Testimonial

Pelayanan Maksimal

Tahun 2006 (15th) saya mengalami kecelakaan yang menyebabkan mata kaki kanan saya berlubang, saya dibawa ke rs siaga dan yang menangani saya adalah Dr Muki.Walaupun saya terbilang pasien yang “bawel dan rewel” dokter yang satu ini memberikan pelayanan serta melayani pertanyaan2 saya dengan sangat baik.
dalam waktu hanya 1 bulan 3 minggu saya sudah bisa dapat berjalan normal berkat perawatan dan arahan dari dokter Muki ini.
sekarang sudah hampir 6 tahun pasca operasi dan engkel kanan saya tidak ada keluhan
terima kasih dokter Muki :)

Tri Herlambang

HNP

sebelumnya saya dan suami(DARTAMAN SPI,MALINAU KAL-TIM) tidak pernah tau kalo teryata ada penyakit urat terjepit/hnp,awalnya kami cuma tau hanya sakit pinggang biasa,lama kelamaan kaki suami saya mulai kaku susah untk digerakan,badan pun tidak bisa tegak dan susah tidur.

kami sepakat mencoba memeriksakan kedokter spesialis penyakit dalam dan beliau menyarankan untk fisioterapy,tapi hanya hilang sesaat,lalu kami mencoba jalan alternatif seperti dipijat untk melancarkan peredaran darah.namun hasilnya lebih parah suami saya malah bungkuk.

untung ada kakak ipar saya menyarakan untk memeriksakan kedokter muki,karna kakak ipar saya yakin kalo suami saya terkena HNP dngan gejala yg sama yg dialami kakak ipar saya,bahkan kakak ipar saya sdh diopersi oleh dokter muki dan berhasil.akhirnya suami sayapun memeriksakan penyakitnya ke dokter muki dngan ditemani kakak ipar sya ternyata benar saumi saya mengalami penyakit HNP diruas tulang belakang dan diharuskan operasi karna sdh mengeluarkan cairan.

Alhamdulillah pasca operasi dua bulan suami saya sekarng sangat sangat sehat sekali setelah dioperasi oleh dokter muki,badanya udah tdk bungkuk dan sdh enak tidur…….terimakasih saya dan keluarga untk dokter muki….YOU IS THE BEST ..HNP BYE..BYE…

vivi heriyati.

Operasi Tidak Perlu Takut

Assalamualaikum wrwb Dokter Muki Partono Sp.OT

Peristiwa ini terjadi saat saya terpeleset genangan air di rumah tanggal 5 mei 2011,saya tidak tahu apa yang terjadi dengan kaki saya karena saya hanya bisa meraba seperti ada yang menonjol dibagian tulang lutut

Pada saat kejadian saya masih bisa jalan dengan nyeri yang luar biasa di lutut bagian kiri, terlihat bengkak dan lebam,atas saran dari beberapa kerabat saya diantar ke tukang urut ,dengan maksud untuk meredakan sakit dan bengkak kaki saya, pengobatan ini saya jalani selama 12 hari dan selama itu tidak ada perubahan dengan lutut saya,malah semakin bengkak.

Akhirnya saya diantarkan lagi ke tempat pengobatan alternatif yang ternama di Jakarta yang menangani pasien patah tulang.terapi ini saya jalani selama 48 hari saya bolak balik diurut , hasilnya lumayan …..lutut saya tidak bengkak dan bisa berjalan dengan nyaman, katanya :”Saya Sudah Sembuh”.Waaah…. saya senang sekali…

Tetapi ada yang mengganggu pikiran saya,walaupun katanya sembuh saya tidak bisa menjalankan fungsi kaki dengan normal antara lain tidak bisa naik tangga, tidak bisa jongkok, dan sulit sujud pada saat shalat.

Mau bertanya dan konsultasi ke Rumah Sakit saya sudah takut sekali,yang terbayang adalah tindakan OPERASI dengan rasa sakit yang luar biasa…

Sungguh suatu hal yang tidak terbayangkan sebelumnya datang ke rumah sakit…bingung campur aduk,saya perlu mempersiapkan mental yang kuat untuk bisa memutuskan pindah ke pengobatan medis…cukup lama juga menyiapkan mental saya…70 hari….,sementara lutut saya sudah semakin tidak nyaman dengan kondisi seperti ini.

Secara tidak sengaja saya googling di internet mencari data dokter spesialis bedah tulang dan Rumah Sakit nya di Jakarta, saya menemukan web dokter Muki…dari web ini saya bisa mendapatkan informasi yang cukup detail segala macam keluhan tulang dengan solusi penanganannya, semua artikel saya baca dan pelajari tidak lupa biografi dari dokter Muki dan testimoni pasien yg sudah sukses menjalani operasi.

Nah… dari sinilah saya mulai nggak takut dan berani datang ke rumah sakit untuk menanyakan kondisi lutut saya…..

Pada tanggal 11 Juli 2011 saya mantapkan untuk datang ke RS Siaga Raya bertemu dengan dokter Muki.dari pertemuan itu lutut saya di rontgen …hasil rontgen menunjukkan fracture patella neglected (tempurung lutut saya patah 2 bagian).saya minta solusi terbaik kepada dokter Muki,dan saran dari dokter Muki adalah.. untuk bisa menjalankan fungsi kaki dengan baik solusinya ya operasi dengan sistem tension band wiring (penyatukan tempurung lutut dengan kawat berbentuk angka 8) kata doker Muki waktu itu.

Kami sepakat tanggal 15 Juli 2011 saya menjalani operasi dan berlangsung kurang dari 1,5 jam saja.

Tanggal 18 Juli 2011 saya sudah mulai fisioterapi dan bisa jalan,hanya fungsi menekuk lutut belum bisa baik.

Tanggal 19 Juli 2011 saya sudah bisa mengangkat kaki kiri saya sampai hitungan ke 15 dalam posisi berbaring….,Subhannallah hal ini selama 2 bulan tidak bisa saya lakukan….ada kemajuan sedikit demi sedikit dan kaki saya mulai ber fungsi lagi.

Melihat kemajuan pasca operasi dalam waktu yang relatif singkat ,saya tambah giat melakukan fisioterapi untuk melemaskan otot otot kaki yang sudah 70 hari tidak berfungsi, agar dapat berfungsi lagi seperti semula.

Dari kasus saya diatas..saya ingin share …. kalau saya bandingkan antara pengobatan alternatif selama 70 hari dan tindakan medis yang baru 5 hari sudah ada hasil..,

RASANYA TIDAK ADA LAGI KERAGUAN UNTUK MEMILIH TINDAKAN MEDIS DENGAN OPERASI ,untuk siapa saja yang mengalami musibah seperti saya

JANGAN BUANG BUANG WAKTU ,agar tidak terlambat penanganannya.

Segerakan mencari dokter yang tepat,nyaman dan komunikatif dengan pasien seperti dokter Muki yang sudah memberikan solusi medis yang tepat dan logis buat saya…

Sebagai rasa syukur …. saya buat testimoni ini untuk mengucapkan terima kasih kepada dokter Muki Partono Sp.OT atas ijin Allah SWT melalui keahlian dokter kaki saya mulai berfungsi lagi ,semoga Allah SWT selalu melindungi dan membimbing anda untuk menolong umat dalam menjalani hidup yang lebih bermakna, Aamin .

Wassalam

sufridayulianti@gmail.com

 

HNP Siapa Takut…!!!!!!! MED Solusinya.

Terima Kasih yang sebesar-besarnya kami dan keluarga haturkan kepada dr Muki Partono, Sp.OT yang telah melakukan operasi MED pada Ayah kami tercinta (dr. Purwohartono, Sp.OG), sehingga segala keluhan Nyeri Punggung Bawah Ayah kami sekarang sudah tidak ada lagi.

Sebelumnya kami masih sangat ragu dengan teknik operasi baru ini (MED), apakah bisa menyelesaikan penyakit HNP ayah kami, karena sudah beberapa Second Opinion dari bbrp ahli kami ambil, namun semua mbuat kami ragu.
Namun akhirnya dengan MED melalui tangan dr. Muki Partono, Sp.OT. hanya dalam 1 hari setelah operasi sampai saat ini Ayah kami sudah tidak merasakan NYERI PUNGGUNG BAWAH lagi. Bahkan sekarang bisa melakukan aktivitas dengan lebih baik lagi.

Bagi saudara2 yang mengalami sakit yang sama, kami sangat menyarankan Jangan Putus Asa dan menyerah, karena ada Solusi yang bisa diambil, dengan MED… HNP Hilang….

Kepada Dr Muki, sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan Terima Kasih kami yang sebesar-besarnya, kerana dengan bantuan dokter sekarang Ayah kami tercinta menjadi lebih sehat lagi.

Terima Kasih
dr Purwohartono, Sp.OG dan keluarga besar, Yogyakarta
(dr Susanto Rahmad N, Sp.OG, Alia Ariesanti, dr Fitria Nurul Hidayah, Rizqi Fauzan Yanuar dan keluarga)

 

Thank to Dr.Muki Derita 2 Tahun Sudah Berakhir

Pertama-Tama saya ingin mengucapkan syukur alhamdullilah kepada Allah swt yang telah memberi kesembuhan tangan saya,yg selama 2 tahun menderita patah,allah menujukan syaria’t yaitu Dr Muki hakekat nya allah swt yg Memberikan semangat kpd saya yg hampir putus asa terhadap kesembuhan,melalui Dr Muki pula yang selama 2 thun saya takut untuk operasi dan 2 bulan yang lalu saya di operasi oleh Dr muki di pasangkan pen,alhamdullilah sekarang sudah lebih baik derita pun berakhir alhamdullilah.

untuk saudara saudari saya di mana saja berada yg mengalami derita seperti saya, pesan saya janganlah takut dengan medis pabila ingin sembuh,ketakutan itu tidak ada gunanya malah menghambat kita untuk cepat sembuh,cepat2lah konsultasi dengan Dr.muki insya allah Dr bisa membantu,uang bisa kita cari setelah kita sehat kembali”tetap semangat& lekas sembuh untuk yang sedang sakit

Terimakasih Dr.Muki
Iwan setiawan
email :iwan@gen.net.id,lowbetl@yahoo.com
hp :085880779776

 

Operasi HNP Ternyata Aman

Sudah hampir 1 tahun istri saya (50 th) mengeluh di bagian betis/belakang lutut kiri terasa sakit (terasa seperti uratnya tertarik, kadang kaki spt tdk bertenaga dan keluhan sakit tsb semakin terasa jika berjalan terlalu lama), sehingga banyak mengganggu mobilitas dalam kegiatan se-hari2 termasuk kalau shalat harus duduk di kursi. Telah dilakukan berbagai upaya pengobatan dari mulai fisiotherapy (di kaki) sampai dicoba dengan akupunktur, namun rasa sakit masih tetap ada dan dari xray terhadap bagian kaki sebenarnya baik2 saja.

Ditengah kebingungan utk mencari penyebab sakitnya tsb saya mencoba mencari berbagai informasi diantaranya melalui website yang memuat dokter2 ortopedi di Jakarta berikut track record dan keahliannya masing2, dan dari beberapa ortopedist di Jakarta saya menemukan website Dr. Muki yang banyak memberikan informasi mengenai penyakit atau keluhan yg diderita istri saya. Singkat cerita saya datang utk konsul dg Dr Muki di RS Jakarta, dan dari hasil pemeriksaan baik Xray maupun MRI Lumbal ternyata istri saya mengalami HNP di L5/S1 dan disarankan utk dilakukan MED(Micro Endoscopy Disectomy).

Mula2 saya ragu2 dengan tindakan tsb karena khawatir dengan dampaknya thdp syaraf2 di tulang belakang, namun dari testimoni bbp pasien yg telah melakukan MED utk kasus yg sama dg istri saya dan penjelasan dari Dr Muki sendiri bhw tindakan MED adalah aman, maka saya berani memutuskan utk dilakukan MED. Pada tgl.2 Nov 2010 pagi tindakan MED dilakukan (di RS Jakarta) dan berlangsung 1,5 jam.

Malam harinya (6 jam lebih setelah operasi) Dr. Muki visite ke ruangan rawat dan istri saya diminta untuk berdiri /berjalan, ternyata keluhan sakit sudah hilang dan kaki terasa lebih ringan, tgl. 3 Nov 2010 sdh boleh pulang shg praktis setelah operasi (MED) hanya dirawat 1 malam, luka operasi hanya 1-2 cm, tdk banyak pendarahan dan setelah operasi istri saya tdk mengeluh sakit dibekas luka operasinya.

Tgl. 9 Nov 2010 Alhamdulillah luka sudah kering dan jahitan dicabut, dan saat ini keluhan sudah hilang dan istri saya dpt berjalan dan beraktifitas seperti biasa. Terima kasih Dr. Muki mudah2an pahalanya dibalas oleh Allah SWT dan dokter bisa lebih banyak lagi menolong orang2 dengan keluhan seperti istri saya maupun kasus2 ortopedi lainnya.Amien

Wass,
Rachmat

 

Keluhan Ibu Saya Berakhir

Sedikit prolog, ibu saya pernah melakukan penanaman “pen” di tumit kaki kanannya (kurang lebih 13 tahun yang lalu, akibat terjatuh). Sejak saat itu, secara pelan tapi pasti, kaki kirinya menjadi bengkok. Mungkin dikarenakan pembebanan yang tidak seimbang antara kaki kanan & kiri. Ditambah faktor usia, 69 tahun, keluhan nyeri saat berjalan, semakin menjadi2. Meskipun me-komsumsi obat, dapat meredakan nyerinya, tetapi dari hari ke hari, keluhannya makin bertambah.

Setelah berkonsultasi dengan dokter tulang di Surabaya, sang dokter menyarankan melakukan tindakan operasi sebelum terlambat. Selanjutnya, ibu saya sharing dengan teman2 atau orang2 yang telah melakukan penggantian mangkok tulang lutut. Bukan hal yang menggembirakan yang didapat, tetapi banyak cerita2 ngeri yang didengar. Mulai dari yang berakibat malah jadi lumpuh, keberhasilan operasi yang tidak menentu, waktu recovery yang lama, dll. Pendeknya makin menyiutkan nyali ibu saya. Padahal banyak teman2 ibu saya, yang dioperasi di luar negeri, seperti : Singapura & Malaysia.

Lebaran kemarin, ibu saya berkunjung ke Jakarta. Dari sini timbul minat melakukan cross cek dengan dokter tulang di Jakarta. Karena saya buta tentang permasalahan ini, akhirnya saya coba googling di internet mengenai masalah ini. Didapatlah nama dr. Muki Partono, SPOT. Setelah didapatkan jadwal praktek beliau, berkonsultasilah kita ke beliau.
Ternyata, fakta tentang operasi penggantian mangkok lutut ini, tidaklah se-ngeri, yang didengar ibu saya dari para teman2nya. Bahkan, resikonya sangat kecil. Jika diibaratkan dengan operasi gigi, penggantian mangkok lutut ini seperti operasi pembuatan gigi palsu (crowning), hanya melibatkan tulang, tanpa menyentuh syaraf sama sekali. Bahkan operasinya sendiri hanya berlangsung sekitar 1,5 jam saja !

Pendek cerita, setelah dirawat selama 12 hari, kaki kiri ibu saya menjadi lurus kembali. Keluhan nyeri hilang. Bahkan sudah bisa naik & turun tangga !
Terimakasih dokter Muki atas segala upayanya, meskipun harus melakukan operasi pada dini hari. Keep the excellence works flow…God bless you & family.

Sugeng Santoso

 

Melalui Tangan DR.Muki, Penderitaan Berakhir

allhamdulilah Allah telah memberikan mukjijat melalui tangan DR Muki sehingga penderitaan saya atas HNP yg sudah mematikan rasa dibagian pinggang hingga kedua kaki saya bisa diatasi dan saya merasa lebih nyaman untuk berjalan, hanya dengan sayatan kecil dan mondok 3 hari di rs,saya sudah boleh pulang,trimakasih Tuhan atas pertolonganmu, dan kiranya Allah selalu memberikan kemudahan bagi DR MUKI untuk menyelamatkan manusia,amin.(yokyakarta)

didi s yasmin

 

Spondilitis TB

Maret 2010 sy mengalami nyeri punggung yg hilang jk beristirahat (rebahan). lama2 mskpn istirahat nyeriny tdk hilang. april 2010 sy konsultasi k dokter sp penyakit dalam. oleh dr sy dimnt periksa urin, darah dan ronsen. hasilnya, urin dan darah bagus. pemeriksaan ronsen memberikan kesan spondiloarthrosis pd L1 dan T3-T6. kmdn sy diberikan obat nyeri n disarankan menjalani fisioterapi.

Saat itu nyeri dipunggung sdh spt ada ssuatu yg mengganjal, stp posisi tidur sulit untuk bangun, bahkan terkdg u menggesar at membalikkan badan sakit, & mnrt terapis bahu kanan sy sdh lbh tinggi. stlh mnjlani terapi dan minum obat berangsur2 pulih, dan pd awal juli 2010 merasakan sehat 100%. Namun tiba2 sesaat stlh sy menggendong anak sy nyeri sy muncul lg. ll sy konsultasi k dr sp PD. krn sy saat itu hamil sy hy diberi vitamin. mkn hari sy mkn sulit u bangun jk sdh dlm pss tiduran sampai akhirnya akhir juli 2010 sy bnr2 hampir tdk bs mengangkat badan sm sekali (badan terasa kaku n nyeri). sy hy paksakan u ke kamar kecil. itupun dg sakit yg luar biasa.
Pertengahan agustus 2010 sy dikuret krn keguguran, dan diketahui ternyata kehamilan saya kosong (tdk ada janin).Menrt dr kandungan disebabkan bakteri at kualitas sperma tdk bgs. stlh sy tdk hml sy lanjutkan berobat punggung sy yg selama sy hamil hy saya obati secara herbal dan rehab medik dg diterapi laser (saat itu nyeri sy sdh hampir hilang, sdh mulai bs bangun dan berjalan tp bungkuk).

Selanjutnya sy periksa ke dr sp saraf. Hasilnya dari pemeriksaan luar tdk apa2, akhirnya sy disarankan untuk MRI. Hasil MRI sgt mengejutkan, tyt sy mengidap spondilitis tb. T6-T9 sdh terinfeksi kuman dan T8 sdh mengecil serta membentuk kantung nanah. Krn penangananny hrs cpt, saat itu jg suami cr informasi diinternet. Muncullah nama dr muki sbg dokter bedah tulang yg menjalin komunikasi dg pasien dan bisa dihubungi langsung.

Dari konsultasi via telepon n tatap muka langsung akhirnya sy mantap untuk menjalani operasi tulang belakang tgl 20 sept 2010. Alhamdulillah, setelah dioperasi keluhan nyeri, panas dan semutan langsung hilang, sy pun bs pulang dg berjalan tegak tgl 25-nya.

Hal yg plg berkesan bg sy n suami berobat dg dr Muki adalah enak diajak diskusi dan bersedia merespon keluhan pasien, shg pasien mengambil kputsan u tindakan medis tanpa ragu2.
Thanks ya dok…smg dg keahlian dokter makin byk org yg tertolong, n dokter jg bs mengambil manfaatnya u kebaikan dunia-akhirat.

sofie <sofiesupriadi@yahoo.co.id>

 

Akhir dari sebuah Penderitaan

Awalnya aktifitas saya berjalan seperti biasa, tapi sekitar bulan Juni 2010, mulai ada gangguan nyeri otot disekitar bokong. awalnya tidak terlalu menggangu, namun kian hari rasa nyeri otot kian menyebar kebagian paha bawah kiri. saya mencoba mengatasinya dengan urut tradisional. saya sudah banyak urut kemana-mana sampai keluar kota, namun tidak ada perubahan. malah menjalar kepaha bagian bawah kanan.

Aktivitas semakin terganggu, saya berdiri dan duduk sudah mulai sulit. saya berobat kedokter umum, saya dikasih suntikan pereda nyeri otot. memang hilang tapi 3hari kambuh lagi. sekitar pertengahan bulan Juli ada teman saya ngajak saya untuk medical Chek Up ke RS Mahkota Melaka Malaysia.

Saya tertarik dan ikut teman ke Malaysia. dari hasil General Chek Up hasil bagus semua tidak ada gangguan kesehatan kata dokter india itu, lalu saya menyampaikan keluhan nyri otot yang saya alami. sewaktu dimalaysia nyeri oto udah menjalar lagi sampai betis kanan, sehingga menambah penderitaan otot saya.

Setelah itu saya dirujuk kespesialis Ortopedi malaysia dokternya orang india juga, ia menyarankan saya MRI. dari hasilnya ternyata sangat menakutkan, dirusuk tulang belakang,gak tanggung 3 level dan bakal ditanamkan per logam, saya disarankan operasi, karena kalau tidak dioperasi bisa lumpuh katanya. saya semakin gelisah, ingin rasanya dioperasi tapi biayanya mahal, jadi saya minta obat saja biar meredakan nyeri ototnya.

Setelah kembali ke indonesia aktivitas semakin sangat menganggu, sakit dari bokong sampai ke dua paha bawah dan betis kanan, terus leher agak sulit untuk menoleh kiri dan kanan serta kalau batuk/bersin nyeri uratnya saling tarik menaik dngan yang dibokong. rasa nyeri ototnya sangat sakit terkadang disertai kejang pada otot.

Mau duduk susah, berdiri susah, kalo jalan paling lama 5-10 menit setelah itu harus duduk karena ototnya kejang, badan saya sudah miring kekiri seeperti bengkak tapi tidak sakit. saya udah putus asa dan sudah menyusahkan banyak orang. pada tanggal 13 agustus 2010 timbullah rencana untuk berangkat ke Cimande, katanya disana banyak dukun tulang bagus, tapi saya pikir saya sudah ada hasil MRI dari malaysia dan sudah tau penyebabnya jadi untuk apa diurut lagi…Istri saya iseng buka internet dan membuka dokter tulang terbaik diindonesia, keluarlah nama dr.Muki Partono, Sp.OT. dan saya baca testimoni pasien serta profil beliau, dan tertera no hpnya.

Kesempetan ini tidak saya sia-siakan, saya langsung menelpon beliau dan menceritakan masalah saya, dan beliau sangat mengerti akan penyakit yang saya alami. lalu saya berangkat kejakarta 14 agustus 2010 dan konsul di RS Jakarta dan segera operasi MED tgl 16 agustus 2010.

Hasilnya sangat menyenangkan semua sakit yang saya alami hilang seketika, sitem operasinya sama dengan yang dimalysia dan biayanya jauh lebih murah. saya seperti normal kembali.
syukur alhamdulillah, terima kasih banyak dok

Ary Chandra <aryc80@gmail.com>

 

Tidak takut beraktifitas lagi

dulu saya didiagnosa mengalami bunion di pergelangan ibu jari kaki kanan saya,sempat putus asa karena sulit melakukan aktifitas namun setelah berkonsultasi dengan dokter muki dan menjalankan saran-saran dokter muki,sekarang sudah tidak pernah sakit lagi,dan sekarang sudah bisa beraktifitas secara normal.terima kasih dok

andreas <dre.simanjuntak@yahoo.com>

 

Operasi HNP yang ke 2 kalinya ternyata lebih simpel

Sebelumnya saya panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena telah mengabulkan doa – doa kami atas keberhasilan operasi suami saya ini. Terima kasih saya untuk dokter Muki yang telah mengoperasi suami saya.

Sebelumnya suami saya pernah operasi HNP 6 tahun (2004) yang lalu memakai cara manual dengan sayatan selebar 5 cm (dg dokter lain)tapi dikarenakan kerja dan aktifitas yang berat penyakit HNPnya kambuh lagi di ruas yang sama.
Setelah melakukan terapi berkali kali selama beberapa bulan serta meminum obat anti nyeri dan yang pasti memakan biaya yang tidak sedikit maka kami memutuskan untuk operasi.

Alhamdulillah Allah telah memberikan jalan untuk kesembuhan suami saya karena telah mengenal dokter Muki melalui websitenya. Karena kami jauh dari Kalimantan kami berkonsultasi lewat email dan sms yang ternyata dokter sangat care dengan kami.

Sebelumnya memang ada rasa takut kalau opersinya tidak berhasil,tetapi setelah melihat di website dr Muki cara beliau menangani operasi maka kami yakin untuk operasi HNP dengan metode MED.
tanggal 22 juli 2010 hanya ditemani anak semata wayang kami saya menunggu operasi dengan berdoa tiada hentinya membaca Surat Yasin dan bersholawat kepada Nabi serta berzikir Arhamar Raahimin juga pastinya doa dari seluruh keluarga besar kami orangtua saudara teman dan sahabat untuk keberhasilan operasi ini.Karena saya tahu ternyata kita tidak boleh merasa was-was semuanya kita pasrahkan kepada Allah.Sebab rasa was-was itu sebenarnya godaan syetan untuk kita yang membuat kita tidak yakin akan kebesaran Allah. JAdi saya sarankan untuk para istri atau keluarga jangan merasa was-was atau khawatir.Kita sudah berusaha dan berdoa hasilnya kita serahkan kepada-Nya.

Sehari setelah operasi suami saya bisa berjalan dengan baik karena cuma disayat selebar 2 cm (tidak memerlukan lubang untuk pembuangan darah hanya selang eteter dan infus ditangan untuk memasukkan cairan antibiotik) diperbolehkan pulang oleh dokter Muki.

Terimakasih dokter semoga amal ibadah dokter mendapat balasan dari Allah SWT dan salam saya untuk istri dan anak dokter. WSS

Ida Nur Santy

 

Sakit pinggang yang meyebabkan istirahat di tempat tidur

Pada tahun 2003 yang lalu saya mengalami sakit pinggang yang parah. Ternyata hasil pemeriksaan & photo ada otot di lumbal belakang yang keluar. sehingga menyebabkan penjepitan syaraf tulang belakang. Saat itu saya mencoba untuk melakukan terapi dan pergi ke dokter special tulang di daerah senin tetap tidak berhasil.

Semakin hari semakin parah, dan sangat terasa apabila melakukan aktifitas timbul rasa sakit. dan seminggu kemudian untuk mengurangi rasa sakit itu hanya dapat istirahat di total di tempat tidur. Kemudian saya dapat informasi dari teman saya untuk berobat ke rumah sakit siaga, yang bertemu dengan Dr. Muki. Dari hasil pemeriksaan dokter Muki saya harus menjalani operasi. di karenakan awam saya menanyakan ke pihak ketiga apa itu operasi tulang belakang.

Banyak dari hasil operasi itu menjadi lumpuh atau meninggal dunia. Tapi karena di dorong rasa sakit yang tidak dapat tertahan, saya percayakan pengobatan dan operasi itu kepada dokter muki. yang sebelum nya menyakin kan saya bahwa setelah operasi di lakukan dalam 24 jam saya dapat melakukan aktifitas kembali seperti sedia kala. Dan ternyata itu berhasil kamis malam saya di operasi dan sabtu sorenya sudah dapat pulang ke rumah.

Setelah itu saya kontrol balik dengan dua kali pertemuan dan seminggu kemudia sudah dapat kembali kerja dengan normal dan 2 minggu kemudian sudah dapat kembali mengendarai sepeda motor. Sampai sekarang effeck dari operasi tidak ada dan dapat kembali normal.

Mungkin dengan perantara Dokter Muki Allah telah memberikan saya kesembuhan. Terimakasih Dok atas bantuan untuk mempermudah penyembuhan saya.

Ngestu FK

 

 

Operasi Syaraf Kejepit/ HNP Tidaklah Selalu Menakutkan

Dari hasil MRI Agustus’09 saya terkena HNP di L5/S1 atau orang awam menyebutnya syaraf kejepit, besoknya dilakukan fisioterapi sampai beberapa kali dan diberi pain killer hilang nyerinya .. tapi ternyata hanya sementara saja. Beralih ke pengobatan alternatif, semua usulan dari teman/saudara sudah dicoba tapi tidak ada kemajuan ini membuat saya sangat frustasi dibuatnya.

Tak lepas terus berdoa dan hampir tiap hari saya browsing internet mengumpulkan informasi tentang HNP, puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya bisa mengetahui lebih dalam tentang penyakit ini dan bagaimana ternyata pengobatan dunia medis sudah banyak kemajuan saat ini. Tak sengaja saya menemukan website pribadi Dr Muki dari situ dijelaskan panjang lebar mengenai HNP dan pengobatannya … agak senang hati kecil ini karena ada sedikit harapan menuju kesembuhan. Beberapa hari kemudian kami konsul ke Dr Muki, tindakan yang tepat untuk kondisi saya adalah operasi karena herniasinya sudah cukup parah dan beliau meyakinkan dilakukan dengan Micro Endoscopic Disectomy – Minimal Invasive Surgery yaitu operasi dengan luka sayatan yang kecil dan waktu penyembuhannya relative lebih cepat dibandingkan tehnik bedah konvensional dan yang paling terpenting adalah lebih Aman. Akhirnya seminggu berikutnya tanggal 16 Dec’09 saya operasi, alhamdulilah semua berjalan lancar, setelah itu keluhan nyeri, kesemutan hilang. Saya berharap terus ada pemulihan .. hari ini adalah hari ke 14 pasca operasi dan semoga dapat sembuh kembali normal seperti sedia kala .. amin. Ternyata operasi tidaklah menakutkan seperti yang kita kira.

Terima kasih “Two Thumb up for you” Dok .. dan semoga mendapat balasan yang berlipat atas jasanya dan selalu dapat membatu sesama bagi yang membutuhkan.

“Pasien adalah teman kita” kata Dr. Muki. Karenanya beliau bukan hanya berusaha memberikan yang terbaik tetapi juga membangun komunikasi yang baik dengan pasiennya (salah satu tulisan dalam blog pribadinya). I like this quote – please keep with this spirit always and more success for you

Lenni Cahyono
0816 1889105

 

Sakit pinggang ibu saya sembuh

Tentang pengalaman ibu saya Ny. Suprihatin waktu itu ibu bilang sakit pinggang, sebenarnya sakit pinggangnya sih sudah lama, saya pikir memang sudah faktor usia karena ibu saya umurnya juga udah 64 tahun, tapi kok lama-lama malah tambah parah jadi malah sakitnya sampe ke kaki kiri dan malah jadi tak bisa jaln.

Saya bawa ibu saya berobat ke rumahsakit ke dokter Muki lalu kata beliau perlu di lakukan foto mRi lalu tenyta difoto sarafnya kejepit dipinggang kiri di area lumbal5 dan dianjurkan untuk operasi dengan suatu indoskopi.

ibu dioperasi dokter Muki saya kira lama. taunya cuma satu jam, katanya pake tehnologi yang mikroskopik jadi lukanya kecil. setelah operasi cuma dirawat satu hari di rumah sakit lalu boleh pulang dan ibu saya langsung bisa jalan lagi dan kata ibu enakan bisa kayak dulu sebelum sakit. sudah bisa ruku lagi gak sakit.. waktu balik lagi ke dokter muki oh saya liat jaitannya kecil. terimakasih ya dok semoga sukses. semoga pengalaman saya membantu untuk yang sakitnya sama kayak ibu saya.

Buddy Hardjono
budi_golva@yahoo.com
08118805252/081314766336

 

Penderitaan berakhir dalam waktu 1,5 jam

Enam tahun yang lalu saya merasakan linu di kaki kanan yang terasa sewaktu-waktu. Saya pikir itu rematik, tapi ternyata dalam waktu 2 tahun linu-linu berubah menjadi sakit yang menetap disertai dengan kesemutan sampai dengan lutut. Rasa sakit yang amat sangat saya rasakan ketika duduk dan tidur, sedangkan pada saat saya berjalan ataupun melakukan aktivitas lain rasa sakit tidak terasa sama sekali.

Berbagai pengobatan saya coba, mulai dari pijat, pijat refleksi, ahli pengobatan cina, ahli syaraf yang mendiagnosis bahwa syaraf di ruas L5/S1 saya terjepit, sampai akhirnya saya datang ke ahli tulang yang meminta saya untuk melakukan foto MRI di mana hasilnya menunjukkan saya terkena HNP.

Saya datang ke 2 dokter tulang, dokter pertama menyarankan saya untuk operasi dengan memasang pen, saya tidak yakin mengingat usia yang relatif masih muda, 34 tahun. Saya cari dokter lain untuk memberikan opininya, bertemulah saya dengan dr Muki yang menawarkan untuk operasi dengan metode endoskopi.

Akhirnya operasi dilakukan pada akhir bulan April 2007, alhamdulillah operasi selama sekitar 1,5 jam berjalan sangat lancar dan sungguh luar biasa 1 minggu kemudian saya sudah bisa mengendarai mobil sendiri ke kantor tanpa rasa sakit sampai dengan saat ini.

Bulan Juni 2009, saya melakukan MRI ulang dengan hasil yang sungguh menggembirakan, kondisi ruas L5/S1 saya jauh lebih baik dari hasil MRI sebelumnya. Thanks you Dok… sungguh cara penyembuhan yang hebat !

Diah T. Djuwita

 

Fascii Plantaris

Pertengahan bulan Maret 2010, saya menderita nyeri tumit kiri yang teramat sangat. Awal nya saya hanya melakukan refleksi dan urut ringan namun nyeri semakin tidak tertahankan. Saya mencoba mencari dokter spesialis tulang karena perkiraan saya tidak ada kaitan nya dg pengapuran maupun asam urat.

Anak saya berhasil menemukan nama Dokter Muki dan Alhamdulillah tanggal 25 Maret 2010 saya bertemu beliau di RS Siaga Pasar Minggu. Belum lagi di periksa dan hanya melalui percakapan singkat, Dokter Muki sudah mengatakan saya menderita Fascii Plantaris.

Namun untuk lebih memastikan beliau meminta saya melakukan Rontgen sekaligus untuk kedua tumit kiri dan kanan. Ternyata benar, ada tulang tumbuh di kedua tumit kaki. Beliau memberi resep obat dan suntikan inflamasi pada sendi yang sakit sekaligus menjelaskan bahwa pengobatan untuk penyakit ini memakan waktu antara 6 – 8 minggu.

MasyaAllah……lama sekali. Alhamdulillah dengan mengikuti nasehat dokter memakai sepatu berhak sekitar 5 cm, melakukan relaksasi otot dan menurunkan berat badan, hanya 2 kali datang (sebenarnya 3x tapi karena saya harus berangkat ke Luar Kota sedangkan dokter sudah 1 jam belum datang, saya meninggalkan RS sakit) serta meminum obat yang di resepkan, akhir bulan April ini saya sembuh.

Mudah2an sembuh selama nya sehingga saya tidak perlu melakukan operasi meskipun dokter Muki sudah menjelaskan bahwa tindakan ini adalah the last resort untuk fascii plantaris.

Terima kasih dokter Muki, keterbukaan memberikan informasi membuat hubungan dokter dan pasien menjadi lebih dekat dan dokter memang beda.

Salam sukses

 

Pernah Lumpuh

Bulan Mei 2006 (umur saya 33thn) semua badan saya nyeri dan kaki kiri saya menjadi lumpuh. Dari hasil MRI ternyata saya kena HNP di ruas L4-5 & L5-1 grade 4 dan listesis grade 1. Saya mendatangi 7 dokter dan semua menganjurkan operasi yang menurut saya berat, bahkan ada yang akan mengganti 3 ruas tulang belakang saya dengan bahan metal. Dari situ saya menyimpulkan bahwa saya harus operasi tapi saya ingin mencari metode operasi yang lebih simpel supaya badan saya tidak ‘dibongkar’ terlalu banyak. Di samping itu saya juga melakukan pengobatan fisioteraphy dan akupuntur.

Akhir bulan September 2006 saya ketemu dokter Muki dan metode operasi MED yang dipresentasikan ke saya dengan sayatan kecil dan endoskopi membuat saya menjadi berani untuk operasi. Setelah 2x pertemuan akhirnya 9 Oktober 2006 saya operasi di RS Medika Siaga & dirawat 2 hari. Setelah operasi kaki kiri saya sudah tidak hilang rasa dan rasa sakit seperti tebaran kerikil di pinggang saya hilang.

Tiga bulan setelah operasi saya melakukan MRI lagi dan hasilnya menunjukkan hilangnya HNP. Sampai sekarang setelah 3,5 tahun pasca operasi kesehatan saya semakin baik.

Alhamdulillah Allah memberikan jalan untuk penyembuhan saya melalui dr. Muki. Trim’s ya Dok….

rgds,

Netty

 

Anda ingin mengisi testimoni? Silahkan isi form dibawah ini!

97 Responses to “Testimonial”

  1. christanti says:

    selamat malam dr.Muki sy wanita umur 25th, sy pernah mengalami kecelakaan sekitar 1thn yg lalu dgn posisi jatuh duduk (keanteb aspal), efekny sy tdk bs berjalan dn bergerak slama 5hr dn sdh dbw kedokter tp te2p tdk bs brjalan dn sktr paha agak sdikt lumpuh (dirontgen tdk ada yg retak doktr blg hany tulang ekor sy memar),akhrny klrg sy membw ke alternatif(urut) dn hasilny plg dr situ kaki bs digerakan dn bs berjalan tp msh lemah dn hrs sering digerakan dn sdikit agak kembl normal, dn stlh bbrp bulan mulai terasa lg sampai skrg dn alat vital sy suka terasa pgal dn seperti turun(dgn istilah turun bero), mohon bantuan dr dokter apakah mslh yg sy rasakan ini?dn mohon rekomenny utk sy hrs ke spesialis atau kmn?terima ksh

    • muki partono says:

      anda mengalami kelumpuhan sebagian akibat penekanan saraf pinggang sebaiknya periksakan MRI utk memastikan jgn dianggap sepele krn sdh mengenai alat vital, kalau ana di jakarta sebaiknya kami periksa lihat KOLOm JADWAL PRAKTEK

  2. vera says:

    Dok, saya mengalami HNP dgn hasil MRI sebagai berikut:
    *MRI Lumbrosacral irisan axial, sagital T1 W1/T2 W1, irisan sagital T2FatSat, dilanjutkan MR myelography tanpa kontras, menunjukkan:
    -Allignment baik, tdk ada spondylolisthesis.
    -Kurva Lumbosacral normal.
    -L1-2, L2-3, L3-4: Normal.
    -L4-5: Disc protrusion ke central-paracentral kanan mengkompresi anterior thecal sac dan traversing S1 nerve root. Mild hypertrophy facet joint menyebabkan severe central canal stenosis dan bilateral foramina stenosis (kanan lebih berat).
    -Conus medullaris berakhir level 1, normal.
    -MR myelography tampak hambatan berat aliran liquor cerebrospinal di level L5-S1.
    *Kesimpulan:
    -L5-S1: Disc protrusion ke central- paracentral kanan, mengkompresi anterior thecal sac dan traversing S1 nerve root bilateral (kanan lebih berat). Mild hypertrophy facet joint menyebabkan severe central canal stenosis dan bilateral foramina stenosis.
    -L4-5: Mild bulging disc.
    -Schmorl nodes di endplate superior L5 dan endplate S1 sisi superoposterior.

    MRI tersebut saya lakukan pada tgl.3 Maret 2011, setengah tahun sebelumnya saya mengalami 2x keguguran dengan keluhan diawali dgn sakit yg sangat hebat di punggung serta kaki kanan saya, disertai rasa kesemutan dan urat saya di daerah pantat kanan smp kaki kanan bawah seperti tertarik kaku. Dikarenakan dokter kandungan mengatakan kondisi kandungan saya baik dan normal, maka saya pergi ke beberapa dokter syaraf dan tulang, setelah diperiksa mereka menganjurkan saya utk melakukan MRI dan saya positif HNP. Selama ini saya hanya melakukan theraphy akupuntur dan berenang saja dok. Beberapa hari yg lalu saya berenang mempelajari gaya punggung dan mungkin karena salah gerakan punggung dan kaki saya bertambah sakit dok, lbh sakit dr biasanya, jika menjelang tidur punggung saya nyeri hebat disertai panas sekali smp daerah kaki kanan saya ,dan ini berlangsung hingga 5 hari ini dok. Lalu 2hari yang lalu punggung kiri dan kaki kiri saya juga mulai terasa terkadang ada rasa nyeri dtg sebentar tapi tdk sakit.
    Pertanyaan saya:
    -Apakah dgn keadaan saya saat ini saya perlu melakukan operasi dok?
    -Apakah saya perlu melakukan MRI lagi mengingat sakit di punggung dan kaki kanan saya bertambah parah serta kini punggung dan kaki sebelah kiri juga kadang merasakan sedikit nyeri?
    -Apakah benar jika kita hamil dalam keadaan HNP janin bisa mengalami keguguran ?
    -Apakah persentase utk melakukan MED aman?
    Demikian pertanyaan saya dok, terimakasih sebelumnya..

    Vera

    • muki partono says:

      yaanda sdh perlu op, spy tdk ekguguran lg, kami menduga nyeri yg hebat memicu kontraksi rahim shg menyebabkan keguguran, dan kalau anda hamil akan membuat anda lbh menderita krn beban yg bertambah saat kehamilan tua, metode MED sangat aman dan nyaman tak perlu khawatir sdh banyak yg kami tangani

  3. chris says:

    Yth. Dr. Muki,
    Saya mengalami cedera di bagian bahu saat bermain badminton…sampai saat ini kedua tangan saya tidak bisa bebas bergerak. saat ditekuk ke belakang, atau digerakkan tangan terasa sakit sekali…ototnya seperti tidak lentur lagi. Saya liat di beberapa website bhw cedera yg saya alami ini disebut “frozen shoulder”…ini disebabkan oleh penggunaan otot yg terlalu berlebihan. Sudah beberapa kali ke tukang pijat syaraf tp tidak membawa hasil memuaskan. Saat dipijat saja rasa sakitnya mereda, tapi sesudah itu balik lagi dan tangan susah digerakkan bebas, bahkan sudah tidak bisa main badminton lagi.

    Pertanyaan saya, apa terapi yg terbaik utk mengobati cedera yg saya alami ini dok.

    Terimakasih sebelumnya.

    Chris

    • Muki Partono says:

      pak Chris istilah Frozen shoulder pada kasus anda kurang tepat , yg tepat adalah gejala mirip frozen shoulder tapi penyebabnya meuurut saya anda akibat cedera, js sebaiknya cari tahu penyebab dengan melakukan pemeriksaan MRI bahu, biasany pengalaman saya bisa akibat SLAP lesion atau robekan Rotator Cuff (otot2 rotator spt supraspinatus, infraspinatus, teres minor subscapularis),kalau nanti hasil mRI menyatakan ada cedera yg saya sebut dia ats sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi bahu

  4. fany says:

    Dear dr muki,
    mau tnya dok,,jari kaki yg pernah dipasang kawat untuk menyambung tulang apakah nantinya mau di lepas ga ya?soal dok,diluar jari itu biasanya ada kawat kecil yang keliatan,ga tau gimana,mgkin krn tidur tiba2 patah gito dok,jadi kawat kecilnya uda ga keliatan diluar.. bagaimana ya dok?harus diapakan ya?
    makasi banyak dokter atas bantuannya ya..

    • Muki Partono says:

      kawat yg tdk keliatan lg bisa masuk ke dalam atau terlepas keluar , pastikan dengan foto rontgen kondisi terakhir , kalau masih di alam sebaiknya dicabut agar tdk makin ke dalam

  5. erman dopel says:

    saya pemuda 30 thn, saya kecelakaan motor 3 thn lalu, lalu tangn saya yg kanan lumpuh dan sangat sakit dan nyeri selama 3 tahun sampe sekarang, apa ada solusinya dok?

    • Muki Partono says:

      anda mengalami cedera saraf yg namanya Fleksus Brakhial Injury, memang masalahnya nyeri yg utama kadang pasien menderita krn nyerinya yg hebat, saran konsultasikan ke dokter tulang , utk hal ini apakah masih mungkin dilakukan tindakan operasi utk menghilangkan nyerinya saja

  6. Dok saya tlah operasi tempurung lutut kanan saya,,pecah jd2
    Saya udh oprasi kira2 1 stngh bln yng lalu….. yang aq tnyakan koq maah bengkak dok

  7. riyanti says:

    Dok sy mw tanya bbrp hari yg lalu sy terpeleset dg kondisi duduk..sorenya sy lihat ada memar di pantat bagian kiri dengan warna biru dan lumayan agak besar..ketika diraba terasa sakit dok, akan tetapi klo ga diraba tdk terasa sakitnya. Sakit akan muncul kembali ketika akan duduk..apakah hal ini berbahaya dok? Dan perlu diperiksa ke dokter spesialis apa ya ? Saat ini sy dan suami jg sedang program hamil. Mohon bantuannya dok..terima kasih

  8. ade susilo says:

    Dok, hasil rontgen saya menyatakan retak dan bengkok di tulang ekor. Apakah dr hasil rontgen tsb saya diharuskan operasi dok?mhn informasinya?sbb saya utk jalan saja sudah terasa ngilu dan sakit dok?apakah bs tdk dioperasi dok. Kira2 jika operasi kisaran brapa ya dok anggarannya?trims

  9. kiky lestari says:

    Dokter, ibu sy terjatuh kmrn 25 nov 2013, setelah dironsen ternyata tulang pinggulnya retak..Dok, tindakan apa yg tepat untuk ibu saya? Apakah ibu sy bisa sembuh total dan berjalan kembali dok,ibu sy saat ini usianya 62 thn. Mohon bantuannya dok..dan blsnnys segera.Trma ksh.

  10. kiky lestari says:

    dokter…protese itu apa ya? kira2 brp ya biayanya?brp lm operasinya dok? dan ms penyembuhan bs jln lgnya?trma ksh dok ats sarannya…

  11. Regita says:

    Selamat siang Dokter Muki, saya wanita umur 27 tahun. Tulang lutut sebelah kanan saya sering merasa sakit saat diluruskan setelah duduk dengan lutut menekuk terlalu lama, kemudian jika turun tangga pun lutut juga merasa sakit. Jika udara dingin tulang kering di kedua betis saya sering merasa ngilu dan terkadang sarafnya sering bergerak sendiri. Mohon bantuan dokter atas gejala penyakit yang saya alami ini, dan apakah harus diperiksakan lebih lanjut? Terima kasih.

    • Muki Partono says:

      kemungkinan anda mengalami cedera pada bantalan lutut walaupun tdk idahului oleh trauma, disertai kemungkinan gangguan pada saraf tepi tungkai sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  12. baliyanto says:

    malam dr muki , pd tahun 2012 saya pernah operasi trigger finger dgn dokter muki dan alhamdulillah sampai saat ini tdk pernah sakit lagi . skrg saya sakit tennis elbow , yg ingin saya tanyakan , dgn apa cara pengobatannya ? apakah hrs operasi jg ? terima kasih atas informasinya

  13. widya says:

    salam dr. Muki
    boleh minta sarannya……
    saya habis kecelakaan,tangan kanan bagian atas dan bawah patah tulang , terus masalahnya dari siku sampai ke ujung jari tidak bisa merasakan (mati rasa) dan tidak bisa digerakkan tapi yang saya rasakan kayak urat2 tangan kesemutan di dalam tangan trsebut. apanya yg bermasalah dok? obat ap yg harus saya konsumsi?
    mohon solusi dan bantuannya. terimakasih

    • Muki Partono says:

      kadang kasus patah tulang disertai cedera saraf kemungkinan anda mengalami cedera saraf saran sebaiknya diperiksakan kembali ke dokter tulangnya

  14. Fandy says:

    Siang dr.Muki, saya mengalami cedera paha dibagian depan akibat benturan keras…sudah 2 bulan gak sembuh dak kadang terasa sakit jika kaki dibengkokkan kebelakang…mohon bantuannya dok…apa gejala penyakit yang saya alami ini??bagaimana cara pengobatannya?terima kasih.

    • Muki Partono says:

      kemungkinan gejala robekan otot, saran periksakan ke dokter tulang dan mungkin perlu pemeriksaan MRI utk memastikan kelainan

  15. Ali suwandy. says:

    Slamat siang Dr.Muki, saya menderita sakit di tumit belakang atas bengkak ,jalan sakit dan seperti tumbu daging/benjolan(tulangmuda?),saya sudah pernah kedokter hasil periksa dikasih obat,Arcoxia 90mg, tapi saya belum makan dikarnakan saya ada alergi obat yg mengandung gin2. Dulu saya perna flu dr kasih obat dimakan efek jadi mata bengkak juga leher badan timbul bintik2merah. Adanya derita ini mohon petunjuk dari Dr, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • Muki Partono says:

      sebaiknya bapak pastikan jenis obat yg membuat alerginya krn kalau anda tdk tahu perisis obatnya akhirnya jd takut mengkonsumsi obat lagi , padahal obatkan banyak macamnya, saran sementara beri obat gosok dan anjuran suntik

  16. abdul malik says:

    Yth: Dr Muki, saya mengalami sedikit masalah dok.
    setelah operasi kedua lutut saya utk mengganti sendi, ternyata ada efk yg kurang menyenangkan yaitu telapak kaki kanan saya lemas (seperti lumpuh) tdk bisa digerakkan.
    kata dakter yg mengoperasi katanya nanti pulih sendiri dg terapi strum. tp yg terjadi sdh 2 bln ini belum ada perubahan, padahal sakit dan terasa berat dok! gimana solusinya.
    sementara yang kaki kiri, semakin baik.

    Salam

  17. Nanang Guruh says:

    ass wr wb

    selamat pagi pak dokter
    saya dari mataram Lombok, sdh sejak th 2007 menderita saraf kejepit.
    hasil rontgen menunjukkan tulang L4 bergeser 15 derajat terhadap L5.
    kalau lama berdiri/lama berjalan terasa nyeri, sering nyeri di pinggul dan paha atas.
    th 2010 saya ke surabaya melakukan MRI dan oleh dr spot disarankan operasi dgn memasang Pen di tulang punggung, saya tidak berani krn katanya keberhasilannya 75%
    pertanyaan :
    - apa yg dimaksud dgn suntikan foraminal blok?
    apakah sakit kalau disuntik/perlu bius lokal?
    dgn suntik foraminal blok rasa nyeri hilang sampai berapa lama?
    berapa biaya suntik foraminal blok?
    terima kasih
    wassalam

    • Muki Partono says:

      Foraminal blok adalah tindakan suntik pada foramen intervertebralis (lubang keluarnya saraf), tergantung saraf mana dan berapa jumlahnya yg akan kita lakukan suntik,obat yg disuntikan adalah obat2an biasa yg dipakai yaitu metilprednisolon , kombinasi dengan Markain dan Xylocain , efek penghilang nyerinya bervariasi dari yg tercepat hanya 1 bln sampai 3 tahun , ini pengalaman klinis kami pribadi

  18. Danial D says:

    Yth. Dr. Muki
    Sy umur 22 thn. Tgl 3 Mei 2012 yg lalu saya mengalami kecelakaan patah tulang kering (tibia). Kemudian sy dioprasi untuk pemasangan pen. Tp luka bekas oprasi sampai sekarang masih infeksi (skrg sdh mendingan) dan entah knp muncul luka di bagian sendi ankle (lukanya muncul setelah oprasi pertama) dan blm menutup hingga skrg (sy tdk punya riwayat penyakit gula) sehingga menyebabkan ankle sy tdk bisa digerakkan.(skdar informasi sy sdh resisten terhadap semuat obat antibiotik sehingga hanya mengkonsumsi propolis sebagai antibiotik alami).
    Bulan juni hingga Agustus 2013 lalu sy mengikuti fisioterapi untuk berlatih berjalan tp berjalan agak menjijit karena ankle kaku sehingga posisi telapak kaki tidak menapak sempurna. Masalah dtg lagi, karena bulan september sy mengalami fraktur kembali di tulang yg sama sehingga menjalani oprasi utk ke 3 kalinya (oprasi ke dua lepas pen) dan hanya dipasangkan gips sampai sekarang. Yg ingin sy tanyakan,
    1. Apakah ankle sy bisa normal kembali (karena sdh 1,5 thn jarang digerakkan akibat luka) atau harus dgn jalan oprasi?
    2. Brp lama gipsnya bisa dilepas dan sy bisa berlatih berjalan lg?
    Mohon bantuannya. Terima Kasih.

    • Muki Partono says:

      kasus anda cukup sulit , pelu analisa yg tepat dan perlu periksa langsung secara klinis maaf kami tdk bisa beri komentar , dan ada faktor resiko DM yg mempersulit kesembuhan juga, saran kalau domisili di jakarta sebaiknya kami periksa

  19. beni says:

    Dok,saya mau tanya.Saya punya seorang teman saat kelas 1 smp yg badannya gemuk pendek(saat kelas 2 smp pindah skolah).Namun ketika sy bertemu dia lagi saat kuliah,badannya berubah jadi tinggi.Saat saya tanya,knp bdnnya bs jadi tinggi,kata dia bukan karena keturunan,krn kedua ortunya pendek.Menurut dia,tubuhnya berubah tinggi semenjak dia patah tlg.ternyata,teman saya saat kelas 3 smp ,sekitar 6 tahun yang lalu pernah mengalami patah tulang (saya lupa apakah tlg paha atau tlg kering) dan dirawat di rumah sakit siaga raya.Selama masa pemulihan tsb,kata teman sy dia diberikan semacam obat namanya koral(tapi dia tdk jelas memberi tahu sy obat koral apa yg dia maksud,krn dia sdh lupa).Nah,beberapa wktu lalu sy sempat ke rs siaga dan menanyakan ttg koral tsb,namun yg sy dapat dr keterangan org bag.farmasi malah obat cal95 atau biocal,memang di komposisinya tertera coral calcium 500 mg,namun tdk pure/murni kandungannya hanya coral saja,tp ada boron,zinc,magnesium,dll.Yang saya mau tanyakan apakah obat yg sy dapatkan dr farmasi tsb benar obat koral yg mungkin dimaksud teman sy tsb?atau memang di rs siaga ada suplemen/obat khusus bernama koral yg memang tdk bs didapatkan di farmasi rs siaga(Maksudnya apakah obat koral tsb hny diberikan khusus utk pengobatan si pasien,jd tdk dijual di bagian apotek rs siaga).Mohon dibalas secepatnya ya Dok,trima ksh

    • Muki Partono says:

      ya benar, tapi masalah tinggi badan banyak faktor yg bisa mempengaruhinya salah satunya dengan konsumsi kalsium, tapi banyak juga orang yg sdh konsumsi coral kalsium tetap tingginya tdk bertambah, yg penting adalah lempeng pertumbuhan yg masih belum menutup

  20. beni says:

    kalau suplemen kalsium tiens yg ktnya terbuat dr ekstrak sumsum tlg sapi dan jenis kalsiumnya kalsium asam amino (satu2nya di dunia) bahkan mengklaim sbg kalsium terbaik di dunia itu beneran ga Dok?Bahkan di youtube ada video dmn Ahmad Dhani memberikan kalsium tiens kpd pasien korban kecelakaan mobil anaknya Ahmad Dhani, Dul .Bahkan Dhani memberikan jg kalsium tiens utk pemulihan kondisi anaknya pasca kecelakaan.

  21. johan says:

    Saya melakukan rontgen dan hasilnya :
    - curvatura : lordosis lumbalis melurus
    - foramen invertebrale : curiga penyempitan foramen invertebrale VL4-S1
    - contour : spur pada VL5
    - soft tisue : baik, tak tampak massa/kalsifikasi
    -alignment : baik, tak tamnpak spondylolisthesis
    - discus intervertebralis : baik, tak tampaK penyempitan

    Kesan :
    - spondylosis lumbalis + curga forominal. VL4-s1
    -lordosis lumbalis melurus ec mekanisme kompensasi krn nyeri pinggang

    Yang ingin saya tanyakan apakah maksud hasil tsb ?
    Krn dokter mengatakan saya kena hnp.
    Terima kasih

    • Muki Partono says:

      diagnosis HNP bisa ditegakkan dengan pemeriksaan MRI, kalau foto rontgen hanya dugaan saja , dari hasil diatas dicurigai ada penekanan saraf di pinggang pada lefel l4-5

  22. Mursalim says:

    Yth.Dokter Muki
    Sya laki2 24thn mendrita disklokasi tulang sendi paha sejak thn 2008 silam sampai skarng. Dan sampai saat ini pun saya slalu mersakan nyeri di pangkal paha saya setelah beraktivitas keras …
    Sejak saya pertama mengalami kecelakaan bermotor itu saya hanya di bawa ke tukang urut karena orang tua saya takut Akan di operasi Dan mengingat biaya nya yg mahal Dan kluarga Kami kurang mampu . Hingga skarng kaki saya hanya dibiarkan begini terus
    Pertanyaan saya Dok. Apakah kaki saya masih bisa sembuh setelah kurang lebih 5thn di biarkan begini? Mohon penjelasannya Dok makasih

  23. yulianty says:

    ibu saya telah melakukan rontgen dan hasilnya:
    foto -lumbosakral AP/LAT:

    *Aligment vertebro lumbosakral baik
    *Tak tampak penyempitan pd discus intervertebralis
    *Tampak Osteofit os Lumbal
    *Tak tampak lesi litik, blastik, destruksi pada lumbal
    *Struktur dan Densitas tulang baik
    Kesan:
    Spondylosis lumbalis

    apa maksud dari hasil tsb dan apa yang saya lakukan karena ibu saya tersebut sering mengalami nyeri yang sangat pada pinggul , perut depan atas sampai kebawah … terimakasih

    • Muki Partono says:

      hasil rotgen menyatakan ibu anda mengalami pengapuran pada tulang belakang, tdk memberikan onformasi yg banyak terhadap keluhannya, sebaiknya lakukan pemeriksaan MRI Lumbal

  24. irfan says:

    dok saya mau tanya , sudah tiga minggu jari kelingking pada tangan kanan saya patah tetapi hanya di gips saja , apakah bisa pulih lagi jari kelingking saya walaupun hanya di gips ,dan butuh brapa lama utk pulihnya dok ?

    • Muki Partono says:

      saya kurang informasi jari kelingking ada 3 ruas ,ruas yg mana yg patah , biasanya sih cukup 3-6 minggu saja

      • irfan says:

        jari kelingking saya patah di ruas ke 3 dok ,dok tpi terkadang terasa ngilu di bagian yg patah apakah perlu dilakukan pemeriksaan ulang ?

  25. Holsi Marcelino Saragi says:

    Slmt mlm dok,
    Saya pasien penderita HNP berusia 26 tahun.
    Saya ingin sharing skligus bertanya,, berdasarkan hasil MRI, saya di vonis menderita HNP L3,4,5 serta S1.
    Akibat hnp saya ini, saya menderita kelumpuhan pada kedua kaki saya, tidak bs buang air kecil serta buang air besar.
    Dan pada 28 november saya sudah di operasi, dan keadaan saya berangsur membaik, dimana saya sudah dpt berjalan lg meskipun saat ini msh dlm tahap menggunakan walker.
    Namun ad beberapa hal yg msh blm kembali secara ‘normal’
    Yaitu:
    1. Saya msh blm bs kencing dgn sendiri (msh menggunakan kateter)
    2. Saya msh blm bs mengontrol proses BAB saya.
    3. Pantat, paha, betis, dan punggung serta telapak kaki saya masih terasa kebas(baal)
    4. Bagian bawah kaki saya serta jari kaki saya tdk bs saya gerakkan dgn kontrol saya.

    Pertanyaan saya:
    Apakah semua itu normal jika mengingat operasi saya sudah berlalu sekitar 5minggu?
    Dan berapa lama proses penyembuhan HNP yg spt saya derita ini?
    Mohon bantuan dari dr muki utk menjawab pertanyaan saya ini, terima kasih.

  26. luki says:

    Dear dokter,

    anak saya usia 17 bulan. sudah bisa jalan dan berlari khas anak anak. setelah saya perhatikan telapan kakinya agak masuk sehingga untuk jalan atau lari kadang kadang keserimpet. apakah normal untuk usia segitu atau ada apa ya dok? apakah ada therapy tertentu ?
    terima kasih

  27. Kezia Elysa says:

    Selamat siang dok sya seorg wanita umur 29 thn,pd thn 2005 sy mengalami kecelakaan jd kedua kki saya patah yg kiri patah di tulang kering dan kanan patah di dekat mata kaki, yg sya mau tnya apakah klo diangkat pennya akan kuat menahan beban sya agk traum dok, sampe skrg pen blom diangkt, trus biaya operasi angkat kedua pen berapa ya dok, trus klo mau ketemu dr k rs mna untuk konsultasi,mohon bantuanny, thx

    • Muki Partono says:

      sebaiknya diangkat, biaya bisa tanyaka langsung ke rumah sakit, dan kami bisa dihubungi di rs siaga raya , rs jakarta , rs puri indah

  28. Yun says:

    Dr Sy tgl 25 jatuh duduk, ke dr sp ortopedi difoto tgl 28 hsl”…tapak fracture coccygus1dengan. Displacmenet. Fragmendistal. Ke volar…nampak fracture communitiva. coccygeus 3 ujungnya,.alighment blm baik trefragmentasi kecil 2…. . tgl 12. des periksa ke dr sdh tdk sakit lalu dr suru angkat pantatnya kertas latihan dan sy foto kembali hasil ” ; tampak fracture OS S 5 alighment kurang, blm union Coccygus 3dengan fragmentasi. Dan flexi ke depan,,Keluhan sy saat ini, ngilu, kadang nyeri, aktivitas banyak kurang enak rasanya,punggung suka enggak enak duduk pakai donat ….
    1.Yg sy tanyakan apa sdh benar penangannya dr,
    2.apa tulang ekor bisa namun kembalian bisa lurus
    3.apa tdk perlu pijid dg ahlinya

  29. Kezia Elysa says:

    Malam dok
    Mau tnya lg dok… dr praktekny hari ap dan jam brp dok?

  30. cloudya says:

    Selamat malam dr. Muki

    Dua minggu yang lalu saya terpaksa harus loncat dari kereta dan terjatuh dengan posisi bokong menyentuh tanah, setelah di rontgen ternyata tulang belakang saya ada yang patah, namun sampai saat ini saya bisa melakukan semua aktivitas saya seperti biasanya tanpa merasakan sakit terkecuali saat suhu dingin. Sudah dua minggu ini saya menjalani pengobatan dengan salah satu dr orthopedi juga di jakarta, dokter tersebut memberikan solusi pengobatan dengan cara menyuntikkan obat ketubuh saya, suntik tersebut harus dilakukan 20 kali dengan intensitas suntikan seminggu sekali, setelah disuntik saya akan merasa pusing dan mual. Selain suntik saat ini saya mengkonsumsi obat vitamin dan kalsium dari dokter. Dokter, apakah memiliki solusi lagi untuk mempercepat kesembuhan tulang belakang saya?

    Terima kasih

    • Muki Partono says:

      tulang tdk bisa dipaksa lbh cepat menyambung, perlu waktu , jd 3 minggu sdh mulai merapat , kalau anda tdk mengeluh kami pikir sih tak perlu tindakan yg berlebihan , cukup konsumsi kalsium dan vitamin D3

  31. ferin says:

    dok umur saya 21th. lutut saya setiap 1th sekali selalu membengkak dan ini terjadi sejak tahun 2010. 2th awal saya tidak memeriksakannya ke dokter karena saya tidak memeberitahukan kepada orangtua saya dan sembuh sendiri. tetapi pas tahu 2013 lutut saya membengkak lagi danterpaksa saya memberitahukan kepada orangtua dan mereka membawasaya ke dokter. pas ke dokter, dikter mengambil cairan yang ada di lutut saya dan menyuntikan antibiotik dan kaytanya ini infeksi tempurung lutut dan lutut saya sembuh. tapi sekarang lutut saya sakit lagi. gejalanya yaitu bagian atas sampai tempurung lutut membengkak dan berisi cairan,kalau diraba hangat,tapi tidak me merah,sakit kalau terjadi perubahanpergerakan saja misalkan kalau kaki dilipat,jongkok,kaki diluruskan apabila sudah dilipat,dan kaki dilipat apabila sudah diluruskan,sakitnya senut senut dan bagian belakang lutut seperti urat kecetit.namun pada tulang tidak terdengar bunyi klik atap pop, hanya terdapat cairan yang memebatasi pergerakan saja dok. tolong jawabannya dok terima kasih :)

  32. Hasna Askalani says:

    Selmt mlm dr.muki. dok ibu sy seminggu yg lalu operasi pasang pen tulg belakang kr spondilitis tb. Alhamdulillah kakinya ibu sdh bs digerakan. Kata dokter ortopedi kemungkinan akan dilakukan operasi ke dua untuk mengangkat tulang belakang yg sdh hancur dan mengganti tulg yg hancur. Operasi yg ke2 rencananya akan dibelah dari depan ( dada).kami sekeluarga takut dok mengingat di dada itu ada organ yg vital seperti paru2, jantung dan takut menyebabkn kelumpuhan kr pasang implan spine. Apakah ada cara lain yg lebih aman? Apakah bs dengan teknik MED atau MIS? Kl seandainya tdk implan spine bgmn dok ke depannya ibu saya walaupun sdh pasang pen? Terimakasih

    • Muki Partono says:

      operasi pada ibu anda bukan termasuk MIS atau MED, jd lanjutkan saja apa yg sdh dianjurkan oleh dokternya .krn sudah setengah jalan , memang lbh baik dioperasi keduanya ,tapi krn kakinya sdh enakan artinya penakanan sarafnya oleh tbcnya sdh longgar jd bisa juga dilanjut dengan obat2an tb saja , itu pendapat kami berdasarkan pengalaman pribadi

  33. ferin says:

    dok tolong jawab pertanyaan saya

  34. Djamaludin says:

    Malam doter Muki…
    To th point aja, sya skrg lagi di rawat di RS Swasta di tangerang. Saat ini sya menderita HNP L4,L5 dan S1 setelah di lakukan MRI. Saya sdh mendapatkan therapy painkiller ( dynastat +Ns 100cc ), methycobal inj., methylprednisolon Inj dan phisitherapy 2x/ hari. Setelah dilakukan perawatan n phisiotherapy ada kemajuan yaitu nyeri brkurang namun pada saat sya hendak duduk/jalan sya blm mampu krn ada perasaan mengganjal di pantat bagian kiri yg mngakibatkan nyeri timbul lagi. Untuk dokter yg merawat sya agar dilakukan operasi pengikisan benjolan dan pemasangan plat namun sya takut prosedur operasi yg brhubungan dng saraf tulang belakang tersebut dok. Nahh dengan kekhawatiran resiko operasinya maka sya belajar dan membaca testimoni dokter yg menjadi penyemangat sya bhwa sya bs lepas dari pnderitaan HNP ini.
    Yang saya tanyakan adalah :
    1. Apakah di 3 tempat praktik kerja dokter muki ada perbedaan harga utk tindakan MED??
    2. Apakah dengan teknik MED dan tidak terpasangnya plat utk fiksasi tulang belakang tidak akan menimbulkan penekanan bantalan tulang kembali?
    3. Bagaimana cara mengeluarkan serpihan dari pengikisan benjolan trsebut sedangkan luka insisi MED lbh kurang 1-2cm??
    Demikian disampaikan, atas saran terbaik akan saya lakukan dan terimakasih.

    • Muki Partono says:

      pasti ada perbedaan tergqntung RSnya tapi kebetulan alat MEDkami miliki pribadi, penekanan ulang dengan tehnik apapun sekalipun dgn pasang pe bisa terjadi, pengalaman klinis kami selama ini sejak 2003 , belum ada yg penekanan ulang pada lefel yg sama , masalah tehnis sulit saya jelaska tanpa gambar atau alat peraga sebaiknya kita jumpa, tehnik MED sebenarnya yg diuntungkan adalah pasien, buat yg melakukan operasi agak sedikit butuh kesabaran , jd tdk mengenakkan buat dokternya itulah goalnya dari MED , krn sekarang di dunia di anut prinsip OPERASI YG AMAN DAN NYAMAN, JD PILIHLAH OPERASI YG AMAN DAN NYAMAN BUAT ANDA SENDIRI

  35. yati says:

    Sore dokter
    Dok…kakak peremluan saya tahun kemarin mengalami sobek selaput pada lutut ny..sehingga dokter yang menanganinya menyuruh untuk operasi..
    Tapi setelah operasi kakinya suka bengkak..dan baru 1/2 bulan ini di cek ke dokter lain, kata dokter itu ada cairan pada lutut nya.
    Kalau diperhatikan memang pada lututnya bengkak
    Penyebabnya apa ya dok?dan solusinya gimana?
    Terima kasih

    • Muki Partono says:

      itu biasa efek tindakan operasinya , kompres pakai es sajka 2 kali sehari selama 20 mnt dan lakukan latihan sepeda statis atau berenang gaya bebas

      • yati says:

        Maaf dok..
        Waktu hari minggu kakak saya melakukan pengecekan MRI..dan ternyata hasil MRI selaput pada lututnya mulai menipis…sehingga kalau sering berjalan,jongkok,dll kakinya mengalami nyeri yang luar biasa.terus hasil MRI menyatakan kalau ada pengapuran pada lutut kaki kanan dan kiri..
        Apakah pengapuran itu dibawa dari gen dok? Karena sepupu dan tante saya juga mengalami pengapuran di lutut..
        Apakah pengapuran bisa di sembuhkan hanya makan obat?
        Trims dok

  36. Aang says:

    Selamat pagi dok,

    Pada 6 Maret 2014 kemarin, ayah saya melakukan MRI, karena banyak keluhan di fisiknya. Hasilnya MRI, kira2 begini dok:

    IMPRESSION:
    degenerative spine with:
    C4-5: Right uncovertebral spondylosis+right facet joint hypertrophy, causing severe right foramina stenosis.
    C5-0: Central protrusion alise (? mgkn sy salah tulis), posterior esteophyte, with compression of anterior spine cord, moderate severe central canal stenosis& slight cord edema. Bilateral uncovertebral spondylosis+facet joint hypertrophy causing severe bilateral foramina stenosis.
    C6-7: Bulging disc, with compression of anterior dim (?), Bilateral uncovertebral spondylosis + facet joint hypertrophy, causing severe bilateral foramina stenosis.

    Dengan hasil MRI seperti ini, apakah Ayah saya segera perlu operasi dok? Apakah ada saran rekomendasi RS mana di Jakarta yang bisa menanganinya dok? Kalau untuk RS tempat dokter bertugas apakah menerima pasien BPJS pribadi (Kelas I) dok?

    Mohon informasinya…terima kasih sebelumnya dok.

    • Muki Partono says:

      berdasarkan hasil MRI ayah menderita penekanan saraf di leher sebaiknya kami periksakan utk memastika lefelnya krn ada lebih dari 1 lefel , sebaiknya tanayakan langsung ke rs nya kami tdk mengetahui masalah BPJS

  37. Leni says:

    Salam Dokter Muki,

    Sy Leni, umur 36th, sudah sejak Oktober 2013 lutut saya terasa nyeri (bergantian kanan dan kiri) bila bergerak dari jongkok berdiri, atau sujud saat shalat, naik tangga , terlebih turun tangga…saya belum periksakan keluhan ini, hanya baca2 saja gejala2 yg mirip2 dgn yg saya keluhkan, dan sy di sarankan minum Glucosamine, itu juga sudah sy lakukan, tapi sampai sekarang masih terasa sakitnya…bahkan sekarang 2 2 nya terasa sakit..

    Menurut dokter apa yang terjadi dgn lutut saya ya dok?

    Thanks

  38. Lydia says:

    Halo dok,
    Saya perempuan 21 tahun. Tahun 2012 sekitar bulan oktober saya jatuh dan menyebabkan memar setelapak tangan di paha kiri saya. Memar tersebut saya biarkan hanya saya beri trombopop yang saya beli di apotik dekat kampus. Sejak jatuh saya terkadang merasa nyeri dan lemas dan sebelumnya saya tidak pernah kram kaki namun sejak saat ini mulai kram dan akhir-akhir ini nyeri tersebut sering muncul dan dalam waktu lama.
    Kira-kira itu kenapa ya dok? Perlukah saya ke dokter ortopedi untuk diperiksa?

    Terima kasih

    • Muki Partono says:

      sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, mnrt kami bisa berhubungan dengan traumanya bisa berdiri sendiri artinya penyakit baru

  39. Joko S. says:

    Yth Dr. Muki Partono

    Perkenalkan, saya Joko S. dari semarang, ingin menanyakan tindakan yang sebaiknya kami lakukan berkaitan dengan sakit HNP yg diderita oleh ayah saya (64th) sejak 5 tahun yang lalu.

    Dari pemeriksaan MRI, didapat hasil:
    * Degenerasi diskus Th9-10 sampai L5-S1 disertai penyempitan discus intervertebralis L1-2 dan L4-5.
    *HNP (protrusion) ke posterrolateral kanan-kiri diskus intervertebralis level Th11-12, L1-2 sampai dengan L5-S1, disertai pendesakan pada dural sac dan penyempitan foramen neuralis kanan kiri setinggi level tersebut.
    * Facet joint effusion setinggi L1-2,L3-4 kanan-kiri dan L5-S1 kiri.
    * Skoliosis pada verterbra lumbal dengan konveksitas ke kiri
    * Spondilosis thoracolumbalis
    * Penebalan ligamentum flavum pada level Th10-11 sampai L5-S1

    Kodisi sekarang, ayah saya kesakitan jika tidak menggunakan obat. Tidak bisa bangun dan berjalan tanpa dikasih obat. Menurut dokter syaraf di Semarang, kondisi ayah saya sudah cukup parah dan harus dioperasi karena sudah multiple.

    Yang ingin saya tanyakan ke Dokter:

    1. Dengan hasil MRI tersebut, bagaimana sebenarnya tingkat keseriusan penyakit tersebut?
    2. jika harus dioperasi, bisakah menggunakan teknik operasi MED yang biasa Dokter Muki lakukan?

    Terimakasih atas jawabannya dokter.

    • Muki Partono says:

      kasus ayah anda sering dialalmi oleh banyak orang lanjut usia, ciri khas multi lefel, pada kasus ini kita hrs tahu persisi sumber nyerinya dari mana apakah th10-11, atau l1, l2, l3, l4, l5, utk itu perlu evaluasi yg teliti da benar, kebetulan kami dpt melakukan injeksi saraf, jd biasanya pada kasus ini kami lakukan lbh dulu suntik saraf sesuai dgn keluhan ayah anda, kalau nanti setelah suntik keluhan hilang artinya kita dptkan lefel yg tepat, jd kalaudiperlukan operasi MED pun kita sdh tahu persis penekanannya dari lumbal nomor brp, shg hasilnya memuaskan , kami pastikan insya allah bisa pada kasus ini

      • Joko S. says:

        Terimakasih atas masukannya Dokter.

        Jika dilakukan injeksi saraf untuk menemukan titik penyebab sakit, kira2 butuh waktu berapa lama/hari dan berapa pertemuan? Utk kami yg diluar kota (semarang) bagaimana sebaiknya?

        Bisakah saya tunjukkan hasil foto MRI nya terlebih dahulu tanpa keikutsertaan ayah untuk melihat kondisi riilnya? Mengingat kami jauh di Semarang, nanti ada keluarga di Jakarta yang bisa mengantarkan hasil MRI ini ke dokter Muki. Bagaimana sebaiknya menurut dokter agar bisa efektif?

        Terimakasih

        • Muki Partono says:

          bisa saja asal dilampirkan hasil EMG juga , krn akan sulit kalau tdk ada EMG kami hrs cocokkan antara hasil MRI dgn kondisi klinisnya yg sesuai

  40. Merrie says:

    Dear Dokter Muki,
    Saya berumur 30 thn, engsel bahu saya tulangnya kadang suka bergeser kalau sedang tengkurap dan bertumpu pada siku. Saya kurang tahu apa penyebabnya tapi 12 tahun yang lalu pernah di rontgen dan hasilnya ada rongga sehingga mudah bergeser. Apa yang sebaiknya saya lakukan dok agar tidak bergeser lagi (walaupun jarang sekali terjadi dan tidak setahun skali)? Terima kasih

    • Muki Partono says:

      melatih otot2 sekitar bahu dengan latihan bisa ditanyakan pada personal trainer utk melatih otot2 bahu

  41. alex says:

    Yth dokter Muki
    di tempat
    Saya mengalami pembesaran kaki dok. Ibu jari kaki kanan saya membesar dan sangat nyeri, khususnya subuh sehingga saya tidak bisa tidur. Nyeri ini terkadang membuat kaki kanan seolah semuanya menjadi pegal. Saya sudah pernah ke dokter tulang, tp dengan hasil x-ray, katanya penyakit saya belum bisa disimpulkan. Saat minum obat dari dokter tersebut, nyeri-nya hilang. Tp 3 hari kemudian kambuh lagi.
    Saya ingin tanya apa penyakit saya tersebut Dokter, dan bagaimana cara menyembuhkannya. Apakah larangan penyakit tersebut.
    Terima kasih.

    • Muki Partono says:

      kalau keluhan pada jempol kaki dan bengkak biasanya radang sendi akibat asam urat , sebaiknya cek lab darah utk asam urat

  42. Putri says:

    Asslm Wr.wb dok.. ibu saya umur 47 tahun, 2 minggu ini mengeluhkan bahu dan leher kiri sering nyeri dan sakit saat mengangkat tangan..ternyata terdapat tonjolan di sendi sternoclavicularnya..setelah dilakukan x ray ternyata tulang claviculanya terpisah dari tulang sternumnya..ibu saya tdk ada riwayat jatuh..tp memang karena merawat kakek dan nenek saya yg tidak bs berjalan, jd sering membantu mengangkat kakek dan nenek saya..kakek saya berstnya kira2 80kg..dokter menyuruh untuk dilakukan fisioterapi untuk mengurangi nyeri dan disuruh untuk melakukan reposisi tanpa pembedahan tp dalam bius total..kira kira bagaimana sebenarnya perawatan yg tepat ya dok? Terimakasih..

    • Muki Partono says:

      sebaiknya kalau memang lepas dikembalikan ke posisi semula, saran anda bisa kirim fotoya lewat mms paa no telp kami , agar usulan lbh akurat , krn sangat sulit tanpa membaca foto

      • Putri says:

        Ok baik dok..saya ounya fotonya..atau saya kirim email saja ke email dokter? Boleh tau email dokter?terimakasih banyak dok..

  43. irwan says:

    Sore Pak dokter,

    Saya berusia 32 thn, saya ingin mengkonsultasikan hasil MRI dari cedera lutut kanan saya sbb :

    Kesan :

    - Tidak mencurigakan fraktur
    - Chondromalacia retropatella di lateral pateral facet disertai patellar bone bruise subchondral disertai penyempitan femoropatella joint.
    -Osteoarthritis genu kanan ringan disertai fluid collection sura-infrapatella disertai plica, prominen di suprapatella kanan.
    -suspek tendinosis tendon patella pada tibial attachment
    - tear horizontal meniscus lateralis posterior horn disertai meniscal cyst
    - tear horizontal meniscus medialis posterior horn

    mohon pencerahan dokter, apakah yg saya alami tersebut ? dan pengobatan apa yang harus saya lakukan, apakah bisa dengan cukup istirahat ( bed rest ) disertai dengan obat saja.

    saya ucapkan terima kasih, sudi kiranya dokter berkenan menjawab keluhan saya.

    salam
    Irwan
    Jakarta Barat

    • Muki Partono says:

      anda mengalami cedera lutut yg mengakibatkan kelainan pada tulang, bantalan , sebaiknya dilakukan tindkan artroskopi lutut

  44. Syaifullah says:

    Selamat Malam Dokter

    Ayah saya di daerah sekitar pinggang jika ingin bangun dan berjalan dirasa sakit dan nyeri
    sehingga menyebabkan susah untuk berjalan,kondisi ini sudah berlangsung hampir 5 bulan dan dirasakan tidak ada perubahan sampai sekarang
    apakah gejala tersebut menunjukkan ada syaraf kejepit?

    Mohon sarannya Pak Dokter,Terima Kasih

    Salam
    Syaifullah

    • Muki Partono says:

      anda benar kemungkinan ayah anda menderita spinal stenosis,(saraf kejepit pada pinggang), sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang utk memastikannnya

  45. kanahaya says:

    Selamat pagi dok,,
    Teman saya kan mengalami kecelakaan th 2008 lalu dan harus d pasang pen,setelah d pasang pen sampai sekarang belum d lepas..dan kemarin dia jatuh dari motor dan d rontgen hasilnya pen tersbut patah..apakah yang harus d lakukan?? Pelepasan pen atau d ganti pen…mohon penjelasannya
    Terima kasih.?

    • Muki Partono says:

      kalau pennya patah dan tulangnya ikut patah hrs dioperasi kembali, kalau tulangnya tdk patah sangat tdk mungkin

  46. muhammad says:

    Selamat siang dok,
    Istri saya sering sakit pinggang, dari hasil foto ternyata istri saya mengalami osteofit pada vertebra lumbalis. Apa yg hrs dilakukan dok supaya sakit pinggang istri saya bisa sebuh?
    Terimakasih

  47. Cherlie says:

    Selamat siang dok,
    Saya perempuan umur 32 thn, setahun belakangan ini saya sering merasakan nyeri kaku di leher, bahu, sampai ke pinggang belakang terutama sehabis bangun tidur.
    Awalnya sesekali saja, tapi belakangan ini makin sering dan bertambah sakit, bahkan tengkuk terasa sakit utk menengadah.
    Pd thn 2011 sy pernah tiba-tiba jatuh wkt sedang berjalan, rasanya seperti tempurung lutut kanan saya bergerak,sempat sakit bbrp hari kemudian sembuh dgn sendirinya.
    Bbrp wkt kemudian terjadi hal yg sama sampai di lutut yg sama dan kali ini sampai bengkak, saya sempat pergi ke tempat urut tulang tp tdk ada kemajuan berarti sampai akhirnya sembuh sendiri.
    Akhir2 ini pinggang terasa sakit sekali kalau saya duduk agak lama di lantai, rasanya sepeeti ototnya ditarik.
    Apakah ini gejala pengapuran, krn berdasarkan browsing di internet gejalanya banyak kesamaan seperti yg saya rasakan?

    • Muki Partono says:

      problem anda kelihatannya ada 2 , pertama dipinggang dan kedua di lutut, saran berat badan hrs idela kalau blm ideal, alas tidur pilih yg keras, posisi tidur terlentang, olah raga berenang saja jgn yg lain. hindari pengunaan hak tinggi yg berlebihan

  48. tita says:

    Selamat sore Dokter,

    Sekitar 10 tahun yang lalu saya pernah terlempar keluar dari kereta yang sedang berjalan pelan. Saya jatuh terduduk dengan posisi tangan menahan badan saya. Ternyata malam harinya pergelangan tangan kiri saya bengkak dan nyut2an. Paginya saya dibawa ke dokter ortopedi di rongent dan di gips selama beberapa minggu. Setelah gips dibuka pergelangan tangan saya masih terasa nyeri namun dokter ortopedi tidak menyuruh saya utk melakukan fisioterapi.
    Sampai sekarang pergelangan tangan saya masih terasa nyeri kalau untuk menahan beban pada saat berolahraga seperti yoga atau push up.
    - Apakah sebenarnya saya boleh melakukan gerakan yoga yang membebankan pergelangan tangan saya atau push up dengan sejarah kecelakaan saya dulu?
    - Bagaimana caranya menghilangkan rasa nyeri pada pergelangan tangan kiri saya?

    Terima kasih

    -tita-

    • Muki Partono says:

      kami curiga anda mengalami TFCC joint ruptur , bisa juga masalah yg lain saran sebaiknya second opini utk memastikan kelainannya

  49. yodie says:

    Selamat malam dokter, sekitar 2 minggu lalu jari kelingking kanan saya terkena benturan keras dan mulanya bengkak dan lebam, lebam sudah hilang namun sampai sekarang masih tersa sakit dan nyeri sehingga saya tidak bisa pakai sepatu. Mohon saran dari dokter cara penangannya. Terima kasih

    • Muki Partono says:

      hal yg wajar lakukan kompres es pada lokasi yg bengkak 2 kali sehari selama 2o mnt, bengkak akan lama bisa sampai 4 bulan

  50. Roni says:

    Assalamualaikum Dok,
    Saya mengalami nyeri dan sakit di bagian pinggang. Sakitnya akan berasa jika kondisi badan sangat capek & jika saya meregangkan punggung. Sebelumnya saya berobat ke dokter umum dan disarankan melakukan serangkaian test (termasuk rontgen), apakah ada gejala sakit ginjal ataukah dari tulang. Dari hasil rontgen, ternyata ada penyempitan dan suspek HNP L5 S1
    Kemudian saya berobat ke Dokter tulang dan oleh beliau saya di berikan resep obat untuk pereda nyeri dan pelemas otot serta di minta utk MRI.
    Dari foto MRI hasil diagnosa karena HNP L5 S1, direkomendasikan untuk sementara fisioterapi & kemudian operasi.
    Untuk 2nd opininion dan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan operasi atau tidaknya, mohon infonya Dok,
    1. Apakah tdk ada jalan lain selain operasi & kira-kira berapa persen tingkat keberhasilannya?
    2. Untuk operasi sendiri kira-kira berapa biayanya?
    3. Setelah operasi apakah ada efek samping untuk kedepannya?

    Terima Kasih

    Wassalam
    Roni

    • Muki Partono says:

      Cara lain bisa dilakukan foraminal blok ,op dgn metode MED aman sayatan kecil rawat 1 hr,biaya kisaran 35 jt -40 jtan

  51. Taufan says:

    Assalamualaikum,

    Dok, saat olahraga kemarin saya sempat jatuh cukup keras dan secara reflek bertumpu pada tangan kiri. Sudah 2 minggu sejak kejadian, belum sempat saya pijat karena banyaknya aktifitas pekerjaan dan cukup padat jadwal ke luar kota dan saya sendiri takut semakin parah nantinya ketika dipijat. Alhamdulillah kondisi saat ini sudah jauh lebih baik, tapi memang di pergelangan tangan masih nyeri ketika melakukan beberapa gerakan/putaran tertentu dan lengan kiri tidak bisa diluruskan atau ditekuk secara penuh. Pertanyaan saya, karena saya terus merasa membaik seperti sekarang apakah diperlukan cek ke Orthopedi ? karena saya sempat baca-baca di Orthopedi bahwa kasus-kasus seperti saya hanya perlu penyembuhan dengan membiasakan pergerakan secara tertentu, CMIIW. Terimakasih Dok.

    Wassalam

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome