Pasang pen pada TUlang tybia kaki

August 20, 2012 Dr Menjawab 6 Comments

umur 30 thn, Laki laki, tanggal 6 august 2012 Kecelakaan menghindari sepeda terpelanting ke sebelah kanan, kaki kanan menghantam tanah tulang tybia remuk (tulang saya kategorinya besar) tepat di bawah dengkul, sudah dilakukan operasi pemasangan plat dan pen (6 buah) untuk menyatukan tulang tp tulang yang kecil patah dibiarkan saja. obat nya, tulang sudah menyatu dengan pen kondisi nyeri masih dialami terkadang sampai kepala. Obat yang diminum standar antibiotik, vitamin tulang, vitamin, anti nyeri analgesic, salep thrombosop. KOndisi sekarang saya telapak kaki bengkak dan berwarna lebih gelap (apabila berdiri) dan lebam di kaki kanan bagian paha dan lain lain. Kaki untuk satu bulan ini belum boleh menapak pada lantai (kecuali sudah duduk)

jawab : sebaiknya lanjutkan pengobatannya, kadang memang masih nyeri , minum obat nyeri saja kalau tdk tahan , kalau bisa ditahan sebaiknya jgn makan obat nyeri berlebihan .

Saya mau tanya doc :
1. sekarang saya sedang berlajar untuk menekukkan kaki dan jadwal saya 1 hari 3 kali (@30-45 mnt) untuk duduk dan melatih untuk mnekukan kaki sambil diangkat atas bawah, apakah itu sudah cukup dok, setelah itu saya bisa baring sambil bekerja?
2. Kira-kira untuk menekukan hingga bsa 90 derajat berapa laa ya dok saya bariu 45 udah tidak kuat untuk meluruskannya lagi, kira2 sampai kapan rasa nyeri ini bisa hilang?
3. ada referensi video atau latihan yang bisa saya lakukan dok supaya saya lebih cepat sembuh?
4. Untuk proses hingga bisa berjalan normal kira-kira tahapannya seperti apa doc? seperti bulan pertama harus bisa menekuk, bulan kedua harus bisa merangkak, dokter Muki bisa jelaskan?
5. Insyaallah untuk pelepasan pen, kira2 biaya operasinya berapa ya doc?

maaf pertanyaan saya banyak, terima kasih

About author:

6 Responses to “Pasang pen pada TUlang tybia kaki”

  1. etlin says:

    Dr Muki yth,

    Mama saya di Medan, umur 70 tahun, jatuh dari tangga dan mengeluh sakit di lutut kiri. Setelah dilakukan rontgen dan MRI, menurut dokter tidak ada patah tulang. Tapi sendi lutut tidak memiliki “pelumas” dan melekat. Saran dokter adalah operasi. Saya bermaksud meminta second opinion dengan meminta Mama datang ke Jakarta dalam minggu ini untuk diperiksa. Bagaimana pendapat dokter? Apakah untuk kasus tersebut memang harus operasi? Berapa lama proses operasi dan rawat inap? Berapa lama tahap penyembuhannya?

    Terima kasih banyak.
    Etlin

    • muki partono says:

      Sebaiknya kami periksa dulu mama anda apakah memang butuh tindakan operasi atau hanya disuntik pelumas saja mengingat usia sudah 70 tahun

  2. ghumam says:

    assalamualaikum wr.wb pak, saya (umur 17 thn) pasang pen sdh 9 bln tp hasil ronsen tulang belum nyambung.
    Apakah pen sudah boleh di cabut apa belum ?

  3. juki says:

    pak aneh sekali . saya (17 thn) patah tulang terus di pasang pen tapi lama sekali sembuhnya sampe 9 bln msh blum sembuh. malah orang lain yg patah tulang terus di urusin di tabib sembuhnya cepat sekali, 2 bln langsung bisa lari.

    itu ngaco sekali bgymana alasan pak dokter tentang hal itu ?

  4. HERIJANTO says:

    dok mau tanya saya baru mengalami tabarakan tanggal 13 juni 2013…hasil dari rumah sakit patah tulang kering dan patah tulang kecil jadi semua tulang gak ada kegeseran sedikit pun.semua tulang posisi rata hanya ber gambar garis nyamping ke bawah,..apa kah ini harus di opersih,..Tolong dong saya mengharapkan jawabannya terima kasih..

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome