0815100041928.00 WIB - 16.00 WIB
Lokasi PraktekRSPI Puri Indah dan RS Jakarta

Apakah pemberian susu kalsium dapat mempercepat proses penyembuhan patah tulang?

proses penyambungan tulang tdk bisa dipercepat, efek pemberian kalsium adalah pada proses mineralisasi.

193 Comments

  • tinton
    Posted Maret 14, 2010 4:40 pm

    dokter usia saya 24th sudah 4 bula lalu tulang saya patah terbuka dan pasang pen, tetapi bekas luka terbuka sampai sekarang belum menutup, padahal saya tidak ada penyakit gula, jadi bagaimana agar cepat pulih jaringan kulitnya terimakasih, maaf kl bisa di bls di email saya, terimakasih

    • muki partono
      Posted Maret 15, 2010 4:01 pm

      tak usah khawatir, selama tulangnya tdk infeksi , utk tahunya kita lakukan foto xray, kadang memang infeksi dibawah kulit agak lama sembuhnya tapi utk proses penulangan lebih kuat

  • adit
    Posted Mei 4, 2010 11:15 am

    dok, saya adit dr semarang, umur 26thn.saya baru kecelakaan dan patah tulang di tulang belikat sebelah kanan..
    patah menjadi 4 bagian dan disatukan lagi pake pen.yang saya tanyakan: berapa lama tulang saya terbentuk lagi? makanan apa saja yg mendukung pemulihannya? terkadang rasa nyeri seperti dicengkram/di remas2 gt dok pada tulang yang patah,apakah itu alami? terima kasih dok:)

    • muki partono
      Posted Mei 4, 2010 11:39 am

      anda butuh waktu yg lbh lama, hrs latihan pendulum excercise spy bahu tdk kaku, makanan yg paling banyak mengandung kalsium spt susu, kedelai, tahu, tempe, yogurt, dll

  • echa
    Posted Juni 16, 2010 1:48 pm

    Dear dok,

    seminggu yang lalu pacar saya kecelakaan dan tulang bahunya patah (sudah merupakan hasil ronsen). apakah harus dioperasi ya dok? opreasi seperti apa ya dok? atau adakah cara lain dok selain operasi dok?

    Makasih banyak yah dok..

    • muki partono
      Posted Juni 19, 2010 9:28 am

      sebaiknya dioperasi utk menyelamatkan fungsi gelang bahu, tdk semata2 hanya tulang menyambung

  • bambang
    Posted Juli 30, 2010 9:47 am

    Dok,umr saya 27 5hr yang lalu kecelakaan dan patah pada tulng paha kiri,mlmnya saya di operasi kata doktr yang menangani tulang paha patah dan banyak serpihannya jadi penangan operasinya lama skitar 4jam,,jadi pertanyaan saya samapai kapan bengkak di paha hilang,dan butuh brapa lama untuk bisa brfungsi kmbli normal?trimaksh dokter

    • muki partono
      Posted Juli 31, 2010 1:30 pm

      bengkak pada kaki bisa sampa 3 minggu atau lbhtapi tdk masalah itu proses wajar, kembali normal estimasi 5 bulan lepas tongkat, 1 1/2bulan sdh aktifitas dgn bantuan tongkat.

  • bambang
    Posted Agustus 7, 2010 10:05 am

    satu lg dok,skrg saya sudh pulng dr Rumhskt ,tapi lutut saya tdk bsa di tekuk,kalaupun di paksakan terasa ada tahanan di paha ,jd pertanyaan apakah normal dok seperti itu,kalo post oprasi pemasangan pen di paha trus apakah yang terjadi klo saya paksakn lipat lutut saya krn saya takut akn selamanya seperti ini..trmksh dokter

  • siska
    Posted Agustus 13, 2010 10:02 am

    selamat siang dok,saya mau tanya apakah setelah pemasangan pen kita harus benar2 bedrest selama sebulan penuh,bahkan untuk(Maaf)BAB harus ditempat tdr,krna takut pen patah atau rubah posisi tulangnya,jd pertanyaan saya sejauh mana mobilisasi pasien2 dngn pemasangan pen yang ada dirumah.

    • muki partono
      Posted Agustus 15, 2010 12:54 am

      tujuan pemasangan pen pada kasus patah tulang adalah mobilisasi dini, jd asumsi anda tdk tepat, sebaiknya mobilisasi cepat, hanya saja mobilisasi yg dimaksud berbeda-beda sesuai jenis pen yg dipasang dan tehnik yg dipakai , utk hal ini sebaiknya dikonsultasikan pada dokter yg mengerjakan, atau kami bisa bantu bila ada foto rontgen setelah pemasangan pen

  • candra
    Posted Agustus 21, 2010 8:34 pm

    Malam dok,sebulan yang lalu saya dioprasi pasang plat di paha kanan,selama dirumah saya rajin gerak tungkai sama lutut,alhmdlh tidak ada kendala tapi kadang2 saat saya melipat lutut dlm posisi tidur merasa tulang patah saya ikut goyang juga sensasi itu tanpa rasa sakit,,mungkinkah goyangan itu dr patahan tulang?mohon petunjuknya dok?

    • muki partono
      Posted Agustus 21, 2010 10:06 pm

      sebaiknya di cek ulang kami khawatir itu loosening terjadi pada plate yg terpasang

  • Riza
    Posted September 3, 2010 8:16 am

    Dokter,sy pria berusia 19th,skitar 8 bln yang lalu sya mengalami kecelakaan dan patah tulang paha sebelah kanan dan lengan kanan dkt siku,stlah 6 blan stelah operasi Pen,ternyata saya mengalami infeksi tulang tpi hnya yg kaki kanan sja sdngkn yg tngan sudah normal kembali,
    Dan ternyata stlah dirontgen Pen kaki kanan sya hampir trlepas dr tulang,
    Dan akhr sy pun menjalani operasi kembali,trnnyta oprasi ny dilakukan 2 kali,operasi pertama membka pen yg rusak,lalu slma 15 hri sy menjalani traksi dan pengobatan infeksi,stlah itu dilaksanakn operasi ke 2 untk pemasangan pen,
    Yg mau sya tnyakan,
    Apakah akan memperlambat proses penyambungan tulang saya ?
    Kira kira untk normal seperti sedia kala dibutuhkn waktu berapa lama ?

    • muki partono
      Posted September 5, 2010 11:04 am

      prosedur ini tdk mengganggu penyembuhan justru utk menghilangkan infeksi, masalah penyambungan tulang memang salah satu sebab yg memperlambat adalah infeksi, utk itu bila infeksinya bisa dikurangi atau dihilangkan, maka proses penyambungan tulangnya akan kembali normal

  • mia
    Posted Oktober 4, 2010 3:23 pm

    Sore dok,jika patah tulang sampai 2 thun yang lalu,apakah masih bisa jika dioperasi untuk dipasang pen,apakah proses penyembuhan pasca operasi akan memakan waktu yang lama?

  • ana wahyu
    Posted Oktober 5, 2010 9:01 am

    Dok,tanggal 24 September 2010 saya kecelakaan,hasil rontgen tulang ekor saya retak….sekarang saya sudah mulai bekerja lagi..dan tidak bisa duduk lama…masih nyeri…yang saya tanyakan apakah saya bisa melaksanakan perjalanan jauh…adatugas kantor ke Malaysia tgl 21 Oktober 2010 dan obat apa yang bisa mempercepat kesembuhan saya?.terimakasih dokter.

    • muki partono
      Posted Oktober 5, 2010 2:01 pm

      bawa bantal yg berbentuk donat dan kurangi duduk, serta asupan kalsium dan vit D3

  • tony
    Posted Oktober 14, 2010 1:17 pm

    dok saya tony umur saya 17 tahun bru kemaren sya kcelakaan dan jatuh dari motor pergelangan tgan sebelah kanan saya path gimana cara agar cepat sembuh soal.a saya udah klas 3 smk dan tidak bisa menulis kalo pake tangan kiri pdahal sbentar lagi mid smester,…?

    • muki partono
      Posted Oktober 14, 2010 8:33 pm

      kalau itu tujuan kamu bar cepat bisa menulis dan aktif lg sebaiknya di operasi

  • tony
    Posted Oktober 15, 2010 6:56 am

    tp kta dokter.a ga usah di operasi kata.a posisitulang.a udah bagus jdi cuman di giip jja
    tpi ak pngen tanya gimna agar cpet sembuhnya dok
    and mkanan” yang mempercepat penyembuhan tulang yg patah,….

  • rini
    Posted Oktober 20, 2010 2:20 pm

    dok saya wanita umur 23 tahun, saya baru mengalami kecelakaan dan tulang kaki saya patah, ini sudah 2 minggu pasca operasi. kaki saya sudah tdk bengkak lagi tetapi luka bekas operasi masih ada yang belum kering.

    yang saya tanyakan susu apa yang bisa mempercepat penyembuhan tulang saya?
    lalu ciri2 kalau terjadi infeksi tuh seperti apa?

    • muki partono
      Posted Oktober 21, 2010 10:08 am

      luka masih basah selama tak ada tanda infeksi spt panas badan atau panas sekitar luka , warna kemerahan dan mengeluarkan cairan yg berbau spt nanah, selama hal tsb tdk ada tak perlu khawatir, susu apa saja baik yg penting dosis yg anda perlukan 1500 mg/ hari

  • YENI
    Posted Oktober 21, 2010 9:10 am

    dok waktu itu saya pernah tanya tentang pen tulang belakang saya yang patah. sekarang yang ingin saya tanyakan adalah sekarang tulang belakang saya agak menonjol dan saya jadi seperti keliatan orang bungkuk padahal saya jalan biasa saja tapi orang lain melihatnya berbeda mngkn karena pen patah tersebut dan dalam waktu dekat ini saya ingin menikah apakah nantinya hal ini tidak akan mempengaruhi kesehatan saya apabila saya hamil karena kata dokter saya tidak boleh terlalu gemuk dan pen ini saya pake untuk selamanya. Apakah ada jalan keluar lain untuk mengatasinya karena terus terang saja klo untuk operasi kembali saya sudah tidak mampu. saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter. terima kasih

  • taufiq
    Posted Oktober 22, 2010 10:07 am

    dok saya pria umur 37 th, tgl 27 sept 2010 jari manis tangan kiri saya patah dan hari itu jg di oprasi,sekarang ada terasa mengalir di luka, terasa lengket, pedih, apa itu ? apa tulang yg patah akan nyambung lagi ? makanan apa yg baik supaya cepat sembuh ? Terima kasih dokter.

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2010 10:01 am

      kondisi yg masih wajar akibat operasi, makanan yg banyak mngandung kalsium, spt susu, tempe, tahu, bayam, ikan teri dll

  • Dedy
    Posted Oktober 22, 2010 6:35 pm

    Kemarin saya kecelakaan ,trus jari kaki saya patah, langsung d jahit di klinik, kata dokternya jangan di apa2kan sampai 5 hari dan hrus konsumsi singkong bakar, nah apakah tulangnya bisa nyambung lagi dok?, trus apa benar singkong baik buat tulang?karena sy bca di internet makan singkong malah gak baik buat tulang..mhon di jwb ya dok..trma ksh

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2010 9:55 am

      hati2 bila patah dgn luka takutnya infeksi sebaiknya anda konsultasikan ke dokter tulang spy jgn terjadi infeksi, maalah singkong blm ada penelitian tentang itu, tapi kalau mau coba tdk ada salahnya .

  • wakiman
    Posted Oktober 23, 2010 5:56 am

    dok,,jari telunjuk saya retak tngn sblh knan..ini tngn yng pnting untk beraktivitas..sedngkn saya di jepang..biar jari saya cpt smbh butuh asupn apa dok 23 tahun…trimaksh..butuh waktu berapa lma dok

    • muki partono
      Posted Oktober 23, 2010 9:51 am

      asupan kalsium , banyak terdapat pada susu, ikan teri, kedelai, tahu, bayam, atau beli suplement kalsium

  • yeni
    Posted Oktober 23, 2010 10:38 am

    dok tlng jawab pertanyaan saya karena sangat membutuhkannya. tks
    dok waktu itu saya pernah tanya tentang pen tulang belakang saya yang patah. sekarang yang ingin saya tanyakan adalah sekarang tulang belakang saya agak menonjol dan saya jadi seperti keliatan orang bungkuk padahal saya jalan biasa saja tapi orang lain melihatnya berbeda mngkn karena pen patah tersebut dan dalam waktu dekat ini saya ingin menikah apakah nantinya hal ini tidak akan mempengaruhi kesehatan saya apabila saya hamil karena kata dokter saya tidak boleh terlalu gemuk dan pen ini saya pake untuk selamanya. Apakah ada jalan keluar lain untuk mengatasinya karena terus terang saja klo untuk operasi kembali saya sudah tidak mampu. saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter. terima kasih

  • Kautsar
    Posted November 17, 2010 4:09 pm

    dok saya berumur 37 tahun dan patah tulang di bagian atas lengan dekat siku.
    apakah ada hal yg dapat ditimbulkan seperti komplikasi atau efek yang lain setelah peroses penyembuhan?
    dan dibutuhkan waktu berapa lama untuk proses penyembuhan?

    • muki partono
      Posted November 17, 2010 8:54 pm

      hati2 dgn kekakuan sendi siku, prosesn penulangan sdh mulai ada sejak 3 minggu sampai 6 bln ke depan

  • Suryawati
    Posted November 18, 2010 12:21 pm

    Dok, sy 45 thn. 1 bulan yg lalu sy jth dan kaki kiri tulang besar (bg betis tp bkn tulang kering) patah dan sdh dioperasi psg pen. Sy mau ty perlu berapa lama utk sy bisa jalan normal kembali? sy sdh di srh belajar napak. dr belajar napak smp berjalan tanpa tongkat perlu berapa lama ya? Terima kasih

  • sultoni
    Posted November 21, 2010 7:37 am

    dok,,nama saya toni,saya mau tanya ,seminggu kemaren ibuk saya kecelakaan dari motor. umurnya 45 tahun, berat 75. setelah kecelakaan langsung di bwah ke tmpt urut.teryata ada pergeseran di tulang pinggul, setelah itu hasil scan tulng baik2 aja . tapi sampai sekarang belum bisa berjalan , apa yang harus ibuk saya lakukan ? adakah obat yang bisa mempercepat kesembuan nya dpk

    • muki partono
      Posted November 22, 2010 9:03 am

      sebaiknya diperiksa ulang hasil scan tulangnya, karena bisa saja kemungkinan lain terjadi.kami belum bisa memberikan obat2an yang sesuai , harus melihat kondisi ibu anda lebih dulu

  • Nanda Firdaus
    Posted November 24, 2010 1:15 pm

    dok,umur saya 14thn. seminggu yg lalu saya mengalami patah tulang. yg pth adlh tulang hasta dan pengumpil tangan kanan. tulang saya patah membentuk sudut sekitr 30derajat, namun bkan pth tulg terbuka. Setelah operasi, sy dipasangi 2 buah pen. Alhamdulillah sekrang saya sdh mulai bisa menulis lg. Apakh ada cara utk mempercept proses penyambungan tulang? Dan latihan ap sj yg hrs sy lkukn agr otot sy tdk kaku?

  • dedy
    Posted November 27, 2010 8:36 pm

    dok, sudah 1 bulan saya patah tulang terbuka bagian jari kaki, tapi ALlhmdlh luka nya sudah sembuh, cuma kata dokter,tulang saya belum nyambung sempurna/masih lemah.saya tidak di opersi(pasang pen) cuma di pasang semacam plat di luar aja dan di kasih obat dan calsium. apakh bisa cepat sembuh dok?dan berapa lama bisa smbuh total dok? berhubung saya harus tetap kerja,,

  • arthur
    Posted Desember 18, 2010 9:34 pm

    dokter..3hari yg lalu pcr saya kecelakaan..
    kaki kanannya hancur, stelah kejadian lgsg dibawa kerumah sakit dan dioperasi selama 4 jam..
    dan besok adalah operasi ke2 untuk membersihkan sel2 kulit yg mati..
    pertanyaan saya, untuk patah tulang seperti itu berapa lama waktu penyembuhannya..?terima kasih..

    • muki partono
      Posted Desember 19, 2010 10:47 pm

      wah agak lama kalau kulitnya mati artinya luka cukup hebat, biasanya 6- 1 tahun

      • arthur
        Posted Desember 21, 2010 11:33 pm

        terima kasih atas jawabannya dok..
        besok adalah operasi ke3 dgn bius total utk membersihkan kulit2 yg menghitam..
        yg hancur di bagian pergelangan kakinya dok, ada 12 pen ..
        tapi kenapa dibalut perban sampai ke paha ya dok..?knp tdk di bagian pergelangannya saja..?

        • muki partono
          Posted Desember 22, 2010 4:54 pm

          untuk mengurangi bengkak memang harus demikian , spy tekanan pada tungkai bapak sama dari seluruh bagian kaki yg mengalami kelainan

  • arthur
    Posted Desember 22, 2010 7:29 pm

    tapi knp setiap dikasi makn atau mnum pasti muntah dok..?
    apa efek samping dr obat..?kadang merasa bdn pegal2, dan panas jg…
    udah 1 minggu ini jg g bsa mkn nasi, bdn jd kurus bgt dok…

  • arthur
    Posted Desember 27, 2010 5:57 pm

    dokter ..saya ada 1 pertanyaan, tolong di jawab..
    sudah 13 hari tunangan saya dirawat di RS karena kecelakaan tersebut..
    tadi pagi dokter merawat lukanya, ternyata hasil operasi membuat pergelangan kakinya sepertinya bengkok, gmna tindakan slanjutnya agar normal dok?
    trs kata dokter harus mengambil daging di paha, karena tidak ada daging di area yg luka karena kecelakaan tsb..
    makasih dokter…
    (arthur)

  • meiga
    Posted Desember 28, 2010 12:33 pm

    met siang dok…
    dokter 2 tahun lalu pacar saya kecelakan dan ibu jari kaki di ampurasi krn terjadi infeksi. dan sekarng jari telunjuk kakinya kenapa melipat yah dok? dan terlihat kakinya jadi mengecil?
    yg jadi pertnyaan saya knp jari telunjuknya melipat n kaki nya jadi mengecil???

    tolong bantu saya dok…
    terima kasih…

    • muki partono
      Posted Desember 30, 2010 2:48 pm

      melipat akibat kekakuan, dan mengecil akibat atropi, (tdk banyak peregerakan), sebaiknya diperiksakan

  • damon
    Posted Januari 5, 2011 7:59 am

    Dokter,ibu sy usia 60 th mengalami tulang retak dilutut 5 bulan yg lalu, skrg sdh bs jalan tanpa bantuan krek/tongkat, tapi lututnya mash blm bisa di tekuk, kalaupun di paksakan terasa sakit spt ada tahanan di paha ,jd pertanyaan :
    1.apakah keadaan seperti itu normal dok?
    2.apa yg hrs dilakukan utk penyembuhan agar lutut bs ditekuk spt sedia kala?

    Mohon advicenya dok, terimakasih

    • muki partono
      Posted Januari 9, 2011 9:23 pm

      kadang hal ini terjadi, kalau sdh 5 bukan sebaiknya kita lakukan manipulasi dengan pembiusan dan dilanjutkan dengan bantuan alat CPM

  • joey
    Posted Januari 10, 2011 9:39 pm

    Dok usia ku 29 tahun,aku patah tulang kaki paha sblh kiri dan tangan udh 5 bulan yg lalu,kira kira kapan dok aku bisa lepas tongkat sama sekali soalnya sekarang aku masih pake tongkat belum berani lepas tongkat

    • muki partono
      Posted Januari 13, 2011 10:43 pm

      lepas tongkat bila penulangan sdh cukup kuat, perlu pemeriksaan foto xray sebaiknya dr yg menangani lbh mengetahui

  • AzilL
    Posted Januari 10, 2011 10:07 pm

    Dok, saya laki” yang berumur 16 thn, sekitar 2minggu lalu saya kecelakaan, mengakibatkan tulang kering kaki kiri saya patah.
    kejadiannya pada tgl 26-12-10 malemnya langsung d’lakukan oprasi.
    sampai sekarang rasa cenut” masih terasa dok, ap itu normal?
    dan saya mau nanya, saya atlet pesilat prosvinsi, kira” ap saya masih bisa silat lagi dok?
    kalo bisa butuh waktu brapa lama?
    dan apa yang bisa mempercepat penyambungan patah tulang kering?
    jujur saya takut kalo tidak bisa silat lagi dok.
    mohon masukannya….
    terimakasih~

    • muki partono
      Posted Januari 13, 2011 10:42 pm

      sabar anda bisa silat lagi perlu istirahat 6 bulan , estimasi bisa silat lg setelah 1 tahun

  • rio
    Posted Januari 15, 2011 3:23 pm

    dok saya bulan nopember lalu patah tulang kering kaki kanan,butuh berapa lama untuk bisa berjalan lagi,sekarang dah 2 bulan lbh,tp blm boleh pake tongkat….mohon petunjuk dok.mksh

    • muki partono
      Posted Januari 17, 2011 12:16 pm

      2 bln sdh bisa jalan dengan tongkat , lepas tongkat target 6 bulan

  • AzilL
    Posted Januari 19, 2011 10:28 am

    kalau misalnya tulang betis dan tulang kering patah dok>>>>
    kira” butuh waktu berapa lama untuk bisa jalan lagi…
    dan apa mungkin pent yang terpasang d’tulang bisah patah>>>???

    mohon masukannya dok…

    terimakasih>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  • eka
    Posted Januari 24, 2011 4:54 pm

    dok saya eka 27th mau nanya.kaki paha saya patah ud sebulan dr oprasi.tp blm bsa d tekuk,ap memang seperti itu??lalu kpan saya bisa tekuk kaki saya kembali???..dan bagaimana cara cepat penyembuhanny dok?? trima kasih sebelumnya dokter murki,saya sngat membutuhkan jwbany itu!!

    • muki partono
      Posted Januari 25, 2011 6:26 am

      kalau mau cepat di rawat dan pakai CPM , atau lakukan fisioterapi

  • ajunk
    Posted Januari 25, 2011 10:38 pm

    alat CPM tuw seperti apa dok??
    fisioterapi tuw contoh’y kyk gmna dok?? , apa itu blajar jalan atau blajar gerak ?
    tpi saya sdah blajar gerak sndiri tpi skit & uda saya pksa dkit2…..

  • Lia
    Posted Januari 26, 2011 3:48 pm

    Dok saya kecelakaan pd 15 nov 2009 dh mengalami patah tulang dipaha hingga menumpuk 2cm.
    Kmudian dioperasi dan dipasang pen didlm tulang dr pangkal paha hingga atas lutut.
    Knpa sdah 1th lb saya blum bs berjalan normal?dr bagian yg tidak ada pen nya hngga kebwah trasa aneh dan bgian lutut sakit jika untuk jalan?
    Tlg bri penjelasanya.
    Terima kasih

    • muki partono
      Posted Januari 27, 2011 10:34 pm

      sebaiknya dikirim foto ronten kondisi terakhir, bisa banyak sebab salah satunya atropi otot, mungkin krn kurang aktif, atau anda termauk dalam delay union dimanan terjadi keterlambatan penyambungan tlang

  • wulan
    Posted Januari 29, 2011 8:40 am

    dok, saya wulan 23 th. tgl 24 desember 2010, 1 bulan yang lalu saya kecelakaan, retak sendi lutut dan bawah lutut (masih persendian), awalnya hanya bisa selonjoran, sekarang sudah bisa duduk di kursi ditekuk 90 derajat tapi untuk duduk lipat di lantai belum bisa. kira2 apakah nanti akan normal bisa dilipat lagi dok? saya agak khawatir kaku ga bisa dilipat, krn saya paksa tapi blm bisa agak kaku. sekarang saya jalan masih bantuan tongkat dan masih diperban. Gerakan2 seperti apa agar kaki saya tidak kau dok, karena otot2 di betis dan pergelangan kaki ikut jadi kaku..
    Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Februari 1, 2011 6:16 am

      sebaiknya dilanjtak oleh fisioterapis proses latihan menekuknya agar lbh baik

  • Ruchyat
    Posted Januari 29, 2011 9:17 pm

    Dok,saya ruchyat setelah menjalani operasi,berapa lama kira-kira plat yg terpasang ?î bahu saya bisa ?î lepas trimakasih

    • muki partono
      Posted Februari 1, 2011 6:09 am

      pen pada dasarnya di angkat setelah tulang sdh menyambung paling cepat bisa 6 bln tapi waktu rata2 pengangkatannya 1 tahun

    • muki partono
      Posted Februari 1, 2011 6:11 am

      paling cepat 6 bln rata2 1 tahun

  • arthur
    Posted Februari 2, 2011 1:15 am

    dokter..apakah patah tulang dibagian telapak kaki sampai kejari itu proses penyembuhannya lama?
    sudah hampir 2 bulan tunangan saya di rawat di RS karena patah tulang akibat kecelakaan,
    dan operasi skin graft..
    kakinya bagian kanan tidak bisa di tekuk dok, saya takut terjadi atrofi..kalaupun atrofi, bagaimana cara menyembuhkannya?apakah cukup hanya dengan fisioterapi dok..?
    terima kasih banyak dokter…

  • rido junjung nagari
    Posted Februari 4, 2011 3:55 pm

    dok, tangan kanan saya patah, karena kecelakaan motor, tulang kecil n tulang besar dua2nya patah…
    Tgl 20 desember 2010 sy di oprerasi pk pen,,,
    skrg c sudah mulai membaik,,
    Tetapi knapa sikut sy ga bs diluruskan y dok?
    Pdhl ga ada hubungannya dgn sikut,,,

    kira2 untuk pemulihannya berapa lama ya dok, sampe saya bs naek mtr lg….????
    Thankz b4

    • muki partono
      Posted Februari 5, 2011 8:56 am

      kalau mau baik hrs fisiotrerapi, itu akibat pakai gendongan terlalu lama tanpa latihan siku, bisa juga sebab lain pastikan dengan foto rontgen sikunya apakah ada kelainan

  • rido junjung nagari
    Posted Februari 5, 2011 6:26 pm

    kalau karena gendongan terlalu lama, apa bisa lurus lg dok???

  • Angela
    Posted Februari 11, 2011 12:51 pm

    Dok saya berumur 20 tahun, 4bulan yg lalu saya kecelakaan motor dan dr hasil rontgen mengalami patah tulang diatas siku lengan, tetapi sy berobat di alternative. tangan saya skrg sudah membaik, tetapi yg jd pertanyaan sy, knp tangan sy bru hny bs menekuk 90 drajat saja, kalau mau coba lebih dr itu seperti ada yg menahan. apakah itu normal dok? dan kira2 apa yg harus sy lakukan spy bs menekuk seperti sedia kala?dimohon sarannya dok… trimakasih sebelumnya.

    • muki partono
      Posted Februari 12, 2011 3:27 pm

      itu pasti tdk normal dan hrs difoto rontgen utk memastikan apakah ada patah atau tidak, kalau memang tdk ada patah dan bergeser dari hasil foto bisa kita lakukan fisioterapi, tp bila hasilnya ada patah sebaiknya diperbaiki bila ingin menekuk normal lagi

  • Rock rock
    Posted Februari 12, 2011 5:27 am

    Dok… Sya habis kcelakaan, sekarang saya klas 3 Smk. Ibu jari, jari manis sama jari tengah saya patah dok. Sekarang sudah di operasi dok, tapi ada beberapa pen (bentuknya seperti kawat) yg nongol dok, dan bisa dilihat dari luar. Kata dokternya setelah 1 1/2 bulan smua pen sudah diambil. Pertanyaan saya dok:
    1. Gimana agar jari2 saya tidak kaku, saat ini 3 jari yg dioperasi tdk dpat d tekuk.
    2. Apakah itu nanti akan normal lagi?
    3. Kemana saya bisa krim foto rontgen agar dokter bisa menjelaskan lebih detail.
    Saya pengen cepat2 bisa menulis lagi dok. Krna saya udh klas 3.
    Mohon dijawab dok. Thanks

    • muki partono
      Posted Februari 12, 2011 3:17 pm

      sebaiknya bila sdh kaku nanti dilakukan pengangkatan kawat sekaligus manipulasi jari2nya agar bisa berfungsi kembali

  • Vincent Wibisono
    Posted Februari 16, 2011 5:30 pm

    Dok.Umur saya 15THN , saya habis kecelakaan. Tulang Lengan Kiri (Humerus) saya Patah Karena Terpeluntir. Sekarang Tangan saya sudah dioperasi (dipotong bagian triceps) dan diberi Pen. Sebelum Operasi tangan kiri saya lumayan berotot dan setelah operasi, otot biseps dan triceps saya hilang smua. Dan juga bekas potongan tangan wktu operasi masih bekas smpe skrg. (sudah dipen sekitar 6 bulan). ketika saya menggunakan otot triceps, seperti otot triceps ini tidak melekat pada tulang. tapi siku saya sudah bisa menekuk spt normal.

    pertanyaan saya:
    1. berapa lama tulang saya akan nyambungkembali dan melepas pen?
    2. bagaimana cara menghilangkan bekas luka operasi?
    3. apakah setelah melepas pen tulang saya akan normal kembali seperti dulu dan bisa melakukan aktifitas beban (fitness)?
    4. sekarang tangan kanan dan kiri saya, jauh lebih bsar kanan karna otot. apakah nanti bisa disamakan kembali? dengan cara apa?

    Tq ya sebelumnya. maaf terlalu panjang. saya butuh tips” dari dokter nih:D

  • Angela
    Posted Februari 17, 2011 4:04 pm

    Kalau boleh tahu ciri2nya bagaimana kalau ada patah? tangan saya sih sudah bisa digunakan untuk bekerja kembali dok, contoh sudah enak jika dipakai mengetik komputer, hanya kurang nyaman karena tidak bisa menekuk sempurna. Kalau memang ada yang patah harus diperbaiki dengan cara operasi ya dok? Trimakasih sebelumnya dok sudah mau menjawab pertanyaan saya.

  • ranita
    Posted Februari 17, 2011 7:05 pm

    Malam dok…2 hari lalu sya terjatuh ditangga dan dlam keadaan memakai sepatu berhak tinggi…kaki sya adaa ?ª?? patah tulangnyaa…?ª?? sya tanyakan apakah ?ª?? harus sya lakukan? Haruskah diigips? Trima kasih dokter

    • muki partono
      Posted Februari 19, 2011 9:44 am

      penanganan di gips atau tdk tergantung dari bentuk patahannya sebaiknya kami periksa dulu

  • Wahyu
    Posted Februari 17, 2011 7:48 pm

    Bgni dok udh hmpir 2th lebih saya mngalami patah tulang kaki kiri d bagian paha dn d pasang pen.. Yg saya tany kn knp udh 2th lbih kaki saya ga bisa d tekuk normal lgi..?? Gmn cra ny biar bisa d tekuk dg normal lgi??

    • muki partono
      Posted Februari 19, 2011 9:42 am

      sebaiknya anda kami periksa dulu. sebab banyak masalah yg bsia menyebabkan lutut tak bisa ditekuk

  • Vincent
    Posted Februari 18, 2011 12:38 pm

    Dok. Umur sya 15. Msh muda. 6bln lalu lengan kiri dkt siku sya ptah dan lgsg d beri pen. Tiap hari saya sdh minum susu sapi murni+suplemen kalsium. Pertanyaannya. Apakah tulang saya sdh nyambung 100%? Dan knapa saat stelah saya push up tgn kiri saya msh sakit, tapi cuman sebentar? Apakah itu normal? Tolong d jwb dok. Thx:)

    • muki partono
      Posted Februari 19, 2011 9:37 am

      hrsnya kalau 16 tahun dan sdh 6 bulan biasanya sdh menyambung , bila masih nyeri hrs di cek dengan foto rontgen apakah sdh menyambung atau belum pada lengan yg sakit

  • Azka
    Posted Februari 20, 2011 9:54 am

    Dear doc,
    saya mengalami patah tulang.Hasil x ray mengatakan tampak bayangan fraktur os pubis sinistrae..Saya jatuh dgn posisi duduk sehingga daerah tulang selangkangan kiri bergeser (bentuk tulang yg seperti kacamata geser) dan di x ray ada garis putih dalam tulang kacamata itu yg patah.Yg ingin saya tahu apakah jika ke dr ortho saya harus di operasi ato ada tindakan medis lain?
    Saya bisa berdiri,menekuk,mengangkat kaki tapi tidak dapat berjalan dgn bertumpu di kaki kiri serasa nyeri dan ada yg goyang..
    Tolong balas dok..

    • muki partono
      Posted Februari 21, 2011 9:03 am

      patah tulang kemaluan (pubis) adalah istirahat total, tdk boleh jalan dan duduk , selama 1 1/2 bulan

  • Tino
    Posted Februari 20, 2011 6:45 pm

    Malam dok, saya patah tulang kaki posisi di bawah dengkul. 4 minggu lalu saya operasi dipasang pen 1. Saat ini luka sdh kering, tp kaki belum bs dibuat menekuk,ada rasa sakit dan spt mengganjal.mohon solusinya dok. Terima kasih..

    • muki partono
      Posted Februari 21, 2011 8:54 am

      sabar perlu waktu yg agak lama , sebaiknya lanjutkan dan latihan menekuknya yg lbh diutamakan

  • Azka
    Posted Februari 22, 2011 8:17 am

    @dr muki
    thanks doc ni da 2 minggu saya patah di os pubis.Saya gak mau merepotkan orang untuk buang air jd saya jalan dgn kruk.Apakah ini mempengaruhi kesembuhan dan penyambungan tulang saya?
    Perlukah tindakan medis lain selain bedrest total?

  • agung
    Posted Februari 23, 2011 11:36 am

    saya berumur 30th.Sebulan yg lalu tangan kiri saya terjepit roll karet,semua sendi jari tangan kiri saya bergeser serta tangan saya patah.makanan apa saja yang dapat mempercepat proses penyembuhan saya?

    • muki partono
      Posted Februari 23, 2011 10:20 pm

      baca artikel tentang Oseoporosis disitu dijelaskan detail

    • aan
      Posted Desember 22, 2011 8:01 am

      Pagi dok,
      1 bulan lalu operasi pen dikaki bagian betis saya patah tulang luar dan tulanh bagian dalam retak dan sekarang kaki saya di pen luar dan dalam. Yang mau saya tanyakan kira-kira berapa lama pen luar dilepas dan kenapa sampai dengan sekarang kaki di bagian betis masih belum ada tenaga.

      • muki partono
        Posted Desember 22, 2011 1:11 pm

        Sebaiknya pertanyaan ini untuk dokter yg mengoperasi anda krn secara tehnik beliau lbh paham sekali, tap sebagai masukan bisa kami berikan informasi pen luar biasanya sifat sementara, tapi bisa juga dipasang utk jangka waktu lama sampai tulang menyambung, kam pengalaman pernah pasang pen luar sampai 2 1/2 tahun, pada kasus patah tulang yg dioperasi mengalami infeksi dan dilakukan operasi kembali dengan mengganti pen dalam dgn pen luar dan diberikan antibiotika di dalam tulang. Keluhan yg masih tdk bertenaga mungkin krn akibat nyeri dan tdk digunakannya kaki yg patah utk jangka waktu tertentu, sebaiknya sdh mulai digerakkan utk mencegah kekakuan dan lemah otot

  • boy_bolang
    Posted Februari 23, 2011 4:05 pm

    dok,,sya mo tnya,,tnggl 15 januari llu sy kecelakaan,,fraktur pda paha/os femur,,trus di traksi,,tggl 22 januari sya d pasang pen,,kaki sya bisa d tekuk,,,tpi kadang2 lutut sya agk cenut2,,,klo d tekan skit’y kaya salah urat gitu dok,,kira knpa ya tu dok,,trus kira2 kapan saya bisa lepas tongkat ya dok???thanx ya dok atas jwaban’y,,,

    • muki partono
      Posted Februari 23, 2011 10:14 pm

      keluhan anda masih dalam batas normal, mungkin masih proses pembengkakan pada daerah bekas operasinya, lepas tongkat kalau sdh tulangnya menyambung sempurna biasanya 5-6 bln

  • wibisono
    Posted Februari 25, 2011 10:12 pm

    dok, saya umur 15. lengan kiri saya ptah. dan dberi pen dgn pemotongan daerah triceps. sudah 6bln skr, bekas luka operasi sampe skr msh membekas. warnanya merah darah. pertanyaannya pada saat pelepasan pen (1thn stlh operasi), apakah tgn saya kulitnya d potong d daerah yg sama saat memasukkan pen? dan bgaimana cara menyamarkan bekas luka tsb? thx, tolong d jwb dok:)

    • muki partono
      Posted Maret 1, 2011 10:35 am

      jgn pikir soal luka nanti sat pengambilan pen luka keloidnya kita ambil baru kita tangani, sabar aja

  • vincent
    Posted Maret 3, 2011 7:09 pm

    Dok. Sya umur 16thn. Saya patah lengan kiri dan siku” saya retak. Saya sdh d pen selama 6bln. 6-8bln lg saya cabut pen. Apakah tangan saya akan sempurna lgi dok? Apa efek pada tgn saya untuk jangka panjang dok? Thx:D

  • fataya
    Posted Maret 5, 2011 4:17 am

    2 minggu yang lalu suami saya kecelakaan, dan sekarang kakinya patah pada bagian atas mata kaki hingga betis, yang ingin saya tanyakan untuk proses penyembuhannya apa ya dok yang baik untk dikonsumsi suami saya? dan sebaiknya posisi kaki gimana? dan kira2 sampai kapan plihnya itu dok? trimakasih untuk jawabannya dokter….

    • muki partono
      Posted Maret 8, 2011 5:27 pm

      posisi kaki kalau tidur diganjal bantal agar lbh tinggi dari posisi jantung, proses penyambungan tulang secara alamiah terjadi mulai minggu ke 3 dan seterusnya sampai 6 bulan

  • r13zh
    Posted Maret 8, 2011 2:20 pm

    dok, saya dengar penyembuhn fraktura dipengaruhi asupan makanan yaitu vit D, vit C, dan kalsium. mhon dijelaskn mekanismenya. trims. saya tunggu jawabannya secepatnya ya dok.

    • muki partono
      Posted Maret 8, 2011 4:56 pm

      pengaruhnya pada proses penyambungan tulang pada fase pemadatan tulang

  • wibisono
    Posted Maret 9, 2011 6:23 am

    sdh 6bln saya di pen karna patah tulang pd tgn kiri lengan saya. Tp smpe skrg, ketika saya menggunakan otot triceps msh terasa sakit. Apakah itu wjar? Atau pengaruh pen-nya? Thx

  • juppi
    Posted Maret 19, 2011 3:14 pm

    apakah susu kalsium bisa mempercepat penyembuhan patah tulang??

    • muki partono
      Posted Maret 20, 2011 2:05 pm

      bisa yg penting DOSISnya terpenuhi 1500 mg/hr

  • nina
    Posted April 24, 2011 7:23 pm

    malam dok. saya nina, 30th, 3 hari yg lalu saya kecelakaan menurut hasil ronsen tulang didekat dengkul (tulang fibula) patah kemudian di gips dari paha sampe telapak kaki. kt dokter harus belajar jalan tapi gipsnya terlalu berat, digeser aja susah. yg mau saya tanyakan, brp lama penyembuhannya? dah bagaimana solusi gips yg terlalu berat tsb agar saya bs belajar jalan?

    • muki partono
      Posted April 26, 2011 5:36 pm

      hrs latihan bagaimanan cara berjalan dengan tongkat dan gips yg terpasang, saran konsul ke fisioterapi utk minta diajarkan cara berjalan dengan tongkat dan pakai gips

  • daniel
    Posted Juni 6, 2011 9:56 am

    Saya fraktur femur kiri dn sdh psg pen 5bln yll skrg sdh pakai 1tongkat,,bertanyanya tongkat itu shrsnya dpake d sisi kaki yg fraktur atau yg berlawanan??ada bbrp pndpt yg beda2 dok,,trmksh

  • azam
    Posted Juni 25, 2011 8:27 pm

    dok saya usia 23 thn,,, dh 1 bulan saya kecelakaan, retak bawah lutut (masih persendian), sekarang sudah bisa duduk di kursi ditekuk 90 derajatbahkan duduk smbil sila jg dh bisa tpi klau di lipat sperti duduk di antara 2 sujug blm bisa masih terasa sakit di betis dan di paha. knp ya dok? kira2 apakah nanti akan normal bisa dilipat lagi dok? saya agak khawatir kaku ga bisa dilipat, krn saya paksa tapi blm bisa agak kaku. sekarang saya jalan masih bantuan tongkat . Gerakan2 seperti apa agar kaki saya tidak kaku dok,.
    Terimakasih.

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 6:15 pm

      retak paa tulang di bawah lutut, bisa juga menyebabkan bantalan dan tulang rawan yg rusak sebaiknya pastikan apakah ada kelainan pada organ di dalam lututnya dengan pemeriksaan MRI lutut

  • Isa FC
    Posted Juni 27, 2011 7:30 pm

    Anak saya terkena ayunan pada malam hari dan pagi harinya di-rontgen dan akhirnya di-gibs karena ada keretakan (dokter Sp ortopedi rs Sarjito Jogja. Untuk mempercepat penyembuhan, disarankan oleh teman-teman minum susu hi-calsium. Kira-kira susu apa yang tepat (anak perepmpuan umur 11 tahun).

    • muki partono
      Posted Juli 1, 2011 5:26 pm

      apa saja merk susunya yg penting kebutuhan kalsium terpenuhi, jangan juga terlalu berlebihan tdk ada gunanya

  • Lisa
    Posted Juli 6, 2011 4:45 pm

    Selamat sore dok :) umur saya 20thn sekitaran 2 bulan yang lalu saya kecelakaan tulang belakang saya di bagian pinggul geser ke kanan dok lalu di operasi dan di kasih pent tapi sampe sekarang saya belum bisa jalan , yang mau saya tanyakan apakah pergeseran tulang belakang saya mempengaruhi syaraf saya di tulang belakang dok ? Makasih dok .

    • muki partono
      Posted Juli 7, 2011 6:53 am

      ya itu yg membuat ada gangguan saraf

  • Vincent
    Posted Juli 22, 2011 9:16 pm

    slamat mlm dok :) umur saya 16 thn, sekitar 1 thn saya ptah tulang lengan kiri dan sdh d beri pen. tapi luka keloidnya sdh terlanjur kering / warna merah krn telat d tangani. apakah luka keloid nya msh bisa d tangani dok agar tdk merusak penampilan saya? thx dok:D

    • muki partono
      Posted Juli 25, 2011 2:20 pm

      keloidnya dibuang saja saat pengangkatan pen dan gunakan tehnik dan material yg tdk merangsang terjadinya keloid

  • ismawati
    Posted Juli 29, 2011 9:03 am

    salam,
    aku ada anak.tapak kakinya d pijak abangnya,aku sdh jumpa doktor,kaki juga telah simen(balut) selama 3 minggu.selepas 3 minggu,anakku tu ngak bisa jalan,kakinya membengkak..apa yg perlu aku lakukan?

    • muki partono
      Posted Agustus 1, 2011 8:19 pm

      mungkin gips nya blm saatnya dilepas sebaiknya kembali dipasang

  • iyos
    Posted Agustus 9, 2011 12:04 am

    malam pak dokter…25 jun 2011 istri saya kecelakaan tulang di betisnya patah dua2 nya….sekarang bisa jalan pakai tongkat…tapi kakinya belum berani injak tanah…kelihatan seperti lemas tidak ada tenaga…mohon solusinya yak pak dokter..tks

    • muki partono
      Posted Agustus 9, 2011 3:08 pm

      sebaiknya bertahap menjejaknya, krn baru 1 1/2 bulan paska operasi , beban dicoba 15 kg dulu menjejaknya

  • budi
    Posted Agustus 11, 2011 8:16 pm

    malam pak.. umur saya16thn, 1 thn yg lalu saya kecelakaan ptah tulang lengan kiri, dan d beri pen dan blm d cabut. tapi sampai skr otot lengan kiri saya seperti terbelah dan berbeda bentuknya spt tgn kanan dan trasa aneh kalau sedang latihan beban, slain itu juga lebih besar knan. apakah itu normal dok? mohon solusinya.. thx

  • yayuk
    Posted Agustus 30, 2011 5:45 am

    Ass Dokter,
    Tgl 4april2011 saya dipasang pen pada kaki kiri,tepatnya di tulang kering. Lalu,pd bln juni terjadi luka terbuka pada bekas jahitan dan terjadi infeksi,lalu dilakukan pembersihan kuman2.
    Akan tetapi luka msh blm dpt tertutup dgn sempurna,msh terdapat luka terbuka s/d akhirnya kaki yg bekas dioperasi berwarna merah,panas & sering demam.s/d akhirnya bln oktober oleh dokter yg berbeda,dilakukan pelepasan pen & saya tdk lg sering demam,luka sedikit menciut,tp msh ada yg terbuka & ada tampak semacam lubang yg sll sebabkan area luka tsb basah terus.
    Yg Saya tanyakan,mengapa terjadi spt itu (lubang yg sulit terutup & tdk bisa kering & segera menutup).sekedar info,aktifitas Saya sbg marketing di sebuah Bank,shg byk gerak.
    Mohon bantuannya,apa yg hrs segera Saya lakukan utk penyembuhan luka tsb.
    Terima kasih.

    • muki partono
      Posted September 4, 2011 2:30 pm

      tdk usah khawatir , nanti bisa menutup tunggu sampai infeksinya reda, kalau tdk juga menutup bisa kita lakukan jahitan kembali

  • apin
    Posted September 28, 2011 11:16 pm

    mlm..Pak,nama saya apin, anak saya kecelakaan kaki kirinya dibawah dengkul patah tulangnya 22nya tulang kering ama tulang 1 nya lg udah 5 hari dirawat di patah tulang yg mau saya tanya obat apa yg baik buat anak saya supaya tulangnya bisa cepat sambung lg, anak saya umur 12 tahun laki2, tolong bantuannya pak. trima kasih atas bantuannya pak malam…

  • apin
    Posted September 28, 2011 11:46 pm

    Trimakasih banyak atas bantuanya ya Pak. Gbu

  • hendro
    Posted September 30, 2011 12:04 pm

    Siang dok,nama sy hendro usia 29th,dua minggu lalu sy kecelakaan fraktur sepertiga tengah tibia fibula sinitra dan sdh operasi pasang pen.yg saya mau tanyakan jenis latihan apa agar kaki sy cepat pulih dan brp lama estimasi sy bs lepas tongkat.terimakasih atas perhatiannya.

    • muki partono
      Posted Oktober 1, 2011 6:07 pm

      Latihan jalan pakai tongkat PWB dan latihan menekuk lutut jgn lupa konsumsi kalsium dan vit d3, target lepas tongkat 4 bln

  • yeni
    Posted Oktober 1, 2011 5:31 pm

    sore dok,suami saya dua minggu lalu kecelakaan fraktur sepertiga tibia tibula sinitra dan telah menjalani operasi pemasangan pen,dan skrg telah dirumah,yg mau saya tanyakan kira2 latihan apa untuk memperlancar kembali berjalan dan brp lama estimasi lepas tongkat.terimakasih atas perhatiannya.

    • muki partono
      Posted Oktober 1, 2011 6:11 pm

      Latihan penguatan otot betis dan kaki serta paha, dan asupan kalsium dan vit dn3

  • arik
    Posted Oktober 25, 2011 1:35 pm

    sy ce 30th, akhr sept’11 mengalami patah tulang d bawah dengkul. Kira2 berapa lama penyembuhan smpk t’sambung kbl. Makanan ap yg hrs dikonsumsi utk m’p’cpt penyembuhan. Maksih utk p’jelasanx

    • muki partono
      Posted Oktober 25, 2011 6:23 pm

      Baca artikel tentang osteoporosis pada web kami

  • imron
    Posted Oktober 27, 2011 12:28 pm

    Siang Dok, mau nanyak sya umur 39 th patah tulang paha dan sudah operasi pasang pen tgl 20 Juni 2011 dan cek terakhir tgl 5 okt 2011 (3.5 bln pasca opersi) belum ada tanda-tanda penyambungan, kaki saya kadang-kadang terasa nyeri kalu sudah tak pakai duduk seharian (untuk kerja) apakah keterlambatan ini karena aktivitas atau memang masih wajar, trims

    • muki partono
      Posted Oktober 28, 2011 9:51 pm

      Kalau sdh 3,5 bln masih belum nyambung hati2 bisa akibat kurang latihan, dan asupan kalsim dan vit D3 kurang, sebaiknya minta second opini utk kondisi and

  • jerry lasah
    Posted November 8, 2011 8:29 am

    selamat pagi
    saya jerry lasah,saya mengalami patah tulang kaki dekat tibia
    saya mauk tanya penyembuhan tulang berapa lama??

    • muki partono
      Posted November 9, 2011 11:32 pm

      Penyembuhantlang sdh dimulai 3 minggu kemudian sempuna bisa sampai 6 blan tergatung jenis tulangnya dan patahannya

  • Clara
    Posted November 9, 2011 8:26 am

    Dok, saya mw tny.
    2 bln yg lalu sy coba r0nsen k dokter tulang, ketika dilihat hasilnya ternyata tulang paha kiri sy geser & ada retak sedikit dibagian tulang paha kiri, akibat dari itu jalan sy menjadi pincang & kalau malam selalu denyut. Kira2 apakah tulang paha kiri sy bz kembali normal?

    • muki partono
      Posted November 9, 2011 11:55 am

      kalau tulang mangkoknya tdk patah biasanya akam kembali normal bila sdh menyambung , sabar saja, jangan lupa konsumsi kalsium dan vit D3

  • jerry lasah
    Posted November 13, 2011 6:31 pm

    dok
    makanan apa yang patut saya makn untuk sembuh patah tulang kaki

  • elviana
    Posted Desember 1, 2011 12:48 pm

    selamat siang dr..
    saya mau bertanya beberapa hal tenang nutrisi pada fraktur, mohon dijawab ya dok…:)
    begini dok, saya mau nanya berapa kira2 kalsium yang dibutuhkan oleh pasien agar kesembuhan dan kekuatan tulangya optimal ?
    dari literatur yang saya baca, vitamin A, vitamin D, C, kalsium, fosfor dan magnesium adalah vitamin dan mineral yang baik untuk tulang. nah apakah dokter menganjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung hal2 tersebut ? saya pernah dengar bahwa pasien biasanya dikasih suplemen 1,25dihidrokolekalsiferol dan kalsium 50 mg per hari. kalau boleh tau, apa lagi yang dikasih dok tambahan vitaminnya ? dosisnya ?
    terimakasih dok buat jawabannya…tuhan memberkati..:)

    • muki partono
      Posted Desember 1, 2011 2:23 pm

      sebaiknya anda baca artikel kami di web tentang OSTEOPOROSIS DAN GAYA HIDUP di dalam di bahas kebutuhan kalsium dan Vit D3 , , agar lbh detail, sbg masukan kasus patah tulang butuh asupan kalsium 1500 mg dan Vit D3 800 UI, serta vitamin yg lain boleh saja utk membantu, perlu juga kolagen, protein.

  • laily
    Posted Desember 13, 2011 10:17 am

    siang……
    saya umur 18. mau tanya dok, saya ptah tlang sktar 10 blan tp yg lalu. knpa ya saya stlah mncba lpas tongkt slalu terasa nyeri…?, jd gc brani untuk lpas terlalu lama
    dan akhr” ini sering terasa nyri pda bgian yg ptah dan lutut.. pdhal yg ptah hnya paha aj….
    dan ap yang hrus d konsumsi….

    • muki partono
      Posted Desember 15, 2011 9:45 pm

      Anda patah tulang sdh ilakukan operasi atau blum krn akan berbeda dampaknya, kalau tdk dioperasi kemngkinan sdh menyambung tapi blm betul posisinya, atau kalau sdh dioperasi mngkn masih kaku pada lututnya sebaiknya lakukan fiioterapi

  • laily
    Posted Desember 18, 2011 10:11 am

    sudah_ pada bln 2 yg lalu….
    kata dokternya sudah bgus tp blum nyambung semua krn krang kalsium, ap itu juga ngaruh dok???

  • sigit
    Posted Desember 20, 2011 12:11 pm

    dok, kaki kanan saya yg retak dibawah lutut, mohon solusinya :)

    • muki partono
      Posted Desember 21, 2011 11:26 am

      Kala memang retak danposisi bagus , bisa dilakukan pemasangan gips saja

  • sandy
    Posted Desember 29, 2011 8:00 am

    assalamu ‘alaikum..pak dokter saya sandi 22 thn,pd tgl 5 des 2011 sya kcelakaan,tulng paha kanan sya patah di oprasi dan di pen.langkah apa sjakah yg hrs sya lkukan untk mmprcpat pnyembhan tulang sya dok??saya kepengen jalan normal lagi spti sedia kala.kira2 brp bln dok bisa jln kaki lg?

    • muki partono
      Posted Desember 29, 2011 12:56 pm

      Sandy penyambungan tulang tdk bisa dipercepat, yg ada diperkuat, jd waktu yg dibutuhkan penyambungan sama saja, mulai 3 minggu sdh ada pembentukan tulang muda sampai pemadatan tulang sempurna 3- 6 bln, jalan bisa kembali normal setelah 4 bulan

  • susan
    Posted Januari 3, 2012 11:16 am

    dok saya mau tanya adik saya mengalami kecelakaan 2 hr yg lalu, lalu dokter menyarankan agar di operasi pen, tetapi kluarga saya menolak krn biaya yg terlalu besar, yg ingin saya tanyakan bisakah di obati oleh dukun patah.

    • muki partono
      Posted Januari 3, 2012 8:10 pm

      Saran sebaiknya berobat ke dokter saja kalau anda mau kami bisacoba dgn cara konservatif pakai gips atau splint

  • susan
    Posted Januari 4, 2012 12:57 pm

    kalau pakai gips it sejenis ap dok apakah sm dgn pen. trs kalu di operasi bs bertahan berapa lama dan apakah tulang bisa menyambung lagi.terimakasih atas jawabanya.

  • faisal
    Posted Januari 11, 2012 10:15 am

    Slmt siang Dokter,
    Sy pria 34th mengalami patah tulang selangka bahu kiri. Sudah dioperasi dan pasang pen baru 2 minggu.
    Dianjurkan oleh dokter sy utk pasang penyangga tangan (armsring) selama sebulan.
    Yg ingin sy tanyakan adl :
    1. Bgmn daya tahan/kekuatan pen yg dipasang? apa ada kemungkinan tulang akan bergeser jika sy naik kendaraan utk bekerja sehari-hari. Kondisi jalan ke kantor sy rusak bergelombang.
    2. Apakah akan terjadi pergeseran/patah tulang kembali jika sy tidak pakai/lupa menggunakan Armsring sesuai anjuran dokter?
    3. Konsumsi makanan/minuman apa saja yg dianjurkan dan dipantang?
    Tks Dok atas atensinya dan mohon jawabannya, smg Dokter senantiasa sukses berkarier bersama klg dan dilindungi Tuhan…amin

    • muki partono
      Posted Januari 11, 2012 10:56 am

      Kemungkinan yg anda khawatirkan bisa terjadi, pen bisa menahan tulang sampai batas tertentu, sebaiknya arm sling dipakai minimal 3 minggu tujuan mennggu ada proses penulangan terjadi dan membatasi gerak dulu sementara, jd jgn dulu naik motor sampai 3 minggu pertama, konsumsi makanan yg mengandung banyak kalsium , baca artikel kami tentang OSTEOPOROSIS

  • haerul anwar
    Posted Januari 12, 2012 10:44 pm

    Pak Dokter Saya mau tnya, bgni dok :
    Saya kclkaan bln awl agstus 2011 lalu, ptah tulang kring dan satu lagi patah di paha. Trz sy di pasang Pen pada tulang kring & paha. cm klo di tulng kring di tncpn baut pen doang, klo di paha sma Pen’y. Alhmdlilh jrng ada kluhn cm ssudh 4 bulnan sy ck pke 1 tongkt z, udh 5bln’y sy mncba jln g pke tongkt. Bisa cm ck jingjit gto, yg sy tnyakn apa G brbhya klo bru 5 bln udh bljr g pke tongkt, Tulng’y anjlok g prtmbuhnya krna mksain gto ?? Trz klo sudh smbh jln’y akn jingjit apa norml sprti smula ??
    1 lgi, klo pen g dilepas brbhya g ?? Tkutnya infksi dlm wktu tua.
    Mkzh ats jwbn’y dok, sangat saya tunggu jwbnnya….

    • muki partono
      Posted Januari 13, 2012 9:10 am

      Kalau mau berjalan lepas tongkat sebaikna pastikan tulang sdh menyambung dgn baik, masalahnya kasus anda ada2 yg patahnya bisa saja menyambungnya tdk serentak, jd pastikan dgn foto rontgen, masalha lain pen sebaiknha dicabut, baca artikel tentang PEN yg sebaiknya dicabut pada artikel saya di web

  • Vayaz
    Posted Januari 17, 2012 8:18 pm

    Pak Dokter ,Umur saya 16 tahun, patah tulang majemuk pada lengan sebelah kiri akibat kecelakaan dan sudah di Operasi PEN..
    Kira” masa penyembuhannya brpa lama tuh dok??
    Makasih atas Jawabannya..

  • budi
    Posted Januari 22, 2012 11:36 am

    Dok, sy sdh 5 minggu mengalami patah sebagian (1/2)pd pangkal paha kanan (tulang yg besar) n posisinya masih bagus. Dr hanya memberi kalsium n obat meloxicam. Sy juga mengkonsumsi susu berkalsium dosis tinggi setiap hari.Berapa lama kirakira ya dok saya bisa berjalan normal kembali.Apa betul dok kalsium yg terkandung pd susu tidak merusak ginjal sehingga kalau kt konsumsi dlm jmh banyak tdk membahayakan ginjal kt.

    • muki partono
      Posted Januari 24, 2012 10:51 am

      jalan kembali normal pada tulang paha kira2 6 bulan, konsumsi kalsium yg benar adalah sesuai kebutuhan dan minumnya dibagi dalam 3 dosis krn maksimal penyerapan 500-600 mg

  • temmy
    Posted Januari 28, 2012 10:13 am

    Pak dokter umur saya 28, saya patah tulang kaki kanan terlindas mobil dan yg patah it tulang kering dan tulang kecil yg ad pada betes tahun 2008 saya operasi dan pake pen luar trus tahun 2011 awal pen luar pada tulang saya d cabut tp pada awal bulan juni saya patah lagi pada tmpt yg sma, dan saya operasi lg trus dr bulan juni sampai bulan ini saya blm kontrol lg karena blm ad biaya. menurut dokter kpan saya harus terapi untuk mencoba berjalan lg dan apakah kalo saya mengkonsumsi CDR it saya harus berjemur tiap hari karna saya jarang berjemur.
    makasih atas jawaban’a, saya sangat berharap dokter bs membantu saya.
    apakah saya boleh minta No tlp dokter untuk saya konsultasi.
    atas bantuaan’a saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

    • muki partono
      Posted Januari 30, 2012 9:14 am

      Anda bisa mengubungi kami kapan saja ,, silahkan

  • Apin
    Posted Februari 26, 2012 8:10 pm

    nama saya Apin, Pak dokter saya mau nanya, saya habis kecelakaan dan paha saya patah dan remuk. berapa total calsium yang harus saya konsumsi setiap harinya? makasih.

  • ery
    Posted Februari 27, 2012 3:16 pm

    sore dokter,
    saya umur 40th, mengalami patah pada lengan kanan atas. dan telah dioperasi dengan mengambil tulang fibula kaki karena tulang keropos karena sebelumnya ada patah dan pen belum dibuka selama 15tahun lebih.
    pertanyaan saya, apa yang harus saya konsumsi agar tulang saya cepat menyambung (obat, vitamin atau suplemen) karena umur saya sudah 40th.

    • muki partono
      Posted Maret 4, 2012 5:59 pm

      Suplement utak tulang kalsium, vit D3 , protein, kolagen dan minaeral lainnya

  • indah
    Posted Maret 7, 2012 6:53 am

    Pagi dok sya berusia 16 tahun , 3 hari yg lalu kaki sya patah dok akibat kecelakaan , lalu kaki sya di gips dok pertanyaan saya berapa lama gips tersebut dapat dilepas ? Dan berapa lama sya bisa jalan lagi ? Terimakasih dok

    • muki partono
      Posted Maret 8, 2012 11:06 am

      Gips dilepas bila tulang sdh menyambung, minmal 11/2 bln , bisa lebih ,jalan kembali sebenarnya dgn gips anda sdh bisa jalan secara bertahap , kalau yg dimaksud jalan tanpa tongkat spt biasa butuh 4 bln

  • adi
    Posted Maret 8, 2012 6:56 pm

    MAKAN MAKAN YANG TIDAK BOLEH DIMAKAN PADA SAAT PEROSES PENYEMBUHAN TULANG APA DOK ?

    • muki partono
      Posted Maret 9, 2012 9:04 am

      Kopi dan soft drink, serta fast food, makanan yg tinggi serat

  • Lina Marliana
    Posted Maret 23, 2012 10:37 am

    Dok sy mau nanya, putri saya berusia 3 thn, kmren jatuh dr kursi hingga ada keretakan sedikit pada tulang sikunya. sementara ini hanya dililit dgn perban coklat, dan diberi obat pereda nyeri serta kalsium. Senin besok rencananya akan dilakukan pemasangan gips. Pertanyaan saya, berapa lama kira2 dia akan sembuh ? apakah harus dipasang gips, apakah tidak cukup hanya dgn perban coklat saja ? Kebetulan dia masih punya scott emultion, apakah boleh diberikan bersama obat yg sdh diberikan oleh dokter ? Terima kasih atas jawabannya..

    • muki partono
      Posted Maret 27, 2012 7:39 am

      Pakai gips lbh aman, krn anak penhalaman kami sulit oooperasi, pasang gips sampai 1 bln saja, dan boleh minum tambahan lain selain diberikan oleh dokter

  • fuad najmi
    Posted Mei 13, 2012 8:13 pm

    saya fuad 21 th.
    dok saya mw tanya….
    sya mengalami kclakaan dan patah tulah paha dan tulang kering..skarang dah
    yg sya mw tanyakan …
    pertama, pd tulang kering pasca operasi, pd permukaan kulit yang patah (bekas operasi)membengkak…apa penyebabnya y dok?

    kedua, skarang dah 5 bln pasca operasi, nah karena saya jarang melatih kaki yg patah, ototnya mengecil pada bagian paha.
    cara latihan seperti apa saja dok agar otot tidak mengecil..?
    apakah bisa kembali seperti semula otonya bila d latih terus menerus..?
    trimakasih dok.

    • muki partono
      Posted Mei 16, 2012 5:39 pm

      permukaan kulit yg bengkak bisa akibat tulang muda yg berlebihan , atau sebab lain bisa gejala peradangan, otot paha yg mengecil hrs dikembalikan dengan cara latihan fisioterapi yg rutin dan teratur, mudah2an bisa kembali spt semula

  • Ridho
    Posted Juni 4, 2012 3:39 pm

    dok, 8 hari yg lalu anak saya umur 11 th patah tulang pergelangan tangan (tulang besar & kecil), sdh dibawa pengobatan alternatif, posisi tulang sdh menempel sdh digifs, yg mau saya tanyakan brpa lama proses penyembuhannya hingga tangannya boleh digerakkan, apakah ada obat/suplemen untuk membantu mempercepat penyembuhannya krn anak saya termasuk yg agak susah makan. . trmksh dok

    • muki partono
      Posted Juni 7, 2012 10:42 am

      pak ridho sebaiknya konsultasikan ke dokter pastikan posisinya sdh benar atau belum , kalau belum sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  • Ridho
    Posted Juni 9, 2012 8:58 pm

    Dok, dua hari yg lalu sudah sy konsultasikan ke dokter tulang, berdsrkn hasil rontgen, tulang besar sudah menempel pada posisinya, namun tulang kecil dlm posisi menempel 90%, menurut dokter sudah akseptabel, skrg sudah 2 minggu sejak terjadinya fraktur dan masih dipasang bidai, yg mau saya tanyakan: berapa lama pembidaian dilakukan, berapa lama tangan sudah boleh digerakkan, dan berapa lama tulang kuat serta bisa digunakan sebagaimana biasanya.. terimasih dok

    • muki partono
      Posted Juni 22, 2012 2:29 pm

      bidai sbaiknya tunggu sampai 1 1/2 bulan agar tulang punya kekuatan sekiatr 20%, jd lbh aman , tulang kuat kembali setelah menyambung sempurna kira2 6 bulan

  • Ridho
    Posted Juni 12, 2012 9:31 am

    Dok, 5 hari yg lalu, anak saya sudah dibawa ke dokter tulang, berdasarkan hasil rontgen terbaru menurut dokter sudah akseptabel, yang mau saya tanyakan : berapa lama pemindaian sudah boleh dilepas, kapan tangan boleh digerakkan, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar tulang kembali normal atau kuat, sehingga tangan bisa digunakan kembali sebagaimana biasanya…. terimakasih dok

    • muki partono
      Posted Juni 18, 2012 8:01 pm

      kalau sdh baik, lanjutkan saja fisioterapi secara bertahap masalah waktu penyembuhan masing2 orang berbeda, prinsip semakin banyak latihan semakin cepat sembuh

  • Ridho
    Posted Juni 20, 2012 11:29 pm

    dok, maaf sy mau tanya lagi, skrg sdh 25 hr sejak terjadinya fraktur, tangannya sdh mulai dilatih untuk digerakkan/digunakan, rencanannya mulai hr minggu nanti anak sy sdh mau ikut latihan baris-berbaris (yg selama ini memang salah satu kegiatan yg diikutinya), apakah sdh diperboleh / tidak berbahaya untuk tgn anak sy dok.. sementara saat ini pembidaian msh tetap dipasang.. dan berapa lama pembidainya sdh boleh dilepas… trmksh dok…

  • agus erlanto
    Posted Juli 14, 2012 9:34 pm

    dok saya baru operasi pencabutan pen dikaki, tapi luka bekas operasi itu selalu mengeluarkan darah, obat apa yang bagus untuk pengeringan luka tersebut terima kasih dok.

    • muki partono
      Posted Juli 15, 2012 5:50 pm

      Sebaikny kami periksa lbh dul utk memastikan penebab luka yg tak sembuh, krn pengibaannya akan berbeda, mungkin saja anda perlu dijahit ulang

  • sam
    Posted Juli 30, 2012 3:09 pm

    dok,tgl 13 juni kmrn saya kecelakaan jdi tulang fibula(tulang kecil)kaki saya patah,dan sekarang saya pake tongkat..

    yg saya mw tanyakkan brp bulan saya bru bisa berjalan tanpa tongkat.???

    trimakasi sebelum nya bt dokter.

    • muki partono
      Posted Juli 31, 2012 5:18 am

      Sebenarnya sdh lepas tonhkat jg bisa krn tlg fibula perannya sedikit utk berjalan

  • mei susilo
    Posted September 19, 2012 2:10 pm

    dok bln aprik kemarin saya mengalami kec dan tulang paha kanan patah lalu dibawa kepengobatan alternatif dan setelah 3 minggu dibawa kerumah sakit dan dipasang pen,kata dokter tulang saya ada yg pecah dan ditambal pake tulang palsu,tp setelah 3bln dironsen ternyata ada tulang yg tumbuh kebawah apakah itu normal dok,terimakasih dok

    • muki partono
      Posted Oktober 1, 2012 11:37 am

      Sebaiknya anda lampirkan fotonya maaf kami tdk bisa memberi komentar

  • eko
    Posted Maret 7, 2013 6:39 pm

    Dok saya eko,
    Mengalami patah tulang kaki bagian betis 3 buah dan lutut remuk. Akan tetapi setelah operasi susunan tulang sudah bagus. Sampai kapan ya pen harus terpasang. Dan pa yang harus saya lakukan agar tulang saya menyambung cepar. Sebab saya suka maen badminton

    • muki partono
      Posted Maret 9, 2013 8:56 am

      tulang menyambung mulai 1 1/2 bulan dan sempurna sampai 6 bulan – 8 bulan, baca artikel kami tentang hal ini pada web tentang OSTEOPOROSIS nanti disitu ada jawabannya

  • wahyu
    Posted Maret 26, 2013 4:08 pm

    dok…saya abis jatuh dari tiang listrik ,kurang lebih ketingian 4 meter…setelah di rontgen…teryata tulang tumit saya retak kana kiri..dan dokter menyarankan untuk dilakukan gips…setelah 6 minngu kini gips sudah di up….kok terasa sakit di sekitar mata kaki ya dok….bila untuk berdiri…sehinga ini sangan menganggu proses latihan berjalan…mohon solusinya

  • ira
    Posted Juni 10, 2014 5:04 pm

    Dok,nenek saya baru saja patah tulang,usianya sudah 60th,patahnya di dikaki kanan,ada 2 patahan 1 di atas lutut dan 1 nya lagi di bawah lutut,kira2 berapa lama penyembuhan untuk usia 60th

    • Muki Partono
      Posted Juni 12, 2014 2:52 am

      baca artikel saya tentang patah tulang di web

  • Dadang
    Posted September 10, 2015 8:29 am

    Kepada Yth, Dr.

    Maaf dok saya konsul, saya 3 bulan lalu kecelakaan rusuk dan jari saya patah, sya sudah ke dokter cuma dikasih obat selama 2 bln, alhamdulillah sekarang sudah berkurang sakitnya namun yang mau saya tanyakan berapa lama tulang yang patang bisa kuat, apakah saya sudah boleh naik motor lagi, kenapa otot jari dan rusuk terasa tegang, bagaimana cara fisioterafinya, terima kasih dok, ditunggu jawabannya

    Wassalam

    • Muki Partono
      Posted September 10, 2015 9:05 am

      Baca artikel kami tentang penyambungan tulang di web ini pertanyaan anda akan terjawab mwngenai masalah fisio sebaiknya konsultasi dgn fisioterapisnya

  • jefri saputra
    Posted September 10, 2015 8:32 pm

    Dok saya jefri umur 25 tahun… Pada waktu minggu kemarin saya mengalami patah tulang kering… Setelah di operasi, bagian betis dan mata kaki saya malah terasa sakit… Kira” itu disebabkan apa ya dok? Dan kalau patah tulang kering bisa berapa lama sembuh nya.. Terima kasih

    • Muki Partono
      Posted September 15, 2015 3:31 am

      biasanya keluhan tersebut akibat pembengkakan krn proses operasinya mungkin keluhan akan berkurang setelah 3 minggu

  • Anil
    Posted Oktober 28, 2015 2:01 pm

    Selamat malam dok, Saya anil saya mau nanya dok kalau tulang kaki yang patah setelah di operasi terasa berdenyut hampir setiap hari itu kenapa ya dok, penanganannya bagaimana ya dok. Terima Kasih

    • Muki Partono
      Posted Oktober 29, 2015 12:59 pm

      kondisi tersebut akibat proses repairing pada daerah sekitar patahan , jd hal yg wajar konsumsi obat nyeri dan bengkak , serta bantu kompres es pada daerah yg berdenyut

Leave a Comment