Patah Tulang, Harus Dioperasi !

January 9, 2011 BERITA, ortopedi 151 Comments
Cidera

1. Cidera

2. pemasangan Velpeau

Kasus patah tulang sering dijumpai, apalagi pada penderita usia lanjut yang tulangnya sudah mengalami pengeroposan tulang. Umumnya orang takut berobat ke dokter tulang, karena pasti di OPERASI  katanya, sebenarnya namanya saja dokter bedah tulang, karena ada kata BEDAH , tidak selalu kasus patah tulang di operasi.

Pada kasus ini dilaporkan penderita patah tulang lengan atas, usia 63 thn, yang tidak dilakukan operasi hanya di pasang Velpeau dan diberikan obat nyeri, kalsium dan vitamin D3, hasilnya setelah 2 bulan pasien sudah bisa mengangkat tangan kembali dan tulangnya sudah menyambung.

3. setelah 1 bulan

4. setelah 2 bulan

Pada foto2 ini kami lampirkan foto saat pertama jatuh (gambar 1), lalu setelah di lakukan pemasangan Velpeau (gambar 2), foto setelah 1 bulan , sdh ada penyambungan tulang (gambar 3).

Foto setelah 2 bulan, perhatikan posisi tulang saat lengan atas ke samping, tampak patahan ikut bergerak, artinya tulang sdh menyambung kuat (gambar 4, 5, 6), foto klinis  sdh bisa mengangkat lengan ke samping dan ke depan.Jadi jangan takut berobat ke dokter tulang, belum tentu di OPERASI !!!

gambar 5

gamabar 6

.

About author:

151 Responses to “Patah Tulang, Harus Dioperasi !”

  1. heri says:

    dok saya mengalami patah tulang kaki..bagian tulang kering…stelah operasi sendi lutut saya jadi kaku dan tidak bisa digerakan lagi..skarang sdah 9 bulan..mohon pencerahandok,apa yang harus saya lakukan??…trimaksih dok…sukses slalu

  2. ummi says:

    dok seminggu lalu suami saya operasi tulang kaki, sekarang masih nyeri dan bengkak di pergelangan kaki, yang mau saya tanyakan, apakah bengkak tersebut karena banyak gerakan karena suami saya sudah berjalan pakai alat bantu, terimakasih

    • muki partono says:

      Kalau masih 1 minggu yg wajar krn jd ambah bengkak, lanjutkan saja terapinya bengkak pada ankle bisa sampai 2 bln

  3. mei says:

    dok, suami saya tgl 3 maret 2012 kmarin kcelakaan motor, terus dibawa ke tukang urut,,katanya sikunya menceng tidak pada tempatnya,,terus di betulkan, karena masih sakit, kemudian rontgen ada sendi yang lepas dan dibawa ke dokter tulang, sikunya tidak bisa di tekuk, jadi saran dokter tersebut agar dioperasi,,yang saya tanyakan karena sudah hampir tiga minggu apakah tidak memberi efek buruk untuk kecepatan kesembuhannya karena tidak langsung di operasi? rata-rata sembuh dari sendi siku yang lepas itu sampai berapa minggu dok?

    • muki partono says:

      Sebaiknya segera lakukan tindakan operasi, krn semakin dibiarkan semakin sulit memperbaikinya, dan hasilnya pin tdk sebaik bila kasusnya masih baru

  4. diah says:

    dok nanya dong , hampir 2 bln yg lalu bapak saya jatuh terlentang dan engsel lengan kiri atas nya copot . trs dibawa ke ahli patah tulang trs dibantu urut dan terapi. udah hambpi 2 bln ini masih mengeluh sakit dan lengan nya jg masih bengkak. baru 2 hari yg lalu balik lagi ke dokter dan dokter menyarankan di operasi krn keluhan bengkak dan sakit itu. apakah td menganggu usianya yg sdh hampir 70 th dok ? dan gmn dengan progresnya nanti setelah di operasi lengannya , krn waktu kemarin di periksa katanya diantara posisi lengan dan badan ada retakan. thanks untuk replynya

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami periksa utk memastikan apakah, Memang sendi bahu sdh kembali normal atau ada patah,krn penanganannya berbeda

  5. Dok, mau bertanya sedikit
    Kemarin di tanggal 25 april 2012 saya kecelakaan, jatuh dari motor. Dari hasil rontgen dan MRI yang dianalisa oleh dokter di rs swasta diketahuilah adanya retakan di lutut saya, dan disarankan untuk dilakukan tindakan operasi. Karena keterbatasan biaya, saya berencana untuk mengalihkan pengobatan ke RS lainnya. Nah yang jadi pertanyaan saya, apakah operasi tersebut memang bisa ditunda dulu atau harus secepatnya dilaksanakan, mengingat sewaktu pulang dr rumah sakit saya diresepkan dengan obat2an dan kalsium untuk 30hari dan saya disarankan untuk pakai sejenis brace dan tongkat. Kondisi kaki saya sekarang bengkak mulai lutut sampai jari kaki dan tidak sakit, agak sedikit berasa seperri kesemutan kadang2. Sakit hanya muncul saat saya mencoba untuk menapakkan kaki dan mencoba bertumpu pada kaki yang retak (kanan)
    Terima kasih atas jawabannya dok

    • muki partono says:

      operasiny bisa ditunda kok. hanya saja kalu lbh cepat lbh baik krn utk mencegah komplikasinya yg bisa memicu pengapuran sekunder pada sendi lutut

  6. Imelda Bachtiar says:

    Dokter Muki yang baik,

    Saya ada sedikit masalah menggangu sdh sekitar tiga bulan ini. Pangkal paha kanan saya sekarang sering terserang nyeri yang membuat saya tdk bisa: naik motor (bonceng) krn hrs angkat kaki kanan tinggi2, berjalan cepat (krn kanan dan kiri tidak sama kuat), atau bersila (kiri bisa, kanan bisa). Saya perempuan usia 40 tahun. Pada usia 7 tahun sy pernah mengalami kecelakaan sampai patah tulang paha kaki kanan. Patah sempurna, sampai ujung patahan hampir keluar daging. Terapinya selama 2 bulan kaki digantung dengan beban yang ukurannya ditambah setahap-setahap, lalu satu bulan berikut digips seluruh kaki kanan, dari pangkal, sampai ujung jari kaki.

    Apakah yg terjadi pada kaki kanan saya skrg adl efek dari patah paha kanan pada waktu kecil dulu? Nyeri ini sgt mengganggu kl saya sdg berjalan kaki cukup jauh, bisakah disembuhkan total? Terima kasih banyak,
    Imelda.

    • muki partono says:

      Analisa anda bisa benar saran sebaiknya periksakan ke dokter tulang dan pastikan dengan foto eontgen kembali pada paha anda

  7. Sudirman Mayang says:

    Yth Dr. Muki Partono. Ap.OT
    Mau tanya dok, anak saya kecelakaan motor 8 Mei 2012 dan tulang bahunya patah, sementara sudah diurut, apakah tulangnya bisa nyambung kembali tanpa operasi

    • muki partono says:

      Tulang bah mudah menyambung, yg penting jangan asal menyambung krn akan mengganggu fungs gelang bahu dan kekuatan lengan sisi yg patah

  8. iksan says:

    pak dokter saya mau tanyasewaktu kecil tmen saya tertabrak motor,waktu umur 10 tahun dan sekarang umurnya sudah 19 tahun dan tangan yg kanan sampai sekarang susah digerakkan,katanya ahli pijat ototnya ada yg tidak pada tempatnya,ukuranya pun berbeda dengan yg kanan,apakah masih bisa disembuhkan dok!mengingat waktunya yg udah lama!untuk menanganinya harus bagaimana!!

  9. amelia says:

    Dok,tolong infonya ya .
    pada kasus dislokasi,apabila telah terjadi disposisi apakah susah untuk kembali dalam keadaan normal?apakah kekuatan ototnya akan berkurang ?
    terimakasih dok

    • muki partono says:

      dislokasi kalau masih baru mudah dikembalikan ke posisinya tapi kalau sdh lama tdk mungkin bisa dikembalikan hrs dilakukan operasi baru bisa masuk kembali

  10. adib raziq says:

    Assala mualaikum WW.
    Dok… saya mau bertanya, suami saya sudah 6 bulan mengalami sakit tulang leher disebelah kiri , kami sudah memeriksa ke dokter bedah tulang, saran dokter suami saya harus di operasi. tapi suami saya belum mau, kira-kira apa akibatnya bila tidak dilakukan operasi? apa ada jalan lain untuk kesembuhan selain operasi?….Terimakasih

    • muki partono says:

      nyeri yg tdk kunjung berkurang dan kalau kondisinya parah bisa menyebabkan kelemahan otot tangan dan tungkai, cara lain kalau tdk operasi bisa dilakukan suntik saraf atau radiofrequency pada lefel saraf yg terkena

  11. catra says:

    Yth Dr. Muki Partono. Ap.OT

    mau tanya saya kecelakaan pd tgl 4 may 2012, menurut dr harus di operasi (cideranya tidak jauh beda dengan gambar 1 hanya saja posisi patahnya lurus), saya berobat ke tukang urut patah tulang, setelah hampir 1 bln saya merasa lebih baik tetapi masih terasa ngilu/nyeri. apakah tidak ada efek samping dengan dilakukannya pengurutan tersebut?

    terima kasih

    • muki partono says:

      jelas ada yg ditakutkan adalah infeksi krn proses pijitan dan pengurutan yg menggunakan minyak yg tak steril, krn saat pemijitan terjadi pori2 kulit melebar dan kuman yg hidup paa permukaan kulit kita bisa masuk ke dalam dan menyebabkan infeksi

  12. arsad says:

    mau tanya apakah efek samping dari operasi pergeseran sendi

    • muki partono says:

      efek samping hampir tidak ada , apalagi pada kasus yg masih fresh , sangat mudah , pada kasus yg sdh lanjut biasanya memang lbh sulit dan hasilnya tdk sebagus kasus yg masih fresh

  13. Dedi says:

    Asslmlkm pk dktr,
    sy udh hampir 2 blan ini hbis dioperasi karena 2 tlang paha kaki kanan,dan 2 tulang kering kaki kanan serta tlang jari tengah kaki kanan patah trtbrk truck. Sy mw tnykn apa kalo telapak kaki masih smutan + bengkak itu wajar doktr? Trz brp lama untk bs jlan jika ke 4 tlang kaki kanan patah smua? Trima ksih

    • muki partono says:

      pada kasus anda masih wajar kalau masih ada bengkak dan kesemutan , kalau bicara pemulihan krn kedua tungkai yg terkena sdh pasti lbh lama , sabar saja jgn dihitung2 kapan sembuh semakin anda pikir2 semakin lama malah sembuhnya

  14. wachid s says:

    Dok, mertua saya (wanita/58 th) merasa nyeri (pegal sekali) dari pinggang sampai pantat dan paha (kaki kanan). Bahkan kadang-kadang sampai betis. Beliau tidak kuat lagi berjalan atau berdiri lama dan nyeri akan lebih terasa parahnya pada saat bangun tidur. Saat ini jika berjalan, beliau (maaf) agak pincang.Kondisi ini sudah beliau alami lebih dari setahun.

    Mohon analisa dan saran tindaklanjut untuk penyembuhannya Dok. Terimakasih

    • muki partono says:

      mertua anda menderita spina stenosis , akibatnya saraf tertekan dan keluhan nyeri pada kedua kaki, saran lakukan MRI Lumbal setelah ada hasil kami periksa secara klinis

      • wachid says:

        Terimakasih Dokter atas respon analisisnya.

        Mohon dijelaskan juga tingkatan tindakan yang diperlukan jika benar mertua menderita spina stenosis ini, apakah harus operasi ?…

        Terimakasih

        Wassalam,
        wachid

        • muki partono says:

          Prinsip pada spinal stenosisnkalau sdh mengganggu sekali , apalagi sdh ada kelemahan otot tungkai sebaiknya dioperasi saja denhan tehnik MED

      • wachid s says:

        Pak Dokter, terimakasih atas analisa dan saran tindaklanjutnya.

        Kemudian, jika benar mertua mengalami spina stenosis, apa saja tahapan penanganannya ? Apakah mesti harus operasi ?..
        Terimakasih.

        wachid

  15. tomy luffy says:

    sore dok…saya pria berusia 30 thn…4 thn lalu saya kecelakaan motor sehingga tulang kering kaki kanan saya patah… Yg saya tanyakan apabila sambungan patahnya tidak sempurna ,menimpang kira2 3cm apakah kuat bila di bawa beraktifitas..krna saya tdk melakukan operasi..saya penderita hemifili…
    Trimakasih dok saya tunggu jwbnnya…

    • muki partono says:

      tulang kalau sdh menyambung pasti kuat , walaupun ada overlaping, hanya saja akibat dari overlaping kadang bisa membuat keluhan nyeri, krn apa, salah satu fungsi tulang adalah empat menempelnya otot, akibatnya kalau ada pemendekan tulang otomatis mengakibatkan pememdekan otot dan akibatnya kemampuan otot akan berkurang mengakibatkan nyeri saat berjalan , atau mudah lelah pada daerah yg mengalami patah

  16. tomy luffy says:

    apakah hal itu berdampak untuk masa tua saya?
    Makanan apa saja kira2 dok untuk menunjang kekuatan untuk tulang saya yg kurang normal tsbt?….
    Terimakasih dok,

  17. fitri says:

    selamat sore pak

    anak saya usia 4 tahun, 2,5 bulan kemaren mengalami patah tulang paha sebelah kiri. miggu kemaren saya ronsan ke rumah sakit, keadaan tulang masih tumpang tindih, lalu saya konsultasi sama dokter bedah tulang, katanya tulang sudah nyambung bagus tapi tidak pada tempat semula itu menyebabkan kaki yang patah agak sedikit pendek, jadi bagaimana solusinya yang bagus dok, apa kaki anak saya bisa normal lagi nantinya. terimakasih dokter

    • muki partono says:

      kita evaluasi saja, tak perlu khawatir nanti akan sama panjang kembali hanya saja butuh waktu lama

  18. Natalia says:

    dok, saya mau tanya.. Sebulan yg lalu oma sy yg berusia 95 thn jatuh dan stelah dirontgen tnyata tulang paha bagian atasny patah dan ada retak sedikit. (posisi menyilang membtuk seperti sgitiga). Sudah ditraksi selama 2 minggu di rmh skt dan kmudian stlah dirontgen hasilnya sudah mulai timbul jaringan dan patahannya rata posisinya (rapi) sehingga dperbolehkan untuk drawat di rmh saja sejak sminggu yg lalu. Hari ini, td baru dirontgen lg dan tnyata tulangnya bergeser lagi patahannya. Sehingga dputuskan untuk menjalani operasi pasang pen (2 pcs). Sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan pra operasi dan hasilnya jantung oma saya masih berfungsi 75%, kondisi tekanan darah dan lainnya bagus. Yg jd masalah hanya faktor usia saja. Apakah ada jalan laen selaen operasi ya dok? Dan apakah aman untuk oma saya menjalani operasi tsb (bius lokal)?? Apakah dokter pernah menghadapi kasus pasien seperti oma saya ini? Thx untuk jawabanny, dok.

    • muki partono says:

      sebaiknya operasi saja , kami punya pengalaman menangani kasus spt oma anda usianya 98 thn, dan 105 tahun, usia bukan halangan yang penting secara klinis penderita masih baik, karena operasi yang kami lakukan dilakukan pembiusan regional jadi penderita sadar saat operasi

  19. desi kurnia says:

    selamat siang pak dokter

    dok saya mau tanya..

    tgl 13 june’12 kemaren kakak saya kecelakaan motor, stlh di ronsen ternyata tulang selangka pada tangan kanan ny retak, kmdn oleh dokter di kasih tali untuk menyeimbangkan dan diberi obat nyeri..tgl 26 june kemaren kakak saya ronsen ulang dan hasilny tulang ny malah ga sejajar (agak mengsle tumpang tindih tapi sedikit) mgkn efek dari posisi tidur..sementara ini kakak saya mengkonsumsi vitamin tulang HI-Bone..

    yang saya tanya kan apakah kondisi seperti itu harus dilakukan operasi supaya tulang ny sejajar lagi..kl seandainy tidak dilakukan operasi apa masih bisa sembuh..?

    • muki partono says:

      Sebaikya bila patahannya bentuk tumpang tindih, dioperasi utk mengembalikan posisi dan kedudukannya semula agar hasil penyambungan lbh baik dan benar

  20. ari says:

    otot paha sampai dengkul sakit hingga sulit utk berjalan .dengkul bengkak.awalnya otot paha ketarik waktu posisi duduk ekstrim atau tidak benar .apa ini perlu dioperasi? terima kasih.

  21. Pujo Suprapto says:

    Ass. Dr. Mukti
    Saya kecelakaan 1 bulan lalu dan kaki kiri patah dan sudah operasi dan di pen dan sama dokter kaki kiri tidak boleh menapak 3 bulan.
    Saya tiap malam kaki kiri terasa kadang linu dan kaki kalau ditekuk kok sakit sekali, apakah harus latihan tiap hari ditekuk karena sama dokter klu kontrol ditekuk paksa rasanya sakit sekali.
    Terima kasih dok.

  22. nana juliana says:

    met siang dok.tgl 20 mei sy keelakaan motor yg berakibat tgn kanan sy patah pd lengan.dan operasi.ini sdh mimggu ke enam.dan untuk membantu menggerakkan tagan kembali sy terapi.tp setiap kali mo terape saya sdh takut dulu dok karena sakit..menurut saya latihannya terlalu dipaksa sekali.pertanyaan saya apa bisa dok saya latihan dirumah saja untuk menghindar rasa sakit itu.dan latihan bagaimana yg semestinya.dan untuk sembuh secara normal berapa bulan dok?rasapegal dan kemeng linu sering muncul.apakah seperti itu dok?trimakash sebelumny dok.

    • muki partono says:

      Kalau latihan sendiri tdk efektif, sebaiknua saran sebelum melakukan fisioterapi 1/2 jam sebelumnya mnm obat penghilang nyeri

  23. yusuf says:

    ass.pak muki
    saya pria usia 28thn.
    wktu kecil usia 10thn saya mengalami patah tulang tangan tepat d siku kiri karena jatuh dari sepeda.dulu d obatin sama dukun setempat dan alhmdlh sukses,tp beberapa bln setelah hmpr sembuh saya jatuh lg,tp kali ini saya tidak berobat sama sekali sampai sekarang.akibatnya tangan kiri saya agak bengkok d bagian dekat siku,kalo saya raba sih sepertinya posisi tulang nya gak bener.. yg mau saya tanyakan apakah aman kalo skrg saya mau mengobatin tangan saya,apakah hrs operasi jg?gak nyaman soalnya gampang pegel…mohon sarannya pak muki,makasih.

  24. nana juliana says:

    trimakasih tanggapannya dok..maaf dok,klo boleh tau obat penghilang rasa nyeri apa yg hrs sy minum.senin besok jadwal sy terapi dok.mksh atas perhatian dokter.

  25. robbi juliansa says:

    selamat pagi dr.Muki Partono
    saya mau tanya kurang lebih 3 minggu yg lalu saya mengalami musibah saya dibegal dan tangan kiri saya dipukul besi , saya sempat menangkis pukulan tsb sehingga tangan saya patah
    awalnya saya bawa kepengobatan tradisional selama kurang lebih 2 minggu , memang tangan saya sudah bisa bergerak sampai mengetik skrng dan rasa sakit pun hanya tinggal sedikit2 saja tapi waktu saya rontgen tangan saya ternyata tulangnya msh seprti awal tdk ada perubahan
    pertanyaan saya :
    * knp tangan saya tdk terasa sakit padahal tulang saya msh belum menyambung?
    * apakah setelah dioperasi ada bekas bekas luka/jahitan yg tidak dapat hilang?

    trims atas replynya 🙂 GBU

    • muki partono says:

      Tulang belum menyambung dan tdk membuat nyeri akibat terjadi pembentukan jaringan parut diantara patahan tulnagnya sehingga tdk menimbulkan nyeri, tapi goyang.luka bekas operasi tergantng bakat pasiennya jd ada ygtdk menimbulkan bekas ada yg menyebabkan keloid.

  26. Hariani says:

    Dok, 4 thn lalu saya kecelakaan jatuh dari parasailing. Tulang C4,5,6 saya patah dan dipasang pen. Semenjak itu dari leher sampai kaki mati rasa dan gak bisa digerakkan. Jari2 tangan jg gak bisa digerakkan. Bagaimana caranya agar kondisi saya bisa lebih baik lg? thanks

    • muki partono says:

      cedera saraf yg sdh berlangsung 4 tahun agak sukar kembali, krn saraf penyembuhannya tdk sempurna yg menyebabkan fungsi hantaran saraf berkurang atau hilang

  27. hari. says:

    dok berapa efektif terapi untk patah tulang paha.mksh

  28. yannie says:

    dok 10 bulan yang lalu kaki saya patah. dan pergelangan kaki keseleo, apakah normal kalau sampai skrg kaki saya masih bengkak? udah jauh mengecil sih, tapi masih agak bengkak,

  29. Benny says:

    Siang Dr.Muki Partono,
    Tgl 30 Mei lalu saya mengalami kecelakaan motor yg menyebabkan pergelangan tangan sbelah kanan (bagian penempatan jam tangan ) patah. saya sudah melakukan operasi dan pemasangan pen. akan tetapi sudah hampir 2 bulan ini, kondisi tangan masih belum bisa menulis / menekan apalagi mengambil barang. saat ini saya sedang proses fisioterapi bagian tangan. pada jari kelingking, manis dan tengah sudah mulai bisa digerak2an.. akan tetapi bagian telunjuk dan jempol msh sangat keras. ahli fisioterapinya pun mengatakan seharusnya ini sudah bisa digerakan.. saya khawatir ada yg bermaslah dgn jari2 saya dan tangan. Pertanyaan saya, apakah jari2 dan tangan saya bisa kembali spt normal ? biasanya butuh proses berapa lama hingga bisa normal kembali… ? terima kasih banyak ya dok..

    -Benny

  30. felly says:

    yth. Dr mukti

    Ibu sy usia 86th kira2 3 bln yg lalu jatoh dan lutut bag atasnya patah, krn takut ke dokter jd kami bawa ke ahli patah tulang sampai saat ini ibu sy belum bs berjalan tp sdh bisa duduk, kalo berdiri tidak kuat masih terasa sakit.

    Apakah ibu sy perlu dioperasi dokter? Krn sudah 3 bln tp blm menunjukan perbaikan. Mohon saran dokter terima kasih

    • muki partono says:

      Sebaikya kam periksa terlebih dahulu utk memastikannya, apakah memang perlu tindakan operasi atau tidak

  31. felly says:

    yth dr muki,

    dokter tgl saran, ibu saya 86th kira2 3BLN yg lalu jatoh terpeleset dengkulnya patah, karena takut ke dokter kami bawa ke ahli patah tulang. terakhir di rontgent tulangnya lututnya msh terlihat luka (frakture?) sampai saat ini ibu saya sudah bs duduk tapi blm bisa berdiri msh sakit.

    mohon saran dokter, tindakan apa yang hrs dilakukan, apakah hrs operasi?
    kalo operasi brp biayanya dan berapa lama proses penyembuhannya sampai bisa berjalan normal kembali?

    mohon kabar dari dokter, terima kasih banyak atas balasan dokter.

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang, utk memastikan apakah tulang sdh menyambung dan posisnya benar, bila ya lanjutkan terapinya, bila TIDAK, sebaikna kita lakukan operasi utk mengembalikan posisi ke arah yg benar, menena biaya opeasi pada kasus orhopedi tergantung dgn pen yg akan dipasang, jd harganya akan berbeda

  32. regina says:

    mlm dok.saya minta saran. ibu saya kecelakaan mobil lalu tangan kirinya luka yg menyebabkan terkoyak dan urat nadi putus 1 dan tulang tangannya hilang satu. sehinga minggu lalu dilakukan operasi penyambungan saraf2 yg putus. dlm wkt dkt ni akan dilakukan operasi ke 2 kata dokter bedah salah satu tulang kaki akan diambil untuk digunakan menyambung tulang tangan kiri. menurut dokter apa efek samping yg akan ditimbulkan jika salah satu tulang kaki diambil? lalu jika ibu saya menolak operasi kedua karena dia merasa tkt jika tulang kaki diambil krn kaki kan merupakan tumpuan badan. jadi ibu saya berpikir agar tangan kirinya tdk usah dipasang tulang aja bgmn dok? tolong sarannya ya dok sebelum ibu saya operasi. Terimakasih dok

    • muki partono says:

      Tak perlu kjawatir, krn tulan yg kami ambil biasanya tulang yg memang tuhan ciotakan utk cadangan artinya fungsinya tdk terlal penting.

  33. Irwan, palangkaraya kalimantan tengah says:

    Salam kenal dok, dok tangan yang patah dipersendian tangan yang sdh dioperasi pd umur 6 thn dan skrg sdh umur 16 thn masih bs normal dengan operasi bedah ortopedi ? trm ksh atas jwbannya dok.

  34. della says:

    Pagi dok, maaf tolong tanya papa saya terjatuh dan ktnya harus operasi ganti bonggol. Harga operasinya brp yah? Ktnya di atas 30 jt? Apa tdk ada alternatif lain yg lbh murah? Makasih

  35. nana juliana says:

    siang dok,sdh hampir 3 bln sy operasi lengan kanan di bwh bahu.yg dipasang penyangga/plat.terapi jg dok,tp untuk trapi tangan ke atas pd posisi tidur tdk maksimal dok,yg sy rasakan sakit dan mengganjal.pertanyaan sy dok,apakah setlah lepas pen nanti tangan sy kembali normal spt semula dok?pertanyaan sy yg ke2 dok.jari2 sy kq msh agak bengkak y dok,untuk menggenggam blm kuat pdhal sy latih terus..seblm dan sesudahny sy ucapkan trimaksh dok

    • muki partono says:

      anda perlu fisioterapi lbh giat lg agar hasilnya maksimal , kn kematangan otot sampai 8 bulan jd lakukan fisioterapi secara benar dan teratur

  36. yuri says:

    siaeg Dok, saya mau tanya tulang bahu saya ini sdh 8 thun yg lalu patah, tp tdk d operasi, mkanya penyambungan’ny kurang bagus.. Yg saya tanya knapa smpai skerang msh sering rasa nyeri menghampiri skitar tulang yg patah.. Mkasih dok

    • muki partono says:

      Maaf inilah contoh penyambungan yg tdk dioperasi terjadi pemendekan dan menyebabkan saraf dekat tulang klavikula terjepit shg menyebabkan rasa linu yg terus menerus, kalau sdh seperti ini agak sukar mengkoreksinya

  37. yuri says:

    .patah tulang bahu pd umur 16 thun tp tdk d operasi dan hasil”ny bhu saya pendek sbelah, ap msh bsa d operasi biar bagus lg, skarang umur saya 26 thun! Trimakasih dok?

    • muki partono says:

      Agak sukar, krn sudah terlalu lama , yang ditakutkan masalah saraf dan pembuluh darah disekitar tulang tersebut yg sdh terbiasa dengan pemendekan , bila dipanjangkan takutnya ada masalah

  38. Frans says:

    Trims atas kesempatanx pak dokter,
    Sy br mengalami patah tulang tertutup pada tulang besar di lengan(forearms), dan atas saran dokter bedah ortopedi sudah di operasi pemasangan plat dgn pakai 4 mur ddgn jarak kira 1cm per mur, (dr hsl rontgen) buat pengkuat nya,,
    1. Apa perlu dilepas kan setelah 1-3 tahun, kata dokter kalo tidak dilepas tidak apa2 (??),.
    2. sy hobi latihan beban, kpn kira2 boleh latihan lg ?
    3. Kalo tidak dilepas plat nya apakah akan tulang akan kuat seperti semula ?
    4. Kalo dilepas plat nya apa tulang yg di lubangi mur akan perlu pemulihan lagi ??supaya keras,,
    Trims pak,

    • muki partono says:

      pen yg terpasang sebaiknya dilepas, hanay saja setelah dilepas memang ada pembatasan gerak selama 1 1/2 bulan utk memberikan kesempatan tulang menutup bekas screw pada tulang , kalau tdk dilepas tulang kehilagan daya elastisnya

  39. arul says:

    mlm dok,,sdh 3bln sy operasi tulang clavikula(pasang pen) tp pergelangan bahu masih sakit bila di gerakan,dan apa tanda kalo tulang sdh menyambung

    trm ksh

    • muki partono says:

      Tanda tulang menyambung, rasa nyeri yg berkurang atau hilang, dan secara foto rontgen garis patahan sdh mulai kabur

  40. yuri says:

    dok linu akibat patah tulang bahu yg tdk d operasi, kira2 dngan cra ap dok menghilangkan rasa linu’ny dok.. Trimakasih dok

  41. ardiansyah says:

    Selamat malam Dok saya pada tanggal 10 mei 2012 mengalami kecelakaan sepeda motor. Pada tanggal 14 mei saya di operasi untuk pemasangan pen sekarang sudah mau 4 bulan tetapi saya sudah belajar bawa motor. Yang saya mau tanyakan apakah saya sudah boleh bawa motor dan merokok kembali?
    Terimakasih

    • muki partono says:

      Sebaikya anda konsultasikan kedokter yg mengoperasi krn beliau yg lbh tahu kondisi tulang anda yg dioperasi, hanya saja waktu 4 bulan sdh memadai hanya saja tdk boleh jatuh lg , kalau jatuh pasti patah diposisi yg sama krn tulang belummenyambung sempurna,

  42. andi says:

    Dok, kalo engsel tulang kaki nya bergeser, itu apakah mesti dioperasi dok ato adakah solusi lain yang bisa menyembuhkan engsel yg tlah geser tuh? Krna pngeseran engsel, kaki nya jadi seolah keliatan bengkak gtu, dan dalam minggu ini sering terasa nyeri di tulang sendi nya dok.. Dan kalo bole tau, untuk penanganan masalah ini, apabila di operasi, memerlukan biaya sebesar berapa ya dok? Soalnya menimbang keterbatasan biaya dok..thx

    • muki partono says:

      Dislokasi yg anda maksud sebaiknya kami pastikan dulu apakah benar, kalau benar banyak cara bisa kita lakukan salah satunya operasi, saran konsultasikan ke doter tulang

  43. Frans says:

    Saya frans , laki2 usia 25 tahun tinggi 174cm/60kg
    18 Agustus kmaren sy mengalami kecelakaan dan mengalami fraktur tertutup tulang Radius saja, dan sudah operasi pasang Pen,
    Yg mo sy tanyakan :
    1. Berapa lama pemulihan tulang kembali keras dan padat dok ?
    2. Bulan keberapa boleh olahraga fitnes kembali ? Dan beban maksimalnya KG ?
    3. Apa boleh fitnes dgn kondisi terpasang PEN (dgn cara tangan dibebat dahulu dgn kain karet /korset agar kontraksi otot tidak membuat pen bengkok) ?
    4. Paling disarankan buka PEN brapa lama ? Dan bolehkah dgn dokter yg berbeda ?
    Trims y dok..

    • muki partono says:

      Kami jawab yg mdh duku, pen diangkat kembalu rata2. 1 tahun sebaiknya oleh dr yg mengoperasi tapinkalau ada pertimbangan lain bisa saja oleh dokter lain, dengan ada pen boleh melakukan olah raga fitness hanya saja tunggu sampai setelah 2 bulan paska operasi, proses penulangan mulai terjadi pada minggu ke 3 dan berlanjutvsempurna sampai 3-6 bulan tergantung tulang ygbmana krn bisa berbeda

  44. frans says:

    Alhamdulillah dok, sampai sekarang sudah bisa aktifitas normal padahal br 4minggu,
    Mo tanya lg
    1. Baikkah mengkonsumsi suplemen kalsium setiap hari (Calci-D) ? Apa tidah perlu di Cycle ?
    2. Gerakan2 apa yang tidak terlalu beresiko trauma pada Radius ? Gerakan Push (mendorong beban) atau Pull (menarik beban)
    3. Ketika tulang sudah masuk tahap Remodelling/kalusnya matang, apa aman ? Atau malah bagus dalam melatih ketahanan Tulang dgn latihan beban ?

  45. Novi says:

    Selamat Malam Dr Muki….pasca operasi mengapa trombosit bisa turun y? dan sebetulnya apa penyebab trombosit turun? trmksh

  46. richo says:

    selamat pagi dokter muki saya memiliki adik laki-laki usia 8th pada saat bermain lalu jatuh dan tulang bahu atas ( yang kecil ) menjadi patah dan menonjol apa perlu dilakukan operasi pasang pen dok ? kami sudah konsul ke 2 dokter tulang menurut dokter yang 1 tidak perlu dioperasi karna tulangnya sudah menyambung sendiri hanya perlu masa pemulihan dan menurut dokter 1 nya lagi harus dilakukan operasi pemasangan pen supaya tidak menonjol dan bahu nya tidak berbeda bentuknya satu sama lain, apakah kalo tidak dioperasi tonjolan nya bisa hilang dok ? menurut dokter muki gimana saran terbaiknya ? terimakasih sebelumnya

    • muki partono says:

      coba bapak kita bertemu dulu , kami hrs periksa secara klinis dan rontgen memang bisa operasi atau tdk operasi pada kasus anak

    • warti says:

      siang dok, saya py anak 4 th, 5 minggu yang lalu anak saya jatuh dr motor, setelah 2 mingguan tulang iga agak nonjol, barusan saya ronntgen dan sy konsultasikan ke dokter, menurut dokter yg 1 tulangnya patah dan udah nyambung untuk ngoreksi hrs dioperasi dan di psg pen, setelah konsultasi ke ahli orthopedi ndak usah dioperasi karena ndak ada keluhan nyeri ato kesemutan dan nunggu observasi 1 bln lg. yg mau sy ty kan klo nantinya tetap tdk ada keluhan tsb apakah tdk perlu operasi dan bagaimana dengan tonjolannya apakah selama perkembangan bisa pulih, menurut dokter bgm?terimakasih sblmnya

      • muki partono says:

        Baca artikel kami tentang hebatnya patah tulang pada anak, utk kasus anak ibu tak perlu dilakukan tindakan operasi

  47. Laura says:

    Dok,teman saya seminggu yang lalu kcelakaan .
    Stelah dirontgen ternyata tulang keringnya,dibagian mata kaki mengalami pergeseran dr tempatnya .
    Solusi yg baik agar cepat pulih bgaimana dokter ?
    Dan berapa lama pulihnya ?
    Trims 🙂

  48. Ardi says:

    Dok, anak saya (5 bln) kepalanya peyang, apa bisa diperbaiki di dokter tulang ? Solusinya bagaimana ya dok ?

  49. fatimah says:

    Dok klu tulang bahu yg patah tdk dioperasi gma dok?

    • muki partono says:

      kalau posisinya bagus nggak masalah kalau posisi jelek , jd masalah menyambung dengan btk yg tdk anatomis dampai ke bahu shg fungsi bahu berkurang dan kosmetik ada pemendekan tulang bahu dan tinggi bahu berubah

  50. Jessy multiyana says:

    Dok hasil rontgen fraktur radius dextra distal artinya apa ?
    Dan harus dioperasi kah ?

    • muki partono says:

      patah tulang lengan bawah sisi luar dekat sendi pergelangan, kalau posisi baik pasang gips , kalau posisi jelek sebaiknya dilakukan operasi

  51. Rezha says:

    dok, sy ingin bertanya. Pada tgl 23 September 2012 yg lalu sy mengalami kecelakaan yg mengakibatkan tulang kering sebelah kanan saya patah. Sudah dilakukan tindakan operasi pemasangan pen dg 8 buah baut. Saat ini sudah memasuki minggu ke-11, tapi kira-kira 1 minggu yang lalu kaki saya bengkak di lokasi patah tulangnya dan disertai rasa nyeri bila dibuat berdiri (kaki menggantung). Yang saya tanyakan :

    1. Apakah hal tersebut wajar? Mengingat sebelumnya setelah operasi tidak pernah mengalami bengkak hingga minggu ke-10.

    2. Butuh waktu berapa lama agar saya dapat lepas tongkat?

    Terima kasih dok. Mohon pencerahannya.

  52. Rusdin says:

    Dok…Anak sy berumur 11 tahun saat in, sekitar 3 tahun lalu jatuh dari pohon, tangan kanan saat itu bengkok, bergeser di mangkok sendi siku…sampai saat ini…
    Apa bisa anak saya dioperasi supaya tangannya kembali normal…jika bisa, dimana dioperasi dok…
    mohon bantuannya dok….

    • muki partono says:

      insya allah kalau hanay lepas bisa diperbaiki, sebaiknya kami periksa utk memastikan hal tsb

      • defri says:

        dokter saya mau nanyak … anak saya pernah jatuh dan mengalami pergeseran tulang pada tangan nya yang mengakibatkan tangan nya bengkok.. jatuh nya sekitar 1 tahun yg lalu sekarang anak saya berumur 6 tahun.. saya sudah pernah konsul sama dokter dan katanya bisa dioperasi tapi nunggu anak saya dewasa dulu.. gimana tu dokter saya mohon penjelasan nya … karena kalu menurut saya lebih cepat di operasi kan lebih baik… terima kasih ya dokter..

        • muki partono says:

          pendapat ibu ada benarnya tapi kemungkinan bengkok lg masih ada krn pada anak2 masih ada lempeng pertunbuhan , oleh sebab itu knp tunggu sampai usia 16 tahun , krn pada usia tsb lempeng pertumbuhan sdh menutup jd koreksinya cukup sekali saja

  53. devi laila says:

    dokter,anak saya usia skrg 6 thun .. dan jtuh dr ayunan pd usia 5 tahun … tangan nya mengalami kebengkokan apakah bisa di operasi dok..? saya uda berobat ke dokter tulang katanya ada nya pergeseran tulang …

  54. supriyati says:

    dok mo nanya nih
    sebulan lalu aku kecelakaan yg membuat bahu kiri dan pergelangn tangn patah.sdh di operasi dan di psg pen.kira2 berapa lama aku bisa gerak normal

    • muki partono says:

      sebaiknya lakukan fisioterapi utk melatih gerak agar tdk kaku brp lama tergantung dari anda sendiri , semakin rajin latihan semakin cepat

  55. Bambang says:

    Dokter Muki yth,
    Akhir November 2012, saya operasi lutut kaki kiri karena patah pas dibawah tempurung, ada 4 pen utk menahannya. Sekarang sdh mau masuk 3 bulan, kaki saya jadi tidak bisa ditekuk, rasanya sakit sekali klo dipaksakan. Saya takut klo terlambat jadi tidak bisa ditekuk seperti semula. Apakah ada cara lain dok? Dan kira-kira estimasi biayanya berapa ya? Mohon petunjuk. Terima kasih jawabnya..

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa lbh dulu pak bambang, kemungkinan bisa dilakukan fisioterapi atau hrs dengan MANIPULASI dengan pembiusan dan dilanjutkan dengan penggunaan alat CPM

  56. supriyati says:

    aku melkn tes EMG dan kata nya hasilnya ada syarf yg rusak en hrs di evaluasi lg dgn cara operasi.apakh ini nanti berdampk ke yg lain.jujur aku takut dgr kata operasi lg.kira2 apa yg harus aku lakukan biar syarf en tulng yg patah nya kembl norml.padhl dirmh sdh di gerakn en fisioterapi juga

  57. iqbal says:

    dok, saya ingin bertanya saya pernah mengalami patah tulang di bahu kanan saya5 tahun,dan saya mrlakukan pengobatan alternatif,ditambah fisioterapi,pada tahun kelima saya periksa ke dokter prthopedi, disuruh ronsen,hasilnya tulang normal,tp masih ada kekakuan tangan kanan daripada tangan kiri,bagaimana ya dok

    • muki partono says:

      Kalau kekakuan yg sdh berlangsung lama , bisa akbat sebab lain bukan krn patah bahu, sebaiknya diperiksa lnh dulu utk mencari penyebabnya,

  58. silvia says:

    dok, tulang tempurung saya bergeser, adakah kemungkinan untuk tidak operasi? 🙁 berapa lama kemungkinan reda nyerinya dok?

  59. Atina says:

    Dok… anak saya umur 15 th kecelakaan yg menyebabkan siku kanannya patah. kami orangtuanya tidak mau operasi shg akhirnya kami bawa ke tukang pijat tulang. setelah 3 bln ini tangan kananya tsb sdh bisa dipakai aktifitas memegang, mengangkat dan naik motor. hanya saja siku tidak bisa ditekuk sempurna, hanya sampai 90 derajat saja. bagaimana langkah kami selanjutnya utk memulihkan tangan tsb. tmksh.

    • muki partono says:

      bantu dengan fisioterapi, tapi sebelumnya konsultasikan ke dokter tulang utk dilakukan foto rontgen dan memastikan apakah tulangnya sdh menyambung dgn benar

  60. Mark Hendrik says:

    Dok bbrapa hari lalu saya mengalami kcakaan dan mengakibatkan jari saya patah. Saya sudah melakukan operasi dan sudah di pasang pen.
    Apa yg harus saya lakukan agar tulang saya cepat pulih?
    Dan apa itu fisioterapi? Bisa dilakukan dimana? Dan biayanya berapa?
    Terimakasih.

    • muki partono says:

      makan makanan yg mengandung kalsium dan konsumsi kalsium tab dan Vit D3 baca artikel saya di web tentang ini, fisioterapi dilakukan agar tdk terjadi kekakuan shg fungsi jari spt semula, bisa dimana saja yg penting punya fasilitisa fisioterapi biaya kisaran 100 rb- 150 rb setiap pertemuan

  61. samsudin says:

    tulang pengumpil pada tangan kiri saya patah dok,dan sudah di gyp selama 60 hari.hasilnya kata dokter yang memeriksanya sambungan belum kuat.Kalau saya amati dari foto rontgennya seperti tidak lurus dan yang nyambung sedikit sekali.dan yang saya rasakan saat ini adalah bengkak di jari jari tangan saya dan nyeri di pergelangan tangan.Gerakan jari dan pergelangan saya juga sangat terbatas,tidak bisa mengepal atau menggenggam.

    Apakah sambungan seperti sekarang ini bisa tumbuh menjadi lebih kuat tanpa dioperasi?

    dan apakah gerakan jari tangan saya baru bisa normal setelah sambungan itu kuat?

    terimakasih dokter.

    • muki partono says:

      kelemahan gips adalah tdk bisa mengembalikan posisi patah ke posisi yg baik, tapi tulang tetap bisa menyambung sepanjang tdk ada material yg menghalangi diantara garis patah pada tulang, operasi atau tdk operasi tdk mempengaruhi penyambungan dan kekuatan tulang

  62. Nisma Zuri says:

    Dok, saya mau nanya nih. Sebulan lalu adik saya kecelakaan. Dalam sebulan itu pengobatan kami adalah melalui tukang pijat. Dan setelah di Rongent ternyata hasilnya ada retak/patah pada tulang ekor. apakah pengecilan pada paha adik saya itu disebabkan tulang ekor yang patah/retak Dok? apa saja pengaruhnya apabila terjadi gangguan pada tulang ekor? Mohon solusinya jg Dok! Thank’s

  63. santy says:

    Jika kata dokter: operasi atau tdk operasi tdk mempengaruhi penyambungan dan kekuatan tulang. Jadi apa sebenarnya fungsi operasi?

    Anak saya, umur 19 tahun, tulang lengan kiri bagian atas patah karena di pelintir teman. Posisi sedang menuntut ilmu diluar. Menurut dokter yang menangani patahan ada kemiringan 30 derajat. Tapi di dekat patahan katanya dekat dgn saraf.

    Dokter menyerahkan keputusan ke saya untuk operasi atau tidak. Saya bingung harus bagaimana ya Dok?

    • muki partono says:

      operasi tidak mempercepat tulang menyambung yg benar operasi membuat posisi tulang kembali spt posisi sebelum patah, tapi tetap menunggu proses penyambungan tulang hanya saja menyambungnya jd lbh baik dan fungsi normal kembali, kalau usia 19 tahun sdh dianggap dewasa kalau kemiringannya 30 derajat saran operasi

  64. agung astomo says:

    Dok mau tanya,saya than 2010 kcelakaan dan tulang paha saya patah. Dan sampai saat ini saya belm operasi. Apakah saya masih bisa operasi dok?

  65. devi monica says:

    Dok saya mau tanya teman saya patah tulang tangan kanan di atas sikut. tulangnya patah bambu miring belum di operasi, di bawa k ahli tulang. Apakah tindakan saya benar? Apa harus di operasi

    • Muki Partono says:

      biasanya kalau patah tebu berdasarkan pengamatan saya pasien2 jarang yg bisa menyambung kalau ditangani alternatif, sebaiknya dioperasi saja

  66. doni says:

    Dok, saya mau tanya ? Saya pernah dislokasi bahu 2x ( dislokasi ke 2 cuma berselang 3hr dri dislokasi pertama ) dan sekarang saya sudah bisa aktifitas normal dan sekarang sudah satu tahun sakit nyeri nya itu gak bisa sembuh, butuh berapa tahun ya dok biar bisa sembuh normal ?
    oh ya dok satu pertanyan lgi, dislokasi bahu sama patah tulang mekanisme penyembuhan nya bagusan mana ya dok ?

    • Muki Partono says:

      dislokasi adalah salah satu kasus emergency dalam bidang orthopedi, jd kalau terjadinya berulang, sebaiknya ditangai dgn operasi apakah pakai metode artroskopi atau konvensional , krn penyembuhan pada dislokasi sangat tdk mungkin, beda dgn tulang, kalau patah tulang begitu tulangnya menyambung masalah sdh selesai

  67. doni says:

    Sebelum nya saya ucapakan terimakasih dok udh berkenan membls pesan saya. Oh ya dok apahkah klu udah di operasi masalah nya udh selesai dok maksudnya bebas buat berolah raga voly, bulu tangkis,pus up, pul up, atau pun pergi ke GYM. Soalny tdi dokter prnah bilang klu penyembuhan pada dislokasi sangat tdk mungkin, padahal saya paling suka pergi ke gym sampe sekarang saya masih pergi ke gym walupun blum di operasi?

    Oh ya dok satu pertanya lagi operasi artroskopi sama konvensional itu kualitas penyembuhan bagusan mana ? Klu gak salah pake artroskopi itu kurang bagus ya dok soalnya biaya sangat mahal, terus saat di lakukan operasi daya Lihat sama daya perbaikan nya terbatas, cumu unggul minim sayatan saja ?

    • Muki Partono says:

      pendapat anda kurang tepat , artroskopi ditangan yg tepat hasilnya bisa maksimal , krn perlu ketrampilan yg mumpuni, begitu juga sebaliknya konvensional sama saja, tapi sdh dibuktikan tingkat kenyamanan jauh lbh enak artroskopi setelah operasi

  68. Slamet Riyadi says:

    Dok, saya sudah melakukan MRI pada pergelangan tangan kanan saya dan terdapat kesimpulan:

    “Fraktur os scaphoid proksimal kanan disertai fluid collection pada kapsul sendi sisi dorso-lateral”

    – Apakah diagnosa MRI tersebut harus dilakukan operasi?
    – Apa yang terjadi seandainya saya tidak melakukan operasi?
    – Dan jika memang harus dioperasi, apakah bisa dengan arthroscopy? kalau dengan bedah terbuka saya tidak berani.

    Terima kasih atas jawabannya.

    • Muki Partono says:

      fraktur scapoid sebaiknya dilakukan operasi utk mencegah terjadi nonunion , operasinya memang bisa artoskopi tapi kalau kasusnya tdk baru sebaiknya operasi biasa saja hanya saja perlu fiksasinya dengan herbert screw

  69. aji jatmiko says:

    punten dok..
    mau tnya… patah tulang yg sudh Lma hmpir pluhan tahu…
    apakah msih bsa di oprasi ?

    mhon pencerahannya..
    mksh

  70. alkarim says:

    dok, tulang ujung jari telunjuk saya patah hancur, sudah 2 bulan. wire nya pun sudah cabut. tapi hasil ronsen nya tulang saya masih ada 2 serpihan kecil. apa serpihan kecil itu bisa kembeli ke tempat nya. dan kata dokter nya ujung jari saya tidak bisa kembali normal seperti semula, artinya tidak bisa di gerakan? klw serpihan itu bisa kembali ke tempat nya, butuh berapa lama dok?

    • Muki Partono says:

      Patah tulang ujunv jari sangat sulit kwmbali posisi semula krn secara anatomi kecil dan ujung jari ada kuku shg sulit rigid sekalipun sdh ?ioperasi

      • alkarim says:

        apa serpihan itu bisa kembali menyatu? butuh waktu berapa bulan dok?

      • alkarim says:

        dok klw pun tidak bisa kembali normal, arti nya ujung jari tidak bisa gerak normal, apa rasa sakit nya bisa hilang? sudah 2 bulan ujung jari telunjuk sepeti di bakar, panas bgt.

  71. ari says:

    Dokter, apakah diskolasi tulang bahu yang sudah lama bisa sembuh kembali tanpa operasi,,soalnya hal itu menyebabkan rasa linu sampai pusing jika kecapekan dan dingin.apakah jika di biarkan saja bisa meninbulkan gangguan syarap yang menyebabkan kelumpuhan??terimakasih atas informasinya

  72. uca says:

    Dok saya patah tulang humerus sebelah kiri, ternyata syaraf terjepit sehingga pergelangan tangan tidak bs d angkat k atas, tetapi jari bs bergerak dan ada tenaganya. Saya sudah pasang pen, kira2 berapa lama bs d beri beban tangan saya, dan pergelangan tangan saya kira2 kpn sembuhnya

    • Muki Partono says:

      kondisi spt ini kadang dijumpai , sabar saja muah2an setelah 6 bulan bisa kembali , saran pakai alat bantu KOCKUP SPLINT

  73. uca says:

    Trims dok

  74. deris says:

    Dok saya pernah patah tulang pergelangan tangan kiri tapi saya biarkan sampai sembuh. Alhasil tangan tidak bisa diputar sempurna .bagaimana caranya dok biar bisa sembuh totL .kejadianya sudah 6 tahun yg lalu

    • Muki Partono says:

      anda hrs dievaluasi kembali , saran konsultasikan ke dokter tulang, utk memastikan apakah bisa diperbaiki atau tidak

  75. Asoka says:

    Dok setahun lalu saya kecelakaan dan pergelangan tangan saya patah, namun sya tdk menjalani oprasi krn hendak menjalani UN namun posisi tulang pergelangan saya tidak pas dan malah menyembul, tangan saya juga tdak dapat digerakkan seperti dulu lagi serta sering mengalami nyeri…

    Bagaimana cara mnyembuhkannya? Apa harus dioprasi?

    jawab ; kasus anda dikategorikan kasus Neglected atau kasep , pada kasus ini perlu evaluasi apakah masih bisa diperbaiki lewat operasi atau tidak

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome