sakit pinggul/bokong kiri sampai ke paha dan betis

April 18, 2012 Dr Menjawab 51 Comments

Dok, pinggul/bokong saya sering sakit ngilu sampai paha dan betis apalagi abis bangun tidur. saya pernah ke dokter tapi tidak ada perubahan.
ini sakit apa ya dok dan obatnya apa?
usia saya 44 tahun, jenis kelamin saya laki2 dan tidak pernah cidera.
trima kasih

Jawab : anda menderita penjepitan saraf pinggang (hnp) sebaiknya kam periksa dan anda perlu pemeriksaan MRI Lumbal

About author:

51 Responses to “sakit pinggul/bokong kiri sampai ke paha dan betis”

  1. Yoakima Daryanti says:

    Siang Dokter,..pinggul kiri saya sakit dok, pertama kali disebabkan saya mencuci dan mengangkat ember air dengan posisi membungkuk langsung diangkat,..klo tidur mau berguling dan mengangkat pantat aza sakit banget,.saya ngak berobat dok cuma berdoa aza pada Tuhan buat kasi keajaiban biar sembuh sendiri,..memang sudah tidak sakit sekarang tapi klo saya mencuci dengan membungkuk pinggang keseluruhan jadi panas,… dan klo mencuci dengan duduk trus berdiri saya membutuhkan wakutu lama biar ngak pegel,..klo dirasa-2in seperti menjalas diperut bawah kanan jadi panas juga,..kenapa ya dok??

  2. Muhammad Ibnu Jawwad says:

    dok, saya mau tanya saya ini masih Mahasiswa yang mempunyai keluhan di pinggul sebelah kiri, kalo habis bangun tidur dan dibuat duduk itu sakit banget, buat apa2 rasanya juga sakit apakah saya juga kemungkinan besar saya juga terkena penyakit penjepitan syaraf pinggul ya dok,

    Terimakasih dok atas waktunya

  3. rahmat says:

    sya mengalami penyakit pinggul bagai mana cara mengatasinya

  4. akhmaludin says:

    saya mengalami sakit persendian pangkal paha hingga ke betis,bagai mana cara mengatasinya,dan apa obatnya??

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang sebaiknya berobat ke dokter tulang dan mungkin perlu pemeriksaan MRI lumbal

  5. ndhexs says:

    dok saudara saya sakit pada pinggannya,pahanya pegal sekali sampai ke betis, saudara saya jg punya asam urat, apakah itu dr asam urat, atau hernia, atau penjepitan saraf dok

  6. gini dok..
    saya usia 45 thn..
    pas di dekat pinggang kanan dan kiri saya terasa sakit,, apalagi mau sholat,, jdi susah..
    sakit nya tuh ,, serasa di tinju orang gitu loh dok..
    kira-kira penyebab nya ap ya dok???

    terimakasih :)

    • muki partono says:

      Nyeri pinggang zering dialami oleh zetiap orang, umumnya krn kekakuan otot, coba setiap habis solat lakukan posisi berbaring terlentang selama 5 mn dan lakukan olah raga berenang rutn 1 kali seminggu

  7. gunawan says:

    Pak Dokter saya mau konsultasi keluhan sakit yang selama hampir setahun ini saya derita. @ertama gejala demam ketika bangun pagi pinggang sebelah kiri, pinggul dan keki terasa sakit dan kemeng. Bersamaan sakit ini juga saya rasakan di perut kiri bawah dan gangguan kemih seperti layaknya gejala isk (infeksi saluran kemih) ketika saya konsultasi ke dokter uorologi berdasarkan hasil lab darah lengkap urinanalisa, psa, ct scan ginjal dan prostat serta saluran kemih normal. Terus saya lanjutkan konsultasi ke dokter syaraf dan saya dianjurkan untuk MRI dan hasilnya memang ada spasme ringan pada otot pinggang hal ini katanya normal karena faktor usia (48 th) dan dokter memberikan obat myonep tetapi sampai sekarang sakit ini beum juga sembuh. .ungkin dari forum ini dokter berkenan untuk memberikan saran. Terima kasih.

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami periksa dan lihat hasil MRI kalau berdasarkan keluhan sih anda mengalam gejala penekanan saraf pinggang, seharusnya dengan MRI terlihat , bisa saja pembacaan mrinya kurang tepat

  8. Jly says:

    Dok,kmarin setlah mandi malam kaki saya langsung terasa pgal skali dan linu. Dari pinggul sampai ke pangkal paha seblah kiri. apakah ini gejala reumatik/ penjepitan saraf? saya wanita usia 29tahun. 3,5thn yg lalu saya melahirkan dgn operasi caeesar, apakah ini berpengaruh?

  9. EDY says:

    Semangat malam dok, saya tanya 3 bulan ini saya tersiksa karena nyeri paha kiri kemudian disertai nyeri tulangpunggung kiri dan berjalan teratih jika gunakan sandal dan sepatu tidak datar, saya cek lab asam urat, rematik, liver negatif..menurut dokter saya ini terkena???? saran dari teman 2 kali sehari minum airputih dan garam sedikit???? Saran dari dokter????
    Trims
    Edy

    • muki partono says:

      anda menderita gejala penekanan saraf , saran turunkan berat badan kalau belum ideal, tidur alas keras posisi terlentang lakukan berenang 1 kali seminggu

  10. mirna says:

    Salam sukses dokter Muki,

    Mhn bantuan penjelasan dok. Saya mengalami sakit pada kaki kanan, betis sampai belakang lutut.Hal ini terasa kalau saya sedang bersimpuh sholat dan jongkok b.a.b. Kalau jalan tdk sakit, sepertinya kaki saya tdk ada mslh. Sudah kedokter, shinse, dan ahli lainnya. Biaya jg sdh banyak keluar dan sedikit pun tdk berkurang. Panggul saya ditekan2, karena katanya sumbernya dari sana. Saya juga sdh foto semua persendian dan tulang, kata dokter, sehat semua. Drmh saya mencari sendiri sumber sakitnya, dan sangat terasa mulai dari jempol, dibawah mata kaki, betis atas, lutut belakang (dalam), sampai berhenti di atas lutut dalam.
    Kenapa ya dok? Terapi sudah saya lakukan lebih dari 10 kali, tapi kok gak ketemu masalahnya. Apakah sakit saya ini, pasti berasal dari panggul saja?
    Terima kasih banyak sebelumnya dokter. Semoga jawaban dokter menjadi amalan dokter, dan berguna bagi orang banyak. Amin.

    • muki partono says:

      Anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang , saran berobat ke dokter tulang dan perlu pemeriksaan MRI lumbal

  11. Ferdian says:

    Dok, saya mau konsultasi dok,
    sebulan blakang aq kan kna gonorhe dan sudah berobat trus dikasih obat n k2 pinggulku disuntik, skrg gonorhe dh sembuh, tpi k2 pinggulku bkas suntik tesbut agak sring krasa nyeri, disamping kiri n kana tulang kemauanku juga sring nyeri dok, trus pangkal paha jga sering kesana pgal2 dok, bkin ngk nyaman, knapa tu dok?
    mhon solusinya ya dok

    • muki partono says:

      bisa jd GOnya mengalami penyebaran ke ginjal hrs hati2, jgn anggap remeh dan sebaiknya anda jgn melakukan intercose lg sembarangan , krnkomplikasi GO itu pelan tapi pasti akan membuat anda menderita, sebelum terlambat jgn ulangi lg , yg paling ditakutkan adalah kuma GO menyebabkan pembuluh nadi besar AORTA dekat jantung itu tipis dan suatu saat akibat tekanan darah jantung yg melebihi kemampuan AORta , akan pecah dan menyebabkan kematian mendadak, saya pernah melakukan otopsi pada kasus spt ini saat dokter muda bertugas di UNIT Forensik

  12. komang says:

    dok.saya 37 tahun, tinggi 159cm , berat badan 63kg. 3 th lalu saya pernah cedera lutut kiri dan kanan krn kecelakaan motor. sejak itu sering merasa lutut tidak enak untuk jalan. tp setahun lebih pernah tidak merasa sakit lutut. tp belakangan ini sering merasa lutut sakit nyeri,ngilu sampai ke betis kadang2. itu karena akhibat cedera sebelunya apa karena berat badan ya? mohon infonya sebaiknya saya hrs melakukan apa?

  13. Adi says:

    Dok saya menderita sakit pinggang sampai betis kanan terasa pegal sekali, penyakit apa yg saya derita dok?

  14. Yana says:

    Salam sejahtera,,,,
    Saya yana dok, saya umur 27 tahun sudah 1 bln ini saya menderita sakit pada pinggul kanan sehingga mengakibatkan betis kanan ikut terasa pegal/ngilu. Yang saya mau tanyakan sakit apa yg saya derita dan apa yg harus di lakukan untuk penyembuhan nya?.terima kasih.

    • muki partono says:

      nyeri pinggul dan nyeri pada betis biasanya akibat penekanan saraf pinggang saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  15. Nana says:

    Dok,suami saya,mendadak paha kirinya sakit nyeri kalau di tekan,menjalar sampai kaki.yang saya mau tanyakan sakit apa yg di derita suami saya dan apa yg harus dilakukan untuk penyembuhannya. Terima kasih

  16. Dok saya mau konsultasi ni, saya sering sakit perut sebelah kiri,sampai pinggul sebelah kiri dan ke kaki. Klo di kaki betis saya terasa sakit pegel gitu deh dok. Tadi saya konsultasi ke dokter(cek darah, urine) katanya untuk periksa ginjal, eh ternyata bagus semua. tensi saya 170/110. Saya punya penyakit apa ya dok?.
    umur saya 49 tahun jenis kelamin saya perempuan
    terima kasih dok maaf mengganggu ya..

  17. den mark says:

    Dok saya umur 45 th, 10 tahun yg lalu saya mengalami kecelakaan dan tangan sampai bahu tidak bisa diangkat, semua aktifitas pakai tangan kiri, tangan bag atas terasa tebal/tidak terasa dan tangan kanan berat seperti menggantung di bahu kanan, apa yang harus saya lakukan dok ? tolong dijawab terima kasih

  18. riyanti kusuma says:

    saya mau tanya dok, usia saya 22 tahun. pinggang saya bagian kiri sering sakit. ini sudah terjadi selama hampir setahun yg lalu. sudah fisioterapi dan hilang nyerinya tapi skrng2 mulai terasa lagi dan lebih parah dr kemarin2. sekarang terasa sampai ke betis nyerinya. kira2 pengobatan yang tepat apa ya dok? dan apakah itu syaraf terjepit?
    terimakasih :)

    JAWAB : ANDA BENAR GEJALANYA KHAS SUATU PENEKANAN SARAF PINGGANG SARAN KONSULTASIKAN KE DOKTER TULANG DAN PERLU PEMERIKSAAN MRI LUMBAL UTK MEMASTIKANNYA

  19. Jesy says:

    Dokter sy mau tny,knp sy sering sakit teggang/ngilu di paha kiri y,udh gt di bawa berdiri jalan sakit bngt sampai betis,jd jalanya kayak orang pincang tp gak lama.tp sering dtng sakitnya.penyakit apa y dok.mksh

  20. anis syahidah says:

    dok saat ini saya sering sekali mengalami nyeri dipangkal paha sebelah kiri, jika saya duduk rasanya spt ada yg mengganjal. sepertinya nyerinya menjalar ke kaki dan bokong saya. saya sering sekali sembelit dok. dan kemarin2 sering nyeri kembung di perut sebelah kiri. lalu saya minum vitazym nyeri perut saya hilang namun nyeri dipangkal paha smp kaki dan terutama bokong masih ada sampai saya susah duduk. kira2 sy sakit apa ya dok. jika berkenan mohon dibalas. terima kasih

  21. tini says:

    dok. saya sakit pinggang yg menjalar kekaki..hasil xray katanya dagingnya mlintir. apa maksudnya apa juga termasuk penyempitsn syaraf juga? mksh

  22. ratna sari dewi says:

    dok.saya mahasiswi 20 tahun,berat 45, tinggi 160, Udah hampir 2 tahun saya sering merasakan sakit dan ngilu dari pinggang hingga tumit,sakitnya pindah2 dok,kadang di sblh kiri kadang di sblh knanan,ramadahan kmrn puncaknya,abis brsh2 rmh, ke dua pinggul,paha,betis, smpai tumit,sakitnya minta ampun dok,aku cm dipijitin sm mama dan pakek counterpain.dan lumayan reda sakitnya,dan skrng sering kumat lg,wlpun cma nyeri tp bkn aku ngk bisa aktifitas dok. Sbnrnya saya kn rematik atau apa dok? mohon sarannya ya dok.

  23. ratna sari dewi says:

    o ya dok,dokter praktek d rumah sakit mana aja dok? Saya tinggalnya di depok.. Kr2 rmh sakit mana yg dekat dok?

  24. dadi says:

    Dok saya sakiti pantat kirir linu bangttt sampe nyeri nya sampe k paha n betis itU penyakit apa ya dok????

  25. yanti says:

    hai dok.. dok saya punya masalah dgn pinggang saya. oya saya wanita umur 22 thn sudah menikah tp blm punya baby.. dan fostur tubuh terbilang gemuk bb saya 84 kg.
    yg saya keluhkan pinggang bagian belakang sebelah kanan sakit dan sakit menjalar sampai ke paha,betis serta telapak kaki. dan klu saya mengalami saraf terjepit sya harus gmn dok? hal terbaik apa yg harus saya lakukan?
    mohon penjelasanya yg lebih detail ya dok.. agar sya mudah memahaminya…

    • Muki Partono says:

      hal yg pertama berat badan harus turun sampai batas ideal kalau mau nyerinya hilang , lakukan berenang, dan periksakan MRI Lumbal

  26. rini says:

    met sore dok…saya sering terasa nyeri seperti ditusuk di daerah bokong,berdiri terlalu lama dan berjalan terlalu jauh pasti sering terasa..saya sakit apa ya dok???

  27. majustan says:

    pagi dok nama sy majustan,umur 33 brt badan 70 kg .sy mengalami sakit pinggang sdh 1 thn sdh pernah berobat ke dokter sm MRI juga sdh ternyata tlg pinggang sy tergeser no l 45 sdh berobat terapi tp tdk sembuh2 selalu sakit terus bgm solusinya dok..

    • Muki Partono says:

      saran pakai korset dan lakukan olah raga berenang, tidur di alas keras , dan kalau tdk berhasil juga lakukan operasi utk melonggarkan sarafnya yg terjepit

  28. majustan says:

    pagi dokter…sy majustan,sy sdh pakai korset,olah raga berenang dan yoga tiap pagi, tp selalu sakit di pinggang tdk hilang..apa lagi pada saat tunduk paling sakit sekali dokter,klo di operas.misal kan apakah bisa sembuh total??dan kira2 biaya operasi nya berapaan kira2 ya gambaran sj dokter..terimakasih..

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome