sudah 1 minggu lebih jari tengah tangan kanan saya terasa kaku dan sakit jika ditekuk, terutama setelah bangun tidur, jari tengah kiri juga mulai menunjukan gejala sama, asam urat normal, apa ini OSTEOARTHRITIS atau carpal tunnel sindrome atau lainnya ? terimakasih

January 10, 2010 Dr Menjawab 103 Comments

anda menderita kelainan trigger finger , kelihatannya sebaiknya di obati, jangan diurut malah bikin ngunci

About author:

103 Responses to “sudah 1 minggu lebih jari tengah tangan kanan saya terasa kaku dan sakit jika ditekuk, terutama setelah bangun tidur, jari tengah kiri juga mulai menunjukan gejala sama, asam urat normal, apa ini OSTEOARTHRITIS atau carpal tunnel sindrome atau lainnya ? terimakasih”

  1. prastia says:

    dok,,tba2 lutut sya sakit bla di tekuk,,gnti hri jari n pergelangan tngan kaku,n susah ditekuk,,,,saya sakit ap dok?n gmna mengatasinya?

    • muki partono says:

      yang pasti itu kelainan pada sendi, kemungkinan banyak penyebabnya, coba anda periksakan , sementara minum obat penghilang nyeri, suplement utk sendi

  2. wiwin says:

    2 hari yang lalu setelah bangun tidur, saya merasakan kaku pada pergelangan kaki dan tangan. Serta di lutut bagian belakang terasa kaku dan sakit untuk berjalan. Setelah agak siang, terasa di pergelangan kaki dan tangan sedikit membengkak. Sampai disini saya tidak minum obat apapun. Senin pagi, masih dengan kondisi yg sama, kepala terasa pusing dan mual. Lalu saya minum Parasetamol untuk mengurangi sakit kepala. Sorenya saya langsung ke Lab untuk cek darah. Hasilnya Asam urat hanya 3.6, dan gula darah sewaktu 88.
    Yang ingin saya tanyakan, apa yg menyebabkan pergelangan kaki dan tangan saya tiba2 membengkak? sementara saya tidak makan apapun yang tidak biasa saya makan. Umur saya sekarang 40 thn.
    Terima kasih.

    • muki partono says:

      keluhan anda bisa banyak penyebabnya sebaiknya kita cek baik klinis maupun laboratorium saya rasa gejala anda elaina yg teradi pada persendian.

  3. aqwila says:

    baru saja sekitar 3 jam lalu, (hari rabu, tngl 18 agustus 2010, jam 22.15) saya mengalami kecelakaan dan jari tengah tngan knan saya ptah, saya ke ugd dan dokter ugd menganjurkan operasi dengan biaya hampir 15juta, dan operasi itu adalah amputasi, padahal tulang patah, dan tidak remuk, apakah tidak bisa slain amputasi?
    thank

    • muki partono says:

      sebaiknya di check kembali kalau anda ragu, perlu alat monitoring saturasi O2 pada jari yg patah bila Sat o2 – artinya tdk ada aliran darah pada jr yg patah dan sebaiknya memang amputasi, bila Sat O2 baik di atas 90 % , artinya tdk perlu amputasi

  4. Achmad says:

    Wkt it sy kclakaan,tulang telapak tngan pada jari manis itu patah,jari tngah dan jari manisny sndiri sobek smp tlng shingga hrs djahit. Oleh dokter di gips spalek aj. Sudah 1 bln dr kcelakaan gips dlepas. Trus jari2 sy tdk bs dgerakkan
    terutama 2 jari yg sobek itu,klo jari yg lain normal,slain it tlapak tngan dan 2 jari yg sbek msh bengkak
    gmna ya dok?

    • muki partono says:

      fisiterapi anda perlu dikompres pakai parafin cair, jari2 bila ceera sembuhnya memang agak lama , sabar saja dan terus latihan

  5. kang asa says:

    semula jari tengah tangan kiri saya terasa kaku dan bila di tekuk berbunyi campur nyeri, setelah sembuh, eh pindah pada ibu jari tangan kanan. juga susah ditekuk, dan terasa sakit. apa obatnya ya dok.

    • muki partono says:

      anda menderita trigger finer, pengobatannya bila tdk bisa sembuh sendiri, kita coba suntik, dan bila tdk berkurang juga dianjurkan operasi kecil dengan lokal anestesi

  6. Ire says:

    Dok, sya punya saudri brumur 26 th, sudah 5 thun lbih persndiannya skit smua, lemas, lutut tdk bs ditekuk, nyeri bila berjalan, sgt mudah capek.
    Stlah dicek gula drh, kolestrol, asam urat, ginjal, smuanya normal. Tpi obat dokter tdk mempan.
    Mhon sarannya.

  7. Howdy! Would you mind if I share your blog with my twitter group? There’s a lot of people that I think would really appreciate your content. Please let me know. Many thanks

  8. Budi says:

    Dok, utk suntik trigger finger biayanya brp? Dan apakah dgn disuntik bisa sembuh dan hrs berapa kali disuntik..? Mksh dok.

    • muki partono says:

      suntikan pada trigger finger sifatnya sementara, krn penyebabnya krn penyempitan PULLEY pada tendon jari, kalau disuntik masih nyeri atau kambuh lagi maka sebaiknya dilakukan operasi pembebasan saja

      • ineke says:

        Pengobatan untuk Trigger finger, selain di suntik & operasi apakah tidak ada cara lain, misalnya lewat obat minum?
        tks

  9. Fina says:

    Dok, gejala ibu saya sama seperti yang tertera di atas. Saya juga sudah membaca sejumlah artiketl mengenai Trigger Finger. Kesimpulannya, adi sebaiknya saya harus ke dokter bagian apa ya dok?
    Terima kasih.

  10. Arisasangka says:

    Dok, keluhn cm di kaki kiri. Kalau lama ditekuk, sakit saat diluruskan. Jika lama berdiri, sakit kalo ditekuk. Tp sebntr

  11. Chandra says:

    Siang dok ..

    istri saya sdh hampir 1 thn ini suka mengalami jari kaku ( bkn kram ) di tangan kirinya dan tdk bisa merasakan apa” , kalau dipaksain gerak akan terasa sakit sekali, yg kaku jari tengah dan jari manis saja , tdk bisa digerakin dan kadang sakit. nnti tdk berapa lama akan hilang dengan sendirinya . mohon pencerahannya dok kira” sakit apa .

    Thanx GBU

    • muki partono says:

      istri anda menderita Carpal Tunnel sindrome (CTS) penekanan saraf N medianus pada daerah pergelangan tangan krn keluhan sdh 1 tahun sebaiknya dilakukan operasi kecil pembebasan penekanan sarafnya olehLigament carpalia Transversal, hanya butuh waktu 5-10 mnt saja operasinya bisa dilakukan lokal atau pembiusan umum

      • Chandra says:

        Kalau saya boleh tahu penyebabnya apa yah dok ? dan kira” berapa estimasi biaya operasinya ?

        Thanx, GBU

  12. icank says:

    tangan saya patah tulang dibagian bawah siku,kemudian di operasi.
    Sekarang sudah hampir 4 bulan,tapi jari-jari saya susah di gerakin.
    solusinya gimana dok?
    Tolong di bantu.

  13. wulan trihandini says:

    sudah hampir 1 bulan ini saya merasakan rasa sakit di jari tengah tangan kanan saya,dan belakangan mulai nambah ke jari2 yg lain dan seluruh tubuh saya pegal2. umur saya 23th, saya belum pernah ke dokter untuk pengobatan karna saya pikir penyebabnya perubahan cuaca yg mulai dingin dan memasuki musim hujan,tapi karna saya takut semakin memburuk,apa yg musti saya lakukan??

  14. barul says:

    Mw tny Dok. Tulang Jari manis tngan kanan sy remuk tp tdk di bagian sendi.
    Pas di RS tdk di operasi cuma di jahit & di tempel penopang gibs.
    Pdhl sudah 3bulan tp tdk bisa di tekuk(butuh bntuan tngan kiri utk menekuk)
    Apakah jari tangan sy tdk dpat di gunakan selamanya? :cry:

    Thank’s GBU

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksa kembali, mungkin bila disertai robekan tendon, bisa menyebabkan tak bisa ditekuk, atau sebab lain akibat kekakuannya

  15. Sumiati says:

    dok, saya menderita sakit di jari jari tangan terasa kaku dan nyeri sudah sebulan lamanya, bagaimana pengebotannya dan sakit apa ya kira kira yg saya derita ?

    • muki partono says:

      Kekakuan pada jari tangan bisa diakibatkan banyak penyebab bisa krn reumatic, CTS,kadar kolesterol darah yg tinggi yg mengakibatkan gangguan aliran darah ke daerah jari2 tangan, kegemukan dll, sebaiknya diperiksakan ke dokter utk memastikan penyebabnya

  16. rina says:

    Dok, saya rina 22 tahun, mau tanya jari tengah saya terasa kaku/baal dan lutut saya jg terasa gitu kalo dikekuk jadi terasa sakit, saya cek darah, gula dan asam urat normal, tetapi kolestrol saya 223 apa kaku/baal itu dikarenakan kolestrol itu dok? Padahal saya masih mudah dan tidak gemuk.. Saya tunggu jwbnnya, Terimakasih ya dok

    • muki partono says:

      Bisa saja keluhannya dari kolesterol yg tinggi , tapi tdk menutup kemungkinan dari sebab lain, utk tahap awal sebaiknya turunkan kadar kolesterolnya duku kalau sampai nanti sdh turun keluhannya masih da berarti bisa akibat sebab lain, baru berobat ke dokter tulang

  17. gun says:

    dok kalo penyakit trigger finer itu bisa dengan terapi di urut tidak.. itu penyebab nya apa ya dok..?

  18. Dedi says:

    Dokter , ujung2 jari tangan kanan istri saya , kadang terasa kesemutan . Kadang juga , jari tengahnya bila tertekuk , sulit diluruskan dan terasa sakit . Beberapa saat lagi , baru bisa lurus kembali . Mohon pendapatnya , dokter . Tq

    • muki partono says:

      Anda menderita trigger finger, kalau mengganggu sekali sebaiknya dilakukan tindakan operasi kecil utk membebaskan penjepitan uratnya

  19. Ida says:

    dok usia sy 38 th klo bangun tdr pgi jri tgn sebelah kanan dan kiri sy terasa skt itu knp y dok. Terima ksh atas jwban dokter

  20. arya vebry says:

    dok tangan q kaku jika berjalan sama nulis gmana menyembuhkannya trz apa q sakit syaraf lengan dok trimz

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan secara klinis dulu, utk memastikan kelainannya, apakah kekakuan berasal dari otot saja ata sdh melibatkan sarafnya

  21. gabi says:

    sdh ada 1/2 tahun ini tangan saya kadang2 kalau tidur sekitar pk 3 -4 pagi telapak tangan saya yg kanan kaku, sekarang yg kiri juga on and off. untuk menormalkan lagi terpaksa saya urut baru kembali normal.kolesterol dan asam urat normal. sdh 2 bulan ini ok. tapi minggu ini mulai lagi.usia saya 47 th.gejala apa ini dok. saya jarang berolahraga.

    • muki partono says:

      kemungkinan anda menderita CTS carpal tunnel sindrome , yaitu adanya penekanan pada saraf di daerah pergelangan tangan

  22. nany uriyani says:

    dok, sy wanita beruur 49 thn, sdh 1 bln ini jari tangan sy sakit skl apalagi klo tengah malam saat terjaga dr tdr skt skl terutama jari manis kiri sulit ditekuk, gejala apakah ini dok?sdh ada 2 thn sy tdk pernah check up,klo pagi sy olahraga berjalan kaki sekitar 1 jam

    • muki partono says:

      kemungkinan 2 , adanya trigger finger pada jari manis atau , gejala penekanan saraf ulnaris di daerah pergelangan tangan , sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  23. Fani says:

    Dok, apakah trigger finger, rematik, OA dan CTS itu gejalanya hampir sama ya ? karena hampir semuanya terjadi pada jari2 tangan.
    apa penyebabnya dan bagaimana penyembuhannya ya Dok ?
    Trim’s

    • muki partono says:

      gejalanya berbeda untuk membedakannya harus diperiksa , Trigger finger ada riwayat jari terkunci, RA bangun tidur nyeri dan tdk ada riwayat jari terkunci, OA dan RA hampir sama hanya saja kalau RA nyeri berpindah , mengenai banyak sendi kalau OA hanya sendi yg terkena saja, CTS kelainan bukan pada 1 jari dan tdk ada riwayat terkunci, nyeri terutama pada ujung jari telunjuk dan jari tengah disertai kesemutan sedangkan pada RA, Trigger dan OA tdk ada kesemutan

  24. Ravi says:

    Dok, untuk pengobatan sakit trigger finger selain di suntik, ada obat dan vitamin/supplemen apa yang bisa menyembuhkan atau meredakan?
    ke dokter spesialis apa yang tepat untuk di lakukan penyuntikan? terima kasih informasinya.

    • muki partono says:

      trigger finger serbaiknya dioperasi saja hanya 5 mnt pengerjaannya dan dilakukan dengan lokal anestesi saja, kalau penyuntikan sebaiknya ke dokter tulang yg lbh tahu anatomi trigger finger, dimana tempat yg hrs disuntikkan

  25. andy says:

    aku mengalami sakit jempol kanan saat di tekuk sudah 3 bulan aku bingung ini gejala apa ya?

    • muki partono says:

      Kemngkinan anda menderita TRIGGE THUMB, atau Dequarvains sindrome, sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang utk memastikan kelainan tersebut

  26. suryo subiakto says:

    setiap mengendarai sepeda motor, jari tangan kanan saya setelah menggenggam gas untuk mengerem agak sulit, kurang elastis terasa kaku apa penyebabnya

  27. evie says:

    Sdh 3mgu ini ibu jari tangan kanan saya nyeridan kaku sekali terutama saat bangun pagi..skrg sptnya akan menjalar ke jari lainnya dan pergelangan tangan jg sdh mulai kaku dan nyeri. Apa penyebabnya ya Dok..n harus melakukan ppengecekan apa saja? Terimakasih atas bantuannya..

    • muki partono says:

      Kekauan pada bu jari waspadai kelainan trigger thmb awal, saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  28. Mursyid says:

    Dok, Saya mengalami Patah tulang pada ibu jari saya wkyu main bola.
    itu terjadi sudah lama, sampai sekarang ibu jari saya pada bagian uratnya terasa sakit bila di sentuh.
    seperti ada bengkakan kecil.
    ini kenapa ya Dokter. Obatnya apa ya..?

    • muki partono says:

      Biasanya. Cederapada pembungkus uratnya(pulley), sebaiknya kami periksa , mungkin perlu suntik ata malah operasi kecil

  29. rina says:

    Dok,
    Jari tengah tgn kiri saya nyeri dan kaku, sangat sakit jika di gerakan, begitu juga dengan lutut kaki kanan saya, saya sudah bebrapa kali cek darah tetapi tidak ada masalah dengan kolestrol dan asam urat saya,. sementara saya benar2 sakit merasakannya
    sebenarnya gejala seperti ini gejala sakit apa ya dok,, karena saya sangat tersiksa merasakannya
    terima kasih atas jawabnya

    • muki partono says:

      Nyer pada jar tengah saja, biasany abisa akiba krn gejala awal CTs atau triggger finger jari 3 , dan nyeri di litut bisa akabat darir lutut ata pinggan sqebaiknya kam eriksa kemnali

  30. Nuning Silowa says:

    saya kecelakaan 3 bulan lalu. hasil ronsen tidak ada masalah dengan tulang. sudah diberi obat oles juga. tapi sampai sekarang tangan siku belum bisa ditekuk maksimal, baru 90 derajat saja. dan kadang masih nyeri di sekitar siku serta punggung telapak tangan. ada masalah dengan urat saya ya dok? trima kasih

  31. lasnita says:

    anak saya laki2 umur 5 th setengah.jari tangan sering kaku jg saat menulis, bgitu jg dg jari kaki kenapa ya dok? trmksh

  32. icksan says:

    Jari tengah & jari manis saya setiap hbs bangun pagi kaku, klo mau ditekuk atau diluruskan hrs dibantu…cm klo sdh bangun hbs mandi, gk kaku lg…
    Kira2 penyakit apa dok…?
    Mohon bantuannya…

  33. lasnita says:

    kalau boleh informasinya suplement yang bagusnya apa ya dok.trmksh

  34. yanti says:

    Hi Doc,
    Bulan Feb sy periksa elektodiagnosis dan hasilx kedua tangan sy divonis CTS. Bulan Marer tgn kanan sy diops CTR, bulan Juli menyusul tangan kiri. Alhamdulillah keduanya sdh sangat membaik tdk ada lagi keluhan nyeri dan kesemutan spt sebelumnya. Hanya sj hasil dr electrodiagnosis juga menunjukkan ada jepitan syaraf ulnar di bagian siku kiri. Bgmn pendapat dokter ttg jepitan syaraf ulnar, apa dampak yg ditimbulkan kemudian hari? Skg yg sy rasakan hanya nyeri sedikit sj dan kadang2 weakness di bagian siku dalam. Tq

    • muki partono says:

      keluhan akan terasa nyeri dan kesemutan pada jari kelingking dan manis, kalau sdh mengganggu sebaiknya lakukan operasi saja lagi

  35. Erick says:

    Dok,

    Saya mau bertanya ..sudah hampir 3 bulan tangan kiri saya untuk bagian siku kalau di lempengin terasa nyeri dan sakit …lalu jari jempol dan telunjuk tidak bisa di tekuk ke dalam …ini gejala apa yaa..dok …terima kasih sebelumnya

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penjepitan urat pada jar jempol dan telunjuk, saran sebaiknya periksakan ke dokter tulang, bisa juga akibat penekanan saraf pada daerah siku yang manifestasinya terjad sampai ke jari tangan

  36. mardi astuti says:

    jari2 tangan kaku dan sakit bila ditekuk, terutama jari manis. penyakit apa ini? mohon penjelasan pak Dokter

  37. lista says:

    Dok , usia saya 25th. Jari telunjuk saya sakit kalo ditekuk ke dalam Dan Kalo ditekan atau terkena benturan sedikit terasa sangat sakit, penyebabnya apa ya dok ? Dan pemeriksaan apa yang harus saya lakukan? Mohon petunjuknya…….terimakasih….

    • muki partono says:

      bisa akibat trigger finger , atau radang sendi jari , atau adnya CTS sebaiknya diperiksakan utk memastikan

  38. Suseno says:

    Dok, saya (34) sering mengalami kesemutan di jari tangan kanan bila terlalu lama mengendarai sepeda motor dan kalau bgun pagi kelima jari dari kedua tangan kaku saat ditekuk lalu dibuka kembali. Mohon penjelasan saya sakit apa dan sebaiknya bgaimana

    • muki partono says:

      anda mengalami CTS (carpal tunnel sindrom), gejala penekanan saraf medianus pada pergelangan tangan , sebaiknya konsultasikanke dokter tulang

  39. elly says:

    dok sudah hampir setahun lebih tngan kanan saya sakit nyeri kalau d tekuk terutama ibu jari kalau d gerakin nyeri banget tapi paling parah itu sakitnya kalau habiz bangun tidur rasanya sakit banget apa penyebabnya dok dan apa obatnya
    trimakasi dok

  40. isye says:

    Dok umur saya 53 thn saya mengalami sakit di daerah bahu turun sampai ketangan terasa nyeri.kalau mau pake baju harus minta pertolongan orang lain.Sekarang jari tangan saya juga sakit tdk bisa ditekuk dan tulang2 bunyi semua.Hasil dari chek up kolestrol saya tinggi mungkin ada suplemen yang bisa saya minum untuk bisa sembuh.Trima kasih

  41. anik says:

    Dear Dok

    saaya perempuan usia 35 thn
    Dok sdh 1 bulan ini jari tengah kiri sy sakit bila di tekuk terutama baguntidur dan disertai kesemutan sekarang jari kanan juga , setelah 1 bulan tiba tiba saya bangun tidur telapqk kaki saya yg kanan yg tungkai skit sekali buat menginjak, jenis sakit apa saya ini dok? dan ssya harus berobat di dokter mana dan apa perlu oprasi ? terima kasih dokte

    JAWAB :
    ANDA KEMUNGKINAN MENDRITA CTS DAN FASCIITIS PLANTARIS SEBAIKNYA BEROBAT KE DOKTER TULANG KALAU DI JAKARTA BISA HUBUNGI KAMI (LIHAT JADWAL PRAKTEK)

    • Yohana says:

      Dok, saya seorg mahasiswi umur 21… saya sering mengalami keganjalan saat menulis dok, saya sering kesulitan dalam menulis dok, sebenarnya hal itu krna apa dok…??? apakah syaraf atau krna tulangnya dok…
      Trimakasih.

  42. chai khiang says:

    Malam dok , jari jari pada tangan saya kl di tekuk sakit + agak kaku gtu…. ini gejala ap ? solusinya apa dok ? Tq

    • muki partono says:

      kekakuan pada jari2 bisa banyak penyebabnya dari kegemukan, kehamilan, gejala reumatik, penekanan saraf pada pergelangan tangan dll saran sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang

  43. ulia says:

    Dokter, sdh seminggu ini saya mengalami kesemutan dan baal di jari telunjuk tangan sebelah kiri dan sekarang ibu jari jg. Kadang disertain kesemutan, rasa panas di jar2i dan telapak tangan kiri. Apakah ini ada kaitannya dengan nyeri di leher dan punggung sebelah kiri yg sebelumnya sering saya alami waktu bangun tidur? Apakah ini gejala CTS? Adakah cara / obat untuk mengatasinga? Terimakasih. Uli, wanita 43th

    • muki partono says:

      analisa anda tepat jd anda bisa mengalami CTS atau penekanan yg lbh tinggi pada leher saran pastikan dgn pemeriksaan EMG , bila hasil ada pengobatan bisa suntik dan operasi pembebasan penekanannya

  44. Michael says:

    Dokter, setiap bangun pagi jari manis sy kiri & kanan selalu seperti tersangkut..apakah itu trigger finger? adakah cara untuk mengobatinya tanpa obat jadi semacam latihan atau terapi pada jari..? dan kenapa ini sy alami setelah sy keluar dr rumah sakit karena masalah kekurangan kalium,apakah memang ada hubungannya? sebagai info pada saat saya kekurangan kalium sy segera dibawa ke rumah sakit karena posisi kedua tertutup sendiri seperti tertarik gitu.. thanks

    • muki partono says:

      Kemungkinan anda mengalami trigger finger issues ini tdk berhubungan Dan kekurangan electrolit, Latinas anda rendam Saja di air hangat Dan air dingin

  45. wahyuni says:

    Dokter jari jempol kiri sy kaku dan sakit bila ditekuk k dalam atau untuk kembali k posisi smula. Sdah berobat 3 kali k dokter spesialis saraf tapi masih sakit. Kata dokter trigger thumb. Apa solusinya harus operasi ? atau sy berobat k orthopedi ? Mohon jawaban dan terima kasih

  46. Michael says:

    Dok.. sdh 1 bulan ini Jari tengah kanan sy pada ruas ke tiga bengkak tapi tidak ada rasa sakit.. sekitar 2 hari lalu sebelum tidur saya coba melakukan pijatan sendiri atau urut pada bagian yang bengkak itu secara pelan2 & paginya jari itu malah semakin bengkak dan ada rasa sakit atau nyeri.. itu kenapa ya dok? thanks

  47. sarah says:

    Dok, ketika baru bangun tangan kanan tiba-tiba kaku ( tidak semua jari ),tapi sudah mulai beraktifitas tangannya kembali biasa lagi, tangan kanan semakin lama jadi agak gemuk juga dok
    itu terjadi beberapa bulan yang lalu
    Kira-kira penyebab + solusinya apa ya dok ?

    • Muki Partono says:

      krn pertambahan berat badan , atau ada faktor lain spt reumatik , radang sendi dll. solusinya tidur posisikan tangan d atas perut dan rendam air dingin setiap hari selama 1 menit saja

  48. Puji says:

    Siang Dok..tadi pagi saya bangun tiba tiba jari tengah saya yang sebelah kiri kaku dan sakit bila ditekuk..sudah beberapa jam belum juga sembuh..dan terlihat agak bengkak, kalau dipijit tersa nyeri,kira kira saya kenapa ya dok??maslahnya saya sedang hamil muda usia kandungan 7 minggu jadi saya takut minum obat sembarangan..solusinya bagaimana ya dokter??terimakasih

    • Muki Partono says:

      anda mengalami Trigger finger sebaiknya kalau sdh seperti ini dilakukan operasi saja hanya butuh waktu 7 menit

  49. indah says:

    apakah penyakit trigger finger harus ke dokter orthopedi?? apakah bisa di atasi oleh dokter saraf.. awal mulanya ibu saya mengalami kesemutan, jika di buat menggenggam terasa sakit, saat ingin di tekuk terasa sangat sakit…. apakah penyebabnya bisa di karenakan asam urat dan diabetes, karna asam urat dan diabetes ibu saya cukup tinggi… ini terjadi pada tangan kiri…

    • Muki Partono says:

      sebaiknya memang ke orthopedic krn kami bisa melakukan operasinya kalau ke saraf anda hanya dilakukan suntik saja, penyebab bukan krn asam urat maupun diabetika

  50. nova says:

    Dok,saya berumur 18 tahun,
    Kenapa ya dok saat saya menulis ibu jari dan telunjuk menjadi lemas,klo aktivitas lain tidak lemas seperti angkat-angkat yang berat,bersih2 rmh,tp klo menulis lemas,saya udah 4 kali periksa ke dokter tapi gak sembuh2 dok,apakah ada penyakit lain yg ada di jari2 saya,bagaimanacara mengatasinya?

    • Muki Partono says:

      geajala lemas itu adalah akibat penekanan saraf bisa di pergelangan atau di leher, sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang dan perlu pemeriksaan EMG utk menentukan apakah ada kelemahan saraf atau tidak

  51. Ani Pratiwi says:

    Siang dok, sudah hampir 1tahun tangan kanan saya kaku untuk menulis dan apabila saya paksakan untuk menulis tangan saya terasa sakit dan sangat pegal. Kira kira kenap ya dok?

    • Muki Partono says:

      dugaan saya anda menderita CTS atau peekanan saraf yg lb tinggi pada daerah leher atau sebab lain sebaiknya kami periksa

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome