Ruptur Meniscus Medial

Assalamualaikum,
Saya Wisda,dok. Saat ini saya mahasiswa FK th ketiga di Jogja. Saya pernah mengalami cidera di lutut kiri saya waktu SMA akhir, akibat trauma kronik (mungkin) saat lari2/jogging/main bola dan juga diskolasi tendon m.peroneus karena ruptur retinaculum. 1th yg lalu saya dioperasi utk keluhan dislokasi tendonnya, dan pernah di-USG di bag. lutut dan terlihat meniskus medial saya ruptur. Waktu itu hanya keluhan di ankle saja yang ditindaklanjuti/dioperasi karena sangat mengganggu, lutut tidak diapa2kan. Saat ini keluhan yang saya rasakan :
1. kadang dari posisi fleksi lutut ke ekstensi terdengar bunyi “klek” (misal saat duduk ke sujud waktu solat)dan juga saat lutut dalam posisi fleksi menggantung dan diayunkan ke kiri dan ke kanan
2. kadang lutut terasa lebih nyeri saat beraktivitas berat (tapi ringan, mungkin hanya skala 1 dari skala 1-10), dan lutut sedikit terasa kurang stabil

Belum pernah ada tindakan apa2. Yg saya khawatirkan jangka panjangnya sebenarnya adalah resiko utk terjadinya osteoarthritis di lutut. apakah mungkin kasus saya ini masih bisa dilakukan repair meniscus secara arthroscopic? (mengingat sudah hampir 3th meniscusnya ruptur)

terima kasih,dok.
Salam.

jawab : kami tunggu di jakarta, segera dilakukan artroskopi utk mencegah secondary OA

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome