penyakit di sekitar pantat dan pinggang

December 26, 2010 Dr Menjawab 109 Comments

Hallo Dokter,
saya Yudhi, ingin berkonsultasi mengenai penyakit yagn saya alami sejak akhir oktober 2010 / awal november 2010 hingga sekarang akhir desember 2010.

tgl 30 oktober 2010 saya jatuh dari kursi plastik (kursi warung2 makan, tinggi sekitar70-80 cm). kursi plastik tersebut patah di ke3 kakinya, sehingga saya jatuh dengan posisi duduk,condong kebelakang, dengan tangan kiri menahan badan+kepala agar tidak kena lantai. awalnya yang saya rasakan sakit di bahu kiri, karena waktu jatuh saya menahan badan saya dengan tangan kiri. selama 1 minggu bahu kiri saya masih terasa sakit, apalagi kalau suhu udara dingin. waktu itu saya masih bisa berjalan normal.

tepat setelah 1 minggu saya jatuh, saya tidak bisa jalan, pangkal kaki kiri (dekat selangkangan) saya sakit sekali, disekitar pantat kiri rasanya nyeri luar biasa dan nyeri di pinggang kiri. saat kaki kiri digerakkan sedikit saja rasanya sakit, apalagi dipakai untuk berdiri + berjalan.

kemudian saya dibawa(diangkat) ke rumah sakit, dokter menyarankan untuk rontgen di bagian selangkangan (tulisan dokternya bagian pelvis). hasilnya tidak ada retak atau patah tulang di tulang ekor, dan ujung kaki kiri.

karena tidak ada patah atau retak, saya mengira paling keseleo, jadi selama saya tidak bisa berjalan (karena nyeri yang tidak tertahankan) saya hanya berobat dengan cara memanggil tukang pijat tiap 2 hari sekali.tapi selama kurang lebih 2 minggu rasa sakit tidak hilang.

selang 2 minggu kemudian, saya sudah bisa berjalan tapi pincang, rasanyeri masih ada.sesekali nyeri sangat sakit, sesekali masih bisa ditahan. saya konsultasi dengan dokter spesialis tulang, hasil rontgen yang dulu waktu awal saya sakit saya berikan. kata dokternya tidak ada retak atau patah. kemudian diberi obat sirdalud dan disuruh menunggu 5 hari apa reaksinya
setelah 5 hari, rasa sakit masih terasa di daerah pantat kiri dan pinggang kiri.
kemudian oleh dokter spesialis tulang tsb, saya dirujuk ke dokter syaraf.

dokter syaraf memukul lutut saya, dan lutut kiri tidak merespon sama sekali(lutut kanan bisa bergerak saat dipukul). kemudian diberi obat, namun masih tetap sakit. saya tidak tahu obat2nya karena dalam bentuk kapsul.

hingga awal desember, rasa sakit masih tetap ada. saya kemudian diajak ke dokter spesialis syaraf lain, dan diberi obat yang katanya memperlancar aliran syaraf pusat. efeknya di pantat dan pinggang kiri memang enak, hampir hilang rasa nyeri.

namun setelah obat tersebut habis, rasa sakitnya terasa lagi. saya disarankan untuk MRI dan rontgen (lagi).

2 minggu setelah saya bisa mendapatkan uang untuk biaya MRI, saya MRI di RS Kandang Sapi Dr Oen Solo.

* Hasil MRI :
– MRI vertebra lumbo-sacral potongan sagital dan axial dengan T1,T2 FSE sequence; tebal irisan 5mm. tanpa kontras
– Alignment vertebra lumbo-sacral normal
– Corpus vertebrae tidak kompresi, tidak lesthesis, tidak ada spur
– Discus intervert normal
– Tidak ada canal stenosis
– Tidak tampak penyempitan neural foramen
– Lamina, prosessus spinosus lumbo-sacral masih normal
– Facet joint normal
– Conus medullaris normal

.:. Kesan : MRI lumbo sacral dalam batas normal, tidak ada HNP maupun SOP. Tidak ada kompresi fracture maupun spondylolisthesis

* Hasil Rontgen :
Tidak ada fracture dan luxatio pada pelvis.

Saya kemudian kembali ke dokter spesialis syaraf dan menunjukkan hasilnya.

setelah dilihat hasil MRI dan rontgen, dokter syaraf seperti tidak percaya,kalau saya benar2 sakit. padahal kenyataannya saya sudah buang uang sekian juta untuk MRI, rontgen, dan obat-obat syaraf yang mahal harganya. dokter menduga ada masalah di otot. kemudian saya disarankan untuk fisioterapi sambil diberi obat ranitidin, sirdalud, obat kapsul, dan vitamin B1 B6 dan B12

sekarang sudah akhir desember, penyakit saya sudah 2 bulan dan belum sembuh (sakit di pantat kiri dan pinggang kiri masih terasa, sesekali nyeri sekali,sesekali masih bisa ditahan) dan belum tahu penangannannya.

menurut Dokter, saya ini sakit apa? saya bingung harus berobat kemana. posisi sekarang saya di Solo, Jawa Tengah. kalau sekiranya dokter tahu tempat terapi atau dokter syaraf yang berkompeten di sekitar Solo, mohon Dokter Muki bisa memberi bantuan dan tanggapan.

sebelumnya saya ingin mengucapkan banyak terima kasih, atas kesedian Dokter membaca pertanyaan saya ini.

jawab : bapak adalah kandidat untuk dilakukan penyuntikan pada saraf tulang belakang (foraminal blok) , tujuannya ada 2 ; yang 1. utk memastikan lefel, 2. diagnosis. Sebaiknya tanyakan apakah ada dokter yg biasa melakukan Foraminal Blok , kalau kami sering melakukan hanya butuh 1 hari rawat saja

About author:

109 Responses to “penyakit di sekitar pantat dan pinggang”

  1. bram sivadjati says:

    dokter , penyakit saya sama seperti yudhi seminggu yang lalu lebih tepatnya tanggal 4 juli 2012 pantat bagian kanan sampai pinggul saya sakit , padahal saya tidak pernah jatuh sama sekali

    awal nya saya kira itu hanya nyeri biasa paling besok sembuh , ternyata tidak. Lalu saya panggil tukang pijat , tukang pijat itu mengatakan bahwa saya kebanyakan duduk kurang olahraga , padahal bila rasa nyeri itu datang lalu saya duduk rasa nyeri itu hilang.

    tetapi setelah saya di pijat selama 3 kali rasa nyeri itu tidak kunjung hilang , hanya pinggul sudah tidak terasa nyeri , tetapi bila dipakai untuk berjalan timbul rasa sakit yang luar biasa , apalagi setelah saya bangun tidur , naik tangga dan memakai celana.

    Dokter saya mohon berilah saya solusi untuk menghilangkan rasa nyeri ini , saya sudah bingung harus berbuat apa , padahal sebentar lagi saya sudah mau masuk kuliah

    terima kasih
    Bram

    • muki partono says:

      coba tidur terlentang di alas yg keras, dan konsumsi obat nyeri , jgn diurut lg, kompres es pada daerah yg nyeri. dan lakukan berenang 1 x/minggu , gaya meluncur atau bebas saja

      • trie says:

        Pagi dok,anak saya umur 12 bln’dibagikan bokong sebelah kiri ad benjolan dr anus 3cm…klo ditekan terasa sakit buat duduk juga sakit…anak saya tak mw duduk???itu penyakit berbahaya tidak??bisa diobati tanpa operasi?

        • Muki Partono says:

          anda kemungkinan menderita perianal fistel , hati2 jgn dibiarkan saran konsultasikan ke dokter bedah umum

  2. lies says:

    Yth. Dokter Muki,

    Dokter, saya seorang ibu berusia 48 tahun. Saya sudah lama mengalami sakit di bagian bawah pinggang dan (mohon maaf) pantat sebelah kiri. Biasanya sakit baru saya rasakan sangat hebat ketika akan tidur malam hari dengan posisi terlentang. Ada seperti tarikan otot yang sangat menyakitkan di pantat sebelah kiri & bagian bawah pinggang. Rasa sakit akan semakin hebat ketika saya melakukan gerakan berbalik ke kiri atau ke kanan. Dan bila saya turun dari tempat tidur, saya tidak dapat langsung berdiri tegak, karena menahan rasa sakit, jalan saya menjadi terseok-seok.

    Saya adalah seorang pekerja yang sehari-hari berada di depan komputer kurang lebih 8-12 jam per hari. Saya pernah menjadi peserta KB suntik selama 4 tahun. Sebelumnya sakit di bagian pantat saya rasakan di bagian kiri & kanan, tetapi yang di bagian kanan hilang dengan sendirinya tanpa saya sadari apa yang membuatnya sembuh. Banyak teman mengatakan penyakit saya disebabkan terlalu banyak duduk. Tapi yang membuat saya kurang yakin dengan pernyataan tersebut, kenapa banyak orang melakukan hal yang sama di tempat saya bekerja tetapi tidak mengalami keluhan yang sama seperti saya. Jadi pasti ada penyebab lain untuk keluhan saya ini.

    Tetapi saya agak bingung mau berobat ke dokter apa?. Mohon saran dokter, kemana saya harus berobat, ke dokter saraf atau dokter tulang?

    Terimakasih sebelumnya atas jawaban dokter.

    Lies

    • muki partono says:

      anda memang mempunyai masalah di pinggang bawah , umumnya krn cedera pada otot atau ligament, diperberat dgn pekerjaan anda yg menuntut duduk lama , saran coba lakukan berenang rutin 1x seminggu, duduk diprogram 1 jam anda hrs berjalan dan excercise, lalu bila berat badan belum ideal usahahkan ideal , dan tidur dgn alas tidur yg keras, posisi lutut menekuk sedikit

  3. wichita says:

    Halo dokter…sudah 3 bulan ini setiap saya mens, pada waktu mens terbanyak datang(3 hari saja), selalu pantat bagian kanan saya ngilu/nyeri .sudah 5 dr kandungan saya datangi, ada yg bilang endeometriosis, ada yg bilang bukan dll. pertanyaan saya, tes apa yg hrs saya jalankan?saya takut ada benjolan atau sesuatu. mohon jawaban secepatnya

    • muki partono says:

      kalau anda mau pastikan dengan pemeriksaan MRI Lumbal , utk memastikan ada kelainan lain selain yg disebutkan di atas

  4. dewi says:

    halo umur saya 27 th…
    yang saya mau tanyakan kenapa bagian pantat sampai kaki saya sakit..
    disaat jalan pun susah….
    apalagi malam hari menjelang tidur nyeri di kaki tambah hebat…
    kira -kira saya kenapa????
    makasi sebelumnya….

  5. lenis says:

    dokter sy mau tanya pinggul dekat tulang pinggang sebelah kanan diatas pantat kl jongkok nyeri banget hmpir brsamaan dng payudara sy tiba2 nyeri menusuk2 gt kmp y dok? Mhn petunjuk atas jwnnya sy ucapkan trmksih

  6. lengkonx says:

    Dok, saya mau tanya,, umur saya baru 25 thun, tpi saya sering sakit di bagian pinggang serta bagian pinggul terasa ngilu, kalau di pakai berjalan kaki saya terasa ngilu dan kesemutan, saya sudah berkali-kali ketukang pijet, kedokter, tpi rasa ngilu dan kesemutan hanya hilang sesaat,, setelah itu kambuh lagi,,
    adakah jenis olahraga, senam atau terapi yg bisa mengoabati atau menghilangkan penyakit saya dok??
    karna saya senang berolahraga,

    terima kasih.

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang pastikan apakah ada kelainan penekanan saraf di pinggang atau tdk, krn kalau ada olah raga yg dianjurkan hanya berenang, dan mungkin anda perlu pemeriksaan MRI LUMBAL

  7. mer says:

    Mohon solusi dokter.
    Sekitar 3 tahun yang lalu saya melakukan KB jenis suntik. Setelah 2 minggu saya merasakan pantat sebelah kiri (bekas suntikan) panas dan nyeri. Hingga sekarang masih sering kambuh bahkan nyeri sampai ujung kaki. Dengan pemijatan juga masih sama, kadang nyeri. Apa dengan renang bisa membantu penyembuhan? Terimakasih

    • muki partono says:

      keluhan anda sekarang mnrt hemat kami tdk berhubungan dengan suntikan KB, anda saat ini kami duga ada gejala penekana saraf pinggang yg sdh menjalar ke kaki. saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  8. doni says:

    pa dokter, sya mau brtanya.
    Didalam lubang dubur sya slalu keluar cairan putih yg membuat lubang anus saya gatal, dan sya coba untk menggruknya tetapi tiba2 keluar benjolan putih bnyak skali.
    itu pnyakit apa dan bgaimana mengbtinya.

    • muki partono says:

      sebaiknya diperiksakan ke dokter bedah digestive , kemungkinan anda ada kelainan polip pada usus besar atau , bisa sebab lain

    • iqbal says:

      dok,saya pernah mengalami patah tulang kanan sekitar daerah kertiak akibat kecelakaan 5 tahun lalu, saya hanya menjalani pengobatan alternatif dan fisioterapi, tp tangan kanan belum kuat, dah 2 dokter orthopedi hanya bilang di terapi saja ,tp ga da pengaruh, juga disuruh ronsen tulangnya sudah kuat. menurut fisioterapi tangan kanan saya ga blh ngambil barang/salaman .dan klw bawa beban berat ,setelah itu daerah punggung suka kerasa panas ,kenapa ya dok

  9. Rudy says:

    Dok sy mau tanya ,sy pernah jatuh dari atap rumah ,jatuhnya posisi duduk ,sudah 3 bulan ini pinggang sy sakit apa lagi kalu di bawa duduk lama pas bangun sakit luar biasa ,kira kira cara pengobatan nya gimana ya dok ?sy sudah prustasi dg ke adaan spti ini ,atas saran nya trimakasih dok

    • muki partono says:

      kemungkina anda menderita patah pada tulang belakang dan saat ini mengalami penekanan saraf pada pinggang sebaiknya kami periksa lbh dulu kalau anda domisili di jakarta (Lihat jadwal praktek pada web)

  10. ramadhani says:

    dok, saya mau tanya.
    saya rama, mahasiswa.
    saya baru aja kecelakaan, di sekitar gunung kidul yogyakarta. nah, pada waktu itu saya menabrak tebing. saya sih gpp, tp bokong belakang sebelah kiri sakit bgt. sepertinya sih keseleo. dan telapak kaki kanan itu memar. cara mengobatinya gimana ya dok? terima kasih

  11. hardi says:

    Dok, nama saya hardi, umur 40thn, sdh 1 bln ini sy klu tidur terlentang, bokong trasa nyeri di tambah kaki agak panas, begitu juga klu duduk lama, kadang2 pinggan juga nueri..punggung juga nyeri..sdh 2x ke dokter saraf..cuma di kasih obat vitamin dan obat penenang tidur dan pelancar sirkulasi darah..kira2 apa yg mesti sy lakukan?? Trimakasih sebelumnya Dok

  12. Silo says:

    dok, saya melahirkan bulan nopember 2012, setelah melahirkan kok sampai sekarang saya merasakan bagian maaf .. bawah pantat sampai ke ujung kaki sakitnya gak ketulungan sudah saya kasih obat oles gak sembuh2 sampai-sampai saya gak bisa tidur karena menahan sakit.dilruskan tambah sakit.. apakah ini pengaruh karena saya melahirkan karena waktu pendarahan saya sempat transfusi darah…

  13. Soepasetijantini says:

    Dokter, saya ibu berusia 49 tahun.Sejak beberapa bulan terakhir ini, kurang lebih 6 bulan, saya mengeluhkan nyeri pada bokong dan dirasakan menjalar ke kaki kanan, daerah betis dan sampai kaki kanan .Saya sudah berobat ke dokter spesialis saraf tapi belum banyak membantu dan 1 bln terakhir fisioterapi. Mohon saran Dokter, apakah yang dapat saya lakukan? Karena keadaan ini sangat mengganggu aktifitas sehari-hari saya. Atas penjelasan dan saran Dokter saya ucapkan banyak terima kasih.

    JAWAB : IBU MENDERITA HNP LUMBAL , SEBAIKNYA PERIKSAKAN MRI LUMBAL UTK MEMASTIKAN KELAINAN TERSEBUT DAN SETELAH ADA HASIL KONSULTASIKAN KE DOKTER TULANG

  14. Muhammad says:

    Pak Dokter, baru tadi malam saya mendapatkan serangan mendadak nyeri / ngilu di daerah tulang ekor (maaf) atas pantat. Saya langsung berusaha untuk duduk di lantai dengan kaki lurus untuk mencoba mencium lutut saya, tapi rasanya kaku. Umur saya 24 tahun, sebagian besar waktu saya bekerja dilakukan dengan duduk di depan komputer. Sebenarnya saya belum percaya kalau saya bisa mendapatkan penyakit masalah tulang belakang (walaupun tidak ada yang tidak mungkin), karena saya sering melakukan peregangan otot, kadang berolahraga lompat tali dan basket, dan banyak minum air putih. Saya pernah periksa massa tulang saya, kondisinya baik. Akhirnya saya menggunakan counterpain untuk menghilangkan rasa nyeri nya dan tidur. Pada pagi hari nya rasa nyeri nya masih ada, belum hilang. Mungkin dokter bisa membantu kira-kira ada masalah apa dengan tubuh saya? Mohon saran nya agar bisa sembuh dari sakit ini. Terima kasih.

    JAWAB : KELUHAN ANDA AKIBAT PEKERJAAN ANDA SARAN OLAH RAGA BERENANG DAN TIDUR ALAS KERAS, DAN SAAT DUDUK LAKUKAN TIMER TIAP 1 JAM ANDA HRS BERGERAK , DAN KALAU SEHABIS SOLAT TIDUR 5 MNT UTK MENETRALISIR

  15. afa says:

    Saya mau tanya dok, bagian pantat saya sebelah kiri itu sakit kalo mau tidur telentang atau pun di gerrakan sholat rukuk. Itu kenapa yy? Saya harus gimana?

  16. farida says:

    slamat malam dok. sebulan terakhir ini saya merasakan panas di sekitar pantat kanan dan menjalar menjadi pegal ke daerah paha. saya masih bingung harus periksa ke dokter apa,mohon sarannya. saya wanita usia 38 tahun

    • muki partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang saran dilakukan pemeriksaan ke dokter tulang mungkin perlu pemeriksaan MRI lumbal

  17. deey says:

    Dok sy mo nanya pantat sy sblh kanan dekat dgn dubur (2 ruas jari dari dubur terasa nyeri sekali… terutama kl dibuat duduk. sangat sakit. dubur tdk sakit. kenapa ya dok dan bagaimana solusi penyembuhannya.terimakasih

    • muki partono says:

      nyeri pada dubur , banyak sebab sebaiknya konsultasikan ke dokter utk memastikan kelainan tsb, banyak penyebab nyeri pada sekitar dubur , bisa akibat penekanan saraf , ambein, abses perianal dan lainlain

  18. iin says:

    Malam Dok,
    Sy mo tanya,Ibu sy sering kesemutan di kedua kakinya,tapi hilang dan timbul biasanya dlm posisi berdiri atau berjalan. Awal kesemutan ini dari bokong (yg agak parahh bokong kiri) terasa dingin, menjalar sampai seluruh kaki. ABaru” ini sdh cek dok jantung & syaraf.Kl bag jantung, tdk ada mslh.Bag syaraf mendiagnosa ototnya capek.Menurut dok,sakit apakah ini?Tlg bantu diagnosis dok, dan juga rujukan untuk pengobatan lbh lanjut.Terima kasih

    • muki partono says:

      Ini anda mengalami gejalan penekanan Saraf pinggang Yg disbut SPINAL STENOSIS sering terjadi sebaiknya Lakukan penriksaan MRI LUMBAL utk memastikannya

  19. dayat says:

    selamat pagi pa dokter,
    saya ingin menanyakan sakit istri saya. dia merasakan nyeri ngilu linu di sekitar pinggul ke paha ,sudah 2x ke dokter dan di beri obat natrium diklofenak namun kalau obat nya abis nyerinya kembali sakit.. ingin tau knpa yah dok ada obat yang harus di minum kah ?

    • muki partono says:

      istri anda sptnya mengalami gejala penekanan saraf pinggang sebaiknya lakaukan pemeiksaan MRI lumbal utk memastikannya

  20. Novi says:

    Dok,
    Saya wanita 28th, tinggi 155, berat 64kg. 2 tahun lalu saya hamil, dan selama hamil bokong kiri saya sakit apabila sudah terlalu lama duduk. Sakitnya menjalar sampai kaki.
    Semenjak melahirkan sakitnya menghilang. Namun setiap kali saya mengepel lantai menggunakan kaki saya, bokong saya sampai bagian bawah pinggang terasa nyeri jika saya berubah posisi dari tidur menjadi duduk, atau berdiri ke duduk. Rasanya seperti keseleo, atau urat yang tertarik. Sakitnya paling hanya 1-2hari, setelah itu hilang.
    Sebenarnya saya kenapa ya dok dan bagaimana mengobatinya.
    Terimakasih
    Novi

    • muki partono says:

      khas gejala penekanan saraf pinggang, hati2 jangan mengangkat beban berat dan pastikan dengan pemeriksaan MRI lumbal

  21. khorik istiana says:

    Selamat pagi dok, saya mau bertanya, saya seorang mahasiswa, 2 bulan yang lalu saya jatuh dengan posisik duduk, mohon maaf pantat dulu yang jatuh, karena merasa tdak apa”, jadi saya biarkan, kemudian sebulan sesudahnya, tiap bangun tidur saat mau bangun kesulitan karena pantat sebelah kiri sakit luar biasa hingga sampai paha, digerakkan sedikit saja, sakitnya luar biasa, tapi sesudah itu tdak sakit, sakitnya hanya muncul jika saya tidur lebih dari 3 jam, sebagian waktu saya, saya habiskan duduk, karena jam kuliah yang padat, kira” saya sakit apa ya dok, terimakasih

    • muki partono says:

      keluhan anda berhubungan dengan trauma jatuh terduduk, sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang utk memastikan apakah ada kelainan pada tulang ekor

  22. maneka says:

    dok kaki saya klo malam di bagian lutut sering sakit ngilu kalau di bunyikan di hentak keras baru lebih enakan,dgn memakai koyo jg enakan..serta kaki kalau di lipat jg enak..tp klo di luruskan sakit,kira2 sakit apa ya dok dan bagaimana solusinya,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak

    • muki partono says:

      kemungkinan anda mengalami cedera pada lutut biasanya adanya robekan bantalan lutut(meniskus) itu terbukti dgn keluhan nyeri saat lutut diluruskan artinya saat tulang paha dan tulang kering bertemu sanit artinya bagian tengah dikedua tulang tersebut yg mengalami kelainan

  23. fitri says:

    dok, gejala saya sama dengan teman2 yg diatas. yg ingin saya tanyakan, apabila kita pernah jatuh dengan posisi terduduk, meskipun bagian pantat yg sakit sudah kita urut apakah ada pengaruh/efek nya di masa depan seperti mandul, timbul penyakit kanker?

  24. Nurmala says:

    Dok saya mau tanya. saya terjatuh, kemudian terasa sakit di bagian pantat sebelah kanan, rasa sakitnya sudah 2 hari semenjak terjatuh. apa ada efek samping tertentu?

    • muki partono says:

      2 hari paska trauma adalah Hal Yg wajar lanjutkan Saja Kota evaluasi kembali , bila nyeri tidak berkurang Selma 3 Minggu anda konsultasikan ke dokter tulamg

  25. Nurmala says:

    Oh iya. Terimakasih banyak pa dokter.

  26. Listia says:

    Dok, saya Sudah dua minggu terakhir sakit pinggang bawah dekat pantat kanan. Padahal saya tidak pernah jatuh atau cedera apapun.
    Dan rasa sakitnya terasa kalau pada posisi tertentu,
    misalnya kalau lagi duduk terus mau tidur itu sakit.
    Kalau sedang tidur terus mau duduk tapi posisinya condong ke kanan,pasti sakit.
    Terus kalau posisi tidur , kaki di tekuk dan pinggang di angkat itu pasti sakit.
    Selama ini untuk mengurangi rasa sakit saya minta suami saya memijat bagian yang sakit, tapi cuma sebentar ga sakit,ga lama sakit lagi.
    Pegel juga,
    Apa itu gejala penyakit yang serius dok?
    Kalau saya mau konsultasi ,saya harus k bagian apa?
    Apa ada hubungannya dengan KB ga ,dok?
    Soalnya semenjak d KB suntik yang 3 bulan saya ga Haid.

    Terimakasih dokter.

  27. lia says:

    Dok, usia saya 27thn. dulu saya pernah terjatuh pd saat masih SD, baru 2bulan yg lalu saya melakukan perjalanan ke jawa dengan menggunakan travel. Setelah pulang dr jawa, saya mengalami sakit dibokong sebelah kanan yg terkadang menjalar ke pinggang sehingga menyebabkan kaku pd pinggang. saya mencoba duduk dilantai sambil menyelonjorkan kaki dan rasanya itu sakit pd bokong kanan sampai tulang ekor. sudah diurut tp ga juga sembuh. beberapa orang menyarankan saya untuk olah raga ringan, tetapi olah raga ringan itu justru semakin menyebabkan pinggang saya smakin kaku keesokan harinya. Rasa ngilu selalu muncul dibagian bokong sebelah kanan pd saat saya melakukan berbagai aktifitas
    Apa yang saya derita dok? dan pengobatan macam apa yang harus saya lakukan.
    Terima Kasih..

  28. Lestari says:

    Selamat sore bpak..
    Sya ingin menanyakan tentang adik saya
    Adik sya sering mngeluh (Mhon maaf)pantatnya trasa gatal,stelah sya lihat trnyta(maaf)pantat adik saya ada bintil-bintilnya.
    Apalagi klau keadaan(maaf)pantat lembab sperti habis BAK terus duduk kelamaan,katanya trasa smakin gatal
    Pnyebab bintil gatal itu apa dan bgaimana cra mngatasinya y pak,apakah dengan obat atau salep?
    Trimakasih

  29. ihda heri says:

    dok, saya usia 25 tahun.. sering berdiri karena pekerjaan saya sebagai pemgawas lapangan. yang saya tanyakan bagian pinggul sampai pantat kadang sampai betis terasa ngilu bila terlalu lama berdiri. apa penyebabnya dok?
    terima kasih

    • Muki Partono says:

      akibat berdiri lama dan pada dasarnya anda sdh ada kelainan pada pinggang kemungkinan saraf terjepit saran sebaiknya konsultasikan ke doktertulang

  30. mesiana says:

    mlm mau tny..
    dl sy bbrpa x jth duduk.tp ga pernh diurut.
    tp skrg tiap mau tidur pantat sblh kanan saya skit bgt.jd klu mau tdur hrus menghadap kkiri.kdg sking slight untuk tidur aj ga bisa.nah kdg tiap bgun tdur pinggang saya kadang sakit banget kno y dok.thx

  31. edy firmanto says:

    dok saya, usia 34 tahun sudah setahun ini saya mengalami sakit pinggang dan terasa seperti kesemutan di daerah pantat dan menjalar sampai paha kaki,seperti terasa panas
    apa penyebabbya dok trim

  32. Fredi says:

    Malam dok…z mu tnya,,z sudah 2minggu meraskan nyeri pada ke-2 bgian bokong,,sakit kan terasa bila z bergerak,,,kira2 in jenis penyakit ap.??

  33. Sari says:

    Salam. Saya usia 28, tungkai kaki sebelah kiri terasa nyeri, linu dan pegal. Hal ini sudah saya rasakan cukup lama. Saya sudah berobat namun belum ada perubahan. Rasa sakit ini cukup mengganggu aktivitas saya, saya memiliki riwayat mag juga. Mohon saran dari dokter, apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi rasa sakit ini, kemungkinan saya sakit apa dan jika memang harus ke dokter mohon saran sebaiknya saya ke dokter syaraf atau ke dokter dalam. Terimakasih.

    • Muki Partono says:

      kami menduga kalau sdh berobat tak kunjung ada perbaikan biasanya akibat gejala penekanan saraf pinggang saran sebaiknya berobat ke dokter tulang

  34. rela says:

    siang dok
    saya mao tanya, bagian pantat kiri saya klo lagi kambuh, rasa sakitnya ga bisa di tahan, seperti mao mati, kambuhnya sudah3x dan waktu yg cukup lama, saya cma mao tau penyakit apa yg diderita oleh saya tq

  35. Haulina says:

    mlm dokter,
    saya umur 28 thn punya keluhan sebulan terakhir ini sakit ngilu,nyeri atau pegel dipinggang kiri & kanan sampai ke pantat seringnya waktu duduk sampai kdg kalo kelamaan duduk di dekat tulang ekor sebelah kiri terasa ditusuk-tusuk. sya bekerja sbg admin & mungkin terlalu sering duduk. 2 minggu kemarin sy periksa & cek urin,didiagnosa ISK, namun sampai 2 minggu ini keluhan nyeri itu masih sering muncul?? apakah ada hubungannya antara ISK dg rasa nyeri, pegel sampai kl kelamaan duduk terasa ditusuk-tusuk samping tulang ekor saya?atau karena ada penyempitan syaraf?
    apakah ada hubunganya juga bahwa saya tidur menggunakan springbed & sebagai info setahunlalu saya jatuh, tp dulu tidak merasakan sakit yg berarti.

    penyakit apa yg saya derita dokter? mohon penjelasannya… trimakasih sebelumnya dokter 🙂

  36. Destiana Dwiyani says:

    Siang dok, 3 minggu yg lalu saya kecelakaan. Habis kecelakaan pantat saya yg kiri sakit bgt
    Hingga ketika di bawa ke ugd untuk duduk nyeri sekali tp kata dokter ugd tdk ada masalah
    Lalu di bawa ke tukang urut katanya tulang pantat saya retak setelah di urut selama 2 minggu pantat saya sebelah kiri tetap nyeri,hinggal pinggul bahkan harus nya saya sudah menstruasi tp hingga saat ini saya blm menstruasi
    Kira2 apa yg terjadi dengan saya dan saya harus berobat ke dokter tulang atau syaraf?
    Terima kasih pak

    • Muki Partono says:

      kemungkinan anda mengalami gejala lain misalkan penekanan saraf pinggang yg dicetus dengan jatuh, hal ini sering kami jumpai, saran sebaiknya lakukan pemeriksaan MRI lumbal

  37. Eka says:

    Sejak keguguran des 13saya sering nyeri pinggang jelang haid, tpi sejak awal april saya merasa sakit ngilu sperti ksetrum di bagian pinggang kanan&kiri pantat kanan&kiri paha dan kaki jari kaki, juga terasa di bahu tangan jari jga kanan dn kiri pernah paha saya ada sdikit biru tp hilang dgn sndrinya ( tidak bengkak)saya sdh cek dok kandungan segala nya normal, saya kerja memang banyak duduk , saya harus bagaimana ?apa kah saya rematik atau bagian saraf yg bermasalah ?umur 21 thn Wanita
    Trims

    • Muki Partono says:

      kemungkinan anda menderita hnp lumbal sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang dan mungkin perlu pemeriksaan MRI

  38. Putut Siswanto says:

    Dok. Umur 52 th Waktu kecil saya jatuh waktu digendong. Jatuhny dipinggul sblh kiri. Hingga akibatny jaln sy pincang krn kaki panjang sebelah, pahapun besar sebelah. Dulu ad nyeri dipangkal paha bentar sembuh dgn minum asammefenamat, tp sekarang nyeriny kian menjd tak berkurang walau sfh minum asam mefenamt, bagaiman ngatasi nyeri yang berkelanjutn sebb tuk berjaln nyeri kian terasa. Trima kasih

  39. Rosa says:

    Siang Dokter Muki,
    Sy Rosa,33 tahun,Maret 2014 positif hamil, saat ini sudah 15 minggu.
    Sebelumnya, sekitar Nov 2013 saat akan berdiri dari duduk di lantai, pinggang kiri sy sakit seperti tertarik.Tepatnya bagian kiri tulang belakang.Sy cuma pakai koyo panas.
    Serangan tertarik itu sempat berulang smp 2x lagi, saat berdiri dr jongkok BAB & berdiri dr posisi duduk di bawah.Parahnya smp sy tidak bisa berdiri tegak & jalan hanya bs merambat.
    Karna takut salah urut, sy ke dokter umum&diagnosanya otot sy tertarik.Sy dikasih obat otot&sembuh.

    Smp saat ini masih ada sensasi seperti ‘nyut’, tp sangat jarang.
    Yg sy mau tanyakan, sejak sy hamil sekitar sebulan, pantat kiri atas sy sering sakit.Apalagi saat kecapean atau jalan terlalu lama. Sakitnya menjalar smp kaki kiri.
    Apa ini ada hubungan dengan sakit pinggang sy sebelumnya?
    Apa hanya pengaruh kehamilan yg akan hilang?
    Apa berpengaruh saat kehamilan sy makin besar & saat persalinan nanti?

    Terimakasih atas advicenya.

    Salam,
    Rosa

    • Muki Partono says:

      kondisi ini wajar kaitannya dgn jatuh dan kehamilan anda makin tambah besar usia kehamilannya dan tambah berat akibatnya nyerinya bertambah

  40. putri says:

    Dok sy mengalami sakit di pinggul sebelah kiri diatas pantat membuat saya susah ketika akan membungkuk dan duduk . Penyakit bru terasa 2 hri. Kira” apa penyebab dan bagaimana cara menghilangkannya . Terima kasih

    • Muki Partono says:

      kemungkinan anda mengalami gejal penekanan saraf pinggang sebaiknya konsumsi obat nyeri dan berenang 1 kali seminggu, tidur alas keras

  41. vina says:

    Dok sy baru melahirkan anak ke-2 sekitar 2 bln yg lalu, bbrp hr yg lalu sy naik motor, tiba2 skrg sy merasakan pegal yg sangat pada kedua kaki dan bagian bokong kanan sy kalo dipencet sakit dan sampai terasa di bagaian perut bawah, begitu pun kalo duduk, mau bangun dari duduk dan ketika berjalan, tapi sy lihat dan raba tidak ada benjolan, kira2 penyebabnya apa ya dok?

    • Muki Partono says:

      anda mengalami gejala penekanan saraf pinggang biasa terjadi pada ibu baru ,melahirkan akibat over weight dan jaringan tubuh yg masih melar, tunggu sampai usia bayi 8 bulan atau berat badan anda sampai mendekati normal sebelum hamil , kalau masih ada keluhan baru jumpai dokter tulang

  42. Hendra says:

    Dok saya mau tanya , udah beberapa hari ini ada benjolan 3 cm dari anus , bukan bisul dan bukan ambeien , kalau ditekan dan duduk rasanya sangat sakit dok , apa nama penyakitnya dok ?

  43. Hendra says:

    Sudah saya periksakan dok , katanya ini infeksi . Memang dok saya suka iseng mencabuti rambut di sekitar (maaf) pantat atas . Apa itu bisa jadi penyebab dari sakit ini dok ?

  44. sitepu says:

    Dok saya sekarang sedang mengalami sakit pinggang sebelah kanan sampai kebagian (maaf) bokong sebelah kanan dan juga sampai ke paha dan kaki sebelah kanan kadang kebas. Awalnya saya merasakan nyeri sebelah kiri dan entah kenapa sekarang kesebelah kanan saja. Saya sudah rontgen tapi hasilnya tidak ada kelainan tulang. Apa yang harus sayan lakukan dok? Sekarang setiap malam saja nyeri pada pinggang kanan yang suka berdenyut. Apa penyakit saya ini dok? Trims

  45. Hendra says:

    Dok saya sudah 5 hari tidak bisa buang air besar dan dipaksakan juga tidak bisa , bagaimana cara mengatasinya dok ?

  46. sitepu says:

    Selamat pagi dok,saya sudah periksa kedokter tentang penyakit yang saya tulis diatas, namun sekarang perasaan saya setiap bangun tidur pinggang,dan punggung saya terasa seperti pegal. Bahu saya sebelah kiri , dan betis saya sebelah kanan juga demikian. Tapi pinggang saya tidak pernah berdenyut lagi. Terkadang juga saya demam dan merasakan migran sebelah kanan. Apa yang harus saya lakukan lagi dok? Mohon dibalas ya dokter. Trims

  47. naya says:

    Halo dok,saya mau tnya.. skita 1stgh th lalu saya mlahirkan anak ke2,dan 1stgh tahun pula saya merasakan pegal yg hebat dari slangkangan,(maaf) bokong sblah kiri hingga mnjalar ke kaki,sedangkan untuk kanan hnya slangkangan yg pegal dan terasa amat sakit bila kaki di luruskan dgn posisi terlentang sperti ada yg tertarik rasanga pegal,ngilu sekali. Yg mau saya tnyakan,kmna saya harus berobat? Pnyakit apa yg saya alami dok? Trims dok

  48. andika satriya says:

    Salam dokter… saya umur 30tahun. Saya menderita kebas/baal pada bokong kanan dan kiri hinhga sulit sekresi dan ereksi. Kebas juga hingga paha belakang kanan dan kiri hingga tumit. Saya sudah mri di rs.siaga namun blm pernah konsultasi pada dokter di rs.siaga. Pertanyaan saya dok klo seandainya keadaan saya ini harus operasi med? Kisaran biaya pada rs.siaga brp ya dokter? Yg trpenting apakah kebas pada bokong dan paha ini bisa lsg normal pasca operasi? Makasih dokter…. salam

    • andika satriya says:

      Hasil mri hnp hanya di l4-l5 akan tetapi apa yg saya rasakan itu kesulitan bab dan bak dan impoten.. apakah ada hubungannya dokter? Saya harus ke bedah tulang ato bedah saraf klo sperti ini? Terimakasih sebelumnya dok.

    • Muki Partono says:

      anda mengalami cauda equinA sindrom saran aebaiknya operasi MED biaya kisaran 40 jtan klas 3

  49. anisa jaelani says:

    Sore dok. Saya mau tanya, satu tahun ini, menjelang haid dan awal haid saya merasakan sakit dan nyeri dibagian tulang belakang bwah seperti di tulang ekor. Sakitnya gk biasa, seperti kesetrum, sbentar2 tapi sering. Terasa sekali pas BAB mau duduk dan bangun. Saking sakitnya saya sempat kaget&terjatuh saat hendak bangun. Apakah ini normal ya dok mengingat saya sebelumnya tdk seperti ini ketika haid. Apa mungkin juga ini gejala penyakit serius? Mohon solusinya dok dan rujukan sebaiknya berobat ke dokter apa. Trmksh

  50. michael says:

    Dok saya michael umur 17 saya ada rasa nyeri di bagian tengah pantat dekat perselangan pingang dan Uda hampir 2minggu dan ketika saya membungkukkan badan saya itu tidak bisa dan merasa sakit , saya harus gimana Dok biar cepat sembuh

  51. Riri says:

    Dok,suami saya sakit di bagian….. Bokong …kadang nyeri…dan pergelangan kaki nya juga sakit….. Cara mengobati nya gimana,makasi

  52. Mel says:

    Dok,
    Saya sedang hamil 35 minggu. Sejak senin lalu, setah duduk dengan posisi badan agak condong miring ke kiri, saya berdiri dan sejak itu merasa otot di bag pantat sebelah kanan sakit, Apalg kalo utk jalan, dan saat tidur mau miring ke kanan. Kira2 kenapa ya dok? Saya sudah melakukan pijat tp hanya daerah pantat itu saja.. mohon pendapatnya dok. Trims.

  53. Firhan prasetya says:

    Permisi dok, saya Firhan umur 20 thn, saya sudah dioperasi HNP dok, ketika umur 18 tahun, sekarang saya tidak merasakan nyeri sprt dulu dok tetapi ketika kecapekan saya merasa nyeri, saya belum bisa meluruskan kedua kaki dengan baik, apakah keadaan saya membaik atau memburuk dok terimakasih banyak

  54. wahyudi says:

    Malem pak dokter saya wahyudi, pinggang saya nyeri sampai lutut kanan ,buat tidur terlwntang pinggang terasa sakit sekali ,lutut jg nyeri kalau buat jalan padahal sudah saya ronsen dan MRI dan hasilnya normal semua . .saya punya riwayat ambein dulu di disuruh oprasi tp saya cuma rawat jalan pkai obat,apa dr ambien bisa menjalar ke punggung dan lutut kaki pak dokter, trimaksih mohon jawabnya pak dokter

    • Muki Partono says:

      bisa krn ambein bisa juga krn penekanan saraf pinggang saran sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter tulangnya

  55. Handayani says:

    Selamat mlm dokter.
    sy umur 30 thn, berat 80, tinggi 165, sdh sebulan ini kedua lutut sy selalu bunyi krek ketika naik turun tangga tp tdk ada terasa nyeri dok cm sesekali kaku diblkng lutut kiri kalo duduk lama.
    sy sdh kedokter umum, ktnya sy hrs ngurangi brt badan dan minum obat yg ada glukosamin dan magnesium.
    Yg mau sy tnyakan dok:
    – Apa sy sdh terkena ostheoarthritis? Berbahaya kah dok?
    – Obat apa yg hrs sy konsumsi dok? glukosamin kah?
    – Kalo brt bdn sy turun, bunyi nya bs hilang?
    Mohon pencerahannya dok krn sy takut ada apa2 dgn lutut sy.
    Trimakasih

    jawab ; anda mengalami gejala penipisan rawan sendi pada lutut sebaiknya BB mutlak turun saran konsumsi obat glukosamine

  56. Koko says:

    Selamat malam dokter. Saya mempunyai wasir level 2 tetapi benjolannya tersebut bisa masuk sendiri. Masalah yang saya hadapi bukan wasir itu, tetapi pantat/bokong sebelah kiri saya terasa panas jika duduk di kursi atau di atas sepeda motor dan membuat duduk tidak nyaman. Jika saya berdiri/tidak duduk, masalah panas di pantat kiri saya itu hilang. Saya sudah ke dokter syaraf ttpi diagnosa beliau cm panas/sakit itu krn tekanan. Jadi tidak ada tindakan yg diambil. Saya bingung krn saya tidak nyaman kalau duduk walaupun bantalan duduknya empuk sekali tetap saja pantat kiri terasa panas. Utk benjolan wasir memang ada di sebelah kiri. Kalau boleh tahu, saya mengalami apa ya Dok? Dan ke dokter mana saya harus konsultasi, apakah dokter syaraf atau dokter tulang? Terima kasih banyak dokter

    • Muki Partono says:

      kemungkinan karena saraf terjepit pada pinngang yg manifestasinya pada daerah duur atau sekitar pantat bisa juga akibat ambeinnya , sebaiknya kami periksa lbh dulu utk memastikannya

  57. Azizah rahma says:

    Selamat malam Dok, saya mahasiswi umur 20th, saya 1 minggu trakhir ini saya merasakan nyeri (maaf) di pantat sebelah kiri. Tapi sakit nya hilang timbul dok. Sakitnya muncul di saat-saat tertentu . Apakah penyakit saya ini berbahaya atau cuma nyeri biasa?

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome