Assalamualaikum Dr. Muki

Ibu saya merasakan sakit di pergelangan kakinya dan setelah dilakukan rontgen ternyata ada benjolan (tumor) jinak dikakinya tersebut. Dokter tersebut mengatakan bahwa bisa dilakukan operasi untuk mengangkat benjolan tersebut.

Yang saya ingin tanyakan apakah hanya dengan operasi benjolan tersebut dapat dihilangkan, atau bisa dengan cara lain seperti dengan obat-obatan. APakah benjolan tersebut akand apat membahayakan dan menjadi sebuah tumor ganas?

Mohon penjelasannya.

jawab : benjolan dalam istilah medis namanya TUMOR , bila menghadapi tumor kita periksa  apakah isinya cairan , kenyal atau padat, bila cairan bisa kita kurangi dengan menyedot, tapi bila bukan kita harus angkat, tumor ada 2 jenis bisa jinak atau ganas. Bila jinak masih bisa berubah perangai menjadi ganas cuma presentasinya kecil ( 1 %). Jenis tumor itu macam2 , utk mengetahui jenisnya kita hrs melakukan pemeriksaan mikroskop (PA), untuk itu kita butuh sampel dan sampel itu kita ambil dengan lewat tindakan operasi. Jadi operasi punya 2 tujuan , pertama mengangkat tumor sampai bersih, kedua untuk diperiksakan apa jenis tumornya, setelah ada hasil kita baru mengetahui jenisnya apa dan baru kita berikan pengobatan lanjut

Terimakasih atas jawaban & penjelasannya Dr. Muki.