patah tulang

Desember 2008 saya kecelakaan jatuh dari anak tangga nomor 2 dari bawah dan keseleo. Seorang teman bermaksud menolong dan memutar kaki (kanan) saya. akibatnya ankle patah dan tulang kiri juga patah karena diputar.Kaki digips 4 bulan.Sebelum buka gips di Foto rotgen. tulang sudah menyambung pada tempatnya.Tetapi kaki masih terasa sakit sampai sekarang.Kemudian dirotgen ulang pada bulan Mei 2011 .Hasil rotgen menujukkan tulang ankle bergeser.
Perlu diketahui Pekerjaan di kantor menuntut aktivitas kaki cukup banyak & kondisi kantor di lantai 3 harus naik turun tangga.
Pertanyaan:
Apa yang menyebabkan tulang bergerser?
Apakah bisa dikoreksi agar tulang pada posisi yang tepat.
Bagaimana mengurangi rasa sakit (sampai ke punggung)?
Terimakasih

jawab ; sebaiknya dikonsultasikan kita jumpa dan bawa foto terakhir, kami menduga pergeseran sebenarnya terjadi akibat tulang yg belum menyambung sempurna setelah di gips 4 bulan , akibatnya bisa bergeser, atau ada sebab lain yg perlu di cari

About author:

252 Responses to “patah tulang”

  1. devi Sofyan says:

    salam kenal dok, saya pria 33 tahun ingin mengetahui info mengenai jenis makanan yang boleh dimakan dan tidak (Pantrangan)bagi pasien patah tulang penyangga bahu(CULICULVA)/ (HASTA), karena banyak segelintiran kalimat yang menyatakan bahwa setiap penderita patah tulang Pasca Operasi Patah tulang tidak boleh minum kopi, minuman bersoda atau lain sebagainya dan tidak boleh makan makanan yang berminyak seperti gorengan dll, serta tidak boleh makan ketimun atau sebangsanya…..pertanyaan di atas mewakili saudara saya yang mengalami patah tulang tersebut diatas akibat kecelakaan jatuh dari sepeda motor, dan mengalami patah tulang seperti tersebut diatas…terima kasih dok…

    • muki partono says:

      kopi dan minuman bersoda bukan tidak boleh hanya saja jangan terlalu banyak, dianjurkan kopi hanya 1 cangkir /hari saja, kalau lbh tidak baik

  2. tika w says:

    Assalamualaikum wr. wb.

    dokter, anak saya wanita umur 9 tahun kurang jatuh dari sepeda, kaki kiri pada tulang kering patah dan sudah dilakukan operasi reposisi kemudian digibs, untuk anak umur tersebut bisa berapa lama digibs (saat ini sudah 2 mgg digibs) dan makanan apa yang bagus untuk mempercepat pemulihannya serta terapi apa yang bagus untk pemulihannya dengingat saat ini belum boleh untuk menapakkan kakinya, terima kasih banyak, wassalam

    • muki partono says:

      2minggu blm cukup, sebenarnya sdh bisa jalan dgn tongkat bisa ditapakkan sebagian sja nanti tunggu 1 bulan tulangnya sdh lbh kuat

  3. romy says:

    dr.nama saya romi, umur 24 tahun.dr saya mengalami kecelakaan pada tanggal 12 desember 2011 dan saya melakukan operasi pada tanggal 13.berapa lama saya bisa latihan berjalan???dan berapa lama saya bisa melakukan olahraga badminton lagi dr.

  4. ari says:

    pak dokter saya mau nanya.,anak saya umur 7bln,tulang bahunya patah akbt jatuh dari ranjang(karena mba yg ngasuh tidak mau mengaku).ketauan stelah ada benjolan di bahu,dan setelah diperiksa rontgen ternyata benar tulang bahunya patah.gmana kedepannya dok? mengingat tulang bayi cepat menyatu dan saya perkirakan sudah sktar 1mgg an.apakh ada dampak ke fisiknya?dan apakah bisa diperbaikin lagi stlah dia besar nanti??

  5. ari says:

    pak dokter ,hasil rontgennya menunjukan tulang nya udah tidak menyambung lagi. ( ____——)kurang lebh seprti itu tulang bahunya skr? apakah msh bisa normal tanpa kita lakukan apa2 pak dokter??

  6. dwi army says:

    pak dokter, saya sudah operasi patah tulang tangan tangan bagian bawah, tapi sudah satu bulan syaraf pada telapak tangan dan jari2 tangan masih sulit digerakkan dan terasa seperti kesemutan sepanjang hari juga bengkak dok. telapak bbagian luar juga gosong karena semminggu setelah operasi syaraf telapak tangan saya rasanya seperti terbakar dari dalam, apa memang setelah operasi patah tulang tangan syarafnya akan rusak? trus bagaimans dok solusinya? terimakasih

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami periksa kondisi terakhir, sebaiknya utk memastikan kelainan saraf yg anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan EMG,

  7. asep says:

    pak dokter, sy 21 tahun tulang paha kanan sya patah,dan sudah operasi,dan d pasang pen… tulang yg patah bs kuat kembali setelah berapa bulan , dan beapa bulan lagi sy bs bermain futsal lg ?

  8. Asep Yani says:

    Aswr.Dok saya menderita patah tulang paha kanan hampir 2 tahun belum kunjung sembuh/kuat sekarang masih pakai tongkat, hasil rontsen tgl 9 janurai 2012 posisi tulang belum nyambung,.apa masih memungkinkan untuk di oprasi ?,..jazakallah Wslam wr.wb

    • muki partono says:

      masih bisa dong, yg sdh 7 yahun saja insya allah masih bisa hanya saja mungkin perlu 2 tahapan operasi

      • yakhiya askhabul jannah says:

        Dr.muki dok saya mau nanya,,ayah saya 3 bulan yang lalu kecelakaan dan mengalami fraktur kaki kanan,umur ayah saya 40 thunan,,dok saya mau tanya jangka waktu penyembuhannya apa akan lama di lihat dari usia ayah saya,,dan saya mau tanya lagi makanan apa saja yang tidak di perbolehkan untuk di makan ayah saya,dan makanan apa saja yang bisa mempercepat kesembuhannya?
        terima kasih dok atas perhatiannya,,

        • muki partono says:

          Proses penyambungan tulang biasa sama dgn orang mjda hanya saja mungkin kualitas tlangnya berbeda, mengena makanan apa saja baca artikel tentang OSTOPOROSIS pada web ni

  9. Ihshan Mukhlis Ahmadi says:

    Assalamualaikum, dok saya mengalami patah tulang lengan bawah kanan ke2 tulang patah, dan saya sudah melakukan operasi pemasangan 2 batang pen awal januari lalu, kapan kira kira saya bisa mengendarai motor lagi

    terima kasih

  10. Ahmad Sopi says:

    Assalamu’alaikum, dok saya mengalami patah tulang paha (kaki kanan) & ada sedikit pergeseran di sekitar sendi (lututnya kaki kanan), kejadian awal 4 des 11. berobat jalan melalui urut patah tulang sudah 2 bln. Yang saya mau tanyakan apakah kaki yang patah ini sudah kuat untuk di tapak jalankan dibantu dengan tongkat dan apa sudah boleh saya belajar sedikit2.
    Terima kasih

  11. devi says:

    ass,,
    maaf dok saya korban kecelakaan dan jari telujuk dan jari tengah saya patah serta retak sudah di bawa ke pengobatan alternatif 2 kali mereka menyebutkan bahwa tangan saya sudah sembuh tapi dari bentuk jari saya, saya kurang percaya di tambah lagi jika di gerakan terlalu lama terasa ngilu,
    jadi kira” bagaaimana ya dok ?
    mohon saranya :D

    • muki partono says:

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter tulang , perlu pemeriksaan rontgen utk memastikan apakah tlangnya sdh benar posisiya dan sdh menyambung

  12. devi says:

    jika blum menyambung ada kemungkinan bisa balik lagi seperti dulu ga ya dok,?
    soalnya saya masih berumur 16 thn

  13. seto says:

    Dok, salam kenal nama saya Seto. Ibu mertua saya, seminggu yang lalu jatuh di kamar mandi dan setelah dibawa ke dukun patah tulang ternyata katanya ada patah di daerah tangan kanan antara engkel dan siku. Saat ini digips, namun beliau tidak nyaman karena panas, gatal dan berat. Apakah memang harus digips untuk kasus seperti ini ?.

    • muki partono says:

      Ya benar spy posisi patah tulang tdk berubah sampai tulangnya menyambng baru dilepas gipsnya, memang salah satu efek pemasangan adalah berat dan rasa gatal, bisa diatasi dgn obat

  14. fahrizal fahmi says:

    salam kenal dok,saya fahmi usia 22 tahun.
    4 bulan lalu saya kecelakaan ditabrak mobil,akibatnya tulang paha kanan saya patah.kondisi patah tulang nya bagus (Rekomendasi dari dokter yang menangani, hanya tertumpuk dan patahnya tidak hancur) namun masih harus dioperasi.
    setelah 10 hari operasi, dokter menyuruh saya untuk berjalan dengan menapak meski menggunakn tongkat dengan alasan biar penyembuhan dan pemyambungan lebih cepat. namun, hasilnya di bulan pertama kondisi tulang retak kembali,parahnya di bulan kedua tulang tersebut patah dengan hasil rontgen (3 mur pada pen patah).tidak ada alasan patah tersebut akibat dari mana, yang jelas dari kita selalu mengikuti apa yang diperintahkan dokter.
    dibulan ketiga dokter menyuruh untuk operasi kembali, dengan hasil operasi (pen perasi baru lebih panjang, dari 8 mur menjadi 12 mur).
    yang ingin saya tanyakan, apakah kondisi di operasi kedua ini hasilnya akan lebih baik? bagaimana masa penyembuhannya?apakah nanti ada effect yang terlihat nyata dari perasi tersebut?
    mohon konsultasinya, terima kasih

  15. M Riduan says:

    Assalam
    Dok , usia saya 16thn patah tulang majemuk pada bagian lengan, yang mau saya tanyakan, biasanya masa penyembuhan brp thn dok? , makanan apa yang sya tdk boleh makan dok? dan bagaimana / makanan agar cpt sembuh?..
    Terima kasih wassalam wr wb.

    • muki partono says:

      Penyambungan tulang butuh makanan yg mengandung kalsium dan vit D3, waktu penyambungan mulai 3 minggu sampao sempurna 6 bulan

  16. arie says:

    dok saya mau nanya

    bgaimana melatih kaki supaya bsa mnekuk lagi
    soal ny kaki saya nggak bsa d tekuk secara sempurna
    dan kaki saya trasa sperti d tahan…

    solusi ny gmn ya dok??

  17. adriyan says:

    asslam…dokter..
    Saya umur 26 habis operasi ambil platina d lengan tangan trus lubang bkas baut2 d tulang bs kmbali menyatuh g dok…kira kira brapa lama dan mkanan apa yg baik untuk pemulihan lubang tulang itu dokter..makasih…

    • muki partono says:

      Lubang bekas baut nanti menyatu kembali butuh waktu 11/2 bln jd hati2 saja jgn angkat betat dulu, konsumsi sama saja kalsium dan vit D3

  18. adis says:

    Dok, saya mau tanya. Keponakan saya kelas 5sd. terjatuh karena bermain karet. Karena dia tidak mengeluh hanya bercerita saja dan ketika kami tanya katanya gak terlalu sakit. Setelah 3 hari kemudian baru kami periksa ke dokter. Katanya salah satu tulang tangannya ada yg patah dan bergeser. sekarang dsudah diberi obat oleh dokter. Yang mau sy tanyakan makanan atau susu apakah yang dapat mempercepat kesembuhan tulangnya. thanks

    • muki partono says:

      Makanan yg bisa membantupenguatan tulang , susu , bayam, tempe tahu, kedelai, yogurt dll, baca arikel kami tentang OSteoporosis pada web ini dibahas tentang makanan yg bisa membantu proses penguatan tulang

  19. Muflih says:

    Dok, Mau bertanya. Ponakan saya (7th) patah kaki transfersal paha tengah kiri. hasil photo terakhir antara tulang atas dan bawah bersebelahan sekitar 2 cm. tindakan dr RS hanya dilakukan gibs tanpa meluruskan (tidak sperti huruf I). apakah itu sudah benar? mengingat ini sudah 1 bulan. mohon jawabannya? apakah perlu dioperasi?

    • muki partono says:

      Pemendekan pada kasus patah anak2 tdk perlu khawatir nanti akan sama kembali hanha saja butuh waktu lama

  20. M Riduan says:

    Dok saya mau tanya..
    Selain makan makanan yg bergizi , obat / suplemen apa yg cocok untuk membantu pemulihan tulang??

  21. USA says:

    Dok , Suplemen KALK apakah cocok untuk membantu Pemulihan tulang??
    Terima kasih

  22. USA says:

    apakah mengkonsumsi suplemen KALK tidak berbahaya dok??
    tkutnya berpengaruh pada ginjal..

  23. Salam.. doc, Saya Shaiful dari Malaysia.. saya patient Fracture femur.. kenapa doctor tidak bagi minum kopi sedangkan kopi adalah minuman kegermaran Rasulullah.. dan mesti ada sebab Baginda amalkan kopi sebagai minuman kegemaran Baginda.

    • muki partono says:

      Kopi boleh yg tdk boleh takarannya berlebihan , dianjurkan kopi hanya boleh 1 cangkir saja setiap hari, kalau berlebihan efeknya tdk baik utk tulang

  24. boy says:

    ass. mw nanya dok.. tulang paha saya patah, dan sebagian tulang keluar, wktu operasi dokter tdk memasukkan tulang yg kluar, alasanya nti infeksi, jdi skrng tlng paha sy kosong sktr 2 cm, kejadiannya 3 tahun yg lalu. dan skrng sy tdk prnah priksa kedokter lagi slama 2 thn,, dan trakhir sy prgi kontrol didokter berbeda, disarankan untuk oprasi kembali dan ktanya pen yg ada dipaha sy mw diganti…
    yg mw sy tanyakan, apakah ini tdk mmbahayakan klo sy tdk prnah kontrol, dan apa saran dokter untk sy??

    • muki partono says:

      Sebaiknya dikontrol ulang utk melihat kondisi terakhir, apakah tulangnya sdh menyambng, masalah tulan yg hilan 2 cm tak mempengaruhi jalan , nanti pakai ganjalan disepatu utk menyamakan tingginya

  25. kiki says:

    Dokter, saya mau minta pendapat dokter. 2 minggu yg lalu adik saya kecelakaan motor, dan setelah di lakukan rontgen di ketahui terdapat patah pd tulang rahang kanan paling belakang, menurut dokter bedah mulut itu letak patahnya pd sendinya.. Awalnya mau di operasi tp setelah mendegar langsung penjelasan dr dokter mengenai efek dr operasi, adik saya sangat takut. Jd seminggu ini kami coba mengobati dengan alternatif patah tulang. Dan setelah 1 minggu kami melakukan rontgen dan berkonsultasi dgn dokter bedah mulut, hasilnya adalah harus tetap dilakukan operasi penyambungan.. Yg saya mau tanyakan adalah, apa saja efek yg akan timbul setelah operasi di lakukan? Krn menurut dokter di daerah yg akan di lakukan operasi terdapat sangat banyak sekali syaraf2(di sekitar depan telinga) .. Terimakasih sebelumnya dokter..

    • muki partono says:

      Sebaiknya anda inta second opin ke dokter yg lain agar lbh jelas, mungkin jd lbh baik dan membuat anda tenang.

      • Asnawati says:

        dr.nama saya ina umur 40th, saya mengalami kecelakaan 2 bulan yang lalu tgl 14 februari 2012…luka lebar di bawah mata kaki..dan kaki bagian jari telah dirongent hasil tidak ada patah…dan mata kaki saya nyeri dan bengkak dan saya rongent lagi,hasil patah mata kaki bagian dalam…kata dr.ahli tulang ..saya boleh jalan dan kaki banyak digerakan…apa krn saya menderita diabetes jadi tidak ada tindakan….menurut dr gimana yg terbaik untuk saya…terimakasih dok…

  26. ichsan says:

    dokter saya tanggal 22 des operasi patah tulang 1/3 lengan dan di pasang pen tanam(cm dimasukin d dlm tulang tanpa skrup) tp sampe tgl 1 maret cm baru ngabut blm nyambung tlngnya…apa yg hrs sy lakukan agr cpt nyambung y dok?mksh

    • muki partono says:

      Waktu 2 1/2 bln belum membuat tlang menyambung sempurna, masih butuh waktu lbh lama lagi, sebaiknya diperiksakan kembali

  27. supangat says:

    Dok saya mau tanya,setelah hasil rongsen tulang kelingking sy bergeser akibat meninju dinding,namun sy bkn berobat k dokter malah ke artenatif,setelah 2 mnggu tulang kelingking sy blm jg bs balek k posisinya,dan sekarang +- uda 4 bln lamanya namun tulang sy masi benjol,tp uda sembuh apakah perlu operasi doka?dan kalau d operasi apakah ada epek sampingnya?terima kasih dok..

    • muki partono says:

      Anda menhalami BOXER FRACTURE, akibat gerakan menonjok, tonjolan y anda keluhkan itu bukan bergeser tapi tulang muda yg berlebihan, krn apa sdh pasti terjadinya BOXER fractur mengakibakan perubahan sudut tulang jari kelinging, sebaknya dioperasi kalau mau kembali normal

  28. arie says:

    alat CPM itu apaan dok kl boleh tau??

  29. restu says:

    dok sya atlet spak bola(persija u 21),sy patah kaki kanan tulang kering,pengobatan secara alami.sudah hmpir 1 th,ko masih kerasa ngilu kalo buat lari & loncat.kira2 brp lama sampai sembuh total?, karna sya cinta sepak bola dok.tolong ksh pendapat dok.trmksh

    • muki partono says:

      wah keputusan anda berobat secara alami kurang tepat krn anda atlit. hrsnya dikonsultasikan ke dokter tulang kalau posisinya baik lanjutkan kalau tdk baik berubah saja membentuk sudut atau terjadi pemendekanan keluhan yg anda rasakan tdk akan berubah, dan anda tak bisa main bola dengan optimal

  30. restu says:

    terus pa yg harus saya lakukan dok?kira2 rasa ngilu ni bisa hilang ga dok,klo untuk posisi kaki tidak ada yg berubah dok,jalan juga normal seperti sebelum’a??

  31. restu says:

    bantu sya dok,, sya ingin bermain bola normal seperti dulu dok,,

  32. febrima says:

    dok…saya berumur 22th tgl 29 des 2011, saya mengalami kecelakaan motor yg mngakibatkan kaki kanan saya patah…tulang tiba dan fibula saya patah tp tidk ada pergeseran…setelah itu di gyps sm dokter bedah ortopedi ny…6 mgu stlah itu dbuka…tp kaki saya skrg msih blum kuat utk jalan dan saya merasa kaki saya tidak sama panjang…bagaimana terapi yg bgus supaya jalan saya tidak pincang dok..?kapan saya sudah bisa jalan lagi dok? msih bisa nggak saya pake hak tinggi?

    • muki partono says:

      6 minggu tulang baru mlai menyambung lm punya kekuatan utk ditapakkan, lanjutkan saja pengobatannyap, masalah panjang yg berbeda sebenarnya bisa dilihat saat awal sblm diasang gips, jalan lg perl waktu 4 bln

      • febrima says:

        dok…kmren ni kaki saya udh difoto rontgen hasilnya sambungan tulang yg patah tsb bergeser ke arah belakang…saya merasa jalan saya agak pncang dok…apa msih ada jlan kluar supaya jlan saya tdk pncang dok?? klo dioperasi bs nggak dok??trims dok…

        • dheya says:

          Skrg kan udh 2th kaki sy patah dok…dislokasi pd pangkal tulang yg dkat persendian sering nyeri tiap malam dok..
          Apa bs diperbaiki lgi dok?
          Atau apa ad terapynya dok?
          Kta dokter yg mnangani saya hrus dioperasi tambal tulang,,,tulang yg diambil tulang panggul..apa ngga’ brbahaya nantiny dok?pangkal tulangnya kan cma geser dok…

          • muki partono says:

            sebaiknya dilakukan operasi hanya saja tergantung kondisi krn keadaan anda termasuk kasus yg Neglected artinya kalau kita perbaiki tujuannya agar jauh lbh baik dari kondisi sebelum operasi tapi tdk sama persisi dengan panggul yg normal,

  33. Yason says:

    makanan apa yang baik untuk menunjang agar pertumbuhan tulang lengan dok ?

  34. Fiddin says:

    Dok, bpk saya kan retak tulang parah di persendian paha kanan, lalu yg retak itu diganti dengan titanium.
    Itu kira” ada makanan yang gk boleh dimakan gk dok..?

  35. USA says:

    Dok,kasih tau saya olahraga” kecil yang tidak membahayakan buat tangan saya yang lagi patah
    Kebetulan Hobi saya bermain sepakbola.

  36. apin says:

    Selamat malam Dokter, Dok kaki paha kanan saya patah dan hancur ketabrak mobil 15 jan 2012, saya berobat di ahli patah tulang sdh 2bulan dan sekarang sdah pulang. Kapan kaki saya boleh nepak dan kapan bisa jalan lagi Dok, makasih atas bantuannya Dok.

  37. dini says:

    dok mau tanya, sy kcelakaan thn 2009 sehingga patah tulang di paha, sampai sekarang pennya belum diambil,,bahaya gak dok?
    terus klo udh patah tulang kaki itu ga boleh lari jarak jauh dok?
    terima kasih dok,maaf sebelumnya:)

  38. isma says:

    Dokter, saya mau konsultasi dengan dokter. 1 bulan yg lalu suami saya kecelakaan motor, dan setelah di lakukan rontgen di ketahui terdapat patah pd tulang tumit kiri dan ada pembengkakan, menurut dokter harus dipasang gips, suami saya mendengarnya sangat takut karena katanya kalo dipasang gips ada efek gatal. Jd kami coba mengobati dengan alternatif patah tulang. waktu di patah btulang tidak dilakukan apa2 hanya tidak boleh digerakkan kakinya. Dan setelah 1 bulan katanya sudah boleh belajar dipijakkan tapi tetap memakai tongkat untuk menopang. akan tetapi kakinya masih bengkak dan setelah dipijakkan kakinya sakit lagi.
    apakah nyeri tersebut karena terjadi osteoartritis atau bagaimana dok? dan katanya kalo ada spur bisa dilakukan penyuntikan, penyuntikan apa ya dok? sebelumnya terimakasih dr. muki partono, SP OT

    • muki partono says:

      Pasikan kalau tulangnya sdh menyambung kalau blm ya tdk boleh dotapakkan dulu pasti akan nyeri dan bengkak

  39. rahayu says:

    dok apakah jika ada pen disalah satu bagian dr tbuh qt.trus dsaat qt sedang hamil,berpengaruh?pd saat operasi copot pen

  40. dean says:

    Selamat malam dok, saya perempuan umur 20 thn. Tanggal 12 maret lalu saya jatuh dr lantai 2 dan menyebabkan tumit kaki saya retak, namun sudah dipasang pen titanium. Pertanyaan saya, kapan saya bisa berjalan normal kembali dok? Dan makanan apa yang menunjang bagi kesembuhan saya? Terimakasih dokter

  41. riko says:

    dok saya patah tlang tp ulu di pen luar dikarenakan ada sobekan disekitar patah kaki tulang kering dan baru 5 bulan pen dicopot karna saa alergi pan dan skarang udah 8 bulan
    kapan saya bisa berlari atau maen bola?

  42. Rosdiana Dwiyanti Devi says:

    ass wr wb, dok tgl 16 april yang lalu saya hbs mengalami kecelakaan yang menyebabkan tulang kecil yang disebelah betis dan panjang retak, setelah 5 mg saya rontgen ulang tulang sdh menyambung, dan gips di buka, tp dokter menyarankan setelah 3 bulan baru blh lepas kruk, setelah jarak berapa lama dok setelah jatuh saya blh latihan berjalan lagi?
    trima kasih dok

    • muki partono says:

      saat awal jatuh dan masih pakai gips anda sdh boleh menjejakkan kaki, , kalau sdh lepas gips sebaiknya sdh bisa dicoba menjejakkan dgn telapak kaki

  43. roy says:

    dok apa dampak negatifnya jika tulang jari tangan retak…katanya bsa menjalar keseluruh tubuh ya dok

  44. amanda says:

    dok saya mau menanyakan tentang patah tulang kering dan betis bagian kaki kiri. patah tulang yang saya alami adalah patah tulang tertutup sehingga saya tidak di pasang pen. setelah 5 hari pemasangan gips saya melakukan rontgen dan hasil rontgennya tulang kering sudah menempel namun belum lurus dan tulang betis masi ada jaraknya. hanya digips selama 5 minggu dari telapak kaki hingga kira kira sejengkal di atas lutut. stelah dibuka ternyata kaki saya agak bengkak dan memar, serta sendi di lutut dan pergelangan kaki sulit digerakan. apakah bengkak serta memar itu wajar setelah di gips? dan bagaimana cara yang baik untuk melemaskan sendi2 saya kembali.
    terima kasih dok.

    • muki partono says:

      kondisi yg wajar . lanjutkan saja pengobatannya mulai melakukan aktifitas menekuk lutut dan menekuk telapak kaki

  45. Rick says:

    Selamat siang Dokter…
    Nama saya Rick, Laki laki usia 35 tahun. Pada bulan Agustus 2011 yang lalu saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulang kering kaki kiri saya yang dibawah lutut patah, tulang besar (depan) dan tulang kecil (belakang)
    Saya berobat ke alternatif ydan setelah 3 bulan kemuadian menyambung tapi tidak pada posisinya, akhirnya pada bulan november 2011 saya operasi pasang pen pada tulang besar dan tulang kecil dimasukan kawat didalamnya.
    Sekarang sudah 6,5 bulan yang lalu pasca operasi, dan terakhir kontrol 2 bulan lalu, hasil kontrol delay union tapi sudah keliahatan manyambung +- 50% dan dokter yang merawat saya mengatakan sudah belajar lepas tongkat karena tulang mata kaki saya kepadatannya berkurang karena saya kurang berani gerak dan menekan.
    jadi sekarang saya sudah lepas tongkat sejak 2 bulan lalu, dan berangsur2 lebih kuat dan stabil. Tapi kaki saya masih bengkak dan kaku, apalagi setelah berdiri lama atau jalan lama +- 15 menit, tetapi jika bangun tidur di pagi hari bengkaknya berkurang hingga 90%. Dan saya masih belum kuat dan stabil naik turun tangga secara normal, harus setahap demi setahap atau dibantu pegangan tiang tangga kalau mau naik secara normal
    Saya ingin bertanya Dok…
    1. Sampai kapan bengkak saya akan hilang dan cara mengatasi bengkaknya bagaimana?
    2. Kapan saya boleh naik turun tangga secara normal?

    Terima Kasih Dokter atas perhatiannya.

    • muki partono says:

      kalau delayed union sebaiknya anda bersabar, tunggu sampai tulangnya menyambung benar, untuk bengkak sebaiknya makan putih telur 3 butir sehari

  46. aisyah says:

    Dok, sy perempuan usia 20th. 19 Juni 2011 lalu, sy mengalami kecelakaan yg menyebabkan tulang bahu kanan (cavicula) patah dan dioperasi. Dokter yg menangani menyarankan utk dilakukan pengambilan platina pada Februari 2012, namun sampai saat ini sy belum melakukan operasi. Yang ingin sy tanyakan, apkah ada efeknya jika platina terlambat diambil? apa pula efeknya jika tidak diambil? Dok, mengapas sampai saat ini sy sering mersakan linu di sekitar tulang yg berplatina?
    Terima kasih.

  47. Nandhika says:

    Dok saya patah tulang di tangan kiri, dan saya di gips , kata teman -teman saya , kalo di gips nanti tanggan yang di gips mengecil . Apakah benar itu dok ? Kalo benar, cara menormalkannya kembali bagaimana ?

    • muki partono says:

      betul , tapi mengecilnya karena efek dari lemak yg dibawah permukaan kulit mengalami lisis dan otot yg sementara tdk aktif bergerak krn pemasangan gips , kondisi ini sifatnya sementara nanti akan kembali lagi

  48. albert says:

    pagi dokter
    saya dengan albert, saya umur 31 thn waktu tanggal 7 juni 2012 saya jatoh dari motor lalu di bawa ke ugd setelah di rontgen jari kelingking kiri saya ada patah setelah dibalut dan di topang dengan kayu supaya lurus saya dibolehkan pulang tapi diminta balik lagi 1 minggu dari kejadian tapi saya belum balik lagi dok karena saya takut sakit dan biaya.

    yang ingin saya tanyakan apakah tangan saya akan kembali normal jika jari klingking kiri saya tidak di gibs?

    berapa lama kira-kira jari saya sudah dapat digerakkan lagi dok?

    apakah dengan di balut dan di ganjal saja sudah cukup atau tetap harus di gibs dok?

    berapa ya dok kira-kira biaya gibs untuk jari kelingking saya?

    terima kasih sebelumnya atas perhatian dokter untuk menjawab beberapa pertanyaan dari saya.

    • muki partono says:

      anda mengalami patah kelingking , dan memilih cara konservatif, saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang dulu utk mendapat solusinya , apakah memang bisa dikonservatif

  49. ny.ria says:

    Ass.. dokter muki..
    sy, ny ria (41 th) pasien bapak.. krn kasus kecelakaan sy dioperasi di RS.Siaga pd tgl.14 agustus 2006, gmn nih dok..sekarang udah 6 th.. trakhir sy kontrol 2007, kata dokter.. pen di tangan tidak apa apa tidak diambil krn expayed nya sampai sy umur 90.. tp sy membaca di web dokter, pen sebaiknya diambil.. sbenarnya hingga saat ini Alhamdulillah tangan sy belum ada keluhan apapun.. apa sy harus ke dokter tuk kontrol?? trim’s

    • muki partono says:

      klau pen yg ditangan biasanya terbuat dari Titanium jd tak perlu diambil yg kami maksud adalah pen yg terbuat dari bahan lain , spt steel

  50. dwix says:

    Ass. dok. adik saya umur 15th. kira2 1buln yang lalu kecelakaan motor. mengalami patah tulang ditangan sebelah kanan. hasil rontgen sebelum di gips posisi tulang masih lurus tapi terlihat patah. kemudian setelah 1bulan di gips dan gips dibuka dan di rontgen lagi posisi tulang jadi tidak lurus ( patahan tulang bergeser keatas ) dokter bilang memang seperti itu dan tidak bisa kembali normal. yang saya tanyakan apa memang demikian ? tulang yang patah tidak bisa tersambung lurus seperti dulu

    • muki partono says:

      pengobatan dengan menggunakan gips memang tidak bisa sempurna , kadang kami jumpai hal demikian yang penting mengacu pada acceptabilitas, selama masih ok tulang akan menyambung dengan baik

  51. amanda says:

    dokter ada cara yang baik untuk melemaskan persendian lutut dan pergelangan kaki? karena sudah sebulan pergelangan kaki saya masi terasa terganjal. terima kasih

  52. hengky says:

    pagi Dok,saya hengky, laki laki, 32 thn.tgl 28 mei 2012 saya kecelakaan , patah tulang tangan lengan atas kanan patah di tengah2.saya minum obat ossopan 800mg rutin.kondisi sekarang (05/07/12) klo dipake kerja mnulis+komputer saya perhatikan klo agak lama jadi bengkak tangan sampai jari(setelah istrahat beberapa jam balik lg),sering kesemutan juga lom bisa digerakkan sebebas tangan kiri, rasanya ada yg menahan. solusinya harus gimana Dok supaya tangan saya bisa sgera normal lagi? saya perlu minum obat apa?oya setiap bangun tidur kadang rasanya sakit banget,gimana solusinya DOk, gerakan utk tangan kanan hanya terbatas apa saja, mormalnya tulang tersambung sempurna berapa hari?
    terima kasih

  53. oding says:

    sore dok,usia saya 30thn saya mengalami patah tulang kaki kanan pqdq tulang kering saat maen bola.skarang sudah berjalan 4 bulan setelah pemasangan pen pada kaki saya tapi tulang kaki saya blom nyambung,dokter saya menyarankan untuk menjalani operasi penambalan pada tulang yg blom nyambung,dan kaki saya masih ada pembengkakan mohan tanggapannya dari dokter muki

    • muki partono says:

      Lanjutkan saja Pengobatannya, kadang pada beberapa orang memang agak lambat proses pemadatan tulangnya, bantu dgn berjemur matahari pagi dibawah jam 10 pagi selama minimal 20 mnt, dan asupan makanan yg mengandung kalsium spt bayam tempe tahu, ikan ter, susu dan lainnya

      • satria says:

        dok umur saya 20.nama saya satria.laki2.aku kecelakaan dari motor.tulang tangan lengan atas patah..tpi gak ada rasa sakitnx..cuma ngilu aja..dok apa bisa nyambung lg.klw bisa berapa hari dok..mohon penjelasanx dok..??

      • ara aliyara says:

        selamat petang…. kenapa tulang retak @ patah tulang, lambat sembuh…?? apakah phatofisiologinya….. terima kaseh…. :)

        • muki partono says:

          tulang lamabt sembuh kita bilang DELAYED UNION , banyak faktor, yg bisa menyebabkan salah satunya gizi penderita , asupan kalsium, vit D, gangguan mekanik pada daerah patahan , ada tidaknya infeksi dll

  54. Ass. dok, nama sya Heru tjahjono. usia sy 52 th.
    sy mengalami patah tulang paha sebelah kiri dan sdh dioperasi 1 thn yg lalu. apakah tulang sy ini sudah bs digunakan untuk berolah raga badminton?

    • muki partono says:

      cek dulu secara xray bila penyambungannya sdh cukup padat boleh melakukan olah raga badminton

      • nurhayati says:

        Dok saya kecelakaan tahun 2009 lalu, yg saya tau hanya lecet2 saja dan sakit pundak sebelah kanan, saya tidak kedokter. Tapi semenjak kejadian itu kalau saya membawa sebelah kanan terasa sakit. Dan pekerjaan saya yg baru menuntut saya untuk duduk sepanjang hari. Sesekali pada bagian punggung kanan saya jika d luruskan itu bunyi dok..

        Apakah berarti tulang saya bergeser dok??
        Dan saya dengar dr tmn saya klau ada pergeseran tulang,bisa di therapy dok? Apakah bisa dok??

        Sebelumnya di ucapkan terima kasih dok

        • muki partono says:

          Saran sebaiknya pastikan lbh dulu kelanan anda, baru dipikirkan pengobatannya agar hasilnya maksimal, krn pergeseran tulang tdk bisa dikembalikan dengan urutan saja

  55. yuli says:

    sore dok….. saya yuli(21 th) sy mengalami patah tulang pada bagian siku 1 bulan yang lalu karena kecelakaan. Saya takut operasi sehingga mengambil jalan untuk pengobatan alternatif. setelah satu bulan saya melakukan ronsen tapi ternyata belum nyambung, Dr di RS menyarankan untuk operasi tapi sy masih bimbang karena sedang kuliah semester akhir. kalo sy melakukan operasi setelah 3 bulan kecelakaan gimana? atau ada cara lain selain operasi seperti konsumsi obat atau makanan tertentu?

  56. Riduan says:

    Assalam Dok, Nama saya riduan umur 16th, saya mengalami patah tulang lengan atas akibat kecelakaan, dan sudah diPEN 1thn, yang saya mau tanyakan,
    1. Apakah dianjurkan penggantian PEN dok?
    2. Apakah lengan saya sudah tersambung mengingat sudah 1thn lengan saya di PEN, apa saya boleh latihan mengangkat tangan saya dok, tekadang lengan saya terasa tidak enak disaat di gerakkan apa mungkin dikarenakan kaku Dok?
    3.Makanan / suplemen apa yang membantu penyembuhan tulang dok?
    4. Saya ingin berlatih sepakbola lagi dok,
    apakah tangan saya bisa terlipat kembali seperti semula dok,
    5. berapa bulan kedpan, setelah sembuh saya bisa berlatih sepakbola lagi dok?

    Saya tunggu jawabannya dok
    Terima kasih.

    • muki partono says:

      Pertanyaan anda hrs dilampirkan foto rontgen lengan kondisi terakhir sehingga kami bisa jawab sqemua pertanyaan anda , krn masing2 orang berbeda

  57. siti says:

    dok,normalnya istirahat untuk cidera tulang punggung ke geser tu berapa bulan dan makanan pa ja yang membantu memoercepat penyembuhan

  58. yanik says:

    pagi dok……nama yanik sy mengalami kecelakaan dan terjadi patah tulang pd tulang kering dan sudah di pasang pen dah 8 bln ini tapi msh belum menyambung dok….tuk makanan sy dh konsumsi banyak calsium jg suplemen makanan serta CDR untuk tulang namun sampai sekarang msh terasa nyeri jg kaku pada persedian lutut jg daerah tulang kering yanng patah msh terasa kaku sekali jg nyeri bila sy gerakkan jg tuk berjalan ini sy dh isa mampu gunakan pakai tongkat satu jg kl aktivitas di rmh sy dh lepas kedua tongkat meski msh terasa nyeri jg kaku serta berjalan blm isa sempurna msh dangklingan krn tenaga bekum sy tumpukan penuh di kaku kkanan yg patah itu dok….jg pergelangan kaki atau engkel kaki blm isa sy gerakkan naik turunkan dng sempurna msh terasa kaku yg ingin sy tanyakan apa yg harus sy lakukan tuk segera memulihkan kaki sy itu dok agar hilanng semua rasa nyeri dan kaku di kaki sy jg engkel sy agar dpt digerakkan lg dng sempurna, kl tuk jonkok jg menekuk lutut dh isa sempurna hny saja rasa kaku yg blm isa hilang jg nyeri terasa skt dok….padahal dh terus sy terapi sendiri dng mengerak gerakkan kaki jg pergelangan kaki atau engkel kaki sy yg patah itu namun hingga 8 bln ini rasa kaku jg nyeri blm berkurang dok …..mohon sarannya

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa kembali dan evaluasi lg kalau anda domisili di jakarta, agar pengobatan lebih terarah, kemungkina anda mengalami delayde union , penyambungan tulang yg terlambat, kita hrs cari faktor penyebabnya krn apa

  59. Dewi says:

    A Ass dok,
    Dok sy dewi, umur 30 thn. Satu bulan yg lalu saya kecelakaan. Fraktur terbuka, engsel dengkul retak dan tulang paha patah, sy di operasi pasang pen, dan stlah seminggu sy langsung di terapi, sy sdh bs angkat kaki ke atas, k kanan dan ke kiri, tpi dok sakit ngilu nya luar biasa. Dan tekuk lutut sy blm bsa dok, msh 30 derajat. Dengkul sy kaku dan sakit nya gak kuat sy dok, yg ingin.sy tanyakan dok,,apa sdh boleh dengkul sy d terapi tekuk ?? Apakah sy bisa kembali normal menekuk lutut sy dok ?? Boleh gak dok klopas terapi tekuk lutut sy di bius, biar tdk kesakitan ??Berapa lama sya bsa nekuk lutut dok ?? Terimakasih dokter. ss dok,

  60. deni piliang says:

    siang Dok,
    saya mau tanya, adik kandung saya berumur 29 Tahun. dua tahun yang lalu beliau kecelakaan lalu lintas. mengakibatkan kaki kanannya patah di engkel. kemudian punggung kaki nya sebelah kanan juga demikian, namun karena selama itu fokus ke engkel kaki sehingga terabaikan punggung kakinya, hingga saat ini beliau cacat (berjalannya nginjit) dan telapak kakinya tidak bisa rata ketika jalan.pernah saya tanya, adik saya mengatakan seolah2 urat kakinya itu sudah kaku.
    apakah ada upaya yang bisa dilakukan oleh Medis agar bisa kembali jalan minimal tidak cacat seperti itu dok? tks

  61. helmi says:

    Dok sy helmi, umur 31th. 15 desember lalu sy mengalami kecelakaan, kaki kanan tepat dibawah lutut geser dan ada retak, setelah direposisi dan digib saya mengeluh kesemutan setiap saat. Bagaimana caranya mengatasi rasa kesemutan ini dok? terima kasih

  62. Fajar Ray says:

    Aslm.Dok
    Umur saya 22 thn,Patah Tulang Paha Kanan, operasi pasang Pen sudah 3 bulan. Namun gara-gara saya injakkan sedikit dengan jinggit, tulang paha saya agak bengkok 5 derajat.masih ada garis retakan dan belum nyambung, apakah ini berbahaya ?? Mohon sarannya.trims

    • muki partono says:

      Kalau anda puas dengan kondiai ini lanjutkan, kalau tdk perbaiki agar hasilnya maksimal artinya tdk bengkok, krn pembengkokan yg terjadi tdk bisa lurus , hanya bisa dipertahankan atau ambah bengkok

  63. Rahmad says:

    saya rahmad dok, umur 20 th
    Sy mnglmi pecah tulg siku sblh kanan, kira” bisa normal sampai bbrp tahun dok dan apakah bisa kuat kmbli krn sy sering angkt bbn berat? Gym
    Mksh dokter

    • muki partono says:

      tulang menyambung 1 1/2 bulan dan pada kasus tulang siku yg harus hati2 adalah kekakuan pada sendi sikunya . apalagi kalau tdk dioperasi dimana terjadi posisi yg tdk benar akan menyebabkan kekakuan pada siku saran sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang kalau anda blm ditangani medis

  64. budiyanur says:

    assalamualaikum dok saya mau nanya makanan apa saja yang membantu pemulihan tulang untuk tulang cepat kuat karena adik saya yg berusia 12 tahun pahanya patah sudah 1 bulan belum kuat berdiri padahal tulangnya itu dudah menyambung terimakasih dok

    • muki partono says:

      1 bulan kami rasa belum cukup waktu utk tulang mengalami pembebanan, memang tulang sdh menyatu tapi pemadatannay blm banyak

  65. Lina says:

    Dok.saya mengalami patah tulang fraktur ulna 1/3 promixal dan capur radius stlh saya menjalani oprsu pasang pen..skrg sudah 3 mnggu..tetapi tgn saya masi beum begitu lurus.apakah itu wjar?

  66. Lina says:

    Dokter kira2 brapa lama utk wktu pemulihanny?spya dpt lurus kmbli?dan makanan apa saja uutk mmpercpt pnymbgan tulang? Terima kasih dok

  67. dwi juliana says:

    assalamualaikum

    dok saya mau tanya, ibu saya patah tangan kanannya sudah 9 bulan lalu.
    saat pertama kali patah dibawa ke dukun patah tulang, lalu di gips selama 1 1/2 bulan

    sekarang belum bisa ditekuk, hanya lurus saja, soalnya tulangnya belum nyambung dan tulang sikutnya masih bergeser.
    jadi telapak tangannya belum bisa di bolak balik.

    dan yang saya ingin tanyakan, apakah ada pengaruhnya untuk anak yang masih disusui jika mengkonsumsi obat, setelah dioperasi?

    kalau dioperasi, butuh berapa lama untuk di gips?

    • muki partono says:

      pengaruh obat ada tapi bisa kita kasih obat yg relatif aman buat ibu menyusui, masalah operasi belum tentu dipasang gips, kalau toh dipasang gips biasanya hanya utk pengamanan , spy tdk berlebihan gerakannya shg nyeri berkurang , biasanya gips dipasang hanya utk 1 minggu – 3 mingu saja

  68. herna says:

    Siang dok,
    Saya umur 36 th, kira2 3 th lalu saya
    mengalami kecelakaan yg mengakibatkan
    patah tulang dipersendian siku tangan kiri
    krn telat dan kurang ngerti dlm penanganannya
    akhirnya sekarang sendi siku tangan saya kaku dan
    tidak bisa digerakkan lagi
    atas saran dokter spot sy bisa melakukan pergantian
    sendi.
    Benarkah saya harus melakukan itu atau bagaimana
    saran dari dokter
    terima kasih

    • muki partono says:

      kalau memang tulangnya sdh rusak bisa dilakukan penggantian sendi siku, spt kalau kita sdh tdk punya gigi ingin proses mengunyah enak hrs dipasang gigi palsu

      • lilik suheri says:

        sore dok sy laki2 umur 30 thn 10 thn lebih yg lalu sy kecelakaan speda motor dan kaki kanan sy di bagian ankle nya lepas dan kondisi skrg jln sy tidak normal karena kaki jadi pendek skitar 5 cm sampai saat ini masi terasa sakit di bagian paha dan lutut,dulu hanya di kusuk sama dukun urut saja,nah skrang apa masi bisa di sembuh kan normal dok.terima kasi

  69. Iwan says:

    Assalam dok,

    saya umur 16thn patah tulang lengan atas, sdh 14 bulan dipen dan sdh 1 bulan yang lalu di lepas.
    -sampe skrang tangan saya belum bisa menekuk sepenuhnya / normal karena kaku dok.
    Pertanyaan saya:
    ” apakah tangan saya sudah boleh di bawa berlari dan berlatih sepakbola lgi karena sudah 1thn 3 bulan dok?
    ” apakah tangan saya bisa menekuk normal lgi dok” ?
    “Apa ada latihan khusus dirumah untuk tangan saya dok” aagar bisa menekuk lagi?

    Atas jawabannya terima kasih dok.

    • muki partono says:

      kaku yg sdh 1 tahun lbh agak sukar utk bisa menekuk normal , saran sebaiknya kami periksa kembali kalau anda domisili di jakarta

  70. Wiwin says:

    Mt mlm dok.sy prnh jatuh yg menybabkan sendi disiku tangan kiri kegeser.tp sy trapi sm dukun patah tulang..skrng dh 3bln jln tp skrng sikut tangan blm bs nekuk 90drjat cm bs nekuk 40drajat dan kyk ada yg mengganjal klau dipaksakan wat nekuk smpe 90drajat..jd gmn solusinya dok..

    • muki partono says:

      sebaiknya di foto rontget dulu utk memastikan apakah ada patah, kalau ada hrs diprbaiki dgn operasi , bila tdk bisa fisioterapi saja , sebaiknya kami periksa dulu

  71. rahman says:

    dok, desember kemaren tangan istri saya retak, tidak dioprasi. hanya di gips dan diberi obat. istri saya mengandung 7 bulan. kemaren saya beri minyak sangkal putung. saya oles di tangan yang tidak di gips. seperti itu ada efeknya tidak dok? dan yang baik bagaimana, karena april kemungkinan melahirkan. terima kasih dok

  72. rafika says:

    slmt sore dok,sudah hampir 1,5 tahun ini,dulu saya pernah mengalami kecelakaan,saya mengalami patah tulang di bagian kepala tulang paha,slama hampir 1,5 thn ini saya masih memakai tongkat,padahal saya sudah di sarankan tidak memakai tongkat lagi,tapi saya tidak berani,akibatnya setelah kemarin saya periksa,saya di ponis cacat selamanya,karena darahnya tidak jalan akibatnya kaki saya sudah agak mengecil.Mohon dok solusinya apakah masih ada harapan buat saya

  73. fitri says:

    dok, saya mau tanya n mhon sekali bantuannya. adik saya bru2 ini mngalami kecelakaan pd tgl 16 Maret 2013 n mnyebabkan tulang kakinya patah. pihak RS nyaranin utk operasi dgn mmsang wire. tp dri pihak kita mrsa tkut krna ada yg crita prnah trjdi infeksi setelah operasi. jdinya kita memilih utk ngobatin scra tradisional sja.smpe skrg kakinya msh bengkak n terasa skit. pdhl adik saya jg konsumsi obat dri dokter n obat Cina.saran dri dokter bgmn ya?klopun operasi, kira2 dmn tmpat yg bgus?bisa blik normal lg gak kaki adik saya?
    atas infox saya ucpkan byk2 terimakasih………

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa dulu apakah memang kasus adik sangat mutlak perlu operasi, setelah itu baru bisa kita tentukan operasi dengan menggunakan jenis pen apa? , insya allah nanti adik anda bisa sembuh seperti sedia kala

  74. Mas Cemplons says:

    Pak Dokter yth, minggu 24-3-13, anak sy lk 22 THN jatuh dr tangga, tangan kanan diatas pergelangan PATAH, saat ini diobati dg cara di gip ala alternatif cimande, mnurut saran dokter apa yg lebih baik, penyembuhan brp lama, tks

    • muki partono says:

      Tulang pada prinsipnya mudah menyambung saran pastikan posisi tulang baik dgn foto rontgen krn kalau posisi tdk benar menyambungnya tulang tdk benar akan berpengaruh pd fungsinua

  75. wanty says:

    dok,saya wanti usia saya 23th, tgl 13 maret kmrn sy kecelakaan motor.tagan sy patah, pundak sy patah sama retak. di rmh skt sy di gibs sm di beri obat calsium dan pengurang nyeri. stlh 3 hari sy tdk kontrol lg, sy cba k alternatif disana gibs saya suruh di lepas. sy cuma di suruh mnum cdr ato susu anlene. stlh 2 mggu tgn sy sdh mulai bs digerakkan.tp tgan msh ngilu.. kalo dibalut pakai kain tensocrepe jg tetap ngilu.dan kalau tdk di gendhong tgn cpat lelah dan nyeri, solusinya gmana y dok ? trimaksih

    • muki partono says:

      Anda melakukan 2 pekerjaan sia-sia gips itu sdh benar kalo dibuka lg jdnya berubah posisinya saran pilih satu pengobatan dan hrs yakin

  76. NOFA - Semarang says:

    Dok,saya ibu berusia 35th,rabu kemaren jatuh dr motor dan betis bawah kiri saya patah tetapi dironstegennya patahannya masih bersentuhan antar tulang jadi tdk terlepas,dikarena penanganan dokter yang lambat karena tdk ada kepastian kapan mau dioperasi,akhirnya hari rabu sore kami kesakalputung.yang saya tanyakan:Bahayakah pengobatan yang saya lakukan, berapa lamakah proses penyembuhan agar bisa berjalan normal,dan kapan waktunya kaki saya boleh dilatih untuk berjalan menggunakan kruk?apa makanan yang bagus untu proses penyembuhan?Terimakasih dokter

    • muki partono says:

      wah sayang , pada kasusu anda tak perlu tergesa-gesa , sebaiknya tunggu dokternya saja, krn bukan kasus emergensi, utk mengatasi nyeri komsumsi obat nyeri saja, kalau sdh ke sangkal putung , saya tdk bisa beri pendapat dan komentar

  77. Eko says:

    Malam dok… Saya eko mau bertanya lagi mengenai lutut dok. Saya telah kontrol ke rumah sakit tempat saya di operasi.. Dokter katakan besi di kaki saya bagus cuman saya harus latihan tekuk lutut sendiri karena ditakutkan lutut kaku. Saya sudah tanya caranya tapi dokter tersebut tak bisa beri contoh.. Sekarang saya hanya bisa 45 derajat dok dan nyeri terkadang hanya 30 derajat. Apa yang harus saya lakukan dok? Luka sudah kering semua dok akan tetapi didalam luka tersebut masih nyeri dok. Saya bingung dok karena obat yang diberi hanya kalsium saja. Saya takut meminum obat nyeri terus menerus karena takut tergantung dan efek samping. Terima kasih dok mohon penjelasannya

    Salam eko

  78. rahman says:

    dok, bagaimana cara terapi yang dilakukan setelah tulang tangan retak? mungkin gerakan atau menggunakan alat apa gitu dok.. terimakasih atas jawabannya

  79. gilang rey says:

    Siang dok,,saya gilang umur saya skrg 20 thun,,dok mau sekedar bertanya aja nie 2 tahun lbih lalu,,saya mengalami kecelakaan,,dan menyebabkan kaki kiri saya d bawah lutut patah,,tulang depan dan belakang,,dan shabis itu saya d bawa k sangkal putung,dah setahun saya udh bs jalan,,tp,,kenapa,,kaki saya malah bengkok trs klo d buat jalan,,mlah ada bunyinya,,tok tok tok,,kyak bunyi tlang yg bertatapan gtu ya dok,,dan kaki saya skrg panjangnya nggak sama dok,,terpaut 3 cm kayaknya dok,,apa ini bs d sembuhkan lgi dok,,dan kaki saya bs d luruskan kembali,,biar lurus kayak dulu,,apa ada cara dokter kayak misalnya
    ,,operasi meluruskan tulang yg bengkok,,trimakasih dok,,

    JAWAB : INILAH YG DINAMAKAN MALUNION MENYAMBUNG DALAM POSISI YG TDK SAMA DENGAN POSISI TULANG SEBELUM PATAH, DISINILAH KAMI DOKTER TULANG PUNYA TUGAS MEMPERBAIKI PADA SAAT AWAL KEJADIAN UTK SPY TULANG MENYAMBUNG DALAM POSISI YG BENAR SEHINGGA TDK ADA PEMENDEKAN, PEMBENGKOKAN DAN BUNYI, KALAU SDH KONDISI SPT SEKARANG NAMANYA SDH NEGLECTED , SEBAIKNYA KAMI PERIKSA APAKAH MASIH BISA DIPERBAIKI ATAU TDK KRN PADA KASUS NEGLECTED ADA YG TDK ISA KITA PERBAIKI KRN HASILNYA AKAN SAMA SAJA, JD SEBAIKNYA KAMI PERIKSA DULU UTK MENILAI APAKAH KASUS INI MASIH BISA DIPERBAIKI ATAU TDK

  80. Nurlita says:

    dear dokter, ibu saya berusia 52 tahun, beliau mengalami patah tulang akibat salah pijat, tp ibu saya menderita diabetes, sebaiknya apa yang harus kami lakukan dokter? apakah operasi dapat beresiko thd kesehatan ibu? mohon saran dari dokter. terimakasih.

    JAWAB ; SETIAP PENDERITA DM BOLEH SAJA DIOPERASI TAK ADA HUBUNGAN ANTARA DM DGN LUKA OPERASI, ASAL SAJA KADAR GULKA DARAHNYA DITURUNKAN SEBELUM KITA MELAKUKAN OPERASI, KAMI BANYAK MELAKUKAN TINDAKAN PADA PASIEN DM TAK MASALAH KECUALI BILA PATAHNYA PADA DAERAH KAKI DAN PASIEN ADA RIWAYAT LUKA YG SULIT MENYEMBUH

  81. anis says:

    malam dok ,jari tengah tangan kanan saya setengah tahun yg lalu patah akibat kecelakaan motor dan hampir 1,5 bulan tangan saya digips setlah dibuka ternyata tulang saya salah sambung dan menumpuk sehingga tidak bisa ditekuk dan jari telujuk tengah dan manis sama rata , dan baru disadari jari manis cuma bisa ditekuk stgh saja gag sampe ful , apakah masih bisa normal lagi dok apabila dioperasi sedngkan ini sudah setengah tahun ? apakah dipake pen dok bila dioperasi ?

  82. yanik says:

    pagi dok…sy dh operasi patah tulang kaki kering dh menyambung tp blm sempurna pd hal dh 1 th lbh 1 bln ini namun rasa nyeri jg kaku pd lutut jg engkel kaki msh terasa nyeri jg kaku skl dok….apa lg kl hbs duduk lama tuk berdiri lutut terasa kaku jg skt< namun kl engkel kaki pd posisi duduk sy tekuk lutut tdk kaku apa ada hubungannya antara lutut kaki dng engkel kaki dok tuk syarafnya? jg jempol kaki sy tdk mampu tuk sy gerakkkan ke atas bisanya hny sy tekuk kekbawah jempol kakinya apa jempol kaki itu jg yg mempengaruhi rasa nyeri kaku pd lutut jg engkel kaki saluran syaraftnya itu dok,,,,,mohon penjelasannya. tuk saat ini sy dh aktifitas sprt biasa dh bisa jln tnp tongkat namun kl dh kaku lutut jg engkel kaki tuk jln sngt kaku jg sakit krn kaki jd berat tuk di buat langkah jalan bahkan bagian pinggang sy terasa kaku jg gampang penggel apa ada hubungan syarafnya dng kaki dok? sy dh coba terapi dng naik sepeda cukup jauh dng harapan agar otot jg syaraf2 kaki sy isa kembali normal sehingga tdk kaku atau nyeri namun msh ttp nyeri dok jg kaku serta skt kl tuk jln bila lutut dh terasa kaku sehingga lutut itu mendosol tdk langsung bisa lururs bila dh buat duduk lama namun kl engkel kaki sy gerak2 kan diputar kenana kekiri jg di naik turunkan lutut jd lemes jg tuk jln sedikit berkurang rasa skt nya namun kok jln sy blm isa sempurna ya dok msh terkesan digluk2 blm isa jln normal sehingga posisi kaki yg patah lututnya ke dpn berbeda dng kaki yg tdk patah lututnya bisa lemes thengking ke belakang namun lutut kaki yg patah blm isa tengking kebelakang jd posisi lurus beda dng kaki yg tdk patah walhasil posisi kaki jd berbeda dok terimakasih penjelasannya dok apa yg hrs sy lakukan?

    • muki partono says:

      Kami curiga ada masalah lain selain patah tulang sebaiknya kami periksa dulu

      • rahmat says:

        slmt pagi dok??
        Syh mau tanya:klw tulang tangan yang patah nyambung nya sedikit apa bakalan kuat nanti ny kalau sembuh dok?
        Jadi tulang sama tulang kena nya gak banyak dok…
        sayah berharap dok menjawab prtanya’an syh ini..
        Mksh dok..

        • muki partono says:

          Bila kontak penyambungannya sedikut kekyatan aksn berkurang dan penyambungan posisinya tdk tepat ini yg dibamakan MALUNION

  83. lalu anwar says:

    Siang dok. Saya fraktur tibia fibula 3 mg yg lalu akibat main futsal, dan langsung dibawa ke Rs utk rontgen dan penanganan selanjutnya. Karena kondisi frakturnya bagus maka drnya menangani dg pemasangan gips saja. Alhamdulillah sekarang lebih baik tetapi kadang nyeri di sendi kaki akibat beban gips dan sering kesemutan. Berapa lama waktu normal penggunaan gips dok. Makasi atas sarannya.

  84. linda says:

    Sore dok..
    Saya mengalami kecelakaan pada tgl 2-12-11.usia 2othn pertama kecelakaan saya langsung ke alternatif patah tulang,sudah setahun stengah belum bisa jalan dgn normal masih menggunakan satu tongkat.saya patah tulang kering&betis kaki kanan,kadang saya blajar lepas tongkat.sdikit agak linu bila ditapakin tpi ada sdikit mslah tulang besar nonjol sperti tidak menyambung.apakah skrg masih bisa untuk melakukan operasi?terima kasih.

  85. andri says:

    Ass dokter saya andri 26 thn
    Saya mau bertanya maksimalnya batasan waktu untuk angkat pent post operasi orif berapa lama untuk kasus seperti saya yang mengalami fraktur humerus komplite tertutup
    Selanjutnya apakah sambungan tulang patah itu kualitas kepadatan tulang nya kurang baik/ sama atau lebih baik dari tulang yang normal?
    Mohon tanggapannya dok
    Terima kasih dok
    Jajakalloh khoirokhastsiro

    • muki partono says:

      saran sebaiknya diangkat 1-2 tahun paska operasi , dimana tulang sdh menyambung sempurna, kualitas tulang yg sdh menyambung akan sama spt semula

  86. natalia says:

    Saya natalia masih umur 14 th dok, 2 tahun yang lalu saya jatuh dan kesleo tapi saya tidak pijet. Dan skrg kaki saya jadi bengkok dan lutut saya sakit. Masih bisa dibalik’in semula nga? Gimana caranya? Thx

    • muki partono says:

      sebaiknya kami periksa secara klinis apakah bisa kita perbaiki kembali , kelihatannya anda mengalami gangguan pada lempeng pertumbuhan tulang

  87. halid says:

    mlm Dokter MUKI
    saya halid umur 29 tahun 3 bulan lalu saya oprasi penyambungan tendon pda jari klingking saya.
    saat ini jari saya bengkok dan bengkak gmn cara terbaik untuk meluruskan kembali dan kembali paling tidak seperti sedia kala.
    trimakasih.
    wasallam…

    • muki partono says:

      jari mudah kaku dan bengkok dan kembali fungsi spt sedia kala agak lama , sabar saja , lanjutkan program fisioterapinya

  88. karni says:

    siang dok… saya karni hamdani umur 19 tahun..
    6 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan, mengakibatkan frakture tibia dan fibula.
    hasil rotgen terakhir bulan juni frakture fibula belum menyatuh, plat terpasang dengan baik pada tibia. saya mau nanya dokter kira2 kapan fraktur fibula bisa nyatuh,???? soalnya udah 6 bulan tapi kok ga’ nyatuh2… apa ini baik-baik saja dokter??????

  89. dwi s says:

    assalamualaikum dok
    saya dwi mau nanya suami saya kecelakaan sudah hampir 5 tahun patah tulang pada paha kaki kanan tapi tidak di operasi karena suami saya takut akhirnya dibawa ke alternatif dan hasilnya tidak nyambung karena hasil ronsen terakhir kaki tidak nyambung namun suami bisa jalan tapi kaki kanan tidak ada kekuatan dan panjang sebelah kakinya sekitar 5cm yang saya tanyakan apakah kaki suami saya bisa nyambung lagi kalo dioperasi dan apakah tidak panjang sebelah dan bisa apa tidak dok mohon solusinya dok dan terima kasih

    • muki partono says:

      bisa nyambung lg kalau dioperasi hanya saja 2 tahap , pertama dibebaskan perlengketan pada daerah patahannya dan tulang ditarik dengan beban yg ditambah setiap hari biasanya butruh 1 minggu, bila sdh sama panjang baru operasi pemasangan pennya

  90. Arman3yaki says:

    Mlm dok. Saya mengalami kecelakaan 8 jan 2011
    Langsung di bwa ke rs.saya mengalami patah tulang
    paha. Lalu di pasang pen. Namun stlh 1thn sya bisa berjalan. Tpi lutut saya hanya bengkok separoh.
    Apakah bisa kembali seperti semula. Tks

  91. Eko says:

    Kok komentar saya ga ada yah,,, padahal jawaban atas pertanyaan itu sangat saya butuhkan pak,,, jika berkenan bantu saya pak dokter,,, 2 tahun sudah saya mengalami patah tulang bagian paha kannan,,, lutut paliang nekuk cuma 30 derjat, kalau di bawa latihan nekuk pasti ujung”a terasa sakit dan kaki jadi berat serta di bawa gerak sakit banget,, padahal udah 4x saya oprasi dok,,, saya harus gamna dok,, apakah menurut ilmu kedokteran saya ada harapan sembuh,, ???

    kalo bisa lz lewat email dok,,,, biar jelas jawabannya dokter dan ga hilang lagi

    • muki partono says:

      kemungkinan dan harapan masih ada hanya saja kami hrs menilai kondisi anda secara fisik saat ini apakah masih memungkinkan atau tdk , paling tidak target menekuk 90 derajat agar fungsi naik tangga bisa

  92. linda says:

    Selamat malam dok ..
    Saya linda 21thn pda tgl 2 desember 2011 saya mengalami kecelakaan motor yg meneyebabkan kaki kanan saya patah tibia fibula .. Karena pda awal kecelakaan saya takut untuk di operasi akhirnya saya memilih untuk alternatif .. Hasil rongsen terakhir bulan september 2011 hasil rongsen menunjukan tulang tibia fibula tumpang tindih ( belom nyambun) . Stelah hasil rongsen trsebut saya kembali agy k alternatif sampai bulan juli karena gak ada perubahan juga akhirnya saya memutuskan untuk operasi stelah lebaran 2013 . Pertanyaan saya apakah masih bisa untuk di operasi jika sudah 19 bulan ??? Tpi skarang saya sudah bisa menggunakan tongkat satu .. Terima kasih dok ..

  93. Buddy says:

    Assalamu alaikum dok, usia saya 24th, saya mengalami kecelakaan 2 bulan lalu dan mengalami patah pada paha kanan dan pergelangan tangan, paha kanan di pen dan dlm waktu hanya 3 minggu pasca operasi setelah saya latih akhirnya kaki kanan bisa nekuk dgn sempurna, skarang sudah tidak begitu terasa sakit tapi masih harus pakai satu tongkat, apakah waktu 3 minggu itu terlalu cepat ya dok, saya takut jika tulang tidak nyatu dgn sempurna?
    Saya juga ingin menanyakan latihan yang baik buat pergelangan tangan saya yang patah, soalnya setelah gips dilepas pergelangan tangan saya kalau saya gerakkan sangat sakit sekali?

  94. linda says:

    Malam dok ..
    Mohon maaf dok sebelumnya koq pertanyaan saya sampai skrng belum di jawab juga iia dok .. Padahal saya butuh banget jawaban dari dokter .
    Terima kasih .

  95. haris bagus says:

    Asalamualaikum dok.saya haris 20thn
    Dok saya mengalami patah kaki paha kanan saya ..pengobatan pertama saya menggungakan dukun tulang tetapi hasilnya masih patah .sehingga tulang ya sudah ke tutup zat kapur tetapi tulang masih patah ..dan kaki kanan panjang sebalah 2cm..bagaimana dok cara pengobatannya apabila ingin normal lagi.?? Mohon dibantu

  96. Aly says:

    Dok, saya Aly 19 thn.
    Pda tgl 4 april lalu sya patah tangan kiri bagian atas pas otot, sya di bwa ke dkun tulang, dn hasil nya agak bengok ke depan apakah tangan/otot sya bisa normal lagi?

    • muki partono says:

      Kalau mau tdk bengkok hrs dioperasi krn anda sdh tdk bertumbuhtulangnya I’d kalau bengkok Akan bengkok Salamanca beds Dan anak2

  97. ABDI ARIFIN says:

    1 TAHUN YG LALU SAYA PERNAH TANYA KE DOKTER MASALAH PEMASANGAN PEN TERIMAKASIH ATAS JAWABANNYA DAN SANGAT MEMBANTU, NAH SEKARANG SAYA TANYA LAGI SAAT INI SUDAH GENAP SATU TAHUN SAYA PAKE PEN DI LENGAN KANAN, MENURUT DOKTER APAKAH SUDAH MEMENUHI STANDAR UTK BUKA PENNYA,…TERIMAKASIH ATAS JAWABANNYA

  98. Andy says:

    Dok,saya mau konsultasi
    ini saya baru kecelakaan bulan agustus,tulang tangan kiri saya bergeser (mengsol) padahal udh dibenerin di rumah sakit
    tp sampai sekarang blm bisa lurus masih kaku,?
    Solusinya gmn dok biar lemes & isa lurus kembali?
    Tlong dijawab dok

  99. Aliem says:

    haloo doc .. saya berumur 19 tahun .. dan saya baru mengalamii kecelakaan .. kaki paha kanan saya patah tulang doc .. saya menjalani alternatif .. karna tak mampu doc .. untuk operasi .. dan tulang saya yg patah menojol ke atas .. seperti tulang gk rata dan mengalami tumpa tindih ya tulang doc .. jika pulih .. apa kah saya bisa jalan normal .. saya takut tulang saya tidak bisa menahan berat badan saya … dah tulang saya patah lg ..karana kondisi tulang yang tidak rata !!

    mohon jawaban y doc ..

    • Muki Partono says:

      sebaiknya diperbaiki dgn operasi kalau ingin berjalan dengan baik krn anda sdh mengalami MALposisi posisi tulang yg tdk benar

  100. madiya says:

    pak dr, saya mau tanya.. adik saya satu bulan kemarin baru menjalani operasi patah tulang tangan kiri (2 tulang patah), terjadi pada saat kejuaran tarung (boxer). menurut docter Apakah bisa bertanding lagi atau tidak? dan bagaimana perlakuan untuk menguatkan tulang pasca patah tulang?? mksh doc..

    • Muki Partono says:

      insya allah bisa tarung kembali tunggu tulang menyambung , baca artikel tentang penyambungan tulang pada web ini

  101. ebiie maron says:

    ??•????????’???????..??•
    mau tanya pk… tulang tibia saya sudah 1th ptah qok blum nyambung sempurna yah??
    apa yg jadi masalah ya pk..
    makasih sbelum’a

  102. ririn says:

    dok mw nanya. juli yang lalu 2 tulang lengan kiri bawah yang tengah saya patah , dan operasi bulan agustus dipasang pen yang gk ada bautnya. setelah itu saya gk kontrol lg dirumah skit tmpat saya operasi karena jauh, smpek skrang tangan saya gak bisa terlentang. apakah kalau difisioterapi bisa kembali seperti semula?

  103. amel says:

    dok, nama saya amel. umur saya 13 tahun. sebulan yang lalu, saya mengalami kecelakaan patah tulang clavicula sinistra. dokter tidak menganjurkan saya operasi, hanya di beri suplement kalsium untuk 2 bulan minum. sedangkan hasil ronsen terakhir, tulangnya masih tumpang tindih, bagaimana jalan keluarnya dok?

    • Muki Partono says:

      ya tdk apa2 lanjutkan saja krn anda masih usia muda jd nanti akan kembali spt semula hanya saja 1 tahun anda foto kembali, baru akan terlihat spt semula

  104. aya says:

    Malam dr.Muki saya pasien dr.Muki pd tahun 2005 waktu itu saya operasi pen ditulang belakang di cengkareng sampai tahun 2013 ini saya blm di cabut pen nya sekarang ada bagian seperti tulang yang menonjol di tulang belakang saya itu pen atau apa ya dok?untuk pengangkatan pen nya itu termasuk operasi besar seperti pemasangan nya atau operasi kecil ya dok?apabila sudah diangkat pen nya apakah saya bisa normal kembali keadaan tulang belakang saya seperti dulu sebelum kecelakaan dok?dan untuk pengangkatan pen nya harus dengan dok yang memasang juga atau bisa dengan dok yang lain ya dok?karena dokter yang memasang pen saya ada 3 dokter termasuk dok muki.terrima kasih

    • Muki Partono says:

      bisa krn pennya atau bukan sebaiknya pastikan dengan pemriksaan rontgen , saran sebaiknya anda kami periksa kembali, pada prinsipnya dokter lain juga bisa hanya saja alat pen yg dipasang saat pencabutannya harus sama kalau tidak tidak bisa dilepas pennya

  105. Pilar Paksi says:

    nama saya pilar, saya mau tanya dok, beberapa hari yg lalu sy trjatuh dari lantai 2 rmh sy, stlh di rontgen dikatakan oleh dokter bahwa tulang kaki kanan sblm jari kaki telunjuk dan tengah mengalami fraktur, tetapi tidak trjadi pergeseran.kata dokter penanganannya hanta prlu di gips saja. dokter menyarankan agar telapak kaki sy tidak menapakkan diri ke lantai.ttpi tadi pagi syterpleset dan hmpir jatuh, dan reflek kaki kanan sy menapak ke lantai. apakah itu brbahaya? saya takut apabila tulang trsebut bergeser

  106. desy says:

    dok, saya baru sj mengalami kecelakaan motor pada tgl 25 agustus 2013. usia saya 17 thn.
    saya mengalami patah tulang kaki kiri, tulang besar dan kecil saya patah, lalu saya di operasi dan di pasang pen. kira” kpn saya harus melepas pen dan kaki saya yg patah lebih besar dari kaki yg tdk patah, terus bulu” di kaki saya tumbuh lebat tetapi bukan di bagian yg di operasi melainkan di lutut sy apakah itu pengaruh obat yg saya minum?

    • Muki Partono says:

      Pen rata2 dilepas setlh 1 thn post op keluhan yg anda alami hal yg bisa terjd kami sendiri kurang paham knp bisa terjadi spt itu

  107. ira says:

    Asswrwb, dok,. Ibu saya patah tulang kaki kanan (tulang kering) sdh operasi 4 pekan yg lalu,. Luka jahitan sampai saat ini blm kering, pdhl saran dokter sdh dilakukan.mohon nasehatnya

  108. Wawan says:

    Selamat sore Dok, Sya Pria berusia 34th mengalami kecelakaan jatuh dari motor sekitar 2 bulan yang lalu hingga kaki kanan saya mengalami retak parah pada bagian bawah lutut dan lutut saya bergeser (mengsol). Saya berobat ke alternatif dan sudah diluruskan kembali lutut yang bergeser, sampai saat ini pun kaki saya masih di Gip pakai perban elastis. Pertanyaan saya kenapa daerah lutut sampai saat ini (2 bulan pasca bergeser) masih agak nyeri, dan berapa lama saya bisa berjalan dengan menapak atau sya bisa berjalan normal tanpa tongkat. Mohon pencerahannya Dok, Terima kasih.

    • Muki Partono says:

      hati2 , sebaiknya di foto rontgen utk memastikan apakah posisi tulang lutut sdh benar, krn utk mendapatkan fungsi lutut yg sempurna syaratnya tulangnya hrs benar, dan maalah lain adalah maalah kekakuan sebaiknya berobat ke dokter deh

  109. ridhi says:

    dok saya sudah 3 tahun lalu keseleo, saya biarkan saja, sekarang baru terasa lagi, angkel sakit apabila digerakan ke arah tertentu, dan toot d angkel seperti kurang tenaga, bagaimana cara mengatasinya dok, thnks

    • Muki Partono says:

      saran sebaiknya periksakan foto rontgen kalau hasilnya normal , perlu pemeriksaan MRI ankle , utk memastikan kelainan pada ankle nya

  110. toni says:

    permisi dok saya mau tanya,saya umur 22 thn..tulang kecil kaki kiri saya patah saat bermain bola,saya tidak melakukan operasi dok sya hanya menggunkan alternatif patah tulang…sudah 3 mnggu berjalan dok apakah dalam waktu 3 mnggu tulang saya sudah menyambung?stiap hari nya saya mengkonsumsi susu dan obat kalsium lain nya…dan juga dalam waktu berapa lama saya bisa berjalan normal tanpa menggunakan tongkat?trima kasih dok..

    • Muki Partono says:

      tulang menyambung mulai 3 minggu sampai sempurna 4-6 bulan, anda saat ini pun sdh bisa tanpa tongkat, berjalannya menggunakan tumit

  111. lely ghofur says:

    Asslmlkm dokter..apa tanda2 jika terjadi sesuatu pada tulang yg sdh d pasang implant? Tlg paha kanan sy pecah, d bagian deket sendi..skrg ud 5 mggu pasca operasi pemasangan implant..hr ni sy tdk sngaja menahan badan saya dgn kaki kanan krn tongkat kanan saya tergelincir, sy gag tau kalo ada air..total sudah 3 kali sy gag sngaja menapkkan kaki krn tongkat sy tergelincir dan oleng..dlu wkt 3 mggu pasca operasi dan sy sdg latihan tongkat malah jatuh..untung bs banting kiri,,mksdnya jatoh pake bagian yg kiri..kalo sy rasa2 sih gag ada rasa skit pada bagian yg dioprasi..tp sy was was dok..soalnya sy pnh baca ada pasien yg gag sngaja napak eh tulangnya bengkok..jdwal kontrol sy sbulan lg..itupunhrs menempuh jarak 3 jam krn saya di pelosok..jd, sy tnya aja deh ma dokter, adakah tanda2 untuk mengetahui ada yg salah dgn tulang yg dioprasi?

  112. Diniyanti says:

    Assalammualaikum,pagi dokter yg baik hati
    saya dini 24 thn. Saya kecelakaan tgl 12 okt 2013.
    Yg menyebabkan fraktur terbuka kaki kanan pda tibia dan fibula
    Serta skin loss dri mulai mata kaki sampai lutut.
    Saya dipasang pen internal dn eksternal pd tgl 13 okt 2013.
    Saya jg sudah STSG sebanyak 3 x diambil dr kulit paha dok.
    Sy sdh bs pakai tongkat dok namun krn prnah jatuh 2x
    sy akhirnya lebih bnyk pake kursi roda,apakah itu boleh dok?
    Skrg sudh 6 bln dok. Dri hasil rontgen 2 bln yg llu tulangnya sdh hmpir mnyatu.
    Apakah boleh sy menginjakkan kaki sy dok? Krn sy ingin sekali belajar jln.
    Kemudian kaki kanan saya tdk bsa ditekuk dok. Seperti ad yg mengganjal.
    Jadi kaki saya menginjit ketika berdiri dok. Apa saya bisa berjalan normal lg dok?
    Mohon saran dan solusinya ya dokter muki yg baik :-). Terima kasih dokter.

    • Muki Partono says:

      anda sebaaiknya mengikuti saran dokter yg mengoperasi, krn kasus anda tidak sederhana, kami khawatir salah memberi solusi

  113. anda torang nababan says:

    dok saya pernah kecelakaan adu kabing tepatnya tanggal 10-03-2013…tapai smpai sekrang kaki sayabelu sembuh2 dan sayapu berjalan belum normal..ada rasa sakit klo saat masuk angin atau saat kelelahan,,udh banyak dukun patah tulang yg mengobati aku tapi belumsembuh,terakhir aku ke rumah sakit buat cek up..dr hasil rongseng persendian antara paha dan pantat saya agak lari dr posisi sebelumya,dan agak samar2 sh ronsennya…

    sya udah capek dengan semua ni…

    kata dokter y memeriksa aku mending aku melakuka terapi…
    tolon dikasih asukannya dokter..apa yang harus aku lakuka biar kakiku ini bisa sebuh seperti semula..Gbu

    • Muki Partono says:

      bisa kirim foto terlampir agar bisa diberikan jalan keluar lbh sempurna lg, krn sangat sulit memberikan asupan tanpa foto rontgen kondisi terkini

  114. mochamad rifai says:

    Dok, salam kenal Dok.. Saya mau bertanya 3 th lalu elbow tangan kanan saya ada bagian yg retak dan bergeser, lalu saya urut tapi tidak tuntas.. apakah masih bisa di tanggani..

  115. pranaya widhiyasa says:

    malam dok ,,
    saya pranaya usia 24thn , tgl 24-04-2014 kmrn sy mengalami kecelakaan ,sy langsung d’bwa k’ugd …
    sy langusng d’operasi karna ada luka robek kira” ada 5 jahitan kt dokter sy mengalami patah tulang jari kaki sebelah kiri …
    itu ada 2 jari kaki sy patah ..
    tadi siang jahitan sudah d’lepas ..
    pertanyaan sy .
    proses penyembuhan patah tulang jari kaki kira” brpa lama normalnya dok ?
    trims …

  116. Siska says:

    Assalammualaikum dok.
    Tulang pergelangan tangan sebelah kanan saya bergeser dan tidak sama dengan tangan sebelah kiri. Ini karena saya jatuh pada tahun 2008 tetapi saya tidak langsung pergi ke rumah sakit atau dokter. malah sekarang baru kerasa sakitnya, apa pergelangan tangan saya bisa disembuhkan dok? terimakasih..

  117. Siska says:

    Assalammualaikum dok, maaf saya mau bertanya lagi.
    Dulu waktu tahun 2010 saya pernah mengalami kecelakaan, tapi tidak ada sakit atau cedera. Tapi, waktu tahun 2012 sampai 2013 punggung saya merasa sakit. Orangtua saya membawa saya ke ahli tulang, dan katanya tulang saya bengkok. Setelah itu, tulang saya lurus lagi. Tapi masih aja ada rasa pegal dan kadang sakit. apa ada effect setelah tulang punggung diluruskan atau kenapa dok? terimakasih sebelumnya…

    • Muki Partono says:

      tulang bengkok dan diurut bisa lurus kembali sangat tdk mungkin , yg mungkin bengkok akibat nyeri otot, bukan tulang kalau ini bisa saja, menurut kami masalah punggung anda blm tuntas sebaiknya konsultasikan ke dokter tulang

  118. adi says:

    dokter mau tnya dok…mohon sarannya…saya mengalami frartur femur tertutup sederhana garis patahan 1 dok..umur 26 th…;pola mkan sudah seseuai aturan 4 sehat 5 smpurna..tggi protein n kalsium..dan skrg sudah 6 bulan lebih pasca operasi..la kmrn pas kntrol di kustati solo pnymbuhanku kata dokter sktar 50%..dikarenakan saat kejadian saya smpat koma 7 hari dan di operasi di hari ke8..apkah pnyebab dr delay union saya tadi dok,,karena doktrnya bilang smbhnya jd lmbt karena smpt koma…adkah solusi untuk mengatasinya dok…mkshh dok..

    • Muki Partono says:

      sabar saja krn kemampuan tulang menyambung masing2 orang berbeda, bantu dengan berjemur matahari 20 mnt tiap hari dibawah jam 10 pagi. asupan kalsium dan vit D3 serta mineral dan protein ,makan singkong tiap sore baik yg direbus atau digoreng . utk latihan kakinya coba abntu dengan naik sepeda statis

  119. Galaxy Sondakh says:

    Salam kenal dokter,,,
    Dokter Yth, kira-kira berapa lama patah tulang di tulang kering kaki saya bisa sembuh dan patah tulang hasta tangan saya bisa diluruskan, soalnya kata dokter belum bisa diluruskan. Karena patah tulang hasta tangan saya hanya 4 cm dr persendian siku tangan saya. Dan kapan bisa beraktivitas seperti biasanya.
    Tanggal operasinya 2 juni yg lalu…
    bisakah saya ikut perlombaan pada September nanti?
    berhubung saya seorang atlit berkuda,,,

    Terimahkasih dokter dan semoga sukses selalu…

  120. elsa amalia says:

    Dok sy mau tanya..anak sy p sedang proses fisiotherapy,kira2 kenapa ya dok setiap mau melangkahkan kaki dia merasa gatal di bagian kaki yg fraktur.mengalami patah kaki tulang kering sdh 2 bulan 15 hari dan gips sdh di lepas pada minggu ke 7.makasi atas jawabannya dokter :)

  121. adi says:

    makasih dok..untuk berjemur saya sudah rutin tiap pagi dok..asupan makanan sudah cukup kalsium dan vitamin d…susu n protekal n cdr,,saya jg sudah pake 1 kruk dok sesuai perintah dokter yang menangani…nekuk saya jg sudah full dok dan hampir bisa jongkok normal dok..tapi tongkat tetap saya pake dok blm brani klo blm diperintah dokter..secara fungsi sudah mendekati nrmal untuk kaki saya dok..untuk singkong rebus inshaALLAh dok akan rutin …kalo untuk sepeda statis saya gak punya dok adanya di tmpt fitness,,,oh ya doker sya kemarin jg bilang katanya berenang jg bisa dilakukan untuk olahraga apakah itu benar dok..makasih sebelum dan sesudahnya…dok..

  122. kurniawati says:

    Assalamu’alaikum.selamat siang dok. Saya kurniawati umur 27 th. Saya mengalami kecelakan jatuh dr motor bln juni tgl 11 2014 dan lengan atas/ humerus tangan kiri saya patah
    .tapi saya tidak melakukan operasi krn kendala biaya.dan patahnya jg tidak runcing jd saran dokter di gips jg gak apa. Kontrol pd minggu pertama terlihat tulang hny bergeser sedikit skl.tp kontrol ke 2-4 posisi tulang semakin bergeser pd posisinya sdk calus sdh mulai tumbuh. Menurut pendapat dokter. Tindakan apa yg seharusnya saya lakukan.? Tgl 2 agsts 2014 bsk sya msh kontrol lg. Mohon solusinya. Trimakasih.

  123. Iyan bernes says:

    selamat malam dok
    saya mau konsul dok ,kejadian y tgl 28 jan 14 saya mengalami kecelakaan lalulintas .tulang humerus kanan patah dan retak di bagian siku,lalu saya di tangani oleh tukang urut patah tulang chinese.sudah 5 bln tulang humerus tidak menyambung.di samping itu juga siku saya mengeras tidak bisa di tekuk.perna sih pas di urut oleh org alternatif y di tekukkan tangan saya 180 derajat bisa dan juga kata y harus bnyk2 latihan.setelah melihat tulang humerus saya yg tidak nyambung lewat ronsen. jadi langsung di operasi pada tgl 22 juli 14 kemarin.dan sampai skrng permasalahan y cuman di bagian siku hanya bisa menekuk 90 derajat. jadi bagaimana yah dok biar siku saya bisa kembali normal lagi? terima kasih

  124. Agnes Tjahjadi says:

    Salam kenal Dok. Saya Agnes. Beberapa bulan lalu kelingking kaki kiri saya terbentur ban motor karena jalan terburu2. Setelah itu kaki saya bengkak. Hingga beberapa bulan berlalu, kelingking saya masih bengkak dok tapi nggak sakit. Jika kelingking kaki kiri saya digerak2an ke samping, ada bunyi2 gitu dok. Apakah kaki saya ini baik2 saja dok? Saya takut jika ada penyakit yg menyerang karena bengkak yang tak kunjung sembuh. Terima kasih Dok. Mohon jawabannya segera ya.

  125. luthfie says:

    maaf dok salam kenal, kok pertanyaan saya yg diatas tidak dijawab,
    pertanyaan saya bagaimana cara menghilangkan ngillunya yg sudah menahun,
    terimkasih dok

  126. Muki Partono says:

    Sebaiknya dievaluasi ulang utk cari tahu penyebab pastinya

  127. yeyen says:

    Dok,sy mau tanya,kira kira 2 bln 1/2 yg lalu anak laki2 saya usia 9 thn patah tulang di pangkal siku,km tdk operasi dok,d bw ke alternatif di urut dan d pasang gip,,,tp smpai skrg anak sy blm brani lepas gip nya,pdhal sdh bermain sperti biasa,dan terakhir d ronsen sdh nyambung,yg mau sy tnya kn dong,apakah nnti terjadi kekakuan pd tangan anak saya,sperti tdk bs d tekuk,,,mohon bantuan n petunjuknya dok,karena sy benar2 khawatir dok

  128. Muki Partono says:

    kekakuan umumnya terjadi pada penanganan alternatif, saran segera lepas gips dan lakukan latihan fisioterapi

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome