Setelah operasi HNP masih sakit di telapak kaki/heel kenapa?

August 1, 2009 Dr Menjawab 64 Comments

Berdasarkan pengalaman kami, bila penderita datang dengan keluhan lemah pada kedua kaki atau salah satu kaki, biasanya setelah operasi  rasa baal dan nyeri pada kaki akan bertambah yg oleh pasien dianggap keluhan bertambah, sebenarnya hal ini adalah proses perbaikan saraf. Bila keluhan akut  penderita datang dengan keluhan nyeri hebat, biasanya keluhan setelah operasi berkurang malah hilang sama sekali.

About author:

64 Responses to “Setelah operasi HNP masih sakit di telapak kaki/heel kenapa?”

  1. setio says:

    setelah operasi HNP L45.(6MINGGU) MENGAPA KAKI SEBELAH KIRI, MULAI DARI PANTAT SAMPAI BAWAH MASIH TERASA PEGAL DAN NYERI???

    • muki partono says:

      mungkin itu masih perbaikan saraf, kdg habis operasi lebih baal, tapi biasanya tdk nyeri, coba cek utk kontrol kembali, nyerinya dibandingkan sebelum operasi bagaimana, apakah sama, lbh nyeri atau kurang nyeri ?

  2. YANTI says:

    Dok, suami saya 2 minggu lalu menjalani operasi HNP pada lumbal 4,5 di RS di Semarang. Bantalan pada L45 tsb oleh dokter diambil semuanya karena sudah rusak tanpa diganti alat apa2. Saat ini kondisinya belum nampak ada kemajuan, masih merasa nyeri pada posisi2 tertentu/ berpindah2 sakitnya dan baal di kaki terus menerus. Apakah kondisi ini termasuk wajar dok mengingat baru 2 minggu? berapa lama rata2 waktu pemulihannya? Terimakasih atas jawaban dokter.

    • muki partono says:

      insya allah masih wajar, biasanya kesemutan lebih terasa dgn tehnik open (konvensional) , ,kalau dgn tehnik endoskopi atau minimal invasif mungkin keluhan kesemutan stlh operasi dan nyeri bekas operasi minimal

  3. S.hanan says:

    Dok, adik saya kecelakaan dan dilakukan operasi perut, kepala dan di paha. setelah dua minggu dioperasi pada paha,lutut sampai betis kalau diraba masih terasa, tapi telapak kaki tidak terasa.
    Bagaimana cara terapi agar cepat pulih kembali seperti sedia kala ? dan obat agar tulang cepat nyambung ?

    • muki partono says:

      adik anda menderita penekanan saraf sebagian pada tulang belakang, butuh waktu lama utk pulih kembali, masalah penyambungan tulang diperkuat dgn asupan kalsium , vit D3, dan excercise yg adekuat

  4. Wahyuni says:

    Dokter,beberapa hari ini Ibu saya mengalami keluhan nyeri yang hebat dan pegal pada paha sampai kaki,itu gejala apa ya dok dan makanan apa saja yang harus di hindari?terimakasih

  5. sendra says:

    Dok, saya sudah operasi hnp 8 thn yg lalu,tapi sebulan kebelakang saya merasa nyeri dibagian pantat&saat ini sampai betis dan mata kaki terasa tertarik, terlebih ketika ruku saat sholat.. bahkan tidur terlentang dipapanpun sakit.. dan ketika saya coba raba2 bagian bekas operasi di bagian lumbal, terasa nyeri sekali sampai kebawah kaki kiri..apakah setelah operasi masih bisa kambuh.. saat ini saya disarankan berenang&menggantungkan badan ditangga rumah agar tertarik.. menurut dokter apa yg hrs saya lakukan.. terima kasih

    • muki partono says:

      kekambuhan pada lefel yg sama biasanya sangat kecil dibawah 5 %, sebaiknya diperiksa dgn benar bila perlu MRI ulang.

  6. Yudhi wardana says:

    Ijin dr nama saya yudhi umur 21 saya sdh setehun oprasi L4 dn akhir ini sy merasa nyeri tertekan d daerah panggul dn saya memeriksakn ke dr terdekat dan dr menganjurkn untuk foto retrogen dan hasilnya baut skrup bagian bawa patah yg saya tanyakan apa bisa baut patah dan saya tdk memiliki rewayat cedra lg.

    • muki partono says:

      patah screw kadang bisa terjadi diluar kemampuan kami krn screw adalah produk pabrik kadang ada saja yg produknya tdk sesuai standard, tp nggak usah khawatir nanti bisa di ambil saat pengangkatan pen

  7. suganda says:

    Dok.saya 3 minggu yg lalu melakukan outbond.dan tiba tiba pinggul dan patat terasa sakit sampai tidak bisa berjalan.hasil MRI bagus tidak ada yg kejepit,menurut dokter hanya cedera pada otot.dan saya suda terapi selama 1 minggu.sekarang telapak kaki saya bengkak dan kalau berjalan sakit sekali.dan seperti memar ada biru2 di telapak kaki saya, sudah seminggu dok,tapi sakit di pinggang sudah lebih baik hanya sekarang masih terasa kaku saja.saya mau tanya dok,apakah sakit di telapak itu penyakit yang berbeda?Terima kasih Dok

    • muki partono says:

      berbeda dgn keluhan pinggang, bengkak biasanya akibat gangguan aliran balik ke arah jantung atau ada trauma yg anda tdk sadari sehabis aktifitas outbond

  8. WAHYUDHI says:

    DOK SAYA. DIVONIS HNP LUMBAL 4 5. SAYA DI SARANKAN OPERASI. APA TDK ADA JALAN LAIN SELAIN OPERASI. MAKASIH SEBELUMYA

    • muki partono says:

      ada kami lakukan foraminal blok , adalah tindakan penyuntikan pada foramen intervertebralis (lubang keluarnya saraf pada pinggang) bisa bertahan sampai 2 tahun

  9. edy purnomo says:

    sore dok,
    ibu saya baru aja di lkukan operasi HNP tepatnya hari kamis,
    tapi stelah dioperasi, dari perut sampai ujung kakai kok belum bisa terasa apa-apa ya dok? bahkan di cubitpun gk terasa apa-apa.
    kenapa ya dok…?

    • muki partono says:

      biasanya memang demikian coba evaluasi terus, berikan obat vitamin saraf, nanti dengan sendiri akan terasa secara perlahan

  10. hening says:

    Dok, saya pernah operasi hnp (th.2003) dg dipasang pen & sdh dilepas (th 2005), tp sejak operasi hingga saat ini keluhan hanya berkurang /tidak hilang sama sekali malah akhir2 ini rasa nyerinya semakin jd, rasanya gak kuat menyangga tubuh klo berdiri & hal ini sangat mengganggu aktifitas sy, sdh periksa ke dokter syaraf & diobati ttp tidak ada perubahan, oiya setelah operasi sy merasa tulang belakang sy tetap tertekan jd kebiasaan saat ini tubuh sy harus baring ditarik/diregangkan dr ujng kaki sampai ujung kepala sampai terdengar bunyi di tulang belakang saya baru terasa lega/berkurang tegangnya, gimana ya dok dg keadaan saya ini apa masih ada kemungkinan sembuh total?

    • muki partono says:

      sebaiknya kita jumpa dan tolong bawa semua data2 yg anda miliki, muah2an ada solusinya buat keluhan anda, insya allah ada kemungkinan sembuh

  11. Icha says:

    Yth. Dr Muki..,

    selamat pagi dok,saya mau tanya-tanya dok.,

    1 bulan yg lalu bapak saya operasi hnp di leher dengan mengambil tulang dari panggul untuk di pindahkan ke leher, pasca operasi gejala waktu sebelum operasi seperti nyeri-nyeri kesemutan kadang masih ada dok, apa kondisi seperti ini normal untuk bapak? apa penyembuhannya memang secara bertahap ya dok..?

    Dok mohon anjuran upaya yg baik dalam masa penyembuhan bapak, apa bapak musti olah raga seperti berenang atau jalan santai atau lainnya, kalo memang begitu dilakukan dalam porsi seberapa dok?, atau bapak memang tidak boleh banyak bergerak dulu ya dok untuk pemulihannya?

    satu lagi dok, banyak yg anjurin untuk bapak minum albumin atau sari ikan gabus katanya bagus dok untuk penyembuhan pasca operasi, menurut dokter bagaimana?

    terima kasih banyak ya dok., saya tunggu balasannya lagi dok..

    • muki partono says:

      wah kalau habis operasi masih ada gejala keemutannya biasanya memang begitu , nanti akan berkurang seiring waktu penyembuhannya, kalau mau ditambah suplement lain boleh2 saja

  12. lika says:

    dok, saya divonis bantalan tulang saya sudah pecah parah di L3-4 dan L4-5 sudah mulai pecah sedikit. saya menderita sakit ini sudah 11thn dan hingga saat ini kaki kiri saya sudah mulai terasa kesemutan.menurut dokter saya harus dioperasi. ada yg menyarankan untuk pasang alat sebagai penahan tulang (agar tdk mudah pecah lagi), namun ada juga yg bilang tdk perlu pasang alat mengingat struktur tulang saya msh bagus. yang ingin saya tanyakan menurut dokter mana yg lbh baik? apakah saya harus operasi dengan pasang alat atau operasi tanpa alat? terima kasih atas infonya.

    • muki partono says:

      tidak ada yg lbh bagus masing2 punya kelebihan dan kekurangan, yg peting indikasinya cocok, tapi kalau kami anjurkan pilih metode minimalis, yaitu tanpa measang sesuatu, alasannya aman, tdk mahal dan sayatan minimal, sehingga mobilisasi after operasi lbh cepat dan nyaman

  13. Reza says:

    Dok.
    Kaki saya habis pengangkatan platina 1bln yg lalu.
    Di kaki saya jg terkena osteomyelitis.

    Saat ini kaki saya kog masih bengkak,nyeri..
    Apa osteomyelitis akan kambuh dok?

  14. arthur says:

    dok, kepala saya sering sakit kepala bahkan sampai keluar jerawat di atas2 ubun2 dan benjolan sebelah kiri bawah, dan pelipis/cambang rambut juga ada benjolan itu terjadi setiap dapat masalah dan memikirkan masalah, apa lagi kalu di ancam atau di takut2ti itu akan lebih sakit.. adakah solusinya buatku dok.. sedangkan keluarga, teman aja tak ada yang tau kalu aku pnya penyakit seperti ini.. Mkasih…

    • muki partono says:

      anda sebaiknya konsultasikan ke psikiater dulu mungkin ada faktor kejiawaan yg berpengaruh terhadap kondisi tubuh anda

  15. rafii says:

    Yth. Pak dr. Muki
    Ibu saya umur 46 operasi HNP L5-S1. operasi berjalan lancar dengan metode microdisectomi. yaang kami tanyakan 2 minggu setelah operasi baal/kesemutan terasa lebih dari sebelum operasi, dari betis ke telapak kaki. apakah kondisi ini normal..? dengan kondisi ini apakah boleh dipakai berjalan banyak. mohon penjelasannya. terimakasih.

    • muki partono says:

      hrsnya memang demikian nanti berangsur akan berkurang kadang bisa sampai 6 bulan . bisa jalan spt biasa jgn terlalu banyak duduk

  16. HERNA says:

    dok sy mau tanya hampir 8 bln sy operasi hnp l45…dn sindrom( baal ) di daerah anus dn pipis dn maaf sensitivitas sy jg blm terasa,,,gmana ya dok lama sekali sembuhnya msh terasa ngilu…sy kemarin operasi tindakam med…makasih

  17. wili says:

    Dok,
    Saya pernah jatuh duduk 15 tahun yang lalu.
    Kemudian 3 tahun yang lalu, saya sakit (2 bulan dirumah sakit). Saya divonis kena kanker multiple mieloma (MM). Sekarang yang saya alami, kaki terasa baal dari pingggang ke ujung kaki (tapi masih bisa jalan), pake korset, tidak tahan berdiri lama. Apakah saya sakit HNP? Terimakasih Dok.

  18. James Trisnadi says:

    Bpk Dokter Yth

    Sudah sejak 3bulan lalu tumit kaki kiri bawah bagian belakang saya terasa sakit bila ditekan (spt urat)atau pakai jalan atau lari (tapi waktu jalan/ lari tidak sakit, sakit/kaku2 sesudah selesai lari), kondisi kaki tidak bengkak, atau bagian lain normal, saya sudah ke fisio terapi 10x, setiap di terapi enak tapi sehari sesudahnya sakit lagi, cuma tidalk sesakit sebelumnya, kira2 apa dok penyebabnya atau solusinya karena selama ini saya tdk bisa lari maupun jalan kaki takut tambah parah. Saya sempat juga tes asam urat, semua ok, saya juga tanya ke fisio terapi apa ada kelainan di tulang, katanya tidak juga tidak perlu rotgen, jadi tolong minta saran pak dokter.

    Terima kasih

    James di Denpasar

    • muki partono says:

      anda menderita fasciitis plantaris mungkin sdh perlu disuntik pada tmpat yg sakit, barulbh nyaman dan enak , sebiknya konsulasikan ke dokter tulang

  19. Budy Lanonda says:

    Dok, mau tanya.. Ayah saya baru saja dioperasi karena ada indikasi Spinal Canal Stenosis 1 bulan yang lalu.. operasi berjalan dengan baik dan pada tulang punggungnya perlu di pasang pen. Hingga saat ini kondisi 1/2 badan ke bawah masih tidak terasa.. hanya sering gerak2 sendiri seperti kesetrum. Berapa lama waktu pemulihan yang dibutuhkan hingga kaki ayah saya bisa kembali berfungsi normal?

    Dan saat ini kaki ayah saya membesar (bengkak) hingga 2x nya.. apakah hal ini normal..

    Langkah apa yang harus ditempuh untuk memperlancar pemulihan kondisinya?

    Terima kasih sebelumnya Dok.

    • muki partono says:

      Yang jd pertanyaan kami kondisi sebelum operasi apakah ayah anda bisa jalan dan bisa menggerakkan kaki atau aktifitas spt iasa, berdasarkan pengalaman kami keluhan spinal stenosis hanya bila jalan jauh rasa nyeri dan kesemutan pada kedua kaki dan bila berhenti nyer dan kesemutan berkurang kadang hrs duduk dan membungkuk sedikit. Pada kasus ayah anda kami tdk tah persis keluhan yg sekarang dibanding sebelum operasi, sebaiknya anda tanyakan langsung dokter yang melakukan tindakan operasi

  20. Budi says:

    Selamat sore dok. Saya mengalami keluhan nyeri kalau berdiri sitelah di MRI terdapat gangguan pada L3,4,5. saat mau dioperasi di MRI ternyata ada juga penyrmpitan di Servical C2,3,4,5. sehingga tanggal 9 des 2011 dioperasi dulu servical, ternyata komdisi saya tdk bisa berjalan, sehingga tgl 12 jan 2012 dilakukan lg operasi lumbal. Dan hasilnya rasa nyeri pada kaki berkurang, tetapi rasa baal pada kaki dan tdk bisa berjalan masih spt setelah operasi servical.
    Yg saya tanyakan :
    1. kenapa saya belum bisa berjalan dan berdiri, bila mau berdiri lutut lemah dan kaki masih baal.
    2. Buang air kecil masih belum terkontrol, masa ada rasa baal pada alat kelamin dan bokong walaupun tdk sebesar pd saat selesai operasi.
    3. Kira2 berapa lama pemulihannya spy bisa normal.
    Usia saya 48 tahun, seluruh organ tubuh spt jantung, ginjal, paru2 berfungsi normal.

    Terima kasih atas jawaban dokter.

    • muki partono says:

      Kasus anda perlu pemeriksaan lbh detail, kalau bisa kami periksa dan mungkin anda perlu tambahan pengobatan lain agar pemulihan lbh baik lg, kam blm bisa pastikan berapa lama bisa pulih kembal

  21. ida says:

    siang dok,,sy mau tanya dok,,adik sy 2 th lalu jatuh trus dioperasi psng platina bang tangan kiri,bln desember lalu platina adek sy diambil dng maksud spya tangan adek sya bisa kmbali normal lagi,,tp stlh platina diambil mlh telapk tangan adek sya tidak bisa dibuka/dibolak balik dan susah digerakkan..dan bentuk tangan pun tidak lurus,,kalo seperti itu bgaimana solusi nya dok,,adek sya sih msh 14 th umur nya…..tks…

    • muki partono says:

      Sebaiknya adik anda kami periksa lbh dulu, kondisi tulang terakhir .bagaimana apakah ada gangguan pertmbuhan tulangnya atau tidak

  22. tri says:

    dok,saya umur 21,difonis HNP 6 bulan yg lalu,dibagian L5 kaki sebelah kanan.Dan hanya disarankan Berenang dan jaga berat badan. Namun sampai sekarang masih belum ada perubahan.Masih belum bisa jalan jauh dan lama. saya sendiri tidak ingin dioperasi. Karena keadaan saya masih bisa jln2,kalau pegel baru cr tempat duduk. sebaiknya saya ikut terapi apa? kalau alkupuntur berbahaya ga?

    • muki partono says:

      kalau masih taku bisa dicoba suntik foraminal blok saja. bisa bertahan 2 tahun, berdasarkan pengalaman klinis pasien2 kami.

  23. Dadi says:

    Malam Dok, istri saya sudah 1 tahun operasi Penyakit Kista, katanya kista terpelintir. awalnya ingin punya anak terus diurut 2 kali, setelah itu pendarahaan, hasilnya ada penyakit kista sesudah itu dioperasi, sekarang yang dirasakan kesemutan di paha dan perut sebelah kanan habis operasi. itu gejala apa dok, apa solusinya, terima kasih

    • muki partono says:

      Sebaiknya konsultasikan ke dokter yg operasii, bisa juga kelainan saat ini tak berhubngan, kalau keluhan kesemutan ke paha dan perut bisa akibat penekanan saraf pinggang

  24. angga says:

    Assalamu’alaikum dok..

    pada pertengahan tahun 2007 saya terasa nyeri (terkadang saja kambuh nya) pada bagian pinggul kiri, lalu saya ke dokter saraf dan di ronsen, dokter mengatakan semua masih normal lalu di beri obat saja tetapi rasa sakit tak kunjung hilang dok..
    lalu saya mencoba pengobatan alternatif tetapi tetap hanya sesaat saja terasa nyaman, hingga akhir nya sampai berubah jalan. pada bagian pinggul terlihat miring dan berjalan lebih dari 100m langsung terasa kencang seluruh kaki..
    akhirnya di sarankan saudara yg kebetulan bekerja di ruang oprasi untuk konsul ke dokter tulang, karna kata beliau sepertinya HNP..
    lalu setelah konsul ke dokter ortopedi saya di sarankan untuk MRI, dari hasil MRI ternyata lumbal 3 4 5 terjadi penjepitan saraf di sarankan untuk oprasi dan pasang pen mengingat saya masih23 tahun dan berbadan besar, kata dokter tersebut supaya lebih kuat lagi..
    akhirnya saya oprasi tepat pada 26 september 2011, 2 minggu di RS swasta JKT saya di bolehkan pulang ke lampung tetapi 1 bulan sekali saya kontrol..
    4bulan setelah oprasi saya pas kontrol tetapi perubahan minim sekali bahkan tdk terlihat, ibu saya dapat info katanya bgus di bantu hydro terapi, akhirnya memutuskan untuk check in di wisma di RSPAD, sebulan disan terlihat perkembangan 3 hari lepas kateter, 11 hari bisa BAB, tetapi biaya pun mendesak saya harus pulang ke lampung tentunya dengan persetujuan dokter fisioterapi..
    di lampung tetap terapi tens (3x semingu)dan penyinaran setiap hari di rumah, lalu saya jga berenang di laut pagi hari (2x seminggu..
    tetapi sampai sekarang pada bagian kedua engkel masih lemah (terutama engkel kiri) blm bisa bergerak, engkel kanan sedikit lebih kuat, tetapi kedua nya msh dropfoot dok..
    pada bagian pantat, paha bagian belakang, betis bagian samping luar dan mata kaki kebawah masih baal dok..
    menurut dokter apa anjuran terbaik yg harus saya lakukan ??

    terima kasih dok sebelumnya..

    • muki partono says:

      semua upaya sdh anda lakukan , yang belum dikerjakan adalah hiperbarik terapi, jujur kami belum pernah menghadapi kasus spt ini krn kami menggunakan tehnik minimal invasif surgery, MED 1 hari rawat, tanpa pemasangan implant, nyaman , dan bisa mobilisasi cepat, biaya relatif lbh murah, sabar saja lanjutkan terapinya

  25. angga says:

    oke dok…
    maav dok untuk hiper terapi adlah terapi yg seperti apa dok ? mungkin bisa menjadi tambahan lagi dlm upaya2 saya dok untuk memaksimalkan…
    alhamdulillah nya perkembangan selama ini sudah skitar 2,5 bulanan ini saya sudah jalan menggunakan tongkat 1 (berkaki 4) dok…
    ya menurut saya hanya tinggal perkembangan engkel saja dok yg terlihat minim sekali bahkan hampir tak terlihat saya bisa katakan…

    terima kasih dok atas penjelasannya…

  26. stefanus says:

    pagi dokter, saya mau tanya, mertua saya 5 bulan yang lalu operasi hnp, tetapi sampai sekarang untuk dibuat jalan sejauh 30m, terasa sangat capek, dan ngos2an, untuk berdiri sekitar 1 menit kadang juga ngos2an. bebrapa waktu ini, menjalani akupuntur 3x seminggu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat beraktifitas normal, dan terapi apa yang boleh dilakukan? terima kasih atas perhatiannya

    • muki partono says:

      saran coba konsultasikan ke dokter jantung, kami takut ada masalah lain, krn kalau problem penjepitan saraf hanya pada kaki saja yg terasa bukan sesak , atau capek, dan beri tambahan suplemet utk menambah tenaga

  27. triono says:

    Dok sy 1,5 bulan lalu menjalani operasi HNP (foramen canal stenosis) dan dipasang pen di L3-4-5 dan S1. Sudah 1 bulan ini belajar jalan pake walker. Rasa sakit di selakangan dan paha kanan sebelum operasi masih tetap ada sampai saat ini. Sekarang ini bahkan sering kram otot di selakangan dan paha kanan. Ini membuat sy kesulitan untuk berjalan tanpa bantuan walker.
    Keadaan ini kira2 apa karena saraf yg tertekan belum sembuh betul…?
    Kata dokter yg mengoperasi akan bisa pulih normal jalannya setelah 3 bulan.
    Memang pemulihan pasca operasi dengan pasang pen di tulang belakang sampai 3 bulan ya dok…?
    Terima kasih bantuan dokter…

    • muki partono says:

      bisa banyak sebab, sebaiknya ditanyakan dokter yg mengoperasi, mudah2an karena kekakuan otot saja, kami sedikit punya pengalaman tentang hal ini krn metode kami penanganan HNP tanpa pasang pen dengan MED (minimal invasif), biasanya lbh nyaman krn sayatan kecil dan 1 hr paska operasi sdh bisa jalan spt biasa

  28. kun says:

    ass.
    Dok, 2 tahun lalu saya operasi pemasangan pen di L4,5.
    Tapi sampai sekarang kaki kanan saya masih dropfot.
    Apakah masih bisa disembuhkan dok?
    Dan kalau pen nya d ambil, berapa lama penyembuhannya.
    Trimakasih.

    • muki partono says:

      kalau sdh drop foot 2 ytahun biasanya sukar kembali , tapi kalau mau pennya diangkat sekalian dieksplor ulang , saran lakukan MRI kembali utk evaluasi ulang

  29. 10 bulan yg lalu saya operasi kaki dok dan kaki saya dikasih platina,yg Saya mau tnyakan berapa jarak waktu yg baik buat operasi pelepasan platinanya dan berapa lama tahap penyembuhannya dok.?

    JAWAB : WAKTU PENGANGKATAN PEN RATA2 1 TAHUN DIMANA TULANG SDH MENYAMBUNG DAN CUKUP KUAT , FASE PEYEMBUHAN LBH CEPAT DARI SAAT PASANG PEN , HANYA 1 MINGGU SAMPAI LUKA SEMBUH ANDA BISA AKTIFITAS SPT BIASA

  30. dwi says:

    dok ayah sya 52th operasi hnp 1 bulan yang lalu pada l4-l5, tapi setelah operasi kenapa kaki kirinya menjadi lemah dok?
    mohon pencerahannya . terima kasih

  31. Sri Fahmi says:

    dokter, ayah saya 17 hari yang lalu operasi HNP L4,5 sekarang kodisinya dah agak lumayan tapi pada bekas operasinya bagian atas dan bawah bengkak dan kaki kiri dan kanannya kebas, kira-kira penyebabnya apa ya dokter?

  32. made says:

    Mlm dok sy kena hnp L23 45 dan s1 sejak 2009 dan dioprasi 2012 kmarin di L23 awalnya sebelum oprasi jln kesemutan kaki kiri dan lemes pada kaki kanan tapi setelah oprasi kesemutan kaki kiri sembuh tetapi kaki kanan tambah lemes bahkan dropfoot pada pergelangan kaki kanan, dan diangkat berat setelah 1 thn ada perubahan sedikit tapi kekuatannya blm yang sy tanyakan;
    1. Apa penyebab dropfoot dan bagaimana latihan pemulihannya
    2.apa ada obat penguat otot yang cepat penguatan
    3. Brapa lama bisa puli normal

    • Muki Partono says:

      drop foot dari salah satu saraf tulang belakang , latihannya dibantu pakai tali ditarik spt naik kuda, konsumsi vitamin saraf spt methycobal dll, pemulihan saraf cukup lama, kira2 3 tahun

  33. nico sukmajatnika says:

    Dok,kira2 dua bulan yang lalu kaka saya di operasi pada lumbal terjadi fraktur di pasang pen. Setelah di operasi sampe sekarang kakinya masih trasa kesemutan.
    Apakah itu hal yang wajar?, obat dan terapi apa untuk menghilangkan kesemutannya dan mempercepat kesembuhannya.
    Terima kasih atas jawabannya.

    • Muki Partono says:

      biasanya hal yg wajar krn masih bengkak pada daerah operasi, coba konsumsi obat vitamin saraf spt methycobal dan lainnya yg sejenis

  34. Yuri says:

    Dok saya mau bertanya 6 bulan yang lalu org tua saya operasi syaraf kejepit dibagian leher.tetapi setelah operasi orang tua sy tidak merasakan perubahannya karena masih mengalami pusing yang amat kuat dan sakit dibagian leher tulang belakang sehingga sulit sekali untuk tidur dan harus meminum obat tidur terlebih dahulu.kira kira apa penyebabnya dok ?

    • Muki Partono says:

      Itulah kesulitannya masalah nyeri leher kadang kita sulit menentukan apakah nyerinya benar krn penekanan saraf atau sdh ada kelainan saraf lehernya

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome