syaraf kejepit di leher bagian kiri

November 5, 2010 Dr Menjawab 29 Comments

ass dok..tangan kiri saya sakit sudah 6 tahun sakitnya terasa sampai kepala,leher,ketiak bawah,dada semua bagian kiri sudah minum obat tapi tidak sembuh. sakitnya terasa seperti ngilu,panas,kram dan tidak bisa membawa benda berat dan waktu yg lama sebab akan terasa lemah bila membawa benda terlalu lama..yang saya mau tanya itu termasuk syaraf kejepit atau rematik ya dok..dan kalo syaraf kejepit untuk penyembuhannya bagaimana dan biaya operasinya kira2 berapa ya dok..thx

jawab ; memang betul gejala anda spt saraf terjepit di leher , tapi kita harus pastikan dengan pemeriksaan klinis dan bila diperlukan MRI Cervikal, masalah biaya op tergantung RS dan metodeĀ  op akan sangat berbeda

About author:

29 Responses to “syaraf kejepit di leher bagian kiri”

  1. mansyur slamet says:

    ass dok …. mhn maaf menggangu … istri sy, dr hsl cek MRI Cervikal ternyata ada syaraf leher yang kejepit di 5 ruas tulang tenggorokan kiri belakang. hasil konsul ke dokter syaraf, ada beberapa anjuran (terapi) yg bs dilakskan, alternatif terakhir adl operasi…. hal ini sudah berjalan lbh krg 4 bln, selama ini yg diderita adl badan seperti diiris pisau, lemah, tdk kuat beridi lama, kena air dingin badan terasa perih. Dari bbrp anjuran telah dilakskan namun hasilnya hanya sesaat terus terasa lagi. kira2 hal apalagi y7g bs kami lakukan dan kapan kami bs berkunjung langsung ke dokter utk konsul, trim’s.

  2. Laras gustarti says:

    Selamat malam Dokter, saya penderita sarap kejepit cervical 4 & 5 berdasarakan hasil MRI, metode alternatif penyembuhan apa yang ada selain operasi ? Terima kasih.

  3. faria says:

    halo,salam kenal.ayah saya berumur 7o tahun sudah menderita saraf terjepit di leher sebelah kiri selama 4tahun lebih. dia susah tidur,tiap hari mengalami nyeri. kira2 saudara2 ada saran atau solusi apa untuk ayah saya ini selain harus operasi?

  4. Wayan Warga says:

    Selamat Malam Dokter, Anak saya umurnya 13th mengalami sakit leher semenjak 2 tahun sudah banyak kali ke Dokter ahli syaraf dan alternatif tapi belum juga sembuh , kata Dokter saraf tujuhnya ada masalah .. mohon solusinya pak Dokter karena sampai sekarang dia tidak bisa konsentrasi belajar selalau katanya ditarik2 dan geleng2 terus … terimakasih

  5. nata says:

    mohon opini dan saran.
    saya sedang menderita saraf terjepit. dan rasanya sakit sekali dok terutama bagian kiri sampai ke tangan kiri. berikut hasil MRI saya:

    tidak terlihat lagi lordosis cervical dan tidak ada litesis. terlihat formasi spur di C4 dan C5 dan selain itu terlihat extrusi diskus C4/5 yg sangat menekan spinal cord dan protusi disk C5/6 yg menekan dural.
    ligamen longitudinal posterior masih utuh dan tidak ada lesi intradural maupun intramedular. tidak ada fraktur kompresi dan tidak ada stenosis kanal spinal. tidak ada intraforaminal nerve root entrapmen. tidak ada hipertrofik faset maupun penebalan ligamen flava. pedikel, lamona dan prosesus masih baik.

    kesimpulan: spondilosis cervical dengan herniasi disk C4/5 dan C5/6 yang menekan spinal cord.

    saya disarankan untuk operasi. tapi saya tidak siap,dok. krn menurut dokter bedah saraf, operasinya akan dibedah di daerah leher di depan agak menyamping. kemungkinan akan berkenaan dgn pita suara juga. jadi sementara saya psioterapi. pertanyaan saya apakah dengan psioterapi saja bisa menyembuhkan? apakah psioterapi bisa mengembalikan posisi tulang yg menekan saraf tsb bisa kembali ke posisi semula? dan menyelesaikan masalah yg sebenarnya atau hanya meringankan sementara saja? dan kalau memang saya harus operasi kira2 berapa besar peluang keberhasilannya? dan apakah benar pembedahan dalam operasi itu posisinya dileher dan bersinggungan dengan pita suara?

    mohon penjelasannya ya dok. saya benar2 bingung harus bagaimana. mohon dibalas dan dikirim ke email saya juga ya.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

    • muki partono says:

      Penekanan saraf leher bisa diobati dgn fisioterapi tapi tdk mengembalikan penekanannya, hanya mengurani nyeri akibat penekanan pada otot saja, resiko kena pita suara memang ada tapi dengan bekerja yg hati2 dan lefel anda c4-5 kayaknya kecil kemngkinan kecuali bila leelnya dibawah c6-7 , dan sebaiknya posisi ambl di sisi kanan

  6. kezia says:

    dok sy kezia berusia 24thn. 14 thn yang lalu sy jatuh duduk dan terlempar hampir 5 meter,karena di serempet motor. 1 thn kemudian sy br merasakan efeknya dengan tiba-tiba pipis yang tdk bs dikontrol,hal ini terjadi selama 2 mggu. lrn sy pikir ini hal biasa saya tidak terlalu khawatir. Tetapi lama kelamaan bdn sy mulai condong ke kiri dan jika pipis harus ngeden dan jika buang air besar harus diambil dengan tangan. Hal ini terjadi sampai tahun kemarin bulan 9. bulan 10 sy menjalani operasi,kemudian dipasang pen dan ternyata tulang ekor saya berputar dan saraf terjepit. Skrg saya sdh menjalani masa penyembuhan. yang ingin saya tanyakan berapa lama saraf tersebut akan pulih dan kembali normal? dan berapa lama tulang saya akan kembali kuatdan mulai beraktifitas kembali?thx dok..

  7. lily says:

    dok, saya usia 40 tahun dan mengalami syarat leher terjepit, berdasarkan hasil mri. Saya sudah fisioterapi 15x, tapi hasilnya sama sekali tidak terasa bedanya. Tangan kiri sering kesemutan, dan keluhannya saya sering pusing dan keseimbangan terganggu.
    Apakah chiropractic itu = fisioterapi ? dan kira2 berguna atau tidak dok ?
    terima kasih sebelumnya, saya masih berpikir2 untuk operasi.

  8. maya says:

    dok…singkat aja awal mulanya saya sering maen game sambil tiduran tengkurep sampai pagi terus2n beberapa bulan kemudian kepala saya sakit,bahu kebas leher kaku pundak seperti terbakar kepala kalau saya gerakan ke atas leher belakang kaku dan otak belakang seperti ada yg tertekan.pundak terasa,ngilu, nyeri,panas seperti kebakar,saya pijit2 pundak saya pas tulangnya terasa nyetrum sampai ke belakang telinga dan ke kepala,apakah saraf saya ada yang terjepit dok…secepatnya saya tunggu penjelasanya dok,soalnya saya sudah berobat ke spesialis saraf tapi gak ada kesembuhan.

    • muki partono says:

      Coba jangan main game dulu stop dan lakukan berenang utk mengkomprnsasi kondisi leher anda spy seimbang lagi, bantu dgn obat nyeri

  9. Slamet Misbahul Munir says:

    dok….saya merasakan nyeri di bagian leher kiri dan bahu sampai ke tangan kiri. rasa nyeri ini seakan otot dan syaraf ketarik-tarik. Hasil Rontgen dokter mengatakan bahwa di sekitar tulang leher ada karang yang tumbuh sehingga menekan syaraf dan menghambat aliran darah dan beliau menyarankan untk terapi dan konsultasi ke dokter syaraf. Saya sudah ke dokter syaraf dan beliau memberikan suntikan serta obat dari apotek namun obatnya hanya berefek kantuk luar biasa setelah obatnya habis rasa nyeri muncul kembali. Dan pernah aku bawa ke alternatif pijat akupresur juga belum ada perubahan yang berarti. Yang saya tanyakan penyakit saya ini termasuk syaraf kejepit atau pengapuran dok? dan apa obatnya ataupun cara mengatasinya?

    • muki partono says:

      Pak slamet anda menderita saraf terjepit di leher, sebaiknya lakukan MRI leher utk memastikan kelainan tsb

  10. Evi Nurhidayati says:

    dok saya mau tanya, bapak saya sudah 7 tahun menderita saraf kejepit, sudah berobat dan minum obat tapi tak kunjung sembuh, keluhannya seluruh tubuh kayak kejang ( ngejer bahasa jawanya )kata dokter bapak saya menderita pangkiston, gimana ya dok cara menyembuhannya ?? tolong bantuannya

    • muki partono says:

      Parkinson beda dgn saraf terjepit, umumnya saraf terjepit tdk kaku ototnya, jd ,pastikan duku kelainan ayah anda kala itu parkinson agar sukar mengobatinya, kalau saraf terjepit malah lbh mudah

  11. bangun says:

    dok, saya mau nanya..
    sudah 3 bulan ini jari-jari tangan saya sampai pergelengan tangan saya terasa nyeri.. tangan saya ga bisa diangkat keatas atau lumpuh..
    terjadinya tangan saya seperti ini akibat jatuh naik motor, lengan tangan kiri saya terantuk ke trotoar jalan..
    kira-kira apa dok obatnya atau cara mengatasinya..??
    trimakasih sbelumnya ya dok..

    • muki partono says:

      Jgn dibiarkan berlarut konsulasikan ke dokter tulang, anda mengalami kelmpuhan sebagian pada lengan anda , dan perlu komsumsi vitamin saran dan mungkin fisioterapi utk merangsang sarafnya

  12. sam says:

    dok kalau saya merasa tegang kepala saya akan geleng2 sendiri.., dan rasanya otakanya ngeblank..
    apakah itu saraf kejepit dok??

  13. nina indira says:

    dok,saya sudah setengah tahun ini sering kesemutan ke kepala (sensasi seperti minum soda dok,susah jelasinnya… ) di kepala,apalagi kalau saya buang air besar itu kepala saya seperti penuh semut/seperti minum soda, sayaunya riwayat kekentalan darah,sudah 2 tahun sampai sekarang konsumsi obat simarc2 dan pedogrel….apa ada hubungannya syaraf anus ke kepela,atau ini karena kental darah saya atau karena konsumsi obat tahunan?mohon masukannya ya dok karena sangat menyiksa saya jadi trauma mau buang air besar krn takut sekali dengan sensasi di kepala tsb.

    • muki partono says:

      sebaiknya BABnya jgn mengedan sebaiknya konsumsi serat tinggi , dan minum air putih yg banyak agar fecesnya lunak dan anda BABnya jd tdk mengedan

  14. refinery says:

    hallo dok,istri saya di pundak deket leher sebelah kiri ada benjolan kalau di oprasi bahaya nggak dok?

    JAWAB ; OPERASI TIDAK BAHAYA SARAN SEBAIKNYA DILAKUKAN PEMBIUSAN UMUM AGAR DOKTER YG ,MENGERJAKAN RILEKS DAN IBU JUGA NYAMAN TDK MERASA NYERI SELAMA DILAKUKAN OPERASI

  15. tree says:

    dok saya pngn tanya nic , saya merasakan nyeri yg hebat pada leher sampai bahu dan tangan saya rasanya nyeri seperti ketarik ataupun ditarik , saking tak tahan nyerinya saya sehari bisa menggelengkan kepala ampe 600x , , , sampe sampe malu sendiri alhasil bnyk tmen yg mengucilkan diriku/menjauhi diriku , ini dah ampe bertahun2 dok udah mencoba obat nyeri cma memgurangi rasa nyeri saja tapi saya masih tetep menggelengkan kepala kira terjadi pada saat saya msh sekolah sd kelas 5 ampe usia 23thn tlng dok kasih solusinya

    • muki partono says:

      penyakit anda langka sebaiknya diperiksakan MRI dicari tahu penyababnya dulu apakah ada penekanan saraf atau sebab lainnya

    • marsel says:

      hello dokter,saya ingin bertanya… sudah hampir setahun ini saya kesulitan menguap…. saya merasakan sulitnya menghirup oksigen.lama kelamaan otot-ototpunggung saya kaku dan kesulitan menguap dan ngantuk/tidur. sebulan yang lalu, hal ini makin rumit, karena saya mengalami keselo leher saat olahraga sepakbola. otot leher menjadi sangat tegang dan bahkan sampai membuat kepala bagian kiri saya ikut terpengaru, kadang nyeri dan tegang. sudah diteapi 20 kali (Traksi, pemanasan, akupuntur dengan getar listrik, ultrasound) namun belum juga mengalami kemajuan. saya semakin sulit menguap dan ngantuk/tidur.ini kenapa ya dokter? makasih.

      • muki partono says:

        Masalas anda sebaiknya diperiksakan ke dokter , kemungkinan Ada masalas pada sendi TMJ gym menuebabkan anda kesulitan menguap

  16. ardy komsa says:

    Siang dok.sy mau tnya dok.sy klau tidur pundak da pingang saya sakit smua dok.sy sudah rongsen tp kt bgus.sdh 10 thn sy sakit.berobat sdh dok.obatnya abis kambuh lg dok.apa disuntik ada dok.biar smbuh disepisalis syarf kejepi dok.mhon jwapanya dok.makasih dok

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome