Retak Tulang

Dok, Saya penggemar bulutangkis. Tangan saya sudah sebulan nyeri jika tangan kanan saya ditekuk atau memukul bola. sudah dirontgen oleh RS dan didiagnosa retak tulang. Bagaimana pengobatannya? terima kasih

jawab : istirahat main bulutangkis, konsumsi kalsium dan vit D3, tunggu waktu penyambungan tulang minimal 1 1/2 bln

About author:

76 Responses to “Retak Tulang”

  1. rosnawati says:

    Dok. waktu kecelakaan anak saya umur 4 tahun mengalami retak tulang bahu, dan di suruh pakai sling ahm dia cuma mau pakai selama 4 hari setelah itu gak mau lagi, sekarang ada bengkak di bahunya, gimana penanganannyha dok? terima kasih

    • muki partono says:

      biarkan saja., bengkak hal yg wajar nanti akan hilang sendiri, kadang2 disertai benjolan setelah 3 minggu itu krn tulang muda yg tumbuh (kallus) juga tak apa2 seiring berkembang usianya nanti akan hilang

  2. chacha says:

    dok,,temen saya mengalami retak tulang di kakinya,,terus mau tanya cara pengobatannya gimana?

    • muki partono says:

      rtak atau patah sama saja pengobatannya, bila posisinya masih baik biasanya hanya dipasang back slab saja dan minum obat , asupan kalsium, vit D3

  3. Arya says:

    Dokter, tulang di sekitar lutut saya retak, kira2 brp lama y sembuhnya??

    • muki partono says:

      proses penyambungan tulang dimulai 3 minggu, 1 1/2 bln sdh ada tulang muda dan kekuatan 20 % menahan beban selanjutnya makin padat dan sempurna setelah 6 bulan,

  4. jaka says:

    dokter, kaki kiri putra saya jalannya pincang akibat jatuh terpeleset. udah agak lama jatuhnya. ketika di rontgen ada retak di tulang pantat sebelah kiri. apa yang harus saya lakukan selanjutnya dok? bisakah anak saya berjalan dengan normal lagi?

    • muki partono says:

      biarkan saja kita evaluasi berikan vitamin dan kalsium yg cukup, biasanya anak2 cepat , jgn dipaksa biarkan saja kalau memang sdh tdk sakit anak2 akan aktif sprt biasa

  5. doni says:

    dok mau nanya,swaktu saya main bola, jari jempol saya trtendang teman,kmudian jari saya membengkak,gmna dok?

  6. riri says:

    dok,kaki putri saya retak, sehingga g bs jalan. umurnya 2thn, udah di bawa ke dr tulang.udah di gip. Kr2 sembuhnya lama g?
    Denger2 jg, retak jg bs kambuh y dok. Semisal udah gede, kesleo dikit kambuh. Bnr g??

  7. Bagus says:

    dok, jempol kaki kiri saya pernah ketendang sewaktu bermain bola. kejadiannya sekitar 1 bulan yang lalu, namun sampai sekarang masih sakit di bagian(tulang) sekitar jempol. sembuhnya berapa lama ya dok?

  8. tanto says:

    dok tulang kaki yg kecil bag bawah retak 2/3 stlh d gips slama 4hr d rongsent jd patah. apa perlu d beri pen? bs lepas gips kira2 brapa hr? umur sy 33 th. trima kasih.

    • muki partono says:

      kalau memang posisinya tk baik sebaiknya di operasi kalau tdk lanjutkan saja gips di lepas setelah 1 1/2 bulan

  9. ferari says:

    slamat malam dok. 2 bulan yg lalu saya kecelakaan dan tulang tlapak kaki yg ke ibu jari retak. Dioperasi stelah 2 mggu krn awalny dokter blg ga prlu (dkter bdahny memeriksa stelah 5 hri dan wkt itu keadaany kaki bengkak). Setelh bengkakny bkurang, ada nampk tulang mnonjol kluar shingga dokter mlakukan operasi dan tonjolany bkurang. 1 mggu yg lewat saya minta di rongten dan hasilny tlg retak tdk dirapatkan (hanya bagian yg mnonjol ke kulit yg drapikan) dan ujung tulang yg patah tidak rapi nyambungny (hanya sebagian yg nyambung). Tadi saya tanya suster knapa tlg retakny ga dirapatkan agar ujung tulang yg patahny rapi nyambungny, dan jawabny krn waktu operasi celah2 antara tlg retakny uda muncul tulang yg muda. Dokterny blg itu tdk apa2, tapi teman kuliah di kdokteran blg kmungkinan kekuatan tlangny akan rapuh dan ujung tlang yg retakny tdk nyambung akan menyebabkan ngilu. Yg mana yg benar dok. Dokterny atau teman saya? Dan apa yg hrus saya lakukan. Ada ga makanan/minuman yg mempengaruhi penyembuhan tulang jadi lambat? T.kasih dok.

