berdiri di tembok
    lumayan dok agak sakit, bagian panggul
    itu kenapa ya dok??

    terimakasih, :)

    • muki partono
      Posted Desember 26, 2012 11:15 am

      kaki O sebenarnya adalah variasi bentuk kaki yg ada pada manusia, hanya saja pada umumnya orang ingin memilih posisi kaki yg dianggap normal yaitu lurus, kalau itu dilakukan otomatis akan membuat nyeri pada otot termasuk daerah panggul

  • perman
    Posted Desember 30, 2012 7:15 pm

    dok saya mau nanya,keluarga saya semua kakinya normal,tetapi sejak ayah sayah jatuh dari pohon,kakinya yang kiri bengkok lumayan parah,tpi knan normal,kemudian saya lahir dan kaki sayapun bengkok kedua”nya,stelah saya amati, betis dan paha saya lurus normal,tetapi persendian antara betis dan paha agak terpelincir dok,apakah itu dampak keturunan dok,pdhal kaki ayah saya yang bengkok cuma satu???lalu apakah bisa disembuhkam dok??soalnya saya sering di ejek……mohon informasinya trimakasih…..

    • muki partono
      Posted Desember 31, 2012 9:20 am

      Tuhan ciptakan manusia bentuk sempurna hanya bervariasi, jd tak masalahyg penting kan fungsinya

  • faiz
    Posted Januari 2, 2013 10:50 am

    Salam sehat dok,,
    dok saya berusia 19 tahun dan kaki saya berbentuk O
    yang mau saya tanyakan apakah tinggi badan saya masih bisa bertambah tinggi dengan kaki yang berbentuk O tersebut ?

  • Dhani
    Posted Januari 2, 2013 7:57 pm

    Dok, kaki saya dari betis sampai mata kaki kaya ngebentuk huruf O, cara penyembuhannya gimana ya? Ada alternatif lain selain operasi?

    • muki partono
      Posted Januari 5, 2013 9:20 am

      bentuk kaki anda adalah salah satu variasi bentuk kaki, selain operasi tdk ada cara lain yg efektif

  • musfiroh
    Posted Januari 6, 2013 9:44 pm

    ?????????? ?????????? ?????????? ????? ?????????????

    Dokter…anak saya umur 3 th,dari paha sampai betis normal tetapi saat berjlan tlapak kaki mlengkung kdalam…
    Apakah dpat trapi tnpa oprasi
    Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Januari 7, 2013 9:08 am

      Sebaiknya kami periksa lbh dulu secara klinis bar kami pastikan apakah tindakannya

  • steven
    Posted Januari 21, 2013 4:06 pm

    Dok, saya berumur 14 thn, kaki saya bengkok o, kanan dan diri lebih parah sedikit yg kanan, itu kata mamah saya kalau jalan kaki jgn terbuka (ujung kaki saling berjauhan) kalau posisi diam ujung kaki kanan kiri dipertemukan bisa jadi kemungkinan untuk memperbaiki tulang gak dok? Kalau saya perhatikan yg bengkok pada paha saya, dn ini faktor keturunan. Tolong dijawab yg ujung kaki dipertemukan itu benar atau tidak dok, trims

  • putri
    Posted Maret 1, 2013 1:57 pm

    Dok sya putri usia 19 tahun
    Kaki kiri saya bentuk o.dan tidaak bisa tmbh tinggi lagi. Sedangkan kaki kanan sya normal.
    Jadi saat kaki kanan sya mengalami prtumbuhan bagian pinggul sangat sakit.
    Kira-kira kemungkinan normal kembali dg operasi ada dok?? Terimakasih

    • muki partono
      Posted Maret 24, 2013 10:54 am

      Sebaiknya kami periksa dulu utk memastikannya apakaj bisa diperbaiki

  • edipriana indevendentpartII
    Posted Maret 25, 2013 10:25 pm

    dok saya berumur17 tahun kaki saya leter O apakah kaki saya masih bisa normal kembali? saran nya agar kaki saya normal lagi?

    • muki partono
      Posted Maret 27, 2013 12:45 pm

      bentuk O X dan normal sebenarnya adalah variasi bentuk kaki , jd saran sebaik pastikan dulu derajat Onya berapa kalau masih dalam batas normal sih tak perlu operasi

  • Hafidhah
    Posted Mei 1, 2013 1:31 pm

    salam. dok adik saya berumur 9 tahun dan kaki kirinya bengkok keluar sejak berumur 4 tahun, dan sekarang semakin terlihat parah, saya kasihan karena dia selalu diejek, waktu kecil pernah konsul ke klinik tumbuh kembang anak, kata dokter harus di operasi, tapi karena takut gagal rencana dibatalkan, jika adik saya ingin operasi bulan depan apakah masih bisa sembuh? dan apa efek sampingnya?

    JAWAB : ADIK ANDA MENGALAMI GENU VALGUS BIASANYA AKIBAT PENYAKIT BLOUNT DISEASE , PADA KASUS INI BISA DITANGANI HANYA SAJA KRN KELAINANNYA PADA SALAH SATU SISI LEMPENG PERTUMBUHAN TULANG YG ADA DI LUTUT, BIASANYA PROBLEM YG SERING DIHADAPI SETELAH OPERASI ADALAH BISA TERJADI BENGKOK SAMPAI USIA 16 TAHUN DIMANA LKEMPENG PERTUMBUHANNYA SDH STOP.

  • anggiat
    Posted Mei 1, 2013 8:03 pm

    Dok,apa benar kalau rutin minum susu bisa meluruskan buntuk kaki yg agak bengkok krn saya masih tahap pertumbuhan ??? Usia saya masih 13 thn. Dan hingga berapa derajat bengkok pada tulang kering yg masih dikatakan normal? Boleh dijawab, boleh tidak… Saya tau dokter harus mengikuti prosedur kdokteran.

    JAWAB : SUSU TDK MEMBUAT TULANG YG BENGKOK JD LURUS , SUSU HANYA MEMBANTU PROSES PERTUMBUHAN TULANGN MEMANJANG DAN MELEBAR , KALAU URUSAN BENGKOK ADALAH URUSAN LEMPENG PERTUMBUHAN TULANG, SEBAIKNYA DI CEK SECRA KLINIS DAN DIUKUR BERAPA DERAJAT BENGKOKNYA APAKAH MASIH ALAM RANGE NORMAL ATAU MEMANG SDH LEBIH

  • eni
    Posted Juli 18, 2013 11:03 am

    Dok, anak saya baru berusia 1 tahun 7 bulan. Dan baru bisa berjalan. Tapi sy perhatikan bentuk kakinya seperti o. Bisakah kaki anak saya normal dan lurus klo berjalan? Mohon solusinya. Terima kasih.

    • muki partono
      Posted Juli 19, 2013 2:34 pm

      bayi yg baru berjalan memang cenderung O, saran jgn terlalu gemuk anaknya dan evaluasi saja ,kalau khawatir sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  • michail
    Posted Juli 24, 2013 3:05 pm

    berapa jarak derajat pada kaki O yang masih dalam batas normal ????? Tolong di balas y dok,

  • sulistyo
    Posted Agustus 12, 2013 10:46 pm

    dok saya mau nanya nih kaki saya kelihatan sekali kalo berbentuk O dan juga kecil dak juga tdk tinggi ,apa ya dok yang menyebabkan itu apakah faktor keturunan ?? bisa gak dok di luruskan umur saya 20 tahun . trus apakah nanti masih terjadi pembengkokan kaki ??

    • muki partono
      Posted September 11, 2013 11:11 am

      Bisa Jadi tear lihat bengkok akibat terlalu Kurds, Saran gemukkan dulu badannya, factor turunan bisa penyebabnya

  • Dian
    Posted Agustus 13, 2013 1:49 pm

    Halo Dok,

    saya ingin bertanya, telapak kaki saya nampaknya tidak memiliki lengkungan sehingga terlihat datar. Di usia 25 tahun ini, jika berjalan terlalu lama akan meyebabkan sakit di daerah telapak bagian dalam. Itu kira-kira peenyebab dan solusinya apa ya Dok?

    Terima kasih.

    • muki partono
      Posted September 11, 2013 11:04 am

      Anda mengalami FLATFEET kaki ceper Hal ini yg membuat keluhannya nyeri bila bernal an jauh Saran pakai insole pengganjal septal agar blah nyaman

  • fery
    Posted November 28, 2013 9:52 am

    dok, umur saya 11 tahun, saya salah satu orang yang mempunyai penyakit kaki O, apakah penyakit ini masih bisa diobati ? apa sarannya dok ? dan bagaimana cara pengobatannya ?

    terimakasih dok..

    • Muki Partono
      Posted November 29, 2013 2:00 pm

      bisa nanti koreksinya tunggu saja usia 16 tahun

  • dini
    Posted November 29, 2013 5:14 pm

    malam dok
    anak saya usia 5th 3bln waktu kecil dia bisa jln usia 8bln waktu usia 2th anak saya kakinya kelihatan o smpai sekarang saya sudah minumin kasium terus saya ikat kakinya biar lurus tapi ttp saya tdk ada perubahan, berat badan anak saya skrg 37kg, ada tmn saya menyarankan untuk beli sepatu utk kaki o tp saya blm yakin karena berat badan anak saya blm bisa turun. pertanyaan saya apa bs sembuh kaki anak saya tanpa operasi?
    obat atau susu diet buat anak 5th kira2 ada tidak ya dok?
    thx

    • Muki Partono
      Posted Desember 1, 2013 1:13 am

      anak anda overweight ,saran sebaiknya programkan jgn tambah berat kalau bisa turun berat badan sampai ideal berdasarkan rumus berat badan ideal harus nya kisaran 2o kg saja, ini dulu yg hrs anda capai selama blm bisa ideal pasti dampaknya ke bengkok pada lutut

  • Dhea
    Posted Desember 16, 2013 12:19 am

    Dok, anak saya 1 thn 2 bln. sdh bsa jaln tp kakinya agak kelihatan O dok.
    waktu umur 8 bulan sering naik baby walker. apa bsa normal lgi ya dok??

    • Muki Partono
      Posted Desember 17, 2013 4:18 am

      insya allah , lakukan bedong pada malam hari dan jangan bikin berat berlebihan akan berpengaruh makin O

  • Lily Vebrina
    Posted Januari 20, 2014 5:01 am

    siang dok,…
    anak saya berusia 14 bulan, sejak 9 bulan sudah bisa jalan…sekarang berat badannya 12 kg.kakinya agak berbentuk O,…yang mau saya tanyakan :
    1.apakah anak saya dapat memiliki bentuk kaki normal?
    2.apa yang dapat saya lakukan sebagai orang tua?

    • Muki Partono
      Posted Januari 20, 2014 1:42 pm

      saran jgn kasih tambah gemuk berat badannya itu sangat berpengaruh terhadap lutut mungkin juga diperberat dengan kondisi kelainan lain seperti anak anda lbh lentur dari umumnya anak2

  • Alika Mhs
    Posted Februari 16, 2014 10:52 pm

    Dok, anak saya berumur 13 bln saat ini. Kaki kanannya agak bengkok fok jika diperhatikan. Jadi seperti bentuk O. Apakah bisa disembuhkan dok? Bagaimana caranya? Penyebabnya apa ya dok?

    • Muki Partono
      Posted Februari 18, 2014 2:45 am

      sebaiknya kami periksa lbh dulu secara klinis utk memastikan dan mengukur sudut pembengkokannnya

  • siska ayu
    Posted Maret 17, 2014 5:22 pm

    Dok, pada waktu saya lahir, saya dalam keadaan prematur, dan dokter yang menangani saya mengatakan bahwa saya mengalami kelainan tulang belakang dan efek dari kelainan itu kaki saya berbentuk o, pada saat saya usia 7 tahun, saya pernah menjalani terapi ortopedi dengan menggunakan sepatu besi dan papan titian untuk melatih berjalan. beberapa bulan kemudian, Terapi itu saya hentikan karena saya merasa kesakitan setiap memakai sepatu itu. Pertanyaan saya apakah kaki o saya dapat disembuhkan dengan jalan sepatu besi seperti yang saya lakukan dulu walaupun saat ini usia saya telah menginjak 21 tahun?

    • Muki Partono
      Posted Maret 18, 2014 3:21 am

      tujuan pemakaian sepatu besi agaar anda bisa berjalan dengan benar dan menahan agar pembengkokan tidak bertambah,

  • Aqsha
    Posted Mei 11, 2014 2:35 am

    Halo Dok, Saya mengalami gangguan Kaki O dan saya umur 14 tahun saya mengalami Obesitas apakah masihh bisa disembuhkan dok?

    • Muki Partono
      Posted Mei 13, 2014 4:14 am

      turunkan dulu berat badannya sampai batas ideal

  • Ivan Vegas
    Posted Mei 11, 2014 3:45 am

    Dok saya punya kaki leter x 6cm umur saya 18 th apakah bisa meluruskannya dengan cara terapi… mohon bantuannya dok.. terima kasih,..

  • lukman
    Posted Mei 11, 2014 8:47 am

    Dok saya bentuk kaki saya O sedangkan umur saya 14 tahun berat badan 35 Kg tinggi saya 166 cm apakah bisa lurus Dok ?

    • Muki Partono
      Posted Mei 13, 2014 4:08 am

      sebaiknya kami periksa apakah bentuk Onya variaasi atau memang kelainan

  • mukhlis
    Posted Juni 20, 2014 4:38 am

    dok… kaki saya kalo berdiri dengan sikap sempurna tumitnya 45 derajat itu lutut saya bisa bersentuhan… tapi kalo tumitnya 0° itu gak bisa bersentuhan… apakah kaki saya o..??

    terimakasih

    • Muki Partono
      Posted Juni 20, 2014 6:35 pm

      ya benar, tapi sebaiknya diperiksakan secara klinis dan rontgen

  • siska ayu
    Posted Juni 22, 2014 1:43 pm

    Dok sy berusia 21 th dan kaki saya letter o, dok saya mrasa bentuk kaki saya mmpengaruhi keseimbangan tubuh saya. Apakah pikiran saya ini benar secara medis atau hanya pikiran saya saja? Apakah ad solusi untuk melatih keseimbangn tubuh khusus pmilik kaki letter o?

  • Aqsha
    Posted Juni 23, 2014 2:17 pm

    Halo Dok, Sebaiknya Olahraga yang baik untuk Penderita Kaki O yang obesitas apa ya dok? Terus bagaimana penerapan diet yang baik dok?

  • Lidya
    Posted Juli 7, 2014 10:34 am

    Dok, sya sudah berumur 15 tahun bagaimana cara yg dapat saya lakukan untuk meluruskan kaki o . Thank you

    • Muki Partono
      Posted Juli 8, 2014 12:47 am

      agak sukar , hanay ada satu cara operasi tapi sebaiknya tunggu sampai usainya lbh dari 18 tahun

  • Edo
    Posted Juni 24, 2017 12:00 pm

    Dok saya mau tanya, umur saya 16 tahun trus kaki sy cenderung O tetapi kalau kaki sy luruskan dengan lebar tumit 0°, lutut saya masih bisa sedikit saling bersentuhan namun sangat sulit. Trus kaki sy O ternyata akibat dari obesitas waktu bayi lalu. Kalau begitu bisa disembuhkan gak dok? Kalau bisa pakai cara bagaimana? Makasih

    • Muki Partono
      Posted Juli 6, 2017 7:14 am

      kalau usai 16 tahun sdh agak terlambat , kalau anda mau coba bisa dengan mengguakan sepatu khusus yg dibuat

Leave a Comment