Retak/pecah tulang panggul

September 5, 2010 Dr Menjawab Leave a reply

Yth. Dr. Muki

Dok mohon penjelasan tentang operasi tulang panggul yang pecah pd ibu saya yg saat ini sudah berusia 85 tahun. Awal terjadinya musibah ini adalah pada saat dari duduk dan akan berdiri beliau kehilangan keseimbangan terus jatuh terduduk, setelah dibawa ke rs dan dilakukan pemeriksaan dokter bedah yg memeriksa menyarankan bahwa ibu saya harus dioperasi (istlahnya kalau tdk salah monoporal/tidak dibius total supaya organ2 vital lain tdk terganggu dengan proses bius tsb) Pertanyaan kami adalah apa resiko terbesar yang akan dialami apabila :
1. Dipoerasi dengan usia yg sudah lanjut dan penanganan apa yg kami lakukan setelah dilakukan operasi? Sembuh seperti sediakala memang tdk mungkin, tapi apakah bisa berjalan normal (tidak pakai kursi roda)? Karena setahu saya meskipun tdk cedera tulangpun apabila usia sudah sedemikian lanjut kebanyakan sudah pada pakai kursi roda.
2. Apabila tidak dilakukan operasi, terapi apa saja yang harus dijalani oleh ibu saya.
3. Mungkinkan dengan usia yang sdh lanjut tersebut dilakukan operasi mengingat kondisi jantung ibu saya kurang baik (pernah sakit dan juga ada diabetes)?
4. Sudah beberapa tahun terakhir ini pendengaran ibu saya juga sudah jauh berkurang malah yg sebelah kiri sudah tidak berfungsi (pakai earing)dan mata selalu mengeluarkan air mata (karena diabetusnya)

Mohon solusi yang terbaik bagi ibu kami.
Trimakasih atas bantuan dokter untuk menjawab masalah yg kami hadapi.

jawab : kasus ibu anda hrs ditangani dgn benar, sebaiknya memang operasi penggantian panggul sebagian, kami punya pengalaman menangani kasus spt ibu anda pada usia2 yg lbh tua, 83 thn, 86 thn, 93 thn, operasinya relatif aman dan ibu anda tdk perlu dibius total, hanya sebagian (epidural atau spinal), dan bisa jln spt biasa  3 hr setelah operasi, dan berjalan tanpa tongkat setelah 1 bulan

Rgds,
Christine

About author:

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome