tulang kaki saya merasa linu dan sakit klau lama ditempat dingin or cuaca dingin.bgaimana cara mengobatainya ?apakah ada mknan or buah2an yang dapat mengurangi penyakit tersebut?

December 24, 2009 Dr Menjawab 97 Comments

keluhan anda wajar pada beberapa orang spt ini, mengenai makanan maaf saya tdk  paham

About author:

97 Responses to “tulang kaki saya merasa linu dan sakit klau lama ditempat dingin or cuaca dingin.bgaimana cara mengobatainya ?apakah ada mknan or buah2an yang dapat mengurangi penyakit tersebut?”

  1. unnie says:

    dokter…
    kedua kaki saya sering merasa ngilu mulai dari lutut ke bawah…
    biasanya terjadi setelah saya berjalan jauh dan kedinginan…
    kira2 apa yg sedang terjadi pada saya?

    trimakasih…

    ps: klo bisa kirim jawaban via email juga y dok

    • muki partono says:

      sebaiknya di periksakan itu ada gejala penekanan saraf di pinggang, diperberat bila cuaca dingin, apakah anda gemuk atau ideal , kalau anda gemuk itu bisa jadi pencetusnya sebaiknya BB turunkan

  2. chumaroh says:

    dok saya merasakan nyeri pada tangan dan kaki kaya kesemuten di tulangnya dan jari tangan dan kaki terasa kaku semua

    • muki partono says:

      sebaiknya anda check darah kadar kolesterol, biasanya bila tinggi bisa menyebabkan hal demikian, juga check kada r gula darah, bisa juga sebab lainnya

  3. juliet says:

    sudah 2minggu ini sakit saya aneh mulai dari pangkal lengan atas sampai ujung jari ke lima jari tangansaya seperti kesemutan/gringgingan dandisertai rasa ngilu apa ya dokter obatnya, larangan makanan apa? trimakasih

    hormat saya
    juliet

  4. Choir says:

    Dok, Kaki saya hanya sebelah kiri yg serin pegal N Linu, kadang bila dipijat tidak terasa dipijat, malah kulitnya terasa perih karna ditekan, kenapa ya Dok? Pa saya masuk Struk Ringan? Atau da ga hbungannya akibat dr Masturbasi

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang sisi kiri sebaiknya diperiksakan tdk ada hubungan dengan masturbasi

  5. anggela says:

    Dok,saya mau tanya ttg penyakit mama saya. Dimana jari tangan mama sept sering kesemutan dan merasa tebal. Setelah di preksa darah alhasil normal semua dok. Apa yg harus dilakukan dan obat apa yg bisa menghilangkan kesemutan trsebut. Tx

  6. Fikri says:

    Dok, saya mengalami cedera saat bermain futsal. Dari pergelangan kaki kanan saya sakit. Sudah saya bawa ke pengobatan alternatif melalui pijat (kem-kem), kata nya tulang saya bergeser. Sedikit membaik, namun saya masih merasakan nyeri di bagian sekitar mata kaki, telapak kaki, dan sampai ke paha. Dan saya merasakan ada benjolan / tonjolan tulang di sekitar samping mata kaki yang tidak saya rasakan pada kaki sebelah kiri. Solusi nya gimana ya dok? Dan apa berbahaya jika saya biarkan saja?
    Terima Kasih.

    • muki partono says:

      sebaiknya di foto rontgen utk memastikan kelainan pada anklenya, yg paling sering adanya pengapuran , dan tindakannya sebaiknya pengapurannya diangkat leat operasi, bisa juga krn retak atau ada pergeseran pada sendi anklnya itupun sebaiknya diperbaiki

      • mutiara says:

        mhon bntuannya, sy kncing rasa sakit d last kncing kmudian kluarkan darah, knapa ya dok, apa ada hubgn dgn kncing batu/ batu stuvit? dan kaki sy rsa sakiiit d tulang dlm skitar tulang rawan dan betis, malam tdi trasa hanya di kaki kiri sja,skrg kedua kaki ni trasa sakit smua, sbtulnya skit apa sy ni dok, sy tkut! spti bdn sy dah rapuh. boleh mnta no HP-nya, sy btuhkn kounseling dgn Dokter yg bs membantu sy ni. trima kasih byk. mohon replaynya, hormat sy

  7. ahmad sofi says:

    saya mengalami linu pada tulang ekor sampai pergelangan kaki kiri

  8. Agus Raharja says:

    sudah 1 minggu lutut sampe pinggang sy nyeri dan ngilu, dah periksa ke biomed semuanya normal dah periksa ke dokter syaraf ma terapi habis itu dah gak terasa tapi begitu obat dari dokter habis gak terapi lagi rasa sakinya datang. gejala apa ni dok? umur saya 41 th

  9. reno says:

    dok,telapak kaki dan tumit saya sakit dok,,lebih menigkat sakit nya jikalau,,cuaca nya dingin,/terlalu lama di kamar mandi,,apa penyakit nya tu dok,tulang nya yang sakit dik,,kata 0rang-orang itu rematik,apa betul dok?
    apa obat nya dok? dan kata orang-orang juga, obat nya direndam pake air dingin dan dicampur garam,apa betul tu dok?? kasih dok,saya tunggu jwaban nya di email saya,terimakasih dok

  10. Intan says:

    selamat siang Dok,
    Dok, saya sudah 7 bulan lalu pasang pen paha kanan, sekarang sudah bagus, bisa melakukan gerakan kaki normal, akan tetapi sekarang, setiap saya tidak enak badan / masuk angin, paha saya terutama bagian lutut terasa sakit, kaku dan linu untuk berjalan, itu akan hilang jika badan saya kembali sehat, itu kenapa ya Dok?
    Terimakasih sebelumnya,

    • muki partono says:

      pada kasus orang yg terpasang implant dengan adanya infeksi yg menyebabkan keluhan Myalgia(kaku otot) akan lbh terasa krn adanya implant tsb , tapi pada kasus2 pasien kami tdk selalu demikian

  11. Fanny says:

    Dok,tangan sm kaki sy suka ngilu2 gt..bisa bbrp hari skali..
    Knapa y? Ap krna dingin?

  12. Ana says:

    Dok, Kaki saya pasti akan terasa linu jika terkena cuaca dingin atau diterpa angin terlalu lama, tetapi tidak pernah mengalami rasa sakit itu bila berjalan jauh… Apakah ini normal? apa hal ini hanya karena faktor cuaca dingin sja? tidak memicu terjangkitnya penyakit?

    • muki partono says:

      normal, krn kalau dingin kapiler mengalami vasokonstriksi, jd aliran darah berkurang atau tertutup, yg mengakibatkan ada keluhan linu

  13. Euis says:

    Dok,umur sy 29thn..sy merasakan sakit d pinggang sampai k kaki dr umur 21thn,dan kl terasa sakit biasanya setelh sy sakit asma kambuh sampai bedrest 3hari,kemudian d susul dgn sakit itu.gejala skt apa itu dok?

  14. Tiansa says:

    DOK saya merasa sakit di tulang2 rasanya tambah kesini sakit itu menjalar sampai ke tangan padahal dulu nya cuma kaki kiri skrg kaki kedua tangan rasanya sakit…itu penyakit ap sudah berulang kali saya periksakan katnya harus suntik tulang.

  15. Tiansa says:

    nama pasti penyakitnya ap dok dan saya harus ke spesialis ap ya dok terimakasih sebelumnya…..

  16. alwaduud says:

    dok tangan lengan kanan saya merasa nyeri linu,, kira2 itu penyebabnya apa dok

  17. mifta says:

    bila berdiri kaki terasa linu , namun apabila duduk rasa linu itu hilang… itu gejala apa ya dok?

  18. Sarwan says:

    Dok, Ibu saya umurnya 55th, dia sekarang mengalami sakit dikakinya, tidak bisa berdiri atau berjalan lama, saya sudah coba bawa dia ke beberapa Dokter (Dokter umum, Dokter Spesialis penyakit dalam, puskesmas, pijat tradisional) tapi hasilnya cuma beberapa hari mendingan kemudian balik lagi sakitnya. salah satu Dokter mengatakan bahwa Ibu saya mengalami Ischalgia setelah saya coba cari informasi melalui internet ternyata ischalgia itu adalah tulang kejepit dan biasanya dimulai dari pinggang, tapi sakit Ibu saya biasanya akan terasa sakit waktu berdiri atau berjalan mulai dari kaki kemudian menjalan ke paha dan pinggangnya. mohon penjelasan kira2 sakit apa yang Ibu saya alami? Terima kasih.

    • muki partono says:

      Ibu anda mengalam ischialgia akibat spinal stenosis, kalau mau dikurangi keluhannya bisa dilakukan nerve blok, suntikan steroid, biasa kami kerjakan pada kasus spt ibu anda ,

  19. Sarwan says:

    Terima kasih Dok.
    Mohon ma’af sebelum menuju ke Pak Dokter, saya mau bertanya lagi perihal penyakit Ibu Saya, karena saya masih ragu apakah tepat saya ke Dokter Ahli Tulang atau ke Dokter Ahli Syaraf, soalnya kalau saya tanyakan ke Ibu saya dia merasa yg sakit itu bukan tulang (kaki) nya, tapi terasa dibagian samping-luar sekitar betisnya, baru mulai menjalar kebagian paha dan pinggang dan mulai terasa ngilu/keram, saya sempat berpikir untuk ke Dokter Spesialis Syaraf, karena mungkin urat syaraf bagian kakinya yg bermasalah. Sorry Dok, soalnya biar tepat diagnosanya, karena uda sering ke RS. oh ya, kalau tindakan nerve blok, suntikan steroid itu berapa lama, berapa biayanya, dan seperti apa gambarannya? Terima kasih banyak Pak Dokter. Sarwan

  20. shinta says:

    Dokter,
    Mama saya usia 69 tahun baru 3 bulan lalu menjalani operasi patah tulang di bagian tumit kaki karena terjatuh di kamar mandi.
    saat ini beliau sudah bisa mulai berjalan sedikit2 masalahnya ketika digunakan berjalan atau menggantung terlalu lama masih sakit apakah ada kelainan atau bagaimana? yang kedua keluhannnya jika malam hari kaki terasa dingin dan mulai sakit dan ngilu kenapa ya dok? mohon bantuannya terima kasih

    • muki partono says:

      Patah tulang tumit proses penyembuhannya butuh waktu agak lama jd kalau 3 bulan masih kurang, lanjutkan saja pengobatannya, rasa nyeri abaikan atau bantu dengan minum obat nyeei

  21. jiand says:

    dok obat pada penderita ishialgia yg bagus ,dan larangan pada penderita tsb apa dok?
    trmksh…

    • muki partono says:

      Oba it harus dgn resep dokter tdk nisa beli sendiri, krn keras, larangan duduk lama, angka bera, mengedan, membungkuk,

  22. alvian says:

    Dokter,
    Ibu saya sering mengalami linu pada jemari tangan (sakit bila di kepal),dan di area kaki..
    udah coba beberapa kali untuk periksa,obat sudah abis sebulan kemudian terasa sakit lagi..
    Dok,itu penyakit apa ?
    dan apa yang harus Ibu saya lakukan ??

  23. kartini says:

    pa, saya sering pegel2 leher da pundak…
    sampai di sebelah leher kanan saya ada benjolan kecil klo da di pijat menghilang tapi ada lagi..
    gimana ya pa cara menghilangkannya dan pundak biar ga pegal2?

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperikakan ke dokter dicai tahu penyebab nyeri pundaknya, bisa banyak sebab, dari hanyakekakuan otot saja sampa penekanan saraf

  24. Wiwik says:

    Dok kenapa ya kaki betis sama paha suka terasa panas dan pegel2 ngilu….ini hampir tiap hari….penyakit apa ya dok ini. Tks byk

    • muki partono says:

      Gejala yg anda alami adalah sensasi saraf terjepit, bisa kesemutan, panas, nyeri gatal , ngilu, rasa tertusk dll, sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  25. Yusril says:

    Dok kenapa kaki lutut and betis saya kok kayak ngilu2 ya dok,klu tidur enak ny ditinggikan kaki rasa enak nya,bentar ngilu lg,napa ya dok? Trims

    • muki partono says:

      anda kemungkinan mengalami gejala penekanan saraf pinggang, atau ada kelainan pada pembuluh darah , krn saat ditinggikan kaki nyeri berkurang, sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  26. tomo says:

    dok saya merasakan tulang pada siku saya dan kaki pada sendi terasa linu tu krn apa yaa dok, trus bahaya apa gk dok mksih…

  27. Rita yohana says:

    Dok, saya mau tanya ttg keluhan ibu saya. Beliau merasakan jari-jari kakinya sampai pergelangan kaki terasa sakit spt ditarik-tarik, kdg timbul kemerahan, panas, sakit bila disentuh. Kadang sampai menangis menahan sakit. kambuhnya kdg malam (jadi tidak bisa tidur) kdg siang. Biasanya kambuh krn mkn sayur, kena air dingin, dan terkdg tdk jelas kambuhnya krn apa. Shg ibu saya jd agak parno makan krn suka kambuh. Padahal ibu saya dari kecilnya suka minum susu (sehari bisa lebih dari 5 gelas). Kira2 apa sakit ibu saya ya Dok? Terima kasih sebelumnya

    • muki partono says:

      sebaiknya ibu anda dikonsultasikan ke dokter banyak sebab yg bisa menyebabkan kelainan ibu anda salah satunya akibat alergi makan makanan tertentu, kemungkinan tdk ada kaitannya dengan tulang

  28. neneng says:

    Ass.Dokter Muki,maaf ada bbrp hal yg ingin sy tanyakan,sy bbrp thn lalu pernah mengalami pengapuran di sendi lutut.skrg ini :
    - tlpk kaki kiri sering sakit jg klw duduk t’ll lm saat bjln jd sakit. jg ata tlpk kk bag atas jg trasa sakit.
    - tulang lgn atas bkn sendi srg kl sakit,bl akan tdr sllu mencari posisi yg pas agar bs tdr.
    - paha sebelah kanan letaknya pas dmn tlpk tgn jatuh bila kt berdiri tegak, berasa baal/kebal bahkan dl pernah sampai nyeri skali dibarengi rasa panas spt terkena cabai.
    - Jg setiap sy tdran/ tdr mlm, pg hr betis brasa kaku jd slalu sy lemaskan dgn pijatan ringan, br sy bangun.
    - Umur sy 49 thn, tg bdn 159cm, berat 64 kg, anak 2 org, umur 23thn dan 15thn.

    Mhn penjelasan dokter,trm ksh atas perhatian dokter.

  29. Ghendra says:

    Selamat malam Pak Muki Partono,
    Mohon bantuannya, saya seorang tailor, umur 34, belakangan ini saya sering gampang migren, dan juga pegal linu di kaki sbelah kiri, dari lutut sampai betis saya! Sangat mengganggu aktifitas saya!
    Kira-kira kenapa ya dok? Apa saya kurang olahraga ya? Apa cukup jika saya bersepeda rutin 4 kilo dalam sehari?
    Terimakasih

    • muki partono says:

      pekerjaan anda sdh banyak duduk sebaiknya olah raganya berenang atau jalan saja jgn sepeda makin membuat nyeri pinggang anda

  30. saiful says:

    dok kaki sbelah kanan sy sering linu pada siang hari knp kaki sy dok trimakasih…..

    • muki partono says:

      Nyer pada tungkai bisa akibat otot, saraf atau sebab lainna saran sebaiknya konsuktasikan ke dokter tulang

  31. agung says:

    Slamat siang.. Dok saya mau nnya telapak kaki saya yg bag tengah terasa sakit dan kaki saya terasa linu saat bngun tdr dan saat cuaca dingin itu kenapa ya dok.. Umur saya 25th. Mohon saran nya dan obatnya apa ya… Trimz..

    • muki partono says:

      kemungkinan anda mengalami gejalan fasciitis plantaris , sering dikeluhkan banyak pasien , sebaiknay diobati dan kalau perlu disuntik

  32. deni indawati says:

    askum….dok kalo udara dingin kenapa kaki atopun kadang tangan saya terasa ngilu ya? ngilunya itu terasa mpe nusuk di dalam tulang, ketika ditekan terasa enak, tapi ya gitu ketika dilepas linunya terasa lagi…kira2 kenapa ya dok,,trims

    • muki partono says:

      Keluhan spt anda banyak dikeluhkan banyak orang masih dalam batas wajar saran sebaiknya hindari minum es, krn anda ungkin alergi dengan hak yg dingin

  33. ndil wardhani says:

    iya dok seperti yg dikeluhkan saudara deni
    kaki saya sering terasa linu,terutama jika kedinginan,,
    rasanya ingin dipijat atau digerak2n terus
    apakah hal itu bisa disembuhkan dok??

    • muki partono says:

      bisa insya allah , kemungkinan itu adalah sensasi saraf jd ada kemungkinan anda mengalami iritasi saraf , sebaiknya diperiksa ke dokter utk memastikan kelainannya apa dan iritasi sarafnya dimana lefelnya

  34. rudy says:

    kaki,betis dan paha trasa panas dan ngilu,kira kira sakit apa dok.

  35. rudy says:

    periksanya ke dr.syaraf atau ke dr.tulang,dok…kalau ke dr.syaraf udah 4 kali gak ada perubahan sama sekali,mohon jawabannya dok.makasih banyak.

  36. rully says:

    pak dokter, ,
    tulang kecil kaki kiri saya yang di bawah betis patah akibat kecelakaan motor, ,
    sebelum di gips kaaki saya tidak bengkak dan masih bisa jln walau pun sedikit pincang, ,
    tp setelah saya berobat ke dukun patah kaki saya langsung digips dri mata kaki sampe betis, ,
    tp kaki saya malah tambah bengkak telapak kakinya, ,
    apa itu akibat di gips,,
    kira2 saya msah bisa berjalan seperti sedia kala gk dok, ,
    tp tulang besarnya tidak apa2 cuma tulang kecilnya aj, ,skrg udah 1 minggu dok, ,
    gmn cra pengobatanya.trimakasih

    • muki partono says:

      Saan kami lepas gipsnya tdk ada gnanya bila tulang yg besar masih utuh, krn utk kekuatan yg penting adalah tulang yg besar, kompres es pada daerah yg oatah, insya allah sembuh nantina

    • naomi says:

      Selamat Pagi Dok,
      mau tanya pinggang saya sebelah kanan sering sakit,
      terus telapak tangan kram, belakang saya gatal-gatal dan betis kaki saya sakit seperti ditarik sampai ketelapak kaki, saya menderita sakit apa yg Dok, dan apa obatnya.

      • muki partono says:

        keluhan anda bisa banyak penyebabnya sebaiknya konsulasikan ke dokter tulang , bisa karena kekurangan kalsium , atau sebab lain kalau keluhan pada kaki dan betisnya bisa akibat penekanan saraf di pinggang ,

  37. nirson says:

    pAK DOKTER NANYA NI MUDAH CAPEK APA YA SAKIT NA, BANGUN TIDUR TERASA MALAS, BADAN PEGAL-PEGAL

  38. ganyong says:

    dok mau nanya,paha saya linu sampai betis kerja saya banyak duduk di depan komputer,kalau terkena dingin saat naik motor terasa linu sekali.kenapa ya dok?apa obatnya?terimakasih

    • muki partono says:

      gejala penekanan saraf pinggang akibat banyak duduk lama atau pekerjaan saran kurangi duduk lama, dan lakaukan berenang, latihan penguatan otot tulang belakang

  39. dita says:

    Dok beberapa hari ini tulang lutut sama tulang daerah pundak kiri linu..apa penyebabnya ya dok?

  40. reni says:

    dok di paha saya tgl 17 juli 2012 saya mengalami kecelakaan mengalami fraktur femur dan pelvis,sekarang saya sudah 5 bulan bisa jalan tapi smenjak itu dengkul kaki kanan saya sring mengalmi ngilu setiap saya sering naek trun tangga ,jalan terlalu jauh,ataupun jalan terlalu cepat,apa ini ada hubungannya dengan kaki saya yang patah?kalo iya apa yang harus sya lakukan?

  41. Ike Damayanti says:

    Dok, sy mau tanya. akhir2 ini sy sering merasa sakit di kedua kaki sy (kalo orang jawa bilang “njarem-njarem”) mulai dr betis sampe tumit. Kalo sdh istrht njaremnya hilang tp yg di bagian tumit msh terasa sedikit sakit. kira2 sy sakit apa ya dok? Sy slalu memakai sepatu high heel ketika bekerja dan sdh 2th ini brt bdn sy naik 5kg. apakah itu berpengaruh, dok? Dan apa yg hrs sy lakukan. terima kasih…

    JAWAB : KURANGI BERAT BADAN , PENGGUNAAN SEPATU HAK TINGGI DIKURANGI

  42. yassyazafira says:

    dok saya berusia 26 thm,dengan BB 51kg
    skrg ini saya sering ngerasa linu dr lutut sampai kaki,
    apa karna pekrjaan saya yang duduk lama dan di bawah pesis pendingin ruangan,
    dan terasa ketika saya terlalu lama bersentuhan di lantai tanpa alas..
    kadang terasa pas tidur mlm,bahkan sampai keram,
    tp ngerasa lebih baik ketika saya ber jemur di matahari,

    pertanyaan saya ap pengaruh dengan faktor BB,?
    atau karna faktor duduk lama bila sedang bekerja.
    thx sebelumnya

  43. Irma yunita says:

    Assalamualaikum pak muki hartono , ibu saya kalau malam pada bagian telapak kaki dan atas telapak kaki terasa panas seperti terkena cabai

    • muki partono says:

      itu gejala yg biasa dialami oleh orang tua, hal yg biasanya umumnya bisa akibat penekanan saraf pada sekitar pergelangan kaki dan bisa dari pinggang

  44. Liani maulida says:

    Selamat siang dok . Ibu saya setiap hari dari paha hingga telapak kaki terasa ngilu dan sperti terkena cabai , tetapi akan lebih terasa panasnya kalau malam hari.
    Pada telapak kaki ibu saya terdapat bintik2 hitam..

    Apakäh ada hubuñgannya dengan díäbetes , asam urAt , dan penekanan syaräf

  45. Aisyah says:

    Dok , ibu saya berumur 41 thn , kata ibu sya telapak bawah dan atas kaki terasa panas seperti cabai . Terkadang kalau kakinya , dan pantatnya terkena lantai terasa nyeri dan ngilu , dan juga terkadang semua bagian tubuhnya terasa pegal.
    Apakah ada hubungannya dengan penyakit tulang , diabetes dan asam urat.
    Kalau ada hubungannya , apa yang harus saya lakukan dok??
    Mohon sarannya dok
    Trima kasih

    • muki partono says:

      rasa panas spt cabai di telapak kaki biasanya akibat penekanan saraf di pinggang , saran sebaiknya konsultasikan ke dokter dan perlu pemeriksaan MRI Lumbal utk memastikannya

  46. dian permatasari says:

    dok,
    pergelangan tangan saya sakit dan linu bila digerakan/ditekuk sudah 3bulan.
    ke dokter katanya radang sendi dan dikasih obat rematik.
    tp sampai skr tidak sembuh2.
    bila kena dingin semakin sakit.
    ini rematik atau asam urat ya dok?

  47. Dok ibu saya sakit kaki kanan sebelah dr paha ke bawah, ada gk obat herbal. sehari2ny bkerja menjahit & kaki kanany itu sharian injak dinamu, apa mungkin pengaruh itu y dok

    • muki partono says:

      saya kurang paham obat herbal krn saya bukan herbalis , ibu anda menderita saraf terjepit dipinggang dan diperberat dengan pekerjaan yg duduk lama

  48. Reni says:

    Dok, kaki saya suka kram dan nyeri saat berada di dalam ruangan yang ber-AC. Terkadang juga tangan saya suka kram tanpa sebab. Apakah itu ada hubungannya dngan penyakit kolestrol dok? Obat yg bisa mengurangi itu apa ya dok?

    • muki partono says:

      Sering Kramer pada keadaan dingin biasanya akibat gangguan Alirqn darah pada daerah ujung kaki atau Tangan , kondisi Yg sering dialami Oleg banyan orang, sebaiknya konsumsi Kalsium , vitamin C Dan Lakukan kompres hangat, coba hindari minum ES

  49. enank says:

    Met malam.sy mw nanya istri sy sk ngeluh kl hbs nyuci/berendam kakinya suka terasa ngilu dan terasa sakit sekali katanya.umur istri sy 26thn BB 57. Trima kasih

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome