scoliosis atau tidak

October 7, 2011 Dr Menjawab Leave a reply

Dear Dr. Muki,
Dokter, 4 tahun yang lalu, saya pernah menjadi pasien dokter di RS.Siaga dan di diagnosa scoliosis idiopathic, namun seiring dengan berjalannya waktu, sakit di tulang belakang saya hilang dan timbul seiring dengan naik dan turunnya berat badan saya. Tepanya 1 minggu yang lalu, setelah berat badan saya turun 3 kg, back pain saya malah bertambah dan saya memutuskan untuk memeriksakannya kembali. Saya pergi ke RS. Siaga dan bertemu dengan Dr. Lain namun dari hasil pemeriksaan beliau, saya tak ada scoliosis. Bagaimanakah saya tahu saya mempunyai scoliosis atau tidak?
Sungguh saya sangat bingung dengan ini dan saya masih bingung dari manakah back pain saya berasal.

Thanks and have a good day.

Jawab : berbeda pendapat bisa saja dalam dunia medis walaupun sama2 dokternya, kalau setahu kami back pain menyebabkan scoliosis kompensasi, kalau anda kami diagnosis scoliosis idiopatic artinya kelainan murni scoliosis, jd rasanya tdk mungkin hilang scoliosisnya dgn masih ada nyeri pinggang. Dan sebenarnya mudah saja lihat foto rontgennya dan bandingkan antara foto pertama kali berobat ke kami dan foto yg dilakukan oleh dokter lain, syarat foto dilakukan dalam kondisi dan posisi yg sama , misalkan saat pertama foto pinggangnya posisi berdiri, foto yg kedua hrs berdiri, tdk bisa membandingkan dalam posisi yg berbeda.sebagian besar pasien scoliosis datang ke dokter adalah krn back pain kronik

Best Regards

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome