Patah Tulang Tangan

Assalamu’alaikum,
Dokter Muki , di kota kami, Bontang , Kalimantan Timur belum ada dokter ahli orthopedic.
Anak saya laki-laki usia 12 tahun tangan kanannya patah di atas pergelangan akibat jatuh main sepakbola ( kasusnya mirip artikel dokter “ Hebatnya Patah Tulang Anak-anak “) dilakukan tindakan sebagai berikut :
1. Senin, 5 Maret 2012, Setelah jatuh langsung di bawah ke rumah sakit.
Setelah melihat foto rontgen 1 , dokter bedah memutuskan “ tidak di pasang pen , cukup di gips saja “.

Berhubung ada pembengkakan maka dokter memasang gips temporary dan di beri obat Dansera, Somerol, Kaltrofen, untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan.
2. Jum’at, 9 Maret 2012 kontrol pertama.
Bengkaknyas embuh , gips temporary dilepas.
Dengan bius t otal dokter membetulkan posisi patahan dan memasang gips permanen.
3. Rabu, 14 Maret 2012 kontrol kedua.
Foto rontgen 2, dan dokter memberikan obat Ossopan untuk membantu pembentukan tulang.
Apakah sudah tepat penanganan anak saya ?
Berikut saya kirimkan foto.
Terimakasih atas bantuannya.

Wassalam

Zinyo Sugiarto

Foto Awal.jpg (49 KB)

Jawab : maaf sblm nya foto bisa dikirim fia email mukipartono@yahoo.com, kami blm bisa kami komentar, tapi kalau memang fotonya sama spt yg kami tampilkan insya allah akan sama hasilnya

About author:

6 Responses to “Patah Tulang Tangan”

  1. MUFTAHIDIN says:

    asallamualaikum dok. . .
    saya idien umur 25 thn,tangan kiri saya patah pas di tengah-tengah sikut sama pergelangan tangan sudah 3 tahunan gak nyambung tapi malah kaya jadi sendi gitu . . . apakah masih bisa disembuhkan dok????

  2. Tabrani says:

    Assalammualaikum….sblmnya sy mngucapkan trima kasih kpd Pak Dokter Muki krn telah d berikan ruang dan kesempatan untuk bertukar fikiran di blog ini…..ada yang saya ingin tanyakan…anak saya laki2 usia 6 tahun pada bulan agustus 2012 kecelakaan jatuh dari motor dan tangan kirinya (dekat sikut) cedera agak menonjol dan saya berasumsi ada yg patah…saya langsung bawa ke tukang urut/patah tulang setelah itu tangan anak saya di gips (bebat kayu)tradisional…..seminggu kemudian gips/bebat kayu dibuka dan selanjutnya terapi urut saja sampai tidak trasa sakit lagi….yang ingin saya tanyakan pada pak dokter apakah bisa posisi sambungan tulang yang kurang rapih untuk dibetulkan/diarahkan perkembangan tulangnya utk kembali pada posisi/letak yg semestinya….saat ini anak saya sudah bermain seperti biasanya (sudah 4 bulan)…..Mohon saran dan petunjuk dari pak dokter krn saya ingin yg terbaik untuk anak saya…terima kasih.

    Depok, 30 Desember 2012
    Tabarani

    • muki partono says:

      Tulang menyambung yg tdk tepat posisinya akan menyebabkan gangguan pertumbuhan spt bengkok, jg gangguan fungsisendi, atau kekakuan, kalau sdh 4 bln spt kasus anak bapak sebaiknya ditunggu saja sampai usia remaja dmn lempeng pertumbuhan tlg sdh tdk ada jd koreksinya cukup sekali saja, tanpa operasi hal yg tdk mungkin bisa diperbaiki pembengkokannya

  3. Nelson says:

    Siang dok maaf mengganggu saya mau tanya , tulang kering kaki saya patahndan sudah sipasang pen ,umur saya 17 th,sekitar sepuluh hari setelah operasi kaki yg di pasang pen gak sengaja saya tapakan dan agak ke tekan ,apakah itu berpengaruh terhadap tulang dan pen yg sudah di pasang dok?
    Makasih dok

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome