saya sudah operasi patah tulang paha 7 bln yg lalu, kemudian pada waktu foto tulang bagian samping udah tumbuh tulang tapi tengah masih keliatan belum nyambung, kemungkinannya kenapa ya dok ?

February 20, 2010 Dr Menjawab 40 Comments

hal yg wajar bisa saja terjadi krn proses penulangan kalau mau terlihat secara foto rontgen sempurna kurang lebih 1 tahun, tidak usah khawatir lanjutkan pengobatannya

About author:

40 Responses to “saya sudah operasi patah tulang paha 7 bln yg lalu, kemudian pada waktu foto tulang bagian samping udah tumbuh tulang tapi tengah masih keliatan belum nyambung, kemungkinannya kenapa ya dok ?”

  1. r.susanto says:

    saya kecelakaan motor..tgl 26 Oktober..dan dinyatakan patah..dan saya udah operasi kaki tsb.
    udah saya jalani samapai tgl 22 februari ini masih pake tongkat..dan baru tumbuh 2/3 tulang dan blm kelihatan kalusnya
    saya mau tanya :

    Obat atau suplemen apa aje yg bisa saya minum supaya tulang sya ini cepat tumbuhnya
    dan saya skr umur 46 thn
    karena saya pergi kekantor harus naik motor tiap hari..dan sekrg saya boncengan sama teman
    saya minta tolong sama dokter

    • muki partono says:

      yang anda alami masih dalam prose yang wajar lanjutkan anda bantu dgn asupan kalsium yg cukup spt kedelai, bayam ikan teri, susu , dll, sebenarnya tongkat yg anda pakai sampai saat ini berfungsi spy jalan anda setelah lepas tongkat akan baik

  2. martin says:

    saya mau nanya dok …
    saya sudah 2 tahun mengalami patah tulang paha , tetapi pada waktu itu tidak di operasi ( obat tradisional / dukun patah ) ….
    ternyata hasil nya jalan saya agak pincang dan setelah di rontgen tulang paha saya tidak nyambung …
    yang saya ingin tanyakan …
    apakah saya masih bisa menjalani operasi tulang paha setelah 2 tahun mengalami patah tulang …
    apakah masih ada harapan untuk sehat lagi / normal kembali ….
    terima kasih dok …..

  3. geson says:

    saya mau nanya kaki saya dioperasi n dipasangi selang(masih keluar darah kotor) dah 3 bln apa itu gpp??
    saya operasi tgl 22 januari

    • muki partono says:

      wah sebaiknya di cek ulang deh krn nggak biasa pasang slang selama itu, mungkin dokter yg mengerjakan punya alasan tertentu

  4. Fia says:

    dok,,, saya mau nanya. Saudara saya kecelakaan pd 9 oktober 2009 Lalu, tulang paha kirinya patah, kemudian dioperasi dgn pemasangn pin pd 10 oktober 2009,, belum sempat 3 bulan dia sudah melepas tongkat karena sudah merasa mampu tanpa tongkat hasilnya 25 januari 2010 dia melakukan ronsen tulangnya bengkok dan retak kembali dan pin nya patah,, oleh orang tua nya cuma didiamkan sambil lebih banyak mengonsumsi kalsium sampai sekarang namun, yang ingin saya tanyakan bagaimana sebaiknya penanggulangannya?
    Terima kasih

    • muki partono says:

      kalau mau bagus dioperasi ulang, bila tidak masih ada kemungkinan tdk menyambung, dan bila menyambung sdh dipastikan posisinya bengkok

  5. sofyan hadi says:

    2 THN saya patah di bagian tulang selangka kanan
    operasinya gag kerasa sih…… kan di bius
    tapi setelah biusnya habis nyerinya minta ampun aku pun sampai nangis
    proses penyambunganya 4 jam kata dokter
    kurang lebih saya pakai penyangga bahu 4 minggu
    dan setelah pen nya diangkat
    kok malah lebih sakit dr sebelumya ya sampai sekarang saya masih kaku di bagian sendi dekat bahu
    apa penyababnya?

  6. lala says:

    Yth. Dr. Muki Partono
    Dok, teman sya ada yang mengalami patah tulang paha 2 hari yang lalu, dan sekarang sedang menjalani operasi pemasangan pen.

    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah pemsangan pen adalah cara terbaik untuk penyembuhan patah tulang?
    2. Berapa lama waktu yg diperlukan untuk kesembuhan total selama pemakaian pen?
    3. Apakah cra berjalannya nanti akan normal seperti semula?

    Mohon bantuannya Dok. Terima kasih.

    • muki partono says:

      Ps asa ban pen tdk selalu lbh bail dr tdk operas tergantung kondisi tulang yg patahnya, waktu less Hunan sampan alto it’s kembali berfariasi fata 3- 6 bln, malanga Akan normal lg bila syarat terpenuhi

  7. nurdiian says:

    Dok, mau tanya. Saya pernah kecelakaan tabrakan motor 14 tahun yg lalu. Tulang muka kanan yg dibawah mata yg paling menonjol sedikit masuk dalam, krn waktu itu gak punya biaya dibawa ke dukun tulang, tapi gak ada perubahan. Krn saya menganggap tdk ada mslh, saya diamkan sampai skrng sy umur 37 tahun. Apakah dlm jangka panjang ada efeknya Dok? Apakah tulang yg sdikit ambles itu bs ditarik lagi stelah 14 thn? Stlah kejadian itu, sy pakai kacamata minus 2-3. Trmksh Dok atas jwbannya.

    • muki partono says:

      Mungkin saja keluhan anda saat inii ada kaitannya dgn tulang pipi yg agak ke dalam sebaiknya beronat saja ke dokter bedah plastik

  8. hadi says:

    dok, saya mau tanya. saya telah mengalami patah tulang di bagian tulang kering bawah dekat lutut kiri selama 2 tahun. kemudian saya berobat dengan tukang urut . alhasil dalam 4 bulan saya sudah dapat berjalan dan dapat berlari dengan normal tetapi kaki kiri saya agak bengkok. apakah kaki saya tersebut bisa di luruskan lagi seperti semula dengan melakukan oprasi??. terima kasih dok

    • muki partono says:

      sebaiknya kami perika dulu apakah memang bisa diperbaiki , kemungkinan besar bia diperbaiki lewat operasi kami melakukan OSTEOTOMI

  9. sugi says:

    Dokter, saya mau tanya ibu saya umurnya 70 tahun terus mengalami patah tulang tepatnya di kepala tulang paha. terus pertanyaan saya kira kira tulang teresubut akan nyambung dan perpungsi dengan normal apa tidak sementara ini saya bawa ke alternatif dan di gift. kalau di operasi kira kira biayanya berapa dok?
    terimakasih sebelumnya

  10. susi says:

    Dok nama saya susi usia 24 thn…saya mengalami patah tulang di bagian paha…sudah 7 bln saya berobat ke alternatif hasilnya tulang blm kuat dan jalan masih pincang..apakah masih bisa saya melakukan oprasi kira2 berapa biaya yang harus di keluarkan..kemaren sudah di rongsen hasilnya tulang numpang sekitar 3 cm bagai mana solusinya…terimakasih mohon minta alamat dokter atau no tlpnya..

    • muki partono says:

      Anda mengalami malunion atau nonunion insya allah masih bisa diperbaiki saran sebaiknya kaminperiksa lbh dulu

  11. Isnay MD says:

    Dok… Usia saya 22 Tahun… saya mengalami patah tulang total tertutup di kedua tulang kering kaki kiri saya, kira2 berapa lama proses penyembuhannya? dan apakah berpengaruh terhadap lamanya penyembuhan tulang saya jika saya banyak melakukan aktifitas berjalan menggunakan tongkat…? terimakasih sebelumnya

  12. muhammad ardi says:

    assalamualaikum dokter
    saya ardy, umur 25 tahun, pada saat saya berumur 16 tahun, saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulang paha kaki kiri saya mengalami patah (spiral fracture), karena tidak cukup biaya dan atas saran keluarga, saya melakukan pengobatan alternatif, namun ternyata hasilnya tulang paha saya tidak tersambung dengan benar, seperti sebelumnya dan mengakibatkan kaki kiri saya lebih pendek sekitar 4 cm dari pada kaki kanan saya.
    pertanyaan saya dok, apakah setelah 9 tahun kaki kiri saya bisa dinormalkan kembali ?, kira-kira memerlukan biaya berapa ya dan metodenya seperti apa ya dok ? kemudian jika memang masi bisa dinormalkan kembali, apa ada resiko/efek sampingx ?
    mohon kiranya dokter dapat memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut…
    terima kasih

    • muki partono says:

      Kalau anda mau kita bisa perbaiki dgn operasi 2tahap yg pertama dibebaskan dulu daerah patahannya dan ditarik sampai panjangnya sama setelah itu baru pasang pen

  13. agri says:

    asslm. dokter! saya mengalami kecelakan motor bebrapa tahun yang lalu tulang pergelangan tangan kiri saya bergeser dari persendiannya. tanpa tindakan operasi kedudukan tulang saya tidak pada kondisi yang normal. yang ingin saya tanyakan apakah bisa dilakukan tindakan operasi untuk menormalkan kondisi tulang di pergelangan tangan saya setelah 3 tahun dalam kondisi yang tidak normal atau bergeser dari persendianny. terima kasih sebelumnya.

    • muki partono says:

      kalau sdh 3 tahun hrs dievaluasi kembali lg apakah masih bisa diperbaiki atau tdk saran sebaiknya kami periksa secara klinis

  14. galuh ratna says:

    Dok, saya berusia 21 th
    pada 30 Juli 2013 kemarin saya mengalami patah terbuka pada tulang paha saya akibat kecelakaan
    Kemudian saya melakukan operasi dan dipasang pen
    hingga saat ini setiap hari saya minum kalsium dari tianshi dan obat herbal serta obat dari dokter
    yang ingin saya tanyakan berapa lama waktu minimal yang saya butuhkan untuk lepas tongkat?
    Saya sangat terpukul karena masih harus menyelesaikan skripsi semester ini dan mobilitas saya sangat terganggu karena adanya tongkat tersebut dok.
    Trimakasih jawabannya dok.

    • muki partono says:

      baca artikel kami pada web tentang patah tulang pertanyaan anda akan terjawab, kapan lepas tongkat bila proses penyambungan tulang sdh sempurna

  15. muhtar says:

    Dok sy berusia 29 thn mau nanya, sy habis kecelakaan bulan Februari 2013 dan mengalami patah tulang Paha kiri (hancur)dan langsung operasi serta mengkomsumsi obat dari dokter terus, sekarang sdh 6 bln berjalan tp perubahannya masih sedikit sekali, kira berapa bulan baru bisa menyatu Dok? kira2 obat apa yang paling bagus biar tulang cepat nyambung Dok? dan susah sekali ditekuk dok (baru 90 derjt). Mohon penjelasaannya Dok.

    • muki partono says:

      Masalah penyambungan Tulang sangat individual Jed Saran coba konsumsi singsong tiap hair Dan berjemur matahari setiap hair din awash jam 10 pagi Selma 20 mnt saja

  16. yogi sangga says:

    dok saya yogi umr 19 tahun . saya kecelakaan pada tgl 6 juli 2013 dan mengalami patah tulang paha di oprasi pemasangan pen tgl 8 juli dok .saya ingin menanyakan dok mengapa terdapat benjolan sedikit , dan apakah akan hilang dgn sendirinya ?
    skrmg udah 2 bln dok , masih brapa lama waktu saya buat kembali pulih dok
    alhamdulillah sampe skrng gak ada sakit sakit atau ngilu di tulang paha , makasi dok

    • muki partono says:

      tanpa melihat kami kesulitan memberi komentar benjolan yang anda maksud, sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter yg mengoperasi anda , pemulihan tulang baru sempurna setelah 6 bulan , sabar

      • Akhmadi says:

        Maaf sblmx dok, sy patah tulang d paha bwah thn 2006 dan sembuh k pengobatan alternatif tp hasilx pincang dok, ap skrg bs d operasi k medis dok , trmksh

        • Muki Partono says:

          anda mengalami malunion, penyambungan tulang dalam posisi yang tidak benar sehingga menyebabkan pincang. sebaiknya kami periksa mengevaluasi apa masih bisa dikoreksi apa tidak.

  17. ririn says:

    siang dok,

    adik saya berusia 13 th. terserempet motor dan patah tulang paha kiri ( greenstick ) dari hasil rontgen. dan keluarga membawa ke alternatuif. setelah 2 bulan bias berjalan tetapi agak pincang. kenapa berjalan pincang ya dok ? berapa lama biasanya sembuh total ?

    • Muki Partono says:

      kalau memang benar greenstick hrsnya tdk pincang kalau memang terjadi biasanya itu gaya berjalan yg sdh terprogaram di otaknya, jd hrs dilatih jalan yg benar

  18. Adri says:

    Dok Saya patah tulang selangka sudah di pasang pen selama 3 bulan yg saya ingin tanyakan kenapa saya masih merasa kalau tulang saya belum menempel ketika saya raba raba masih ada celah contoh ketika saya tidur celah itu mulai terbuka dan pas bangun celah nya tertutup
    Trimakasih

    • Muki Partono says:

      sebaiknya kami periksa apakah penyebab hal itu apakah pen bergeser/goyang , atau ada sebab lain

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome