Selamat malam dok, senua ujung jari tangan saya kiri dan kanan terasa baal. Dan leher bagian belakang juga terasa nyeri. Baru-baru ini saya telah EMG dan dari hasilnya disebutkan iritasi radiks C6-7, C7-C8, C8-Th1 Kiri dan C7-C8, C8-Th1 kanan. Mohon penjelasan dokter dan kalau mau berobat sebaiknya ke dokter spesialis apa., apakah benar harus operasi ?, terima kasih dokter

April 21, 2010 Dr Menjawab 140 Comments

ibu menderita penekanan saraf di leher pada ruas C7-Th1, pengobatannya, pakai cervikal collar, minum obat, exercise dan fisioterapi, lihat hasilnya bila ada perbaikan lanjutkan, bila tdk sebaiknya di operasi

About author:

140 Responses to “Selamat malam dok, senua ujung jari tangan saya kiri dan kanan terasa baal. Dan leher bagian belakang juga terasa nyeri. Baru-baru ini saya telah EMG dan dari hasilnya disebutkan iritasi radiks C6-7, C7-C8, C8-Th1 Kiri dan C7-C8, C8-Th1 kanan. Mohon penjelasan dokter dan kalau mau berobat sebaiknya ke dokter spesialis apa., apakah benar harus operasi ?, terima kasih dokter”

  1. Yuni Susanto says:

    Malam dok, pundak kanan kiri saya selalu terasa kaku pegal dan kadang terasa panas. Kenapa ya dok? Sering saya beri pijatan ringan dengan cream seperti sendi/voltaren tetapi tidak bisa hilang. Mohon nasehat dokter. Terima kasih

    Rgrds,
    Yuni S.

  2. indah says:

    dok knp ujung jari tangan saya srg nyeri..dan akhr2 ini nyerinya semakin sering, skrg umur saya 25 thn kira2 saya sakit apa ya dok..makasi

    • muki partono says:

      kelainan nyeri pada ujung jr bisa krn penjepitan saraf di leher, atau penjepitan saraf dipergelangan tangan, sebaiknya diperiksakan

  3. sussy says:

    Dok, saya mw tanya…
    kwnp jari kelingking n jari manis saya tb2 terasa panas.. seperti terbakar.. tidak merah, tdk melepuh, tdk bengkak.. tp terasa sprti terbakar..
    digigit serangga atau saya menderita kelainan???
    bgtu dok yg sy tanyakan … trimakasih…

    • muki partono says:

      anda menderita penekanan saraf Ulnaris (ulnar nerve tardy, sebaiknya diperiksakan banyak cara pengobatannya dari mulai minum obat, fisioterapi, suntik dan operasi release saraf ulnaris

  4. Mey says:

    Dok,knp yah jari telunjuk kiri saya tiba2 terasa pegal/sakit,agak gatal dan panas? Sehari sebelumnya jari manis sebelah kanan yg terasa seperti itu.baru kali ini saya merasakannya.terima kasih dok

  5. Risanti says:

    Dok,jari manis tngan kri saya sering kali sakit sekali,tiap kali brada di
    suhu dingin.
    Knapa ya dok?
    Dan knapa satu jari saja?

    • muki partono says:

      itu artinya ada gejala penekanan saraf Ulnaris , dgn suhu dingin keluhan lbh menonjol, sebaiknya dicek, kalau tdk menggangg sekali yg nggak apa2

  6. icha says:

    malam dok,

    dok saya mau tanya, kenapa jari-jari tangan saya terkadang suka terasa panas. di dalam jarinya itu terasa panas banget…ibaratnya kaya didalam jari saya itu ada air panas dok.. kadang saya suka gak tahan dok sama panasnya, untuk menghilangkan rasa panasnya itu saya suka rendam telapak tangan saya pada air es, atau saya tempelkan saja kedinding yang dingin dan memegang benda-benda yang dingin yang menurut saya dengan cara itu rasa panas yang saya rasakan itu berkurang.

    kira-kira itu penyebabnya apa ya dok??

    tolong dok dijawab,, terimakasih dok sebelumnya,,

    maaf kalo sudah merepotkan..
    terimakasih..

    • muki partono says:

      itu gejala penekanan saraf bisa penekanannya di sekitar telapak tangan siku atau leher, sebaiknya diperiksakan utk memastikan kelainan anda termasuk yg mana

  7. fenitra says:

    23 agustus 2010,tanya dok,kenapa jari tengah sy tiba2 agak susah digerakan,kebwh dan atas dan sekarang terasa berat n ujungnya kdg2 nyeri,tks dok

  8. ori puri kencana says:

    tadi malam jam 1.20 jari tangan kanan saya panas sekali betul2 panas seperti kena api..sampai tangan saya, saya masuk kan ke dlm gayung berisi air dingin..hilang hilang pada pukul 5.30 pagi..kenapa yah ko bisa seperti itu, dan kira kira penyebabnya apa..terima kasih

    • muki partono says:

      keluhan anda itu sensasi saraf, mungkin ada penekanan saraf di leher/siku/pergelangan akibat posisi tidur yg salah, sebaiknya diperiksakan utk memastikan kelainannya

  9. Naro rezzty says:

    Pagi dok,
    Knapa ya,dok ujung2 jari tangan dan kaki saya sering gatal gatal? Ap lg wkt kuku ku panjang.

    • muki partono says:

      mungkin gigi ada yg bolong sebaiknya konsultasikan pada dokter gigi, bila kukunya tdk sempurna bisa juga jamur periksakan ke dokter kulit

  10. Selamat pagi dok .
    Saya mau tnya , kenapa leher saya terasa nyeri, pegal nd panas , lalu kaki dan tangan saya terasa nyeri seperti d tusuk” jarum . Apalagi d sela” jari pada kaki saya terasa panass bgt dan terasa nyeri sekali ..
    tolong d jawab ya dok ..
    Terima kasih sebelumnya

    • muki partono says:

      anda sepertinya mengalami gejala penekanan saraf di leher sebaiknya diperiksakan ke dokter, dan mungkin perlu pemeriksaan MRI Lumbal

  11. sahid says:

    Pg dok, sy mau tanya jari jari tangan saya setiap hari sering terasa pegal dan kaku, kadang kadang blkang dengkul terasa kaku dan perglangan kaki sama jari jari kaki jg kaku dan pegal dan sll pingin d urut?pertnyanya kira kira saya sakit pa dan pngbtnya spt pa? Trims dok tas jwbnya

    • muki partono says:

      gejala yg anda rasakan bisa disebabkan oleh rhematic, bisa gejala penekanan saraf di leher, bisa karena kelainan CTS , sebaiknya diperiksakan utk memastikannya

  12. caca says:

    Siang Dok
    Saya mau tanya ne, sudah 4hari tangan kiri saya terasa semutan tiap jam 10 pagi hinnga malam menjelang tidur. Tapi nanti bangun tidur sudah hilang lagi semutannya. Setelah saya rasa2 sumber smutannya ada pada kelingking kiri. Tu np ya dok???bahayakah??? untuk mengurangi smutannya, saya minum obt

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf bisa di leher siku dan pergelangan tangan sebaiknya diperiksakan utk memastikannya

  13. milda says:

    dok,,leher, siku tangan dan pergelangan kaki saya sering ngilu dgn wkt yg lama,,apa pnyebabnya dok?mohn djawb,,

  14. umiyatun says:

    maaf dok mau tanya neh,kenapa ya kalau setelah memegang es tangan terasa gatal dan merah ??? terus apah yah dok solusi nya ???

  15. Gung Bagus says:

    Dok saya mau tanya, klo saat mau tidur malamjari2tangan saya yg kiri sering kaku agak nyeri2 gtu,tapi setelah bangun paginya dia hilang secara otomatis, datangnya kadang2 tiap malam saja waktu akan tidur,shg sedikit mengganggu tidur 9 aplg kalo suasana dingin, akan terasa sekali, awalnya sih saya main dumbel tanpa pemanasan, ehingga yg pertama kna adalah siku saya, terus kelengan, setelah beberapa kali fisio therapy dan akupuntur akhirnya ada perubahan, sekarg tinggal telapak tangan dan jari2 saja yg masih terasa seperti kaku ( itupun cuman saat waktu tidur malam saja) beda dengan sebelumnya yg setiap hari drlengan sampe jari2 ( sempat spt kesemuta) saya juga dulu sering pake sarung tangan klo tidur tpi sekarg sudah tidak lagi, punggung saya juga kadang2 nyeri
    Note: perlu dokter ketahui saya juga ada penyakit MAAG KRONIS ( grastitis) sudah setahun )
    menurut dokter apa penyakit saya ini?
    adakah solusinya? ke dokter mna saya hrs konsultasikan?

    terimakasih

    • muki partono says:

      anda mengalami gejalan penekanan saraf bia di leher dan di pergelangan tangan sebaiknya konsultasikan ke dokter bedah tulang

  16. marfuah says:

    dok,, CTS itu apa seh? mohon penjelasannya….
    trus kalau setiap pagi terasa gemetar dan jari tangan terasa kaku kenapa ya dok? trmks.

  17. Fatma Indira says:

    Selamat sore dok…
    Dok, kenapa ya di ujung jari manis sebelah kanan, juga di bawah kelingking sering terasa nyeri, seperti dicubit…
    Juga di leher belakang sebelah kanan sampe ke bahu kanan, sering terasa sakit…, kadang2 nyeri itu timbul tanpa sebab, misalnya ketika sy sedang duduk, tiba2 nyeri itu datang… selama ini suka sy kasih counterpain… apa ada hubungannya antara nyeri di jari dgn di leher..?
    Kira2 saya harus minum obat atau vitamin apa ya utk mengurangi nyeri tersebut…
    Usia saya sekarang 38 tahun dok…
    Terima kasih ya dok… saya tunggu jawabannya..

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf ulnaris sebabnya bisa dari leher atau siku an pergelangan sebaiknya kami periksa dulu utk memastikannya

  18. ratih says:

    Selamat Pagi Dok
    Saya seorang ibu usai 41 thn, saya sering sakit mulai leher belakang/samping telinga sampai ke pundak, kadang2 disertai pusing, saya sudah foto cervical hasil/kesan SPONDYLOSIS dengan spondylolisthesis C5-6.
    Mohon jawaban dan solusinya, terima kasih

    • muki partono says:

      pakai soft collar dan minum obat nyeri dan fisioterapi bila tidak berhasil artinya nyeri tetap masih ada maka perlu tindakan lain mungkin perlu pemeriksaan MRI cervikal, mungkin perlu dilakukan penyuntikan

  19. jonanto says:

    Mo tanya dokter, lengan kanan dari pundak trus turun sampe di siku terasa pegal sekali dan jari manis dan tengah sering kaku, apakah merupakan gejala struk? dan gula dalam darah sy 189 apakah pengaruh gula dok? terimakasih

  20. jonanto says:

    LANJUTAN SEBELUMNYA:
    Trus tengkuk (leher bagian belakang) sampe ke punggung/pundak sebelah kanan juga terasa sakit/pegal2 sekali, mohon petunjuknya dan kalo ada obat herbal, namanya apa dan kalo kalo jamu tradisionil boleh juga dok, terimakasih sekali lagi

  21. Angel says:

    Dok,kalau tiba2 saja kedua telapak tangan saya kaku,sering sekali baru2 ini,dan tiba2 dok,usia saya 48th,knpa y dok?

    • muki partono says:

      itu gejala penjepitan pada rongga di telapak tangan , biasanya disertai kesemutan pada jari telunjuk dan tengah

  22. PUTRA says:

    Saya, juga sering kaku pada telapak tangan dan jari2 saat sedang tidur, pertamanya awalnya saya main dambel, terus rasa nyeri disiku,lalu saya pijat di tukang urut, jadinya tambah parah sampe menyebar ke pundak dan lengan, jd klo malem2 susah tidurnya,karena larinya sampe jari2 jangan yg sering kesemutan ( terutama saat tangan istirahat, lebih2 pada malam hari ) akhirnya sesuai petunjuk dokter saraf, saya rontgen. tidak di temukan penyempitan,ada spastik pada bagian leher ( lupa bagian mananya )terus disarankan fisiotherapy,( tanpa di kasih obat) memang ada kemajuan tapi agak lama.trus saya check lg ke dokter saraf katanya cuman masalah otot, bantalan tidur yg tidak benar ( saya di resepkan methicobal ) untuk di minum 3x sehari lumayan efeknya jd mendingan. apakah sudah benar tindakan itu ya dok?
    adakah obat lain lg yg lebih paten? mengingat saya banyak alergi dg obat teritama NSID ( aspiri, asamafenamat, ibuprofen, antalgin dan penisilin )

    adakah selusi lain dok?
    terima kasih

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf, mungkin juga penekanan pada pergelangan tangan CTS, manifestasi kadang bisa juga sampai ke siku, sebaiknya di cek kembali, kalau krn CTS bisa dibantu dengan suntikan

      • PUTRA says:

        Terima kasih Dokter saya sudah ke Dokter Sp.Saraf disarankan untuk Fisiotherapy dan minum methycobal 3x sehari

        lumayan sudah 75% baikan

  23. istiawan says:

    Dok, kaki saya sering gatal2 pegal2 dan semutan. Kira-kira apa penyebabnya Dok? Terimakasih.

  24. ery says:

    dok, ibu saya usia nya 65 th. sdh @ampir 1 minggu leher dan tengkuk sebelah kanan terasa nyeri seperti di tusuk2. dan kadang menyebar/pindah ke lengan seperti kesemutan. lengan terasa senut2. untuk menoleh ke kanan/kiri,atas/bawah terasa sakit. tindakan apa yg pertama kali hrs segera dilakukan dan apa obatnya? terima kasih.

    • muki partono says:

      sebaiknya berobat, ibu anda mengalami gejala penekanan saraf di leher, sementara beri obat nyeri dan obat gosok nyeri

  25. EKA PUTRA says:

    dok, tulang rusuk saya di bawah ketiak kadang2 terasa nyeri dan pegal2, kenapa ya dok? klo di tekan sedikit terasa sakit dan pegal,sementara saya oleskan voltaren saja dan kompres air hangat, kadang2 sampe punggung juga tapi cuman bagian sisinya
    terimakasih

    • muki partono says:

      mungkin hanya kekakuan otot saja, coba pengobatannya dilanjutkan kita evaluasi 3 minggu bila tdk hilang konsultasikan ke dokter

      • PUTRA says:

        oya dok ternyata saya alergi dengan declovenax, kemaren saya diresepkan untuk penghilang nyeri, setelah minummembuat mata saya bengkak, hidung meler, tenggorokan gatel, dan batuk2 tak hentinya, setau yg saya baca voltaren juga mengandung declofenak mesti sedikit, berarti saya percuma dong di olesi pake voltaren? pantesan saya sering gatel2 setelah di oleskan voltaren

  26. PUTRA says:

    saya hrs kedokter mna dok untuk periksanya

  27. Sri says:

    dok pergelangan tangan saya itu sakit tapi tidak bengkak dan memar kira kira itu sakit apa ya?

    • muki partono says:

      problem nyeri pada pergelangan yg paling sering dikeluhkan pasien ada : TFCC joint ruptur, De quarvains syndrome, atau ada sebab lain di daerah tulang pergelangan

  28. Andre says:

    ujung jari manis (dibawah kuku)tangan sebelah kiri suka nyeri,kalau ditekan sediki/di sentil2 di ujungnya terasa sakit.. knapa ya..mohon dijelaskan penyebabnya? apa ada hubungannya dengan syaraf otak/organ vital??…terima kasih

  29. PUTRA says:

    kalo saya, pagi2 suka ngilu di bokong (bagian pantat sebelah kiri) knpa ya dok?
    kadang kalo duduk kaki di luruskan, saat cium lutut sangat terasa sekali ngilunya, sementara saya kompres air hangat dan fisiotherapy

  30. S. Budi says:

    Dokter, sudah hampir 6 bulan ini ujung jari kaki saya terasa nyeri dan sakit sering kambuh dan menyiksa. Mohon saran bagaimana cara bila mengobati sendiri? dan kalau periksa ke dokter, spesialis apa ya? Apakah ada makanan atau minuman pantangan? Terimakasih

    • muki partono says:

      masalah jari kaki tdk ada hubungannya dgn makanan dan minuman, bisa akibat sepatu yg sempit dan tidak nyaman, bisa akibat penekanan saraf daerah kaki atau pinggang, bisa juga krn sebab yg lain sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  31. jhe says:

    Selamat siang Dok, saya pria berusia 38 thn dengan tinggi 165 cm dan berat 80Kg. Setiap pagi saya kadang mengalami badan lemas, dan tangan gemetar dan tidak kuat mengepal. Namun kepala, tidak pusing, penglihatan tidak kunang2x, telapak tidak berkeringat. Padahal saya sudah sarapan pagi. Apakah saya kurang gula darah, masuk angin, jantung/hipertensi atau apa. Terimakasih sebelumnya.

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan urat2 pada jari tangan sebaiknya berat badan dikurangi sampai batas ideal 65 kg

  32. celline says:

    Dok, telapak tangan kiri dan kanan terutama jari-jari, termasuk jari kaki kanan dan kiri, kalau di tekuk terasa sakit sekali. apalagi jari tangan kalau dibuat mengengam terasa sakit. mengapa bisa bergitu yach. sebelumnya tidak pernah saya alami. usia saya 36thn. mohon jawaban dokter, terima kasih.

    • muki partono says:

      bisa akibat proses pembengkakakn pada tendon2 jari2, coba kompres /rendam air hanat dan air dingin bergantian , dan keluhan muncul sat bangun pagi dan setelah aktif bergerak keluhan berkurang,kalau berat badan belum ideal coba berat badan di buat mendekati ideal

  33. yuyun says:

    Dokter, umur saya 40 tahun. Ujung kedua jari kaki saya sering kesemutan terus menerus sehingga sangat menyiksa aktifitas saya. Menurut dokter kantor, itu dampak dari sakit darah tinggi dan diabetes yang saya derita. Akhir2 ini bahkan tumit kaki saya sering terasa nyeri. Kenapa ya Dok?? Apakah itu tanda pengeroposan tulang? Mohon saran dokter agar saya bisa kembali sehat

    • muki partono says:

      itu bukan gejala pengeroposan tulang, dokter kantor anda mungkin betul, kalau masalah yg di tumit mungkin anda menderita fasciitis plantaris

  34. jhe says:

    Dokter, saya pria berusia 38 thn dengan tinggi 165 cm dan berat 80Kg. Saya mengalami otot saraf terjepit pada bagian pingggang belakang. Rasanya nyeri setiap hari, jika melakukan posisi duduk membungkuk maka akan terasa sakit, tidak kuat berlama2x berdiri. Akibatnya saya sering tidur di permukaan rata atau mengganjal pinggang dengan bantal saat tidur di kasur empuk, dan duduk diganjal bantal. Hal ini sudah berlangsung amat lama (+-20 thn). Menurut dokter saraf kemungkinan saraf terjepit krn pernah jatuh waktu kecil dan setelah dewasa baru merasakan dampaknya. Oleh dokter pinggang saya langsung diterapi pemanas dan tidak boleh diurut. Namun karena kesibukan saya bekerja sehingga tidak cukup waktu melanjutkan terapi tsb. Banyak sudah saya membaca alternatif penyembuhan saraf terjepit, mulai dari yoga, ortopedik, terapi urut, akupuntur, dll. Dimana saya bisa mendapatkan terapi yang baik dan sehat, mohon dokter memberikan saran kepada saya. Terimakasih sebelumnya

  35. heri says:

    tgl 8 juli2011 saya operasi realease ulnaris pd siku. tapi sih terasa sudah 2 bulan lebih masih kebal2 dijari kelingking. sdh 5 kali terapi kejutan listrik kok masih kebal.terima kasih

    • muki partono says:

      ada beberapa kemungkinan , penekanan N ulnaris bisa pada siku atau pergelangan tangan , sebaiknya dievaluasi ulang, krn biasanya bila sdh drelease keluhan kesemutan sdh berkurang,

  36. dedy says:

    dok, kenapa tangan kanan saya sering terasa pegal dan kehilangan tenaga?
    terimaksih sebelumnya dok.

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf di leher atau di pergelangan tangan, sebaiknya diperiksakan utk memastikan kelainan tsb

  37. LENNI says:

    Dok, ujung jari kelingking sy sering sakit apabila terkena air terutama sehabis mandi, sakitnya sangat menusuk-nusuk. sy sdh berobat ke dokter spesialis syaraf dan sdh di NSC hasilnya NORMAL.dan diberi obat alpentin dan methycobal,tp nyerinya bahkan semakin bertambah. kemudian sy dirujuk ke dokter rheumatologi dan dokter orthopedi. oleh dr. rheumatologi sy cuma diberi obat LYRICA PREGABALIN dan LONENE ETODOLAC. Tidak ada prubahan dok,sebenarnya sy sakit apa ya dok? dan seharusnya sy berobat ke spesialis apa?

    • muki partono says:

      mungkin gejala penekanan saraf pada jari kelingking, sebaiknya diperiksakan ke dokter orthopedi/tulang, anda perlu suntik saraf

  38. citra says:

    Dok, saya mau tanya sudah hampir bbrp tahun mamah saya suka merasa tangannya itu sakit dan tidak bisa merasa tiap memegang apapun. ini kenapa dan cara mengobatinya seperti apa ?

  39. hardi says:

    Dok, sejak puasa semua jari-jari tangan dan kaki saya terasa kaku seperti kering agak panas terutama kalo tidur malam. ujung jarinya agak merah, klo kena air keriput, terutama jari tangan.kulit jari pada ngelupas terutama kaki sampai telapak ikut ngelupas. wkt bln puasa sy susah tidur. krn sblm puasa istri sy msuk RS.
    kenapa ya doch sebelumnya tidak pernah saya alami. usia saya 31thn. mohon jawaban dokter, dan sebelumnya terima kasih.

    NB:- Wkt lebaran saya diperiksa dokter kena maag.
    – istri sy dlm pngobatan br 2 bln, kena tbc.
    – dok, kira2 ada hubuganya tdk dgn maag/tbc.

  40. erline says:

    Dok, jari-jari kedua tangan saya terasa sakit bila di gerakkan, terutama pagi hari bangun tidur atau jika beberapa saat tidak beraktivitas. Ke dokter apa saya harus memeriksakan kedua tangan saya? Trims untuk jawabannya.

  41. PUTRA says:

    dok, saya mengalami kaku/nyeri pada sendi jari2 tangan saya, kadang sampai lengan dan siku juga,terutama saat istirahat, tapi kalau di pakai aktifitas agak berkurang, apalg klo usim dingin, klo di olesin minyak/balsem agak mendingan
    apakah nama penyakit saya dok?

  42. ayanie says:

    siang dok…
    sdh 4hari ini, jari tangan kanan sy (terutama jari tengah dan jari telunjuk) terasa menebal. Dan bila mengenggam rasax sakit. Dan skrg jari2 tangan sblh kiri sy juga mengalami hal yg sama. Dan terkadang juga jika sy berjalan lutut sy terasa sgt sakit. Sy sorg gadis b’usia 20thn. dan tiap sy berbaring tulang belakang serta leher sy terasa sakit. Sy juga sering merasakan badan lemas dan tulang2 serasa remuk. Kira2 sy trkena pnyakit apa dok???

    mohon djwb yaaa
    Mksh dok…..

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pada pergelangan tangan dan gejala cedera lutut, sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  43. fitri says:

    Dok,bagian kiri sy sering terasa lemas dan kesemutan,leher sering kaku,pundak pegal,sering nyeri pada punggung,kadang sampai seluruh tulang belakang,kalau mau haid tulang belakang bagian bawah sangat nyeri sehingga kaki terasa lelas seperti mau lumpuh,saya juga menderita susah tidur,kalau ke dokter saya hanya dibilang stress dan diberi obat penenang..karna kalau tulang belakang nyeri perut sampai mual

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf di leher, sebaiknya diperiksakan ke dokter , sebaiknya diperiksakan MRI cervikal

  44. lia says:

    Selamat Pagi Dok..,

    Sudah beberapa hari ini tangan saya terasa panas,seperti kena cabai atau balsem, dan rasa panas tersebut sering berpindah2. awalnya tangan kiri.. lalu pindah ke tangan kanan lalu pindah lagi ke kaki kanan.., skrg balik lagi ke tangan kanan.
    mohon informasinya kira2 saya sakit apa ya Dok? dan saya harus berobat ke dokter bagian apa?

    Terima kasih.

    • muki partono says:

      Keluahn anda sebaiknya dikonsulkan ke dokter tulang, mungkin anda menderita gejala penekanan saraf pada leher dan pinggang

  45. Budi Faturochman says:

    Dok,
    Saya pria berusia 42 tahun, tinggi 164 cm berat 60 kg dan perokok. Saya sering pegal di leher dan kadang ngga bisa konsentrasi
    Kalau tangan saya angkat..jari2 saya (terutama kelingking) gemetaran…
    mohon pencerahan

    Trims

  46. Satria says:

    Dok Saya pengalami Pundak kanan sakit/ kaku, untuk menoleh kekanan terasa sakit di leher, kepala juga suka pusing2, apakah ada pengaruhnya pundak yg sakit menyebabkan kepala pusing? apa kira2 yg harus saya lakukan? penyakit apa namanya dok?

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan sarf di leher yg berakibat kekakuan pada leher dan nyeri bahu, sebaiknya diperiksakan ke dokter

  47. Rahmat says:

    Dok, saya ketika memegang sesuatu benda dingin (misalnya es atau botol air dingin), telapak tangan saya terasa sakit dan agak gatal, juga kalau memegangnya agak lama maka tangan saya terasa bengkak.
    mohon informasinya saya sakit apa ya dok…
    terimakasih dok..

  48. ayatullah says:

    Dok, jari manis, tengah dan telunjuk saya terasa baal. ketika cek ke dokter umum, dikatakan terjadi penjepitan pada saluran karpal atau carpal tunnel syndrome. bagaiiman cara mengobatinya dan apakah bisa diobati secara akupunktur?

  49. anwar says:

    dok mau nanya, kata ibu saya jari- jarinya sering sakit dan seperti kram pada saat menjelang pagi, kenapa seperti itu dok? apa yang menyebabkan dan obatnya apa? terima kasih.

    • muki partono says:

      Ibu anda mengalam mkrning stiffness , kondisi ini serinh dialami oleh oranh tua dengan riwaya reumatik, CTS atau sebab lain, sebaiknya diperiksakan mungkin ibu anda perl suntikan pada pergelangan tangannya

  50. Andi S says:

    dok mau tanya? ujung kaki kiri saya kadang2 tersa panas dan agak gatal sudah 3hari ini, dan sebelum itu gatal2didalam tapi tidak ada sakit kulitnya?kira2 sakit apa ya dok?

    • muki partono says:

      Sebaiknya berobat ke dokter kulit mngkin anda menderita kelanan kulit, nyeri yang anda rasakan saat ini akibat sdh terjadi infeksi seknder pada jar anda

  51. Atun says:

    dak mau tanya nih,klo jari tangan saya hampir setiap hari selalu tidak terasa,itu kenapa ya donk?trus klo ada obatnya apa ya?trims

    • muki partono says:

      Keluhan tidak terasa adalah hiooestesia artinya baal, gejala penekanan saraf di pergelangan, leher atau sebab lain , sebaiknya doperiksakan ke. Dokter tulang,

      • damar harjotirto says:

        jari tengah, telunjuk dan ibujari kanan terasa baal, demikian juga jari tengah telapak tamngan kiri juga baal. Udah bertahun saya rasakan. Obatnya apa Dok. Terima kasih

  52. adnan says:

    dok, telunjuk kiri dan jempol kiri say terasa baal(serasa tebal),pokoknya dari ujung telunjuk kiri nyambung ke ujung jempol kiri searasa baal,knp ya dok…thks

    • muki partono says:

      Bisa akibat tumor safaf tepi(neuroma) umumnya sih demikian , bisa juga akibat penekanan saraf dipergelangan kaki atau dipinggang sebAiknya diperiksa ke dokter tulang

  53. adnan says:

    thanks dok atas jwban nya.asumsi sy sih kayaknya dari pinggang deh….mengingat kerja an sy hampir seharian dduduk di depan komputer dan saat ini pinggang sy juga berasa sakit dok…bisa juga dr situ ya dok?

  54. nina says:

    dok, setiap bangun pagi jari-jari tangan saya terasa kaku, jika digerakkan nyeri tp tidak ada benjolan atau radang, nanti kalau sudah agak siang dan saya beraktivitas, rasa kaku&nyerinya hilang sendiri. itu kenapa ya dok? apa ada saran atau pantangan yg harus saya lakukan? karena sangat tidak nyaman setiap bangun pagi semua jari tangan kaku&nyeri. kadang jika terbangun di malam hari dan saya mau menarik selimut jg jari tangan sudah terasa kaku&nyeri jika digerakkan. apakah ini berbahaya dok?
    perlu diketahui, baru 3bulan ini saya menikah dan sejak menikah saya setiap hari selalu melakukan semua pekerjaan rumah tangga (masak,menyapu, mengepel, cuci baju, cuci piring, dll), semua pekerjaan yg tidak pernah saya lakukan sebelumnya. apakah ada hubungannya dengan itu dok? trimakasih banyak atas jawabannya

    • muki partono says:

      Gejala spt itu biasanya krn reumatik, saranturunkan berat badan, ndam dengan air hangat rutin, hindari faktor alerg dari makanan kalau ada

  55. diyar says:

    Dok knapa saat tidur jari tangan sblh kanan terasa sakit dan tidak bisa di gerakan(kaku) tapi itu terjadi pada saat tidur saja kalau siang tidak terjadi apa-apa mohon bantuan nyua dok.mksh

    • muki partono says:

      Biasanyakalau tidur nyeri artinya kekakuannya minimal, krn saat mau tidur kita sdh tdk memikirkan hal2 lain selain mau tieur, jd kemungkinan anda mengalami gejala awal CTS atau ada sebab lain sebaiknya kami periksa utk memastikan kelainannya

  56. Uwie says:

    pagi dok,,
    telapak tangan saya terasa ga nyaman,spt kesemutan,agak nyeri,kira2 saya menderita penyakit apa ya dok ??
    setiap hari saya bekerja naik motor kurang lebih satu jam perjalanan,jadi agak mengganggu kalo sedang berkendara,terimakasih atas jawabannya,

    • muki partono says:

      Kelihatannya anda menderita CTS , yaitu adanya penekanan saraf pada pergelangan tangan akibat pekerjaan yg berlebihan atau sebab lain

  57. wayan lilis kartika says:

    mw taxa dok…knpa setiap hari tangan dan telapak tangan itu terus berkeringat ya dok,,,pada hal biasa cuaca nndak panas..

  58. thea says:

    dok…kenapa ya skg ujung jari tangan kiri sy sakit dan terasa panas…sebelumnya juga kira-kira 2 bulan yg lalu ujung jari kaki juga sama sakit. dan harus periksa ke dokter mana? tks

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, anda mengalam gejala penekanan saraf pada kaki dan tangan atau bisa akibat sebab lain

  59. muchson hadi says:

    Mat beraktifitas dok, mw nanya ni dok : usia sy 52th 2 bulan belakangan ini jari manis tangan kiri terasa nyeri dan setiap bangun tidur pagi terasa kaku dan sakit.. itu kenapa ya dok..?

    • muki partono says:

      kelainan yg paling sering terjadi adanya penekanan urat (trigger finger) atau penekanan saraf ulna pada pergelangan tangan , sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk memastikan kelainan tsb

  60. Jiching says:

    Sudah 3 bulan ini saya merasa tangan saya seperti kesemutan/terbakar, kadang2 dari lengan bawah, tapi lebih sering di tangan (jari-jari).
    Saya kerja sebagai programmer, apakah ada syaraf yang tidak beres atau tulang ?? ada masalah apa dok ?? ke mana saya harus periksa ?

    • muki partono says:

      Keluhan spt itu bisa akibat penekanan saraf di leher atau pergelangan tangan sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang

  61. Novi Triwahyuni says:

    Dok …saya mau bertanya sudah 4 Hari tangan saya terasa Baal dan kesemutan ,saya mau tnya Dok apa ini di sebabkan oleh Kolestrol saya terlalu Tinggi atau karna di sebabkan oleh apa yach Dok
    Mohon Info nya Dok ,agar tangan saya ini bisa teratasi paling tidak saya bisa cepat cepat ke Rs terdekat

    Thanks,
    novi

    • muki partono says:

      Kesemutan pada jari bisa akiba penekanan saraf pada pergelangan tangan atau penekanan saraf dileher sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang utk memastikannya

  62. echa says:

    malem dok saya mau nanya …jari telunjuk kaki kiri saya sering keram dan tidak bisa digerakn,jg rasanx sakit sekali ….rasa keramnx itu sering datang tiba2 .. trus saya jg sering keram bagian pinggang kebawah pada saat sedang tidur..kira2 itu kenapa ya dok..?terim’s dok…

    • muki partono says:

      Kram pada jari telunjuk bisa akibat kekurangan kalsim ata krn penekanan saraf pinggang sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang

  63. Rudin says:

    Pekerjaan saya sales (selama 6 tahun) naik sepeda motor tiap hari. Dan sekarang sudah berhenti dari pekerjaan kurang lebih sudah 3 bulan-an. Gejala yang saya rasakan sekarang, ujung-ujung jari serasa semutan sampai beberapa hari dan sekarang baal, tapi terkadang baalnya hilang kalo beraktivitas…Apakah ini gangguan saraf tepi, atau karena peredaran darah tidak lancar atau karena peredaran oxigen dalam tubuh tidak lancar? Atau efek dari selalu naik motor terus tiap hari? Sebelum kejadian ini saya sering keduten di bagian bagian tubuh, seperti di perut, punggung, kaki dan tangan….
    Terima kasih Mohon Jawabannya DOK

    • muki partono says:

      anda benar ini ada kaitannya dengan naik motor yg lama, anda sdh ada gejalan penekanan saraf pinggang hanya saja mungkin masih ringan krn keluhannya hilang timbul

  64. Tanjung says:

    Pagi dok .. Saya habis terjepit kursi dok .. Sekaran jari manis saya bengkak ada obatnya gak ya dok ? Ada yang alami munkin obtnya ?

    • muki partono says:

      Kalau cedera baru sebaiknya kompres es saja sampai 5- hari ke depan , dan minum obat nyeri yg ada diwarung saja utk sementara

  65. suardi says:

    selamat sore dok…sebulan yang lalu saya urut tradisional kemudian setelah urut ujung jari kelingking,jari manis, dan jari tengah keduanya (kiri & kanan) terasa kebas, setelah saya rasakan selama 2 minggu kedepan juga belum hilang saya penasaran kemungkinan kolestrol saya naik ternyata memang benar kolestrol total=258, ldl=159 dan hdl & triglisida baik (ok)….. apakah penyebabnya dok..
    tks atas jawabannya…..

    • muki partono says:

      mungkin anda mengalami gejala penekanan saraf di leher atau diprgelangan tangan , saran sebaiknya kami periksa lbh dulu

  66. niko says:

    Dok sy mau tanya,belakangan sudah 2 minggu di belakang telinga kiri atau sekitar belakang leher kiri sy terasa baal.sdh berobat dan diberi obt neurophyron-v namun gejala msh ada.apakah gejala ini ada kaitannya dengan kurang tidur?mengingat sy hampir tiap malam begadang di depan komputer.terakhir periksa tekanan darah sy rendah di 100/70.yg mau saya tanyakan apakah sy perlu berobat ke dokter saraf atau tulang?kira” obat yg efektiv selain neurophyron-v apa y dok?tks ats jawabannya

    • muki partono says:

      kesemutan belakang telinga bisa akibat suplai darah berkurang pada daerah kepala akibat terjadi pengapuran di leher, saran sebaiknya berobat ke dokter tulang , perlu oabt lain selain yg anda sebut

  67. Koesbudi says:

    Siang Dok,
    Dok sy mau tanya, jari kelingking dan jari manis tangan kanan saya rasanya baal, juga leher kanan bagian belakang terasa baal. kondisi seperti itu kenapa ya dok, kondisi saat ini tenaga tangan kanan saya berkurang dok.
    Mohon pencerahannya do, terima kasih

    • muki partono says:

      penekanan saraf ULNARIS akibat dari leher atau pergelangan tangan jadi sebaiknya diperiksakan ke dokter dan perlu pemeriksaan MRI leher

  68. Diana says:

    Sore Dok,
    Dok, sy mau tanya, jari tangan kanan yg kelingking, manis dan tengah baal. Penyebabnya knp yah Dok. Terapi harus ngapain yah Dok biar sembuh. Thanks Dok.

  69. silvia says:

    malam dok, saya mau bertanya. kenapa saya sering sekali kesemutan, terutama di kaki dan tangan. lalu leher saya sering sakit, lutut sering sakit juga, dan jika ujung2 jari saya di tekan terasa sakit? saya sudah pernah cek rematik dan asam urat tapi hasil baik. saya harus check up ya dok? haruskah saya cek up ACA untuk mengetahui apakah ada kekentalan darah. terima kasih

    • Muki Partono says:

      sebaiknya diperiksakan ke dokter utk memastikan kelainan anda belum tentu krn pengentalan darah, bisa sebab lain ,

  70. windy wulandari says:

    dokter kenapa ya tangan saya sering memerah. rasanya gatal dan baal ?
    dan mata sebelah kanan smpai bgian kepala saat kelelahan sering merasa skit dan kedut kedutan?
    terimakasih

  71. Malik says:

    Permisi Dok

    Kok kenapa ya tiba-tiba jari tangan kanan saya terasa panas?
    padahal saya tidak melakukan apa-apa.

    Makasih Dok

    • Muki Partono says:

      kealuhan yg anda rasakan adalah sensasi saraf , bisa akibat dari penekanan saraf di daerah pergelangan tangan atau di daerah leher

  72. atalia says:

    Malam Pak Dokter Muki,
    jari2 tangan sy kiri kanan kaku tdk kuat menggenggam, jari tengah tangan kanan ruasnya bila terlipat kaku sulit kembali. jari tangan kiri terasa baal sekali di ujung2 jarinya terutama 3 jari kecuali ibu jari dan kelingking.ini gejala apa Dok?

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome