patah tulang bahu akibat kecelakaan

sekitar 1.5bulan yg lalu adik ipar saya mengalami kecelakaan. karena terbatasnya dana kami, jadi kami melakukan penyembuhan secara alternatif. namun hasil yg didapat tidak memuaskan.
masih bisakah kami mengambil jalur medis kembali?,
dan berapa biaya untuk operasi pemasangan pen?
bisakah dibantu dengan jamsostek?
mohon chek foto dok dan berikan komentar saya harus apa untuk adik ipar saya. terima kasih.

mohon maaf yang di publish pertama tadi lupa kasih fotonya.

IMG-20111208-00028.jpg (25 KB)

Jawab : sebaiknya dilakukan operasi saja agar fungsinya kembali normal, kisaran biaya sekitar 15-17 jtan klas 3.

About author:

20 Responses to “patah tulang bahu akibat kecelakaan”

  1. ryu says:

    aslm. dokter, untuk penyembuhan pasca operasi buka pen d bahu dan tangan, berapa lama masa penyembuhan nya?umur pasien ini 32 tahun…operasi nya 1,5 thn yll..terimaksih atas jawabannya.

    • muki partono says:

      masa penyembuhan pengangkatan pen relatif lbh cepat , bisa langsung mobilisasi dan luka operasi sembuh dalam 7 hr hanya saja perlu pembatasan aktifitas selama 1 bulan utk memberi waktu lubang bekas pen pada tulang terisi kembali

  2. Uci says:

    Dok,Usia sya 29 thn,seorang prmpuan,1 thn sblumnya sya prnah pnya pnyakit sprti:radang sendi pd bahu kiri,kmudian krn sdh lma sya mncba pngobatan alternativ,sprti:di urut/pijat refleki,tp bahu sya mkin tdk karuan,ada prubahan bntuk sendi,sdh gnti 4 tkng urut saya mncoba hnya untuk mmperbaiki ke bntuk smula dn spy bs brgrak normal,tpi blum jg da hasilnya,skrang keadaan tngan sya mkin ga bsa di angkat ksamping maupun k atas(wlaupunn sya sring latihan), tulang belikat kiri saya lbih gepeng dr yg knan srta mngkerut klo brdiri,srta tulang slangka yg kiri lbih mnonjol,bila berdiri/brjlan pun ga bsa tegak,susah/brat,hsil pmriksaan yg sdh saya lkukan:ronsen x-ray,MRI,Jantung,USG bahu,sya jga kdang mmriksakn k dktr tulang,tp blm ada yg hsil yg akurat,prnh da dktr yg blng rematik otot,mnrut sya ciri2x sprti dislokasi pd bahu atau prglangan tngan atas,obat yg prnh sya konsumsi adlh:avelox,cataflam,sanmol,nutriflam,skit pd bahu kiri sya ini klo dgbungkn dg sblum d urut brarti sdh 2 thn.sya mhon pncerahannya dok,tntang apa pnykit sya?apa yg hrus sya lkukan?dn bla hrs oprasi athroskopi bahu tu brpa biayanya dok?tlong biaya yg s ringan2 dok,krna sya dr kluarga yg ekonominya lemah.

    • muki partono says:

      Sebaiknya kita berjumpa utk melihat kondisi anda secara klinis krn kasus anda sdh lama, kami perluperiksa kondisi terakhir

  3. hendri gunawan says:

    sekitar 1tahun yg lalu jatuh dari motor dan mengalami patah tulang clavicula kanan. dan melakukan operasi.sekitar 2 bln berikut terjadi kegagalan dan harus dioperasi ulang. pengunaan pen pertama ada sekrup2 yg jmlhnya ada 7bh, kemudian diganti dengan pen seperti paku yg ujungnya berbentuk kait.pertanyaannya adalah:
    1.apakah bisa bekerja berat kalau masih ada pen dibahu?
    2.berapa berat maksimal beban yg bisa diangkat?
    3.apa yg akan terjadi jika operasi diulang kembali

    • muki partono says:

      Pertanyaan jn yg berhak menjawab adalah dokter yg mengoperasi krn pasti dia ada alasan knp ?, kami tdk bisa memberi komentar kecuali anda lampirkan foto hasil operasi pertama dan ke dua

  4. Uci says:

    Dok ini ibu neng,yg dr subang(yg pnya pnykit pd sendi bahu kiri) wktu itu hnya suami yg prnh mnmui dktr,tp maaf sy blum bsa ikut.mdh2n dg tulisan ini bsa mmberikan gmbaran dlu tntg pnykit sya sblum bsa koltultasi lngsung sm dktr.obat yg prnh sya konsumsi wktu tu adlh:sanmol,cataflam,nutriflam,avelox,dn wktu itu hsil pmriksaanya jg sdh dbca sm dktr:MRI,X-ray,USG,dan ECG,mnunjukan tulang bahu tdk ada yg ptah,kta dktr: peradangan.dok yg ingin sya tnyakan,
    1.knapa sendi bahu kiri sya itu lepek/kendor tdk tegap sprti bahu kanan?
    (klau badan mau brgerak tulang belikat atasnya hrus d usap2 dlu,spy mnyamai bahu kanan)dn itu jg hrus hati2 skali
    2.apkh krna d urut,bsa mngkibatkn dislokasi pd bahu?..soalnya tendon kiri rsanya mkin mnonjol ksamping,dn tngan kiripun g bsa d angkat,klau brjalan sprti berat sbelah.
    3.dok klau sdh d urut,apkh bahu sya msh bsa dprbaiki/dsmbuhkan?
    Trimakasih atas jwabannya dok.

  5. Uci says:

    Smbungan yg d atas..

    Dok rasa sakit pd sendi bahu mh tdk ada,sdh hilang ckup lama,cuma kdang2 klo slah posisi sja,yg pling bsa sya rsakan adlh: bahu kiri sprti keplek sbelah/kendor/merosot,rsanya sendi sprti tdk pd tmpatnya & berat ksamping jg kbelakang.dn klo brjlanpun hrus hati2 sx,krena berat sbelah.smua aktivitas mnggunakn tngan knan,krn sya tkut bahu kiri mkin brgeser lgi(mrubah bntuk) & tngan g bsa d angkat.dok yg sy ingin tnyakan:
    1.apkh ciri2 sprti sya itu adlah dislokasi?
    2.stiap oprasi apkh hrs mnggunakan pen?
    3.dn s andainya hrus d oprasi,apkh cukup 1x oprasi sja?
    Trimakasih bnyak dok ats jwbnnya dn mhon maaf bla trllu bnyak.

  6. Met pagi dok, ini mau tanya sy mengalami patah tulang akibat kecelakaan di bagian tulang kering kaki kanan dan sudah dipsng platina, yang sy tanyakan besuk saat pengambilan platina trsebut apa butuh waktu lama jg untuk penyembuhannnya seperti tdk boleh napak dan hrus pakai tongkat ?

  7. meiliana says:

    met pagi dokter, saya perempuan berusia 23 tahun. tahun 2007 lalu saya mengalami kecelakaan dan patah tulang di bahu kiri dan paha sebelah kanan. sya operasi pemasangan pen di dua bagian itu. setelah beberapa tahun kemudian. pen yang ada di paha tidak ada keluhan sampai sekarng. tetapi yang di bahu sangat mengganggu karena kulit yang tipis pada bahu robek karena tonjolan pen yang seperti dikaitkan itu. smapai sekrang belum ada biaya untuk melepas nya. kira-kira berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk pelepasan yang ada pen yang ada di bahu dokter???

  8. Tatang Laksono says:

    Dr Muki yth,
    Di tulang betis saya masih ada pen yang dipasang 25 tahun yang lalu. Sekarang umur saya 45 tahun. Sebenarnya tidak ada masalah yang mengganggu kecuali rasa nyeri kalau melakukan aktifitas yang terlampau berat seperti jogging atau melompat.
    Pertanyaan saya:
    1. Kalau saya lepas pen sekarang, apa saja kemungkinan efeknya mengingat waktu pemasangan yang sangat lama?
    2. Kalau boleh tau berapa biaya operasi dan berapa lama masa pemulihannya?
    3. Untuk seusia saya, berapa lama lubang bekas pen ditulang akan menutup kembali?
    Terima kasih banyak sebelumnya atas jawaban dokter.
    Salam,
    Tatang

    • muki partono says:

      pen walaupun sdh lama bisa diambil, tapi hrs kita lihat dulu kondisi terakhir takutnya sdh tertanam dalam tulangnya , kalau sdh demikian tdk perlu dicabut, biaya kisaran 12 jtan klas 3,waktu penutupan lubang 1 bulan paska operasi

  9. Met sore dok? Berapa dok biaya pelepasan platina 3 bagian ditangan kanan? Mksih atas jawabannya!…

    • muki partono says:

      biaya tergantung RSnya dan klas perawatan yg anda pilih, sebagai ahan pertimbangan kisaran 13-15 jtan klas 3

  10. Saprol says:

    Assalamualaikum wr wb.
    Dok. Saya nak tanya
    saya dah pakai pen di kaki kanan hampir 7th
    insha allah saya mau lepas. tp biayanya berapa?..

  11. polina says:

    Dr muki yth

    Butuh berapa lama waktu penyambungan tulang pada usia 31 thn

    Berapa lama wkt yg baik untuk pelepasan pen?

    • Muki Partono says:

      penyambungan tulang tergantung jenis tulang , usia sih tdk berpengaruhterhadap penyambungan tulang , tetapi kualitas tulang berbeda, sebaiknya rata2 1 tahun waktu utk pelepasan pen

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome