Terkilir ketika main futsal

Selamat pagi, Dr Muki

Pada bulan Desember 2011, saya terkilir pada bagian lutut. Awalnya saya anggap hanya terkilir, namun lama-lama setiap kali berlari seperti ada masalah di bagian lutut tersebut yang menyebabkan terkilir itu kembali terjadi. Saya pernah bawa ke salah satu rumah sakit di Jakarta Utara dan di-diagnosa cedera ACL dan harus operasi. Saya belum melakukan tes MRI untuk memastikan apakah ligamen tersebut robek, namun yang ingin saya tanyakan adalah apakah ligamen yang robek penanganannya harus selalu di operasi? Apakah ada alternatif pengobatan seperti
fisioterapi atau lain sebagainya? Kondisi sekarang, kaki bagian lutut masih sedikit bengkak dan pada bagian betis terasa kencang sekali. Apabila dibiarkan kira-kira efek yang akan terjadi seperti apa? Untuk informasi, saya masih berusia 23 tahun. Mohon bantuan dari Dokter untuk penanganan yang tepat. Terima kasih.
Jawab: ACL robek tdk selalu operasi, kita evaluasi, tp robekan ACL tdk berdiri sendiri, biasanya diserta robekan bantalan (meniskus) justru in yg bikin anda tak maksmal dan nyeri, bila hal ini tejadi pengalaman kami sebaiknya dilakukan artroskopi lutut utk memperbaiki kelainan bantalan, kalau robek ACL dibiarkan dulu saja,bila setelah operasi kita lakukan program latihan penguatan otot paha agar lutut stabil, bila berhasil tak perlnoperasi rekonstruks ACL, jika tdk berhasil, dan kebutuhan anda ada sebaiknya kita lanjutkan dengan operasi ACL.

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome