Osteoarthritis dan bengkak

dearest dokter,
Dok, saya menderita osteoarthritis, sudah 3 bulan terakhir ini timbul bengkak2 di tangan, jari2, lengan, telapak kaki, bahu, disekitar dada, dan bahkan sampai ke pangkal leher yang membuat saya pusing (seperti migran).

kenapa hal ini bisa terjadi dok? Saya sudah membantu mengkonsumsi Glukosamie, Chondorotin, dan MSM (GCM). Tapi nampaknya tidak membantu banyak untuk bengkaknya, tapi untuk nyeri2 sendi sudah bisa sedikit teratasi. Apakah bengkak2 ini disebabkan karena saya mengkonsumsi GCM? saya ada alergi seafood tapi tidak parah, jika alergi saya minum obat Clarytin. Dan saya terkadang suka anemia namun hal ini biasa saya atasi dengan mengkonsumsi Sangobion.

Mohon pencerahannya dok… saya sudah hampir putus asa mengalami hal ini, karena rasanya sakit sekali ketika bengkak dan sangat mengganggu saya.

terima kasih

regards,

Harsa Ganapati

jawab : penyakit anda cukup serius tinggalkan makanan seafood kalau mau sembuh, apalagi sdh menyebabkan anemia artinya sdh cukup serius. kalau melihat gejala anda spt Rhematoid artritis (banyak Macamnya),jd hindari hal2 yg bikin alergi

About author:

13 Responses to “Osteoarthritis dan bengkak”

  1. Jonathan says:

    Dear Dokter,

    Dokter,orang tua saya menderita Osteoarthritis, selama +/- 10 tahun. Usia org tua saya saat ini 62 Tahun.
    Sudah disuntik dilutut (di dokter spesialis ahli tulang) 1 tahun yang lalu selama 7 kali (Saya tidak mengetahui jenis obat nya).
    Untuk saat ini kaki sudah bengkok sebelah kiri, dan hasil rontgen terakhir (Juli 2010) sudah menyempit(lutu bagian atas & bawah sudah merapat, kondisi tulang baik.
    Org tua saya sudah tidak mengkonsumsi obat-obatan untuk memperingan rasa nyeri, tetapi hanya melakukan pengobatan dengan “Chiropractic” +/- sdh berjalan 1 tahun dan mengkonsumsi “Glucosamine Condroitin”.

    Tgl.26 juni 2010, Org tua saya dianjurkan oleh dokter untuk dilakukan “Arthroscopy” dan diberikan obat yg bernama “adant Dispo”

    yang ingin saya tanyakan adalah sbb:

    1. Apakah efek setelah dilakukan “Arthroscopy” dgn cairan adant dispo tsb?
    2. Apakah dgn diberikan nya obat tsb, akan terbentuk persendian baru?
    3. Sebaiknya dilakukan pengobatan apakah orang tua saya, agar rasa sakitnya reda?

    Terima kasih

    Regards
    Jonathan

    • muki partono says:

      kalau sdh stadium 4 (kaki bengkok), pengobatan suntik, artroskopi kurang berfaedah utk menghilangkan keluhan ibu anda yg dianjurkan operasi ganti sendi (TKR), nanti ibu anda tak perlu lg konsumsi obat nyeri dan injeksi viscosuplement sendi

  2. ira says:

    Dear Dokter,
    Saya ingin bertanya , anak laki2 saya berumur 5,8 tahun, sering mengeluh pegal/sakit kaki pada malam hari menjelang tidur, kira-kira gejala apa ini dok? oleh DSA-nya diberi ostercare sebanyak 2X 5ml per hari, apakah itu membantu? untuk memastikan dia tumbuh normal dan baik2 saja, apakah ada specialis tulang anak?. Terima kasih banyak atas bantuannya.

    BR,
    ira

    • muki partono says:

      anak ibu mungkin mengalami bentuk kaki yg ceper, itu serng dikeluhkan pasien2 y datang, sebaik di periksakan

      • rina says:

        nenek saya umurnya 63tahun mengeluh nyeri, linu, pegel2 pada kaki bagian lutut ke bawah..
        tp sdkt membengkak pada kaki kanan. tensinya slalu 200/110. tp gak ngeluh pusing..
        tidak ada pantangan mkn n melakukan aktivitas rmh tangga stiap hr, tp klo bwt jongkoik kakinya skt.
        trz sm tetangga saya disaranin minum obat dexametason dan foltadex..
        kr2 penyakitnya apa ya dok ? Makasih

        • muki partono says:

          umumnya usia spt nenek anda menderita pengapuran pada lutut, sebaiknya jgn onsumsi steroid sembarangan, bagusnya periksakan ke dokter tulang

  3. dian says:

    dok, saya mau bertanya..
    ibu saya berumur 63 tahun. tensinya terbiasa 200/100 kaki kanan yg bag lutut ke bawah (betis)lebih besar drpd kaki kirinya…
    beliau masih bisa beraktivitas tetapi kalo dibuat jongkok sakit. makannya juga apa ja gak da pantangan. sama adik sepupuq disarani bwt minum dexametasone dan voltadex.. Kira2 ibu saya skt apa ya dok ? mohon bantuannya

  4. Wibisono says:

    Selamat siang Dok,
    Sy pria usia 48th, dengan TB/BB: 175/75, 3 bulan yl sy cek lab sbb:
    Cholestrol total 224
    Cholestrol LDL 141
    Cholestrol HDL 53
    Trigliserida 63
    Asam urat 7,5
    Sudah 3 bulan ini sy fitness, akhir-2 ini tangan kanan sy ngilu,pegal,nyeri setelah latihan bisep, anehnya tangan kiri saya tidak, bahkan bisep kiri lebih keras dan besar walaupun sy bukan kidal. Tetapi bagian tubuh kanan yang lain (dada,trisep,dll) lebih besar dari kiri.
    Apa yg terjadi pada saya dok?
    Tks banyak atas waktunya, wassalam.

    • muki partono says:

      Otot yg lbh kecil pada anggota sisi kanan bisa dikarenakan kelemahan pada bagian tsb bisa akibat penekanan saraf leher

  5. Jimmy says:

    Dokter yg terhormat,saya mau bertanya.ibu saya lututnya sering sekali merasa nyeri dan sakit sekali.kadang kala waktu diam nyerinya semakin terasa.ibu saya ada histori polio dan osteoporosis.kalau saya baca2 di internet ibu saya terkena osteoathritis.apa ada solusinya Dok?apa harus operasi?Dokter prakter dimana?saya dari sidoarjo jawa timur.terima kasih banyak Dok.tolong bantuannya.

  6. dmitri says:

    selamat pagi dok, ibu saya usia 60 th.
    beliau mengeluhkan nyeri di pinggul dan lutut, dan kadang telapak kakinya sampai bengkak. saya ingin memastikan apa sebenarnya penyakit ibu saya ini. apakah osteoporosis atau osteoarthritis, serta bagaimana pengobatan yg hrs dijalani.
    dokter praktek di RS mana?
    terimakasih sebelumnya

    • muki partono says:

      Ibu anda kemungkinan menderita osteoartritis sebaiknya diperiksakan.jadwal praktek kami anda KLIK pad web kami dipojok kiri 2dari kiri ada JADWAL PRAKTEK

Leave a Reply

Sorry, you can not to browse this website.

Because you are using an outdated version of MS Internet Explorer. For a better experience using websites, please upgrade to a modern web browser.

Mozilla Firefox Microsoft Internet Explorer Apple Safari Google Chrome