Patah Tulang Selangka kanan

April 4, 2012 Dr Menjawab 17 Comments

Siang Dok,
Saya Eka (female, 27 th) Dua minggu yang lalu saya mengalami kecelakaan motor hasil rontgen dan konsultasi dokter tulang selangka kanan saya patah dan terlihat sedikit benjolan di bahu kanan. Pertanyaan saya :
1. Apakah dengan operasi dapat mengembalikan kondisi tulang saya dan menghilangkan benjolan di bahu
2. Berapa perkiraan biaya operasi tsb?
3. berapa masa istirahat yang saya perlukan pasca operasi ?

Mohon penjelasannya Dok, Terima kasih
Jawab : operasi bisa mengembalikan tlg spt biasa, perkiraan operasi tergantungnklas perawatan yg dipilih, sebagai acuan kisaran 11-12 jtan , rawat rs hanya 1 hr. Istirahat tergantung pasiennya biasanya sih hanya 7 mingg saja, kala mau langsung kerja t.dk masalah kan pakai gendongan

About author:

17 Responses to “Patah Tulang Selangka kanan”

  1. nina says:

    siang dok..
    saya nina (female/28 th). Saya mengalami kecelakaan motor 3 minggu lalu. Hasil rontgen terlihat ada retak di daerah pinggul kiri dan patah di daerah pangkal paha kiri bagian dalam. Sampai dengan 2 minggu setelah kecelakaan berobat ke dukun patah (dipijat) akan tetapi setelahnya ke dokter. Oleh dokter saya hanya disarankan sabar dan bedrest (kira-kira 2 bulan) dan konsumsi obat resep yang diberikan. Awal kecelakaan saya masih bisa duduk walaupun nyeri sedikit dan sekarang sudah bisa duduk dan berdiri sebentar. Memang ada kemajuan dibandingkan awal kejadian tetapi progresnya rasanya lambat. Yang saya ingin tanyakan:
    1. Apakah retak/patah tulang bisa sembuh tidak harus dengan operasi???
    2. Aktivitas apa yang bisa saya lakukan selama bedrest???apakah baik apabila saya dalam posisi duduk lama???menggunakan kursi roda???
    3. Jika operasi di daerah pangkal paha tsb adakah efek terhadap organ tubuh lain???

    Mohon penjelasannya dok. terimakasih.

    • muki partono says:

      Terapi yg anda jalani sekarang adalah terapi KONSERVATIF, artinya tdk dioperasi, cara ini biasa kamimkerjakan pada kondisi patah yg posisi cukup naik, atau patah tulang yg secara posisi tdk mungkin kita lakukan operasi, ata karena ada kontra indikasi utk tindakan pembiusan, patah tulang tetap bisa menyambung, aktifitas selama bed rest anda bisa lakukan latihan penguatan otot panggl dan paha bagian dalam agar lbh nyaman dan mengurangi nyeri, operasi pada pangkal paha tdk akan berefek ke tempat lain

  2. sugeng santoso says:

    Asalumalikum,,Dr.Muki partono, Yth.
    Pada tgl 7 Agustus 12, saya kecelakaan dan patah tulang selangka/clavicula kanan. Tgl 28 September 12, saya operasi penyambungan tulang..
    Pertanyaannya ;
    1. Usia saya 40 Th, butuh berapa lama penyambungan tulang sampai kembali normal, karena sampai saat ini saya hindari untuk sujud ke lantai dalam sholat
    2. Waktu buka plate / pen yang ditanam ditulang saya sebaiknya berapa bulan, karena sangat tidak nyaman sekali.
    3. Pada bagian pangkal lengan atas kanan sering terasa nyeri, apa berbahaya.
    4. Tangan kanan saya belum bisa diangkat ke atas maksimum, dengan usia operasi diatas apa bisa latihan mengangkat tangan..demikian atas bantuannya diucapkan terimakasih…wasalamualaikum.

    • muki partono says:

      Penyambungan tulang sdh mulai 3 minggu dan baru terbentuk tulan muda 11/2 bulan , jd sabar, saat ini pun baru 2 bulan anda sdh hrs men oba gerakan mengangkat tangan lbh dari 90 derajat secara bertahap, dan pengangmatan pen dilakukan rata2. 1 tahun dari operasi, nyeri yg anda alami kemungkinan krn kekakuan otot sekitar tempat operasinya

  3. denyrochman says:

    p dokter yth. sy alami patah tulang bahu kanan. apakah setelah penyambungan tulang selesai tdk perlu lg check up. hny tinggal tahap penyembuhan?

    pasca pnyambungan, bahu sy msh merasa nyeri, pegel, tegang, ngilu,kadang gatal dan relaks/tenang. apakah tulang patah sy msh ada masalah atau itu bagian dr proses penyembuhan?

    bagaimana cara tidur yg aman bg sy ?

    makasih p dokter

    • muki partono says:

      kalau tulang sdh menyambung memang tdk perlu kontrol, kontrol lg hanya utk pengangkatan pen sebaiknya 1 tahun setelah operasi

  4. asih says:

    dok,anak sy mengalami patah tulang selangka kanan terus sy bawa ke pengobatan alternatif setelah 2 minggu tangannya sdh bisa bergerak bebas serta sudahdapat mengangkat setinggi bahu tapi ada benjolan didaerah bahu.yg jadi pertanyaan sy apakah benjolan tsb berpengaruh di masa yg akan dtng trs apakah patah tulangnya dapat dikatakan sembuh?terimakasih atas jawabannya

    • muki partono says:

      benjolan itu tonjolan tulang muda pada tempat patahnya, jd berdoa saja mudah2an tdk ada gangguan pertumbuhan tualng selangkanya krn mnrt pengamatan kami jika posisi kurang baik menyambung masih dpt berakibat gangguan pertumbuhan tulang kemudian hari, walaupun pada anak2 fase remodellingnya baik

  5. sami says:

    Selamat sore Dok, mohon bantuan dokter, saya mau bertanya.
    Saya pernah mengalami patah tulang selangka pada kelas 6 SD. Hingga sekarang saya hampir berusia 18 tahun belum juga disembuhkan.

    Apakah patah tulang tersebut masih bisa di sembuhkan(kembali normal) ? Sehingga saya memiliki struktur tulang tubuh yang normal.

    • muki partono says:

      bisa tapi tetap sulit mungkin hasil akhirnya tdk jauh berbeda, itu yg selalu kami katakan inisial treatment penting pada hasil akhir pengobatan patah tulang

      • sami says:

        Jadi menurut dokter saya mesti bagaimana?
        gerak tubuh saya jadi tidak bebas, terlebih pada bahu kiri saya, nyeri yang sering saya rasakan.

        Bila dibiarkan sampai usia lanjut akan berdampak seperti apa, dan apakah akan mempengaruhi keturunan saya kelak?

        Mohon bantuannya dok.

  6. Eka says:

    Dok, saya Eka (male) mengalami kecelakan sepeda motor 3 minggu yang lalu. Tulang bahu kanan (Clavicle) patah dan di RSUP cuma di berikan arm sling buat recovery. Minggu ke 3 ternyata hasil rontgen menunjukkan tulang tidak menyambung secara sempurna (sepertinya non-union/mal-union). Kira kira kalau operasi ORIF kena biaya berapa? biar saya ada persiapan kalau memang harus menempuh ORIF.
    Trimakasih

  7. Anindya says:

    Pak Dokter yth, saya seorang remaja berusia 17 tahun, sekitar 1 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan motor dan mengakibatkan t.selangka kanan saya patah lalu dokter di rumah sakit menyarankan untuk memasang pen, saya pun melakukannya. masalahnya, saat ini ada benjolan di bagian dekat operasi, benjolan tersebut keras. pertanyaan saya : Apakah benjolan tersebut tulang atau platina? bahaya atau tidak dok?

  8. taufik says:

    Dok, sudah 1.5 bulan setelah saya menjalani operasi pemasangan
    pen pada tulang selangka, saya rasakan hanya ngilu n pegal2 kemudian
    saya rongsen dan hasilnya memang belum ada tanda2 pertumbuhan
    tulang tetapi dari hasil foto itu sedikit mengalami kebengkokan
    dari foto setelah pemasangan pen padahal saya tidak menlakukan
    kegiatan2 berat. apakah kondisi itu berpengaruh kurang baik bagi
    tulang saya dan ap yg harus saya lakukan?

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome