Dokter,
Saudara saya 6 bulan (5 Des 2009)yang lalu menjalani operasi pemasangan pen di paha kanan(atas lutut) dan lengan kanan. Sampai saat ini (Juni 2010)luka bekas operasi di paha ada lubang kecil yang mengeluarkan cairan bening jika kaki digunakan latihan jalan terlalu banyak.Tetapi bekas operasi di lengan sdh kering. Kata dokter yg merawatnya itu karena alergi pen. Pertanyaan saya :1. Kenapa alergi hanya terjadi di salah satu luka saja (hanya di Paha) sementara di lengan tidak.
2. Apakah jika hal tsb memang karena alergi, baru akan sembuh setelah pen nya dicabut. Sementara itu baru akan dilakukan paling cepet 2 tahun lagi.
3. Apa yang harus dilakukan, agar latihan pengembalian fungsi tulang bisa maksimal. Karena sekarang msh terhambat oleh luka tsb. Jika latihan terlalu keras cairan akan bercampur sdkt darah.

jawab :

penyebab luka tak sembuh memang bisa krn alergi, anda betul kalau krn alergi knp yg di tangan tdk, itu jd pertimbangan, analisa saya bisa juga krn sebab lain sebaiknya kita periksa kembali, kondisi tulang terakhirnya, mudah2an ada jalan keluarnya