    • muki partono says:

      kami lbh percaya ke dokter yg operasi krn kondisi keadaan yg sebenarnya itu lbh penting jangan pakai paatokan foto rontgen krn , kondisi foto rontgen tdk menggambarkan kondisi sebenarnya, konsumsi kalsium dan vit d3, tunggu waktu saja nantu tulangakan memadat

  10. billy says:

    Dokter Muki yang baik saya mau tanya,kira” 3minggu yg lalu tulang kering saya retak..sekarang sudah tidak begitu sakit kalau di gerakan cmn sekarang koQ di tulang kering yg retak ada benjolan/bengkak..trus dok setelah lama tidak di gumakan otot paha menjadi kendorgmn cara melatih nya aga r otot nya normal lg soal nya kaki kanan saya jd agak kecil..trima kasih dokter

  11. Emil says:

    Hi dok, mau tanya. Mama sy lutut(batok) kaki kanannya wkt dirontgen terlihat retak ( pecah ) satu garis akibat jatuh terpeleset. sedangkan posisi tulang lain mase bagus. terus di operasi pake kawat utk memrekatkan retakan. sy mau tanya dok kira2 apakah solusi yg diberikan sudah benar ? terus proses penyembuhan butuh berapa lama ? dan apa yg hrs dilakukan (dilatih) utk kakiny yg patah, apakah hrs sering dipakai jalan atau justru tidak. selama proses penyembuhan mama juga menkongsumsi obat kalsium dan vitamin d serta susu kalsium (anlene). fyi, mama sudah umur 63 tahun. thx dok untuk responnya. regards-emil

    • muki partono says:

      Masalah pemasangan kawat kami rasa dokter yg mengoperasi lbh tahu kondisi tulang yg sebenarny, proses penyembuhan sesuai patah tulang pada umumnya 3 minggu mulai ada penulangan dan selanjutnya sampai 6 bln,

  12. andri says:

    Dok..
    Sya mau tanya, udh 2 bulan ini kaki saya sebelah kanan blm jg ilang rsa sakit. Tersa sakit n ngilu bila wkt jongkok atau saat mau ditekuk.
    Bgian yg skit itu persis disendi(engsel)antra tulang paha & tulang kering bwah(dblkang dengkul lah dok istliahx yg sakit).Apa itu jg sma sya mngalami keretakan tulang?
    Trus solusinya gmna dok…selain menambah kasium & vit D3?
    Trims.

  13. andri says:

    sya takut dok klau hrs diperiksa ke rumah sakit.
    Krna bs syok sya jika sya hrus tau penyakit yg sya derita nanti.
    Apa itu sngat berbahaya dok dgn gejala penekanan syaraf itu?
    Sya takut retak tulang dll yg mengakibatkan sya hrs menderita rsa sakit dan ngilu ketika melakukan gerak kaki ditekuk,kmudian ditegakkan kmbli pasti trsa sakit. Sudah 2 bulan ini rsa sakit itu blm jg hilang dok. agak susah sya ketika sholat akan melakukkan sujud & duduk tahiyat psti trsa sakit. Tetapi bila sya lakukkan lari2 pemanasan kecil 5x putaran, seakan2 hilang rsa sakit itu.Jd bingung sya.
    Trims dok.

  14. Hozin Abdul Fatah says:

    Selamat malam Dokter. Ayah saya jatuh sudah 1 bulan 1 minggu masih di tempat tidur belum ada perkembangan yang signifikan, dan ketika di ronsent terjadi patah tulang di persendian kaki dengan pinggul, dan menurut dokter terjadi patah empat bagian yang harus di operasi di pen atau di ganti sendi. Masalahnya saya khawatir karena ayah saya sudah berusia lanjut (99 tahun). Mohon petunjut lebih lanjut, sekiranya tidak di operasi apakah ada solusi lain? Atau memang harus segera dioperasi? Jika tidak dilakukan operasi akibatnya seperti apa? Apakah masih bisa memulihan alami pada tulangnya….terimaksih?

    • muki partono says:

      Usia tua jgn jd halanhan utk operasi, yg penting kondisi fisiknya, kalau sebelm jatuh bisa jalan sendiri, arinya bapak anda termasuk orang yg aktif, jd pertimbangkan utk tindakan operasi pengganian sendi panggul, agar bisa jalan kembali, kami punya pengalaman menangani kasus spt ayah anda pada usa 98 tahn dan 105 tahun

  15. Hendri says:

    Dok, mau tanya, kmrn jatuh terpeleset dari kamar mandi dan di tulang ekor rasanya sakit dan linu. Kira2 knapa dok? Bisa sembuh dlm brp lama??

  16. janto says:

    Dok,
    istri saya terpeleset 1 minggu lalu. Telapak kaki kiri bengkak dan berpindah-2 sekitar telapak kaki kiri, dari sisi luar, sisi dalam atau jari-jari. kadang-2 berwarna biru-biru.

    ada memar/ bercak biru kehitaman di sisi luar dekat tumit bawah mata kaki, tapi sudah mulai hilang.

    setelah 1 hari berani berjalan, tapi samapai sekarang (1 mggu) masih bengkak-2 terus (timbul-tenggelam) dan masih agak pincang menahan rasa sakit, ngilu.

    makasih.

    • muki partono says:

      Sebaiknya pasrikan dengan foto rontgen kalau tidak ada patah pada kaki istri anda , dan problem bengkak yg hilang timbul pada kaki hal yg sering terjadi kadang bisa sampai 4 bulan baru kempes kembali normal

  17. agung says:

    dok, 2 hari yll sy kecelakaan, tulang kering bagian depan sy retak lalu di gips unt meminimalisasi gerak & blm boleh unt mnyangga bebap/napak.
    keterangan dlm rontgen:
    1)manus dextra et sinistra AP, oblique
    tak tampak kelainan dssa manus dextra et sinista
    2)cruris dextra AP, lat:
    fractusa in completa tibia dextra pars tertia media dengan oposisi dan alignment baik.

    pertanyaan:brapa lama kira2 kaki sy bisa normal/bisa untuk jalan lagi?

  18. lia says:

    dok, kalau kekurangan masa tulang cukup ga kalo cuma konsumsi vit.B kompleks dan susu berkalium tinggi aja?

  19. ria says:

    Dok, anak sy 17bln retak pada bagian tulang kering dkt dg pergelangan kakinya. Diagnosanya fraktur greenstick. Anak saya jadi tidak mau jalan lg. Yg sy mau tanyakan apakah fraktur greenstick itu? Anak sy digips smpai menutup lututnya jadi tidak bisa ditekuk. Apa tidak apa2?? Apakah anak sy bs berjalan normal lg ? Kira2 pemulihannya brp lama sampai anak saya bs jalan normal lg dok ?? Mohon dijawab ya dok . Trmakasih

  20. Dok,saya mau menanyakan sesuatu.
    saya jatuh dari motor sehingga tulang kaki kanan saya RETAK .
    saya sudah pakai GIPS,,sekarang sudah tidak memakai nya lg,.
    apa yang harus saya lakukan untuk kedepan nya
    saya sudah 1 Bulan lebih dgn penyakit inii,,
    sekarang saya sudah bisa berjalan,,tetapi belum seperti biasa nya.,
    Umur saya 16TH ..

    Mohon Sarannya Dari Dokter :)

  21. rudy huang says:

    dok,ibu saya terpeleset dan menggalami retak pada batok lutut nya
    trus solusi yang baik gimana dokter

  22. imam says:

    dok, sya keclakaan motor kata tukang urutnya retak di bgian pergelangan kaki kiri,.sya lihat tdk ada tonjolan tulang “polok” di sblh luar kaki , udh diurut dan dipasang kain perban..
    kira2 berapa lama sya bs jalan, untuk menumpu badan msh terasa pegal.dan linu ,yg saya takutkan jka latihan berjalan bsa merubah posisi tulang?

    • muki partono says:

      pak imam pastikan dulu dengan foto rontgen kalau memang retak tdk bisa tanpa rontgen foto, krn kita hrs tahu posisi retaknya bagaimana , saya duga anda bukan retak tapi patah pada tulang pergelangan kaki,

  23. sansan says:

    dok, saya pernah jatuh dan tulang kering yg kecil di kaki kanan patah…lalu ke dokter dah di suruh pake krug aja…2 minggu kemudian kontrol dan dinyatakan sembuh…3 bulan kemudian dengan rasa penasaran saya rontgen lg ternyata masih patah…tapi saya sudah beraktifitas spt biasa…saya kontrol lg ke dktr dan dia bilang tulang kering yg kecil itu patah ga pa pa…fungsinya cm buat nempel otot aja…dia blg kalo dari atas smp bawah dia potong dan di buang pun saya msh bisa berjalan dgn baik…pertanyaan saya, apakah benar hal itu tidak masalah dok?? terima kasih

  24. gandi says:

    Dok, saya sedang mengalami retak jari kaki kanan, kejadian nya sudah 3 bulan yg lalu akibat jatuh dr motor.langsung bawa kr dokter dan discan, terlihat tulang retak di jari kaki.

    Sampai sekarang jalan jadang terasa ngilu dan sakit terutama kalo banyak jalan.

    Saya terakhir scan, masi retak sih..
    Kenapa sembuh dan normal nya lama y?
    Dibagian retak terlihat ada kulit kehitaman…

  25. ramdan dwi aprianto says:

    sikut kiri sya retak dok,sudah sya urut dan sudan berjalan 2 minggu,tp ko blm bisa buat nekuk ya dok,klo pun sy latih bs sedikit” tp untuk nekuk 90 drjt blm bisa,
    Apa mungkin posisi tulang nya yg blm bnr ato msh ada luka pd tulang nya sehingga selalu nyeri dan linu saat sy coba latih.

    • muki partono says:

      cedera pada siku baik patah/retak memang masalahnya adalah kekakuan yg sering terjadi sebaiknya lakukan fisioterapi tapi jangan dipaksa harus dilakukan oleh fisioterapi yg biasa menanganinya

  26. nia says:

    dok.saya baru saja mengalami retak tulang pada bahu,
    tapi kepala saya seolah2 mengikuti arah bahu dok.agak miring ke kanan.itu kenapa ya dok?

  27. winanti santi says:

    Sore dok. 17 hr yg lalu sy jatoh dr motor, kaki kiri sy retak dan sekarang kok msh terlihat bengkak.
    Padahal asupan gizi tiap hr minum Yogurt, keju , susu ama roti, lauknya pun utempe, lele, dan dgg sapi. Obatnya pun calsium tiap hari ama antibiotk.
    Apa yg hrs sy lakukan?

  28. riana says:

    Dok,dua tahun yg lalu, saya prnh terpeleset ketika turun tangga dan jatuh dgn posisi terduduk.bokong sblh kanan memar.kmdn bagian bokong atas agak mati rasa.skr punggung bawah srg nyeri dan kesemutan di punggung atas.apakah itu adlh gejala tulang retak dok?

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang atau punggung sebaiknya dikonsultasikan ke dokter tulang dan pastikan dengan pemeriksaan MRI Lumbal

      • Halo Dokter….
        Istri saya mengalami kecelakaan waktu naik sepeda motor…dan setelah di rontsen terjadi retak di bagian pinggul sebelah kiri.
        Yg saya baca dihasil Rontsennya sbb:
        Retak proximal sacroiliac join kiri,ada fragment2 kecil lepas.
        Lalu setelah itu sy bawa ke Dokter Ahli Bedah Tulang dan Sendi,,,,setelah diperiksa lalu dilakukan tes berbagai gerakan tp normal semua.
        Dokter itu bilang mmg ada retak sedikit tp semua itu tdk apa2…kemungkinan ada masalah dibgian ginjal..disuruh ke dokter ahli ginjal.Mmg istri msh merasakan ada yg sakit dibgn pinggul sebelah kiri.
        Jd apa yg sy harus lakukan Dok..???

  29. maikel says:

    dok saya mau nanya,,, saya terpeleset jan jatuh bertumpu pada dengkul kanan saya,,,saya merasa nyeri sangat pada saat kejadian,,,terjadi memar dan saya urut,,sudah 5 bulan kaki saya masih sakit jika di tekan ,,apa lagi saat belutut,,saat di tekan kadang sakit dan dia terasa kontak dan kaku di bagian otot kanan atas tulang kering,, kalau berjalan tidak mengalami sakit,,

    apa yang harus saya lakukan dok? ini bahaya ya dok?

  30. erniwati says:

    Malam dok, putri saya (4th) minggu lalu kaki kirinya digips krn retak tulang keringnya. Dr cm resepkan cfspan (utk 3hr) dan multivitamin elkana, dsuruh cek kembali stlh 1bln. Kira2 cukupkah hanya dengan resep tsb utk penyembuhannya? Stlh gips dlepas, bisakah kakinya dpake lari/lompat sblm 3bln? Anak2 kan susah diingatkan kecuali wkt pke gips. Makasih sebelumnya dokter Muki

  31. Anis says:

    Sore dok, saya (38 thn) mengalami retak di siku kiri (fracture olegrawon). Saya berobat ke alternatif dan sudah berjalan 1,5 bulan. Sudah ada kemajuan namun masih sedikit kaku dan sedikit bengkak dan belum bisa ditekuk. Yang ingin saya tanyakan, kok di siku kiru saya ada seperti benjolan ya Dok ? Saya mengkonsumsi suplemen Joint Health. Mohon pencerahannya Dok. Terimakasih.

    • Muki Partono says:

      anis sebaiknya dilakukan tindakan benjolan yg anda maksud itu adalah tulang yg patah, pengalaman saya patah tulang olecranon hrs dioperasi krn kalau tidak setiap anda coba menekuk tulang yg patah akan saling menjauh dan hal ini yg akan membuat tulang tdk menyambung

  32. hendra says:

    dok saya mau nanya/..tangan saya udh 1minggu keclkaan krj..hsil ronzen baikk..cuma bengkak udah hilang.tpi d bagian ktiga jari sya msi trasa nyeri dan sering kesemutan..apkh yg hrus sya lakukan dok..mohon di jjwb scepatny dok

  33. andre says:

    Dok dulu pergelangan tangan saya yg kanan itu sakit karna buat latian bmx setelah saya pijat Kata orangnya 2 minggu sudah sembuh …. Setelah 2 minggu sembuh dok lalu 2 minggu kemudian saya buat latian bmx lagi setelah di buat latian tangan saya mesti sakit lagi . saya datang ke tukang pijat itu Dan di pijat lagi setelah di pijat katanya ada yg retak Dan sekarang go boleh latian dulu . apakah tangan saya bisa kembali normal dok ?? Dan apakah saya bisa Latvian lagi??

  34. dafi says:

    Dok,pergelangan kaki saya Sabtu 1 minggu yg lalu mengalami cidera engkel,sudah di pijat,tapi sampai skrg kaki saya merasakan ngilu di sektar kaki bagian tungkai belakang dok,dan mata kaki jika di sentuh serasa ngilu,apakah itu berbahaya dok? Bagaimana cara menanganinya?

  35. bu mariyah says:

    mau tanya dok. 2 hr yg lalu suami terpeleset nd jatuh dr pohon mangga, ada lecet d bag lengan,lutut dan tulang rusuk kanan. kadang ia susah bernafas/sesak dan dadanya terasa sakit? bgm dok penanganannya?trims

    • Muki Partono says:

      lakukan foto rontgen dada kemungkinan patah atau retak, kalau patah atau tdk patah hasilnya sebaiknya dipasang plester yg lebar melalui daerah yg nyeri bila ditekan pada dada yg mengalami memar/patah, dan konsumsi obat nyeri utk sementara

  36. theresia says:

    dok, saya mau tanya jual gips untuk jari dimana yah? soalnya jari kelingking saya retak akibat jatoh dari motor.. terimakasih dok..

  37. Dokter muki yang terhormat,kira2 udh hmpir 3 blan yang lalu aq kclkaan ,kclakaan d bagian lutut,lutut aq pecah jadi 2 dan seketika itu aq langsung d opersi dan d pasaang pen dan kawat yang berbentuk angka delapan…yang aq mau tanyakan kira2 butuh berapa waktu lagi aq bisa main futsal n berlari dok?

  38. mulyadi says:

    Doc,mau tanya..
    Saya mengalami patah tulang rawan (remuk) di ensel jari manis (hasil rontgen).
    Sebulan kemudian di operasi dan dipasang kawat.
    Setelah sebulan kawat pun dilepas,tetapi jari saya tetap kaku tdk bs di lipat dan bengkak.
    Dokter mengatakan jari saya udah cacat.
    Apa ada solusi lain agar hari saya bisa menekuk kembali?

  39. Ismi Luthfi Anzalni says:

    Assalammu’alaikum. Dok ,kan wktu itu saya sparing .. nah kaki bagian dpn saya pa adu dgn lawan.. lalu kaki saya memar.. awalny rda biru trus kecoklatan.. dan ketika udh bbrpa lama malah ada benjolan.. itu knp ? Sarannya gmn? Sebaiknya apa?

    • Muki Partono says:

      anda mengalami cedera , pertama kompres dingin 2 kali sehari selama 20 mnt saja, lalu pastikan foto rontgen apakah ada patah /retak pada tulang krn penanganannya akan lain

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome