Tempurung lutut saya patah,seminggu kemudian dioperasi,setelah 1 bln dioperasi saya jatuh di kamar mandi,mengakibatkan tulang yg pecah tadi lepas,apakah bisa normal kembali dokter,terimaksih

January 4, 2010 Dr Menjawab 120 Comments

hrs operasi ulang krn tulang tempurung hrs bertemu tdk boleh ada celah  yg memungkinkan tdk menyambung

About author:

120 Responses to “Tempurung lutut saya patah,seminggu kemudian dioperasi,setelah 1 bln dioperasi saya jatuh di kamar mandi,mengakibatkan tulang yg pecah tadi lepas,apakah bisa normal kembali dokter,terimaksih”

  1. okta says:

    Siang dok….pada tahun 2003 yang lalu lutut kaki kanan saya mengal ami pergeseran akibat dari pada saat latihan skiping (salah bertumpu) dan kemudian yang saya lakukan adalah mengurut tempurung tersebut pada tukang urut agar tempurung kembali pada posisinya (sementara).
    Namun saya sampai terlena sehingga tidak melakukan pemeriksaan kepada dokter tulang, dan pada bulan oktober tahun 2008 kejadian serupa terulang lagi pada saat saya bermain bulutangkis, yang pada akhirnya saya berobat pada dokter bedah umum(daerah saya belum terdapat dokter bedah tulang) dan dilakukan rontgen lutut, dengan melihat rontgen tersebut lutut saya dilakukan perawatan dengan cara penyuntikan dengan adantdispo setiap minggunya sampai berjalan 6 kali suntik namun lutut saya masih terasa nyeri apabila untuk bertumpu. sehingga saya dirujuk lagi ke dokter bedah tulang dan setiap bulan dilakukan pula penyuntikan.
    Akhirnya karena lutut saya masih nyeri saya dirujuk lagi ke dokter yang menangani khusus lutut, hasil rontgent ternyata lutut saya tidak terjadi apa2 dan saya sekarang disarankan untuk melakukan fisiotherapy.
    Menurut dokter apakah [penyakit saya tersebut dapat sembuh dengan melakukan fisiotherapy, dan apakah lutut saya harus dioperasi dan bagaimana apabila operasi terhadap lutut saya dapat normal kembali (berapa persen)

    • muki partono says:

      kalau betul anda mengalami pergeseran tempurung (istilah medis dislokasi) , anda sdh termasuk Habitual dislokasi patella artinya perlu penanganan yg benar, sebaiknya diperiksa dgn artroskopi krn anda mengeluh nyeri saat menumpu, saya curiga anda bukan menderita habitual dislokasi , krn kalau akibat dislokasi nyerinya saat menekuk lutut atau naik tangga bukan menumpu, tapi robekan pada bantalan lutut, sebaiknya ditangani dgn benar spy tdk tambah berat kelainannya.Dari tindakan artroskopi nanti dpt kita lakukan diagnosis sekaligus terapi, kans kembali normal 100%

  2. bambang says:

    selamat sore dok, tanpa bisa ditolak 10 hari yang lalu saya kena musibah yakni lalai waktu standarin motor gede dan kaki kiri memar dari pangkal paha sampai tulang kering. ada lagi yang lebih parah yakni tulang patella nya pecah kompresi 3 bagian dan telah dipasng kawat. pertanyaannya ini sudah 10 hari itu bengkak di dengkul belun kempes kempes dan sudah terapi tongkat kalau jalan telapak kaki serasa baal semutan? apa solusinya ya dok agar tulang patella cepat merapat perlu vitamin apa dll.
    demikian juga berapa lama proses rapatnya, trims

    • muki partono says:

      pada kasus anda bengka bisa lama sampai 3 bulan sebaiknya program fisioterapinya yg benar, anda perlu minum vit D3, dan kalsium , proses penulangan mulai ada sejak 3 minggu sampai sempurna 6 bulan

  3. bambang says:

    oke , trims infonya .
    tadi pergi buka jahitan dan terpaksa jalan pake 2 tongkat bahu dan koq apakah karena phobia saya jalannya miring artinya kaki kanan maju tapi kaki kiri miring , sebab sy takut gerakan berlebih pada dengkul.
    setelah dibuka jahitannya saya pulang dan ternyata otot harmstring masih keras atau kontraksi jadi ligamen dengkul sulit panjang pendek. setelah santai eh di jok mobil bisa ditekuku sendiri.
    ini perlu fisioterapi yang bagaimana ya…?

  4. aras dewanto says:

    ass…dok, saya seorang mahasiswa ingin bertanya. saya pernah kecelakaan dan lutut saya terbentur ke aspal hingga lecet2 dan memar. udah saya obati dengan betadin, pil atom, dan amoksilin tp tidak sembuh juga. jadi apa obat yang tepat untuk nyembuhkannya dok. apa ada kemungkinan diamputasi atau tidak dok?? tolong ya dok…..

    • muki partono says:

      sebaiknya luka anda kami lihat dulu, kalau hanya luka rasanya tdk di amputasi tapi di rawat lukanya dgn baik dan benar, masalah obat yg anda minum mungkin perlu obat yg lbh keras spy infeksinya reda

  5. kelly says:

    dok..,
    teman saya mengalami pergeseran lutut yg cukup parah menurut saya..
    hal itu terjadi karena lutut nya yg terbentur ubin dari semen yg keras sehingga terjadi pergeseran.
    sebelumnya sudah pernah dibawa sensei,pengobatan cina,dan alat bantu pengobatan untuk lutut,tetapi tetap saja terasa nyeri dan sakit saat ia berolahraga..

    menurut dokter pengobatan apalagi yg harus teman saya jalani..
    terima kasih…

  6. trisya says:

    ass, dok,,,suami saya, tempurung kakix sblh kiri terbelah 2 swktu main futsal, apakh cpt proses pnyembuhanx,pasca operasi?dn vit ato obt2n apa yg bsa membantu proses penyembuhanx, brp bln bsa berjln kembali, n apa bsa pulih sprti sedia kala Dok, trima ksih

    • muki partono says:

      pada kasus patah tulang tempurung sehabis op langsung bisa berjalan yg masalah adalah proses menekuknya, jd bisa langsung mobilisasi, obat2an kalsium dan vit D3 saja cukup dan asupan lain

  7. nunu says:

    siang dok: aku mau taya ni tempurung kaki sebelah kiri saya lepas tapi tidak sakit dok,cuma di waktu kepeleset ataw salah gerak sakit dan membengkak sampai2 2minggu, menurut dok aku harus gimana dan bagaimaa cara penyembuhanya. trima kasih

    • muki partono says:

      sering lepas pada sendi lutut hrs kita pastikan penyebabnya , kalau penyebabnya karena JOINT LAXITY, tdk perlu tindakan apa2, tapi kalau sebab lain hrs kita perbaiki

  8. wahyu says:

    assalamualaikum dok, saya mau tanya tempurung lutut saya kan pecah sudah ada tiga bulan, selama ini tidak bisa buat lari atau naik tangga. kira-kira bisa tidak ya disembuhkan atau diganti tempurung lutut saya. dan kira-kira habis biaya berapa? trima kasih dok.

    • muki partono says:

      tempurung lutut yg pecah tdk perlu diganti , usahakan dipertahankan dengan cara operasi, krn kalau diganti atau dibuang akan mengganggu fungsi menekuknya

  9. gita says:

    ass. dok saya mw tanya ayah 10 thun yg lalu kecelakaan jtuh dr lanati 3 kantor dan tulang tempurungny pecah shigga perlu dioperasi dan ternyta hasil operasiny gagal krm tempurungny hanya dipasang pen dengandan akhirny tempurung ayah saya tulang dlmny tdk nymbung dan selama 1o thun smpai thun ini blm lepas pen terdahulu,dan kmrn bru saja operasi lepas dan ternyta penangananny psang pen kawat lg dgn sistem ikat dan tggu 1 thun lg dilepas dan tdk perlu pke pen kawat itu lg apa mgkn fungsi tempurung ayah saya bisa berjalan tnp pen itu krn dilihat ayah sya tulangny 10 thun tulangny tdk tersmabung dan tdk bisa nekuk,dan bisa berjlan pun krn ada pen alat yg menyambungkan tulang yg pecah itu.mohon bagaimanapenjelasanny sbnarny apakah ada tdk dok cara selain hrs psang pen seperti u/ kedua kaliny dan lepas pen u/ kedua kaliny jg?makasih sebelumnya 🙂

    • muki partono says:

      bila tulangnya tidak menyambung namany NON UNION, bisa banyak sebab,jadinya fungsi kawat yg dipasang sebagai sambungannya , saran kalau hemat kami kawatnya tdk perlu dicabut kembali.

      • faqihuddin says:

        asss..dok saya tahun 2008 kecelakaan lutut saya terserempet mobil,yang membuat tulang lututsaya melesat keluar terus saya di orasi di pasang pen.. tapi lutut saya tidak bisa di tekuk saya cba terapi tapi cma kira-kira 3cm nekuknya..itu kira2 bisa di perbaiki lagi gak dok…

        • muki partono says:

          Insya allah bisa, tapi kami periksa lbh dulu apakah kondisinya saat in memang memungkinkan utk dilakukan tindakan tsb

  10. gita says:

    oh gt dok,bkanny hrus dilepas ya klo pen sprti itu?g bhya? krn dkter menyarankan operasi lepas pen 1thun lg?

  11. ina bambang says:

    Dr Muki yth.
    Teman saya sakit dan sempat tidak bisa jalan, setelah berobat 2 minggu kemudian di beri resep obat Thalidomid dan Melphalan. mereka tidak bisa menemukannya di beberapa apotik. Saya membantu mencarikan nya lewat internet tapi tidak juga berhasil. Menurut Dokter Muki dimana saya bisa menemukan obat tersebut ? mengingat kami berada di kota kecil, saya sudah berusaha telp ke apotik kimia farma semarang juga tidak ada. Terimakasih info nya dokter …

    • muki partono says:

      obat itu memang agak sulit di dapat, sebaiknya cari di Kota besar atau cari tahu lewat internet prabiknya yg memproduksi

  12. Yun says:

    Yth. Dr. Muki
    Aslm. Dokter saya mau bertanya, suami saya mengalami sakit kira-kira 1,5 bulan terakhir, sempat dirawat dirumah sakit Panti Wilasa Semarang selama 3 minggu dan diagnosanya MM, selanjutnya diberikan terapi obat-obatan berupa tablet, dengan siklus 28 hari selama 6 kali siklus. Dan yang mau kami ada obat yang diberikan diantaranya namanya Thalidomida Capsule 50 mg, dan Melphalan. Yang mau kami tanyakan fungsi dan kegunaaan obat tersebut. Terima kasih atas jawabannya Dokter. Wass.

  13. titin murdiana says:

    malam dok…..dok teman saya kemaren ru aja jatuh dari motor dan berakibat tempurung kakinya lepas…kemren da di operasi…katanya di pasang kawat…dia cerita katanya penyembuhannya bisa satu tahun,,,dok…apakh dia bisa kembali normal kakinya…dan bagaiman caranya biar cepat sembuh…..makasih dok sebelumnya…

  14. Pratiwi says:

    Dok bisa g klu terapi sendri untuk nekuk,. Tnpa fisioterapi! Msalahx difsiotrapi tulangq yg ptah smpi bunyi” trus rasanx skit skali.

  15. indah says:

    dok…suami saya jatuh dari motor,setelah di rontgen hasilnya tempurung kaki lepas tetapi kami tidak memeriksakan k dokter tulang,kami hanya membawa ke orang yang pintar pijat tulang,2 kali dilakukan pemijatan dan dikasih obat melfamin obat oles lafalos,kata suami agak mendingan tetapi ketika lutut terlalu menekuk masih terasa sakit dan ketika berjalan lutut terasa lepas.bagaimana cara penyembuhan total dan obat apa yang perlu di minum.terimakasih

    • muki partono says:

      sebaknya berobat ke dokter tulang , kami menduga ada maalah lai selain tempurung yg bergeser. obat sementara minum obat nyeri saja, dan kompres es

  16. budy says:

    Yth. Dr Muki
    dok…pada 22 januari 2011 sy mengalami kecelakaan di tabrak motor,dan tulang paha patah,tempurung(seplak sedikit kata dokter),juga jempol kaki patah,sudah melakukan oprasi pasang pen pada tangal 8 februari 2011 ..yg mau sy tanyakan apakah kaki saya bisa menekuk dan berjalan dengan normal kembali dengan masalh tempurung seperti itu?dan apa yg harus saya lakukan agar bisa mempercepat penyambungan tulang ?karna setelah kemarin di rontgen lagi ternyata masih terlihat garis frakturnya di sekitar paha..trims..

    • muki partono says:

      kondisi menekuk hrsnya sdh 5 bulan anda sdh bia menekuk 90 derajat kalau belum , anda harus latihan dan fisioterapi yg benar, grs patah memang masih terlihat , lanjutkan saja pengobatannya

  17. nusirwan says:

    assmlkm dok
    Saya mau tanya dok? saya menyalami kecelakaan motor, kaki saya patah di persendinnya dan di operasi dgn dipasang skrup aja, sampai skrg kaki saya belum bisa di tekuk secara penuh (kira-kira enam puluh derajat saja)setelah 8 bulan sehabis 8 setelah operasi.
    Kira2 terapi apa yang dibutuhkan sebagai solusinya ?

    Terima kasih atas perhatiannya

    • muki partono says:

      sebaiknya kalau mau baik hrs fisioterapi dan agak sedikit keras latihannya krn takut kekakuannya permanen , kalau masih tak berhasil hrs dilakukan release thd perlengketannya lewat operasi

  18. agung says:

    maaf mau tny dok… saya mengalami dislokasi lutut tlg kaki bawah saat futsal. kemudian saya bawa ke pijat urut. saya rasa posisi sdh kmbali normal dan bisa bwt brjalan. tpi kalo utk menekuk rasanya msh skt. kira2 bisa kmbali normal tidak? ada latihan rutin utk mengembalikannya tidak? klo ada seperti apa? trima ksh byk….

    • muki partono says:

      Mungkin waktu pemulihannya blm cukup, kalau nanti sdh lbh dari1 bulan masih ada nyefi kami curiga anda disertai cedera pada bantalan lutut, sebaiknya dikonsultasikan

  19. pipih says:

    Ass doc.. Suami saya mengalami kecelakaan, sehingga mengalami retak tulang lutut,, apakah suami saya harus menjalani operasi dan harus bedrest selama 3 bulan?

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami periksa dulu apakah memang retak atau patah kalau retak cukup diasang gis saja

    • muki partono says:

      Operasi atau tdk tergantung kondisi patahannya, bila posis baik, bisa dilakukan penasangan gips , bila kurang baik sebaiknya dilakukan operasi,tdk hrs bed rest tapi bisa melakukan aktifitas biasa hanya saja dgn alat bantu tongkat

  20. ari says:

    siang dok.
    dok saya baru mengalami tempurung lutut bergeser kaki sebelah kiri setelah bermain futsal, sebelumnya kaki kanan saya pun mengalami hal yg sama(8thn yang lalu).
    awalnya sdh di urut, tp smakin bengkak..
    ini sdh 3minggu dok stlh kecelakan itu.
    untuk ditekuk ajah tdk bisa, berjalan sgt sakit, disentuh ajah sakit.
    yg saya tanyakan apa yg harus saya lakukan?
    terapi apa yg harus saya jalani?
    konsumsi obat apa yg saya pakai?
    makasih dok.

    • muki partono says:

      Sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang krn anda sdh 3 minggu, artinya masalah serius, krn seharusnya cedera hrs sd sembuh 3 minggu kalau elum sembuh juga artinya cederanya serius

  21. yudi says:

    Dok saya mau tanya kaki sy patah(fraktur cruris)tp lutut sy terasa oblak sy berobat ke alternatif sudah 3 bulan tapi kaki sy g bisa ditekuk untuk sholat, apa yang harus saya lakukan.

    • muki partono says:

      Anda mengalami komplikasi akibat pengobatan dukun, hal ini sering kami hadapi, itulah yg membedakan pengobatan patah tulang secara medis dengan non medis, krn kami belajar menyambungkan tulang dengan kembali fungsi sedia kala, sdgkan non medis hanya yg penting tulang menyambung tanpa menghiraukan fungsi sendi atau tungkai yg bersangkutan , sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  22. afrilinda says:

    ass Dok. 6 bln y lalu saya kecelakaan bola2 lutut saya peceh,sehingga saya operasi pemasangan pen dan skrew,setelah lepas gip saya fisioterapi jln dan dilanjutkan dengan fisioterapi utk menekukkan klutus,sampai hr ini saya ttp fisioterapi dan latihan bersepeda d rmh,tp kaki saya msh blm bs menekuk sempurna,yg saya tanyakan,brp derajat maksimal menekuk lutut tsbt, dan kata dokter saya pen yg saya gunakan d pasang permanen,apakah itu benar dok?

    • muki partono says:

      Pen ada yg permanen ada yg tdk, masalah menekuk, maksimal anda bisa sholat bila anda muslim, kalau belum, bisa dilakukan fisioterapi

  23. afrilinda says:

    ass. dok saya mau tanya,6 bln y lalu saya kecelakaan pkai motor,bola2 y d lutut saya pecah,kemudian d operasi,skrg d lutut saya pkai pen 7& skrew, kata dokter pen & skrew y saya pkai permanen/tdk d lepas lg.smpi saat ini saya msh fisioterapi,d rmh pun saya jg latihan menekuk menggunakan sepeda, tp kaki saya tidak bs menekuk sempurna spt semula,shg saya tdk bs shalat normal,yang saya tanyakan brp lama kaki saya bs menekuk lagi,minimal saya bs shalat sempurna, apa solosi y baik agar kaki saya bs menekuk dan apa tidak bermasalah pen dan skrew y saya gunakan permanen skrg utk kedepannya??????? terimakasih….wasalam

  24. afrilinda says:

    ass. dok saya mau tanya,6 bln y lalu saya kecelakaan pkai motor,bola2 y d lutut saya pecah,kemudian d operasi,skrg d lutut saya pkai pen & skrew, kata dokter pen & skrew y saya pkai permanen/tdk d lepas lg.smpi saat ini saya msh fisioterapi,d rmh pun saya jg latihan menekuk menggunakan sepeda, tp kaki saya tidak bs menekuk sempurna spt semula,shg saya tdk bs shalat normal,yang saya tanyakan brp lama kaki saya bs menekuk lagi,minimal saya bs shalat sempurna, apa solosi y baik agar kaki saya bs menekuk dan apa tidak bermasalah pen dan skrew y saya gunakan permanen skrg utk kedepannya??????? terimakasih….wasalam

  25. daniel says:

    slmt siang dok,sya mau tanya
    2 tahn yang lalu sya kclakaan dan lutut sya patah..
    2 mgu stlah kclakaan,sya operasi,dan pasang pen..
    tetapi 2thn brlalu,sampai skrang lutut saya trasa sakit ktika menekuk,lutut terasa keras,dan hanya bisa nekuk 60°
    apa yang hrus sya lakukan dok,setidaknya hati sya ckup senang jika bsa sampai 90°…

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa dulu apakah masih bisa memungkinkan bila dilakukan operasi menekuknya bisa mencapai 90 derajat

  26. riri says:

    Siang dok,
    6 hari yang lalu anak saya (umur 5 tahun) pahanya terbentur ayunan cukup keras sampai anaknya tidak bisa tidur karena kesakitan. Dibawa ke 2 tukang urut yang berbeda, tapi pahanya masih bengkak dan tidak bisa digerakkan karena nyeri. Sudah dibawa ke dokter untuk dironsen, dari hasil ronsen tulang femurnya baik2 saja. Tapi sampai sekarang pahanya masih terus membengkak dan nyeri, apakah itu wajar dok? Terima kasih.

  27. Tari says:

    Dok mo tanya kalo lutut terbentur lantai keramik biasanya selain retak ( apa mungkin kena rawan sendi, bantalan/ligamen) saya dr desember tempo hari konsul disini awalnya ke tradsional tp pertengahan desember 2011 udah ke dokter ortopedi dan di gips stlh lepas gips saya disuruh belajar nekuk30derajat..Saya bs nekuk dan coba kerja di awal febuari2012 dan baru 2 hari kerja ( jalan naik turun tangga kecil2 ) pas pulang lutut sakit lagi dan spt kretek kretek bunyi dan saya istirahatkan ( luruskan ) lalu mo tekuk 30 terasa sakit..apa yg harus saya lakukan ya

    • muki partono says:

      Sebaiknya dipstikan dengan pemeriksaan MRI apakah yg anda khawatirkan terjad pada lutut anda, bila hasilmya nanti ada robekanpda bantalan atau ligament sebaiknya dilakukan tindakan artroskopi

  28. jihan novelliani says:

    dok saya mau tnya , lutut kiri saya sering bergeser , saat ingin mngmbalikan ke posisi semula rasa nya sakiit dan nyeri dlam jangka wktu 1/4 jam .
    pada saat dibawa ke dokter spesialis tulang dokter blang bhwa itu bawaan dri kecil , lalu saya dianjurkan utk operasi . apa ada jlan keluar slain operasi dok ??
    mksih sblmnya dok 😀

    • muki partono says:

      Bisa dicoba dengan latihan penguatan otot paha sisi dalam, atau dilakukan tindakan artroskopi mungkin itu lbh rinhan dari operasi open surgery

  29. sukistia says:

    Ass dok,sy punya anak brumur 13th g th apa sbbny lutut kaki kiri anak sy bgeser sendiri kmudian sm anak sy d masukkan kmbali k posisi smula sakitny minta ampun tp g brlangsung lama kmudian anak sy uda bs braktifitas sprti biasa kjadian skali sbulan brapa bln blakang ini bsokny sy bw anak sy k dokter ortopedi dokter blg itu bawaan lhr dokter menganjurkan naik sepeda atau lututny sering kluar d suruh operasi selain naik sepeda apa lg carany dok selain operasi krn biaya operasi kira-kira brapa ya dok tria kasih sblumny dok

    • muki partono says:

      pada kasus habitual dislokasi krn bawaan , seperti general joint laxity hrs hati2 dalam menentukan tindakan operasi krn, hasilnya belum tentu spt yg diharapkan, kadang suka kembali dislokasi

  30. hengky says:

    selamat siang dok.. mau numpang tanya boleh dok?? sudah 1 tahunan dengkul saya mudah cedera dok.. awalnya saya sempat overtraining (saya latihan taekwondo) lalu pas masih berasa sakit dengkulnya ngadu dan berasa muter dengkulnya. tapi karena masih ada latihan masih saya terusin, pada hari yang sama sempat BLETAK 2 kali (bunyinya lumayan keras) lalu saya istirahatin selama 6 bulanan. saya kira udah sembuh, ternyata lutut saya jadi gampang ngeBLETAK lalu bengkak dok.. hehehee.. tapi sehabis bletak saya istirahatkan sekitar 1 bulanan sambil dioles FELDENE bisa buat nendang lagi tapi kalo buat bertumpu sambil gerakan muter suka bletak lagi.. yang saya rasa setelah BLETAK dengkul kanan bagian dalam dan luarnya bengkak, tapi lebih bengkak yang dalam.. kalo tempurungnya gak berasa kenapa2.. kira2 dengkul saya kenapa ya dok?? sebelumnya terima kasih 🙂

    • muki partono says:

      kami pastikan anda menderita robekan pada bantalan lutut atau mungkin disertai cedera ligament , saran dilakukan tindakan artroskopi lutut jgn dibiarkan lama2 krn akan menyebabkan terjadinya pengapuran dini

      • hengky says:

        trima kasih atas infonya dok.. tapi kalo di artroskopi bisa sembuh sampai berapa persen ya dok? dan biayanya kira2 berapa ya dok, mahal kah?

  31. sah says:

    Assalamungalaikum.
    Dr Muki yth.
    Dokter tempurung kaki sblh kiri terbelah 2 dan sekarang telah dilakukan operasi dan dipasang pen serta kawat berbentuk delapan, akan tetapi bentuk tempurung kaki saya yg dioperasi agak lebih besar dan bengkak dari tempurung aslinya, apakah ini termasuk kondisi paska operasi atau memang nantinya setelah di keluarkan pennya akan mengecil lagi tempurungnya seperti semuala..
    mohon jawaban dokter.

    • muki partono says:

      ya benar , kondisi spt itu wajar saja, nanti akan kempes kalau sdh kempes biasanya pennya teraba dan nanti kalau sdh dilepas baru kembali spt semula

  32. kiki says:

    Dok, teman saya 2 hari yang lalu kecelakaan di kaki kanan nya , tulang lutut nya pecah . adakah peluang dia untuk sembuh kembali? ataupun normal seperti biasanya?
    lalu,adakah kondisi dimana tulang tersebut tidak dapat dipulihkan kembali? kondisi seperti apakah itu, dok?
    terimakasih sbelumnya 🙂

    • muki partono says:

      patah tulang lutut mutlak dilakukan tindakan operasi krn tulang tersebut adalah pembentuk sendi lutut, jgn dibiarkan , kalau dibiarkan tulang menyambung tapi mengorbankan fungsi lututnya

  33. mamad says:

    dookk,,,
    sya mau tanya, lutut saya pernah dislokasi, tapi setelah di urutin bisa kembali di pake buat lari, setelah itu, saya cedera lagi, dan bisa smbuh sendiri tanpa pengobatan, tapi waktu di tekuk pol ternyata pas di lurusin kaki saya bunyi, kluk gitu dok?
    lha, sekarang kambuh lagi, ampek bengkak dok, tapi waktu di tekuk gak bunyi kluk lagi dok, gimna? apa kaki saya sudah sembuh… dan hanya butuh stirahat?

  34. aditya dwi says:

    pagi, dok
    kaki saya lepas sendi antara paha dan kaki, sudah dioperasi
    sudah 3 bulan ini,,
    lha bagaimana caranya memaksimalkan tekanan agar dapat ditekuk sempurna?
    bagaimana caranya untuk menerapi tersebut?
    ini baru ditekuk 1/3 bagian dari sempurna menekuk?
    bagaimana yha dok?
    terima kasih

    • muki partono says:

      sabar terus berlatih saja, kematangan otot sampai 8 bulan jadi masih punya waktu 5 bulan terus berlatih. bila perlu dengan pengawasan fisioterapis

  35. Dewi says:

    Siang Dok..
    Dok, 2 minggu yg lalu saya hbs beres2 buat pindah rumah termsk angkat2 berat.
    Kemudian stlh keesokan hari, di sekitar lutut terasa skt jika digunakan menumpu ketika ingin berdiri/jongkok. Tetapi jika digerakkan atau digunakan u/ berjalan tdk skt.

    Itu knp ya Dok?
    Mhn penjelasan dr Dokter & cara penyembuhan’nya.
    Terima kasih.

    • muki partono says:

      Kemungknan anda mengalam gejala penekanan saraf pinggang yg dicetus dengan aktifitas angkat2 berat yg tdk seperti biasany, kita evaluas saja jika 3 mingg tdk berkurang sebaiknya konsultasikan ke dokter

  36. Retno says:

    dokter, pacar saya sebulan yang lalu tulang engkel nya retak, kemudian di gip, setelah di gip kok kakinya masih nyeri untuk berjalan. Terapi apa yang harus dilakukan? Makasih

  37. Angel says:

    Slmt mlm Pak..
    Sy ada 2 pertanyaan nih..
    1. Tnggi sy 165 cm dgn BB 46 kg..kata teman2 saya..saya sedikit bungkuk , apa yang hrus saya lakukan agar tdk terlihat bungkuk ?
    2. Dok , mngapa setelah duduk dgn lutut di tekuk ,pda saat brdiri lutut saya akan berbunyi..?apakah ini wajar Dok ?

    • muki partono says:

      Biasanya kalau orang kurus cenderung terlihat kurus , atau mungkin anda menderita scoliosis saran berenang dan tidur terlentang di alas keras serta sering melihat ke kaca utk memposisikan tubuh agar tdk bongkok, masalah lutut berbunyi hal yg wajar selama tdk ada nyeri

  38. eri yudo t says:

    assalamualaikum dok.
    sya 1 setengah bulan yg lalu (31/8) mengalami kecelakaan, dan mengakibatkan paha saya patah dan patella dipasang kawat seperti huruf 8.
    yg saya mau tanya dok, saya disuruh dokter saya agar memaksa lutut saya agar bisa nekuk sampai sempurna,walaupun terasa sakit harus tetap dipaksa. sampai kadang terasa nyeri setelah dipaksa tekuk. apakah ini normal dok, terima kasih sebelumnya.

    • muki partono says:

      Semua keluhan yg anda kemukakan adalah wajar sabar saja, pemulihan pada kasus patah patella memanglbh nyeri dari patah yglain krn memang hrs dipaksa menekuk agar fungsinya kembali normal

  39. ridho says:

    Dook , 3 minggu yang lalu sya terjatuh dari motor lalu di jahit 2 jahitan , setelah lepas jahitan lutut sya menonjol , sya bwa ke tukang urut , lutut sya naik sekitar 2 cm saja dok , tpi belum sya urut dok karena luka jahitan sya blum mengering , apakah harus di urtu dok ?

    • muki partono says:

      Sebaiknya anda konsultasikan kembali ke dokter yg menanganinya agar pengobatannya tuntas

    • icha says:

      Dok, ibu saya jatuh sudah sebulan lalu, lututnya bengkak, dan selama sebulan itu hanya diurut tapi tak ada perubahan. lalu kami bawa rontgen, ternyata ada yang retak pada lututnya dan harus dioperasi. ada pilihan operasi pasang pen dan kawat. menurut dokter di usia ibu saya yang sudah 58, mana yang lebih baik antara operasi dengan pen atau dipasang kawat??

      Terimakasih, mohon balasannya

      • muki partono says:

        Alasan pemakaian pen atau kawat sebenarnya alsan tehnik bukan masalah mana yg lbh baik, tergantung kondisi patahnya kadang keduanya dipakai dalam satu kasus

  40. nada says:

    dok, 2 minggu yg lalu saya kecelakaan. dengkul saya sobek, pembuluh darahnya pecah, dan tulang dengkulnya retak. sudah di jahit dan di gips, tapi setelah di lepas jahitannya dengkul saya jd lebih susah untuk ditekuk. apakah lukanya bisa sobek lg jika ditekuk? terimakasih

  41. eko setiawan says:

    dok mau nanya seminggu yg lalu istri saya jth dari motor dan tlg tempurungnya pecah kt ahli patah tulang.sebaiknya apa perlu dironsent dan kirakira untuk pulih perlu berapa bulan.

    • muki partono says:

      saran sebaiknya dilakukan foto rontgen dulu dan kalau benar patah saran sebaiknya dioperasi agar fungsi lututnya kembali normal , krn kalau tdk dioperasi tdk akan menyambung

    • eko setiawan says:

      maaf dokter mau bertanya masa penyembuhan paska operasi sampe sembuh total kira-kira berapa bulan ya dokter…?

  42. eko setiawan says:

    dok apakah tulang tempurung yang retak atau pecah bisa sembuh tanpa dilakukan operasi…?dan masa penyembuhan lama atau nggak…? mohon penjelasamnya dokter…!terimakasih.

    • muki partono says:

      tulang tempurung yg patah/retak/pecah sebaiknya dioperasi spy menyambung dan fungsi lututnya kembali normal , kalau tdk operasi akan gangguan fungsi sendi lutut biasanya kaku atau tidak bisa meluruskan kaki

  43. rizal says:

    Dokter,saya kecelakaan 26 Des 12 lalu,kaki kanan dirontgen, kata dokter,terdapat retak di tibia dan serpihan di fibula, persis BAWAH LUTUT.Kemudian pasang pen.
    Sampai saat ini (23 feb) saya masih pake 2 tongkat, kaki saya bisa menekuk maksimum hanya 90 derjat, trus lutut saya masih bengkak. Apakah lutut bengkak ini masih normal dokter..(sudah 2 bulan.trus apakah nantinya kaki saya ini bisa digunakan untuk duduk dalam sholat dok. Terimkasih dokter

  44. annisa says:

    Asslmlkm.
    pak Muki, saya mengalami dislokasi lutut, dan dr hasil rontgen terjadi pengikisan (warna putih) kata dokter.
    sebenarnya sy sudah disuruh operasi, tp karena kegiatan masih mencari waktu. yg sy ingin tanyakan, berapa lama proses setelah operasi? sampai bisa menekuk dan berjalan dg normal?
    terima kasih

    • muki partono says:

      Rehabilitasi paska operas tergantung masing2 kasus , begitu pula pada kasus anda, apa yg ma dikerjakan oleh dokter anda, maksud kami metode apa yg akan beliau kerjakan , krn masinh metode akan berpengaruh pada rehabilitasinya,

  45. umbul ari pratiwi says:

    selamat siang dok,
    dok, minggu pagi saya jatuh dari sepeda saat meluncur. saat jatuh saya merasa dengkul saya ada robekan lalu saya tidak bisa jalan/bertumpu seperti tulang saya tidak pada jalurnya. lalu saya ke tukang urut tulang, katanya tempurung saya (yang kiri) bergeser lalu digips. kalau untuk nekuk masih bisa walau nyeri sedikit. namum kalau untuk menumpu sakit sekali sepertinya tulangnya tidak nyambung. bagaimana ya dok, saya takut dioperasi. berapa lama sembuhnya ya dok?
    terimakasih.

    • muki partono says:

      Kemungkinan anda mengalami cedera lutut sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

      • zai says:

        assalamu’alaikum
        dok saya pernah mengalami dislokasi lutut saat bermain bola…kejadiaannya sekitar 6 tahun yg lalu…saat prtama kali kena sya rtdak langsung d urut,,3 hri ssudh kjadian bru kaki sya di urut…spai sekarang dilokasi tersebut sering brulang dok..ap lagi kalp sya slah bergerak…
        ap yg hrus sya lkukan dok…? saat ini lutut sya brbunyi saat mnekuk dan meluruskan kaki..
        mohon info dok

  46. maya says:

    assalamu’alaikum
    dok saya mengalami kecelakaan lalu lintas dan mengakibatkan patah kaki di bagian bawah lutut. tetapi bagian lututnya juga mengalami perenggangan/ ada celah. 1 hari kemudian saya dioprasi. Hampir 2 bulan kaki saya tidak bisa di tekuk, saya mengalami kesulitan untuk menekuk bagian lutut. hanya 40 derajat saja saya bisa menekukunya.
    apa yang harus saya lakukan dok agar lutut saya bisa cepat di tekuk??
    terimakasih… mohon info dan bantuannya dok!!
    apakah utuh proses yang lama untuk kembali normal??

  47. Surodjo says:

    YTh. dr. Muki Partono

    Mohon maaf Dok, mau tanya tentang tempurung lutut saya (kiri) yg sdh lama sekali -+ 11 thn, kronologinya sbb:
    1. Pada thn 2002 sy mengalami jatuh dr ketinggian pagar 2,5m. Pada saat itu kaki sy mengalami bengkok dan secara tdk sadar sy kembalikan sendiri dgn jalan sy ongkek (bunyi kleg)kemudian bengkak langsung sy bawa ke dokter, berhubung sy takut utk operasi maka sy bawa ke alternatif. Hasil ronsen dokter mengalami keretakan. Setelah lama berselang, sdh tidak sakit tapi utk jalan dan lari terpincang2.
    2. 6 thn kemudian sy mengalami lagi jatuh terpeleset, tempurung lutut sy malah lepas naik ke atas, itupun mengalami sakit luar biasa hingga bengkak. Namun sekarang sdh tdk sakit dan bisa jalan tapi lemah utk menopang satu kaki dan jalan sy agak pincang. Sekarang kaki kiri sy (paha) lebih kurus drpd kaki kanan yg normal.

    dr. Muki Partono Ysh.

    Yang sy tanyakan,
    1. apakah kaki kiri sy msh bisa disembuhkan atau dpt berjalan normal kembali?
    2. Saran apakah yg hrs sy lakukan?

    Terima kasih atas kesempatan yg diberikan.

    Wass.
    Surodjo di Surabaya

    • muki partono says:

      masih bisa sebaiknya diperiksakan dulu, konsultasikan ke dokter tulang , mungkin anda perlu tindakan operasi rekonstruksi

  48. eko setiawan says:

    assalamualaikum wr.wb
    pak dokter sayq mau nanya sekitar 2,5 bulan yg lalu isteri saya jatuh dari motor yg mengakibatkan tempurungnya pecah.karena takut operasi.maka saya bawa ke alternatif.skrng sdh sembuh.tp nekuk kakinya baru bisa 90 derajat.yg mau saya tanyakan perlu berapa lama biar bisa nekuk kakinya sampai fulll seperti orang sholat….!!!!tp kl saya dorong dia bisa sampai ful sambil duduk dilantai..nah setiap mau diulang lag ditekuk kok masih kaku ya dokter.kenapa ya.

  49. irman says:

    assalamualaikum wr.wb

    Mau nanya Dok, istri saya jatuh/ terpeleset td malem dengan posisi kaki kiri melipat dan setelah dibawa ke tkg urut ketahuan kalau tempurung lutut kaki kiri bergeser ke arah luar dan sudah dikembalikan ke posisi semula dan diikat dgn decker. Sampai saat ini tidak ada bengkak, tp kalo digerakin untuk tekuk atau sebaliknya terasa sakit. Malam ini mau saya bawa ke dokter. Kira2 apa yg terjadi ya Dok sama lututnya dan apakah harus operasi?

    • muki partono says:

      Pastikan dgn foto rontgen tdk ada g patah/retak setelah itu baru kiata lakukan pemasangan gips atau hanya dibebat dgn elastis bandage

  50. Angky says:

    permisi dok,maaf saya mau tanya dok.tempurung ltut ayah saya pecah dan daging lutut juga robek akibat kcelakaan dok..saat ke rumah sakit itu hanya di jahit bagian kulit nya sja,tapi tulang nya blm ad tindakan sama skali dok,
    apakah itu bisa di sembuhkan tidak,??
    apakah akan trjadi infeksi atau tdk.??

  51. thomzatie says:

    assalammu’alaikum Pak dokter…
    saya mau nanya… 2 bulan yang lalu saya habis jatuh dari motor jatuhnya ke parit tingginya kurang lebih 4m yang mengakibatkan tulang tungkai saya naik ke atas…
    saya berobat ke alternatif alkhmdulillah sudah kembali lg…
    yang mau saya tnyakan…berapa lama otot2 yang ada di sekitar tulang tungkai bisa nymbung lagi…
    klo perlu minum obat…saya harus minum obat apa…
    satu lagi…kalo buat sujud kenapa tulang tungkai saya sakit/nyeri…
    terimakasih ats jawabannya..sesudah dan sebelumnya saya mohon maaf…
    wasalam…

    • muki partono says:

      Saran lakukan foto pada tungkai utk memastikan apakah menyambungnya sdh benar krn penyambungan yg tdk tepat akan berpengaruh pada oto2nya

  52. akbar says:

    Dok sya mau tanya… 2thun yg lalu sya kcelakaan mtor lutut sya kena trotoar ,kmudian tempurung saya naik k atas.. Stiap kali d tekuk lutut naik k atas.. kalo d pakai lari ga kuat pincang nyeri rasanya,kalo d pake naik tangga ga trlalu kuat sprti normal… Saat berjalan pun trkadang nyeri.. Tpi bisa menekuk smpai sprti org shalat ga skit.. Yg sakit kalo d pakai lari ga bisa.. Skrg paha kanan sya trlihat lebih kecil dri sbelah kiri.. Sya blm pernah d operasi dok. Hanya d urut.. Gimana caranya dok. Apakah lutut sya bsa kmbali normal. Bisa lari dan braktifitas kmbali.. Apa obatnya dok… Tolong yaa dok..trims

  53. akbar says:

    Blg dokternya uratnya ptus… Apakah tempurung saya bisa kembali normal lagi dok.. Dan brp lama sembuhnya

  54. eko says:

    assalamu’alaikum dok…
    saya mengalami pergeseran lutut sebelah kanan dok… dan juga letak tempurung lutut itu tidak tepat pada posisi tempurung lutut sebenarnya soalnya udah pernah di rongten dok..tempurung tu dok masih utuh tapi hanya bergeser ke sebelah kanan aja dok. terus kaki sebelah kanan saya jika di angkat dan diluruskan, gk mau lurus dya dok. tapi kalu dibawa lari efeknya hanya nyeri pada lutut itu dok..dibawa jalan kelihatan tinggi sebelah dok… dan otot kaki sebelah kanan kelihatan lebih kecil dari yang kiri dok. trus gmna cara ngobatinnya dok…? tolong dok gmana solusinya?
    terima kasih..

  55. fajar says:

    Assalamualaikum wr wb
    Dok saya mau tanya, 2 minggu yang lalu tempurung lutut saya lepas, terus saya dibaswas ke tukang urut, setelah 3 kali di urut kaki saya sudah bisa menekuk normal, tapi masih belum bisadi pakai jalan normal, dan masih bengkak, terus kalo di tekuk full suka terasa sakit, kira2 lamaswaktu supaya bisa normal lagi berapa lama dok?

    • Muki Partono says:

      coba abntu dgn kompres es 2 kali sehari selama 20 mnt dan lanjutkan pengobatannya perlu waktu 2 minggu lg , jgn diurut2

  56. dita says:

    dok saya mau tanya, teman saya mengalami kecelakaan dan jari telunjuknya tulangnya melesat, sudah dibawa ke rumah sakit tp sepertinya kurang maksimal, hasilnya jari telunjuknya kaku gak bisa ditekuk n terdapat benjolan di bekas jahitan tapi masih ada rasa dan ujung jarinya masih bisa digerakin. Karena tuntutan kerja jarinya harus dibiarkan begitu saja tidak bisa dirawat secara intensif. Kira2 kalo dioperasi lagi 2-3 th kemudian apakah masih bisa pulih lg ya dok? mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya…

  57. Achmad Nugraha says:

    Assalamu’alikum wr.wb.
    Dok saya mau tanya. 1 tahun lalu tempurung kaki kanan saya bergeser. Ketika saya mengalami benturan dengan lawan main saya bermain futsal dan langsung saya bawa ke tukang urut agar tempurung bisa kembali seperti semula untuk sementara. . Sudah 1 tahun lalu sudah terjadi 2 kali pergeseran dok, dan bulan kemarin terjadi 1 kali lagi pergeseran lagi dok ketika bermain futsal. Saya masih suka merasakan seperti ada yang mengganjal ketika berjalan dok. Apa yang saya lalukan dok ?

  58. ichsan says:

    Permisi dok, 3 bulan yang lalu saya kecelakan dan saya mengalami patah tulang di bagian lutut dan ada luka bolong di dekat lutut nya sampe nampak tulang nya .. Dan saya di bawa dengan keluarga saya ke tempat urut khusus patah tulang tetapi saya tidak lama berobat dengan nya dia meninggal duni .. Tetapi tulang pada lutut saya sudah nyatuh cuman sampe sekarang tidak bisa di tekuku dan luka bolong pada kaki saya tidak menutup nutup.. Pertanyaannya apa kaki saya bisa ditekuk lagi dok dan bagaimna caranya dok ?? Dan luka saya bagaimna cara nya menyembuhkan luka pada kaki saya dok biar bisa cepat menutup/kering . makasih dok

    • Muki Partono says:

      sebaiknya kami periksa terlebih dahulu apakah masih bisa diperbaiki atau tidak, sesuai pengalaman kami biasanya ada perlu tindakan operasi.

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome